1 ) Kemendikbud-UI Gelar Kompetisi Jembatan dan Gedung
http://www.mediaindonesia.com/read/2011/11/24/278713/293/14/Kemendikbud-UI-Gelar-Kompetisi-Jembatan-dan-Gedung

Kamis, 24 November 2011 06:14 WIB
JAKARTA–MICOM: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) menggelar Kompetisi Jembatan Indonesia (KJI) dan Kontes Bangunan Gedung Indonesia (KGBI) 2011. Kompetisi akan berlangsung 25-27 November 2011 di Balairung Universitas Indonesia (UI). Dirjen Dikti Kemendikbud Djoko Santoso mengatakan ajang KJI mengusung tema Jembatan Ramah Lingkungan dan Berwawasan Nusantara terbagi tiga cabang perlombaan. Yakni, kompetisi jembatan baja, jembatan kayu, dan jembatan bentang panjang (jembatan busur). 37 perguruan tinggi dari seluruh Indonesia telah mengirimkan proposal dalam kategori jembatan baja, 27 perguruan tinggi dalam kategori jembatan kayu, dan 22 perguruan tinggi dalam kategori jembatan busur. Delapan perguruan tinggi yang masuk final yakni Politeknik Negeri Jakarta, Politeknik Negeri Bandung, Universitas Muhammadiyah Malang, Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung , Universitas Jenderal Achmad Yani, Politeknik Negeri Malang dan Universitas Pancasila. “Ajang KGBI, akan mengusung tema Rumah Kayu Bertingkat yang Berwawasa Lingkungan,” kata Djoko di Gedung Kemdikbud, Jakarta, kemarin

…dst

2 ) Larangan Biaya Kuliah Ratusan Juta Segera Terbit
http://www.jpnn.com/read/2011/11/23/108947/Larangan-Biaya-Kuliah-Ratusan-Juta-Segera-Terbit-

Rabu, 23 November 2011 , 22:44:00
JAKARTA – Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) yang mengatur tentang batasan biaya pendidikan di Perguruan Tinggi (PT) dijanjikan terbit akhir 2011 ini. Hal tersebut diungkapkan Mendikbud Mohammad Nuh kepada JPNN di Gedung Kemdikbud, Jakarta, Rabu (23/11). “Permen itu nantinya akan menetapkan plafon tertinggi pembiayaan pendidikan tinggi. Sehingga, nantinya tidak akan ada lagi biaya pendidikan tinggi yang nilainya hingga ratusan juta,” terang Nuh. Menurutnya, diterbitkannya aturan tersebut karena sesuai dengan arahan Wapres Boediono yang meminta audit biaya pendidikan. Namun begitu, lanjut Nuh, masalah pembatasan biaya pendidikan tinggi ini tidak bisa diputuskan secara terburu-buru dan harus dibahas bersama dengan perguruan tinggi. “Sehingga, perguruan tinggi tidak bisa seenaknya menetapkan biaya pendidikan hingga Rp 200 juta. Dengan aturan ini, kami akan bisa memonitoring kampus-kampus yang masih memungut biaya tinggi,” ujarnya.

…dst

3 ) Pemerintah Dituntut Adil Bantu PTN-PTS
http://www.mediaindonesia.com/read/2011/11/23/278661/293/14/Pemerintah-Dituntut-Adil-Bantu-PTN-PTS

Rabu, 23 November 2011 23:14 WIB
SEMARANG–MICOM: Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (Aptisi) Jawa Tengah meminta pemerintah bersikap adil dalam membantu pendanaan perguruan tinggi negeri (PTN) maupun perguruan tinggi swasta (PTS). “Itu salah satu poin masukan kami terhadap rancangan undang-undang (RUU) Perguruan Tinggi dan sudah kami sampaikan kepada Aptisi pusat,” kata Sekretaris Aptisi Jateng Prof Y Sutomo di Semarang, Jawa Tengah, Rabu (23/11). Menurut dia, pemerintah perlu menggodok RUU Perguruan Tinggi secara matang agar bisa mengapresiasi kepentingan seluruh pihak terkait, termasuk PTS yang selama ini minim mendapatkan bantuan dana dari pemerintah. Ia mengakui, pemerintah selama ini sudah membantu PTS melalui berbagai langkah, seperti beasiswa bagi dosen untuk studi lanjut, beasiswa bagi mahasiswanya, dan bantuan penelitian, namun belum mencukupi. “Dalam RUU Perguruan Tinggi memang belum memperlihatkan secara jelas tentang pengaturan pembiayaan bagi PTS, mestinya alokasi anggaran bagi dunia pendidikan tinggi tidak boleh dibedakan,” katanya.

…dst

4 ) Audit Pendidikan Masuk RUU PT
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/446112/

Thursday, 24 November 2011
JAKARTA – Audit biaya pendidikan di pendidikan tinggi akan dimasukkan dalam Rancangan Undang-Undang Perguruan Tinggi (RUU PT) yang saat ini masih dibahas dengan DPR. Dirjen Pendidikan Tinggi (Dikti) Kemendikbud Djoko Santoso mengatakan,pihaknya masih terus mencari masukan dari berbagai pihak terkait teknis pelaksanaannya. “Kita terus menyempurnakan dengan meminta masukan dari berbagai kalangan,”katanya di gedung Kemendikbud kemarin. Menurut dia,audit keuangan tetap akan dilakukan baik oleh pemerintah maupun lembaga pendidikan itu sendiri. Perguruan tinggi melakukannya sendiri dengan bantuan lembaga independen dan Kemendikbud akan melihat hasil akhirnya.Sementara untuk melihat kualitas mutu perguruan tinggi, Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) akan mengevaluasinya dari segi akreditasi suatu kampus. Mantan Rektor Universitas Andalas Padang ini berharap aturan batas atas pembiayaan perguruan tinggi itu dapat terealisasi pada tahun ajaran 2012 mendatang

…dst

5 ) Warning untuk para pengelola keuangan PT, kasus di bawah ini belum tentu korupsi, bisa aja karena ybs kurang memahami peraturan tentang pengelola keuangan terutama yang menyangkut PNBP. untuk itu be careful dalam mengelola keuangan negara.
>>>
Pembayaran Tanpa Kuitansi Membawa Dekan FH Unsrat DR. Merry Elisabeth Kalalo Jadi Tersangka
http://cahayamanado.com/2011/11/23/pembayaran-tanpa-kuitansi-membawa-dekan-fh-unsrat-dr-merry-elisabeth-kalalo-jadi-tersangka/

23 November 2011
CAHAYAMANADO – Pungutan uang pembangunan pada mahasiswa baru tahun 2011 yang merupakan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) di Kampus Merah Fakultas Hukum Unsrat Manado berujung pada ditetapkannya status tersangka oleh Polda Sulut pada Dekan Fakultas Hukum Unsrat DR Merry Kalalo,S.H.,M.H. Selain DR. Merry Elisabeth Kalalo,SH,MH Polda Sulut Juga menetapkan tersangka lain yaitu mantan Kasubag Kemahasiswaan Fakultas Hukum Unsrat yang saat ini sudah dimutasi menjadi staf di bagian kepegawaian Unsrat Manado, Selvie Polii. Penetapan tersangka (22/11/) oleh penyidik tindak pidana Korupsi Direktorat Kriminal Khusus setelah melakukan gelar perkara kasus dugaan korupsi tersebut. Turut hadir dalam gelar itu selama dua jam itu, Kasubdit Tipikor AKBP Grubert Ughude,SH,MH dan Kabid Humas Polda AKBP Benny Bella.

…dst

6 ) Mahasiswa Unnes Dalangi Perampokan
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/446162/

Thursday, 24 November 2011
SEMARANG– Seorang mahasiswa Universitas Negeri Semarang (Unnes), Dian Adi Kusuma alias Pentet, 20, menjadi dalang sejumlah perampokan sepeda motor dengan kekerasan. Mahasiswa Fakultas Teknik Sipil semester V itu beraksi bersama tiga anak buahnya.Namun, aksinya harus selesai ditangan jajaran Satreskrim Polsek Genuk, Semarang pada Selasa (22 /11). Kapolsek Genuk AKP Dony Setiawan mengatakan bahwa sasaran komplotan ini adalah remaja yang sedang pacaran. Adi diketahui sebagai perencana aksi sekaligus eksekutor. “Dalam aksinya Adi selalu membawa senjata tajam jenis celurit untuk mengancam korban. Jika korban melawan maka akan dilukai,”ujar Doni, saat gelar perkara di Mapolsek Genuk,kemarin. Dijelaskan Kapolsek, tersangka Adi diduga telah melakukan aksi yang sama di sejumlah lokasi lebih dari dua kali. Aksi pertama diketahui dilakukan di Jalan Shmpony, Jangli, Tembalang pada awal Oktober 2011.

…dst

7 ) Unpad raih juara kompetisi debat nasional
http://www.antaranews.com/berita/286087/unpad-raih-juara-kompetisi-debat-nasional

Rabu, 23 November 2011
Bandung (ANTARA News) – Tim Debat Universitas Padjadjaran (Unpad) meraih juara pertama dalam “European Union Intervarsity Debate 2011 Championship (EU-IDC)”. Salah seoramg anggota Tim Debat Unpad, Rendi Prahara Septiawedi, Rabu mengatakan, pihaknya berhasil keluar sebagai pemenang setelah berhasil menyisihkan pesaing terberat, yaitu tim debat Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta. Dalam kompetisi debat yang diselenggarakan Uni Eropa pada 18 November tersebut tim Unpad mengirim tiga mahasiswa, yakni Mayang Puspita Bastian dari Jurusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan (FISIP), Rendi Prahara Septiawedi dan Novryan Pahlawan Sumharto, keduanya mahasiswa Jurusan Hukum Internasional Fakultas Hukum Unpad. “European Union Intervarsity Debate 2011 Championship” ini merupakan perlombaan debat tingkat nasional yang pada tahun ini diikuti oleh sebanyak 80 tim dari seluruh universitas di Indonesia.

…dst
.
8 ) UGM Cetak 130 Prestasi Sepanjang 2011
http://kampus.okezone.com/read/2011/11/22/373/532847/ugm-cetak-130-prestasi-sepanjang-2011

Rabu, 23 November 2011 12:01 wib
YOGYAKARTA – Seperti yang kamu ketahui, kampus merupakan gudangnya prestasi, baik prestasi akademik, maupun nonakademik. Seperti Universitas Gadjah Mada (UGM) yang telah mencetak sekira 130 prestasi yang ditorehkan mahasiswanya, baik tingkat nasional maupun internasional sepanjang 2011. Hal tersebut disampaikan Rektor UGM Sudjarwadi, dia mengatakan, prestasi tersebut tidak hanya di bidang akademis namun juga bidang olahraga dan seni. “Seperti baru-baru ini, beberapa prestasi yang diraih mahasiswa UGM, di antaranya, dua mahasiswa FK UGM mendapatkan kesempatan jadi wakil Indonesia untuk presentasi pada European Student Conference di Berlin Jerman dan Juara I dan Juara Favorit tingkat nasional untuk penelitian ilmiah industri olahraga,” ujar Sudjarwadi, seperti dilansir dari situs UGM, Rabu (23/11/2011).Dibidang olahraga, lanjutnya, mahasiswa UGM juga berhasil mencetak prestasi menjadi anggota tim nasional usia 23 yang berhasil keluar sebagai juara pertama dalam Asia Pasifik Cabang Bridge.

…dst

9 ) Beasiswa UGM Prioritaskan Warga DIY
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/446152/

Thursday, 24 November 2011
YOGYAKARTA– Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta mengaku tiap tahun menyediakan anggaran beasiswa senilai Rp30 miliar, khususnya bagi mahasiswa tidak mampu tapi berprestasi akademik. Melalui anggaran tersebut, UGM berharap mereka bisa menyelesaikan studinya hingga tuntas.Direktur Kemahasiswaan UGM Haryanto mengungkapkan, penyediaan beasiswa bagi mahasiswa dari keluarga tidak mampu ini merupakan salah satu bentuk komitmen UGM dalam bidang pendidikan. Dari beasiswa ini, setidaknya mampu menyokong 9.000 lebih mahasiswa dari keluarga kurang mampu untuk menyelesaikan kuliahnya di sini. Atau 28% dari jumlah mahasiswa UGM.”Persentase ini sebenarnya sudah melebihi ketentuan pusat,yaitu menyediakan 20% beasiswa dari jumlah mahasiswa di perguruan tinggi,” kata Haryanto di sela-sela wisuda program D-3 UGM di Kampus UGM,kemarin. Beasiswa di UGM lebih diprioritaskan bagi warga DIY. Setelah kuota untuk DIY terpenuhi, baru untuk warga di luar DIY dan yang terdekat,seperti Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Jawa Barat.

…dst

10 ) Himatan Unpad Jadi ‘Jawara Tanah’
http://kampus.okezone.com/read/2011/11/23/373/533187/himatan-unpad-jadi-jawara-tanah

Rabu, 23 November 2011 18:08 wib
JAKARTA – Nurul Irfani, Joel Sihite, dan Winda Ika mengeluarkan seluruh kemampuan mereka dalam mendeskripsikan jenis tanah di kebun percobaan Institut Pertanian Bogor (IPB). Ketiga mahasiswa Universitas Padjadjaran (Unpad) itu pun berhasil meraih juara ketiga dalam soil judging competition(SJC). SJC adalah salah satu lomba dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa Ilmu Tanah Nasional (Pilmitanas) 2011. Dalam ajang dua tahunan ini Unpad sukses mempertahankan gelar sebagai juara umum. Wakil Unpad dari Himpunan Mahasiswa Ilmu Tanah (Himatan) Fakultas Pertanian (Faperta) Unpad ini berhasil menyabet Juara I untuk Karya Ilmiah, Juara III untuk SJC atau klafikasi tanah, dan Juara I untuk Cerdas Cermat. Demikian seperti disitat dari situs Unpad, Rabu (23/11/2011). Kompetisi yang digelar pada 15-19 November 2011 lalu itu mengusung tema Pemanfaatan Sumber Daya Alam Berkeadilan untuk Kesejahteraan dan Kelestaraian Lingkungan.

…dst

11 ) Mahasiswa UNJ Raih Penghargaan di India Future of Change
http://kampus.okezone.com/read/2011/11/23/373/533092/mahasiswa-unj-raih-penghargaan-di-india-future-of-change

Rabu, 23 November 2011 12:31 wib
JAKARTA – Perjuangan tim mahasiswa Universitas Negeri Jakarta (UNJ) dalam kompetisi bisnis internasional tidak sia-sia. Mereka mendapatkan penghargaan khusus dalam kompetisi bertajuk India Future of Change tersebut. Tim beranggotakan Andi Dwi Putra, Ardhi Mohammad, Karina Safitri, dan Novia Ayuning Putri ini terpilih mewakili Indonesia dan Asia Tenggara sebagai finalis setelah menyisihkan saingan dari 70 negara dengan 35 ribu peserta. Berkompetisi pada kategori Health Care, Andi dkk mengusung ginseng Jawa sebagai ide bisnis pada ajang yang digelar di New Delhi, India, 17-20 November lalu. Andi mengaku sangat bangga atas penghargaan Special Mention From the Judges for our Efforts Heartiest tersebut. “Ternyata selain juara pertama yang mendapat grand prize, ada juga penghargaan khusus dan berhasil kami dapatkan. Untuk ke depannya kami akan berusaha lebih baik,” ujar Andi.

…dst

12 ) Airobocop, Kontes Robot ala Mahasiswa Unair
http://kampus.okezone.com/read/2011/11/22/373/532850/airobocop-kontes-robot-ala-mahasiswa-unair

Rabu, 23 November 2011 11:01 wib
SURABAYA – Berawal dari respons masyarakat pada penampilan robot besutan tim Universitas Airlangga (Unair). saat kampus tersebut mengikuti kontes Robot Cerdas Indonesia, membuat Fakultas Sains dan Teknologi Unair berinisiatif mengadakan kontes robot serupa yang diikuti peserta dari siswa-siswa SMP dan SMA se-Jawa Timur.Melalui Himpunan Mahasiswa Fisika, Kontes robot Airlangga Robot Competition Olimpiade of Physic (AIROBOCOP) tersebut pun terwujud. Dengan bertujuan untuk menyebarluaskan bahwa di Unair juga ada robot.Ketua Himpunan Mahasiswa D-3 Otomatisasi dan Sistem Instrumentasi (OSI) Muhammad Azzumar menerangkan, seperti kontes robot pada umumnya, yang diperlombakan adalah kategori robot line tracer, robot wall tracer (berjalan mengikuti dinding), robot pemadam kebakaran, robot humanoid (berbentuk manusia), dan masih banyak lagi. “Namun, dalam event AIROBOCOP ini, jenis lomba yang dipertandingkan adalah adu cepat robot line tracer (robot yang bergerak mengikut garis). Dan bukan soal kecepatan saja yang dinilai, tetapi bagaimana kontrolnya juga,” ujar Zumar, seperti dikutip dari situs Unair, Rabu (23/11/2011).

…dst

13 ) Hadirkan Robot Mirip Alat Pemadam hingga Robot Industri
http://kampus.okezone.com/read/2011/11/23/372/533111/hadirkan-robot-mirip-alat-pemadam-hingga-robot-industri

Rabu, 23 November 2011 13:12 wib
TANGAN Cecep Hidayat begitu tangkas saat memainkan joystick. Tepat di depannya berdiri dua buah lempengan alumunium secara terpisah. Joystik yang menyerupai alat kendali itu pun dimainkan secara perlahan untuk memindahkan lempengan itu ke bagian yang lain. “Robot ini bisa memindahkan barang dari satu tempat ke tempat yang lain. Lempengan ini hanya sebagai contoh saja,” ujar Mahasiswa Politeknik Sriwijaya (Polsri) ini. Sesuai fungsinya, Cecep untuk sementara menamakan robot buatannya dengan Kontes Robot Industri (KRI) ….cut…Kompetisi dilakukan dalam lima grup, di mana masing-masing grup terdiri dari lima tim. Dari hasil babak penyisihan, dua dari tiga robot mahasiswa Polsri maju ke babak delapan besar.Tetapi sayang, kedua robot dari Polsri gagal maju ke babak semifinal karena dikalahkan robot mahasiswa Politeknik Padang.

…dst

14 ) UMY Ciptakan Batu Bata Ramah Lingkungan
http://kampus.okezone.com/read/2011/11/22/372/532830/umy-ciptakan-batu-bata-ramah-lingkungan

Rabu, 23 November 2011 09:02 wib
JAKARTA – Kesadaran untuk mendaur ulang limbah atau sampah yang ada di lingkungan sekitar telah tumbuh di berbagai kalangan. Salah satunya kalangan akademisi, yakni perguruan tinggi.Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) pun mendaur ulang limbah padat hasil industri menjadi batu bata. Produk ramah lingkungan ini merupakan kerja sama antara UMY dengan Pusat Studi Lingkungan dan Bencana (PSLB) UMY.Ketua Tim Peneliti Jurusan Teknik Sipil UMY, Agus Setyo Muntohar mengungkapkan, batu bata ramah lingkungan ini bukan produk daur ulang UMY yang pertama. Sejak 2005, UMY telah melakukan penelitian mengenai bahan buangan yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan konstruksi.”Banyak yang telah kami teliti dan kembangkan. Salah satunya pemanfaatan sampah plastik untuk timbunan konstruksi jalan raya. Saat ini, kami tengah mengembangkan batu bata ramah lingkungan yang juga berasal dari limbah,” ujar Agus seperti disitat dari laman UMY, Rabu (23/11/2011).

…dst

15 ) ITB Gelar Digital Media Festival
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/11/11/23/lv41fi-itb-gelar-digital-media-festival

Rabu, 23 November 2011 18:04 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,BANDUNG – Dalam rangka mendorong pertumbuhan industri digital di Indonesia, Institut Teknologi Bandung (ITB) menggelar Digital Media Festival (DMF) 2011. Festival ini akan berlangsung selama tiga hari, yaitu 22-24 November di kampus ITB. DMF diisi dengan berbagai kegiatan yang memotret pertumbuhan teknologi digital dari waktu ke waktu. Festival bertema “Pendidikan untuk Semua, Sekarang, menuju Masyarakat Indonesia Berpengetahuan yang Maju dan Sejahtera” ini diharapkan membangkitkan mimpi Indonesia yang berperan lebih signifikan dalam peran perkembangan digital. “Acara ini akan diisi oleh beragam kegiatan dan seminar dengan pembicara dari berbagai negara seperti Korea, Malaysia, dan Kanada,” ujar Panitia DMF 2011, Ary Setijadi Prihatmanto, dalam siaran pers yang diterima Republika, Rabu (23/11). Selain seminar, dalam acara ini juga akan digelar Konferensi Internasional Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Pedesaan (rICT 2011), Konferensi Internasional untuk e-Learning (IceL 2011), Forum Digital Learning Indonesia, Pameran dan Open House, sertabeberapa pertemuan teknis dan workshop. Salah satu workshop yang diselenggarakan adalah MIC-ITB Code Camp. “Workshop ini merupakan workshop teknis pengembangan aplikasi terbesar di dunia dari sisi jumlah,” tutur Ary.

…dst

16 ) ITB Targetkan Buat 200 Aplikasi Mobile
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/446180/

Thursday, 24 November 2011
BANDUNG – Microsoft Innovation Center Institut Teknologi Bandung (MIC-TIB) menargetkan pembuatan 200 aplikasi mobile berstandar internasional. Ratusan aplikasi ini akan dihasilkan dari workshop bertajuk MIC-ITB Code Camp 2011 Mobile Phone 7 yang berlangsung di ITB pada Selasa hingga Kamis (22-24 November). Pelatihan pembuatan aplikasi mobile ini diikuti oleh 230 orang terdiri dari praktisi teknologi informasi, mahasiswa, dan pegiat teknologi mobile. “Workshop ini merupakan pembelajaran praktis tentang perkembangan teknologi mobile baru. Hasil pengembangan aplikasi dan game ini nantinya siap dijual di toko aplikasi mobile,” ujar Ary Setijadi Prihatmanto selaku manajer MICITB saat ditemui di aula timur ITB,kemarin. Selain, diajarkan metode pengembangan aplikasi mobile, peserta pun diberi materi untuk memasarkan aplikasi mobile yang mereka cip-takan. Lebih lanjut Ary memandang perkembangan aplikasi dan game di Indonesia memiliki kemampuan untuk bersaing secara internasional.Hal ini dapat dilihat dari semakin banyaknya aplikasi dan games dari pengembang Indonesia yang beredar di pasar.

…dst

17 ) ITB Buka Kelas Diploma Satu
http://www.tempo.co/read/news/2011/11/24/079368157/ITB-Buka-Kelas-Diploma-Satu

KAMIS, 24 NOVEMBER 2011 | 06:21 WIB
TEMPO.CO, BANDUNG- Mulai tahun ini Institut Teknologi Bandung membuka kelas program Diploma-1 khusus bagi lulusan Sekolah Menengah Kejuruan. Mereka belajar jarak jauh lewat internet. Biaya kuliahnya berkisar Rp 3 juta hingga lulus.Program yang ditawarkan ITB untuk D-1 itu baru ada di beberapa fakultas atau sekolah. Diantaranya program pemetaan, komputer, animasi, dan aplikasi program bergerak. “Kita beri materi kuliah secara online, mahasiswa hanya datang tiap 6 bulan sekali untuk kuliah tatap muka di kampus,” kata Rektor ITB Akhmaloka, Rabu, 23 November 2011.Program yang tengah berjalan sesuai kalender akademik itu mulai dibuka Agustus lalu. Sementara ini pesertanya berjumlah 250 orang. Mereka berasal dari 8 daerah, seperti Bandung, Gorontalo, Pati, dan Banjarmasin.

…dst

18 ) Bahas Lingkungan dengan Profesor dari 7 Negara
http://kampus.okezone.com/read/2011/11/23/373/533090/bahas-lingkungan-dengan-profesor-dari-7-negara

Rabu, 23 November 2011 12:21 wib
JAKARTA – Mau ikut membahas isu lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan dengan profesor dari tujuh negara? Ikuti saja seminar online ini. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bekerja sama dengan Unesco, badan PBB dalam bidang pendidikan dan kebudayaan, akan menggelar seminar online’Building Green Society’. Dirjen Dikti Kemendikbud Djoko Santoso memaparkan, para ahli lingkungan dan pembangunan berkelanjutan dari tujuh negara akan membahas isu lingkungan dan pelestarian bumi secara langsung melalui sambungan internet. “Dengan demikian, seminar ini juga membuktikan bahwa melalui widya telewicara, jarak dan perjalanan jauh bisa dikurangi sehingga mengurangi pula emisi gas kaca. Ini sesuai dengan misi pembangunan berkelanjutan dan pelestarian lingkungan,” kata Djoko di Gedung D Kemendikbud, Jakarta, Rabu (23/11/2011).

…dst

19 ) Indonesia Kekurangan Dokter Ahli Bedah Saraf
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/446141/38/

Thursday, 24 November 2011
TANGERANG– Minimnya jumlah dokter bedah saraf dinilai sebagai salah satu faktor yang menyebabkan banyaknya warga Indonesia memilih berobat ke luar negeri. Hingga saat ini jumlah dokter ahli bedah saraf yang hanya sekitar 200 orang dianggap tak sebanding dengan jumlah penduduk Indonesia yang sebanyak 240 juta jiwa. “Dengan jumlah penduduk Indonesia yang banyak, tapi jumlah dokter ahli bedah saraf hanya sekitar 200 orang, memang sangat kurang.Coba saja bandingkan dengan Jepang, yang memiliki sekitar 7.000 orang dokter ahli bedah saraf,” ungkap Kepala Neuroscience RS Omni Alam Sutera,Serpong, Kota Tangerang Selatan, dr Alfred Sutrisno Sp BS, saat workshop Asia-Pacific Cervical Spine Society(APCSS),kemarin. Menurut Alfred, jumlah yang belum memadai itu harus disiasati,salah satunya dengan meningkatkan kualitas atau kemampuan dokter di Indonesia agar mampu bersaing dengan para dokter dari luar negeri.” Keadaan ini menjadi tantangan buat kami.Jangan sampai masyarakat kita justru pada berobat keluar negeri karena keadaan itu,”kata dia.

…dst

20 ) Kuota 2.700, Masih Terserap 327 Orang
http://www.jpnn.com/read/2011/11/24/108955/Kuota-2.700,-Masih-Terserap-327-Orang-

Kamis, 24 November 2011 , 06:02:00
JAKARTA – Program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk meningkatkan kualifikasi pendidikan guru menjadi sarjana, kurang optimal. Dari kuota tahun ini sebanyak 2.700 kursi, ternyata hingga menjelang tutup tahun masih terserap 327 orang. Dirjen Pendidikan Menengah Hamid Muhammad di Jakarta kemarin (23/11) menuturkan memang serapan guru penerima bantuan untuk menempuh pendidikan sarjana atau S1 masih kurang. “Saya target di akhir tahun nanti serapan mencapai 600 guru,” kata dia. Hamid menjelaskan, program ini diberikan untuk guru-guru yang sedang menempuh pendidikan sarjana. Selain itu, bagi guru-guru yang bersedia meneken kontrak untuk melanjutkan pendidikan sarjana. “Seperti kita ketahui, masih banyak guru-guru yang belum memiliki kualifikasi akademik S1,” tuturnya. Guru-guru yang hanya tamatan SMA bahkan SMP ini, mengajar mulai dari jenjang SD, SMP, hingga SMA.

…dst

21 ) Rasio Guru-Siswa RI Kalahkan AS
http://www.jpnn.com/read/2011/11/23/108927/Rasio-Guru-Siswa-RI-Kalahkan-AS-

Rabu, 23 November 2011 , 18:43:00
JAKARTA — Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PB PGRI), Sulistyo mengatakan, rasio jumlah guru di Indonesia dinilai “termewah” di dunia. Hal ini diakibatkan tidak idealnya jumlah guru yang ada di Indonesia, dibandingkan dengan jumlah siswa.”Di Indonesia, guru itu rasionya 1 guru : 18 siswa. Sedangkan di Amerika saja rasionya 1 : 20, dan di Korea 1 : 30. Indonesia itu kelebihan guru,” ungkap Sulistyo ketika ditemui di Gedung Kemdikbud, Jakarta, Rabu (23/11). Meski jumlah berlebih, namun ada masalah ketidakmerataan atau distribusi guru.Kondisi ini, lanjut Sulistyo, membuktikan bahwa pemerintah daerah tidak memiliki kemampuan yang baik dalam menghitung kebutuhan guru di daerahnya masing-masing. Sehingga berdampak buruk pada penyelesaian persoalan pemerataan guru. “Wajar kalau akhirnya saat ini jumlah guru di daerah terpencil sangat minim, padahal jumlah guru cukup,” kata Sulistyo.

…dst

22 ) Tunjangan Profesi Guru (1)
Mekanisme Penyaluran Masih Ruwet
http://kampus.okezone.com/read/2011/11/23/417/533195/mekanisme-penyaluran-masih-ruwet

Rabu, 23 November 2011 16:03 wib
JAKARTA – Pemerintah dituntut memperbaiki sistematika pemberian tunjangan bagi tenaga pengajar. Pasalnya, dengan sistematika saat ini, tak jarang tunjangan guru terpotong dan molor. Ketua Forum Musyawarah Guru Jakarta (FMGJ) Retno Listyarti mengeluhkan lambannya pemberian tunjangan bagi para guru, belum lagi jika terdapat ketidaksesuaian antara jumlah yang tercatat dengan jumlah yang diterima. Seharusnya, tunjangan bagi para guru ini, diberikan per enam bulan. Dengan kata lain, para pengajar seharusnya mendapatkan tunjangan profesi pada Juli atau akhir semester pertama.”(Tapi pemberian tunjangan) Selalu molor dan tidak jelas. Selain itu, terkadang tunjangan yang didapatkan turun karena adanya potongan,” ungkap Retno kala berbincang dengan okezone di Jakarta, belum lama ini.

…dst

23 ) Tunjangan Profesi Guru (2)
Penyaluran Dana akan Dialihkan?
http://kampus.okezone.com/read/2011/11/23/417/533198/penyaluran-dana-akan-dialihkan

Rabu, 23 November 2011 16:31 wib
JAKARTA – Sejak 2006, pemerintah telah menganggarkan dana tunjangan profesi bagi guru. Mereka yang telah tersertifikasi medapatkan tunjangan profesi sebesar satu kali gaji pokok per bulan per guru. Sedangkan para guru yang belum tersertifikasi hanya mendapatkan Rp250 ribu per bulan per guru. Namun, pemerintah beralasan tunjangan profesi guru ini juga memberikan tekanan pada anggaran pendidikan. “Pemerintah beralasan, pemberian tunjangan profesi memberatkan karena menghabiskan porsi besar dalam APBN,” kata Ketua Forum Musyawarah Guru Jakarta (FMGJ) Retno Listyarti kepadaokezone belum lama ini. Padahal, menurut Retno, pemerintah menargetkan program sertifikasi guru sendiri harus tuntas dalam tiga tahun ke depan. “Sertifikasi sudah dimulai pada 2006 lalu, dan ditarget selesai pada 2014,” tandasnya. Masalah tunjangan profesi guru ini diperumit dengan keluarnya Peraturan Menteri Keuangan (PMK) yang mengubah alokasi Dana Percepatan Pembangunan Infrastruktur Daerah (DPID) bidang pendidikan.

…dst

24 ) Pembayaran Distop dan Terancam Dikembalikan ke Negara
TPP untuk Honorer non APBN/APBD dan Guru Nakal
http://www.jpnn.com/read/2011/11/24/108962/Pembayaran-Distop-dan-Terancam-Dikembalikan-ke-Negara-

Kamis, 24 November 2011 , 07:40:00
JAKARTA – Besok (25/11) seluruh guru di Indonesia merayakan Hari Guru yang ke-66. Diperkirakan, tidak ada suka cita dan proses tiup lilin dalam perayaan hari ulang tahun guru ini. Pasalnya, penyaluran tunjanganan profesi pendidik (TPP) bagi guru tidak tetap (GTT) atau guru honorer bakal distop. Selain itu, bagi guru yang terbukti nakal saat proses sertifikasi guru, TPP terancam harus dikembalikan ke kas negara. Ancaman keras ini tertuang dalam surat edaran yang diteken Sekretaris Jendral (Sekjen) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Ainun Na”im. Surat edaran ini juga ditembuskan mulai dari menteri hingga jajaran eselon satu lingkungan kementerian berslogan Tut Wuri Handayani itu. Ada beberapa poin penting dalam surat edaran bernomor 088209/A.C5/KP/2011 ini. Poin pertama, ditujukan untuk GTT atau guru honorer dimana SK pengangkatannya bukan oleh pejabat yang berwenang, dan gajinya bukan dari APBD atau APBN. Guru honorer yang digaji non APBD atau APBN ini, lazim disebut guru honorer kategori II. Dalam surat edaran tadi, guru honorer kategori II ini tidak bisa disertifikasi.

…dst

25 ) Anggaran Pendidikan Dipangkas
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/445938/

Thursday, 24 November 2011
CIREBON – Pemerintah Kota Cirebon telah memastikan bakal memangkas anggaran pendidikan Kota Cirebon dari Rp54 miliar menjadi Rp20 miliar. Pengurangan anggaran itu mulai berlaku pada tahun anggaran 2012 mendatang. Pemerintah Kota Cirebon menilai pengurangan anggaran itu akibat menurunnya pendapatan asli daerah (PAD) pada 2011. Wakil Ketua DPRD Kota Cirebon Lili Eliyah yang juga termasuk dalam Badan Anggaran (Banggar) mengatakan,pengurangan pagu anggaran pada OPD Dinas Pendidikan lebih disebabkan pendapatan asli daerah (PAD) yang turun.

…dst

26 ) Jumlah PNS Dipangkas 80 Ribu per Tahun
http://www.jpnn.com/read/2011/11/24/108950/Jumlah-PNS-Dipangkas-80-Ribu-per-Tahun-

Kamis, 24 November 2011 , 01:46:00
JAKARTA–Struktur kepegawaian di Indonesia yang terlalu gemuk dan menyita anggaran negara maupun daerah, mengharuskan pemerintah pusat, dalam hal ini Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) mengambil tindakan frontal. Setelah mengeluarkan kebijakan moratorium penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), pemerintah akan melakukan penciutan jumlah PNS yang sampai saat ini jumlahnya mencapai 4,7 juta orang.”Bukannya saya mau memperpanjang moratorium. Tapi PNS kita sudah terlalu banyak. Kasihan daerah tidak bisa memaksimalkan pembangunan karena dananya tersita di belanja pegawai,” kata Menpan-RB Azwar Abubakar di Gedung DPR, Senayan, Rabu (23/11).Penciutan PNS ini dilakukan dengan memperkecil jumlah pegawai yang diterima. Dengan jumlah pensiun 125 ribu sampai 130 ribu per tahun, maka CPNS yang akan diterima hanya sekitar 45 ribu. Itu berarti ada pengurangan sekitar 80 ribu pegawai dari kuota PNS yang kosong. “Kalau tiap tahun kita kurangi 80 ribu orang, dalam 10 tahun sudah 800 ribu PNS yang berkurang,” ujarnya.

…dst

27 ) UNESCO Ingatkan Indonesia tidak Terpengaruh New7Wonders
http://www.mediaindonesia.com/read/2011/11/23/278636/89/14/-UNESCO-Ingatkan-Indonesia-tidak-Terpengaruh-New7Wonders

Rabu, 23 November 2011 21:41 WIB
NUSA DUA–MICOM: Yayasan New7 Wonder telah mengumumkan hasil 7 keajaiban dunia. Meski bukan hasil final, namun Pulau Komodo masuk salah satunya. Meski begitu, Direktur Jenderal UNESCO, Irina Bokova memiliki pandangan lain terhadap lembaga New7Wonders. “Jangan sampai kita dikacaukan popular vote,” katanya, di Nusa Dua, Bali, Rabu (23/11). Standar yang dilakukan swasta berbeda dengan lembaga UNESCO. Lembaga swasta, sambungnya, hanya menggunakan pendekatan populatitas. Sedangkan, UNESCO lebih menekankan pada pendekatan kajian ilmiah yang melibatkan para ahli scientific. “Jadi, dengan bukti-bukti ilmiah, dilakukan secara ketat dan kontinyu, bukan dengan vote melalui media internet,” papar Irina.

…dst

28 ) Sekilas dalam Negeri
Pendidikan
Mendikbud Dorong Karya Siswa SMK Diproduksi Massal
Bank Mandiri luncurkan sekolah perbankan
Geng Cewek Hajar Siswi SMA
Karya NU
Kirab “Resolusi Jihad” NU dapat sambutan meriah
Sector East Inter Contingent Championship 2011
Prajurit TNI rebut juara umum di Lebanon
SBY mantu
Pagi Ini, Wapres Jadi Saksi Nikah Ibas-Aliya
Jadi Saksi Ibas-Aliya, Boediono Nginap di Cipanas  
Pengamanan Ketat, Tamu Mulai Berdatangan
Papua
Komnas HAM : Enam Resolusi untuk Papua 
Kasus Nunun
KPK: Nunun Dilindungi Jaringan Bisnis
Kapolri Janji Serius Kejar Nunun
Pengejaran Nunun Dianggap Pura-pura 
Calon Pimpinan KPK
Pemilihan Calon ‘Bos’ KPK, DPR Langgar UU  
DPR Jamin Uji Kelayakan Capim KPK Tak Molor
Soal Bos KPK, DPR Dicurigai Usung Calon Bermasalah 
Sekilas Luar Negeri
Yaman
Presiden Yaman bersedia mundur
Presiden Yaman tandatangani perjanjian untuk serahkan kekuasaan
Obama Sambut Baik Peralihan Kekuasaan di Yaman
Libya
Sejumlah Suku Libya Tolak Pemerintahan Baru
Wakil ICRC bertemu Seif Al-Islam di Libya
Iran
Balas Hukuman Barat, Iran akan Usir Dubes Inggris
Mesir
Demonstran tetap bertahan di lapangan Tahrir, Kairo
SCAF terima pengunduran diri kabinet Mesir
Rusia
Rusia ancam gelar rudal taktis di Belarusia