1 ) Pecat Doktor, Mendikbud Kalah Lawan Agus Sikwan di MA
http://news.detik.com/read/2012/09/18/150714/2024306/10/pecat-doktor-mendikbud-kalah-lawan-agus-sikwan-di-ma?n991102605

Selasa, 18/09/2012 15:12 WIB
Jakarta Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) harus siap-siap mencabut surat pemecatan doktor sosiologi Universitas Tanjungpura (Untan) Kalimantan Barat, Agus Sikwan sebagai dosen. Sebab kasasi Mendikbud tersebut ditolak Mahkamah Agung (MA) sehingga Agus tetap sebagai dosen di kampus tersebut. Kasus ini bermula saat Agus Sikwan dijatuhi hukuman 5 bulan penjara dengan percobaan 10 bulan oleh Pengadilan Negeri (PN) Pontianak pada 13 September 2006 terkait pemalsuan surat. Mendapati putusan ini, Rektor menyurati Mendikbud untuk memberhentikan dosen yang telah mengabdi selama 24 tahun ini. “Lalu keluarlah SK No 2795/A4.2/KP/2011 tertanggal 14 Februari 2011 tentang pemberhentian dengan hormat sebagai PNS,” demikian tulis berkas putusan yang dilansir website MA, Selasa (18/9/2012). Mendapati pemecatan ini, sang doktor tersebut pun melawan. Dalam gugatan perlawanan di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta, Agus berdalih jika pemecatan tersebut melanggar UU. Sebab menurut peraturan yang berlaku, Agus tidak pernah diberhentikan secara sementara sesuai Pasal 24 UU 43/1999. Pemecatan ini juga dinilai melanggar PP Nomor 32/1979 yang menyatakan pemecatan diberikan kepada PNS yang telah dijatuhi hukuman dengan ancaman UU maksimal 4 tahun penjara atau lebih berat. “Saya tidak pernah melakukan kejahatan pemalsuan Laporan Keuangan Mahasiswa (LKAM). Walapun saya telah menjelaskan mati-matian dan membela diri di pengadilan tetapi PN Pontianak menghukum 5 bulan penjara dengan masa percobaan 10 bulan. Artinya pidana tersebut tidak perlu dijalani kecuali sebelum lewat waktu 10 bulan mengulangi perbuatan,” ujar Agus dalam berkas halaman 9.

…dst

2 ) Besok, Hasil CPNS 2012 Bisa Diakses di Kompas.com
http://nasional.kompas.com/read/2012/09/18/14235939/Besok.Hasil.CPNS.2012.Bisa.Diakses.di.Kompas.com

Selasa, 18 September 2012 | 14:23 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PAN dan RB), bekerja sama dengan Kompas.com, akan mengumumkan hasil tes tertulis Calon Pegawai Negeri Sipil 2012, di situs www.kompas.com, Rabu (19/9/2012) sore. Pengumuman ini disampaikan langsung oleh Menteri PAN dan Reformasi Birokrasi Azwar Abubakar, pada jumpa pers, di Jakarta, Senin (17/9/2012). “Hasil tes CPNS 2012 akan diumumkan di http://www.menpan.go.id, dan http://www.kompas.com,” ujar Menteri yang didampingi Sekretaris Kementerian PAN dan RB Tasdik Kinanto, dan Deputi SDM Aparatur Kementerian PAN dan RB Ramli E.I. Naibaho. Jika tak ada perubahan, hasil tes kompetensi dasar (TKD) CPNS akan diumumkan dan bisa diakses di www.kompas.com, pada Rabu (19/9/2012) sore.

…dst

3 ) ITS juara kedua e-ICON di Korsel
http://www.antaranews.com/berita/333670/its-juara-kedua-e-icon-di-korsel

Senin, 17 September 2012 19:45 WIB
Surabaya (ANTARA News) – Dua mahasiswa jurusan Teknik Informatika Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Jawa Timur, meraih juara kedua dalam di ajang e-Learning International Contest of Outstanding New Ages (e-ICON) World Contest di Incheon dan Seoul, Korea Selatan, 9-13 September 2012. “Dulu kita cuma iseng cari lomba di Internet, lalu ikut begitu saja,” kata mahasiswa angkatan 2011 ITS, Maranu Toto Negoro, didampingi rekannya, Raden Aditya Brahmana, setibanya di Surabaya, Senin. Dalam lomba yang diikuti oleh 18 negara dari seluruh dunia dengan total peserta sebanyak 20 tim dan 96 peserta itu, katanya, dirinya bersama rekannya merupakan satu-satunya wakil Indonesia dari tingkat perguruan tinggi. “Lomba itu digelar oleh Kementerian Pendidikan, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Korea Selatan untuk menantang peserta dalam menciptakan program yang bisa memberikan solusi untuk memanfaatkan teknologi di bidang edukasi,” katanya. Menurut dia, ide yang digagas dalam lomba ini, yakni e-learning tentang pembelajaran iklim dan cuaca. Mereka berdua sengaja memilih tema tersebut, karena terjadi bencana alam angin topan sekitar seminggu sebelum lomba dihelat.

…dst

4 ) Mahfud MD: Pendidikan Indonesia Hanya Pintarkan Orang
http://edukasi.kompas.com/read/2012/09/17/21384763/Mahfud.MD.Pendidikan.Indonesia.Hanya.Pintarkan.Orang

Senin, 17 September 2012 | 21:38 WIB
YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Prof Dr Mahfud MD menilai, pendidikan di Indonesia saat ini tidak mencerdaskan masyarakat, tetapi hanya mendidik individu agar memiliki ketajaman otak atau kemampuan berpikir. Sementara pendidikan watak dan karakter sangat diabaikan sehingga terjadi kemerosotan moral dan etika di tengah kehidupan masyarakat Indonesia. “Kebijakan pendidikan saat ini justru bukan mencerdaskan masyarakat, melainkan hanya membuat orang jadi pandai,” tuturnya, Senin (17/9/2012), saat memberikan kuliah umum di hadapan ribuan mahasiswa baru program pascasarjana Universitas Gadjah Mada di Graha Sabha Pramana (GSP). Mahfud mengatakan bahwa cerdas dan pandai adalah dua hal yang berbeda. Kepandaian hanya menekankan pada kemampuan otak dalam berpikir menganalisis suatu hal secara rasional. Sedangkan kecerdasan merupakan pertemuan antara ketajaman berpikir, watak, dan hati nurani. “Saat ini yang terjadi adalah pendidikan hanya memandaikan individu sehingga banyak bermunculan limbah-limbah pendidikan yang produknya hanya membebani negara,” terangnya.

…dst

5 ) Politeknik Negeri Dibangun di Subang
http://edukasi.kompas.com/read/2012/09/18/08400332/Politeknik.Negeri.Dibangun.di.Subang

Selasa, 18 September 2012 | 08:40 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Pemerintah akan membangun politeknik negeri di Kabupaten Subang dan diharapkan bisa beroperasi mulai 2013. Subang dipilih, antara lain, karena angka partisipasi kasar pendidikan tinggi di Jawa Barat masih rendah. Djoko Santoso, Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, di Jakarta, Senin (17/9), mengatakan, serah terima aset lahan kampus untuk pendirian Politeknik Negeri Subang sudah dilakukan pekan lalu. Djoko menambahkan, daerah yang menjadi prioritas dalam pendirian perguruan tinggi negeri baru atau perubahan status dari perguruan tinggi swasta menjadi PTN adalah daerah terdepan, terluar, dan tertinggal serta daerah yang memiliki angka partisipasi kasar yang rendah.

…dst

6 ) Pendidikan Vokasi Bebas Moratorium Penghentian Program Studi
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/09/18/199202/Pendidikan-Vokasi-Bebas-Moratorium

18 September 2012
SEMARANG – Kebijakan moratorium atau penghentian sementara pembukaan program studi (prodi) baru di perguruan tinggi tidak berlaku bagi pendidikan vokasi. Artinya, pengajuan izin prodi baru di pendidikan vokasi tetap bisa dilakukan. Hal itu disampaikan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) Prof Djoko Santoso dalam Rapat Koordinasi Pimpinan Yayasan dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) Kopertis Wilayah VI Jateng, Senin (17/9), di Hotel Patra Jasa Semarang. Saat ini Djoko mengaku tengah melakukan penataan kembali soal izin pengajuan prodi baru. Di samping itu, dia juga sedang melihat proporsi berbagai macam prodi yang sudah ada saat ini di semua perguruan tinggi di seluruh Indonesia. ”Kami ingin melihat bagaimana keberadaan prodi-prodi yang sudah ada di perguruan tinggi. Setelah itu, kami ingin menatanya kembali agar ke depan pengelolaannya lebih baik,” ungkapnya. Akan tetapi, lanjutnya, penghentian sementara pembukaan prodi itu hanya berlaku bagi pendidikan akademik seperti prodi untuk jenjang S-1, S-2, dan D-3. Adapun pendidikan vokasi, seperti jenjang D-1, D-2, D-3, D-4, magister terapan, dan doktor terapan masih bisa mengajukan izin.

…dst

7 ) M Nuh: Penting Mengelola Kota Warisan Budaya
http://edukasi.kompas.com/read/2012/09/18/11541530/M.Nuh.Penting.Mengelola.Kota.Warisan.Budaya

Selasa, 18 September 2012 | 11:54 WIB
YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Sebanyak 140 delegasi yang terdiri dari para menteri kebudayaan, wakil menteri, duta besar, dan pejabat senior dari negara-negara Asia dan Eropa menghadiri pertemuan ke-5 menteri-menteri kebudayaan se-Asia dan Eropa (The 5th Asia-Europe Meeting Culture Ministers Meeting). Pertemuan bertema “Managing Heritage Cities for a Sustainable Future” itu berlangsung di Yogyakarta, 17-20 September 2012. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh menyampaikan pentingnya mengelola kota warisan budaya untuk masa depan yang berkelanjutan. Menurut dia, bukan hanya karena keindahan atau kemegahannya yang patut menjadi kebanggaan generasi yang akan datang. “Hal yang paling penting terkait dengan pengelolaan kota warisan budaya adalah untuk menanamkan pemahaman tentang kondisi yang dapat membuat peradaban puncak,” kata Nuh pada pembukaan acara di Hotel Hyatt Regency Yogyakarta, Selasa (18/9/2012).

…dst

8 ) 37 Negara Bahas Kota Pusaka di Yogyakarta
http://www.tempo.co/read/news/2012/09/18/079430217/37-Negara-Bahas-Kota-Pusaka-di-Yogyakarta

Selasa, 18 September 2012 | 14:14 WIB
TEMPO.CO, Sleman – Perwakilan Kementerian Kebudayaan dari 37 negara di Asia dan Eropa menggelar pertemuan di Yogyakarta selama tiga hari sejak kemarin hingga Rabu besok, 19 September 2012. Acara yang membicarakan strategi revitalisasi kota-kota budaya di dunia itu merupakan pertemuan kelima dan baru pertama kali diselenggarakan di Indonesia. “Yogyakarta menjadi tuan rumah karena termasuk kota pusaka spesial. Tak hanya sukses merawat heritage, tapi juga dekat dengan tiga situs dunia, seperti Borobudur, Prambanan, dan Sangiran, kata Wiendu Nuryanti, Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan bidang Kebudayaan, di sela-sela acara, kemarin. Kepada media, Wiendu mengatakan, acara bertajuk “The Fifth ASEM Ministers Meeting, Managing, Heritage Cities for a Sustainable Future” tersebut merupakan bentuk komitmen negara-negara Asia dan Eropa dalam mendorong gerakan penyelamatan heritage di berbagai kota di dunia. Peserta yang terdiri dari sembilan menteri dan 28 pejabat setingkat wakil menteri dan direktur jenderal itu membicarakan empat agenda internasional penting untuk revitalisasi ini.

…dst

9 ) Fisipol UGM Rintis Klinik Politik
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/527412/

Tuesday, 18 September 2012
YOGYAKARTA– Pada usianya yang mencapai 57 tahun, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisipol) Universitas Gadjah Mada (UGM) berencana merintis Klinik Politik. Klinik itu untuk membantu dan menjembatani kebutuhan para alumni dalam menyelesaikan persoalan politik dan kinerja birokrasi kepemerintahan. Hal ini berkaitan banyaknya lulusan Fisipol UGM yang terjun ke pemerintahan dan munculnya tuduhan politikus korup. “Awalnya kami hanya akan membuka Klinik Politik ini untuk satu hari penuh dalam acara perayaan dies natalis Fisipol tahun ini. Tidak menutup kemungkinan Klinik Politik ini menjadi lembaga khusus, tapi akan kami lihat dulu reaksi dan tentunya kesepakatan para alumni,” kata Ketua Panitia Dies Natalis ke-57 Fisipol UGM Derajad Sulistyo Widhyaharto. Ditemui di Skip Fisipol UGM kemarin, kepada wartawan Derajad mengatakan, ide pendirian kegiatan Klinik Politik akan dimulai dengan pertemuan para tokoh politik dari alumni UGM pada awal Desember mendatang.

…dst

10 ) Mahasiswa Jakarta Harus Go International
http://www.jpnn.com/read/2012/09/18/140073/Mahasiswa-Jakarta-Harus-Go-International-

Selasa, 18 September 2012 , 03:26:00
JAKARTA – Persaingan dunia kerja semakin ketat sejak dibukanya keran perdagangan bebas. Tak hanya persaingan di tingkat regional ASEAN, arus persaingain mahasiswa sejagat juga semakin ketat. Tak ada jalan lain, mahasiswa Indonesia, khususnya di Jakarta, harus go international. Menurut Rektor Universitas Trisakti, Thoby Muthis, mahasiswa di Jakarta harus semakin mengembangkan sayapnya hingga ke mancanegara. Kata Thoby, jangan hanya terpaku dengan bidang akademik saja, namun harus bisa berkiprah dalam bidang seni, budaya, olahraga dan teknologi. ”Dukungan kami tidak sebatas pada yang breprestasi di bidang akademik saja, tetapi pada setiap prestasi lainnya,” kata Thoby, kemarin. Senada dengan Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan I Komang Suka”arsana juga membenarkan. “Bentuk dukungan kami bermacam-macam, bisa berupa beasiswa, keringanan untuk mengikuti kegiatan diluar kampus yang bersifat prestasi, hingga pembiayaan untuk mengikuti kegiatan-kegiatan tingkat internasional tersebut,” katanya. Salah satu mahasiswa berprestasi, lanjut Thoby, di Usakti adalah Sannia Mareta yang merupakan mahasiswi dari jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri, kini tengah menjadi Finalis 4 besar dalam Skill For Employability Challenge yang diselenggarakan oleh British Council.

…dst

11 ) Masa Orientasi Studi Mahasiswa IST Akprind-Mahasiswa Jangan Hanya Berorientasi Teori
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/527413/

Tuesday, 18 September 2012
YOGYAKARTA – Rektor Institut Sains dan Teknologi (IST) Akprind Yogyakarta Sudarsono meminta mahasiswanya sejak awal membiasakan diri dengan persoalan masyarakat.Tidak hanya kuliah di kelas dan menghapal mata kuliah. Kebiasaan tersebut penting karena saat ini masih banyak lulusan perguruan tinggi di Indonesia yang hanya berorientasi pada teori, dan mengabaikan keterampilan akademik. “Inilah yang menyebabkan mengapa setelah lulus dari perguruan tinggi, para sarjana kurang mampu berpikir secara kritis,beradaptasi,berkomunikasi, serta minim pengalaman berorganisasi,”kata Sudarsono saat membuka Masa Orientasi Studi Mahasiswa (Sasidiwa) di Kampus IST Akprind kemarin. Oleh karena itu, lanjut dia, selama proses pendidikan, selain teori perlu juga ditunjang oleh keterampilan dalam bidang organisasi serta bidang akademik lainnya.

…dst

12 ) LIPI Akan Dilibatkan di Forum Perubahan Iklim
http://sains.kompas.com/read/2012/09/18/06164249/LIPI.Akan.Dilibatkan.di.Forum.Perubahan.Iklim

Selasa, 18 September 2012 | 06:16 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Forum Ilmiah Perubahan Iklim yang dibentuk pemerintah pada Juni 2012 dipastikan akan melibatkan seluruh pemangku kepentingan. Hal ini diharapkan menghasilkan rekomendasi dan dasar ilmiah kuat bagi Indonesia untuk bernegosiasi di kancah internasional. “Dalam hal perubahan iklim, peran Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dan peneliti-peneliti lain di perguruan tinggi sangat luar biasa. Kami pasti melibatkan mereka dalam Forum Ilmiah Perubahan Iklim,” kata Idwan Suhardi, Deputi Pendayagunaan Kementerian Riset dan Teknologi (Kemristek), Senin (17/9/2012), di Jakarta.Ia ditemui seusai mendampingi Menteri Lingkungan Hidup Balthasar Kambuaya dalam peringatan Hari Ozon Internasional 2012 di Taman Mini Indonesia Indah. Dalam kegiatan yang diisi dialog dengan anak-anak sekolah dasar itu, Balthasar juga didampingi oleh Deputi Bidang Pengendalian Kerusakan Lingkungan dan Perubahan Iklim Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) Arief Yuwono serta Direktur Mitigasi Perubahan Iklim dan Pencegahan Lapisan Ozon KLH Sulistyowati.

…dst

13 ) Beasiswa Post-Doktoral Khusus Wanita
http://kampus.okezone.com/read/2012/09/18/368/691448/beasiswa-post-doktoral-khusus-wanita

Selasa, 18 September 2012 13:05 wib
JAKARTA – Schlumberger Foundation menawarkan beasiswa untuk gelar PhD atau post-doktoral pada tahun ajaran 2013-1014. Beasiswa ini ditujukan khusus bagi wanita di negara berkembang. Seperti dikutip pada situs www.facultyforthefuture.net, Selasa (18/9/2012), beasiswa ini untuk Ilmu Fisika, Ilmu Teknik dan Teknologi di universitas tekemuka di luar negeri. Yayasan tersebut memberikan beasiswa dengan tujuan agar akses bagi wanita dalam dunia karier semakin terbuka. Mahasiswa jebolan program beasiswa yayasan tersebut, kemudian tergabung dalam sebuah komunitas yang terdiri dari 257 ilmuan wanita dari 62 negara.

…dst

14 ) Sumsel Siap Jadi Tuan Rumah Kongres Nasional HMI
http://kampus.okezone.com/read/2012/09/18/373/691431/sumsel-siap-jadi-tuan-rumah-kongres-nasional-hmi

Selasa, 18 September 2012 12:32 wib
PALEMBANG – Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Palembang menyatakan kesiapannya ditunjuk sebagai tuan rumah Kongres Nasional HMI yang akan diadakan pada November 2012. Kesiapan sebagai tuan rumah Kongres Nasional HMI, yang disampaikan oleh Ketua HMI Cabang Palembang Hari Azwar, bukan tanpa alasan. Sumatera Selatan (Sumsel) telah terbukti sukses menjadi tuan rumah Silaturahmi Nasional HMI pada 13-16 September lalu yang diikuti oleh 195 cabang dan 21 badan koordinasi seluruh Indonesia. “Sukses menjadi tuan rumah Silaturahmi Nasional menjadi acuan kami untuk mengajukan diri menjadi tuan rumah penyelenggaraan Kongres Nasional HMI 2012 di Sumsel,” ujar Hari Azwar kepada Okezone. Pengajuan diri sebagai tuan rumah Kongres Nasional HMI, dikatakan Hari, telah mengantongi restu dari Gubernur Sumsel, Alex Noerdin, yang menyatakan dukungan nya terhadap kegiatan tersebut.

…dst

15 ) Tiga Ilmuwan LIPI Dikukuhkan Jadi Profesor Riset
http://kampus.okezone.com/read/2012/09/18/373/691354/tiga-ilmuwan-lipi-dikukuhkan-jadi-profesor-riset

Selasa, 18 September 2012 10:25 wib.
JAKARTA – Tiga orang ilmuwan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dikukuhkan sebagai Profesor Riset baru. Ketiganya berasal dari bidang ilmu oseanografi, perkembangan dan perbandingan politik, serta komunikasi antarbudaya. Pengukuhan itu dihelat di Auditorium LIPI, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Selasa (18/9/2012). Ketiga ilmuwan LIPI tersebut, yakni :
1. Dr. Ir. Dwi Listyo Rahayu
2. Dr. R. Siti Zuhro M.A.
3. Dr. Muhammad Hisyam M.A.

…dst

16 ) Adu Strategi Hadapi 20 Tipe Soal UN
http://edukasi.kompas.com/read/2012/09/17/21495822/Adu.Strategi.Hadapi.20.Tipe.Soal.UN

Senin, 17 September 2012 | 21:49 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Sekolah, terutama para guru yang bertugas menyiapkan siswanya untuk menghadapi Ujian Nasional (UN) model baru, kini sudah mulai memetakan strateginya. Hal ini terkait rencana pemerintah yang akan mengeluarkan kebijakan baru membuat 20 tipe soal UN untuk mengurangi kecurangan, dan mengintegrasikan hasil UN sebagai instrumen untuk masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Guru Bidang Kurikulum SMAN 68 Jakarta Anwar Fari mengatakan, jika standar kompetensi lulusan sudah diperbaharui melalui sistem tersebut, sekolah akan tetap memperhatikan kompetensi dasar dan melakukan persiapan lebih dalam. “Kalau sudah ada surat keputusan dan acuan yang jelas, sekolah akan mengikutinya,” ujar Farid saat dihubungi kompas.com, Senin (17/9/2012).

…dst

17 ) UN Diperketat, 20 Tipe Soal Berazas Keadilan
http://edukasi.kompas.com/read/2012/09/17/21450156/UN.Diperketat.20.Tipe.Soal.Berazas.Keadilan

Senin, 17 September 2012 | 21:45 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Pemerhati pendidikan Arief Rahman mendukung rencana pemerintah untuk membuat tipologi soal Ujian Nasional (UN) menjadi dalam 20 tipe soal yang beragam. Hanya saja, ia memandang strategi akuntabilitas ini tetap harus memenuhi standar kualitas pendidikan evaluasi yang merata. “Jadi walau pun tipologi soalnya beragam, tetapi materi soal yang dievaluasikan tetap berbobot sama. Ini berlaku dari Banda Aceh sampai Timika, tidak boleh ada perbedaan untuk mengejar mutu pendidikan kita,” katanya kepada Kompas.com, Senin (17/9/2012). Arief mengatakan juga, tipe soal UN yang beragam ini diupayakan agar dapat meminimalisir bentuk kecurangan. Karenanya pemerintah, dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) mesti memperhatikan proses penyusunan tipologi soal agar tetap mementingkan kualitas dan mengindahkan azas keadilan.

…dst

18 ) UKG Tahap II Digelar 1 Oktober
Antisipasi Server Mogok Lagi
http://www.jpnn.com/read/2012/09/18/140078/Antisipasi-Server-Mogok-Lagi-

Selasa, 18 September 2012 , 05:01:00
PALANGKARAYA – Para guru bersertifikat yang belum ikut Uji Kompetensi Guru (UKG) diminta untuk bersiap-siap. Pasalnya UKG tahap II akan digelar 1 Oktober nanti. Panitia berjanji bakal menekan kekacauan ujian, seperti server tiba-tiba mogok. UKG tahap II ini tetap diselenggarakan di bawah komando Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (BPSDM-PMP) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). “Waktu semakin mepet, baiknya para guru calon peserta UKG menyiapkan diri dengan belajar,” tutur Kepala BPSDM-PMP Kemendikbud Syawal Gultom setelah mengikuti rangkaian Hari Aksara Internasional (HAI) di Palangkaraya kemarin (17/9). Syawal mengatakan, pada UKG tahap II ini panitia pusat bekerja mempersiapkan ujian dengan maksimal. Terutama soal validasi data. sampai saat ini, proses validasi ini terus berjalan. Dia berharap, proses validasi ini tuntas 25 September nanti. Setelah itu, masuk masa tenang hingga ujian berlangsung.

…dst

19 ) Mahfud: Hukuman Mati Koruptor Tak Langgar HAM
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/527488/

Tuesday, 18 September 2012
SEMENTARAitu,Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD mengatakan tidak ada masalah hak asasi manusia (HAM) maupun konstitusi jika menerapkan hukuman mati kepada pelaku tindak pidana korupsi. Yang penting, ada pembuktian yang objektif dengan sidang-sidang terbuka dan tidak dinegosiasikan. “Tak perlu bicara HAM atau hak konstitusional.Itu sudah selesai dalam filosofi dan konsep hukum kita.Saya setuju dengan Fatwa Munas NU,”ujarnya. Korupsi,menurut dia, bisa dikategorikan sebagai tindakan yang mengancam keselamatan bangsa dan negara, sama dengan terorisme atau kejahatan terhadap kelangsungan negara. Dalam konstitusi, Pasal 12 dan Pasal 22 ada ketentuan tentang keadaan bahaya dan kegentingan bagi negara sehingga pemerintah harus mengambil langkahlangkah khusus guna menghadapi ancaman-ancaman bagi negara. “Nah,sekarang yang juga mengancam keselamatan bangsa dan negara itu adalah korupsi,”ujarnya. HAM, menurutnya, tidak bisa digunakan untuk membela orang yang sudah dinyatakan sebagai koruptor oleh pengadilan.

…dst

20 ) Mendikbud Soal Innocence of Muslims: Film Ini Kurang Kerjaan
http://news.detik.com/read/2012/09/18/135834/2024060/10/mendikbud-soal-innocence-of-muslims-film-ini-kurang-kerjaan?n991103605

Selasa, 18/09/2012 13:58 WIB
Yogyakarta Mendikbud M Nuh menilai film Innocence of Muslims tidak menunjukkan kreatifitas. Film yang menimbulkan kontroversi dan membuat marah dunia Islam itu malah dianggap sebagai tindakan kurang kerjaan. “Film ini kurang kerjaan, tidak kreatif, karena membuat banyak orang marah dan menelan biaya sosial yang terlalu mahal,” kata M Nuh usai membuka ‘The 5st ASEM Culture Ministers Meeting’ di Hotel Hyatt Regency Yogyakarta, Selasa(18/9/2012). Film-film yang tidak menghargai adanya peradaban lain harus dilarang. Namun pelarangan harus dilakukan dengan cara-cara yang terdidik. Dialog antar budaya merupakan salah satu cara untuk mencegah timbulnya film-film yang menghina peradaban lain.

…dst

21 ) Psikolog Sarlito: Teroris Cederung Agresif Sejak Dini
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/09/09/349154/293/14/Psikolog-Sarlito-Teroris-Cederung-Agresif-Sejak-Dini-

Selasa, 18 September 2012 09:32 WIB
PARIS–MICOM: Pakar Psikologi terkemuka Indonesia Sarlito Wirawan Sarwono menyebutkan benih-benih agresivitas seorang teroris cenderung sudah merasuk sejak usia dini dan bukan karena suatu proses pencucian otak (brain washing). Hal itu terungkap melalui bukunya yang berjudul Déradicalisation de la personnalité d’ex-terroristes, à l’aide du Davido-CHaD : 10 cas d’ex-terroristes Indonésiens (“Deradikalisasi kepribadian mantan teroris dengan menggunakan tes psikologi Davido-CHaD”). Ia menguji 10 mantan teroris Indonesia untuk mengungkap dinamika yang mendorong mereka berbuat kekerasan. Sarlito menggunakan tes proyeksi CHaD (Childhood Hand that Disturbs) temuan psikolog Perancis Roseline Davido yang beranjak dari pemikiran filsuf Jerman Ernst Cassirer bahwa manusia adalah makhluk simbol. Untuk menggali informasi tetang kecenderungan berbuat kekerasan dilakukan wawancara dan observasi atas tiga gambar, yaitu gambar masa kanak-kanak (childhood), gambar tangan (hand), dan gambar tangan yang mengganggu (disturbed hand).

…dst

22 ) Dominic Brian Pecahkan Rekor Dunia Mengingat Angka
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/09/18/348900/293/14/Dominic-Brian-Pecahkan-Rekor-Dunia-Mengingat-Angka

Selasa, 18 September 2012 06:30 WIB
DENPASAR–MICOM: Seorang remaja di Denpasar, Bali berhasil memecahkan rekor Guinness World dengan mengingat 84 angka dalam waktu 60 detik. Remaja yang berhasil memecahkan rekor Guinness World Record itu bernama Dominic Brian. Usaha memecahkan rekor itu dilakukan Dominic di hadapan sekitar 2 ribu lebih penonton, di Gereja Lembah Pujian, Denpasar, Sabtu (15/9) malam. Dalam upaya pemecahan rekor tersebut, lima penonton yang dipilih menulis 100 angka acak. Dengan disaksikan dua saksi, panitia kemudian memberi Brian waktu selama 60 detik atau satu menit untuk mengingat 100 angka acak tersebut. Setelah mendapat kesempatan mengingat angka selama satu menit, Brian kemudian mulai menyebutkan kembali 100 angka acak itu tanpa melihat di hadapan penonton.

…dst