1 ) 510 Mahasiswa di Wilayah Kopertis XII Terima Beasiswa Kopertis
http://www.jpnn.com/

Senin, 27 Juni 2011 , 04:45:00
SORONG – Dalam DIPA Kopertis Wilayah XII dialokasikan dana Rp 12.600.000.000 untuk beasiswa kepada 75 perguruan tinggi swasta (PTS) di wilayah XII yang meliputi empat provinsi Maluku, Maluku Utara, Papua dan Papua Barat. Totalnya 3.000 mahasiswa di Kopertis Wilayah XII yang menerima beasiswa dengan perincian 1.400 beasiswa peningkatan prestasi akademik (PPA) dan 1.600 beasiswa belajar mahasiswa (BBM). Untuk Sorong, beasiswa PPA diberikan kepada 235 mahasiswa dan beasiswa BBM kepada 275 mahasiswa sehingga totalnya 510 mahasiswa yang menerima beasiswa. Hal itu disampaikan Kepala Bagian (Kabag) Administrasi Akademik Kopertis Wilayah XII, Irene Patty dalam sambutannya disela-sela penyerahan beasiswa di Lantai III Gedung Rektorat Unamin Sorong. Penyerahan beasiswa dihadiri 9 pimpinan PTS di Sorong yakni Unamin, Universitas Victory (Unvic), UKIP, STKIP Muhammadiyah, STIKES, STIE Bukit Zaitun, Politeknik Saint Paul, Poltek International dan Akademi Akuntansi Trinitas…cut…Kopertis Wilayah XII memberikan beasiswa kepada 3.000 mahasiswa. Tujuan pemberian beasiswa peningkatan akses dan kesempatan belajar bagi mahasiswa, mengurangi mahasiswa yang putus sekolah dan meningkatkan prestasi mahasiswa.

…dst

2 ) Kompetisi Peluncuran Roket Komurindo 2011
http://kampus.okezone.com/read/2011/06/26/373/472808/kompetisi-peluncuran-roket-komurindo-2011

Minggu, 26 Juni 2011 13:46 wib

BANTUL – Setelah melewati tahap uji fungsional dan uji muatan, dipastikan 23 tim peserta Kompetisi Muatan Roket Indonesia (Komurindo) 2011 hari ini mengikuti uji peluncuran di Pantai Pandansimo Bantul, Yogyakarta. Ketua panitia Kumorindo 2011 Agfianto Eko Putra mengatakan dari 23 tim yang lolos, 14 tim lolos uji fungsional pada sesi pertama, 9 tim lolos fungsional pada sesi retry. “Dengan hasil itu, maka 23 tim yang lolos tersebut berhak ikut uji peluncuran,” papar Agfianto usai uji fungsional. Dia memaparkan, muatan yang lolos uji fungsional tersebut akan segera diintegrasikan dengan roket. Uji fungsional tersebut menurut Agfianto diikuti oleh seluruh tim yang berjumlah 40 perwakilan PTN dan PTS di Indonesia yang lolos seleksi termasuk dua tim yang dikabarkan mengundurkan, yaitu Garuda Merah-Putih dari Universitas Negeri Jakarta dan Avionic Squad dari Universitas Suryadarma Jakarta. “Semua bisa ikut uji fungsional dan hanya datang terlambat saja,” imbuhnya.

…dst

3 ) Komurindo 2011
Air Force One IPB Berhasil Mendarat Sempurna
http://kampus.okezone.com/read/2011/06/26/373/472818/air-force-one-ipb-berhasil-mendarat-sempurna

Minggu, 26 Juni 2011 14:15 wib
YOGYAKARTA – Sejumlah mahasiswa pada akhir pekan ini beradu kebolehan Kompetisi Muatan Roket Indonesia (Komurindo) 2011. Ada muatan roket yang mampu tampil prima, namun ada juga yang gagal separasi alias kemampuan peserta dalam memasang muatan dan mampu memisahkan diri dengan roket saat di angkasa. Beberapa yang gagal, antara lain tim dari Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Institiut Teknologi Bandung (ITB). Padahal kedua tim ini merupakan tim unggulan. Muatan kedua tim mengalami gagal separasi. Sementara, tim yang mampu tampil sempurna, yakni tim Air Force One, dari Institut Pertanian Bogor. Muatan mereka mampu memisahkan diri dan mendarat dengan baik. Namun, belum dapat dipastikan apakah tim dari Kota Hujan itu mampu menjadi pemenang dalam ajang skala nasional tersebut. Pasalnya, pengumuman baru akan beberkan panitia Senin 27 Juni, 2011. Salah satu tim juri, yakni perwakilan dari Pustekom, LAPAN

…dst

4 ) UGM Sukses Luncurkan Dua Roket
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/408664/

Monday, 27 June 2011
BANTUL – Kompetisi Muatan Roket Indonesia (komurindo) 2011 di Pantai Pandansimo Bantul berlangsung meriah. Kali ini, Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta meluncurkan dua roket dalam dua tim yang diberi nama Gama-Sat 1danGama-Sat2. Tim UGM harus berjuang bersaing dengan 19 tim lain dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia.Untuk tim Gama- Sat 1 beranggotakan tiga mahasiswa dari Jurusan Teknik Elektro dan Teknik Mesin.Yakni, Luis Rizki Ramlan,Fahmi Bashori, dan Hari Magfiroh. Sementara tim Gama-Sat 2 beranggotakan tiga mahasiswa dari Jurusan Teknik Elektro serta Jurusan Elektronika dan Instrumen. Masing masing Ufi Desi Fatmawati, Kristian Antonius, serta Ferdian Azmi. “Kami lega,dua roket dapat meluncur,” kata Manajer Tim Gama- Sat 1 dan Gama-Sat 2,Fitri Rahmaningrum, selepas peluncuran roket kemarin. Hanya,untuk Gama-Sat 2 tidak bisa melakukan separation (pemisahan) antara muatan roket (payload) dengan motornya. Tentu saja hal ini membuat tim khawatir akan kemampuan roket dalam merekam gambar dan data. “Kami deg-degan. Apa bisa merekam atau tidak,” ungkapnya.

…dst

5 ) PTN Buka Banyak Jalur PMB
PTS Khawatir tak Punya Mahasiswa
http://www.jpnn.com/read/2011/06/26/96289/PTS-Khawatir-tak-Punya-Mahasiswa-

Minggu, 26 Juni 2011 , 09:03:00
PURWOKERTO – Pola penerimaan mahasiswa baru yang diterapkan perguruan tinggai negeri (PTN) dengan membuka banyak jalur mengkhawatirkan bagi pengelola Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Pasalnya, dengan pola itu mempengaruhi jumlah pendaftar yang masuk di PTS. Seperti yang dikemukanan Sekretaris Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Universitas Muhamadiyah Purwokerto (UMP), Sudiro. Ia mengakui dengan banyaknya jaluk yang dibuka PTN pada PMB mengurangi jumlah pendaftar di PTS. “Bukan hanya terpengaruh, tapi sangat terpengaruh,” kata Sudiro. Sudiro mengungkapkan pandangan masyarakat yang menganggap PTN selalu lebih unggul dari PTS kurang tepat. Ia mengungkapkan ukuran kualitas bisa dilihat dari akreditasinya. Akreditasi seluruh perguruan tinggi, baik negeri ataupun swasta sama dilakukan oleh Badan Akreditasi Perguruan tinggi (BAN PT). “Jadi pandangan masyarakat selama ini kan PTN selalu lebih baik dari PTS. Padahal kualitas ukuranya kan dari akreditasi yang dilakukan BAN PT. Negeri ataupun swasta yang terakreditasi A, maka memiliki kualitas sama,” imbuh Sudiro.

…dst

6 ) PTS Fokus Peningkatan Kualitas
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/408662/

Monday, 27 June 2011
SEMARANG– Perguruan tinggi negeri (PTN) telah menambah jumlah kuota penerimaan mahasiswa baru pada 2011. Langkah ini tidak diikuti oleh perguruan tinggiswasta(PTS) di Semarang. PTS menegaskan, hal itu dilakukan demi meningkatkan kualitas lulusannya. Rektor Unika Soegijapranata Prof Y Budi Widianarko mengatakan, pada tahun ini Unika menyediakan kuota mahasiswa baru sama dengan tahun- tahun sebelumnya. Adanya penambahan kuota mahasiswa baru di PTN dinilainya tidak akan memberikan pengaruh banyak terhadap porsi mahasiswa baru yang akan terjaring oleh PTS,termasuk Unika. “Paling tidak, target Unika tetap bisa menjaring 1.300 orang mahasiswa baru. Agar dapat bersaing dengan PTN, kami akan meningkatkan pelayanan dan kreativitas yang dimiliki,”tambahnya. Adanya peningkatan kuota di PTN diyakini tidak akan membuat PTS terdesak dalam menjaring mahasiswa baru. Terlebih,pada pelaksanaan penerimaan mahasiswa baru melalui jalur mandiri di PTN sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan pemerintah, yaitu jumlahnya dikurangi.

…dst

7 ) Perguruan Tinggi Kembangkan Nilai Lokalitas
http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2011/06/27/150716/Perguruan-Tinggi-Kembangkan-Nilai-Lokalitas

27 Juni 2011
PURWOKERTO – Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) sepakat mengembangkan nilai lokalitas dalam kurikulum perkuliahan. Kesepakatan itu diambil dalam Rapat Badan Kerja Sama (BKS) PTN dan Kopertis Se-Jawa Tengah dan DIY yang diadakan di Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto, Jumat (24/6). Pengembangan lokalitas tersebut termasuk penanaman nilai-nilai kejuangan pahlawan yang menjadi spirit berdirinya universitas. Misalnya, di Unsoed akan menanamkan nilai kejuangan Jenderal Soedirman dan di Universitas Diponegoro (Undip) menanamkan nilai kejuangan Pangeran Diponegoro. “Penanaman nilai kejuangan itu untuk membangun karakter pada mahasiswa,” kata Rektor Unsoed Prof Edy Yuwono PhD. Selain itu, ada beberapa kesepakatan lain yang diambil dalam pertemuan tersebut, yaitu meningkatkan mutu pembelajaran informasi teknologi (IT), merapatkan kerja sama di bidang penanganan Negara Islam Indonesia (NII) dan narkoba, tetap memasukkan Pancasila dalam kurikulum dan mengembangkan networking dengan sistem Teknologi Informasi dan Komunikasi (ICT).

…dst

8 ) Sejumlah Prodi Sepi Peminat
http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2011/06/27/150717/Sejumlah-Prodi-Sepi-Peminat

27 Juni 2011-SPMU Unnes
SEMARANG – Sejak pendaftaran Seleksi Penerimaan Mahasiswa Universitas Negeri Semarang (SPMU) dibuka 3 Juni 2011, sejumlah program studi (prodi) masih sepi peminat. Bahkan, ada prodi yang sama sekali belum ada pendaftar dengan pilihan pertama. Hal itu dapat dilihat pada jurnal SPMU di laman spmu.unnes.ac.id. Berdasarkan jurnal tersebut, hingga Minggu (26/6), ada delapan prodi tanpa pendaftar pilihan pertama. Yakni, Pendidikan Bahasa Prancis S1, Bahasa Prancis S1, Pendidikan Bahasa Arab S1, Bahasa Jepang D3, Desain Komunikasi Visual D3, Pendidikan Seni Tari S1, Sastra Jawa S1, dan Teknik Kimia D3. Kepala UPT Humas Unnes Sucipto Hadi Purnomo mengatakan, sepinya peminat pada prodi-prodi tersebut bisa jadi karena para pendaftar lebih memilih menunggu hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tertulis yang diumumkan pada 30 Juni 2011. Alasan lainnya, calon mahasiswa mengira biaya jalur mandiri Unnes (SPMU, Red) lebih mahal dibandingkan dengan jalur SNMPTN. ”Padahal secara prinsip, biaya baik jalur SNMPTN undangan, tertulis, ataupun SPMU sama, tidak lebih murah atau mahal,” ungkapnya, kemarin.

…dst

9 ) Universitas Diponegoro Buka Program Hubungan Internasional
http://www.tempointeraktif.com/hg/pendidikan/2011/06/26/brk,20110626-343356,id.html

MINGGU, 26 JUNI 2011 | 14:57 WIB
TEMPO Interaktif, Semarang – Universitas Diponegoro (Undip) Semarang mulai tahun ini akan membuka program studi Hubungan Internasional di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Rektor Undip Sudharto P. Hadi mengatakan bahwa sumber daya manusia Indonesia yang dihasilkan perguruan tinggi negeri di bidang Hubungan Internasional masih relatif sedikit. Hanya beberapa perguruan tinggi negeri yang membuka program ini, seperti Universitas Indonesia, Universitas Jember, dan Universitas Gadjah Mada. “Peluangnya masih sangat terbuka,” kata Sudharto kepada Tempo, Ahad, 26 Juni 2011. Menurut Sudharto, dengan dibukanya program studi Hubungan Internasional, Undip akan lebih berkonsentrasi pada pemenuhan kebutuhan diplomat di bidang pendidikan karena diplomat bidang politik dan ekonomi sudah banyak dihasilkan universitas lain.

…dst

10 ) UGM Tuan Rumah Dream 2011
http://kampus.okezone.com/read/2011/06/26/373/472872/ugm-tuan-rumah-dream-2011

Minggu, 26 Juni 2011 17:58 wib
YOGYAKARTA – Untuk yang ketiga kalinya, dari tanggal 26 Juni-6 Juli 2011 UGM menjadi tuan rumah program musim panas bagi mahasiswa internasional bertajuk Dream 2011. Koordinator Dream Putri Paramita menjelaskan Dream kali ini mengusung tema “Social Enterpreunership on the Move” (kewirausahaan sosial). Tema dipilih selaras dengan misi UGM untuk berkontribusi terhadap pembangunan masyarakat global. Putri mengatakan Dream tersebut akan diikuti sebanyak 67 peserta, terdiri 45 mahasiswa asing dan 22 mahasiswa Indonesia . Para mahasiswa asing ini berasal dari 16 Negara Malaysia, Brunei Darussalam, Argentina, Australia, Selandia Baru, Namibia, Mesir, China, Jerman, Jepang, Thailand, Russia, Amerika Serikat, Belgia dan Vietnam. “Melalui Dream mereka diharapkan bisa saling mengenal dan berbagai pengetahuan serta pengalaman,” kata Putri, akhir pekan ini.

…dst

11 ) Pemetaan Tanaman Permudah Kenali Tanaman
http://kampus.okezone.com/read/2011/06/24/373/472439/pemetaan-tanaman-permudah-kenali-tanaman

Jum’at, 24 Juni 2011 18:11 wib
JAKARTA – Untuk mempermudah masyarakat dalam mengenali berbagai jenis tanaman, Universitas Diponegoro (Undip) melakukan pemetaan tanaman.  Pemetaan yang dilakukan langsung oleh Rektor Undip, Prof. Sudharto Prawata Hadi bersama Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Dr. Muhammad Nur tersebut meliputi pemberian nama asli, asal, dan manfaat tanaman. Menurut Muhammad Nur, kegiatan yang berlangsung di Kampus FMIPA Undip Tembalang beberapa waktu tersebut akan memberikan banyak manfaat bagi masyarakat luas, terutama dalam mengkaji penelitian. “Ke depannya, penamaan tanaman ini akan mampu menjadi rujukan peneliti tanaman di dunia sehingga mampu menghasilkan tanaman penelitian yang inovatif. Hal tersebut sejalan dengan program Undip menuju World Class University (WCU),” kata M Nur seperti dilansir dari pernyataan tertulisnya, Jumat (24/6/2011).

…dst

12 ) Sidang PBB Tiruan Digelar Hari Ini!
http://kampus.okezone.com/read/2011/06/26/373/472875/sidang-pbb-tiruan-digelar-hari-ini

Minggu, 26 Juni 2011 18:10 wib
JAKARTA – Siapa bilang mau ikut Sidang PBB harus jadi anggota terlebih dahulu? Sejumlah pelajar SMA dan mahasiswa berkesempatan untuk merasakan simulasi sidang organisasi tingkat dunia tersebut. Jakarta Model United Nations (JMUN) merupakan sebuah simulasi sidang PBB di mana para delegasi dari berbagai negara diperankan oleh sejumlah perwakilan dari pelajar SMA dan mahasiswa tingkat nasional dan internasional. Kegiatan besutan Indonesian Student Association for International Studies (ISAFIS) bekerja sama dengan Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI) dan Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) ini berlangsung sejak Minggu 26 hingga 30 Juni mendatang. Dengan mengusung tema Eliminating The Unfairness, kegiatan ini dapat menjadi media edukasi cara diplomasi yang baik dalam menyampaikan opini atau pendapat mengenai isu/permasalahan yang tengah terjadi di suatu negara tersebut.

…dst

13 ) Presiden SBY Luncurkan Gerakan Indonesia Bebas Narkoba 2015
http://www.antaranews.com/berita/264785/presiden-sby-luncurkan-gerakan-indonesia-bebas-narkoba-2015

Minggu, 26 Juni 2011 10:11 WIB |
Jakarta (ANTARA News) – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meluncurkan Kebijakan dan Strategi Nasional (Jakstranas) Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekusor Narkotika (P4GN) 2011-2015 di Lapangan Silang Monumen Nasional, Jakarta, Minggu. Di hadapan ribuan pelajar dan mahasiswa Indonesia, Presiden Yudhoyono dengan didampingi oleh Wakil Presiden Boediono dan Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Goris Mere menegaskan cita-cita untuk mewujudkan Indonesia bebas narkotika pada 2015 bertepatan dengan peringatan Hari Anti Narkotika Internasional 2011. “Kejahatan dan penyalahgunaan narkotika masih menjadi ancaman serius baik di dunia maupun di negeri kita,” kata Presiden. Menurut Kepala Negara, sekalipun Indonesia telah melakukan banyak hal untuk menghentikan dan mencegah kejahatan narkotika namun masih banyak lagi yang perlu dilakukan guna memastikan Indonesia bebas dari narkotika.

…dst

14 ) Sekilas Dalam Negeri
Call Center untuk TKI/TKW
BNP2TKI Luncurkan “Call Center” TKI 0800-1000 Senin
TKW dipancung
Ekspresi Cak Imin dan Marty Saat Ditanya Ruyati
Keluarga Berharap Darsem Dipulangkan ke Kampung
Masinah, TKW Asal Kudus, Dua Belas Tahun Hilang di Arab Saudi
LBH Jakarta Terima Aduan TKI di Malaysia yang 5 Tahun ‘Menghilang’
Kecelakaan lalulinas terburuk
Kecelakaan Terburuk
Kasus Andi Nurpati
Ruhut Minta Andi Nurpati Non Aktif
Tersangka Kasus Kursi Haram DPR Segera Diumumkan
Mahfud MD: Ada Upaya Belokkan Kasus
Dewie Diduga Aktor Pemalsuan Surat MK
Hakim Konstitusi Mengaku Solid
Hakim Arsyad Disebut Rusak Pegawai di MK
Mahfud MD: Silakan Saja segera Lapor ke KPK
Kasus Nazaruddin
Nazaruddin: Duit untuk Pejabat MK Diketahui Partai
Kinerja SBY Menurun
SBY Dinilai Tak Lagi Memuaskan
LSI: Tingkat Kepuasan Atas Kinerja SBY Menurun
Ruhut: Tiga Orang Ini Penyebab Popularitas SBY Merosot
Inilah Empat Faktor Penyebab Pamor SBY Turun
Popularitas SBY Turun, Ini Tanggapan Jubir
Guru Bejat
Guru Cabul Terancam 17 Tahun Penjara
Wabah E-Coli
Wabah E-coli – Perusahaan Inggris Diduga Terkait
Jepang
Jam Kerja Warga Jepang Juga Berubah (3)
Warga Jepang Tak Lagi Wajib Pakai Jas ke Kantor (2)
Libya hari ini
Pemberontak Libya Harapkan Usulan Damai Qaddafi ‘Secepatnya’
Anggota Timnas Sepak Bola Libya Bergabung dengan Pemberontak
Empat Bintang Sepakbola Libya Bergabung dengan Pemberontak
Lagi, Serangan NATO Tewaskan 15 Warga Sipil
Mesir
Kementerian : Tak Ada Bukti Mubarak Menderita Kanker
Amerika
Dukungan Warga Turun, Obama Diramal Bakal Kalah
F-22 Dilarang Terbang
Cina
Mahasiswi Gelar Pameran Celana Dalam Bekas