1 ) ITS Ikuti Atlantic Challenge di Irlandia
http://edukasi.kompas.com/read/2012/04/17/19031671/ITS.Ikuti.Atlantic.Challenge.di.Irlandia

Selasa, 17 April 2012 | 19:03 WIB
SURABAYA, KOMPAS.com — Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya mengirim tim untuk mengikuti kejuaraan internasional bahari Atlantic Challenge di Irlandia. Sebanyak 20 mahasiswa berangkat mewakili Indonesia. Kejuaraan yang berlangsung 21-29 Juli tersebut diikuti 16 negara. Tim Maritime Challenge ITS merupakan satu-satunya perwakilan dari Indonesia sekaligus Asia. Ketua tim, Rikki Styadi, mengemukakan, tim melakukan persiapan selama lima bulan terakhir. “Kami latihan mendayung di Pantai Kenjeran (Surabaya) dan berlatih fisik di kampus,” ujar Rikki, Selasa (17/4/2012), di Surabaya, Jawa Timur.Tim terdiri dari 13 mahasiswa ITS dan 7 mahasiswa Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya. Lima di antaranya perempuan. Mereka tergabung dalam unit kegiatan mahasiswa Maritime Challenge. ITS sudah enam kali mengikuti kejuaraan internasional dua tahunan ini sejak 2002. Untuk mengikuti kejuaraan ini, mereka membuat kapal sendiri bernama Rojo Segoro.

…dst

2 ) Mobil Gas UGM Uji Ketahanan Yogyakarta-Jakarta
http://edukasi.kompas.com/read/2012/04/17/17254510/Mobil.Gas.UGM.Uji.Ketahanan.Yogyakarta-Jakarta

Selasa, 17 April 2012 | 17:25 WIB
Kompas.com – Universitas Gadjah Mada Yogyakarta mengadakan uji ketahanan dan keandalan komponen “konverter kit” untuk mobil yang menggunakan bahan bakar gas dengan menempuh perjalanan Yogyakarta-Jakarta. Menurut peneliti mobil gas tersebut, Jayan Sentanuhady, mobil tersebut menggunakan bahan bakar ‘compressed natural gas’ (CNG). Uji ketahanan mobil gas UGM yang akan menempuh perjalanan Yogyakarta-Jakarta itu dilepas oleh Rektor Sudjarwadi dan Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisipol) Pratikno. Jayan mengatakan, desain konverter kit mobil gas itu menggunakan tangki bahan bakar tipe dua dengan kapasitas 60 liter air atau setara 16 liter skala premium (lsp). “Desain konverter kit itu menggunakan teknologi cukup sederhana dengan harapan bisa diproduksi secara massal. Dari sisi teknologi tidak terlalu tinggi, tetapi untuk produksi massal perlu dukungan pemerintah, politikus, dan industri,” katanya.

…dst

3 ) Belanja Buku UI Rp 12 Miliar per Tahun
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/04/17/m2mdqa-belanja-buku-ui-rp-12-miliar-per-tahun

Rabu, 18 April 2012, 03:00 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Duduk di posisi Top 10 kampus terbaik se-Asia Tenggara versi Webometric tidak membuat Universitas Indonesia bersantai. Dalam lima tahun ini, UI menargetkan bertengger di posisi Top 100 di peringkat kampus dunia versi Quacquarelli Symonds (QS) University Ranking. Untuk mewujudkan target ini, Rektor UI, Gumilar Rusliwa Somantri telah menyusun langkah per langkah yang harus dilakukan civitas akademiknya. Mulai dari menggenjot publikasi karya ilmiah dosen dan peneliti maupun menambah judul buku yang terpampang di perpustakaan UI yang diklaimnya sebagai salah satu yang terbaik di Asia. “Saat ini kita terus perkuat koleksi perpustakaan kita, one of the best in Asia dengan 2,5 juta judul buku, dan akan kita tingkatkan menjadi 5 juta judul dalam lima tahun, baik buku-buku dalam bahasa Indonesia, Inggris, China, Jepang dan bahasa asing lainnya,” tutur Gumilar dalam pembincangan via telepon denganRepublika.

…dst

4 ) BPR UGM Siap Layani Mahasiswa
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/487334/

Wednesday, 18 April 2012
YOGYAKARTA – Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Universitas Gadjah Mada (UGM) –dulu BPR Duta Gama– siap memberikan layanan kepada mahasiswa UGM, baik dalam pembiayaan kuliah maupun layanan teknis lainnya. “Perubahan ini sekaligus sosialisasi kalau UGM memiliki bank dan menjadi satu-satunya perguruan tinggi negeri (PTN) yang memiliki bank,” kata Komisaris BPR UGM Haryono saat launching perubahan nama BPR dari Duta Gama menjadi BPR UGM di University Club (UC) kampus UGM, kemarin.

…dst

5 ) RAPP Serahkan Hibah Gedung Pelatihan Agribisnis Universitas Riau
http://edukasi.kompas.com/read/2012/04/18/06421084/RAPP.Serahkan.Hibah.Gedung.Pelatihan.Agribisnis.Universitas.Riau

Rabu, 18 April 2012 | 06:42 WIB
PEKANBARU, KOMPAS.com – PT. Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) menghibahkan Gedung Pelatihan Agribisnis kepada Universitas Riau (UR) di Kampus Fakultas Pertanian, Pekanbaru, Selasa (17/4/2012).Gedung seluas 400 meter persegi tersebut, selanjutnya akan difungsikan sebagai tempat pelatihan, penelitian dan pengembangan agribisnis bagi mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Riau serta komponen masyarakat lainnya termasuk kalangan bisnis. Acara serah terima dan peresmian gedung antara lain dihadiri Gubernur Riau HM Rusli Zainal, Pembantu Rektor II Dr. Yanuar, M.Si, Presiden Komisaris Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) Tony Wenas dan Direktur Utama RAPP Kusnan Rahmin. Siaran pers RAPP Rabu menyebutkan, Direktur Utama Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) Kusnan Rahmin mengharapkan agar Pusat Penelitian dan Pelatihan ini mampu mencetak ahli-ahli Agribisnis yang nantinya akan memberikan nilai tambah (competitive advantages) bagi Indonesia untuk dapat berlaga di pasar global.

…dst

6 ) Dahlan ajak tiga mahasiswa IPB ke luar negeri
http://www.antaranews.com/berita/306642/dahlan-ajak-tiga-mahasiswa-ipb-ke-luar-negeri

Selasa, 17 April 2012 23:40 WIB
Bogor (ANTARA News) – Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan mengajak tiga orang mahasiswa IPB keluar negeri atas keberhasilan mereka menciptakan produk pangan alternatif mirip beras yang diberi nama “beras analog”.”Bapak Rektor saya minta izin, tiga orang mahasiswa ini akan saya berikan hadiah karena sudah menciptakan beras analog ini, kami kirim ketiganya ke luar negeri,” kata Dahlan dalam kuliah umum memperingati 60 tahun Pendidikan Pertanian Indonesia di Gedung Graha Widya Wisuda IPB Dramga Bogor, Selasa malam. Dahlan mengaku kagum dengan kemampuan IPB menciptakan beras analog tersebut. Ia pun akan mencoba memasak beras analog pemberian mahasiswa tersebut besok pagi. “Saya akan coba masak besok pagi, akan saya rasakan dan lihat apakah ini sudah menyerupai beras atau belum,” katanya. Pemberian hadiah tersebut berawal dari saat dilakukan sesi tanya jawab antara mahasiswa dengan Dahlan Iskan.

…dst

7 ) IPB Ditantang Kembangkan Buah Tropik
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/04/18/313693/293/14/IPB-Ditantang-Kembangkan-Buah-Tropik

Rabu, 18 April 2012 05:43 WIB
BOGOR–MICOM: Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan mengatakan Indonesia memiliki peluang impor sangat besar dalam bidang produksi buah tropik untuk dikirim ke China. “Jadi IPB harus bisa memanfaatkan peluang ini untuk menciptakan varietas buah tropis unggulan untuk mengisi peluang impor buah di China,” kata Dahlan dalam kuliah umum 60 Tahun Pendidikan Pertania Indonesia di Gedung Graha Widya Wisuda IPB Dramaga Bogor, Selasa (17/4). Dahlan menyebutkan, buah tropik Indonesia lebih unggul dibanding negara manapun. Karena Indonesia memiliki kekayaan alam yang tidak dimiliki negara lain. Dahlan menyebutkan, Indonesia sangat bergantung pada impor. Mulai dari beras, buah dan alat-alat di impor dari sejumlah negara. Barang impor di Indonesia kebanyakan berasal dari “Indonesia selalu kalah dari China, kita baru akan memproduksi motor, China sudah lebih dulu, baru mau membuat handphone, China sudah memproduksi handphone, mainan, alat-alat, kita buat baju, lagi-lagi China sudah lebih dulu,” kata mantan Dirut PLN tersebut.

…dst

8 ) Pusat Studi Indonesia diminati mahasiswa Azerbaijan
http://www.antaranews.com/berita/306629/pusat-studi-indonesia-diminati-mahasiswa-azerbaijan

Selasa, 17 April 2012 22:03 WIB
Kairo (ANTARA News) – Pusat Studi Indonesia di Azerbaijan University of Languages (AUL) mulai diminati oleh mahasiswa negara sahabat di Asia Tengah itu.”Bahasa dan budaya Indonesia sudah dikenal lama oleh masyarakat Azerbaijan. Namun, dengan dibukanya Pusat Studi Indonesia di AUL, mahasiswa setempat mulai berminat mempelajari Indonesia dari berbagai aspek tentang Indonesia,” kata Duta Besar RI untuk Azerbaijan, Prayono Atiyanto, yang dihubungi ANTARA dari Kairo, Mesir, Selasa.Ia menjelaskan, Pusat Studi Indonesia yang dirintis sejak 2007 itu telah meluluskan sembilan mahasiswa S1, dan kini memiliki 28 mahasiswa. Melihat mulai diminatinya mahasiswa, AUL pada tahun 2011 membuka program pasca sarjana (S2) jurusan Bahasa Indonesia, kata Dubes Prayono yang mengemban misi diplomatik sebagai Duta Besar dan Berkuasa Penuh (DB-BP)di Ajerbaijan sejak akhir Desember 2010 itu.KBRI Baku sendiri baru diresmikan oleh Menteri Luar Negeri Marty Netalegawa pada 29 Desember 2010 bersama dengan 10 Perwakilan RI di sejumlah negara sahabat. Disebutkan, pembukaan Pusat Studi Indonesia di AUL itu pertama kali dirintis oleh Prof Habib Zarbaliyev, yang telah menulis beberapa buku tentang Indonesia, dengan pengadaan Jurusan Bahasa Indonesia dan Asia Tenggara di bawah Fakultas Kajian Daerah dan Hubungan Internasional.

…dst

9 ) Rektor UNAS: Jangan Hanya Hebat secara Intelektual
http://edukasi.kompas.com/read/2012/04/17/2031442/Rektor.UNAS.Jangan.Hanya.Hebat.secara.Intelektual

Selasa, 17 April 2012 | 20:31 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Keberhasilan seseorang tidak hanya ditentukan dari seberapa tinggi tingkat intelektualitasnya. Berdasarkan beberapa penelitian, kecerdasan intelektual hanya berkontribusi sebanyak 20% terhadap kesuksesan seseorang, sementara 80% lainnya adalah kontribusi dari kecerdasan lainnya.”Di era sekarang ini generasi muda perlu dibentengi spiritualnya. Sejak diangkat rektor, saya terobsesi memfasilitasi generasi muda mengikuti training, dan saya yakin pasti akan ada perubahan sikap lebih baik dan menunjang intelektualitas mereka,” kata Rektor Universitas Nasional, El Amry Bermawi Putera, di Jakarta, Selasa (17/4/2012), terkait kerjasama pengembangan kapasitas sumber daya manusia antara UNAS dan The ESQ Way 165.

…dst

10 ) Keluarga Duga Pelaku Pembunuh Dosen UI Sepupu Korban
http://news.detik.com/read/2012/04/17/182026/1894666/10/keluarga-duga-pelaku-pembunuh-dosen-ui-sepupu-korban?n990102mainnews

Selasa, 17/04/2012 18:20 WIB
Tangerang Pelaku pembunuh dosen senior Fakultas FISIP UI, Suwantji Sisworaharjo,73, yang tewas di Jalan Kalpaltaru, RT 05 RW 07 No 28 Perumahan Larangan Indah, Larangan, Kota Tangerang pada Minggu (15/04) malam, diduga kuat adalah sepupunya sendiri. Hal itu dikatakan oleh keluarga korban, Kurniawan dan Iwan Perdana. Menurut Iwan, armarhum yang hidup sendirian bila ada tamu yang tak dikenal tidak akan membukakan pintu. Ada dugaan kuat pelaku pembunuhan adalah orang yang dikenal korban. Di rumah korban tak ada pintu atau jendela yang dirusak pelaku sehingga kemungkinan besar orang dalam. Informasinya, sepupunya itu menemui korban untuk meminta uang kepada korban, namun tidak dikasih sehingga memukul wanita lajang ini hingga tewas.

…dst

11 ) Pembunuh Dosen UI Masih Misterius
http://news.detik.com/read/2012/04/17/102718/1894111/10/pembunuh-dosen-ui-masih-misterius

Selasa, 17/04/2012 10:27 WIB
Jakarta Kematian dosen UI Suwanci Sisworaharjo (73) masih misterius. Polisi masih mendalami apakah dosen jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial itu adalah korban perampokan atau bukan. Polisi masih memburu pembunuh Suwanci.”Masih didalami (korban perampokan atau tidak). Doakan saja semoga pelakunya cepat ketangkap,” ujar Kasat Reskrim Polres Metro Kota Tangerang AKBP Rahmat saat dihubungi detikcom, Selasa (17/4/2012). Rahmat mengaku masih belum mengetahui barang apa saja yang hilang di rumah yang juga sekaligus tempat penemuan mayat korban. Keluarga masih mengecek barang-barang apa saja milik korban yang tidak ada lagi di rumah tersebut. “Sementara masih pendalaman. Keluarga masih ngecek barang apa saja yang dimiliki korban,” jelasnya. Selama ini, lanjut Rahmat, Suwanci memang tinggal sendirian di rumah yang beralamat di Jl Kalpataru RT 05 RW 07 No 28 Perumahan Larangan Indah, Larangan, Kota Tangerang. Saat ditemukan, mayat Suwanci diketahui sudah meninggal lebih dari sehari. “Ibu ini tinggal sendirian. Makanya kita masih mencocokkan semua keterangan yang sudah kita dapat. Sudah banyak saksi yang kita periksa. Jadi masih diselidiki,” jelasnya. Menurut Rahmat, hasil visum Suwanci belum diterima polisi. Namun secara kasat mata, ada benjolan di kepala korban dan memar di bagian tubuh korban.

…dst

12 ) Unila Pecat Calon Guru Besar karena Terbukti Plagiat
http://news.detik.com/read/2012/04/17/134220/1894348/10/unila-pecat-calon-guru-b\
esar-karena-terbukti-plagiat?n991102605

Selasa, 17/04/2012 13:42 WIB
Lampung Universitas Lampung (Unila) memecat calon guru besar FKIP berinisial BS yang diduga melakukan plagiat karya ilmiah. Keputusan itu diambil setelah tim verifikasi berhasil membuktikan pelanggaran kode etik dosen tersebut. Pembantu Rektor (PR) I Unila, Hasriadi Mat Akin, mengatakan, saat ini BS sudah dipecat sebagai dosen dan tidak diperbolehkan untuk mengajar lagi. “Status dosennya saja yang diberhentikan. Tapi, jabatan sebagai PNS tetap. Dia sudah tidak boleh lagi mengajar dan hanya menjadi pegawai biasa,” kata Hasriadi, saat dihubungi detikcom, Selasa (17/4/2012). Selain, BS, ada satu lagi Guru Besar Fakultas MIPA Unila dengan inisal MR yang juga dikenakan sanksi tegas. Tim verifikasi menilai MR melakukan pembohongan publik dengan mengaku pernah menerbitkan karya ilmiah di jurnal internasional. Padahal itu bohong belaka.

…dst

13 ) Dua Mahasiswa Jadi Tersangka Penyebar Kunci Jawaban UN
http://regional.kompas.com/read/2012/04/18/02411281/Dua.Mahasiswa.Jadi.Tersangka.Penyebar.Kunci.Jawaban.UN

Rabu, 18 April 2012 | 02:41 WIB
JAMBI, KOMPAS.com — Azizu Sucianda dan M Ali Akbar, yang diduga menyebarkan kunci jawaban soal Bahasa Indonesia saat ujian nasional (UN) pada Senin (16/4/2012), ditetapkan penyidik Polsekta Kotabaru sebagai tersangka. Kedua mahasiswa tersebut ditetapkan sebagai tersangka setelah penyidik memeriksa keduanya hingga Senin malam. Kapolsekta Kotabaru Ajun Komisaris Gaduk Kurniawan, SIK mengatakan, Azizu dan Ali menjadi tersangka berdasarkan bukti dan pemeriksaan yang dilakukan penyidik. Setelah menetapkan statusnya menjadi tersangka pada Senin pukul 19.00 WIB, keduanya dipulangkan ke keluarganya masing-masing. Namun, kedua tersangka harus wajib lapor dua kali setiap minggu. “Kami tadi ke Dinas Pendidikan, dan mempertanyakan tentang kunci jawaban yang ada di handphone tersangka. Tapi, pihak Diknas mengatakan, kunci jawabannya ada di Unja (Universitas Jambi), dan belum bisa dibuka sebelum UN selesai,” kata Kapolsek, Selasa (17/4/2012).

…dst

14 ) Mendikbud turunkan tim ke Jombang
http://www.antaranews.com/berita/306586/mendikbud-turunkan-tim-ke-jombang

Selasa, 17 April 2012 19:41 WIB
Surabaya (ANTARA News) – Mendikbud Mohammad Nuh berjanji menurunkan tim untuk mengecek kebenaran adanya peredaran kunci jawaban ujian nasional (UN) dengan tingkat kecocokan hingga 70 persen di Jombang, Jatim. “Tidak hanya Jombang, saya juga menurunkan tim untuk daerah lain (Sumut, Jatim, Jateng, Sultra, Sulsel) yang juga ada dugaan itu. Saya tidak mau gegabah, karena itu perlu tim untuk verifikasi,” katanya kepada ANTARA per telepon, Selasa. Menurut mantan Rektor ITS Surabaya itu, jika tim verifikasi menemukan kebenaran kecurangan dan kebocoran UN, maka pihaknya akan menyiapkan UN ulang kepada siswa ada pada sekolah yang dicurigai. “Kecurangan atau kebocoran UN itu sekarang mudah dilacak, nanti tim akan melacak dari belakang yakni percetakan mana, sehingga dari kode yang diketahui akan mudah diketahui darimana asal kebocoran itu,” ucapnya. Ia mengaku tidak akan gegabah menyimpulkan kasus kunci jawaban UN di Jombang hingga 70 persen itu sebagai kesalahan pihak tertentu, apakah percetakan, sekolah, siswa, dinas pendidikan, pengawas, dan seterusnya.

…dst

15 ) Mahasiswa UI Protes Pembangunan di Kawasan Hutan UI
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/04/17/313492/293/14/Mahasiswa-UI-Protes-Pembangunan-di-Kawasan-Hutan-UI

Selasa, 17 April 2012 10:08 WIB
DEPOK–MICOM: Kelompok mahasiswa yang terdiri dari Green Community UI, Kamuka Parwata FTUI, dan Geography Mountaineering Club menggelar aksi Silent Long March menggiring sebuah replika bola golf raksasa terkait dengan isu pembangunan Integrated Faculty Club di kawasan hutan Universitas Indonesia, Senin (16/4). Aksi dilakukan dengan mengumpulkan tanda tangan dan testimonial para mahasiswa UI itu ditujukan bagi Rektorat UI. Tanpa komunikasi langsung dengan mahasiswa, UI ternyata sedang membangun sebuah Integrated Faculty Club (IFC), sebuah pusat kemahasiswaan yang terintegrasi. Namun ternyata, IFC tidak hanya memiliki galeri, ruang baca, multimedia, lapangan futsal dan tenis namun juga driving range (area berlatih golf), kedai fast food, bahkan salon mobil. “Dari riset sederhana yang kami buat mengenai pembangunan IFC di UI, 45 dari 100 mahasiswa lintas fakultas kampus UI Depok tidak mengetahui tentang pembangunan tersebut. Sebanyak 81 dari 100 tidak mengetahui tujuannya, dan 98 dari 100 tidak mengetahui total emisi karbon yang mereka terima sebagai dampak pembangunan ini,” ungkap Puspita Insan Kamil, Ketua Green Community UI lewat rilis yang diterima Media Indonesia.

…dst

16 ) Liberalisasi Perekonomian Kian Kencang di Perguruan Tinggi
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/04/17/m2mpp1-liberalisasi-perekonomian-kian-kencang-di-perguruan-tinggi

Selasa, 17 April 2012, 23:07 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG – Liberalisasi sistem perekonomian di perguruan tinggi Indonesia semakin kencang. Padahal negeri ini memiliki konsep ekonomi kerakyatan, seperti koperasi. “Sebagian besar perguruan tinggi tidak melaksanakan perekonomian dengan konsep kerakyatan yang diatur dalam Undang-Undang Dasar 1945, melainkan lebih mengadopsi ekonomi gaya barat atau liberal, kata kata Guru Besar Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Indonesia (UI), Profesor Doktor Sri Edi Swasono pada Seminar Nasional ‘Pembangunan Berwawasan Ekonomi Kerakyatan’ di Palembang, Selasa (17/4). “Akibatnya, kini perguruan tinggi banyak yang tidak lagi menyediakan mata pelajaran bersifat ekonomi kerakyatan, padahal seharusnya menjadi mata kuliah wajib bagi mahasiswa ekonomi,” tambahnya. Dia menambahkan, dalam perekonomian sistem liberal mahasiswa didorong untuk melaksanakan pola-pola ekonomi barat yang lebih berpihak kepada kekuatan modal, padahal Indonesia memiliki keberagaman penduduk dengan budaya dan ciri ekonomi luar biasa bagus.

…dst

17 ) Sumber di Selatan Jawa Berpotensi Picu Gempa 8,2 SR
http://news.detik.com/read/2012/04/17/120441/1894247/10/sumber-di-selatan-jawa-berpotensi-picu-gempa-82-sr

Selasa, 17/04/2012 12:04 WIB
Jakarta Sumber gempa di selatan Pulau Jawa berpotensi memicu gempa berkekuatan 8,2 SR. Sumber itu berjarak 500 km dari Jakarta seperti Pati, Bumiayu, Kali Opak, Lasem, dan Sunda. “Terdapat rumah atau sumber gempa di selatan Pulau Jawa yang berpotensi menimbulkan gempa yang berkekuatan hingga 8,2 SR,” ujar Dr Irwan Meilano, sekretaris pusat penelitian mitigasi bencana ITB. Irwan mengatakan itu dalam seminar bertajuk ‘Mitigasi Gempa dan Langkah-langkah Evakuasi di Gedung Bertingkat’ di Gedung Krida Bakti, Jl Veteran, Jakarta Pusat, Selasa (17/4/2012). Menurut Irwan, lempeng di Indonesia dinamis dan bergerak hingga saat ini. Pergerakan itu alami. “Justru kalau pergerakan ini berhenti, kita harus curiga,” kata dia. Irwan menambahkan, 150-200 tahun yang lalu gempa terjadi begitu sering di Pulau Sumatera dan Jawa. Sekarang periodesasi tersebut berulang kembali mulai dari 2004 yang lalu. “Masih berlangsung sampai yang terakhir di Aceh kemarin (11 April 2012),” ucap Irwan.

…dst

18 ) Tips Menyelamatkan Diri Saat Terjadi Gempa di Gedung Tinggi
http://news.detik.com/read/2012/04/17/135501/1894366/10/tips-menyelamatkan-diri-saat-terjadi-gempa-di-gedung-tinggi?9922032

Selasa, 17/04/2012 13:55 WIB
Jakarta Gempa kerap terjadi di berbagai kawasan Indonesia. Gempa sering menimbulkan kepanikan, apalagi bagi mereka yang bekerja di gedung-gedung tinggi.
Jakarta Recue, Selasa (17/3/2012), merilis beberapa hal yang perlu diperhatikan saat terjadi gempa di gedung-gedung tinggi, yaitu:
1. Jika barada di gedung dan tidak bisa menyelamatkan diri maka harus menjatuhkan diri ke lantai kemudian mencari pelindung dengan berada di bawah meja atau furniture yang kokoh sampai guncangan berhenti.
2. Jika tidak ada meja, maka lindungi wajah dan kepala dengan lengan lalu merapat pada bagian dalam dinding atau tiang utama penyangga gedung. Hal ini untuk mencegah tertimpa reruntuhan bangunan.
3. Hindari atau jauhi kaca dan barang pecah belah atau dinding yang berisiko bisa menimpa.

…dst

19 ) Keputusan MK
Perokok bakal Miliki Ruang Khusus Merokok
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/04/17/313652/293/14/Perokok-bakal-Miliki-Ruang-Khusus-Merokok

Selasa, 17 April 2012 22:37 WIB
JAKARTA–MICOM: Mahkamah Konstitusi (MK) mewajibkan pemerintah baik pusat maupun daerah untuk menyediakan ruang khusus merokok. Keputusan MK itu merupakan hasil menggelar sidang akhir dengan agenda pembacaan putusan atas perkara Pengujian Undang-Undang No 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan (UU Kesehatan) Pasal 115 ayat (1) dan penjelasannya. Dalam putusannya MK mengabulkan permohonan Pemohon sepanjang frasa ‘dapat’ pada Pasal 115 ayat (1) bertentangan dengan UUD 1945. “Amar Putusan Mengadili, menyatakan mengabulkan permohonan para Pemohon untuk seluruhnya,” ucap Ketua Majelis Hakim Mahfud MD saat membacakan putusan, di Gedung Mahkamah Konstitusi, Selasa(17/4).

…dst

20 ) Rekrutmen PNS Dibuka Kembali
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/487234/

Wednesday, 18 April 2012
JAKARTA– Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan dan RB) berencana membuka kembali penerimaan pegawai negeri sipil (PNS) pada Oktober mendatang. Deputi Sumber Daya Manusia (SDM) Aparatur Kemenpan dan RB Ramli Effendi Naibaho mengatakan,hinggaApril 2012 Kemenpan dan RB masih meminta seluruh kementerian, lembaga negara, dan pemerintah daerah untuk mengirimkan analisis jabatan dan beban kerja, syarat pendidikan, dan lokasi penempatan. Hingga saat ini hanya Bogor, Ogan Komering Ulu, Balikpapan, dan Labuan Batu Selatan yang sudah mengirimkan analisis tersebut.Keempatnya termasuk birokrasi yang belanja pegawainya kurang dari 50% dari APBD.”Pengangkatan ini untuk posisi mendesak di bidang pendidikan,kesehatan, dan bidang lainnya yang penting untuk melayani masyarakat seperti navigasi pesawat terbang dan kapal,” ungkap Ramli di Gedung Kemenpan dan RB di Jakarta kemarin.

…dst

21 ) CPNS Honorer Belum Pasti
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/487335/

Wednesday, 18 April 2012
YOGYAKARTA– Rencana pemerintah mengangkat tenaga bantu honorer menjadi pegawai negeri sipil (PNS) yang diatur melalui surat edaran Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi hingga kini belum ada kepastian. Kebijakan yang diatur dengan surat edaran bernomor 03/2012 tersebut hingga kemarin belum diketahui mekanisme teknis dan kapan rencana tersebut bakal direalisasikan.Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Yogyakarta Tri Widayanto mengungkapkan, dari pertemuan terakhir dengan Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, informasi teknis belum juga disampaikan.”Ini baru selesai pertemuan dan pertanyaan tentang hal tersebut hanya dijawab tidak tahu,”katanya saat dihubungi SINDO kemarin.

…dst

22 ) Sekilas dalam Negeri
UN 2012
Kasus Angie dan Miranda
Interpelasi Dahlan
Madagaskar
Sekilas Luar Negeri
Pimpinan Baru Bank Dunia
Amerika
Iran
Suriah