1 ) Tim Pens Juarai Kompetisi Muatan Roket
http://www.antaranews.com/berita/265011/tim-pens-juarai-kompetisi-muatan-roket

Senin, 27 Juni 2011 21:26 WIB |
Bantul (ANTARA News) – Tim asal Politeknik Elektronika Negeri Surabaya menjuarai Kompetisi Muatan Roket Indonesia 2011 tingkat mahasiswa seIndonesia yang digelar pada 25-27 Juni 2011 di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. “Tim menjadi juara karena unggul dalam uji analisa data yakni dalam mempresentasikan data dari rekaman video yang ditampilkan dalam uji muatan roket,” kata Ketua Panitia Komurindo 2011 Agfianto Eko Putro di Bantul, Senin. Menurut dia, tim dengan nama “EEPISKy G-02” itu unggul dari sebanyak 23 tim lainnya yang sebelumnya telah sama-sama melakukan uji terbang muatan pada Minggu, 26 Juni lalu di pantai Pandansimo, Srandakan, Bantul. Ia mengatakan, sementara juara kedua diraih tim dari Politeknik Negeri Bandung dengan nama “eagleOne” kemudian juara ketiga diraih tim dari Politeknik Elektronika Negeri Surabaya dengan nama “Starpens-01”. “Para juara selain mendapat tropi juga mendapatkan uang pembinaan masing-masing sebesar Rp10 juta untuk juara pertama dan sebesar Rp8 juta untuk juara kedua sedangkan juara ketiga mendapat sebesar Rp6 juta,” katanya. Menurut dia, para pemenang komurindo ini berhasil melewati tiga tahapan yakni tahap pertama uji fungsional dan integrasi muatan pada 25 Juni, kemudian tahap kedua uji terbang muatan pada 26 Juni dan tahap ketiga presentasi data 27 Juni.

…dst

2 ) Binus Jawara Lomba Debat Nasional
http://kampus.okezone.com/read/2011/06/27/373/473070/binus-jawara-lomba-debat-nasional

Senin, 27 Juni 2011 13:11 wib
JAKARTA – Tim Universitas Bina Nusantara (Binus) berhasil menyabet juara pertama pada lomba debat bahasa Inggris tingkat nasional baru-baru ini. Mereka mengalahkan tim Institut Teknologi Bandung (ITB) pada posisi kedua, tim Universitas Indonesia (UI) di peringkat ketiga, dan tim Universitas Bakrie sebagai juara keempat. National University English Debating Championship (NUEDC) dihelat oleh Direktorat Jenderal (Ditjen) Pendidikan Tinggi (Dikti) bekerja sama dengan Universitas Diponegoro (Undip). Tim Binus yang diawaki Astrio Feligent dan Christian Leonardo Harlinanto mengangkat tema Pentingnya Mahkamah Pidana Internasional. Mereka mengajukan konsep retributive dan restorative dalam penyelesaian masalah pidana internasional. Menurut Christian, konsep retributive menekankan pentingnya rasa keadilan dalam penegakan kasus pidana internasional. Sementara, konsep restorative menyoal penanganan hukum harus dapat memberi implikasi mampu memperbaiki keadaan menjadi lebih baik seperti sebelum sebuah peristiwa terjadi.

…dst

3 ) Alot, Pembahasan RUU Pendidikan Dokter Diskors
http://edukasi.kompas.com/read/2011/06/27/13113374/Alot.Pembahasan.RUU.Pendidikan.Dokter.Diskors

Senin, 27 Juni 2011 | 13:11 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Rapat pembahasan rancangan undang-undang (Raker RUU) Pendidikan Kedokteran yang digelar oleh Komisi X bersama Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas), Kementerian Kesehatan (Kemenkes) berjalan alot, Senin (27/6/2011), di Gedung DPR, Jakarta. Pasalnya, para peserta rapat memperdebatkan posisi Kemdiknas yang tidak menjadi leading sectordalam RUU tersebut. Anggota komisi X DPR, Dedi Gumelar, menjelaskan, RUU Pendidikan Kedokteran yang merupakan hasil inisiatif DPR dan Badan Musyawarah (Bamus) DPR telah memutuskan Komisi X sebagai leading sector-nya. Untuk itu, menurut dia, sudah seharusnya Kemdiknas yang menjadi kementerian yang memimpin pembahasan RUU tersebut. Mengingat, Kemdiknas adalah mitra kerja dari Komisi X. “Inisiatif RUU Dikti dan Pendidikan Kedokteran itu dari DPR, lalu Bamus sudah menentukan April lalu. Karena subyeknya adalah kata pendidikan, maka leading sector-nya komisi X yang membidangi pendidikan dan otomatis paralel dengan mitra kerjanya, yaitu Kemdiknas. Kata pendidikan sebagai subyek memberikan pemahaman bahwa ini adalah sebuah lembaga atau proses untuk menghasilkan dokter,” kata Dedi kepada Kompas.com, di sela-sela rapat, Senin (27/6/2011), di DPR, Jakarta.

…dst

4 ) Pembahasan RUU Pendidikan Kedokteran
Kemdiknas: Kami? Tak Ada Masalah!
http://edukasi.kompas.com/read/2011/06/27/1422371/Kemdiknas.Kami.Tak.Ada.Masalah

Senin, 27 Juni 2011 | 14:22 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Wakil Menteri Pendidikan Nasional Fasli Jalal menjamin tidak ada masalah antarkementerian terkait diskorsnya rapat pembahasan rancangan Undang-undang (RUU) Pendidikan Kedokteran. Ia menjelaskan, diskorsnya rapat lebih karena alasan Komisi X DPR RI kesulitan jika RUU ini dibahas lintas komisi. Hal ini mengingat posisi Menteri Kesehatan yang menjadi leading sector dalam RUU Pendidikan Kedokteran adalah mitra kerja dari Komisi IX. “Sebetulnya kerjasama diantara kita (Menteri Kesehatan, Menteri Pendidikan Nasional, Menteri Hukum dan HAM, Menteri Keuangan dan Menteri Negara dan Pendayagunaan Aparatur Negara) tidak ada masalah. Tapi, ini dari DPR, karena biasanya RUU itu dibahas antara komisi dengan mitranya. Tadi mereka (DPR) menyampaikan, kesulitan jika diminta lintas komisi. Artinya, Komisi X itu mitra kerjanya adalah Kemdiknas dan Menkes itu bermitra dengan Komisi IX,” kata Fasli, Senin (27/6/2011), di Gedung DPR RI, Jakarta.

…dst

5 ) KPK Usut Keterlibatan Nazaruddin di Proyek Kemendiknas
http://www.tempointeraktif.com/hg/pendidikan/2011/06/27/brk,20110627-343666,id.html

SENIN, 27 JUNI 2011 | 21:33 WIB
TEMPO Interaktif, Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi masih terus mengusut dugaan korupsi proyek pengadaan dan revitalisasi prasarana peningkatan mutu pendidikan di Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan Nasional. Proyek berbiaya Rp142 miliar , anggaran 2007 ini diduga melibatkan mantan Bendahara Umum Partai Demokrat Muhammad Nazaruddin. Hanya saja Nazaruddin yang sempat dipanggil KPK, beberapa kali mangkir. “Sekarang masih dalam penyelidikan,” kata Kepala Bagian Pemberitaan KPK Priharsa Nugraha, Senin, 27 Juni. Proyek ini terdiri dari beberapa item di antaranya; pengadaan alat laboratorium multi media, pengadaan alat laboratorium ICT (Information, Communication dan Technology), pengadaan alat perbengkelan, pengadaan bangku dan kursi, serta pengadaan alat peraga bidang pertanian. Berbagai item proyek ini dikerjakan oleh empat perusahaan pemenang tender antara lain; PT Mahkota Negara, PT Anugrah Nusantara Jaya, PT Alfindo Nuratama Perkasa, dan PT Taruna Bakti Perkasa.

…dst

6 ) Menumpuk di Prodi Tertentu
Ada 7.000 Bangku Kosong SNMPTN, Kok Bisa?
http://edukasi.kompas.com/read/2011/06/27/2129106/Ada.7.000.Bangku.Kosong.SNMPTN.Kok.Bisa.

Senin, 27 Juni 2011 | 21:29 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Ketua Panitia Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2011 Herry Suhardiyanto menyebutkan, terdapat sekitar 7.000 bangku kosong dalam SNMPTN 2011. Meski begitu, ia menegaskan, tidak ada unsur kesengajaan terkait adanya ribuan bangku kosong dalam SNMPTN 2011. Pria yang juga menjabat sebagai Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) ini mengaku sangat menyayangkan adanya bangku kosong tersebut. “Soal bangku kosong itu ada sekitar 7.000. Tapi, masih belum tahu, jangan-jangan berubah. Tidak ada unsur disengaja untuk menyiasati ujian mandiri (UM). Sebagai rektor, kami juga prihatin jika ada peserta yang tidak diterima,” kata Herry, Senin (27/6/2011) malam di Jakarta. Ia menjelaskan, banyak hal yang menyebabkan adanya bangku kosong. Salah satunya adalah ada penumpukan peminat pada satu program studi tertentu. Meski begitu, Herry tak bersedia menyebutkan program studi apa yang terfavorit dalam SNMPTN 2011.

…dst

7 ) Pengumuman Online Tetap 30 Juni
Jumlah Peserta Lolos SNMPTN Batal Diumumkan
http://edukasi.kompas.com/read/2011/06/27/21124065/Jumlah.Peserta.Lolos.SNMPTN.Batal.Diumumkan

Senin, 27 Juni 2011 | 21:12 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Rencana Panitia Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2011 untuk mengumumkan jumlah peserta yang lolos tes tertulis batal dilakukan pada malam Senin (27/6/2011) ini. Ketua Panitia SNMPTN 2011 Herry Suhardiyanto mengatakan, hal ini disebabkan masih adanya sebelas universitas yang belum selesai diverifikasi. “Sebenarnya kami ingin mengumumkan hari ini, tapi belum selesai. Prosesnya memang belum selesai dan masih berjalan terus sampai saat ini. Ada sebelas kampus yang belum selesai kami verifikasi,” kata Herry kepada wartawan, Senin (27/6/2011) malam, di Jakarta. Ia menegaskan pengumuman mengenai jumlah peserta yang lolos SNMPTN tidak akan berubah. Peserta dapat mengakses secara online pada 30 Juni mendatang.

…dst

8 ) Beberapa Prodi Unnes Sepi Peminat
http://kampus.okezone.com/read/2011/06/27/373/473194/beberapa-prodi-unnes-sepi-peminat

Senin, 27 Juni 2011 17:15 wib
JAKARTA – Hingga hari ke-25 setelah dibukanya pendaftran Seleksi Penerimaan Mahasiswa Universitas Negeri Semarang (SMUP Unnes), beberapa program studi tampak sepi peminat. Hal ini terlihat dari jurnal SMUP yang dapat diakses pada laman smup.unnes.ac.id. Terdapat delapan program studi tanpa pendaftar pilihan pertama, yaitu Pendidikan Bahasa Perancis S-1, Bahasa Perancis S-1, Pendidikan Bahasa Arab S-1, Bahasa Jepang D-3, Desain Komunikasi Visual D-3, Pendidikan Seni Tari S-1, Sastra Jawa S-1, dan Teknik Kimia D-3. Selain itu, terdapat sejumlah program studi dengan pendaftar pada pilihan pertama yang kurang dari lima pendaftar. Program studi tersebut antara lain, Pendidikan Luar Sekolah S-1, Sastra Indonesia S-1, Pendidikan Bahasa Jepang S-1, Seni Rupa (Murni), S-1, Seni Rupa (Desain Komunikasi Visual) S-1, Ilmu Sejarah S-1, Teknik Elektro D-3, dan sebagainya.

…dst

9 ) Pendaftaran SPMU Diundur
http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2011/06/28/150817/Pendaftaran-SPMU-Diundur

28 Juni 2011
SEMARANG- Untuk memberi kesempatan bagi yang tidak lolos Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), pendaftaran Seleksi Penerimaan Mahasiswa Universitas Negeri Semarang (SPMU) diundur hingga 5 Juli 2011. Pengunduran jadwal juga untuk mengisi program studi yang sepi peminat pada seleksi tersebut.Hal itu disampaikan Pembantu Rektor I Bidang Akademik Agus Wahyudin, Senin (27/6). Dia mengatakan, SNMPTN akan diumumkan pada 30 Juni 2011 dan bagi calon mahasiswa yang tidak diterima pada jalur tersebut, pihak universitas masih memberikan kesempatan bagi mereka untuk mendaftar di SPMU. “Pendaftaran SPMU secara online dibuka 3 Juni berlangsung hingga 5 Juli ,” ungkapnya. Pada awalnya Unnes menyediakan 1.160 kursi untuk jalur SPMU, namun dengan berjalannya proses pendaftaran, kemungkinan jumlah kursi khusus jalur tersebut akan ditambah. Tambahan itu berasal dari mereka yang tidak daftar ulang pada SNMPTN jalur undangan.

…dst

10 ) PTS MakinTerancam
PTN Buka Banyak Jalur PMB
http://www.jpnn.com/read/2011/06/27/96352/PTS-MakinTerancam-

Senin, 27 Juni 2011 , 09:44:00
PURWOKERTO-Pola penerimaan mahasiswa baru yang diterapkan perguruan tinggai negeri (PTN) ternyata juga berimbas pada perguruan tinggi swasta (PTS). Universitas Muhamadiyah Purwokerto (UMP) misalnya. Panitia penerimaan mahasiswa baru (PMB) UMP mengaku sangat terpengaruh dengan pola penerimaan mahasiwa baru PTN yang membuka beberapa jalur. “Bukan hanya terpengaruh, tapi sangat terpengaruh,” ungkap sekretaris PMB UMP, Sudiro SH. Sudiro mengungkapkan pandangan masyarakat yang menganggap PTN selalu lebih unggul dari PTS kurang tepat. Ia mengungkapkan ukuran kualitas bisa dilihat dari akreditasinya. Akreditasi seluruh perguruan tinggi, baik negeri ataupun swasta sama dilakukan oleh Badan Akreditasi Perguruan tinggi (BAN PT).”Jadi pandangan masyarakat selama ini kan PTN selalu lebih baik dari PTS. Padahal kualitas ukuranya kan dari akreditasi yang dilakukan BAN PT. Negeri ataupun swasta yang terakreditasi A, maka memiliki kualitas sama,” imbuh Sudiro.

…dst

11 ) PTM Diklaim Lebih Baik daripada PTN
http://www.jpnn.com/read/2011/06/27/96347/PTM-Diklaim-Lebih-Baik-daripada-PTN-

Senin, 27 Juni 2011 , 09:00:00
MALANG – Ketua Majelis Pendidikan Tinggi (Dikti) PP Muhammadiyah, Dr. Chairil Anwar mengatakan, persepsi Perguruan Tinggi Swasta (PTS) sebagai second choice saat ini sudah luntur. Disebutkan misalnya kualitas Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) sudah melampaui Perguruan Tinggi Negeri (PTN). PTS, menurutnya, bisa lebih baik daripada PTN. “Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) misalnya, tidak diragukan sebagai PTM yang lebih unggul daripada PTN,” kata dia, seperti diberitakan Malang Pos (grup JPNN). Menurut Chairil, mindset masyarakat lambat laun akan bergeser jika PTS bisa membuktikan bahwa swasta tak selalu jelek. Dia mencontohkan, di Amerika Serikat, kampus-kampus berkelas justru milik swasta. Universitas terbaik dunia, Harvard University dan Mashacuset Institute of Technology, adalah perguruan tinggi swasta”Sekarang ini kualitaslah yang dicari, bukan status negeri atau swasta,” kata Chairil yang juga dosen Universitas Gajahmada (UGM) Jogjakarta itu.

…dst

12 ) Serunya Promosikan Kampus
http://kampus.okezone.com/read/2011/06/27/373/473161/serunya-promosikan-kampus

Senin, 27 Juni 2011 18:08 wib
JAKARTA – Siapa bilang promosi kampus urusan pejabat hubungan masyarakat (humas) saja? Mahasiswa juga bisa, kok, promosikan kampus. Seperti yang dilakukan oleh 66 mahasiswa Universitas Islam Indonesia (UII), Yogyakarta. Mereka ikut ambil bagian dalam mempromosikan kampus dan fakultas masing-masing. Biar lebih menjiwai peran sebagai tim promosi, mereka pun mengikuti pendidikan dan pelatihan yang digelar UII, baru-baru ini. Wakil dari berbagai fakultas di UII ini mendapatkan pengenalan kegiatan promosi dan pengembangan strategi pemasaran, profil UII, dan teknik komunikasi. Tidak lupa, para duta UII tersebut juga dilatih kekompakan melalui materi team building. Dekan Fakultas Ekonomi, Hadri Kusuma mengingatkan, para mahasiswa anggota tim promo harus serius dan profesional dalam menjalankan tugasnya. “Diikutsertakannya mahasiswa dalam tim promo ini, yaitu untuk mempermudah menjalin komunikasi dengan calon mahasiswa karena gap usia tidak begitu jauh sehingga diharapkan komunikasi lebih efektif,” kata Hadri seperti dikutip dari situs UII, Senin (27/6/2011).

…dst

13 ) USM Gratiskan Anak Yatim
http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2011/06/28/150815/USM-Gratiskan-Anak-Yatim

28 Juni 2011
SEMARANG- Anak yatim yang akan kuliah di Universitas Semarang (USM) akan diberi beasiswa. Bahkan, jika berpretasi akan digratiskan hingga lulus. Hal itu diungkapkan Rektor USM Prof Dr Pahlawansjah Harahap SE ME saat menyantuni 117 anak yatim di Auditorium Ir Widjatmoko Jl Soekarno-Hatta, baru-baru ini. Dia mengatakan, selain memberikan perhatian kepada anak yatim, pihaknya juga menyediakan beasiswa penuh hingga lulus kepada siswa-siswi SMA dan SMK yang memiliki prestasi akademik bagus. Beasiswa tersebut disediakan bagi 10 mahasiswa baru yang secara ekonomi kurang mampu, tetapi prestasi akademiknya bagus. Menurutnya, kesempatan ini berlaku bagi siswa-siswi SMA dan SMK di Jateng yang ingin menjadi mahasiswa reguler USM. Kriteria berprestasi di bidang akademik antara lain ditunjukkan dengan nilai prestasi akademik di sekolah atau prestasi mengikuti event. ”Untuk syarat tidak mampu harus menunjukkan surat keterangan dari RT dan RW,” ungkapnya. (B18-37)

…dst

14 ) Fakultas Kedokteran Perguruan Muhammadiyah Wajib Miliki RS Pendidikan
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/11/06/27/lnga2f-fakultas-kedokteran-perguruan-muhammadiyah-wajib-miliki-rs-pendidikan

Monday, 27 June 2011 20:13 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,PALEMBANG–Semua fakultas kedokteran di lingkungan perguruan tinggi Muhammadiyah harus memiliki rumah sakit pendidikan yang terakreditasi oleh Kementerian Kesehatan. Ketua Asosiasi Pendidikan Kedokteran dan Kesehatan Muhammadiyah Dr Erwin Santosa M Kes Sp A pada pertemuan APKKM di di Palembang, Senin, mengatakan sesuai aturan Konsil Kedokteran Indonesia, pada 2014 semua fakultas kedokteran harus memiliki rumah sakit pendidikan terakreditasi oleh Kementerian Kesehatan. Ia mengatakan, pertemuan ini untuk mendorong perguruan tinggi di lingkungan Muhammadiyah memiliki rumah sakit pendidikan utama khususnya di delapan fakultas kedokteran. Ia mengatakan, sampai sekarang delapan fakultas kedokteran di lingkungan perguruan tinggi Muhammadiyah belum mempunyai rumah sakit dalam artian belum terakreditasi menjadi rumah sakit pendidikan utama. “Kalau klinik mereka sudah ada, tetapi belum terakreditasi,” katanya. Ia menyatakan, delapan fakultas kedokteran itu ada di Yogyakarta, Jakarta, Malang, Solo, Semarang, Medan, Palembang dan Makassar.

…dst

15 ) Menpora Akan Resmikan Situs Wirausahamudaindonesia di UPI
http://www.pikiran-rakyat.com/node/150086

SENIN, 27/06/2011 – 16:45
BANDUNG, (PRLM),- Menteri Pemuda dan Olah Raga Andi Mallarangeng bersama Wakil Gubernur Jawa Barat Dede Yusuf akan meluncurkan situs wirausahamudaindonesia.or.id di Kampus Universitas Pendidikan Indonesia (UPI, Jln. Setiabudhi No. 229 Bandung, Selasa (28/6). “Wirausahamudaindonesia.or.id merupakan situs yang bertemakan kewirausahaan. Tujuan dipublikasikannya website ini sebagai pusat informasi kewirausahaan di Indonesia, dan juga sebagai ruang pameran online, konsep usaha serta produk para pelaku usaha,” kata Ketua Hubungan Masyarakat UPI Dr. Suwatno, di Bandung Senin (27/6). Diungkapkan, situs ini akan menginformasikan (1) Berita, yaitu berisi berita tentang kewirausahaan; (2) Artikel, yaitu berisi berbagai tulisan yang memiliki kaidah ilmiah tentang kewirausahaan; (3) Acara, yaitu publikasi yang berkaitan dengan kewirausahaan yang ada di seluruh Indonesia; (4) Galeri, berisi foto kegiatan kewirausahaan yang dimasukan ke dalam album; (5) Apa Kata Mereka, yaitu tanggapan atau tulisan para pelaku usaha yang telah sukses. Ruang ini juga dapat digunakan sebagai ruang motivator; (6) Profil Usaha, berisi tentang sejarah, konsep usaha hingga ulasan produk usaha yang telah sukses; (7) Dan Peta Usaha, yaitu forum untuk memberikan informasi seluruh wirausaha yang ada di Indonesia yang dikelompokkan melalui pemetaan berdasarkan provinsi.

…dst

16 ) Ada Balai “Dunia Rusia” di Unpad
http://edukasi.kompas.com/read/2011/06/27/10324823/Ada.Balai.Dunia.Rusia.di.Unpad

Senin, 27 Juni 2011 | 10:32 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Balai Yayasan “Russkiy Mir” atau “Dunia Rusia” secara resmi telah dibuka di Universitas Padjajaran, Jawa Barat, pada 21 Juni 2011. Pembukaan Balai Dunia Rusia ini juga didukung Kedutaan Besar Rusia dan Pusat Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan Rusia di Jakarta. Di Balai Dunia Rusia, tersedia perpusatakaan yang terdiri dari ratusan buku dalam bahasa Rusia termasuk buku sastra klasik, kamus-kamus serta buku pelajaran. Seperti dimuat dalam rilis yang diterimaKompas.com, acara pembukaan turut dihadiri oleh Kepala Bidang Program Regional Yayasan “Russkiy Mir” G.D.Toloraya, Kepala Pusat Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan Rusia di Jakarta Yu.N.Zozulya dan dari pihak Indonesia diantaranya, Wakil Rektor Universitas Padjajaran I.Zurika serta dekan Fakultas Filologi D.Suganda.

…dst

17 ) Amelia Earhart Fellowship Program
Beasiswa Amelia Earhart untuk 35 Perempuan
http://edukasi.kompas.com/read/2011/06/27/11030918/Beasiswa.Amelia.Earhart.untuk.35.Perempuan

Senin, 27 Juni 2011 | 11:03 WIB
KOMPAS.com – Amelia Earhart menyediakan beasiswa bagi para perempuan berbakat untuk mengejar studi lanjutan di bidang yang biasanya didominasi kaum laki-laki, dari hal yang berkaitan dengan ilmu kedirgantaraan dan teknik, melalui program “Amelia Earhart Fellowship”. Beasiswa ini memungkinkan para perempuan untuk melakukan penelitian mereka di suatu negara, membeli buku-buku mahal dan bahan-bahan sumber daya, dan berpartisipasi dalam studi khusus di seluruh dunia. Penerima Amelia Earhart selama ini telah meeningkatkan karirnya dengan menjadi astronot, insinyur aerospace, astronom, profesor, ahli geologi, pemilik bisnis, pimpinan perusahaan, bahkan Sekretaris Angkatan Udara AS. Persyaratannya, beasiswa ini berlaku bagi perempuan yang tengah menempuh gelar doktor dengan catatan akademis unggul di bidang kedirgantaraan. Batas waktu bagi yang berminat mengajukan aplikasi, 15 November 2011. Informasi selengkapnya bisa melayangkan e-mail ke [email protected] atau mengaksesnya di situs http://www.zonta.org

…dst

18 ) Tiga Opsi Sentralisasi Guru
http://cetak.kompas.com/read/2011/06/28/0256495/tiga.opsi.sentralisasi.guru

Selasa, 28 Juni 2011
Jakarta, Kompas – Ada tiga opsi yang sedang dipertimbangkan dalam menata kembali posisi guru atau tenaga pendidik ke arah sentralisasi. Sentralisasi ini dilakukan karena selama ini desentralisasi guru kurang efektif bagi pendidikan karena guru banyak dipolitisasi kepala daerah. Menteri Pendidikan Nasional Mohammad Nuh mengatakan, opsi pertama bidang pendidikan kembali seperti dulu, yakni ada kepala dinas sebagai perwujudan desentralisasi dan kantor wilayah sebagai perwujudan dekonsentrasi. Opsi kedua, hanya penataan guru dan tenaga pendidik yang ditangani pemerintah pusat, sedangkan sarana dan prasarana pendidikan serta hal lainnya yang terkait pendidikan ditangani pemerintah kabupaten dan kota. Adapun opsi ketiga adalah sentralisasi dan dekonsentrasi dengan sistem regional. Artinya, tidak di setiap provinsi ada kantor wilayah yang menangani guru dan tenaga pendidik, tetapi dipertimbangkan kondisi geografis dan jumlah penduduk di setiap wilayah. Provinsi yang jumlah penduduknya sedikit bisa digabung dengan provinsi lain dalam penanganan guru dan tenaga pendidik.”Opsi mana yang akan dipilih, saat ini sedang dibahas. Opsi yang dipilih juga tidak boleh bertentangan dengan peraturan terutama Undang-Undang Nomor 32 tentang Pemerintahan Daerah,” kata Nuh.

…dst

OOT

19 ) Terbaik di Dunia untuk Mengamati Pluto
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/408961/

Tuesday, 28 June 2011
Astronom dari Southwest Research Institute, Colorado, Amerika Serikat, bersiap untuk sebuah pengamatan okultasi Planet Pluto di Observatorium Bosscha, Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), kemarin. Observatorium Bosscha, Lembang,Kabupaten Bandung Barat (KBB), diakui sebagai salah satu tempat pengamatan benda ruang angkasa terbaik di dunia.Pengakuan ini dilontarkan dua orang astronom dari Southwest Research Institute,Colorado, Amerika Serikat,yakni Mark Bullock dan John Stansberry. Keberadaan Observatorium Bosscha di dataran tinggi memungkinkan pengamatan ruang angkasa bisa dilakukan lebih cermat. “Ini adalah salah satu tempat terbaik untuk meneliti benda angkasa.Karena itu kami menggunakannya untuk melihat okultasi Planet Pluto.Terlebih untuk okultasi Pluto saat ini dapat diamati dari Indonesia,termasuk dari Pulau Jawa,”kata Mark di sela-sela persiapan untuk pengamatan okultasi Planet Pluto di Observatorium Bosscha kemarin. Mark,yang baru kali ini meneliti Pluto,mengaku menyebut planet tersebut spesial.

…dst

20 ) Keluarga Tidak Mengetahui Beredarnya Video Pemancungan Ruyati
http://www.antaranews.com/berita/264907/keluarga-tidak-mengetahui-beredarnya-video-pemancungan-ruyati

Senin, 27 Juni 2011 10:22 WIB |
Cikarang (ANTARA News) Pihak keluarga Ruyati, TKI yang dihukum pancung di Arab Saudi mengaku belum mengetahui adanya video eksekusi Ruyati yang diambil dari berita PressTV. Video itu sudah beredar luas di situs internet Youtube, di Suka Tani, Senin. Anak pertama almarhum Ruyati, Evi Kurniati mengatakan dia belum melihat video tersebut. Sebelumnya memang pernah menonton sebuah tayangan di salah satu televisi swasta nasional, namun dia tidak menyangka jika video tersebut adalah ibunya. “Astagfirullahaladzim, tidak menyangka sampai video Ibu saya beredar di internet. Sungguh tidak punya perasaan,” kata Evi dengan suara sedih. Selain Video, Evi juga mengatakan belum melihat foto Ruyati usai dieksekusi pancung juga marak beredar di internet. Evi mengatakan akan segera mencari tahu video dan foto tersebut di internet melalui bantuan kerabatnya. Dia ingin melihat detik terakhir ibunya sebelum dihukum pancung. “Saya akan segera cari tahu. Terimakasih atas informasinya,” kata Evi.

…dst

21 ) Crisis dan Call Center Khusus TKI Dibuka
http://www.jpnn.com/read/2011/06/27/96402/Crisis-dan-Call-Center-Khusus-TKI-Dibuka-

Senin, 27 Juni 2011 , 17:31:00
JAKARTA — Pusat Pelayanan Pengaduan (crisis center) Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan TKI (BNP2TKI) telah resmi dibuka oleh Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) Muhaimin Iskandar di kantor BNP2TKI, Jakarta, Senin (27/6).Muhaimin mengatakan, keberadaan pusat pelayanan pengaduan TKI ini diharapkan dapat memperkuat peran dan fungsi Satgas khusus TKI untuk menyelamatkan 303 orang TKI yang terancam mati dan meningkatan sistem penempatan dan perlindungan TKI secara keseluruhan. “Ini salah satu komitmen pemerintah dalam upaya memberikan pelayanan kepada calon TKI, TKI, TKI purna, keluarga TKI maupun masyarakat umun. Setiap pengaduan akan dilayani dengan lebih cepat, akurat dan optimal,” ujarnya. Dijelaskan, setiap pengaduan yang masuk melalui Pusat Pelayanan Pengaduan TKI ini akan segera ditindaklanjuti sehingga dapat mempercepat proses penyelesaian kasus-kasus TKI. “Dengan penyelenggaraan sistem penempatan dan perlindungan TKI yang semakin baik diharapkan permasalahan makin berkurang,” kata Muhaimin. Untuk diketahui, Call Center TKI akan beroperasi 24 jam. Masyarakat yang membutuhkan informasi maupun mengadukan permasalahannya, lanjut Muhaimin, bisa menghubungi 0800-1000 yang bebas pulsa. Selain melalui nomor telepon Halo TKI 0800 1000, Call Center TKI ini juga melayani pengaduan berupa SMS (Short Message Service/Layanan Pesan Singkat) di nomor 7266 tanpa dikenai biaya sejak 1 Juli 2011 itu, kecuali untuk akses yang berasal dari layanan grup telkom. Pengaduan SMS ke nomor 7266 milik Call Center BNP2TKI itu menggunakan cara: ketik ACA#TKI#NAMA PENGIRIM#KASUS/MASALAH YANG DIADUKAN dan ditulis dalam huruf kapital. Semua biaya telepon dan SMS ditanggung dengan anggaran negara yang ada di BNP2TKI. Ditambahkan, Call Center BNP2TKI juga menerima pengaduan langsung (tatap muka), melalui faksimili di nomor (021) 7981205, surat-menyurat ke alamat Call Center BNP2TKI Jalan MT Haryono Kav 52, Pancoran, Jakarta Selatan, serta surat elektronik (email) ke [email protected]. (cha/jpnn)

>>>

22 ) Sekilas dalam Negeri
Pendidikan
Tiga Opsi Sentralisasi Guru
Tunggakan Tunjangan Selesai Tahun Ini
Tunjangan Profesi Dibayar Juli
14 Beasiswa Guru Kemendiknas untuk Biak
Larangan Tes Masuk Diabaikan (SD/SMP/SMA)
Sumbangan SMP-SMA RSBI Dibatasi 4,5-5 Juta
Kasus Andi Nurpati
Polri: Pemalsuan Surat MK Dilakukan Kelompok
Tetapkan Tersangka dari Internal MK
Pemalsu Surat MK Berkomplot
Polisi Akan Tetapkan Tersangka Pemalsuan Surat MK
Pagi Ini Panja Mafia Pemilu Bertemu Arsyad Sanusi
Kasus Nazaruddin
Diperiksa Kasus Berbeda, KPK Belum Panggil Paksa Nazaruddin
BK Beri Sanksi Nazaruddin? Mana Bukti Daftar Absennya?
KPK Usut Modus Perusahaan Nazar
Bisnis Nazar-Nasir Meroket Sejak di Demokrat
Kasus TKW dipacung
Crisis dan Call Center Khusus TKI Dibuka
Keluarga Tidak Mengetahui Beredarnya Video Pemancungan Ruyati
Dubes Arab Kembali Tegaskan Tak Pernah Minta Maaf Pada Menlu
SBY Tak Tunjukkan Protes Eksekusi Ruyati
TKI Tidak Terurus Karena Pejabat Urus Partai
Tiga Menteri dan BNP2TKI Harus Diberi Sanksi
BPK: Pengelolaan Asuransi TKI Tak Transparan
PBNU: Stop Kirim TKW ke Arab Saudi
MUI: Fatwa Haram Pengiriman TKW ke Arab Saudi akan Dibahas
Ombudsman Nilai Kemlu Lalai hingga Ernawati Bisa Meninggal (usia 16 thn dipaksa jadi pemuas sex)
Keluarga Minta Kementerian Luar Negeri Pulangkan Jenazah Ernawati
Kirim TKI Distop, Lapangan Kerja Baru Digenjot
Yusril Ihza Mahendra
Yusril Sebut Pemahaman Hukum Aparat Kejagung Lemah
Dicegah Kejagung ke Luar Negeri, Yusril Mengadu ke DPR dan Istana
Imigrasi Tegaskan Perpanjangan Cekal Yusril Sesuai Ketentuan Hukum
Pluto
Malam Ini, Pluto Akan Terlihat Lebih Terang
Terbaik di Dunia untuk Mengamati Pluto
Berita Libya hari ini
Mahkamah Pidana Internasional Keluarkan Perintah Penangkapan Khadafi
ICC Terbitkan Surat Penangkapan Qadafi
Pengadilan Internasioanal Perintahkan Penangkapan Khadafi
AS Nilai Perintah Penangkapan Bukti Khadafi Kehilangan Legitimasi
Orang Kuat Libya Gaddafi Tetap Tegar
Pemberontak Libya Dekati Tripoli
Lain-Lain
Somalia Bebaskan Enam Kurir Asing Pembayar Tebusan
Istri Bekas Pemimpin Al Qaida Irak Dihukum Penjara Seumur …