Beasiswa Luar Negeri di Luar Produk Dikti
1 )
http://www.beasiswaonline.net/
Fellowships for Master`s and PhD Students at Central European University (CEU), Hungary
Masdar Institute Graduate Scholarship for International Students to study in Abu Dhabi, United Arab Emirates
Erasmus Mundus ICE PhD Scholarship in Interactive and Cognitive Environments, Europe (closing 10 January 2011 )
Erasmus Mundus Scholarships for Masters Program in Forensic Science 2011, UK closing 14 January 2011 )
PhD Scholarship Positions in Computer Science & Engineering, Germany ( closing 30 May 2011 )
Erasmus Mundus-European Master Scholarship in Agricultural, Food and Environmental Policy Analysis ( closing dsate 10 January 2011 )
Edinburgh Global Undergraduate Scholarships 2011 in Any Subject, UK ( closing 1 April 2010 )
[Italy] International Master Scholarships In Tourism ( Application Deadline : 21 September 2011 )
Master Scholarship in Sustainable Regional Health Systems, Vilnius University, Lithuania ( will be closed in 2011 January)
International Scholarship Programme ENS Cachan 2011-2012, France ( is open until January 16, 2011.)
Mondi Scholarships for International Students, Austria ( not later than May 31st 2011 )
Scholarships for the Public International Law and Human Rights Programme (LL.M), Latvia ( Scholarship Deadline: 15 March 2011)
Undergraduate Scholarships, International College of Hotel Management, Australia
SCHOLARSHIP CLOSING DATES:
Round 1: July 2011 or January 2012 intake – Friday April 1st 2011
Round 2: January 2012 or July 2012 intake – Friday September 2nd 2011
Master Scholarships, Optics in Science and Technology, Erasmus Mundus, Europe ( closing date 10 Jan 2011 at 23:59 Cet Central European time )
International Master in Service Engineering (IMSE), Erasmus Mundus, Europe( closing daInternational Master in Service Engineering (IMSE), Erasmus Mundus, Europete 10 Januray 2011 at 23:59 Cet Central European time )
GLITEMA Master Scholarships 2011 ( closing date 31 December 2010 )
Master Scholarships in Tourism Management ( Category A closing 5 Des 2010, category B closing 5 Jan 2011 )
Master and PhD Scholarship in Civil Engineering ( open, Kunsan National University, South Korea )
International Masters Scholarship Program 2011 in Quaternary and Prehistory ( closing date : 17 February 2011 )
Erasmus Mundus MSc in Photonics (EMMP) ( closing date 15 January 2011 )
Doctoral Scholarships by AUN/SEED-Net, Singapore ( closing date 15 February 2011 )
International Masters Scholarships in Economy, State & Society (IMESS) 2011 (closing date 17 Dec 2010 for category A/post and 29 April 2011 for Category B/online)
Oxford And Cambridge Scholarships 2011 from The Said Foundation ( closing date 21 January 2011, except  07 Jan 2011 for medical sciences or philosophy )
Master Scholarships, University of York, UK ( closing date 30 April 2011 4:00 pm )
>>>

2 ) dikti.org/scholarship

>>>

Tawaran dari Media
Erasmus Mundus Tawarkan “GEM MSc Course”
Rabu, 24 November 2010 | 13:53 WIB

KOMPAS.com – Lima institusi di Eropa menawarkan beasiswa yang masih termasuk dalam daftar program beasiswa Erasmus Mundus, yaitu European Master of Science (MSc) Cource in Geo-information Science and Earth Observation for Environmental Modelling and Management (GEM). Tiga di antara institusi itu antara lain Netherlands Fellowship Program, Erasmus Mundus External Windows, serta Worldbank.
Beasiswa S-2 ini telah sukses diluncurkan selama 5 tahun melalui program beasiswa Erasmus Mundus. Karena persaingan mendapatkan beasiswa ini sangat ketat, kandidat disarankan mengirimkan lebih awal sebelum batas akhir pengiriman aplikasinya.
Bagi yang berminat, informasi lengkap beasiswa ini bisa dilihat dan diunduh langsung di http://www.gem-msc.org/application. Batas akhir pengiriman aplikasi hanya sampai 30 Desember 2010.
>>>

Aminef Buka “Fullbright Master” ke AS
Jumat, 19 November 2010 | 14:46 WIB

KOMPAS.com – American Indonesian Exchange Foundation (Aminef), kembali menawarkan Fulbright Master Scholarships ke perguruan-perguruan tinggi di Amerika Serikat (AS). Beasiswa ini dibuka bagi kandidat yang bekerja di instansi-instansi pemerintahan dan institusi pendidikan tinggi di Indonesia.
Adapun beberapa syarat utama meraih beasiswa ini antara lain berijazah S-1 dengan IP minimal 3.0 dan skor TOEFL minimal 550 atau IELTS 6,00, memiliki skil kepemimpinan dan berorganisasi yang tinggi, memahami kebudayaan Indonesia dan dunia internasional dengan baik, serta mampu menunjukkan keahliannya terkait bidang studi yang dipilih, dan syarat-syarat lainnya.
Program beasiswa internasional ini terbuka untuk segala disiplin ilmu. Informasi mengenai beasiswa bisa dilihat di http://www.aminef.or.id/fulbright. Sementara pertanyaan spesifik mengenai proses aplikasi bisa disampaikan langsung melalui [email protected]. atau ke kantor Aminef AMINEF Office, Gedung Balai Pustaka, Lantai 6 Jl. Gunung Sahari Raya 4, Jakarta 10720.
Bagi yang berminat, batas waktu pengiriman aplikasi program beasiswa penuh ini dibuka hingga 30 April 2011.
>>>

Dibuka, Beasiswa Huygens ke Belanda!
Jumat, 19 November 2010 | 11:04 WIB

KOMPAS.com – Pemerintah Belanda melalui Nuffic Neso Indonesia (NNI) kembali membuka kesempatan kepada para pelajar Indonesia meraih Beasiswa Huygens tahun akademik 2011/2012. Program beasiswa ini disiapkan untuk menjaring mahasiswa berprestasi dan berbakat yang sedang menempuh pendidikan di tahun terakhir program S-1 atau S-2, dan ingin melanjutkan studinya ke Belanda.
Beasiswa Huygens merupakan salah satu program beasiswa paling kompetitif di Belanda dan ditujukan hanya untuk para mahasiswa berprestasi dari seluruh dunia, termasuk Indonesia. Data NNI menunjukkan, Indonesia adalah salah satu negara yang masuk dalam penerima tertinggi program beasiswa ini. Pada 2010, dari 92 pelamar asal Indonesia, 12 orang di antaranya berhasil memperoleh Beasiswa Huygens.
Untuk periode 2011, NNI menetapkan syarat, pelamar harus masuk dalam jajaran 5 % yang terbaik berdasarkan IPK di program studi-nya di jenjang S-1. Beasiswa ini tidak mensyaratkan pengalaman bekerja terlebih dahulu, sehingga peserta fresh graduate pun diperbolehkan segera mendaftar.
Sebagai sebuah program beasiswa penuh, Beasiswa Huygens akan menanggung biaya kuliah serta biaya hidup selama menjalankan studi di Belanda. Beberapa persyaratan umum
lain di antaranya adalah kelulusan di bawah satu tahun telah menerima admission letter dari salah satu universitas di Belanda. Maksimum usia pada saat program studi dimulai tak lebih dari 35 tahun, serta menerima nomination letter dari universitas yang dituju di Belanda.
Bagi yang berminat, batas akhir pendaftaran Beasiswa Huygens adalah 1 Februari 2011. Informasi terlengkap tentang program beasiswa ini sudah dapat diakses melalui http://www.nuffic.nl/huygens.
>>>

Dibuka, Beasiswa S-2 dari USAID ke AS!
Selasa, 16 November 2010 | 18:02 WIB

http://edukasi.kompas.com/read/2010/11/16/18023598/Dibuka..Beasiswa.S.2.dari.USAID.ke.AS..
KOMPAS.com
– United States Agency for International Development (USAID) membuka program Human and Institutional Capacity Development (HICD) yang bertujuan untuk memberikan beasiswa penuh bagi mahasiswa Indonesia yang ingin melanjutkan studi S-2 di berbagai universitas di AS. Program HICD ini dikelola oleh USAID Program office bekerja sama dengan Academy for Educational Development (AED).
Adapun program-program beasiswa yang ditawarkan melalui program itu adalah Program Studi Master (S-2) bidang pendidikan yang meliputi Pengelolaan dan Kebijakan Pendidikan, Psikologi dan Pembangunan Sumber Daya, Kebijakan Pendidikan Internasional, Bahasa dan Literatur, Pendidikan Sains dan Matematika, Kepemimpinan Bidang Pendidikan, Pendidikan Keguruan, Hukum Bidang Pendidikan, Keuangan Pendidikan, Pendidikan dan Kurikulum, Desain Riset Pendidikan, Politik di Bidang Pendidikan, Te dan Ujian, Pendidikan Inklusi, serta Bimbingan dan Konseling.
Selain bidang pendidikan, beasiswa HICD ini juga dibuka untuk program Master di bidang Kesehatan Masyarakat. Persyaratan umum untuk melamar beasiswa ini antara lain WNI yang memiliki pengalaman kerja di bidang masing-masing dan berkomitmen untuk pembangunan Indonesia ke depan, mempunyai masa pengabdian sedikitnya selama 5 tahun terhitung sejak tanggal sekembalinya dari studi, serta melampirkan surat nominasi dari lembaga pelamar saat ini bekerja, dan lain-lainnya.
Bagi yang berminat, informasi mengenai skema beasiswa dan formulir pendaftaran bisa dilihat di www.aed.or.id atau mengirimkan email ke [email protected]. Formulir aplikasi harus diterima oleh AED paling lambat 31 Desember 2010 ke alamat AED di Wisma Nugra Santana 16th Floor-Suite 1616, Jalan Jenderal Sudirman Kav. 7-8
Jakarta 10220.
>>>

“MSc EF”, Khusus Peminat S-2 Kehutanan
Rabu, 3 November 2010 | 11:44 WIB

KOMPAS.com – Bagi yang berminat mengambil gelar S-2 di bidang kehutanan, The Master of Science in European Forestry Erasmus Mundus (MSc EF) mungkin bisa menjadi penawaran yang menarik. Program beasiswa MSc EF sudah dibuka untuk tahun akademik 2011/2012.
Program beasiswa gelar ganda (double degree) ini disediakan oleh konsorsium dari tujuh perguruan tinggi top di Eropa di bawah koordinasi program-program beasiswa Erasmus Mundus. Beruntungnya, penawaran MSc EF berlaku tidak hanya untuk kategori kandidat dari Eropa, melainkan juga bagi mahasiswa non-Eropa seperti Indonesia.
Adapun fokus studi program MSc EF ini adalah beragam dimensi atau pandangan internasional tentang pengelolaan sumber daya hutan dan pemanfaatannya yang didukung dengan pemahaman yang seimbang tentang kondisi ekologi dan dinamikanya di Eropa.
Bagi para peminat, panggilan untuk mendaftar beasiswa MSc EF ini hanya dibatasi sampai 31 Desember 2010. Informasi lengkap beasiswa ini bisa dilihat langsung di http://www.europeanforestry.net/. Sementara tata cara aplikasi, khususnya untuk kandidar non-eropa bisa melihat di http://www.europeanforestry.net/http.
>>>

Mau, “Double Degree” ke Bangkok?
http://edukasi.kompas.com/read/2010/10/19/14154294/Mau…quot.Double.Degree.quot..ke.Bangkok
Selasa, 19 Oktober 2010 | 14:15 WIB
KOMPAS.com
– Asian Institute of Technology (AIT) dan UNESCO-IHE Institute for Water Education (UNESCO-IHE) bekerjasama untuk menawarkan program beasiswa double degree bidang Teknik Manajemen Air Bersih di Perkotaan. Bagi yang berminat dengan program beasiswa UNESCO-IHE, kandidat bisa mengisi formulir aplikasi beasiswa MSc. Batas waktu pendaftarannya mulai 1 November 2010 sampai 1 Februari 2011. Untuk AIT, Bangkok, kandidat bisa mengunduh formulir aplikasinya di situs http://www.ait.ac.th/admissions/application.html dan menyerahkan formulir yang telah dilengkapi dengan dokumen yang diperlukan. Batas waktu pendaftarannya sampai Januari 2011.
…dst
>>>
Beasiswa Master dan Doktor di King Abdullah University
http://kampus.okezone.com/read/2010/09/16/368/372770/beasiswa-master-dan-doktor-di-king-abdullah-university
Kamis, 16 September 2010 – 15:20 wib
JAKARTA –
King Abdullah University of Science and Technology (KAUST) menawarkan beasiswa bagi para sarjana yang berminat melanjutkan studi ke tingkat master dan doktor. Syaratnya, para pelamar harus memiliki gelar dalam bidang studi yang relevan dengan yang akan diambil di KAUST. Bidang studi yang ditawarkan di KAUST adalah teknik, matematika, biologi, fisika, dan kimia. Nilai indeks prestasi kumulatif (IPK) yang harus dimiliki pelamar minimal 3,5 (skala 4) atau yang setara dengan standar nilai internasional. Saat ini, rata-rata IPK para calon mahasiswa KAUST adalah 3,7. Para pelamar harus memiliki sertifikat TOEFL dengan nilai minimal 79 (untuk IBT) atau 6,0 (untuk IELTS). Hanya nilai TOEFL dan IELTS yang dikeluarkan lembaga resmi penyelenggara teslah yang diterima. Sertifikat TOEFL dan IELTS tidak diperlukan bagi pelamar yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa ibu, atau mereka yang meraih gelar dari Amerika Serikat, Kanada, Inggris, Irlandia, Australia, dan Selandia Baru.Berkas pendaftaran harus diterima panitia sebelum 15 Oktober 2010 untuk program doktoral, yang akan memulai perkuliahan pada Januari 2011. Serta 15 Januari 2011 untuk program master dan doktoral yang akan memulai perkuliahan pada September 2011.
Informasi selengkapnya bisa dilihat di laman http://www.kaust.edu.sa
>>>
Beasiswa Penelitian IFS
http://edukasi.kompas.com/read/2010/08/11/14574818/
Rabu, 11 Agustus 2010 | 14:57 WIB

KOMPAS.com — Progran beasiswa IFS atau International Foundation for Science kembali membuka kesempatan kepada para peneliti di negara-negara berkembang untuk mengajukan proposal beasiswa penelitian. Beasiswa ini terbuka bagi para kandidat yang memenuhi kriteria dan tertarik melakukan riset-riset berkelanjutan di bidang pengelolaan sumber-sumber daya alam hayati. Adapun besarnya dana penelitian yang diberikan melalui program ini senilai 12.000 dollar AS. Jumlah tersebut berhak diterima peneliti yang melakukan penelitian secara individu pada proyek riset yang spesifik yang diajukan dalam proposalnya. Bagi yang tertarik, perlu diketahui bahwa jangka waktu penelitian pada proyek riset ini normalnya satu sampai tiga tahun. Setelah usai mengikuti dan mendukung proyek-proyek penelitian IFS tersebut dan membuatkan laporannya, peneliti bisa mengajukan aplikasi untuk penelitian terbaru untuk kembali mendapatkan beasiswa penelitian selanjutnya. Batas waktu aplikasi beasiswa ini sampai 31 Desember 2010. Informasi terbaru dan lengkap mengenai pendaftaran bisa dilihat di situs ini: http://www.ifs.se.
>>>
Beasiswa S-2 dan S-3 Ke Prancis : BGF

Tentang BGF 2011 :
Pemerintah Prancis melalui Kedutaan Besar Prancis di Jakarta telah memberikan beasiswa kepada warga Indonesia selama lebih dari 30 tahun. Dalam rangka mengembangkan Sumber Daya Manusia di Indonesia, Kedutaan Besar Prancis akan memberikan beasiswa untuk tahun 2010. Aplikasi va pos paling lambat 31 Maret 2011 dikirim ke alamat Ambassade de France en Indonesia.
Beasiswa tersebut diberikan kepada pegawai negeri, dosen, mahasiswa (terutama mereka yang terlibat dalam program kerjasama antara Prancis dan Indonesia) untuk mengikuti 2 jenis program pendidikan :
Master (full scholarship)
Doktorat (full scholarship – 18 bulan)
…dst
>>>
ENERGI BERKELANJUTAN
Dibuka! Beasiswa S-2/S-3 dari e8

http://edukasi.kompas.com/read/2010/10/14/15282764/Dibuka..Beasiswa.S.2/S.3.dari.e8
Kamis, 14 Oktober 2010 | 15:28 WIB
JAKARTA
, KOMPAS.com — e8 Scholarship Programme kembali dibuka bagi mahasiswa-mahasiswa berprestasi di bidang studi Pembangunan Energi Berkelanjutan (Advanced Studies of Sustainable). Kandidat yang dicari adalah lulusan terbaik dengan nilai yang sangat bagus dan masuk dalam jajaran top 20 di kelasnya. Tawaran beasiswa ini berhak diikuti oleh para mahasiswa yang memiliki rencana untuk meraih gelar S-2 dan S-3 bidang Pengembangan Energi Berkelanjutan di negara-negara berkembang. Selain bertekad kuat memajukan pengetahuan tentang energi dan mengembangkan energi berkelanjutan, kandidat harus memiliki komitmen untuk kembali dan berkontribusi di negara asalnya. Adapun skema beasiswa yang diberikan senilai 23.000 dollar AS per tahun selama dua tahun. Informasi dan tata cara pendaftaran selengkapnya untuk beasiswa ini dapat diperoleh di www.e8.org. (http://www.e8.org/index.jsp?numPage=195) Bagi yang berminat, tenggat waktu pengiriman aplikasi sampai 11 Maret 2011. Aplikasi online bisa dikirim melalui Halaman Aplikasi ini.
>>>
Wow, Beasiswa Meraih MBA di Nothingham!
http://edukasi.kompas.com/read/2010/10/16/10430238/Wow..Beasiswa.Meraih.MBA.di.Nothingham..
Sabtu, 16 Oktober 2010 | 10:43 WIB
KOMPAS.com
– Nothingham Business School merilis Nottingham MBA Leadership Scholarships, yaitu program beasiswa untuk meraih gelar MBA pada tahun akademik 2011/2012. Persaingan untuk meraih beasiswa ini cukup ketat. Beberapa kriteria meraih beasiswa ini di antaranya berprestasi akademik, pengalaman bekerja dan bersemangat untuk maju ke depan, memiliki potensi yang bisa diandalkan untuk mengikuti program ini, dan lain-lainnya. Jika beruntung, kandidat yang berhasil meraih beasiswa ini bisa didapuk sebagai “dua kampus” oleh pihak Nothingham Business School untuk mempromosikan sekolah tersebut. Bagi yang berminat, batas pengiriman aplikasi beasiswa ini dibuka sampai 27 Mei 2011.
Informasi lengkap mengenai beasiswa ini bisa dilihat di http://www.nottingham.ac.uk.atau http://www.nottingham.ac.uk/nubs/mba/Scholarships.html
>>>
Scholarship for PhD and Post-Doctoral from Islamic Development Bank (IDB)
http://dikti.org/scholarship/?p=2134
Merit Scholarship Programme for High Technology (MSP)
Deadline :
September – Announcement of the Programme
December 31 – Deadline for submission of applications to IDB Governor’s Office
…dst lengkapnya silakan klik link di atas.
>>>

Mau, Beasiswa Linguistik di London?
http://edukasi.kompas.com/read/2010/12/10/18041666/Mau..Beasiswa.Linguistik.di.London

Jumat, 10 Desember 2010 | 18:04 WIB
KOMPAS.com — Departemen Linguistik Queen Mary, University of London (sekolah bahasa, linguistik, dan film), tawarkan beasiswa AHRC Doctoral Studentship untuk meraih PhD tahun akademik 2011 untuk jurusan tersebut. Perkuliahan baru akan dimulai pada September 2011.
Beasiswa akan diberikan selama tiga tahun secara penuh. Bagi yang berminat, batas waktu untuk beasiswa ini dibuka sampai 31 Januari 2011. Kandidat bisa mengisi formulir pendaftaran online dan mengetahui informasi lengkap mengenai jurusan, staf akademik, atau area-area spesifik lainnya di http://www.sllf.qmul.ac.uk.

>>>

University of Yamanashi Tawarkan S-3
http://edukasi.kompas.com/read/2010/12/10/13552453/University.of.Yamanashi.Tawarkan.S.3

Jumat, 10 Desember 2010 | 13:55 WIB
KOMPAS.com – University of Yamanashi, Jepang, kembali membuka kesempatan beasiswa untuk program doktoral (S-3) khusus bidang pengelolaan sumber daya air (The International Special Doctoral Course for Integrated River Basin Management), melalui Global COE Program. Beasiswa ini merupakan beasiswa penuh bagi mahasiswa yang berprestasi. Seperti tahun-tahun sebelumnya, seleksi pendaftaran untuk beasiswa ini sudah dibagi di beberapa kota di beberapa negara, yaitu Bangkok (Thailand), Beijing (China), Malang (Indonesia), Ho Chi Minh City (Vietnam), serta Kathmandu (Nepal). Di Indonesia, seleksi pendaftaran beasiswa ini akan dilakukan di Universitas Brawijaya (Unibraw), Malang, Jawa Timur, melalui teleconference. Bagi yang berminat, batas waktu aplikasi beasiswa ini masih dibuka hingga 25 Desember 2010. Informasi lebih lanjut mengenai syarat pendaftaran, skema penelitian dan skema beasiswa bisa dilihat di http://www.gcoe.yamanashi.ac.jp.
>>>
ERASMUS MUNDUS
Beasiswa Doktoral Humaniora dan Budaya
http://edukasi.kompas.com/read/2010/12/20/12411237/Beasiswa.Doktoral.Humaniora.dan.Budaya

Senin, 20 Desember 2010 | 12:41 WIB
KOMPAS.com – TEEME merupakan program beasiswa doktoral internasional yang digagas oleh Uni Eropa (UE). Penawaran untuk beasiswa ini juga merupakan kolaborasi unik antar beberapa kampus riset bidang budaya dan humaniora di empat negara UE, yaitu Inggris, Jerman, Portugal, serta Republik Czech, yang akan mengangkat dialog antarbudaya, sejarah, komunitas dan literatur budaya dunia…cut… http://www.teemeurope.eu. Bagi yang berminat, program beasiswa TEEME merupakan bagian dari Erasmus Mundus Joint Doctorates (EMJDs) dan kandidat TEEME tidak boleh mengirimkan lebih dari tiga aplikasi program EMJDs. Batas waktu pengiriman aplikasi beasiswa TEEME hanya sampai 16 Januari 2011.
…dst

>>>

National Research Council Canada

www.nrc-cnrc.gc.ca
Research Associate Program
What is the Program?
The Research Associate Program provides promising scientists and engineers with the opportunity to work in a challenging research environment during the early stages of their career. Applicants will be selected competitively and must demonstrate the ability to perform original, high-quality research in their chosen field.
Research Associates will be offered appointments to the staff of the National Research Council on a term basis and will be offered salaries and benefits currently available to Research Officers. Salaries commensurate with experience are taxable and subject to other deductions. As a guide, the current annual Ph.D. recruiting rate is $52,157 (plus allowance of $8,000).
Who is eligible?
You are eligible for the Research Associate Program if you possess a Ph.D. in natural science or engineering or a Master’s degree in an engineering field earned within the last five years, or you expect to obtain the degree within six months. You must have a demonstrated ability to perform original high-quality research in your chosen field. This will be the main criterion used in selecting candidates and in considering extensions of their term.
Although preference will be given to Canadian citizens and Permanent Residents, Associateships are open to nationals of all countries. The offer of an Associateship does not ensure foreign nationals Permanent Residency in Canada. Non-Canadian candidates should apply for non-immigrant status (i.e. temporary status) and an employment visa. For further information, please contact the closest Canadian High Commission, Embassy or Consulate in your area.
Please see Terms and Conditions of the Program for more information.
Please click here for Instructions to Apply Online

>>>

Tips :