1 ) APTSI: Pengesahan RUU PT Jangan Tergesa-gesa
http://edukasi.kompas.com/read/2012/02/12/1935268/APTSI.Pengesahan.RUU.PT.Jangan.Tergesa-gesa

Minggu, 12 Februari 2012 | 19:35 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia meminta pemerintah dan DPR tidak tergesa-gesa mengesahkan Rancangan Undang-Undang Perguruan Tinggi. APTSI merasa pemerintah belum mengakomodasi kepentingan perguruan tinggi swasta yang jumlahnya justru lebih banyak dibanding perguruan tinggi negeri. Ketua Umum Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTSI) Edy Suandi Hamid mengatakan, sikap APTSI ini diputuskan dalam Rapat Pengurus Pusat Pleno di Padang, Sumatera Barat, akhir pekan ini. APTSI meminta agar Rancangan Undang-Undang Perguruan Tinggi (RUU PT) dapat mengatur secara substansif peningkatan mutu dan daya saing perguruan tinggi.

…dst

2 ) PTS Tolak Publikasi untuk Kelulusan
Pemaksaan untuk Tujuan Baik
http://cetak.kompas.com/read/2012/02/13/0221451/pts.tolak.publikasi..untuk.kelulusan.

Senin, 13 Februari 2012
Jakarta, Kompas – Perguruan tinggi swasta dalam Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia menolak kewajiban memublikasikan karya ilmiah mahasiswa di jurnal ilmiah sebagai syarat kelulusan, tetapi mendorong lulusan program pascasarjana dan doktor untuk menulis karya ilmiah. Karya ilmiah itu diharapkan dimuat pada jurnal skala nasional ataupun internasional. “Perguruan tinggi swasta (PTS) memahami niat dan tujuan baik Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi yang menginginkan kualitas lulusan sarjana, magister, dan doktor meningkat, terutama terkait peningkatan jumlah karya ilmiah. Tetapi, publikasi ilmiah di jurnal ilmiah tidak harus dikaitkan dengan kelulusan mahasiswa,” kata Edy Suandi Hamid, Ketua Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (Aptisi). Sikap Aptisi itu diputuskan dalam Rapat Pengurus Pusat Pleno di Padang, Sabtu (11/2). Edy, yang juga Rektor Universitas Islam Indonesia Yogyakarta, mengatakan, memang saat ini jumlah karya ilmiah yang dihasilkan perguruan tinggi masih sangat terbatas. Namun, peningkatan publikasi ilmiah di Indonesia tidak mesti harus mengaitkan dengan kelulusan.

…dst

3 ) M Nuh ‘Keukeuh’ Soal Publikasi Karya Ilmiah
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/02/12/lz9qup-m-nuh-keukeuh-soal-publikasi-karya-ilmiah

Minggu, 12 Pebruari 2012 14:16 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh menegaskan bahwa pihaknya ‘keukeuh’ mensyaratkan publikasi karya ilmiah ini di ketiga program pendidikan tinggi ini. Menurutnya, alasan diterapkannya kebijakan ini untuk membangun budaya dan tradisi berfikir sistematis di kalangan mahasiswa yang dianggap masih kurang. Saat ini Indonesia memiliki sedikitnya 5,3 juta mahasiswa. Namun fakta di lapangan produk ilmiahnya yang dihasilkan masih sangat kurang. “Produk ilmiah ini harus ‘digenjot’ terus,” tegasnya, di sela menyaksikan pagelaran sandiwara ‘Timun Emas’ di Taman Ismail Marzuki, Jakarta. Ia juga menegaskan kebijakan yang dikeluarkan melalui Serat Edaran Dirjen Dikti ini tidak bermaksud untuk melakukan pengekangan kebebasan berekspresi mahasiswa. Namun untuk membiasakan agar penulisan produk ilmiah masuk dalam jurnal.

…dst

4 ) Sepi, Komersialisasi Hasil Riset
http://cetak.kompas.com/read/2012/02/13/02232952/sepi.komersialisasi.hasil.riset..

Senin, 13 Februari 2012
Jakarta, Kompas – Perpustakaan digital Pusat Dokumentasi dan Informasi Ilmiah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia sudah mengembangkan buku tiga dimensi hasil riset para penelitinya sehingga memudahkan masyarakat dan industri untuk mengadopsinya. Sayangnya, komersialisasi hasil-hasil riset tersebut hingga kini masih sepi. “Selama ini belum terjadi kerja sama untuk mengaplikasikan hasil-hasil riset yang sudah dituangkan ke dalam buku elektronik ataupun buku tiga dimensi,” kata Kepala Pusat Dokumentasi dan Informasi Ilmiah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (PDII LIPI) Sri Hartinah, Sabtu (11/2), di Jakarta. Sri Hartinah mengatakan, sejak 2009 PDII memfokuskan pendokumentasian hasil-hasil riset energi. Energi menjadi pilihan tatkala ketersediaan bahan bakar fosil menipis sehingga dibutuhkan berbagai inovasi teknologi untuk menggantikannya dengan energi terbarukan.”Kalau untuk tujuan pendidikan dan tidak dikomersialkan, masyarakat dapat mengadopsi hasil-hasil riset LIPI tanpa membayar royaltinya,” kata Sri Hartinah.

…dst

5 ) Padang-Hildesheim perkuat jalinan Kota Kembar
http://www.antaranews.com/berita/297000/padang-hildesheim-perkuat-jalinan-kota-kembar

Minggu, 12 Februari 2012 16:29 WIB |
Padang (ANTARA News) – Pemerintah Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat, dan Hildesheim, Jerman, memperkuat kembali jalinan kerja sama sebagai Kota Kembar atau Sister City Padang-Hildesheim melalui perguruan tinggi di kedua wilayah. “Unversitas HAWK Hildesheim dan sejumlah perguruan tinggi Kota Padang di antaranya Universitas Bung Hatta, Universitas Andalas dan lainnya itu akan membentuk kerja sama antara lain dalam bidang pertukaran mahasiswa dan program `double degree`,” kata Wakil Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansyarullah, dalam keterangan tertulisnya dari Jerman yang disampaikan Hubungan Masyrakat Pemerintah Kota (Humas Pemkot) Padang, Minggu. Di Jerman, Mahyeldi Ansharullah, bersama Pemerintah Kota Hildesheim mengadakan malam pengalangan dana sekaligus malam informasi tentang Kota Padang.

…dst

6 ) Lagi, Guru Besar UNY Bertambah
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/468968/

Monday, 13 February 2012
YOGYAKARTA – Dosen Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) C Asri Budiningsih dikukuhkan sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Teknologi Pembelajaran UNY, akhir pekan lalu. Pengukuhan yang dilaksanakan dalam Rapat Terbuka Senat di Ruang Sidang Rektorat,UNY itu dipimpin langsung Rektor UNY Rochmat Wahab. Humas UNY Dedy Herdito mengutarakan jumlah dosen yang bergelar doktor di kampus ini pasti bertambah banyak. Ini dikarenakan ada beberapa dosen yang sudah mendapatkan surat keputusan (SK) sebagai guru besar, tapi secara resmi masih menunggu waktu untuk pengukuhannya.

…dst

7 ) Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un
Guru Berdedikasi Itu Berpulang
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/468934/

Monday, 13 February 2012
KECELAKAAN di sekitar Pasar Kadipaten,Kabupaten Majalengka, menyisakan duka mendalam bagi keluarga Jaja Mujahid, 44,warga Desa Gandu, Kecamatan Dawuan, Kabupaten Majalengka. Saat kejadian, Jaja yang merupakan guru SMKN 1 Majalengka itu bersama dua anaknya yakni Ica, 6; dan Safika, 12; pulang dari supermarket di Kadipaten.Tidak ada yang menyangka kalau belanja di supermarket itu merupakan terakhir kali Jaja mengantar dua buah hatinya untuk berbelanja. Jaja meninggal di tempat setelah mengalami luka serius di bagian kepala. “Almarhum itu habis belanja dari salah satu supermarket di Kadipaten bersama dua anaknya. Sepulang dari belanja, dia bersama anaknya mengalami kecelakaan dan Jaja meninggal,” kata tetangga korban,Tedi di RSUD Cideres,kemarin. Sebelum meregang nyawa, Jaja diduga terlebih dulu terseret oleh bus sekitar 15 meter. “Kepalanya hancur, padahal dia pakai helm.Mungkin terlindas oleh bus itu. Adapun Ica mengalami patah pada tangan kirinya,”ucapnya.

…dst

8 ) Kuota Sertifikasi Guru Sisa 15.000
http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/02/13/176942/Kuota-Sertifikasi-Guru-Sisa-15.000

13 Februari 2012
JAKARTA – Sampai saat ini kuota sertifikasi guru masih tersisa sekitar 15.000. Diharapkan sisa kuota tersebut dapat didistribusikan ke daerah-daerah yang penyerapannya tinggi. “Kalau jatahnya 300.000, tapi sampai sekarang yang terdaftar baru 285.000, artinya ada 15.000 sisa. Kalau memang memungkinkan, sisa itu bisa dimanfaatkan betul. Mana provinsi yang tidak sanggup bisa dialihkan ke provinsi yang sanggup,” kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh, di Jakarta, akhir pekan lalu. Dia mengemukakan, untuk tahun ini salah satu daerah yang penyerapannya rendah adalah Nusa Tenggara Timur. Hal itu terjadi karena NTT telah menerima percepatan sertifikasi guru tahun lalu, sehingga yang perlu disertifikasi tahun ini tidak banyak. Ini mengakibatkan banyak kuota yang tidak terserap.

…dst

9 ) Uji Kompetensi Guru untuk Pemetaan
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/468857/

Monday, 13 February 2012
JAKARTA– Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menegaskan uji kompetensi guru akan dipergunakan untuk pemetaan pendidikan. Guru menjadi salah satu tolok ukur kualitas pendidikan. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh mengatakan, hasil dari uji kompetensi akan disandingkan dengan hasil nilai ujian nasional (UN).Keduanya akan saling melengkapi untuk memetakan pendidikan. “Peta dapat dipakai sebagai persiapan guru di lembaga pendidik dan tenaga kependidikan (LPTK) sehingga pelatihan guru dapat diperbaiki,” katanya di Jakarta kemarin.

…dst

10 ) 20 Ribu Honorer Boikot Unas
Jika RPP Masih Terus Ngendon di Kemen PAN-RB
http://www.jpnn.com/read/2012/02/13/117084/20-Ribu-Honorer-Boikot-Unas-

Senin, 13 Februari 2012 , 05:35:00
JAKARTA – Ujian Nasional (Unas) 2012 yang tinggal dua bulan lagi terancam buyar. Penyebabnya bukan disebakan keterlambatan distribusi soal. Tetapi, 20 ribu honorer guru dan tenaga kependidikan mengancam boikot gebyar tahunan itu. Mereka menuntut Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) pengangkatan honorer tidak boleh lama-lama ngendon di Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB). Ancaman boikot Unas ini keluar dari Dewan Kehormatan Honorer Indonesia (DKHI). Organisasi tenaga honorer yang berbasih di Semarang itu memberikan toleransi hingga bulan depan kepada Kemen PAN-RB untuk memasukkan RPP pengangkatan honorer ke Sekretariat Negara (Setneg). “Jika Maret dimasukkan ke Setneg, perkiraan kita bulan itu juga akan disahkan presiden,” kata Ketua Umum DKHI Ali Mashar, Minggu (12/2).

…dst

11 ) M Nuh Minta Honorer Tak Mogok
http://www.jpnn.com/read/2012/02/13/117090/M-Nuh-Minta-Honorer-Tak-Mogok-

Senin, 13 Februari 2012 , 07:07:00
JAKARTA – Menteri Pendidikan Nasional (Mendikbud) Mohammad Nuh merespon langsung rencana aksi mogok ribuah honorer DKHI saat gelaran unas. Dia mengingatkan, urusan pengangkatan honorer tidak perlu dikatikan dengan pelaksanaan unas. “Pihak-pihak itu perlu menjelaskan duduk perkaranya seperti apa. Kami terbuka,” tandasnya, Minggu (12/2). Nuh menyayangkan jika akhirnya aksi mogok ini merugikan jutaan peserta unas. Pihak Kemendikbud merasa tidak suka dengan aksi ancam-ancaman seperti ini. Sebagai seorang guru atau tenaga kependidikan, para honorer yang berniat mogok saat unas harus bisa menjelaskan dengan baik akar persoalan yang selama ini terjadi. Jika memang terkait rencana pengangkatan honorer yang terkatung-katung, Nuh mengatakan bisa dicari solusinya. “Semua bisa diselesaikan dengan baik. Jangan sampai ada yang dirugikan,” kata dia.

…dst

12 ) Soal Honorer Tertinggal, Daerah Terus Buru BKN
http://www.jpnn.com/read/2012/02/11/117004/Soal-Honorer-Tertinggal,-Daerah-Terus-Buru-BKN-

Sabtu, 11 Februari 2012 , 19:34:00
JAKARTA – Molornya penetapan Peraturan Pemerintah (PP) tentang Honorer Tertinggal menimbulkan keraguan daerah. Ujung-ujungnya Badan Kepegawaian Negara (BKN) pun terus diburu.”BKN sekarang makin tambah ramai. Hampir tiap hari ada kunjungan dari daerah. Kalau dihitung-hitung hampir semua provinsi sudah ke BKN dan menanyakan hal yang sama, yaitu kapan honorer tertinggal diangkat CPNS,” ungkap Kabag Humas BKN Tumpak Hutabarat yang dihubungi, Sabtu (11/2). BKN, lanjutnya, terus diburu karena daerah mencurigai ada kesengajaan untuk menahan penetapan PP tersebut. Terlebih ketua tim verifikasi dan validasi honorer tertinggal kategori satu adalah pejabat BKN. “Banyak DPRD kabupaten/kota maupun provinsi menanyakan, apakah honorer kategori satu akan diangkat atau tidak. Sebab, sudah satu tahun lebih statusnyanya tidak jelas,” ujarnya.

…dst

13 ) Seleksi CPNS, Pemda Wajib Gandeng PTN
http://www.jpnn.com/read/2012/02/12/117066/Seleksi-CPNS,-Pemda-Wajib-Gandeng-PTN-

Minggu, 12 Februari 2012 , 22:43:00
JAKARTA–Pemerintah daerah diharuskan menggandeng Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dalam penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Hal ini dimaksudkan agar hasil seleksi bersifat obyektif dan memiliki tingkat kepercayaan masyarakat yang tinggi. “Untuk lulus tes menjadi CPNS daerah, seorang pelamar benar-benar mempunyai kompetensi yang dibutuhkan sesuai dengan formasi yang dilamar,” kata Kasubdit Pengadaan II Badan Kepegawaian Negara (BKN) Syarif Ali dalam keterangan persnya, Minggu (12/2). Kerja sama dengan PTN ini sebelumnya tidak menjadi keharusan. Pemda dibebaskan memilih mitra untuk pembuatan soal dan proses penilaian hasil tes peserta. Hanya saja, kewenangan ini disalahgunakan pemda. Hasil tes tersebut bisa diubah-ubah, apalagi pemeriksaannya masih manual. “Kalau sekarang tidak bisa lagi, pemerintah sudah mewajibkan untuk menggandeng PTN. Apalagi sekarang sudah ada konsorsium 10 PTN yang diketuai Rektor UGM untuk membantu pelaksanaan seleksi CPNS,” terangnya.

…dst

14 ) Penerimaan CPNS Tahun Ini Terancam Batal
http://www.jpnn.com/read/2012/02/13/117070/Penerimaan-CPNS-Tahun-Ini-Terancam-Batal-

Senin, 13 Februari 2012 , 00:44:00
JAKARTA–Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun ini terancam batal. Pasalnya, hingga kemarin belum ada satu pun daerah yang usulannya dinyatakan lengkap. Data terkini, sudah 53 daerah yang mengajukan usulan, namun sayangnya tidak disertai analisa jabatan (Anjab) dan analisa Beban Kerja (ABK).”Baru 53 daerah yang masuk, namun belum lengkap juga. Kita masih memberikan deadline hingga Juni mendatang,” kata Wakil Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Wamen-PAN) Eko Prasojo, Minggu (12/2).Jika sampai Juni, usulan kebutuhan pegawai untuk tenaga tertentu (tenaga kesehatan, guru, dan tenaga mendesak seperti sipir serta anak buah kapal, juga honorer tertinggal) yang disertai Anjab maupun ABK, belum juga diusulkan ke pusat, berarti penerimaan CPNS ditiadakan. Kalaupun usulan lengkap masuk tapi di atas Juni 2012, maka akan diplot untuk formasi 2013.

…dst

15 ) Kinerja Ekonomi 2011
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/468898/38/

Monday, 13 February 2012
Pekan lalu Badan Pusat Statistik (BPS) mengeluarkan laporan tentang produk domestik bruto (PDB) Indonesia pada kuartal IV/2011, sekaligus melaporkan kinerja perekonomian sepanjang tahun lalu. Beberapa hal yang menarik perhatian saya tentang kinerja perekonomian tersebut menjadi basis penulisan artikel ini. Dewasa ini bisa dikatakan hanya segelintir negara yang memiliki kinerja perekonomian bagus. Secara global, Dana Moneter Internasional (IMF) bahkan beberapa kali melakukan revisi ke bawah terhadap proyeksi pertumbuhan ekonomi global. Bahkan China, misalnya, juga dilaporkan mengalami penurunan pertumbuhan ekonomi, meski masih berada pada level yang tinggi.

…dst

16 ) Polisi Berhenti Cari Amunisi Teroris di Kampus UI
http://www.tempo.co/read/news/2012/02/13/063383491/Polisi-Berhenti-Cari-Amunisi-Teroris-di-Kampus-UI

SENIN, 13 FEBRUARI 2012 | 02:59 WIB
TEMPO.CO, Jakarta- Juru bicara Mabes Polri, Inspektur Jenderal Saud Usman Nasution, mengatakan aparat sudah menghentikan pencarian senjata teroris di hutan kampus Universitas Indonesia. Polisi merasa sudah berhasil menemukan senjata yang disembunyikan oleh kelompok teroris itu. “Kami kansudah menemukan senjata-senjata itu,” tutur Saud pada Tempo, Ahad 12 Februari 2012. Saat ini, menurut Saud, Mabes sedang memburu dua buron teroris yang diduga sebagai penerima senjata. “Mereka menerima senjata dari tersangka AO (Abu Omar Abdurahman),” katanya. Jika dua buron itu tertangkap, Mabes akan menggali informasi tentang senjata lainnya dari mereka. “Nanti akan dicari tahu apakah benar mereka terima senjata dari AO, disimpan di mana,” katanya.

…dst

17 ) Kemkominfo: 983 Ribu Situs Porno Telah Diblok
http://iptek.tvonenews.tv/berita/view/53402/2012/02/06/kemkominfo_983_ribu_situs_porno_telah_diblok.tvOne

Senin, 6 Februari 2012 20:20 WIB
Jakarta (tvOne)- Kementerian Komunikasi dan Informasi mengklaim telah memblokir sekitar 983 ribu situs yang mengandung pornografi. Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring mengatakan, pemblokiran situs porno sudah berdasarkan undang-undang, yakni UU 44 tahun 2008 yang mengatakan bahwa pemerintah dan pemda wajib mencegah penyebaran pornografi di masyarakat dan pasal 18 menyatakan bahwa pemerintah wajib memblokir pornografi. “Kami telah memblokir sekitar 983.000-an situs porno, hampir satu juta situs porno. Tentunya akan berkembang terus,” kata Tifatul dalam acara Seminar Internet Sehat dan Aman untuk menyambut Hari Aman Internet Dunia, di Hotel Pullman, Jakarta, Senin (6/2). (Ant)

18 ) Sekilas dalam Negeri
Akibat Kunjungan Nasir
Empat pejabat Ditjen PAS dicopot terkait Nasir
16 anggota DPR miliki kartu kunjungan Lapas
Amir Copot Kakanwil Kemenkum Jakarta Hingga Karutan Cipinang
Kalapas Cipinang Dianggap Tidak Langgar Aturan
Kemenkumham Optimalkan Pengawasan CCTV Rutan
Langkah-langkah Kemenkum HAM Dalam Perbaikan Sistem di Lapas dan Rutan
Kemenkumham Siapkan LP Khusus Koruptor
Belum Ada Pengusutan soal Penyuapan Sipir
Belum Jelas Isi Pembicaraan Nazaruddin-Nasir
Blakblakan Nasir: Nyawa pun Saya Kasih untuk Nazar
Tragedi Angkutan Umum
Ini Saat Terbaik Benahi Angkutan
DPR: Angkutan Umum Harus Segera Diaudit
Transportasi Publik Makin Mengerikan
Kecelakaan Bus di Jalur Ngawi-Madiun, 4 Tewas & Puluhan Luka
Duh, Sopir Bus Yang Menewaskan 3 Orang di Majalengka Hanya Punya SIM C
Bus TransJakarta Terbakar di Depan Sarinah, Dua Penumpang Terluka
Lima Orang Tewas Kecelakaan-Minibus Masuk Jurang di Pemalang
Dua Kecelakaan di Tol Dalam Kota, Waspada Macet (Tol Cibubur dan Tol Semangi)
Tragedi Karunia Bakti Cisarua diselidiki KNKT
Penolakan FPI
Warga dayak tolak FPI
Gus Solah: Saatnya FPI Introspeksi
Tokoh FPI Habib Rizieq Salahkan Gubernur Kalteng
Taufiq Kiemas Minta FPI Hormati Kearifan Lokal Dayak
Alasan Warga Dayak Tolak FPI
Tak Punya Ongkos, FPI Diturunkan di Banjarmasin
Kasus Angie
KPK Didesak Tahan Angelina Sondakh
Jeruji Besi Menanti Angie
Marak Perkosaan
Polisi tangkap pelaku pemerkosaan di angkot
Meninggal secara misterius
Warga tinggalkan kampung setelah enam tewas “misterius”
Enam meninggal diduga keracunan …
Sekilas Luar Negeri
Libya
Libya Desak Niger Serahkan Anak Khadafy
Saadi: Ada Pengikut Khadafy di NTC
Niger tak akan ekstradisi putera Gaddafi
Pakistan
BOM TV Tewaskan Tujuh Orang di Pakistan
Bom TV Pakistan Diduga Bermotif Dendam
Iran
Iran Siap Membantu Pembangunan Palestina
Iran Segera Umumkan Kemajuan Nuklirnya
Myanmar
Presiden Myanmar Janji Akhiri Konflik Etnis
Aung San Suu Kyi mulai berkampanye
Suu Kyi Dapat Sambutan Hangat dari Pendukungnya
Suriah
Liga Arab Bahas Krisis Suriah
Hacker serang laman CIA
Anonymous klaim serang laman CIA
Peretas cegat konferensi jarak jauh rahasia FBI
Hacker sadap konferensi telepon FBI
Tragedi Whitney Houston
Akhir Tragis Whitney Houston
Whitney Houston meninggal di usia 48
Sang Diva Berakhir di Kamar Mandi