1 ) “Pemerintah Segera Patuhi Putusan MK Tentang Sisdiknas”
http://kampus.okezone.com/read/2011/10/04/373/510684/pemerintah-segera-patuhi-putusan-mk-tentang-sisdiknas

Selasa, 04 Oktober 2011 17:00 wib
JAKARTA – Pemerintah pusat dan daerah didesak untuk segera mematuhi putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang mengabulkan gugatan Undang-undang (UU) Nomor 20 tahun 2003 Pasal 55 Ayat 4 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas). Keputusan MK menyebut kata `dapat’, yang digugat pemohon, bertentangan dengan UUD 1945. Oleh karena itu pemerintah berkewajiban membantu pembiayaan penyelenggaraan pendidikan dasar yang dilakukan oleh masyarakat.Anggota Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Rohmani mendesak agar peristiwa memilukan di Madrasah Diniyah (MD) Al-Ikhlas di Kampung Tambleg, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Banten pada 3 Oktober 2011, tidak terjadi lagi. Peristiwa memilukan itu menimpa seorang siswi kelas 4 MD bernama Sukniah, tewas dan 10 siswa lainnya terluka-luka akibat tertimpa atap bangunan Madrasah.Dalam pembahasan rencana kegiatan dan program kementerian dan dinas pendidikan tahun 2012 harus mematuhi keputusan MK tersebut. Jangan sampai kejadian di MD Al-Ikhlas terus berulang.

…dst

2 ) KPK Pelajari Data Korupsi di Lima Universitas Negeri
http://www.republika.co.id/berita/nasional/hukum/11/10/04/lsj4m2-kpk-pelajari-data-korupsi-di-lima-universitas-negeri

Selasa, 04 Oktober 2011 13:56 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus melakukan pengembangan penyelidikan dugaan korupsi yang dilakukan oleh M Nazaruddin di lima universitas negeri. KPK telah mendatangi kelima universitas tersebut untuk mengumpulkan data dan informasi terkait dugaan itu. “Kita sudah mendatangi seluruh universitas itu seperti yang ada di Palembang, Purwokerto, dan Malang,” kata Juru Bicara KPK, Johan Budi di kantornya, Selasa (4/10).Johan mengatakan, penelusuran KPK ke lima universitas tersebut adalah untuk kepentingan penyelidikan. Namun ia mengaku tidak tahu apakah dalam penyelidikan di lima universitas itu langsung memeriksa rektor universitas bersangkutan. Meskipun, untuk kepentingan penyelidikan, KPK bisa melakukan pemeriksaan saksi di tempat-tempat yang dikunjungi. Ditanya kapan akan memanggil dan memeriksa rektor bersangkutan ke KPK, Johan mengatakan belum ada rencana untuk itu.

…dst

3 ) ICW Beri Rapor Merah Menteri Pendidikan
http://www.tempointeraktif.com/hg/pendidikan/2011/10/04/brk,20111004-359836,id.html

SELASA, 04 OKTOBER 2011 | 16:23 WIB
Corruption Watch (ICW) mengeluarkan rapor merah untuk Menteri Pendidikan Nasional Muhammad Nuh. Alasannya, Mohammad Nuh gagal memperbaiki kualitas pendidikan nasional dan meningkatkan kesejahteraan guru. “Kalau melihat pencapaian dan kemajuan dunia pendikan, kami baru bisa memberi angka lima untuk Menteri Nuh,” ujar Koordinator Divisi Monitoring Pelayanan Publik, Febri Hendri, Selasa, 4 Oktober 2011.Menurut Febri, lemahnya kepemimpinan Nuh membuat tidak berjalannya kebijakan yang sudah ditetapkan Kementerian. Dalam program sertifikasi guru, misalnya, kebijakan Nuh dinilai tidak mampu meningkatkan kualitas pengajaran guru. Penyaluran tunjangan profesi pendidik juga belum tersebar merata. “Masih ada guru yang belum menerima hak tunjangannya meski telah lolos sertifikasi beberapa tahun lalu.” Kebijakan Menteri Pendidikan mempertahankan pelaksanaan ujian nasional (UN) juga diikuti kelemahan pengawasan. Akibatnya berbagai kecurangan dalam pelaksanaan UN terus terjadi. Kasus intimidasi Siami, orang tua murid SDN Gadel 2 Surabaya, dan Irma Winda Lubis, orang tua murid SDN 06 Petang Pesanggrahan Jakarta Selatan, misalnya, merupakan dampak buruk pemaksaan kebijakan UN. “Pelaksanaan UN telah memicu meluasnya kecurangan dan menanamkan ketidakjujuran murid yang melahirkan calon koruptor baru,” ujar Febri.

…dst

4 ) Kritik Guru
Catatan atas Kinerja Mendiknas
http://edukasi.kompas.com/read/2011/10/04/15301763/Catatan.atas.Kinerja.Mendiknas

Selasa, 4 Oktober 2011 | 15:30 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Kritik dan catatan dilayangkan Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) atas berbagai kebijakan pendidikan nasional serta kinerja Menteri Pendidikan Nasional Mohammad Nuh. Setidaknya FSGI melakukan kajian atas tiga kebijakan.Pertama, Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (Permenpan) Nomor 16/2009 mengenai kenaikan pangkat untuk guru yang disyaratkan harus menulis dan memublikasikan makalah, karya ilmiah, dan artikel.Kedua, Permenpan 2011 mengenai jam mengajar guru yang semula hanya 24 jam, kemudian akan ditambah menjadi 27,5 jam.Ketiga, Peraturan Menteri Keuangan (Permenkeu) 119/2010 tentang mekanisme pencairan Tunjangan Profesi Guru (TPG) yang didasarkan pada Undang-Undang (UU) Pengelolaan Keuangan Daerah yang ternyata berpotensi disalahgunakan oleh daerah yang mengakibatkan pola konsumtif pada guru dalam menggunakan TPG. “Tiga kebijakan yang menyangkut guru dan kami nilai tidak berorientasi pada peningkatan mutu tersebut. Mendiknas mendukung kebijakan yang bagi kami cenderung menindas para guru,” kata Sekretaris Jenderal FGSI Retno Listiarti, dalam jumpa pers, Selasa (4/10/2011), di Jakarta.

…dst

5 ) Kinerja Mendiknas
M Nuh-Ridwan Hisyam Calon Kuat Ika-ITS
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/433378/

Wednesday, 05 October 2011
JAKARTA – Wakil Bendahara Umum DPP Partai Golkar Ridwan M Hisyam dan Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) M Nuh dijagokan menjadi ketua umum Ikatan Alumni Institut Teknologi Sepuluh Nopember (Ika-ITS), menggantikan Dwi Sutjipto.Pemilihan ketua umum Ika-ITS akan digelar dalam Kongres Ika-ITS di Jakarta Convention Center (JCC), Jumat dan Sabtu (7-8/10).Kongres akan dibuka oleh Wakil Presiden Boediono pada Kamis (6/10) di Istana Wakil Presiden. Selain M Nuh dan Ridwan, ada dua nama lain yang juga berkibar dalam bursa calon ketua umum Ika-ITS, yaitu Deputi Kementerian BUMN Bidang Industri Strategis dan Manufaktur Irnanda Laksanawan dan Ketua Umum Ika-ITS Jakarta Raya Sunaryo Suhadi. Ridwan dan Sunaryo samasama berasal dari angkatan 1977, hanya berbeda jurusan. Ridwan yang juga pengusaha sukses itu merupakan jebolan Teknik Perkapalan, Sunaryo dari Teknik Kimia. M Nuh adalah lulusan Teknik Elektro angkatan 1978,dan satu kandidat lainnya, Irnanda, jebolan Teknik Mesin 1980.

…dst

6 ) Forum Rektor: Ide Fahri Bubarkan KPK Konyol!
http://www.detiknews.com/read/2011/10/04/154226/1736695/10/forum-rektor-ide-fahri-bubarkan-kpk-konyol

Selasa, 04/10/2011 15:42 WIB
Jakarta – Ide politikus PKS Fahri Hamzah untuk membubarkan KPK dinilai tidak beralasan. Sebagai anggota Komisi III DPR, Fahri seharusnya bisa introspeksi. Selama ini DPR selalu menuai kritik rakyat terkait perilaku anggotanya tetapi tidak sampai muncul ide pembubaran.”Ide pembubaran KPK betul-betul merupakan ide konyol, emosional, dan tidak membumi. Memang kita melihat masih ada kelemahan dan kekurangan dari KPK, namun tidak berarti di tengah korupsi yang menggurita ini lembaga tersebut harus dibubarkan,” terang Anggota Dewan Pertimbangan Forum Rektor, Edy Suandi Hamid dalam surat elektronik yang diterima detikcom, Selasa (4/10/2011).Edy menilai, di mata publik kinerja DPR jauh dari harapan. Sepak terjang anggota DPR pun banyak mendapat sorotan publik, misalnya saja dalam rapat paripurna DPR kerap kali banyak yang membolos.

…dst

7 ) 1.277 Mahasiswa Aceh Dikirim ke Luar Negeri
http://edukasi.kompas.com/read/2011/10/04/13184981/1.277.Mahasiswa.Aceh.Dikirim.ke.Luar.Negeri

Selasa, 4 Oktober 2011 | 13:18 WIB
BANDA ACEH, KOMPAS.com – Pemerintah Aceh melalui Komisi Beasiswa Aceh (KBA) selama empat tahun terakhir telah mengirim sebanyak 1.277 mahasiswa untuk belajar ke sejumlah perguruan tinggi di luar negeri. Hal itu dikatakan Koordinator Lembaga Sumber Daya Manusia (LPSDM) Aceh Dr Qismullah, Selasa (4/10/2011), di Banda Aceh.Para mahasiswa tersebut dibiayai untuk menempuh pendidikan jenjang program master (S2) dan doktor (S3). Seusai menjalani pendidikan, para mahasiswa itu harus kembali ke Aceh.”Sesuai dengan kontrak, setelah belajar di sana mahasiswa harus kembali untuk membangun Aceh,” kata Qismullah.Ia menambahkan, mahasiswa yang dikirim ke luar negeri menjalani seleksi ketat. Tujuannya, mahasiswa yang menuntut ilmu disana bisa mengimplementasikan untuk membangun Aceh. Para mahasiwa itu disebar ke 16 negara.

…dst

8 ) Unair Teken MoU dengan Bank BNI Syariah
http://kampus.okezone.com/read/2011/10/04/373/510545/unair-teken-mou-dengan-bank-bni-syariah

Selasa, 04 Oktober 2011 13:30 wib
JAKARTA – Universitas Airlangga (Unair) menandatangani perjanjian dengan PT Bank BNI Syariah (BNI Syariah) yang dilakukan oleh Rektor Universitas Airlangga, Fasich, dan Direktur Utama BNI Syariah, Rizqullah, hari ini.Penandatanganan tersebut dilakukan di hadapan pejabat Rektorat Unair, mahasiswa, serta pejabat BNI Syariah Surabaya.
“Alhamdulillah, kami berterima kasih pada Unair yang telah mempercayakan amanahnya kepada kami untuk mengelola transaksi keuangannya. Kerja sama ini meliputi fasilitas pelayanan pembayaran SPP mahasiswa, kerja sama di bidang SDM, serta kerja sama di bidang CSR khususnya beasiswa,” jelas Rizqullah pada keterangan pers yang diterima okezone, Selasa (4/10/2011).

…dst

9 ) UGM Gelar UOFS untuk Mahasiswa Asing
http://kampus.okezone.com/read/2011/10/04/373/510689/ugm-gelar-uofs-untuk-mahasiswa-asing

Selasa, 04 Oktober 2011 17:30 wib
YOGYAKARTA – Jumlah mahasiswa asing di Universitas Gajah Mada (UGM) meningkat, sedikitnya 1.300-an mahasiswa asing dari seluruh penjuru dunia terdaftar, dan di antaranya adalah 250 mahasiswa baru angkatan 2011.Peningkatan jumlah mahasiswa asing ini dibarengi dengan upaya UGM dalam komitmennya menuju Universitas Riset Kelas Dunia (World Class Research University). Hal tersebut juga ditunjukkan dengan keberhasilan UGM menduduki ranking 80 Asia dan 321 dunia menurut Quacquarelli Symonds (QS) World University Ranking 2011/2012. “Bukti ini menunjukkan semakin meningkatnya posisi dan reputasi UGM di mata mahasiswa asing di seluruh penjuru dunia,” kata Kepala Kantor Urusan Internasional (KUI) UGM R Rachmat A Sriwijaya, seperti yang dikutip laman UGM, Selasa (4/10/2011).

…dst

10 ) UIN Bandung Gandeng Murdock University
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/433195/

Wednesday, 05 October 2011
BANDUNG – Bekerjasama dengan Murdoch University Australia, kini mahasiswa dan dosen di UIN Sunan Gunung Djati Bandung memiliki banyak kesempatan mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri.Salah satunya adalah program double degree untuk mahasiswa. “Untuk tahap satu , program ini disiapkan untuk 20 orang mahasiswa S-1, sedangkan selanjutnya diperuntukkan bagi lima orang dosen S-2 dan S-3, beasiswanya untuk semua jurusan, tapi di luar jurusan agama,”kata Ketua Pusat Kerjasama UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Tajul Arifin,kemarin. Berbeda dengan program perkuliahan pada umumnya. Mahasiswa yang menjadi peserta double degree melaksanakan perkuliahan di UIN selama dua tahun dan dua tahun berikutnya di Murdoch University.

…dst

11 ) Rektor Unidar: kepercayaan masyarakat tantangan untuk tingkatkan mutu
http://www.antaranews.com/berita/278333/rektor-unidar-kepercayaan-masyarakat-tantangan-untuk-tingkatkan-mutu

Rabu, 5 Oktober 2011 02:41 WIB
Ambon (ANTARA News) – Rektor Universitas Darussalam (Unidar) Ambon, Prof Drs Ismael Tahir mengatakan, kepercayaan yang diberikan masyarakat terhadap lembaga pendidikan yang dipimpinannya merupakan tantangan untuk lebih meningkatkan mutu.”Tingginya animo masyarakat menjadi tantangan bagi kami untuk bekerja optimal meningkatkan mutu pendidikan,” katanya, di Ambon, Selasa.Jumlah calon mahasiswa baru yang mendaftar di Unidar pada awal September 2011 mencapai 3.410 orang, sedangkan yang diterima hanya 3.000 orang.Ismael Tahir mengatakan, peningkatan mutu dilakukan dengan pengiriman tenaga dosen dalam beberapa tahun terakhir menempuh pendidikan Strata Dua (S2) dan Strata Tiga (S3) di beberapa universitas di dalam dan luar Maluku, antara lain di Universitas Pattimura Ambon, Universitas Hasanuddin, Makassar, Universitas Gajah Mada, Bandung.

…dst

12 ) Mahasiswa Bali Belajar Penulisan Naskah Film
http://kampus.okezone.com/read/2011/10/04/373/510760/mahasiswa-bali-belajar-penulisan-naskah-film

Selasa, 04 Oktober 2011 18:03 wib
DENPASAR – Minat mahasiwa Bali menekuni dunia akting cukup tinggi, maka kini, mereka dibekali dengan pengetahuan tentang cara dan teknik pembuatan naskah film. Dua artis nasional Ferry Salim dan Helmalia Putri diundang secara khusus untuk membimbing para mahasiswa Bali yang tertarik menekuni dunia layar lebar tersebut. “Kami ingin mengedukasi mahasiswa terhadap mobile value added service juga talkshow penulisan naskah film bersama penulis naskah (sricpt writer) dan pendiri sekolah script writing,”ujar GM Sales & Customer Service Telkomsel Regional Bali Nusra, Syaifil Bachri di Denpasar, Selasa (4/10/2011).Pihaknya sengaja mengundang dua artis layar lebar serta sutradara dan produser agar mahasiswa bisa mempunyai kesempatan untuk menggali dan bertanya banyak hal seputar dunia akting maupun berdiskusi tentang perfilman nasional.

…dst

13 ) 6 Kampus Amerika Cari Mahasiswa di Indonesia
http://kampus.okezone.com/read/2011/10/04/373/510780/6-kampus-amerika-cari-mahasiswa-di-indonesia

Selasa, 04 Oktober 2011 19:02 wib
SURABAYA – Sebanyak enam univeritas dari Amerika Serikat mencari calon mahasiswa Indonesia melalui Education Fair 2011. Education Fair ini merupakan yang kedua kalinya digelar di Indonesia, hasil kerja sama antara Konsulat Jenderal (Konjen) Amerika di Surabaya bersama dengan Education USA.Keenam universitas tersebut adalah Miami University of Oxford, Ohio; University of Oregon; Diablo Valley College California; Foothill College of California; De Anza College of California; dan Iowa State University.Menurut Kristen F Bauer, Konsul Jenderal AS Surabaya, dalam Education Fair 2011 ini, Education USA akan menyiapkan enam meja untuk masing-masing universitas. Ditambah lagi satu meja AMINEF yang akan memberikan informasi beasiswa kepada calon mahasiswa yang akan menempuh study di Amerika, serta dua meja untuk Konjen AS.

…dst

14 ) Beasiswa S-1 di Oxford, Siapa Mau?
http://edukasi.kompas.com/read/2011/10/04/15093821/Beasiswa.S-1.di.Oxford.Siapa.Mau.

Selasa, 4 Oktober 2011 | 15:09 WIB
KOMPAS.com — Dibuka kesempatan bagi yang ingin meneruskan pendidikan jenjang S-1 melalui program beasiswa “Reach Oxford”, atau sebelumnya dikenal dengan “Oxford Student Scholarships”. Beasiswa ini diberikan untuk pelajar dari negara berkembang yang karena alasan politis atau keuangan, atau karena fasilitas pendidikan yang tidak memadai, tidak bisa melanjutkan pendidikan di negaranya. Warga negara mana saja yang mempunyai kesempatan untuk mengajukan aplikasi beasiswa ini? Puluhan negara berkembang, dan Indonesia salah satunya. Berminat? Bagi yang berminat, semua program studi bisa diajukan, kecuali Kedokteran. Nah, di universitas mana saja bisa menempuh pendidikan, informasi itu akan dikonfirmasi lebih lanjut. Peluang besar terutama bagi kandidat dengan kemampuan akademik istimewa dengan hasil yang luar biasa. Bagaimanapun komitmen sosial juga menjadi kriteria penting dalam proses seleksi.

…dst

15 ) Syarat Naik Pangkat Guru PNS Disoal
Harus Membuat Artikel dan Dimuat Media Massa
http://www.jpnn.com/read/2011/10/05/104722/Syarat-Naik-Pangkat-Guru-PNS-Disoal-

Rabu, 05 Oktober 2011 , 03:34:00
JAKARTA – Sekitar setahun lagi, Peraturan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Permenpan) Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya, berlaku efektif. Sebagian guru menyoal peraturan tersebut. Sebab, dalam permenpan itu setiap naik golongan kepangkatan, guru wajib membuat artekel yang dimuat di media Massa.Diantara yang mempersoalkan aturan tersebut, adalah guru-guru yang tergabung dalam Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI). Kepala Bidang Pengembangan Profesi FSGI Ujang Subiatun menjelaskan, aturan yang mewajibkan para guru membuat artikel dan dimuat di media massa itu memberatkan guru.

…dst

16 ) Sertifikasi guru terkendala gelar sarjana
http://www.antaranews.com/berita/278249/sertifikasi-guru-terkendala-gelar-sarjana

Selasa, 4 Oktober 2011 11:22 WIB
Cikarang, Bekasi (ANTARA News) – Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bekasi, Jawa Barat Rusdi Biomed menyatakan program sertifikasi guru di wilayahnya masih terkendala dengan banyaknya guru yang belum memiliki gelar sarjana.”Padahal gelar sarjana adalah syarat minimal bagi seorang guru yang akan mengikuti program sertifikasi,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bekasi, Rusdi. Menurut dia sebanyak 80 persen guru di wilayahnya belum menjalani sertifikasi guru, dari jumlah itu 30 persen di antaranya masih terkendala gelar sarjana.
“Kami akui ada sebanyak 30 persen guru yang belum memiliki gelar sarjana, kebanyakan mereka mengajar di sekolah dasar (SD) dan usianya di atas 50 tahun. Tapi untuk guru SMP dan SMA hampir semua sudah sarjana,” ujar Rusdi Biomed. Rusdi mengatakan, guru yang belum memiliki gelar sarjana, sudah diminta untuk melanjutkan jenjang pendidikan hingga dapat mengikuti program sertifikasi guru. “Namun, karena mereka usianya di atas 50 tahun, maka mereka pasrah, dan hanya ingin mengajar hingga mereka pensiun,” tuturnya.

…dst

17 ) Mendiknas: Madrasah Ambruk Tanggung Jawab Kemenag
http://www.jpnn.com/read/2011/10/04/104713/Mendiknas:-Madrasah-Ambruk-Tanggung-Jawab-Kemenag-

Selasa, 04 Oktober 2011 , 20:10:00
JAKARTA—Ambruknya sekolah madrasah diniyah di Banten yang menewaskan seorang siswa, menurut Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) M Nuh merupakan tanggung jawab Kementerian Agama.”Sekolah yang ambruk itu, bukan sekolah dibawah wewenang Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas). Sekolah madrasah merupakan wewenang Kementerian Agama (Kemenag),” terang Nuh ketika ditemui di Gedung Kemdiknas, Jakarta, Selasa ( 4/10).Nuh menjelaskan, pihaknya hingga saat ini belum dapat memutuskan apa-apa sebelum adanya pemberitahuan dari pihak Kemenag. “Apakah nantinya akan ada rencana rehabilitasi bangunan sekolah madrasah tersebut dan bagaimana koordinasinya, kita tunggu penjelasan dari Kemenag dulu ya,” serunya.

…dst

OOT:

18 ) Terendus, Dugaan Korupsi Tiga Kali Lipat Century
http://nasional.kompas.com/read/2011/10/03/14094014/Terendus.Dugaan.Korupsi.Tiga.Kali.Lipat.Century

Senin, 3 Oktober 2011 | 14:09 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Pramono Anung mengatakan, pimpinan DPR telah menerima hasil audit yang dilakukan Badan Pemeriksa Keuangan terhadap suatu kasus dengan nilai kerugian negara yang sangat besar.Pramono menyebut laporan itu terkait dengan masalah energi primer. Namun, dia tak mau menjelaskan lebih lanjut mengenai kasus itu. Laporan BPK itu, kata Pramono, diterima pimpinan DPR pada 25 September 2011 .”Gede banget (nilai kerugian negara),” kata Pramono di Kompleks DPR, Senin (3/10/2011). Awalnya, Pramono ditanya apakah pimpinan DPR sudah menerima hasil audit forensik dari BPK mengenai kasus Bank Century.Ketika ditanya bagaimana perbandingan nilai kerugian negara dalam kasus itu dengan nilai dana talangan Bank Century, politisi PDI-P itu menjawab, “Tiga kali lipat. Ini memang belum dibuka kepada publik.” Nilai talangan Bank Century sebesar Rp 6,7 triliun.

…dst

19 ) Antasari Menyerah Jika Saksi Tak Muncul Juga
http://www.tempointeraktif.com/hg/hukum/2011/10/04/brk,20111004-359891,id.html

SELASA, 04 OKTOBER 2011 | 21:11 WIB
TEMPO Interaktif, Jakarta – Mantan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi, Antasari Azhar akan kembali menghadapi sidang lanjutan peninjauan kembali (PK) kasus pembunuhan Direktur Utama PT Putra Rajawali Banjaran Nasruddin Zulkarnaen, di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Rabu besok 5 Oktober 2011. Antasari diagendakan akan menandatangani penetapan berita acara pemeriksaan PK jika saksi dari para medis Rumah Sakit Mayapada Tangerang maupun Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Subroto tidak hadir. “Kami akan langsung menandatangani (berita acara pemeriksaan PK),” kata kuasa hukum Antasari, Maqdir Ismail saat ditemui di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Selasa 4 Oktober 2011.

…dst

20 ) KPK Harus Sikat Mafia Seleksi CPNS
http://www.jpnn.com/read/2011/10/04/104712/KPK-Harus-Sikat-Mafia-Seleksi-CPNS-

Selasa, 04 Oktober 2011 , 19:37:00
JAKARTA–Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) diminta berperan dalam memberantas mafia CPNS maupun honorer yang semakin hari kian merajalela di daerah. Diyakini, dengan turunnya KPK ke daerah untuk menelusuri suap dalam seleksi CPNS, bisa menimbulkan efek jera pada para pejabat.”Saya rasa KPK harus turun ke daerah untuk memberantas mafia CPNS. Karena sudah rahasia umum, dalam setiap penerimaan CPNS selalu ada campur tangan kepala daerah selaku pejabat pembina kepegawaian,” tegas Wakil Ketua Komisi II DPR RI Abdul Hakam Naja, Selasa (4/10).

…dst

21 ) Pemda Manipulasi Data PNS untuk Raup DAU
http://www.jpnn.com/read/2011/10/05/104721/Pemda-Manipulasi-Data-PNS-untuk-Raup-DAU-

Rabu, 05 Oktober 2011 , 00:37:00
JAKARTA–Pemerintah ditantang untuk menyelesaikan data fiktif jumlah PNS di daerah. Ada dugaan kuat, pemda sering memanipulasi dengan cara membengkakkan jumlah PNS, dengan tujuan agar mendapat Dana Alokasi Umum (DAU) lebih besar. Pasalnya, perhitungan kucuran dana DAU berdasarkan jumlah PNS yang ada di daerah.”Saya sudah paham betul dengan karakter pejabat di daerah. PNS hanya dijadikan alat untuk mendapatkan DAU yang besar,” kata Alex Litaay di Gedung Senayan, Selasa (4/10).Caranya, lanjut Alex, data PNS yang diajukan ke pusat sengaja dimanipulasi alias difiktifkan. Misalnya, jumlah PNS di instansi A hanya 100, tapi dimark up menjadi 150. “Yang 50 itu PNS fiktif. Memang datanya lengkap, tapi orangnya tidak ada. Praktek ini telah berlangsung lama, apalagi pusat tidak meneliti lagi data-data yang disodorkan daerah,” ujarnya.

…dst

22 ) Sekilas dalam Negeri
Pendidikan
Guru Pertanyakan Pembayaran Tunjangan Sertifikasi
Madrasah roboh satu orang tewas
Mendiknas: Madrasah Ambruk Tanggung Jawab Kemenag
Suap Kemenakertrans
Kasus Suap Kemenakertrans Dharnawati: Fee Proyek PPID 5% untuk Banggar DPR & 5% Kemenkeu
Dharnawati Yakin Duit Suap Untuk Menteri Muhaimin
Orang Dekat Muhaimin Terima Fee dari 10 Pengusaha
Menkeu Pastikan tak Lindungi Anak Buah Bila Terbukti Korupsi
Ini Alasan KPK Periksa Menteri Keuangan
Menkeu Mengaku Setujui Alokasi Dana PPIDT Rp 500 M
KPK: Tersangka Kasus Suap Kemenakertrans Bisa Bertambah
Konflik DPR-KPK
Politikus DPR Kian Gencar Serang KPK
Benny: Kerja KPK Mirip Tsunami   
Benny: KPK “Teroris” Bagi Anggota Dewan
Fahri Tak Peduli Ide Pembubaran KPK Menuai Kecaman Publik
Fachri Hamzah: Tugas KPK Istimewa, Jangan Diisi Orang Kerdil
Kasus Nazaruddin
Rosalina Kembali Ungkap Peran Angelina
Mafia Banggar DPR
Merasa Diteror, Pos Pengaduan Mafia Anggaran Diimbau Lapor Polisi 
Skandal Century
Bongkar Skandal Bank Century
KPK Usut Temuan Aliran Dana Robert Tantular ke Budi Mulya 
Mama Minta Pulsa
Komplotan ‘Mama Minta Pulsa’ Diciduk Polisi  
Komplotan ‘Mama Minta Pulsa’ Dilacak dengan Alat Rp 15 Miliar   
Thailand
Banjir Terburuk di Thailand, 224 Tewas