1 ) Mendung Duka di Kampus UAI
http://kampus.okezone.com/read/2011/12/07/373/539303/mendung-duka-di-kampus-uai

Korban merupakan orang baik dan anak dari Drs Zirmansyah,MPd,mantan ketua biro kemahasiswaan dan dosen statistik di beberapa fakultas di universitas tersebut.

Rabu, 07 Desember 2011 16:03 wib
JAKARTA – Aksi kekerasan di kalangan pelajar kembali terjadi. Kali ini, seorang mahasiswa Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI) terpaksa kehilangan nyawa karena dipukuli teman-temannya.Ahmad Yogi Fudholi, mahasiswa semester tiga jurusan Teknik Informatika UAI (anak dosen UAI) tewas dikeroyok teman-temannya. Pemukulan pada Selasa, 6 Desember, malam ini dipicu lantaran pemuda ini dituduh mencuri helm di parkiran kampus. Menurut Reza, mahasiswa UAI lainnya, hari ini suasana perkuliahan berjalan normal. “Tadi pagi sih suasana di kampus berjalan normal, tapi pembicaraan tentang kasus ini memang ramai di kalangan mahasiswa,” ujar Reza ketika dihubungi okezone, Rabu (7/12/2011). Reza juga membenarkan tidak terpasangnya police line di tempat kejadian perkara (TKP), yakni lapangan sepak bola UAI. “Sepengelihatan saya memang tidak ada garis polisi yang dipasang di lokasi kejadian,” katanya menjelaskan.

…dst

2 ) Mahasiswa Al Azhar Tewas Dikeroyok
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/450014/38/

Thursday, 08 December 2011
JAKARTA– Sungguh memprihatinkan. Ahmad Yoga Fudholi,19,mahasiswa Universitas Al Azhar Indonesia (UAI), Jakarta Selatan, menemui ajalnya setelah dikeroyok mahasiswa senior dari almamater yang sama karena dituduh mencuri helm kusam warna hitam pada Selasa lalu (6/12). Tragedi ini tentu mencoreng institusi pendidikan berbasis agama tersebut. Setelah peristiwa itu, polisi menangkap dua pelaku, yaitu EZ, 24, dan DR, 22.Kedua tersangka yang kini sudah ditahan di Rutan Polres Jakarta Selatan terancam Pasal 170 ayat 2 ke-3 KUHP subsider 351 ayat 3 KUHP dengan ancaman hukuman 12 tahun dan Pasal 351 (3) dengan ancaman pidana 7 tahun penjara.”Kami baru menangkap dua pelaku,tapi tidak menutup kemungkinan pelaku bisa bertambah,” ujar Kasat Reskrim Polres Jakarta Selatan AKBP Budi Irawan.

…dst

3 ) Program D4 UGM Dikritik
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/449788/

Thursday, 08 December 2011
YOGYAKARTA– Rencana pembukaan program D-4 tidak mematahkan tuntutan mahasiswa program Sekolah Vokasi (SV) Universitas Gadjah Mada (UGM). Mereka tetap ngotot ingin melanjutkan ke program S-1 di UGM. Mahasiswa juga mempertanyakan rencana pengelola Sekolah Vokasi yang akan membuka program D-4 bagi lulusan SV untuk menempuh program S-1, bukan melalui jalur ekstensi. Untuk merealisasikan keinginannya, ratusan mahasiswa SekolahVokasi UGM sejak Senin( 5/12) sampai kemarin masih berada di Balaiurung. Mereka juga menggelar tenda-tenda di halaman Gedung Pusat UGM. Para mahasiswa bertekad terus berada di tempat itu sampai rektorat memenuhi tuntutannya. Mengingat sebagian besar mahasiswa SV di Balaiurung, aktivitas perkuliahan di SV menjadi terganggu jika tak mau dikatakan terhenti.”Kami baru akan meninggalkan tempat ini setelah tuntutan kami terpenuhi,” ujar mahasiswa Vokasi Program Studi (Prodi) Hukum Vien Erlianips di sela-sela aksi,kemarin.

…dst

4 ) Pasal 49 Ayat 1 Sudah Benar
Revisi UU Sisdiknas
http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2011/12/08/169153/Pasal-49-Ayat-1-Sudah-Benar

08 Desember 2011
SEMARANG-Usulan revisi Undang-Undang No 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas) terutama Pasal 49 ayat 1 perlu dipertimbangkan kembali. Sebab, jika tetap dilakukan akan berakibat pada anggaran pendidikan yang berkurang. UU Sisdiknas Pasal 49 Ayat 1 menyebutkan “Dana pendidikan selain gaji pendidik dan biaya pendidikan kedinasan dialokasikan minimum 20% dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) pada sektor pendidikan dan 20% dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD)”. Namun, dalam realitasnya, sesuai dengan keputusan Mahkamah Konstitusi tahun 2008, anggaran 20% tersebut termasuk gaji guru dan dosen serta pendidikan kedinasan. Dengan putusan Mahkamah Konstitusi yang keluar tersebut, maka bunyi Ayat 1 Pasal 49 tidak punya makna lagi.

…dst

5 ) DPR Revisi UU Sisdiknas
http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2011/12/07/169046/DPR-Revisi-UU-Sisdiknas

08 Desember 2011
JAKARTA – Komisi X DPR RI akan merevisi Undang-undang No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas). Dengan revisi tersebut diharapkan membuat pendidikan di Indonesia semakin baik. “Beberapa waktu lalu ada rapat internal Komisi X. Ke depan akan kami ajukan revisi UU Sisdiknas. Ini barangkali sangat penting dan sangat mendesak untuk kita perbaiki,” kata anggota Komisi X dari Fraksi PKS Rohmani, di Gedung DPR, baru-baru ini. Sejatinya usulan tersebut baru akan diajukan pada tahun 2012 melalui sidang paripurna. Karena itu pihaknya masih menyusun dan merumuskan poin-poin apa saja dalam UU yang sekiranya penting untuk direvisi. “Kami mencari format, poin apa saja, dan sejauh mana hal-hal yang sensitif di masyarakat yang perlu dibenahi,” ungkapnya. Anggota Komisi X lainnya, Raihan mengamini hal tersebut. Menurutnya, banyak hal yang perlu direvisi, karena memiliki masalah yang cukup serius dalam dunia pendidikan.

…dst

6 ) UGM bentuk kelompok masyarakat penanggulangan bencana
http://www.antaranews.com/berita/288048/ugm-bentuk-kelompok-masyarakat-penanggulangan-bencana

Rabu, 7 Desember 2011 22:32 WIB
Mukomuko, Bengkulu (ANTARA News) – Tim Program Magister Manajemen Kebencanaan Universitas Gadjah Mada akan membentuk kelompok masyarakat penanggulangan bencana serta membuat jalur evakuasi di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu. “Kami juga akan melakukan kegiatan simulasi bencana,” kata Ketua Tim Program Magister Manajemen Universitas Gadjah Mada Sutisna saat berlangsung kegiatan sosialisasi penanggulangan risiko bencana oleh mahasiswa S2 program studi baru di universitas itu di Kabupaten Mukomuko, Rabu. Ia mengatakan, kegiatan sosialisasi di daerah itu akan berlangsung selama tiga hari, 7-9 Desember 2011. peserta yang mengikuti acara sosialisasi itu terdiri atas perwakilan Palang Merah Indonesia, taruna siaga bencana, serta masyarakat setempat. “Mereka yang mengikuti sosialisasi saat ini yang akan membantu masyarakat terutama saat terjadi bencana,” ujarnya.

…dst

7 ) Mahasiswa PENS ITS Rancang Aplikasi Aritmatika “Mobile”
http://edukasi.kompas.com/read/2011/12/07/1329329/Mahasiswa.PENS.ITS.Rancang.Aplikasi.Aritmatika.Mobile.

Rabu, 7 Desember 2011 | 13:29 WIB
SURABAYA, KOMPAS.com – Mahasiswi PENS ITS Surabaya Robiatul Kamelia dan tiga rekannya, Riska Indah Pratiwi, Galuh G Landys, dan Nyoman Sony, merancang Aplikasi Aritmatika Jari berbasis layananmobile (telepon seluler) dengan fasilitas Android 3.1 untuk pembelajaran siswa SD. Robiatul mengungkapkan, program yang digunakannya adalah AH Kids alias Asmaul Husna Kids. “Jadi, saya merancang aplikasi pembelajaran aritmatika jari untuk anak SD dengan menggunakan program ‘AH Kids’ (Asmaul Husna Kids) di dalamhandphone Android 3.1,” kata mahasiswi semester 7 Jurusan Informatika D4 PENS ITS, di Surabaya, Jawa Timur, Rabu (7/12/2011).

…dst

8 ) “Mahasiswa Butuh Modal, Tinggal Datang ke Saya”
http://kampus.okezone.com/read/2011/12/07/373/539410/mahasiswa-butuh-modal-tinggal-datang-ke-saya

Rabu, 07 Desember 2011 18:48 wib
BANDUNG – Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Syarif Hasan menyatakan siap menyediakan dana bagi mahasiswa yang ingin menjadi wirausaha lewat program dana bergulir.”Jika mahasiswa bermasalah modal, saya undang datanglah ke saya. Saya akan fasilitasi,” kata Syarif, dalam sambutan National Economic Green Festival 2011 di Kampus Unpad, Bandung, Rabu (7/12/2011). Syaratnya, lanjut dia, bisnis yang digeluti mahasiswa harus jelas, permohonan diajukan dengan proposal sederhana berisi dua sampai tiga lembar dan ditujukan ke Kementerian Koperasi dan UKM. Bisnis tersebut harus menunjukan potensi profit. “Setelah itu kemenkop akan bantu saudara,” ujarnya.

…dst

9 ) FUKI Fair Bahas TI dari Tiga Bidang
http://kampus.okezone.com/read/2011/12/07/373/539042/fuki-fair-bahas-ti-dari-tiga-bidang

Rabu, 07 Desember 2011 16:11 wib
JAKARTA – Era globalisasi tidak hanya kemampuan kita menguasai teknologi informasi (TI), tetapi juga penggunaannya secara sehat. Berangkat dari kesadaran itulah, maka Forum Ukhuwah dan Kajian Islam (FUKI) Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom) Universitas Indonesia (UI) menggelar FUKI Fair 2. Ajang ini dimaksudkan sebagai media kampanye TI sehat untuk generasi yang cerdas bermartabat. FUKI Fair 2 akan diisi berbagai acara seru yang mengenalkan penggunaan TI secara sehat, dimulai dari keluarga. Puncak kegiatan pada 10 Desember mendatang akan disemarakkan dengan diskusi panel seputar TI dan keluarga di Pusat Studi Jepang UI. Mengusung tema “Smart Parenting Facing The IT Era”, diskusi ini akan menghadirkan pembicara dari tiga bidang yakni psikologi, kesehatan, dan TI

…dst

10 ) ITS Gelar Diskusi Kesetaraan Gender
http://kampus.okezone.com/read/2011/12/07/373/539411/its-gelar-diskusi-kesetaraan-gender

Rabu, 07 Desember 2011 19:01 wib
SURABAYA – Gender menjadi suatu dimensi yang terintegrasi dari perencanaan, penyusunan, pelaksanaan, pemantauan, evaluasi atas kebijakan baik daerah maupun pusat. Isu ini telah berhasil menjadi arus utama dalam dokumen pendidikan yang tertuang dalam program pemberdayaan perempuan. Kesetaraan atau keadilan gender sudah masuk dalam dokumen perencanaan strategis maupun dokumen perencanaan operasional. Pembantu Rektor IV Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Prof Darminto mengatakan, begitu pentingnya isu gender ini hingga membuat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memasukkan program pendidikan karakter dalam kurikulum pendidikan di sekolah. Tentunya, hal itu sangat penting bagi generasi muda Indonesia.

…dst

11 ) 800 Lulusan IPB Diwisuda
http://www.mediaindonesia.com/read/2011/12/08/282226/293/14/800-Lulusan-IPB-Diwisuda

Kamis, 08 Desember 2011 00:21 WIB
BOGOR–MICOM: Sebanyak 800 lulusan Institut Pertanian Bogor dari berbagai jenjang, Rabu (7/12), diwisuda di Kampus IPB Darmaga, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Pada wisuda tahap II 2011 itu, Rektor IPB Prof Dr Herry Suhardiyanto menyerahkan ijazah kepada 800 lulusan yang terdiri dari 37 lulusan bergelar doktor dan 131 lulusan bergelar magister sains. Ditambah lagi 15 lulusan bergelar magister manajemen, 22 lulusan bergelar magister profesional, dan 595 lulusan bergelar sarjana. Rektor IPB Herry Suhardiyanto dalam kesempatan wisuda itu menyampaikan kebanggaan atas beberapa prestasi yang berhasil diraih para dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa IPB dalam pemilihan tenaga pendidik, tenaga kependidikan, dan mahasiswa berprestasi nasional tahun 2011. (Ant/OL-5)

…dst

12 ) Mahasiswa Unsri Pilih Presiden Kampusnya
http://kampus.okezone.com/read/2011/12/07/373/539026/mahasiswa-unsri-pilih-presiden-kampusnya

Rabu, 07 Desember 2011 15:08 wib
INDRALAYA – Sebanyak 20 ribu lebih mahasiswa Universitas Sriwijaya (Unsri) bakal menentukan siapa yang akan menjadi Presiden Mahasiswa (Presma) Wapresma periode 2011-2012 mendatang. Dua pasang calon mengikuti pertarungan dalam pesta demokasi kampus ini. M Haikal dari FISIP kampus Indralaya berpasangan dengan Gusti, FISIP jalur extension dari Kampus Unsri Palembang. Sedangkan pasangan kedua Daud Zen dari Fakultas Teknik Jurusan Tambang Kampus Indralaya berpasangan dengan Faisal dari Fakultas MIPA Kampus Indralaya. Ketua KPU Pemilu Mahasiswa Raya (Pemira) Unsri Alif Dian Pratama mengatakan, pemilihan Presma dan Wapresma ini hampir sama dengan layaknya Pemilu Presiden atau Pemilu Kepala Daerah. Seluruh mahasiswa berhak memberikan suaranya dengan membawa identitas dan terdaftar sebagai mata pilih.

…dst

13 ) Kemenakertrans Genjot Magang Kerja ke Jepang
http://kampus.okezone.com/read/2011/12/07/373/539312/kemenakertrans-genjot-magang-kerja-ke-jepang

Rabu, 07 Desember 2011 16:15 wib
JAKARTA – Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi pada 2012 mendatang menargetkan dapat menempatkan 2.500 peserta magang di Jepang. Mereka akan ditempatkan di sekira 700 perusahaan yang menyediakan 60 jenis kejuruan. Selama ini program pemagangan diprioritaskan untuk kejuruan di bidang industri, otomotif, tekstil, listrik, manufaktur, mesin dan bangunan. “Program penempatan peserta magang ke Jepang memang sempat terganggu, namun saat ini sudah pulih kembali. Kemnakertrans siap memfasilitasi lebih banyak peserta magang kerja di perusahaan-perusahaan Jepang,” kata Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar di kantor Kemenakertrans di Jakarta, Rabu (7/12/2012)

…dst

14 ) Pendidikan Tinggi, Tapi Ogah Ikut KB
http://www.jpnn.com/read/2011/12/08/110524/Pendidikan-Tinggi,-Tapi-Ogah-Ikut-KB-

Kamis, 08 Desember 2011 , 03:30:00
JAKARTA – Secara umum, di dunia orang yang berpendidikan tinggi cenderung mempunyai anak lebih sedikit. Namun di Indonesia, justru banyak orang-orang yang berpendidikan tinggi punya banyak anak. Hal ini disampaikan Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Sugiri Syarief etika berkunjung ke redaksi Indopos (JPNN Group) di Graha Pena, Jakarta, Rabu (7/12). “Ada pengecualian untuk Indonesia. Banyak orang pintar, berpendidikan tinggi tapi punya banyak anak. Mereka seperti kurang minat dengan program Keluarga Berencana (KB),” kata Sugiri.

…dst

15 ) Menipu, Dosen Dijerat Pasal Berlapis
http://www.jpnn.com/read/2011/12/08/110545/Menipu,-Dosen-Dijerat-Pasal-Berlapis-

Kamis, 08 Desember 2011 , 06:12:00
MAKASSAR – Dosen Universitas Muhammadiyah Parepare (Umpar), Bakri yang ditangkap petugas Polsekta Soekarno Hatta (Soeta) bersama Polres Pelabuhan karena kasus penipuan internasional, dijerat dengan pasal berlapis, dengan ancaman hukuman di atas 10 tahun. Kanit Reskrim Polsekta Soeta, Iptu Zopfan menyatakan bahwa tersangka dijerat dengan Pasal 378 KUHP, jo Pasal 263 dan Pasal 262 KUHP tentang Penipuan. Selain ketiga pasal tersebut, tersangka yang sudah mendekam di Polsekta Soeta ini juga dijerat dengan Undang-undang No.11 Tahun 2008 tentang Informasi Teknologi Elektronik. Bahkan, polisi kata dia akan menelusuri dugaan adanya praktik money laundering sebagaimana diatur dalam Undang-undang No.8 Tahun 2010. “Tersangka ini kita jerat beberapa pasal,” kata Zopfan. Untuk kepentingan penyelidikan ini, Zopfan berharap korban yang merupakan warga Cina dan Italia ini segera datang ke Makassar guna memberikan keterangan kepada penyidik kepolisian. Polisi kata dia masih membutuhkan banyak informasi dari korban utamanya menyangkut proses penipuan yang dilakukan tersangka.

…dst

16 ) Mau ke Eropa? Coba Beasiswa Lotus Ini!
http://edukasi.kompas.com/read/2011/12/07/09424992/Mau.ke.Eropa.Coba.Beasiswa.Lotus.Ini

Rabu, 7 Desember 2011 | 09:42 WIB
KOMPAS.com — Lotus adalah beasiswa yang diberikan Erasmus Mundus bagi pelajar Asia Tenggara untuk melanjutkan studi ke Eropa. Beasiswa ini merupakan Erasmus Mundus Action Two Partnership (EMA2) dari European and South-East Asian Higher Education Institutions (HEI) and Associations yang bertujuan memupuk dan saling memperkaya pemahaman yang lebih baik antara Uni Eropa dan Asia Tenggara (Vietnam, Kamboja, Myanmar, Indonesia, Thailand, dan China) melalui pertukaran orang…cut…Informasi selengkapnya mengenai kriteria dan persyaratan yang harus dipenuhi, silakan mengunjungi situs web http://www.lotus.ugent.be Batas akhir pengajuan aplikasi 23 Desember 2011.

…dst

17 ) Beasiswa Unik untuk Diburu di Amrik!
http://kampus.okezone.com/read/2011/12/06/368/538750/beasiswa-unik-untuk-diburu-di-amrik

Rabu, 07 Desember 2011 09:01 wib
AMERIKA SERIKAT – Ada banyak beasiswa untuk kuliah di Amerika Serikat yang ditawarkan dengan cara eksentrik. Beasiswa tidak hanya ditawarkan untuk calon mahasiswa atau mahasiswa yang memiliki nilai akademis mengesankan, tapi berdasarkan kriteria tertentu.Di Johns Hopkins University, misalnya. Kampus ini menawarkan beasiswa untuk mahasiswa yang menyukai beton bertulang. Sementara University of Mary Washington menawarkan beasiswa kepada dua mahasiswa yang memainkan bagpipe di band sekolah. Di perguruan tinggi lain, ada yang menawarkan beasiswa untuk pemilik nama tertentu atau orang kidal. Bahkan ada beasiswa yang menawarkan uang sebesar USD5 ribu atau setara dengan Rp45 juta (Rp9,035 per dolar) bagi pelajar yang mengenakan kostum pita bebek di acara Tantangan Beasiswa Prom Night. Demikian seperti dikutip dari Washington Post, Rabu (7/12/2011).

…dst

18 ) TIPS-Penting, Memahami Format Tes IELTS
http://edukasi.kompas.com/read/2011/12/07/13081155/Penting.Memahami.Format.Tes.IELTS

Rabu, 7 Desember 2011 | 13:08 WIB
KOMPAS.com – IELTS merupakan salah satu yang dipersyaratkan jika hendak melanjutkan studi di negara yang menggunakan pengantar bahasa Inggris. Menjelang akhir tahun, biasanya, kesempatan untuk studi ke luar negeri terbuka lebar. Sudahkah Anda mempersiapkan ILETS sebagai bukti kemampuan berbahasa Inggris Anda mumpuni? IELTS menjadi tolok ukur kemampuan membaca, menulis, mendengar dan berbicara. Selain itu, akan menunjukkan kemampuan Anda dalam berkomunikasi, baik ketika bekerja, belajar, mau pun hidup di sebuah negara yang berpengantar bahasa Inggris. Untuk mendapatkan skor IELTS maksimal, ada beberapa hal yang harus dipahami. Yang terpenting adalah pastikan bahwa Anda memahami bagaimana format tes IELTS. Nah, ada beberapa strategi yang dikutip dari situs British Council, dalam mempersiapkan diri untuk menghadapi tes IELTS.

…dst

19 ) Tidak Semua Peneliti Asing Dapat Izin
http://www.mediaindonesia.com/read/2011/12/08/282188/293/14/Tidak-Semua-Peneliti-Asing-Dapat-Izin

Kamis, 08 Desember 2011 03:46 WIB
BOGOR–MICOM: Kepala Subbag Kerja sama dan Jasa Pusat Penelitian Biologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Dr Teguh Triono mengatakan, tidak semua peneliti asing yang ingin melakukan riset ke Indonesia mendapat izin. “Dari sekitar 600 permohonan izin peneliti asing yang ingin melakukan riset ke Indonesia selama tahun 2010, hanya sekitar 100-300 yang dikabulkan,” kata Dr Teguh Triono, Rabu (7/12). Permohonan izin itu disampaikan kepada sekretariat Tim Koordinasi Pemberian Izin Peneliti Asing (TKPIPA) di Kementerian Riset dan Teknologi, dimana LIPI juga menjadi anggotanya. “Semenjak tahun 2008-2009, pemberian izin bagi peneliti asing yang semula ada di LIPI telah dipindahkan ke Kementerian Riset dan Teknologi,” kata Teguh Triono. “Data mengenai 600 permohonan dari peneliti asing itu juga berasal dari Kementerian Riset dan Teknologi, bukan dari LIPI,” tambahnya.Penyataan Dr Teguh Triono tersebut juga sebagai klarifikasi atas berita sebelumnya (5/12) yang berjudul LIPI Keluarkan Izin 600 Peneliti Asing.

…dst

20 ) Ijin peneliti asing diberi selektif
http://www.antaranews.com/berita/288043/ijin-peneliti-asing-diberi-selektif

Rabu, 7 Desember 2011 22:06 WIB
Bogor (ANTARA News) – Setiap tahun sekitar 600 peneliti mancanegara mengajukan ijin meneliti di Indonesia. Dari jumlah itu, maksimal cuma separuhnya yang mendapat ijin untuk melakukan penelitian di Tanah Air. Kepala Subbag Kerja sama dan Jasa Pusat Penelitian Biologi LIPI, Dr Teguh Triono, mengatakan, “Permohonan izin itu disampaikan kepada sekretariat Tim Koordinasi Pemberian Izin Peneliti Asing (TKPIPA) di Kementerian Riset dan Teknologi, dimana LIPI juga menjadi anggotanya.” “Semenjak 2008-2009, pemberian izin bagi peneliti asing yang semula ada di LIPI dipindahkan ke Kementerian Riset dan Teknologi. Data jumlah pemohon itu juga didapat dari mereka, bukan dari kami,” kata Teguh Triono. Dengan menyatakan hal itu, Triono sekaligus meluruskan hal beberapa hari sebelumnya, yang sebelumnya mengesankan LIPI memberi ijin bagi 600 peneliti asing yang ingin melakukan riset di Indonesia.

…dst

21 ) 90 Persen Dana Riset Bio Farma ke Asing
Kebutuhan Industri dan Hasil Lembaga Riset Belum Sesuai
http://cetak.kompas.com/read/2011/12/08/0508415/90.persen.dana.riset.bio.farma.ke.asing

08 Desember 2011
Jakarta, Kompas – Dari Rp 150 miliar dana riset PT Bio Farma (Persero) tahun ini, sekitar 90 persen dimanfaatkan peneliti-peneliti luar negeri. Dana itu sebenarnya sudah ditawarkan kepada periset Tanah Air. Namun, penelitian mereka tak sesuai dengan kebutuhan Bio Farma. “Sebenarnya sayang dana yang ada justru lari ke luar negeri. Jika dana itu bisa diserap peneliti dalam negeri, keberlanjutan riset mereka tetap terjaga. Industri pun bisa memiliki akar usaha yang kuat,” kata Direktur Utama Bio Farma Iskandar di Jakarta, Rabu (7/12). Sejak awal, riset yang dikehendaki industri dengan yang dilakukan lembaga riset dan perguruan tinggi memang berbeda. Akibatnya, hasil riset lembaga-lembaga itu tidak dapat dimanfaatkan industri dan hanya jadi tumpukan jurnal Sebaliknya, industri terpaksa mencari peneliti-peneliti luar negeri yang bisa mengerjakan riset sesuai kebutuhan. Keberlangsungan industri dalam negeri tak akan kuat selama mengandalkan kekuatan bangsa lain.

…dst

21 ) Kulik Pendidikan Inggris di “The Best of UK Festival”
http://edukasi.kompas.com/read/2011/12/07/16414158/Kulik.Pendidikan.Inggris.di.The.Best.of.UK.Festival.

Rabu, 7 Desember 2011 | 16:41 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Kedutaan Besar Inggris untuk Indonesia akan menggelar Festival Kebudayaan Inggris “The Best of UK Festival”, pada 9-11 Desember 2011, di Pacific Place, Jakarta Selatan. Selama tiga hari, masyarakat Indonesia akan diajak untuk merasakan kehidupan dan kebudayaan Inggris dengan penampilan berbagai karya dari para alumni pelajar Inggris. Menteri Negara Inggris untuk Kawasan Asia Pasifik, Jeremy Browne mengatakan, The Best of UK Festival adalah perayaan akan kehidupan, kebudayaan, dan pendidikan tinggi Inggris. Selain menampilkan seni budaya, festival ini juga akan menampilkan presentasi dari pendidikan tinggi dan program beasiswa ke Inggris, program pendidikan bahasa Inggris, dan program perubahan iklim British Council.

…dst

22 ) Satu Juta Guru Terima Gaji Rp 200.000
http://edukasi.kompas.com/read/2011/12/08/00011756/Satu.Juta.Guru.Terima.Gaji.Rp.200.000

Kamis, 8 Desember 2011 | 00:01 WIB
YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Sulistyo, Ketua Umum Persatuan Guru Republik Indonesia, mengatakan, sekitar satu juta guru di Indonesia hanya mendapatkan gaji Rp 200.000 per bulan. Sulistyo juga mengatakan, guru-guru tersebut adalah guru honorer atau non-pegawai negeri sipil (non-PNS). Oleh karena itu, Persatuan Guru Republik Indonesia atau PGRI mengusulkan kepada pemerintah agar standar minimal gaji guru, khususnya non-PNS, ditetapkan sebesar Rp 3,2 juta per bulan. “Standar gaji minimal bagi guru sangat dibutuhkan untuk kelayakan hidup keluarga mereka. Terlebih lagi, setengah dari sekitar empat juta guru di Indonesia merupakan guru honorer atau non-PNS,” kata Sulistyo seusai acara pemberian santunan Bumiputera kepada guru di Sekolah Dasar Pangudi Luhur Yogyakarta, Rabu (7/12/2011).

…dst

23 ) Universitas Manado Lepas 250 Guru Mengabdi di Perbatasan
http://www.mediaindonesia.com/read/2011/12/07/282138/293/14/-Universitas-Manado-Lepas-250-Guru-Mengabdi-di-Perbatasan

Rabu, 07 Desember 2011 21:43 WIB
MANADO–MICOM: Sebanyak 250 tenaga pendidik jebolan Universitas Manado (Unima), Sulawesi Utara dipekerjakan di wilayah perbatasan Nusa Tenggara Timur (NTT). Para guru tersebut akan membantu pemerintah setempat mendidik siswa SD, SMP dan SMA. ”Pengiriman 250 guru lulusan Unima ini merupakan tindaklanjut dari program Kementerian Pendidikan Nasional 2011. Dijadwalkan, pegiriman para guru tersebut, Jumat (9/12) mendatang,” kata Rektor Unima Prof Dr P Tuerah di Manado, Rabu (7/12). Menurut Tuerah, 250 tenaga guru tersebut akan bertugas selama setahun di sejumlah sekolah-sekolah yang ada di wilayah perbatasan Nusa Tenggara Timur sesuai dengan arahan pemerintah setempat yang berkoordinasi dengan pemerintah pusat. ”Setiap bulan mereka (guru) mendapat honor Rp2 juta dianggarkan pada pos APBN yang dibayar melalui Kementerian Pendidikan Nasional,” jelasnya. (OL-11)

…dst

24 ) Dana BOS Naik 43,75 Persen
http://www.jpnn.com/read/2011/12/07/110429/Dana-BOS-Naik-43,75-Persen-

Rabu, 07 Desember 2011 , 08:02:00
JAKARTA – Pemerintah menyalurkan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) melalui Kas Umum Daerah (KUD) Pemerintah Provinsi untuk diteruskan ke sekolah-sekolah mulai Januari tahun depan. Nominal dana BOS yang dialokasikan tahun depan naik 43,75 persen ketimbang 2011, yaitu dari Rp 16 triliun menjadi Rp 23 triliun. “Ini adalah pertemuan terakhir. Januari 2012 mendatang saya minta mekanisme baru penyaluran dana BOS sudah berjalan,” tutur Wakil Presiden Boediono dikantornya Jl Merdeka Selatan kemarin (6/12). Sebelumnya, dana BOS diberikan Pemerintah Pusat melalui kas Pemerintah Kabupaten atau Kota baru disalurkan ke sekolah-sekolah.

…dst

25 ) Sekolah Pilot Diminati
Jumlah Lulusan Hanya 30 Persen dari Kebutuhan
http://cetak.kompas.com/read/2011/12/08/05081432/sekolah.pilot.diminati

08 Desember 2011
Jakarta, Kompas – Sekolah-sekolah pilot swasta diburu lulusan SMA sederajat yang tertarik menjadi penerbang. Namun, jumlah sekolah pilot di Indonesia masih terbatas dan kapasitas siswa yang diterima juga sebanyak 20-30 orang saja per angkatan di setiap sekolah pilot. Rully Herdyanto, anggota staf Deraya Flying School (DSF) di Jakarta, Selasa (6/12), mengatakan, untuk satu angkatan, DSF menerima 20 siswa yang didik selama 16-18 bulan. Sekolah pilot DSF di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, berdiri sejak tahun 1972. Sekolah pilot swasta lainnya, Proflight Flying School, di Jakarta, dari kapasitas 20 siswa, hanya 19 pendaftar yang memenuhi syarat. “Penerimaan siswa sekolah pilot tidak bisa jorjoran karena kualitas siswanya harus terjamin,” kata Kristofel Antonio, Chief Administrative Proflight Flying School.

…dst

26 ) PNS Muda Korup Dibidik oleh KPK
Menpan Terkesan Lepas Tangan
http://cetak.kompas.com/read/2011/12/08/05305544/pns.muda.korup.dibidik.oleh.kpk

08 Desember 2011
Jakarta, kompas – Komisi Pemberantasan Korupsi membidik pegawai negeri sipil berusia muda yang memiliki rekening tak wajar, yang diduga dari hasil korupsi. Hukuman ringan membuat PNS berusia muda yang memiliki jabatan tak ragu melakukan korupsi. Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Haryono Umar di Jakarta, Rabu (7/12), mengatakan, laporan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) tentang rekening pegawai negeri sipil (PNS) berusia muda dalam jumlah tak wajar akan ditindaklanjuti. KPK membidik PNS pemilik rekening itu setelah menelaah ada tidaknya unsur tindak pidana korupsi dari pemilik rekening. Haryono mengakui, usia muda tak menghalangi PNS yang menduduki jabatan tertentu untuk korupsi. Terlebih PNS berusia muda tak diwajibkan melaporkan harta kekayaannya. Kondisi ini membuat PNS berusia muda ini luput dari pengawasan KPK.

…dst

27 ) Gamawan Janji Pecat PNS Pemilik Rekening Gendut
http://www.jpnn.com/read/2011/12/08/110553/Gamawan-Janji-Pecat-PNS-Pemilik-Rekening-Gendut-

Kamis, 08 Desember 2011 , 06:45:00
JAYAPURA – Temuan PPATK (Pusat Pelaporan Analisisis dan Transaksi Keuangan) yang menemukan 10 PNS muda golongan III B yang mempunyai rekening gendut ditanggapi serius oleh Mendagri Gamawan Fauzi, termasuk sejumlah kasus indikasi korupsi maupun penyalahgunaan dana yang terjadi di beberapa kabupaten di Papua. Mantan Gubernur Sumatera Barat ini menegaskan pihaknya akan menyerahkan sepenuhnya kasus tersebut kepada pihak yang berwajib. “Saya sangat prihatin dengan temuan ini, tetapi sekarang ini era hukum. Jadi kita serahkan sepenuhnya pada proses hukum,” katanya kepada wartawan di Jayapura, Rabu (7/12).

…dst

28 ) Pencarian “alien” dilanjutkan
http://www.antaranews.com/berita/288006/pencarian-alien-dilanjutkan

Rabu, 7 Desember 2011
Jakarta (ANTARA News) – Para astronom menata ulang pencarian kehidupan berkecerdasan di planet-planet asing, dan mereka telah mendapatkan ribuan target untuk dipindai. Setelah “tidur” selama lebih dari tujuh bulan, serangkaian teleskop radio yang dioperasikan Institut SETI (Search for Extraterrestrial Intelligence) memulai lagi mendengarkan sinyal-sinyal dari planet-planet asing yang ditemukan teleskop ruang angkasa Kepler milik NASA, demikian para peneliti seperti dikutip Space.com. “Pagi ini, pada pukul 6.18, kami telah memulai pengamatan kembali dunia-dunia Kepler,” kata Jill Tarter, Direktur Center for SETI Research pada Institut SETI, Senin lalu, di tengah Konferensi Sains Kepler di Pusat Riset Ames milik NASA. “Kami sangat senang bisa kembali ke udara hari ini,” kata Tarter lagi. Rangkaian Teleksop Allen (ATA) milik SETI adalah serangkaian 42 piringan radio yang berlokasi sekitar 500 kilometer arah timur laut San Francisco.

…dst

29 ) Sekilas Dalam Negeri
Turut berduka Musibah Tewasnya Pelajar Berprestasi
Jago Main Bola Layaknya Messi, Christopher Dijuluki Lionel ‘Melky’
Juara Olimpiade Sains Ditusuk, Polisi Periksa Saksi-saksi
Pendidikan
LPI DD Kembali Gelar Training Guru Kreatif
Untuk Pendidikan Berkarakter, Sumbar Anggarkan Rp 1 M
Dana BOS Naik 43,75 Persen
Jateng Terima BOS Rp 2,83 Triliun
Mantan Direktur Utama PLN
Eddie Widiono Sedih dan Kecewa Dituntut 7 Tahun Bui
Mantan Dirut PLN Dituntut Tujuh Tahun Penjara
Tragedi Jembatan Kukar
Tersangka Jembatan Tenggarong Lebih dari Tiga?
Tragedi Rawagede
Belanda Resmi Minta Maaf atas Tragedi Rawagede 
Papua
650 Prajurit Jaga Perbatasan Indonesia-Papua Niugini
Wapres: Papua Aman untuk Investasi Asing
PNS Muda Korup Dibidik
KPK Temukan Atasan PNS Kaya Ikut Bermain
PNS Muda Korup Dibidik oleh KPK
Cara PNS Muda Menggangsir Uang Negara
Kasus Rekening PNS Muda Sistemik
Gamawan Janji Pecat PNS Pemilik Rekening Gendut
Korpri Diminta Tindak PNS Muda Kaya Raya
Bibit: koruptor semestinya dimiskinkan 
Kasus Nazaruddin
Menpora Bantah Beri Uang kepada Angelina Sondakh
Menpora Bantah Tudingan Nazaruddin
Anas: Nazaruddin “Ngarang” bin Dusta
Percakapan Nazar-Rosa Ini Sarat Kode
Nazaruddin Akui Lapor ke Presiden Yudhoyono
Jadi Tersangka, Nazaruddin Tak Juga Diperiksa
Lain-Lain
7,3 Juta Hektare Tanah Telantar Segera Ditertibkan
George Aditjondro Mengaku Salah (Menghina Kraton)
Sekilas Luar Negeri
Korea
Mahasiswa Bunuh Diri, Rektor Ini Menolak Mundur
Mesir
Terungkap, Selama Demonstrasi di Mesir, AS Suplai Senjata
Jepang
Radioaktif Ditemukan pada Susu Formula Jepang
Asean
Negara Besar Berebut ASEAN
Cina
Presiden Cina Minta Pasukannya Bersiap Perang
Iran
AS Pastikan Pesawat CIA Jatuh di Iran
AS Buka Kedutaaan Virtual di Iran
Program Rudal Eropa-Nato
NATO dan Rusia Perang Kata-kata
Suriah
Presiden Suriah bantah keluarkan perintah brutal
Assad Menolak Bertanggung Jawab
Yaman
Yaman resmikan pemerintahan transisi
Irak
AS serahkan pangkalan militer utama kepada Irak