1 ) Mendikbud Kembali Ingatkan soal Bonus Demografi
http://edukasi.kompas.com/read/2012/08/17/0824530/Mendikbud.Kembali.Ingatkan.soal.Bonus.Demografi

Jumat, 17 Agustus 2012 | 08:24 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh kembali menyinggung mengenai bonus demografi yang dimiliki Indonesia, di mana pada periode 2010-2035 Indonesia dikaruniai potensi sumber daya manusia berupa populasi usia produktif terbesar sepanjang sejarah kemerdekaan Indonesia. “Potensi sumber daya manusia tersebut harus dikelola dengan baik agar berkualitas sehingga benar-benar menjadi bonus demografi,” kata Nuh saat memberikan sambutan dalam upacara peringatan Hari Kemerdekaan Ke-67 RI di Gedung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta, Jumat (17/8/2012). Nuh mengingatkan, hal sebaliknya akan terjadi jika bonus demografi itu tak berhasil dikelola dengan baik. Yang terjadi adalah Indonesia akan diterpa bencana demografi. Baginya, di sinilah peran penting dunia pendidikan dan kebudayaan dalam mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas.

…dst

2 ) Presiden: 2019, Seluruh Rakyat Indonesia Gratis Berobat
http://nasional.kompas.com/read/2012/08/16/11002032/Presiden.2019.Seluruh.Rakyat.Indonesia.Gratis.Berobat

Kamis, 16 Agustus 2012 | 11:00 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan, selambat-lambatnya pada tahun 2019, seluruh rakyat Indonesia akan memiliki jaminan kesehatan terkait disahkannya Undang-Undang No 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). Pada saat itu, rakyat Indonesia memiliki lima jenis jaminan sosial, yaitu jaminan kesehatan, jaminan kecelakaan kerja, jaminan hari tua, jaminan pensiun, dan jaminan kematian. “Terpenuhinya hak hidup sehat bagi seluruh penduduk tanpa terkecuali merupakan tujuan utama implementasi Sistem Jaminan Sosial Nasional,” kata Presiden ketika menyampaikan Pidato Kenegaraan pada HUT ke-67 Proklamasi Kemerdekaan RI di depan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI di Gedung Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (16/8/2012).

…dst

3 ) Presiden: anggaran pendidikan 2013 direncanakan Rp331,8 triliun
http://www.antaranews.com/berita/328083/presiden-anggaran-pendidikan-2013-direncanakan-rp3318-triliun

Kamis, 16 Agustus 2012 23:41 WIB
Jakarta (ANTARA News) – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan, dalam RAPBN Tahun 2013 anggaran pendidikan direncanakan sebesar Rp331,8 triliun atau naik 6,7 persen. “Dalam RAPBN Tahun 2013 kita tetap dapat memenuhi lagi amanat konstitusi untuk mengalokasikan anggaran pendidikan sebesar 20 persen dari APBN. Kita bersyukur, dari tahun ke tahun alokasi anggaran pendidikan dapat terus kita tingkatkan. Dan tahun 2013 mendatang kita rencanakan sebesar Rp331,8 triliun atau naik 6,7 persen,” kata Presiden ketika menyampaikan keterangan Pemerintah atas RUU tentang RAPBN 2013 beserta Nota Keuangannya di depan Rapat Paripurna DPR RI di Jakarta, Kamis malam. Pada tahun 2011, anggaran pendidikan telah mencapai Rp266,9 triliun dan tahun ini, jumlahnya meningkat menjadi Rp310,8 triliun. Menurut Presiden, anggaran pendidikan yang makin besar itu harus digunakan dengan sebaik-baiknya, untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan memperluas jangkauan pemerataan pendidikan. “Untuk meningkatkan partisipasi pendidikan di semua jenjang pendidikan, alokasi anggaran pendidikan tetap kita prioritaskan untuk melanjutkan pemberian Bantuan Operasional Sekolah (BOS) bagi 45,0 juta siswa setingkat SD/MI/Salafiyah Ula dan SMP/MTs/Salafiyah Wustha,” katanya.

…dst

4 ) Peringatan HUT RI di Kemdikbud Berlangsung Hikmat
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/585

08/17/2012
Jakarta — Dalam suasana puasa, pelaksanaan upacara Peringatan HUT ke-67 Kemerdekaan Republik Indonesia di Halaman Kantor Kementerian dan Kebudayaan tetap berlangsung penuh semangat dan berjalan hikmat. Sekitar 1.000 pegawai dari pejabat eselon I, II, III, IV dan staf mengikuti dengan saksama rangkaian upacara dengan pembina upacara Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh. Upacara yang dihadiri mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Wardiman Djojonegoro itu, diawali dengan pengibaran bendera merah putih, , dilanjutkan mengheningkan cipta, pembacaan naskah Pancasila dan Pembukaan UUD 1945, Penyematan Satyalencana Karya Satya , dan ditutup dengan pembacaan doa. Dalam sambutannya, Menteri Nuh mengatakan peringatan kemerdekaan tahun ini, memiliki kesamaan suasana kebatinan sebagaimana pada saat Proklamasi Kemerdekaan pada 17 Agustus 1945, yakni sama-sama berada pada bulan Ramadhan. Saat itu kemerdekaan diproklamasikan pada tanggal 9 Ramadhan 1364 H. “Proklamasi kemerdekaan adalah bertemunya tekad dan perjuangan seluruh anak bangsa saat itu dengan kehendak Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa,” ujar Menteri Nuh.

…dst

5 ) 171 PNS Kemdikbud Terima Satyalencana Karya Satya
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/584

08/17/2012
Jakarta — Sejak pukul 06.30 WIB, sebanyak 171 pegawai negeri sipil di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, penerima penghargaan Satyalencana Karya Satya sudah bersiap di tempat upacara Peringatan HUT ke-67 Republik Indonesia. Dengan mengenakan setelan jas berdasi dan pakaian kebaya bagi wanita itu, mereka duduk di podium dengan sabar menanti penyematan penghargaan yang langsung disemakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh, di Halaman Kantor Kemdikbud, Jumat, 17 Agustus 2012. Ketika upacara tengah berlangsung tepatnya pukul 07.25, pembawa acara memanggil penerima penghargaan satu persatu. Mereka lalu beranjak dari tempat duduknya berjalan tegap langkahnya menuju halaman upacara berbaris dua sap siap menerima penghargaan dari Menteri Nuh. Mendikbud langsung turun dari podium dan menghampirinya dengan senyuman dan menyematkan Satyalencana Karya Satya satu persatu kepada 171 pegawainya itu, lalu memberikan ucapan selamat dan jabat tangan erat. Para penerima pun menyambutnya dengan mengucapkan terima kasih. Peristiwa yang bersejarah bagi pegawai yang baru menerima penghargaan itu berlangsung selama 20 menit.

…dst

6 ) PTN Bantu Seleksi PNS
Standar Kualitas PNS Akan Sama di Semua Kementerian
http://edukasi.kompas.com/read/2012/08/16/10042561/PTN.Bantu.Seleksi.PNS

Jumat, 17 Agustus 2012
Jakarta, Kompas – Konsorsium 10 perguruan tinggi negeri akan membantu pelaksanaan perekrutan calon pegawai negeri sipil 8 September mendatang. Tugas ke-10 PTN itu mulai dari penyusunan materi soal kompetensi dasar hingga pemindaian lembar jawaban komputer. Rencananya, tahun ini akan ada penerimaan 14.000 pegawai negeri sipil (PNS) yang terdiri dari tenaga honorer, ikatan dinas, dan pelamar umum. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Azwar Abubakar mengemukakan, sistem baru perekrutan CPNS ini untuk memperoleh PNS berkualitas dengan standar yang sama dan bebas dari unsur korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN). Untuk tahap uji coba tahun ini, proses seleksi CPNS akan dilakukan di 20 institusi kementerian dan 25 daerah. “Proses rekrutmen selama ini banyak kekurangan. Sekarang beda. Ada pengawasan ketat dan terbuka,” kata Azwar seusai penandatanganan Nota Kesepahaman antara Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi dan Kemendikbud, Rabu (15/8), di Jakarta. Azwar Abubakar mengatakan, karena moratorium PNS, rekrutmen dibatasi. Pengangkatan PNS hanya berdasarkan analisis jabatan dan beban pekerjaan. “Akan lebih jelas, butuh PNS di bagian apa dan keahliannya apa,” kata Abubakar.

…dst

7 ) Djoko Bantu Mengawal Pemilihan Rektor UI
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/520307/38/

Friday, 17 August 2012
DEPOK – Pejabat Sementara (Pjs) Rektor Universitas Indonesia (UI) Djoko Santoso kemarin memimpin rapat perdana bersama staf dan pimpinan Rektorat UI.Rapat berjalan sekitar dua jam dan dihadiri beberapa pimpinan,di antaranya Wakil Rektor I Muhammad Anis, Sekretaris Universitas I Ketut Surajaya, serta Direktur Umum dan Fasilitas Donanta. Dalam rapat tersebut Djoko hanya memaparkan agenda kerja yang diembannya selama dua bulan. Tugas utama Djoko sebagai pjs adalah mengawal pelaksanaan pemilihan rektor. “Saya hanya membantu mengawalsaja. Semua sudah berjalan dan tinggal dikawal saja,” kata Djoko usai memimpin rapatdi Gedung Rektorat UI kemarin. Djoko mengaku selama dua bulan ini dia akan berupaya menjalankan tugas yang diamanatkan dengan semaksimal mungkin.Mengenai kisruh sembilan dekan yang habis masa jabatannya, Djoko enggan berkomentar banyak. Dia berdalih masih mempelajari dan memperdalam hal tersebut. Menurut Djoko, dia belum melihat dan mempelajari secara detail perihal permasalahan para dekan.

…dst

8 ) Pakai Nomor 67, Bimasakti Siap Hadiahkan 67 Tahun Indonesia Merdeka
http://www.dikti.go.id/?p=5086&lang=id

16 August 2012
Sebagai wakil Indonesia dalam kompetisi Balap Mobil Formula Kelas Mahasiswa di Jepang, saat ini sedang memasuki fase akhir persiapan perlombaan The 10th Student Formula SAE Japan 2012, yang berlangsung 3-7 September 2012 di di ECOPA (Ogasayama Sport Park), kompleks World Cup Stadium Shizuoka, Jepang. Tim BIMASAKTI UGM yang beranggotakan 18 mahasiswa Jurusan Teknik Mesin dan Industri ini menatap optimis keikutsertaan dalam kompetisi ini. Pada kompetisi tahun 2012, tim Universitas Gadjah Mada ini akan turun menggunakan Car Number 67. Nomor ini sesuai dengan hitungan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-67, pada tahun 2012 ini. “Tahun 2012, 67 tahun Indonesia merdeka, sesuai dengan nomor mobil 67 milik Bimasakti. Semoga bisa menunjukkan bahwa mahasiswa Indonesia mampu mengukir prestasi dunia.” tandas Akmal Irfan Majid, Ketua Tim BIMASAKTI UGM.

…dst

9 ) Mobil Balap Mahasiswa – Test Drive Memuaskan, Tim Bimasakti UGM Optimistis
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/520308/38/

Friday, 17 August 2012
YOGYAKARTA– Tim Bimasakti Universitas Gadjah Mada (UGM) optimistis mampu berbicara banyak di ajang The 10th Student Formula SAE Competition of Japan 2012 yang diselenggarakan Japan Society of Automotive Engineers (JSAE) di Jepang pada 3–7 September mendatang. Optimisme ini mengemuka setelah hasil serangkaian test drive mobil Student Formula 600 cc Bimasakti yang sangat memuaskan. “Kami telah menyelenggarakan beberapa kali rangkaian test drive.Kegiatan ini dilakukan sebagai pelatihan sekaligus pemantapan performa kendaraan. Selama menjalani test drive, mobil kami terus menunjukkan hasil positif. Skill para driverkami pun mendukung optimisme untuk menuju kompetisi berskala internasional ini,” ujar Ketua Tim Bimasakti UGM Akmal Irfan Majid kemarin. Majid menambahkan, mobil Bimasakti didukung dengan mesin yang memiliki kekuatan prima dan desain geometri kendaraan yang sesuai sehingga perhitungan dinamika sudah tepat ketika dikendarai. Selain itu, pengaturan sistem transmisi yang sesuai menjadi poin penting dalam pengembangan mobil yang digawangi 18 mahasiswa Jurusan Teknik Mesin dan Industri UGM ini.

…dst

10 ) 14 Negara Bahas Konstruksi Ramah Lingkungan di UGM
http://edukasi.kompas.com/read/2012/08/17/12562184/14.Negara.Bahas.Konstruksi.Ramah.Lingkungan.di.UGM

Jumat, 17 Agustus 2012 | 12:56 WIB
YOGYAKARTA, KOMPAS.com – Sekitar 70 pakar teknik sipil dari 14 negara akan berkumpul di Universitas Gajah Mada, Yogyakarta, untuk membahas perkembangan konstruksi bangunan ramah lingkungan dalam konferensi “1st International Sustainable Civil Engineering Structures and Construction Materials”, 11-13 September mendatang. Konferensi yang mengambil tema “Enhancing the Role of Civil Engineering in Sustainable Environment” itu melibatkan pakar-pakar mulai dari Jepang, Jerman, Amerika Serikat, Inggris, Swiss, Singapura, Taiwan, Indonesia, Thailand, Malaysia, Iran, Pakistan, Macedonia, sampai Montenegro. Anggota Komite Organisasi (OC) konferensi, Ali Awaludin, mengatakan bahwa konferensi ini bertujuan untuk menyebarluaskan dan menyinergikan berbagai informasi hasil riset ilmiah terbaru dan pencapaian di kalangan teknik sipil di seluruh dunia. Pasalnya, lanjut Ali, teknik sipil terus berkembang pesat baik dalam hal teknologi maupun material.

…dst

11 ) Mahasiswa Indonesia ikuti Forum London Youth Science
http://www.antaranews.com/berita/328209/mahasiswa-indonesia-ikuti-forum-london-youth-science

Jumat, 17 Agustus 2012 17:46 WIB |
London (ANTARA News) – Empat mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) mengikuti London International Youth Science Forum (LIYSF) yang menjadi ajang tahunan selama dua minggu yang diselengarakan di Imperial College London dari tanggal 16 hingga 30 Agustus 2012.Salah pendiri dari forum tersebut adalah Drs. Hiskia Ahmad yang Guru Besar Kimia ITB, dan acara itu dihadiri lebih dari 300 peserta berumur 17 hingga 21 tahun dari 50 negara, ujar Ketua Delegasi Indonesia, Agung Bimo Listyanu, kepada ANTARA News, Jumat. Dikatakannya, para peserta berkesempatan untuk mempersentasikan hasil penelitiannya dalam Science Bazaar yang merupakan salah satu bagian dari ajang tersebut.
Menurut Agung, kegiatan LIYSF meliputi kuliah umum tentang sains dan aplikasi, demonstrasi sains oleh ilmuwan dunia, kunjungan ke laborarium, universitas unggulan, dan berbagai situs sains di London.

…dst

12 ) Ayo Kejar Beasiswa S-2 di Bournemouth University
http://edukasi.kompas.com/read/2012/08/17/1036025/Ayo.Kejar.Beasiswa.S.2.di.Bournemouth.University

Jumat, 17 Agustus 2012 | 10:36 WIB
KOMPAS.com – Bournemouth University di Inggris menawarkan beasiswa pascasarjana untuk kandidat dari berbagai negara di tahun ajaran baru. Pendaftaran beasiswa untuk gelombang masuk Januari 2013 masih dibuka hingga 1 November mendatang, sementara untuk gelombang masuk September 2012 sudah tutup pada akhir Mei lalu. Untuk setiap gelombang masuk, ada 35 beasiswa yang ditawarkan dengan pembagian di empat bidang, yaitu 10 beasiswa untuk bidang ilmu terapan, 10 beasiswa untuk bidang desain, teknik dan komputer, lima beasiswa untuk bidang kesehatan dan pelayanan sosial serta sepuluh beasiswa untuk bidang pariwisata. Besaran beasiswa yang ditawarkan juga beragam sesuai dengan bidang yang dipilih dan hanya bisa dipakai untuk mengurangi biaya kuliah. Untuk bidang desain, teknik dan komputer, serta pariwisata, beasiswa yang ditawarkan sebesar 1.000 poundsterling, sementara untuk bidang ilmu terapan sebesar 1.500 pounds dan ilmu kesehatan dan pelayanan sosial sebesar 3.000 pounds.

…dst

13 ) 4 Perguruan Tinggi Swasta di Jabar Jadi Milik Negeri
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/08/17/341464/293/14/4-Perguruan-Tinggi-Swasta-di-Jabar-Jadi-Milik-Negeri

Jumat, 17 Agustus 2012 13:13 WIB
BANDUNG–MICOM: Empat perguruan tinggi swasta (PTS) di Bandung, Jawa Barat, dalam waktu dekat akan berubah status menjadi perguruan tinggi negeri (PTN). Gubernur Jabar Ahmad Heryawan mengatakan ke-empat PTS yang akan berubah status tersebut, yakni Universitas Siliwangi Tasikmalaya, Politeknik Sukabumi, Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon, dan Universitas Singaperbangsa Karawang. Ia mengungkapkan dua dari empat PTS yang diprioritaskan untuk segera berubah status, yakni Poltek Sukabumi dan Universitas Singaperbangsa Karawang. “Dua PTS lainnya, yaitu Universitas Siliwangi atau Unsil dan Swadaya Gunung Jati Cirebon yang juga masuk kreteria (perubahan status ke PTN), menyusul,” ujar Heryawan, Jumat (17/8).

…dst

14 ) Berkat Teknologi, Tunanetra Indonesia Bisa Jadi Dosen!
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/lp3i-pendidikan/12/08/15/m8sg77-berkat-teknologi-tunanetra-indonesia-bisa-jadi-dosen

Rabu, 15 Agustus 2012, 15:42 WIB
Ternyata kecanggihan teknologi tak hanya membuat hidup orang berfisik sempurna jadi mudah, tapi juga mampu menolong mereka yang tak dikaruniai anggota tubuh dengan fungsi lengkap. Selain dapat membantu aktivitas sehari-hari, keberadaan teknologi ternyata dapat membuka lapangan pekerjaan baru bagi kaum yang selama ini eksistensinya masih minoritas di dunia kerja. Salah satunya adalah penulis, yang saat ini telah diterima sebagai dosen pengajar komputer dan kepribadian di sebuah kampus di Indonesia. Mau tahu ceritanya? “Penulis ingin jadi guru…”. Itulah cita-cita sederhana yang terpatri sejak penulis masih balita, profesi yang juga merupakan impian kedua orang tua. Sederhana, namun penuh makna. Saat berbagi ilmu dengan sesama, hanya ada satu rasa. Bahagia.

…dst

15 ) Parcel ke Guru Termasuk Gratifikasi
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/08/16/m8ujab-parcel-ke-guru-termasuk-gratifikasi

Kamis, 16 Agustus 2012, 18:44 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,BANDUNG — Para guru di Jawa Barat diimbau untuk tidak menerima parcel. Imbauan ini disampaikan Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jawa Barat, Wahyudin Zarkasyi. “Apalagi pemberian parcel dari orang tua siswa tersebut berbau paksaan tentu sudah melanggar, dan jika sampai guru meminta parcel itu termasuk ke dalam gratifikasi. Oleh karenanya saya mengimbau agar guru sebaiknya tidak menerima parcel karena dengan tidak menerima artinya guru dapat menjaga independensinya,” kata Zarkasyi. Zarkasyi mengatakan yang jelas pemberian dalam bentuk apapun diharapkan guru jangan sampai menerimanya. “Meski hal tersebut dilakukan oleh orangtua mu rid dengan sukarela, ka rena dikhawatirkan akan me nimbulkan prasangka bu ruk,” tegasnya. Zarkasyi sendiri selaku kepala dinas mengaku kerap menolak dan mengembalikan berbagai bentuk hadiah mau pun parcel. “Tak usah lah kasih kasih seperti itu pada guru,” paparnya.

…dst

16 ) Tunjangan Guru Kerap Terlambat, Ini Penyebabnya
http://edukasi.kompas.com/read/2012/08/17/16491116/Tunjangan.Guru.Kerap.Terlambat.Ini.Penyebabnya

Jumat, 17 Agustus 2012 | 16:49 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Direktur Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), Sumarna Surapranata mengakui bahwa tunjangan profesi guru (TPG) kerap terlambat sampai pada guru penerima. Penyebab utamanya, ungkap Sumarna, dana itu urung dikirim karena banyak guru yang terganjal syarat penerimaan saat verifikasi data dilakukan. “Ada guru yang tidak dibayar karena enggak memenuhi waktu minimal mengajar 24 jam. Kalau tetap dibayar, nanti kena sanksi,” kata Pranata, Jumat (17/8/2012), di gedung Kemdikbud, Jakarta. Dia menambahkan, penyebab lainnya adalah dana yang tersedia di kas umum daerah tidak mencukupi. Kekurangan dana itu terjadi karena banyak guru berstatus pegawai negeri sipil (PNS) yang naik golongan sehingga berpengaruh pada perubahan gaji pokok guru tersebut. Pasalnya, nominal TPG untuk guru PNS adalah satu kali gaji pokok. “Akhirnya banyak daerah yang mencari cara untuk menyiasati hal itu,” ujarnya.

…dst

17 ) 2013, Anggaran Tunjangan Profesi Guru Naik Rp 13 T
http://edukasi.kompas.com/read/2012/08/17/09592643/2013.Anggaran.Tunjangan.Profesi.Guru.Naik.Rp.13.T

Jumat, 17 Agustus 2012 | 09:59 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Tahun depan, pemerintah akan meningkatkan anggaran untuk membayar tunjangan profesi guru sekitar Rp 13 triliun. Jika pada tahun ini anggarannya mencapai Rp 30 triliun, anggaran tahun 2013 menjadi sekitar Rp 43 triliun. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh menyampaikan, peningkatan anggaran tersebut merupakan imbas dari adanya penambahan guru baru. Diperkirakan, guru yang telah disertifikasi tahun ini akan bertambah sekitar 250.000. “Naik menjadi Rp 43 triliun, bahkan exercise kami mencapai Rp 46 triliun. Kenapa banyak? Karena ada penambahan guru yang lolos sertifikasi,” kata Nuh seusai memimpin upacara peringatan HUT Ke-67 Kemerdekaan Republik Indonesia, Jumat (17/8/2012), di Gedung Kemdikbud, Jakarta.

…dst

18 ) KOMPETENSI GURU
UKG Diuji Materi ke Mahkamah Agung
http://cetak.kompas.com/read/2012/08/16/05431636/ukg.diuji.materi.ke.mahkamah.agung

Jumat, 17 Agustus 2012
Jakarta, Kompas – Uji kompetensi guru diajukan untuk diuji materi ke Mahkamah Agung oleh sejumlah organisasi guru dan lembaga swadaya masyarakat. Pemohon beralasan payung hukum pelaksanaan uji kompetensi guru yang wajib diikuti semua guru bertentangan dengan UU Guru dan Dosen. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 57 Tahun 2012 tentang Uji Kompetensi Guru (UKG) dikeluarkan pada Juli 2012 sebelum diselenggarakan UKG gelombang pertama. “Pengukuran kompetensi guru lewat UKG yang dilaksanakan dengan soal-soal pilihan ganda bukan alat ukur yang tepat untuk mengetahui kualitas guru. Selain itu, kompetensi yang diukur hanya pedagogik dan profesional, sedangkan kepribadian dan sosial tidak diukur dalam UKG,” kata Guntur Ismail, Presidium Federasi Serikat Guru Indonesia, seusai menyerahkan gugatan bersama tim hukum Lembaga Bantuan Hukum Jakarta di Mahkamah Agung, Rabu (15/8). Secara terpisah, Syawal Gultom, Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidik, Kemendikbud , mengatakan, rata-rata nasional nilai UKG gelombang pertama 44,5 dari skala 100. Sebanyak 624.702 guru telah mengikuti UKG dari 1.006.211 guru. Syawal mengatakan, UKG tidak dikaitkan dengan tunjangan profesi, tetapi mengawal guru sampai pada kompetensi minimal untuk melakukan tugas keprofesionalan. UKG ini untuk pemetaan dan selanjutnya untuk meningkatkan kualitas serta kompetensi guru. “UKG tidak memengaruhi tunjangan yang telah diberikan kepada guru,” kata Syawal. (ELN)