1 ) Mendikbud: tarik 1.600 ijazah palsu guru dan dosen
http://www.antaranews.com/berita/317780/mendikbud-tarik-1600-ijazah-palsu-guru-dan-dosen

Sabtu, 23 Juni 2012 14:58 WIB
Surabaya (ANTARA News) – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh meminta penarikan 1.600-an ijazah palsu untuk guru, mahasiswa, dan dosen. “Ijazah palsu itu nggak lazim, karenanya ijazah itu harus ditarik kembali. Kalau sudah telanjur, ya dinas (dinas pendidikan) harus mengatur ulang,” katanya di sela-sela pertemuan dengan ribuan guru dalam `Apresiasi Guru 2012` yang digelar Dinas Pendidikan Kota Surabaya di Surabaya, Sabtu. Didampingi Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, ia mengemukakan hal itu untuk menanggapi penyidikan Kepolisian Daerah Jawa Timur terhadap kasus 1.600-an ijazah palsu yang mengatasnamakan tiga perguruan tinggi swasta yakni Universitas dr Soetomo Surabaya, Universitas Merdeka Malang, dan Universitas Darul Ulum Jombang. Dalam pengungkapan kasus ijazah palsu itu pada 13 Juni lalu, polisi menyita 428 lembar form S3 Universitas Merdeka Malang, 439 lembar form S3 Universitas Darul Ulum Jombang, dan 323 lembar form S2 Universitas dr Soetomo Surabaya, namun 1.600-an ijazah palsu sudah terlanjur beredar di masyarakat.

…dst

2 ) Peraih Nilai UN Tertinggi Diterima di IPB
http://edukasi.kompas.com/read/2012/06/22/17054743/Peraih.Nilai.UN.Tertinggi.Diterima.di.IPB

Jumat, 22 Juni 2012 | 17:05 WIB
BOGOR, KOMPAS.com – Pelajar SMA Negeri 2 Kabupaten Kuningan Triawati Octavia yang meraih nilai ujian nasional tertinggi nasional diterima melalui jalur beasiswa utusan daerah (BUD) di Institut Pertanian Bogor. Triawati mengaku bangga atas beasiswa yang diterimanya.”Saya sangat bangga bisa masuk IPB. Apalagi saya masuk IPB atas bantuan beasiswa pemerintah daerah dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,” katanya di Bogor, Jawa Barat, Jumat (22/6/2012).Triawati Octavia, alumnus kelas XII IPA 5 SMA Negeri 2 Kuningan mengaku sebelum ada tawaran masuk IPB jalur BUD ini, ia sudah mendaftar untuk Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tingi Negeri (SNMPTN) jalur tertulis, dan memilih IPB sebagai pilihan pertama. Namun, tepat saat pelaksanan ujian tertulis, ia diundang Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk mengikuti peringatan Hari Pendidikan Nasional 2012 sehingga tidak ikut ujian.

….dst

3 ) DPR: SNMPTN Wajib Tampung Mahasiswa Miskin
http://edukasi.kompas.com/read/2012/06/22/16024544/DPR.SNMPTN.Wajib.Tampung.Mahasiswa.Miskin

Jumat, 22 Juni 2012 | 16:02 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Anggota Komisi X DPR Rohmani menegaskan bahwa Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) wajib menampung calon mahasiswa dari keluarga tidak mampu. Selama ini, menurutnya, ujian masuk PTN masih tertutup bagi rakyat miskin.”Ujian masuk PTN belum transparan dan tertutup bagi rakyat miskin”, kata Rohmani, Jumat (22/6/2012), di Jakarta.Ia mengkhawatirkan, penyelenggaraan SNMPTN tahun ini akan sama seperti tahun-tahun sebelumnya. Penyelenggaraan SNMPTN dinilai Rohmani tidak dilakukan secara transparan dan hanya mengedepankan sisi komersial dibandingkan nilai intelektualitas. Selain itu, ujian masuk bagi calon mahasiswa baru juga belum terkoneksi dengan baik. Akibatnya, lanjut Rohmani, SNMPTN dijadikan kesempatan oleh perguruan tinggi untuk menjalankan ujian mandiri yang belum jelas standarisasinya.

…dst

4 ) PKS Desak SNMPTN Tampung Rakyat Miskin
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/06/22/m60gbz-pks-desak-snmptn-tampung-rakyat-miskin

Jumat, 22 Juni 2012, 15:45 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Anggota Komisi X DPR Rohmani menegaskan bahwa seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) wajib menampung calon mahasiswa dari keluarga tidak mampu. “Ujian masuk PTN belum transparan dan tertutup bagi rakyat miskin”, katanya di Jakarta, Jumat (22/6). SNMPTN merupakan ajang bagi para calon mahasiswa baru untuk masuk ke perguruan tinggi negeri. Namun, kata dia, penyelenggaraan SNMPTN dikhawatirkan akan sama seperti tahun lalu.Dalam arti, kata dia, penyelenggaraan SNMPTN tidak dilakukan secara transparan, dan hanya mengedepankan sisi komersial dibanding nilai intelektualitas. Ia melihat bahwa SNMPTN belum diselenggarakan secara terbuka dan adil.

…dst

5 ) Pustral UGM-Kotsa Korsel Kerja Sama Transportasi
http://edukasi.kompas.com/read/2012/06/22/22583694/Pustral.UGM-Kotsa.Korsel.Kerja.Sama.Transportasi

Jumat, 22 Juni 2012 | 22:58 WIB
YOGYAKARTA, KOMPAS.com – Pusat Studi Transportasi dan Logistik Universitas Gadjah Mada Yogyakarta menjalin kerja sama dengan Korea Transport Safety Authority Korea Selatan di bidang transportasi.”Kerja sama itu merupakan salah satu komitmen Universitas Gadjah Mada (UGM) untuk berperan dalam pengembangan sumber daya manusia Indonesia khususnya di bidang transportasi,” kata peneliti Pusat Studi Transportasi dan Logistik (Pustral) Danang Parikesit di Yogyakarta, Jumat (22/6/2012). Menurut dia, Korea Transport Safety Authority (Kotsa) merupakan institusi pemerintah Korea Selatan (Korsel) setingkat kementerian yang berwenang atas pengaturan dan keselamatan transportasi darat di negara tersebut.

…dst

6 ) Keren, ITS Operasikan Pembangkit Listri Berbahan Bakar Sampah
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/06/22/m60ztp-keren-its-operasikan-pembangkit-listri-berbahan-bakar-sampah

Jumat, 22 Juni 2012, 22:46 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA – Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya meluncurkan pembangkit listrik tenaga sampah (PLTSa) dalam perhelatan “Gugur Gunung” tahap 3 (G2.3) di kampus setempat, Jumat (22/6). Pelaksanaan kegiatan yang merupakan rangkaian program “Eco Campus” tersebut digelar secara serentak di semua unit, jurusan, dan biro di lingkungan ITS. Gugur Gunung 1 (G2.1) diselenggarakan untuk mengukuhkan kampus ITS sebagai daerah yang berbasis eco-campus. Sementara G2.2 difokuskan pada bersih-bersih di tiap unit dan jurusan, disertai penanaman pohon juga agar menjadi kebiasaan dan ITS menjadi sadar budaya eco-campus.”Untuk G2.3 kali ini juga melanjutkan kegiatan pada tahap-tahap sebelumnya yang diharapkan semakin menegaskan budaya eco-campus bagi seluruh warga ITS,” tutur ketua pelaksana G2.3, Tatas, ST, MT.

…dst

7 ) Digugat ke PTUN, Pilrek UI Ditunda
http://kampus.okezone.com/read/2012/06/23/373/652379/digugat-ke-ptun-pilrek-ui-ditunda

Sabtu, 23 Juni 2012 12:02 wib
DEPOK – Agenda besar Universitas Indonesia (UI) untuk memilih rektor pada 7 Agustus mendatang harus tertunda. Hal ini terjadi lantaran terdapat gugatan terhadap UI yang dilayangkan oleh kelompok eks-Senat Universitas (SU) yang dibubarkan ketika dibentuknya masa transisi beberapa waktu lalu. Sebagai informasi, SU saat itu dibubarkan karena terdapat kekisruhan di UI mengenai landasan hukum menggunakan PP 66 atau PP 152. Saat itu, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh mengeluarkan keputusan agar UI membentuk transisi dan tetap mempertahankan Majelis Wali Amanat (MWA) dan pembubaran SU. Hingga akhirnya kini terbentuk MWA yang baru diketuai oleh Said Agil Siradj dan juga pembentukan Senat Akademik Universitas (SAU).

…dst

8 ) IPB Didapuk Kembangkan Potensi Laut Maluku
http://kampus.okezone.com/read/2012/06/22/373/651928/ipb-didapuk-kembangkan-potensi-laut-maluku

Jum’at, 22 Juni 2012 16:05 wib
JAKARTA – Maluku merupakan salah satu daerah di Indonesia yang memiliki sumber daya kelautan yang melimpah. Untuk itu, Pemerintah Daerah Provinsi Maluku menggandeng Institut Pertanian Bogor (IPB) dalam mengembangkan potensi bahari yang dimiliki di daerah tersebut. Penandatanganan nota kesepahaman “Pengembangan Ekonomi dan Wilayah Berbasis Sumberdaya Lokal Dalam Rangka Membangun Maluku sebagai Provinsi Kepulauan” ini diharapkan semakin memperkukuh kerjasama yang sudah terjalin selama ini. Penandatanganan nota kesepahaman tersebut dilakukan oleh Rektor IPB Herry Suhardiyanto dengan Gubernur Maluku Karel Albert Ralahalu di Ruang Sidang Rektor Kampus IPB Dramaga Bogor, kemarin.

…dst

9 ) Wamendikbud: RI akan Sampaikan Nota Keberatan ke Malaysia
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/06/22/328151/293/14/Wamendikbud-RI-akan-Sampaikan-Nota-Keberatan-ke-Malaysia

Jumat, 22 Juni 2012 21:48 WIB
JAKARTA–MICOM: Pemerintah RI akan segera mengirim nota keberatan kepada pemerintah Malaysia terkait klaim negeri Jiran itu terhadap kesenian Tor-Tor dan Gendang Sembilan. “Ya, Senin (25/6) nanti kami akan menyampaikan nota keberatan terhadap pemerintah Malaysia terkait pencatatan Tor-Tor dan Gendang Sembilan dalam akta Malaysia,” kata Wamendikbud Bidang Kebudayaan Wiendu Nuryanti di Jakarta, Jumat (22/6). “Jika itu berarti kepemilikan, dan tanpa mencantumkan asal daerah negara.” Menurut Wiendu, hal tersebut merupakan salah satu butir kesepakatan hasil rapat Kemendikbud, Kemenlu dan Kemenkum Ham. Nota keberatan ini, kata Wiendu, merupakan langkah pertama dari tiga langkah yang disepakati hasil rapat tersebut.

…dst

10 ) Indonesia Butuh Banyak Doktor Sains
http://kampus.okezone.com/read/2012/06/22/373/651879/indonesia-butuh-banyak-doktor-sains

Jum’at, 22 Juni 2012 15:29 wib
JAKARTA – Indonesia masih kekurangan tenaga-tenaga ahli, terutama lulusan doktor bidang sains. Tenaga ahli Tanah Air kebanyakan di bidang politik. “Kita memiliki 30 ribu lulusan PhD yang terjun di dunia poitik dan komunikasi, dan tidak banyak yang terjun ke sains,” kata Anggota Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Peter F Gontha, dalam Forum diskusi Wharton Global Alumni Forum Jakarta 2012 di Gran Hyatt Hotel, Jakarta, Jumat (22/6/2012). Peter berujar, Universitas Indonesia (UI) misalnya, mencetak 200 mahasiswa pemegang gelar PhD setiap tahunnya. Namun di antara 200 orang tersebut, hanya 10 persen yang terjun dalam bidang sains.Lebih jauh dia menyebut, saat ini negara-negara seperti Korea, Jepang, dan China mampu menciptakan berbagai produk serta inovasi dalam bidang sains karena banyaknya lulusan PhD yang terjun dalam bidang tersebut. Lihat saja, Korea dengan Samsung dan Hyundai, China dengan Huawei, belum lagi Jepang dengan Sony, Honda, Mitsubishi, dan Panasonic.

…dst

11 ) Kenali Lebih Dekat Kampus S-2 SBY
http://kampus.okezone.com/read/2012/06/23/373/652371/kenali-lebih-dekat-kampus-s-2-sby

Sabtu, 23 Juni 2012 11:34 wib
JAKARTA – Beragam alasan menghantui kita saat menetapkan kampus pilihan untuk melanjutkan pendidikan. Mulai dari kualitas pendidikan, suasana lingkungan sekitar, pilihan orangtua, atau sekadar mengikuti teman. Demikian pula alasan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dalam memilih Webster University, Amerika Serikat (AS) sebagai kampus untuk meraih gelar master. Menurut President of Webster University Elizabeth J Stroble, orang nomor satu di Indonesia itu memilih Webster University ketika dia sedang mengemban tugas kemiliteran di AS.”Salah satu kampus Webster University berdekatan dengan lokasi studi kemiliteran SBY. Maka, kami tawarkan untuk menempuh S-2 di kampus tersebut,” ujar Elizabeth ketika berbincang kepada Okezone di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Senayan, Jakarta Selatan, kemarin.

…dst

12 ) Kuliah Sketsa di Bundaran HI
http://edukasi.kompas.com/read/2012/06/23/13392967/Kuliah.Sketsa.di.Bundaran.HI

Sabtu, 23 Juni 2012 | 13:39 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Sekitar 20 mahasiswa Sekolah Tinggi Desain Interstudi mengikuti mata kuliah sketsa dengan objek Bundaran HI, Jakarta Pusat, Sabtu (23/6/2012). Mahasiswa dipandu dosen mata kuliah sketsa Sigit Santoso, lulusan Akademi Seni Rupa Indonesia, yang kini dosen Institut Seni Indonesia, Yogyakarta. Menurut Sigit, Bundaran HI ialah salah satu lokasi yang dipilih untuk para mahasiswa berlatih sketsa. “Ini acara rutin. Kami pindah-pindah setiap Sabtu supaya tidak bosan dan objek bisa macam-macam,” katanya.

…dst

13 ) Guru Serius Boikot Uji Kompetensi Ulang
http://edukasi.kompas.com/read/2012/06/23/13372711/Guru.Serius.Boikot.Uji.Kompetensi.Ulang

Sabtu, 23 Juni 2012 | 13:37 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Pemerintah bakal kerepotan memetakan kualitas guru secara nasional. Pasalnya, ribuan guru serius akan melakukan boikot pada pelaksanaan uji kompetensi ulang yang rencananya digelar pada awal Juli 2012 mendatang. Sekretaris Jenderal Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI), Retno Listiyarti mengatakan, ancaman ribuan guru untuk melakukan boikot dan menggugat kebijakan tersebut tidak main-main. Semua terjadi karena para guru menilai pemerintah semena-mena mengeluarkan kebijakan. “Lihat saja nanti, kita akan melakukan boikot dan menggugat jika uji kompetensi ulang tetap digelar,” kata Retno di Jakarta, Sabtu (23/62012).

..dst

14 ) Mulai Juli, 2,6 Juta Guru Diuji Kualitas
http://www.tempo.co/read/news/2012/06/23/079412365/Mulai-Juli-26-Juta-Guru-Diuji-Kualitas

Sabtu, 23 Juni 2012 | 05:13 WIB
TEMPO.CO , Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) berencana menggelar ujian bagi seluruh guru sekolah di Indonesia. Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penjaminan Mutu Pendidik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Syawal Gultom mengatakan ujian tersebut dilaksanakan untuk memetakan kualitas guru dalam lingkup nasional. “Ini merupakan bagian dari rangkaian pembinaan dan pengembangan kapasitas guru,” kata Syawal saat dihubungi pada Jumat, 22 Juni 2012. Ujian pemetaan kualitas itu akan dilaksanakan mulai akhir Juli. Semua guru baik bersertifikat maupun tidak diwajibkan mengikuti ujian tersebut. Kementerian mencatat setidaknya ada 2,6 juta guru tingkat SD, SMP, dan SMA yang wajib mengikuti ujian tersebut. Ujian rencananya dilakukan bertahap. “Tahapnya bisa sesuai jenjang atau per daerah,” katanya.

…dst