SNMPTN Jalur Undangan Dibuka

Pemerintah Sediakan 30.000 Beasiswa Bidik Misi

Rabu, 01 Februari 2012

Jakarta, Kompas – Pendaftaran seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri jalur undangan dibuka Rabu, 1 Februari, hingga 8 Maret. Pendaftaran untuk siswa berprestasi di 61 perguruan tinggi negeri ini hanya bisa diikuti siswa yang direkomendasikan sekolahnya.

La Ose, Kepala Sekolah SMAN 1 Lawa, Muna, Sulawesi Tenggara, yang dihubungi dari Jakarta, Selasa, mengatakan, sekolahnya siap mendaftarkan sekitar 50 siswa berprestasi secara online, Rabu ini. Sekolah memfasilitasi semua siswa agar bisa mendaftar lewat jalur tanpa tes.

”Koneksi internet di sini harus pakai modem supaya bisa tersambung dengan baik. Paling nanti siswa kami minta isi pulsa ketika memasukkan data saat pendaftaran,” kata La Ose.

Sekolah tak hanya membantu siswa saat pendaftaran. Pembayaran uang pendaftaran Rp 175.000 per siswa lewat Bank Mandiri juga ditanggung. Sekolah akan mengirim guru ke Kendari, sekitar tiga jam perjalanan laut, agar bisa membayar pendaftaran siswa ke bank yang direkomendasikan.

Tintin Komariah, guru SMAN 14 Bandung, mengatakan, sekolah sudah menyosialisasikan SNMPTN jalur undangan sejak siswa duduk di bangku akhir. Itu untuk mendorong siswa mempertahankan prestasi sejak kelas X dan XI.

”Wali kelas dan guru Bimbingan Konseling di sekolah terus memantau siswa yang berprestasi secara akademik. Orangtua juga diajak terus mendorong anaknya mempertahankan prestasi. Soalnya, siswa yang prestasinya terus baik berpeluang diterima di SNMPTN jalur undangan,” kata Tintin.

Tarman, Kepala SMKN 2 Metro Lampung, mengatakan, hanya sekitar 15 persen siswa kelas III SMK yang tertarik melanjutkan kuliah. Selebihnya berwirausaha atau ditawari bekerja oleh perusahaan yang merekrut langsung di sekolah.

”Sekolah tetap mendorong siswa berprestasi akademis untuk memanfaatkan SNMPTN jalur undangan. Bahkan, kami dorong siswa di program keahlian pertanian untuk memilih Institut Pertanian Bogor. Hanya, di SMK memang banyak siswa yang lebih berorientasi lulus langsung kerja,” kata Tarman.

Beasiswa Bidik Misi

Untuk memperbanyak jumlah mahasiswa Indonesia, pemerintah menyediakan beasiswa bagi calon mahasiswa dari keluarga miskin yang disebut Bidik Misi. Tahun 2012, disediakan 30.000 beasiswa.

Sekolah diminta merekomendasikan siswa kelas III yang berprestasi dari keluarga tak mampu untuk mendapat beasiswa Bidik Misi. Penerima beasiswa itu akan bebas biaya kuliah tiga tahun untuk program diploma III dan empat tahun untuk program sarjana, serta mendapat bantuan biaya hidup Rp 600.000 per bulan.

Akhmaloka, Ketua Umum SNMPTN yang juga Rektor Institut Teknologi Bandung, mengatakan, pendaftaran beasiswa Bidik Misi dibuka di SNMPTN jalur undangan. Bila masih ada siswa, kuota penerima dibuka lagi di SNMPTN jalur tulis.

Menurut Menteri Pendidikan Nasional Mohammad Nuh, akses kuliah harus terbuka juga buat siswa dari keluarga miskin. Pemerintah menilai beasiswa Bidik Misi efektif. Saat ini, 50.000 mahasiswa sudah menerima beasiswa Bidik Misi dan bertambah 30.000 pada tahun 2012.

Nuh menjelaskan, prestasi mahasiswa penerima Bidik Misi memuaskan. Indeks prestasi semester mahasiswa penerima Bidik Misi tahun 2010 rata-rata 3,00, bahkan lebih. Selama ini, perempuan penerima Bidik Misi berprestasi lebih baik dibandingkan mahasiswa laki-laki penerima bidik misi. (ELN)

Selamat mengunjungi : https://undangan.snmptn.ac.id/
Sumber : http://cetak.kompas.com/read/2012/02/01/03422363/snmptn.jalur.undangan.dibuka

>>>

Berita Lain Terkait Info Jalur Undangan SNMPTN 2012:
1 ) Sekolah Berpeluang Sama Ikuti SMNPTN Jalur Undangan
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/01/31/295367/293/14/-Sekolah-Berpeluang-Sama-Ikuti-SMNPTN-Jalur-Undangan

Selasa, 31 Januari 2012 20:38 WIB
BANDUNG–MICOM: Seluruh sekolah mempunyai kesempatan yang sama untuk mengikuti seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) 2012 melalui jalur undangan yang mulai dibuka besok. “Tahun ini seluruh sekolah memiliki kesempatan yang sama untuk mengikuti SNMPTN jalur undangan,” kata Direkur Pendidikan ITB Mindriany Syafila, disela-sela acara sosialisasi SNMPTN di Aula Barat Institut Teknologi Bandung (ITB) Jalan Ganeca Kota Bandung, Selasa (31/1). Menurut Mindriany, untuk tahun 2012 sekolah akreditasi A mendapatkan kuota untuk mendaftarkan siswa terbaiknya 50 persen sedangkan tahun lalu kuotanya lebih banyak yaitu 75 persen. “Sementara untuk sekolah dengan akreditasi B berhak mengirimkan sebanyak 30 persen siswa terbaiknya, sekolah akreditasi C memiliki jatah mendaftarkan siswa di jalur undangan 15 persen dan diluar sekolah akreditasi A,B dan C kuotanya 5 persen,” ujarnya.

…dst

2 ) Sekolah Nonakreditasi Dapat Ikuti SNMPTN
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/465573/

Wednesday, 01 February 2012
BANDUNG – Panitia seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) memberikan kesempatan kepada seluruh sekolah untuk mendaftarkan siswanya mengikuti ujian melalui jalur undangan. Direktur Pendidikan ITB Mindriany Syafila mengatakan,tahun 2012, sekolah akreditasi A mendapatkan kuota untuk mendaftarkan siswanya sebanyak 50% siswa terbaiknya. Sementara sekolah dengan akreditasi B berhak mengirimkan sebanyak 30% siswa terbaiknya. Sekolah dengan akreditasi C memiliki jatah mendaftarkan siswa di jalur undangan 15% dan di luar sekolah akreditasi A,B,dan C kuotanya 5%.

…dst

3 ) Siswa Pindahan Tak Bisa Ikut Jalur Undangan
http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/02/01/175584/Siswa-Pindahan-Tak-Bisa-Ikut-Jalur-Undangan

01 Februari 2012
SOLO- Siswa SMA sederajad yang pernah pindah sekolah pada tiga semester akhir, yakni III, IV, dan V tertutup kemungkinan mengikuti Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) jalur undangan. Meskipun mereka memiliki nilai baik dan konsisten di tiga semester tersebut sebagaimana yang telah disyaratkan. “Panitia akan kesulitan mengecek data grade sekolah siswa yang melakukan pindah. Apalagi pindahnya di tiga semester itu (III-V). Siswa pindahan tidak bisa,” kata Pembantu Rektor I UNS Prof Sutarno saat jumpa pers di ruang kerjanya, Selasa (31/1). Sesuai aturan, siswa yang akan mendaftar di SNMPTN jalur undangan memiliki nilai yang konsisten berdasarkan perankingan yang dilakukan sekolah. Aturan ini sedikit berbeda jika dibandingkan dengan tahun lalu. Sebelumnya, konsistensi nilai berdasarkan semester I-V, namun tahun ini hanya III-V.

….dst

4 ) Beasiswa Bidik Misi via Jalur Undangan
http://kampus.okezone.com/read/2012/01/31/373/566766/beasiswa-bidik-misi-via-jalur-undangan

Selasa, 31 Januari 2012 15:33 wib
JAKARTA – Seperti tahun-tahun sebelumnya, pemerintah juga membuka kesempatan beasiswa Bidikmisi bagi calon peserta Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2012. Berbeda dengan tahun lalu, proses pendaftaran beasiswa Bidik Misi tahun ini terintegrasi dengan pendaftaran SNMPTN. Pemerintah juga meningkatkan kuota penerima beasiswa Bidikmisi menjadi 30 ribu kursi yang tersebar di 61 PTN di Indonesia. Situs resmi SNMPTN 2012, Selasa (31/1/2012) menyebutkan, jika kamu ingin mendaftar untuk program Bidikmisi, maka kamu harus mendaftar ke laman http://bidikmisi.dikti.go.id . Setelah datamu diverifikasi dan kamu dinyatakan memenuhi persyaratan, maka kamu akan memperoleh Kode Akses Pendaftaran (KAP) dan Personal Identification Number (PIN). Kemudian, apabila kamu direkomendasikan oleh kepala sekolahmu untuk mengikuti SNMPTN Jalur Undangan, maka PIN yang kamu dapatkan tadi digunakan sebagai pengganti pembayaran biaya pendaftaran SNMPTN. Selanjutnya, kamu pun bisa mendaftar SNMPTN Jalur Undangan melalui laman http://undangan.snmptn.ac.id dengan menggunakan KAP dan PIN tadi. Tetapi, jika ternyata kamu tidak memenuhi persyaratan seleksi Jalur Undangan atau dinyatakan tidak diterima melalui jalur ini, maka KAP dan PIN yang kamu miliki bisa digunakan lagi untuk mendaftar SNMPTN Jalur Ujian Tertulis tanpa harus membayar biaya pendaftaran.

…dst