Turut Berduka Cita Sedalam-dalamnya…

1 ) KECELAKAAN
Mahasiswa Undip Gelar Doa untuk Esti dan Novi
http://regional.kompas.com/read/2012/11/05/11112097/

Senin, 5 November 2012 | 11:11 WIB
SEMARANG, KOMPAS.com – Kecelakaan tragis yang terjadi di Jalan Raya Rempoah, Baturraden, Banyumas, Minggu (4/11/2012) sore menyisakan duka mendalam terutama bagi mahasiswa Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Diponegoro. Dua mahasiswa Undip menjadi korban dalam kecelakaan tersebut. Kedua korban yakni Novitia Lutfiatul Khoriyah (19), warga Bukitjaya, Palelawan, Riau dan Esti Ilma Zakiya (18), Jalan Jendana No 19 A Bekasi. Sebelum diberangkatkan ke rumah duka, keduanya disemayamkan di Gedung Serba Guna (GSG) FK Undip yang ada di kompleks RSUP dr Kariadi Semarang. Ratusan mahasiswa Undip hadir untuk mendoakan kedua korban, Senin (5/11/2012). Suasana duka menyelimuti upacara persemayaman tersebut. Dua peti berisi jenazah diletakkan di tengah ruangan. Bukan hanya mahasiswa, dosen hingga rektor juga hadir pada upacara persemayaman tersebut. Setelah didoakan, dua jenazah kemudian dibawa ke Masjid Asy Syifa di kompleks yang sama untuk dishalatkan. Mengenakan jaket almamater Undip, para mahasiswa tampak meneteskan air mata.

…dst

2 ) Kecelakaan di Baturaden & Kisah Foto ‘Saudara Dunia Akhirat’ Milik Novi
http://news.detik.com/read/2012/11/05/151218/2081874/10/

Senin, 05/11/2012 15:12 WIB
Semarang – Kecelakaan bus Raharja bernopol AB 2586 AC hari Minggu (4/11/2012) sore kemarin menyisakan trauma pada penumpang yang selamat dari peristiwa tersebut. Salah satu penumpang selamat dari Fakultas Kedokteran (FK) Undip, Vatika Fajar Wiyati (18) menceritakan detik-detik terjadinya kecelakaan yang menyebabkan enam orang tewas itu. Awalnya Vatika dan rombongan Ikatan Mahasiswa Kedokteran Muslim Indonesia menghadiri acara Seminar Seminar Nasional yang digelar UKKI Fakultas Kedokteran Unsoed usai dari Gedung Roediro Unsoed sejak hari Jumat (2/11). Lalu hari Minggu (4/11) kemarin, rombongan melanjutkan acar dengan city tour dari Baturaden. Namun sepulang dari Baturaden, peristiwa nahas tersebut terjadi. “Setelah keluar dari gerbang Baturaden, kami sempat tertidur kira-kira 15 menit. Tiba-tiba keadaan panik, bus yang kami kendarai meluncur di turunan tanpa mengurangi kecepatan,” kata Vatika usai melakukan doa bersama di gedung serba guna FK Undip untuk dua rekannya yang tewas, Senin (5/11/2012). Suasana di dalam bus yang awalnya tenang berubah mencekam. Para mahasiswa saling berpelukan dengan teman sebangkunya dan bertakbir. Kernet bus yang panik berlari ke bagian belakang bus, sementara dua mahasiswi Undip yang tewas yaitu Novitia Lutfiatul Khoriyah (19) dan Esti Ilma Zakiya (18) masih duduk di belakang sopir yang berusaha mengendalikan busnya. “Rem busnya blong. Dari bus meluncur ke bawah sampai akhirnya bus berhenti ada sekitar lima menit. Suasana mencekam, semua bertakbir. Kami juga sempat melihat Novi dan Esti berpelukan,” tutur Vatika.

…dst

3 ) IT Telkom Juara 1 Kontes Pesawat Tanpa Awak IARC ITB 2012
http://kampus.okezone.com/read/2012/11/05/373/713690/it-telkom-juara-1-kontes-pesawat-tanpa-awak-iarc-itb-2012

Senin, 05 November 2012 11:25 wib
BANDUNG – Institut Teknologi (IT) Telkom Bandung berhasil menjuarai kontes pesawat terbang tanpa awak (Unmanned Aerial Vehicle/UAV) Indonesia Aerial Robot Contest (IARC) Institut Teknologi Bandung (ITB) 2012. Tim APTRG dari IT Telkom menjadi juara pertama IARC kategori perguruan tinggi. Sedangkan alumni IT Telkom, Tim APTRG QC juga berhasil menjuarai IARC untuk kategori umum. Untuk kategori sekolah tingkat SMA, juara pertama berhasil diraih tim Saft 1 dari SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo, Jawa Timur. Selain itu, event yang digelar di Lanud Sulaeman, Soreang, Kabupaten Bandung, juga memperebutkan Award Best Structure yang dimenangi UAC II dari Universitas Nurtanio, Best Efficiency dimenangi Tim Jentayu dari Universitas Diponegoro, Best Pay Load dimenangi Tim Camar 2012 (ITB), Best Presentation dimenangi Tim Sigra Ganesha (ITB), Best Surveillen dimenangi tim Aerobatix.com Lampung. Seperti diketahui, kompetisi pesawat tanpa awak ini diikuti 26 tim “robot terbang” dari berbagai tempat di Indonesia yang digelar sejak Jumat 2 November lalu. Sebanyak 26 tim terbagi dalam tiga kategori yakni mahasiswa atau perguruan tinggi, siswa setingkat SMA, dan umum. Total hadiah yang dibagikan kepada para pemenang Rp50 juta.Sedangkan juara 2 untuk kategori perguruan tinggi dimenangkan Garuda Team 5 dari ITS, juara dua kategori umum tim G-Copter dari Universitas Marnatha.

…dst

4 ) Mantap! Kapal Robot UGM Dilirik TNI AL
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/dunia-kampus/12/11/05/md0563-mantap-kapal-robot-ugm-dilirik-tni-al

Senin, 05 November 2012, 13:39 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,YOGYAKARTA — Robot kapal buatan mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta dilirik oleh TNI Angkatan Laut Indonesia. Robot kapal ini menjadi juara 2 Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional 2012 (KKCTBN) atau Roboboat untuk kategori autonomous. “Kita sudah mengirimkan proposal terkait kapal robot ini dan akan segera bertemu dengan TNI AL,” terang jurus bicara tim robot kapal Safinah One UGM, Malik Khidir di Lembah UGM pada ujicoba robot kapal, Senin (5/11). UGM sendiri baru pertama kali ini membuat robot kapal. Namun robot seberat 11 kilogram ini berhasil meraih juara 2 di ajang nasional tersebut. Tim Safinah One UGM sendiri beranggotakan mahasiswa Teknik Mesin dan Jurusan Elektronika dan Instrumentasi Fakultas MIPA UGM. Ada 10 mahasiswa yang tergabung dalam tim ini. Mereka adalah Tito Garry Suryo, Ardi Wiranata, Malik Khidir, Erwhin Irmawan, Iqro Kurniawan, Singgih Adhi Susila, M Irfan Riyadi, Febry Mulia Wardhana, Afriani Soraya Sari, dan Nikite Sulistyana.”Kendala kita adalah, UGM tidak memiliki jurusan atau prodi perkapalan, jadi kita benar-benar otodidak melalui internet,” terang Malik.

…dst

5 ) Wow..Mahasiswa UGM akan Ujicoba Robot Kapal Selam
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/dunia-kampus/12/11/05/mczr7g-wowmahasiswa-ugm-akan-ujicoba-robot-kapal-selam

Senin, 05 November 2012, 08:38 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,YOGYAKARTA — Mahasiswa Jurusan Elektronika dan Instrumentasi (Elins) Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta akan melakukan demo ujicoba robot kapal selam di Danau Lembah UGM, Senin (5/11) siang ini. Robot kapal selam ini telah memenangkan lomba Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional ke-1 utk Kategori Autonomous Robot 2012 beberapa hari lalu. Tim mahasiswa UGM tersebut antara lain Malik Khidir dan tiga rekannya. Menurut Kepala Humas UGM, Wiwit Wijayanti, tim robot kapal selam UGM yang bernama Tim Safinah One ini baru pertama melakukan perakitan robot kapal. Namun di ajang robot nasional tersebut, robot itu telah menjadi pemenang. “Kita akan demokan ke publik di Danau Lembah UGM sebagai sebuah prestasi karya anak bangsa,” tegasnya.

…dst

6 ) Mahasiswa Irak Raih Doktor di UII
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/11/05/mcztuw-mahasiswa-irak-raih-doktor-di-uii

Senin, 05 November 2012, 09:35 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN –- Mahasiswa S3 asal Irak, Gailan Hoshi Ali berhasil meraih gelar doctor dari Fakultas Ilmu Agama Islam (FIAI) Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta, Ahad (4/11). Ia dinyatakan lulus dengan predikat sangat memuaskan dan menjadi doctor pertama yang diluluskan Program Pascasarjana FIAI UII. Pria kelahiran Bagdad 24 November 1954 ini berhasil mempertahankan desertasi berjudul `Fleksibilitas pada Fiqh Imam Abu Hanifah’ di depan tim penguji yang diketuai Prof H Edy Suandi Hamid. Sedang promotornya, Prof H M Nur Kholis Setiawan dan Prof H Amir Mu’allim. Dijelaskan Gailan Hoshi Ali, saat ini umat Islam menghadapi berbagai perubahan peradaban yang memunculkan berbagai persoalan. Di satu sisi, umat Islam ingin menegakan prinsip identitas keislaman sesuai dengan syariah Illahi. Di sisi lain, umat Islam harus bisa mengikuti perubahan peradaban yang kemungkinan besar menyimpang dari syariat Islam. Agar kedua persoalan ini bisa sinergi umat Islam diwajibkan untuk mencari sebuah metode hidup yang sesuai dengan zamannya. Dosen tamu Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta ini memandang fikih Imam Abu Hanifah mempunyai aspek fleksibilitas terhadap kondisi umat saat ini. Fleksibilitas ini bisa menghindarkan perbenturan antar peradaban serta eksploitasi agama Islam oleh kekuatan-kekuatan global.

…dst

7 ) Perguruan Tinggi Indonesia-Perancis Perangi Penyakit
http://edukasi.kompas.com/read/2012/11/05/09233477/Perguruan.Tinggi.Indonesia-Perancis.Perangi.Penyakit

Senin, 5 November 2012 | 09:23 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Indonesia bekerja sama dengan Perancis memerangi berbagai penyakit infeksi dan penyakit tak menular. Kerja sama dalam bentuk riset dan pendidikan kedokteran bertaraf internasional serta peningkatan pelayanan kesehatan masyarakat. Kerja sama melibatkan sejumlah universitas, seperti Universitas Indonesia, Universitas Udayana, Universitas Gadjah Mada, dan Universitas Diponegoro, yang akan bermitra dengan perguruan tinggi dan lembaga penelitian serta perusahaan swasta dari Perancis. Sebagai pembuka kerja sama, Fakultas Kedokteran UI sebagai pusat pendidikan dan riset kedokteran di Indonesia, bersama Institut Francais d’Indonesie mengadakan Seminar Tantangan Penyakit Menular dan Tidak Menular di Indonesia: Translasi Riset untuk Pelayanan Rumah Sakit dan Kesehatan Masyarakat yang Lebih Baik. Seminar digelar 3-4 November di Jakarta dan bertujuan memperbarui pengetahuan perkembangan penelitian dan epidemiologi kedokteran.

…dst

8 ) Kerjasama Pendidikan Indonesia-Inggris Direalisasi
http://www.analisadaily.com/news/read/2012/11/04/85439
/kerjasama_pendidikan_indonesiainggris_direalisasi/#.UJduTGfdZ6E

04 November 2012
London, (Analisa). Menteri Pendidikan RI M.Nuh dan Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan Inggris , David Willets menandatangani kerangka kerja sama pendidikan dan keterampilan kedua negara di 10 Downing Street, London. Penandatanganan kerja sama dilakukan kedua menteri di Kantor Perdana Menteri Inggris, disaksikan Presiden SBY dan PM David Cameron dalam rangkaian kunjungan kenegaraan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Inggris dari tanggal 30 Oktober hingga 3 Juli . Ketua Biro Perencanaan Luar Negeri Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Dr Ananto Kusuma Seta dalam keterangannya kepada Antara London mengatakan penandatanganan kerja sama tersebut merupakan tindak lanjut dan pelaksanaan beberapa komitmen yang dituangkan dalam Joint Communique dan MoU . Atase Pendidikan Kebudayaan KBRI London T.A Fauzi Soelaiman mengakui seluruh dokumen merupakan kesepak”tan yang benar benar dilaksanakan bukan merupakan “Sleeping MOU.” Dikatakannya kehadiran Rektor ITB, UI, ITS, UT, UMS dan Binus merupakan komitmen mereka dalam menjalin kerja sama antara kedua negara . Kedua Menteri yang bertanggungjawab atas pendidikan tinggi menyambut baik atas semakin luas dan eratnya kerjasama pendidikan dan keterampilan antara Indonesia dan Kerajaan Inggris sejak ditandatanganinya kedua dokumen tersebut oleh kedua Menteri.

…dst

9 ) Jejaring PT Asia Penting Menyongsong Era Asia
http://www.pikiran-rakyat.com/node/209883

Minggu, 04/11/2012 – 16:09
YOGYAKARTA, (PRLM).- Jejaring perguruan tinggi (PT) di negara-negara Asia sangat penting untuk menyongsong Asean Community 2015 dan era Asia yang maju ekonomi pada 2030. Pembantu Rektor Bidang Akademik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Prof. Dr. Bambang Sucipto menyatakan jaringan PT negara-negara Asia sebagai strategi menyiapkan sumber daya manusia (SDM) sesuai kebutuhan pada masa puncak kejahaan Asia. Menurut dia, Asia menjadi masa depan dunia, Indonesia diprediksikan satu di antara negara Asia yang maju secara ekonominya. Negara Asia yang telah membuktikan diri sebagai negara dengan ekonomi tinggi saat ini seperti Cina, India, Jepang, Korea. “Indonesia masuk dari jajaran negara yang menjadi masa depan Asia,” ujar dia, Minggu (4/11). Dalam forum “Cooperation Among Universities in The Asia Pacific”, dia mengatakan, ragam tantangan harus diantisipasi sejak sekarang pada masa persiapan menuju Asia yang maju. “Persiapan tersebut bisa dilakukan bersama antaruniversitas di Indonesia maupun antara universitas di Indonesia dengan perguruan tinggi asing,” tambah dia. Manajer Japan International Cooperation Agency (JICA) Expert Taiji Wake, MA menyatakan Jepang sangat menyadari sebagai bagian dari Asia yang harus ikut andil dalam membangun jaringan universitas di Asia dalam membangun masa depan ekonomi maupun pendidikan di Asia. “Jepang merasa sangat penting untuk terus melakukan kerjasama antar universitas di seluruh dunia,” kata dia.

…dst

10 ) Unika Presentasi The Whole Person Education di Jepang
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/11/05/204437/Unika-Presentasi-The-Whole-Person-Education-di-Jepang

05 November 2012
SEMARANG – Rektor Unika Soegijapranata Prof Dr Y Budi Widianarko diundang dalam forum ACUCA, baru-baru ini di Tokyo, Jepang, untuk mempresentasikan ide dan pengalaman dalam praktik The Whole Person Education di Indonesia. Forum yang dihadiri para rektor universitas Kristen di Asia ini bertujuan untuk memformulasikan konsep pendidikan manusia seutuhnya dalam pendidikan tinggi. Budi mengatakan, The Whole Person Education bukan hal baru. Dunia pendidikan tinggi di Indonesia sudah mempunyai sejarah yang panjang tentang hal itu. Salah satunya sejak tahun 1961 semua perguruan tinggi wajib menjalankan Tri Darma Pendidikan Tinggi, yakni pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat. Salah satu wahana yang menjanjikan untuk pendidikan manusia seutuhnya, menurut Budi, adalah service learning. Teknik pedagogi baru ini dipandang mampu untuk mewujudkan kebutuhan pendidikan yang tidak hanya membangun pengetahuan, tetapi juga pada jiwa dan raga.

…dst

11 ) Ketua Jurusan Ikom UIN Bandung Surati Rektor
http://regional.kompas.com/read/2012/11/05/16051072/Ketua.Jurusan.Ikom.UIN.Bandung.Surati.Rektor.

Senin, 5 November 2012 | 16:05 WIB
BANDUNG, KOMPAS.com – Ketua Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Bandung Enjang AS berjanji akan mengirimkan surat kepada Rektor UIN Bandung untuk meminta penjelasan tentang peleburan nama jurusan Jurnalistik dan Kehumasan yang berinduk pada Ilmu Komunikasi di UIN Bandung. “Ya, secepatnya saya akan kirimkan surat ke rektor untuk meminta penjelasan tentang masalah ini,” jelas Enjang di kantornya, Jalan AH. Nasution, Bandung, Senin (5/11/2012). Enjang pun membenarkan atas Peraturan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama tentang Penataan Progam Studi di Perguruan Tinggi Islam, Nomor 1429 tahun 2012. Peraturan tersebut diberlakukan sejak 31 Agustus 2012 oleh Dirjen Pendidikan Islam Nur Syam Enjang mengaku tidak mengetahui awal keluarnya peraturan itu, terlebih lagi semua staf di jurusan juga tidak mengetahuinya. Peraturan itu baru diketahui seminggu sebelumnya. “Iya, kami baru tahu seminggu sebelumnya. Saya juga heran, kenapa rektor tidak memberi tahu tentang adanya ini, tapi secepatnya kami akan kirimkan surat untuk rektor,” tandasnya. Sebelumnya diberitakan, mahasiswa program studi Ilmu Komunikasi, baik Jurnalistik dan Kehumasan, Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung mengancam akan melakukan aksi unjuk rasa di depan kantor Rektorat UIN Bandung.

…dst

12 ) Jika Tetap “Komunikasi Penyiaran Islam”, Mahasiswa Akan Demo
http://regional.kompas.com/read/2012/11/05/15111785/Jika.Tetap.Komunikasi.Penyiaran.Islam.Mahasiswa.Akan.Demo

Senin, 5 November 2012 | 15:11 WIB
BANDUNG, KOMPAS.com – Mahasiswa program studi Ilmu Komunikasi, baik Jurnalistik dan Kehumasan, Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung mengancam akan melakukan aksi unjuk rasa di depan kantor Rektorat UIN Bandung. Para mahasiswa ini menolak atas perubahan jurusan Ilmu Komunikasi menjadi jurusan Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) yang disetujui berdasarkan Peraturan Direktur Jendral Pendidikan Islam Kementerian Agama tentang Penataan Progam Studi di Perguruan Tinggi Islam, Nomor: 1429 tahun 2012. Peraturan tersebut diberlakukan sejak 31 Agustus 2012 oleh Dirjen Pendidikan Islam Nur Syam “Saya harap perubahan jurusan itu tidak terjadi. Jika nama jurusan tak dihapus, kami tidak akan banyak bicara, namun jika tetap dilebur, kita akan melakukan aksi unjuk rasa dengan mengerahkan ribuan mahasiswa,” ancam Ketua Himpunan Mahasiswa Jurnalistik UIN Bandung, Septian Racmat Guntara saat ditemui di Jalan A.H. Nasution, Bandung, Senin, (5/11/2012).

…dst

13 ) Masih Kuliah Kantong Sudah Tebal
http://www.seputar-indonesia.com/news/masih-kuliah-kantong-sudah-tebal

Senin 05 November 2012
Pendidikan kewirausahaan yang diajarkan secara intensif sejak di bangku kuliah, terbukti banyak menghasilkan wirausahawan muda.Malah,tidak sedikit dari mereka yang sudah berbisnis dan menghasilkan omzet puluhan juta rupiah per bulan, kendati masih menyandang status mahasiswa. Sebut saja Angelina Shinta, mahasiswa semester V Prasetiya Mulya Business School, yang bisa meraup penghasilan puluhan juta rupiah per bulan berkat produk karyanya, Nave Case. Produk ini berupa tempat gadget berbahan kulit asli. “Kami mempunyai produk berupa tempat tablet, smartphone, dan lainnya berbahan kulit dengan harga yang jauh lebih murah di kelasnya,” kata Angelina kepada harian Seputar Indonesia(SINDO). Dia menjelaskan, harga tempat iPad kulit miliknya berkisar Rp400.000–500.000. Padahal untuk kualitas yang sama dari produk lain, harganya mencapai Rp800.000.Untuk pemasaran, produk Nave Case saat ini masih dijual dengan cara online.Selain itu, Angelina juga memaksimalkan berbagai pameran yang diadakan di sejumlah mal ternama di Jakarta. Awalnya, Nave Case merupakan pilot project dari mata kuliah yang diajarkan pada semester III. Saat itu Angelina bersama kelompoknya yang berjumlah empat orang, berhasil meyakinkan para dosen bahwa produk mereka bisa diterima di pasaran. Ide awal Nave Case adalah mencari produk yang belum banyak dilirik produsen. Angelina mengaku banyak aksesori gadget yang ditawarkan, namun jarang sekali yang berbahan kulit asli. Jika pun ada, harganya cenderung sangat mahal.

…dst

14 ) Kultur Entrepreneur Berawal dari Kampus
http://www.seputar-indonesia.com/news/kultur-entrepreneur-berawal-dari-kampus

Senin, 05 November 2012
Penyandang gelar sarjana sulit mencari pekerjaan bukanlah sebuah fenomena baru di Indonesia. Minimnya lapangan pekerjaan ditambah dengan kemampuan (skill) yang terbatas, menjadi penyebab utama munculnya pengangguran terdidik. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) pada Februari lalu,tingkat pengangguran terbuka (TPT) sebesar 6,32% dari total pengangguran yang sebesar 7,6 juta jiwa. Sekitar 14,45% dari jumlah TPT tersebut merupakan penyandang gelar diploma dan sarjana. Selain skill dan minimnya lapangan pekerjaan,penyebab besarnya jumlah pengangguran terdidik adalah tidak adanya penanaman jiwa kewirausahaan (entrepreneurship) kepada peserta didik. Padahal semakin besar jumlah wirausahawan,diyakini bisa membuka lapangan kerja baru dan meningkatkan perekonomian. Data Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans) menunjukkan jumlah wirausahawan di Indonesia hanya 0,18% dari 240 juta penduduk. Menurut Menakertrans Muhaimin Iskandar, agar Indonesia bisa berdaya saing tinggi, idealnya dibutuhkan minimal 2% entrepreneurdari jumlah populasi. “Wirausaha menjadi salah satu pilar ekonomi nasional yang tangguh menghadapi krisis ekonomi global, sekaligus solusi mengurangi kemiskinan serta menyerap pengangguran,” kata Muhaimin,Sabtu (13/10). Saat ini mulai banyak perguruan tinggi yang mengikrarkan diri sebagai kampus kewirausahaan (entrepreneurship university). Setidaknya, saat ini sejumlah perguruan tinggi mulai menanamkan dan menambahkan materi kewirausahaan kepada peserta didik mereka.

15 ) 20% Lulusan PNJ Sudah Bekerja Sebelum Wisuda
http://kampus.okezone.com/read/2012/11/05/373/713681/20-lulusan-pnj-sudah-bekerja-sebelum-wisuda

Senin, 05 November 2012 11:19 wib
DEPOK – Salah satu tujuan pendidikan vokasi adalah menyiapkan tenaga-tenaga handal yang siap terjun di dunia kerja begitu lulus. Tetapi faktanya, banyak juga di antara para mahasiswa vokasi ini sudah bekerja sebelum pendidikan mereka rampung. Direktur Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) Abdillah mengungkap, fakta ini terbukti pada periode wisuda PNJ bulan November 2012. Sedikitnya 20 persen mahasiswa PNJ sudah bekerja sebelum lulus kuliah. Pada periode kali ini, PNJ mewisuda 1.770 mahasiswa. “Sebelum wisuda, mahasiswa PNJ telah magang, bekerja dan menjadi wirausahawan. PNJ juga akan mempercepat masa tunggu mahasiswa untuk memperoleh pekerjaan yang biasanya membutuhkan waktu tiga bulan,” ujar Abdillah di Balairung Universitas Indonesia (UI), akhir pekan lalu. Abdillah menjelaskan, pihaknya tidak hanya fokus kepada pendidikan praktik. Sejak semester awal, para mahasiswa PNJ mendapat mata kuliah kewirausahaan. Jika dipersentasekan, 10 hingga 20 persen mahasiswa PNJ menjadi pengusaha atau wiraswasta,.

…dst

16 ) Untag Diperkuat Enam Pusat Kajian
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/11/05/204438/Untag-Diperkuat-Enam-Pusat-Kajian-

05 November 2012
SEMARANG – Menjawab dinamika sosial dan global yang berubah sangat cepat, Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Semarang memperkuat diri dengan enam pusat kajian. Pusat kajian tersebut sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat. Enam pusat kajian tersebut adalah Pusat Studi Antikorupsi, Pusat Studi Reformasi Pajak, Pusat Bahasa dan Tourism, Pusat Studi Good Corporate Governance, Pusat Studi Kebijakan Publik Daerah, dan Pusat Studi Wanita. Rektor Untag Wijaya SH MH dalam wisuda periode II 2012 di Hotel Patra Jasa Semarang, Sabtu (3/11), mengatakan dengan adanya pusat kajian tersebut merupakan bagian dari tugas Tri Dharma Perguruan Tinggi, yakni pengabdian masyarakat. Sebab, kondisi saat ini memberikan peluang sekaligus ancaman. Selain itu, menjadi ajang kompetisi berbagai tuntutan terhadap kompetensi yang kualitatif.

…dst

17 ) Jurusan Teknik dan Bisnis di Eropa Paling Diminati
http://edukasi.kompas.com/read/2012/11/05/08475968/Jurusan.Teknik.dan.Bisnis.di.Eropa.Paling.Diminati

Senin, 5 November 2012 | 08:47 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Pendidikan di Eropa masih menjadi magnet tersendiri bagi mahasiswa yang berada di Indonesia. Hal ini terbukti dengan jumlah mahasiswa yang diberangkatkan ke Eropa terus bertambah selama empat tahun terakhir ini baik untuk mengejar gelar sarjana maupun gelar master. Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia, Brunei Darussalam dan ASEAN, Julian Wilson mengatakan bahwa jurusan teknik di Eropa mendapat animo paling tinggi dari mahasiswa Indonesia. Selanjutnya, jurusan yang juga diminati adalah jurusan bisnis dan manajemen. “Untuk yang pertama masih jurusan teknik paling diminati. Kemudian kedua adalah jurusan bisnis. Alasannya, peluang kerja dari dua jurusan ini cukup besar,” kata Julian di Thamrin Nine Ballroom, Jakarta, Sabtu (3/11/2012). Ia mengatakan dua jurusan tersebut laku ditawarkan di Indonesia karena universitas-universitas di Eropa tidak hanya mengajarkan teori di dalam kelas saja. Namun juga dibuka pelatihan langsung dan kesempatan magan sehingga mahasiswa dapat mengaplikasikannyaa langsung.

…dst

18 ) Sains dan Teknik Tetap Favorit
3.000 Mahasiswa Indonesia Incar Kuliah di Eropa
http://cetak.kompas.com/read/2012/11/05/05582733/sains.dan.teknik.tetap.favorit

Senin, 05 November 2012
Jakarta, Kompas – Sains dan teknik menjadi program studi favorit calon mahasiswa dari Indonesia yang akan kuliah di sejumlah perguruan tinggi di Eropa. Program studi lain yang juga banyak peminatnya adalah ekonomi dan bisnis. Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bidang Pendidikan Musliar Kasim mengatakan, dari sekian banyak calon mahasiswa yang kuliah di luar negeri, sekitar 35 persen memilih Eropa. “Ini diduga karena semakin banyak perguruan tinggi yang menawarkan kuliah plus magang atau praktik kerja di perusahaan setempat,” kata Musliar Kasim seusai pembukaan Pameran Pendidikan Tinggi ke-4, Sabtu (3/11), di Jakarta. Lebih dari 90 institusi pendidikan dari 14 negara Eropa menjadi peserta pameran. Duta Besar Uni Eropa (UE) untuk Indonesia, Brunei, dan ASEAN Julian Wilson mengatakan, kini semakin banyak perguruan tinggi di Eropa yang menggunakan metode “sandwich”, kuliah dengan praktik kerja selama enam bulan hingga satu tahun. “Mereka bisa belajar bekerja di perusahaan Eropa. Semua program studi berbahasa Inggris sehingga siswa tidak perlu belajar bahasa lokal,” kata Wilson.

…dst

19 ) Bersahabat dengan Air Lewat Science Film Festival
http://edukasi.kompas.com/read/2012/11/05/15445020/Bersahabat.dengan.Air.Lewat.Science.Film.Festival

Senin, 5 November 2012 | 15:44 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Bayangkan jika air tidak lagi mau bersahabat karena manusia tidak pernah menjaga keberadaannya. Tentu bencana seperti banjir dan penurunan muka tanah tak akan terelakkan lagi. Untuk itu, Science Film Festival 2012 yang mengangkat tema besar tentang air diharapkan dapat mengedukasi generasi muda untuk menjaga keseimbangan alam termasuk air. Lewat nonton gratis film-film dokumenter yang bercerita tentang air, anak-anak bisa belajar untuk bersahabat dengan air dan turut berpikir tentang masa depan lingkungan mereka. Film-film akan diputar di 17 kota, yaitu Medan, Jakarta, Bandung, Salatiga, Solo, Yogyakarta, Surabaya, Bali, Mataram, Pontianak, Makassar, Gowa, Manado, Ambon, Sorong, Manokwari, Jayapura, dari tanggal 1-15 November 2012. Direktur Eksekutif Indonesia Water Institute, Firdaus Ali, mengatakan bahwa sebagian besar wilayah Indonesia dikelilingi air. Namun ironis, banyak daerah yang justru kekurangan pasokan air bahkan harus merogoh kocek untuk membeli air atau berjalan naik turun gunung untuk memperoleh persediaan air. “Ini tidak hanya terjadi di pedalaman. Di Jakarta saja, masalah kurangnya ketersediaan air ini terjadi. Kegiatan ini bagus tujuannya. Harapannya tentu anak-anak ini mulai sadar untuk menjaga lingkungannya,” kata Firdaus saat jumpa pers Science Film Festival 2012 di Blitzmegaplex, Jakarta, Kamis (1/11/2012).

…dst

20 ) Alumni: IPB Butuh Rektor Berintegritas
http://kampus.okezone.com/read/2012/11/05/373/713781/alumni-ipb-butuh-rektor-berintegritas

Senin, 05 November 2012 13:28 wib
JAKARTA – Dalam waktu dekat, Institut Pertanian Bogor (IPB) akan memiliki pemimpin baru. Berbagai harapan pun sudah disematkan kepada siapa saja yang nantinya menahkodai IPB selama lima tahun ke depan. Salah satunya datang dari Himpunan Alumni (HA) IPB. Wakil Ketua Kompartemen Advokasi dan Hukum, DPP HA IPB Bayu Asih Yulianto, berharap, momen pemilihan rektor (pilrek) IPB dapat dimanfaatkan menjadi momentum pembenahan segala hal, termasuk memperhatikan isu-isu krusial yang muncul dalam proses pemilihan yang telah berlangsung beberapa waktu ini. Di antara isu yang krusial tersebut adalah isu dominasi kampus oleh partai politik (parpol), persoalan tata kelola kampus yang belum ideal serta aturan-aturan yang sifatnya diskriminatif bagi sivitas akademika IPB ada baiknya dibicarakan dan dicari jalan keluarnya. “Jangan karena alasan khawatir memecah belah kampus, kita semua malah lari dari esensi dasar dunia kampus itu diadakan, yaitu, pencarian terhadap kebenaran,” kata Bayu, seperti dikutip dari keterangan tertulis HA IPB kepada Okezone, Senin (5/11/2012).

…dst

21 ) Empat Isu Pokok Kemendikbud Tahun Depan
http://www.jpnn.com/read/2012/11/05/145933/Empat-Isu-Pokok-Kemendikbud-Tahun-Depan-

Senin, 05 November 2012 , 15:46:00
JAKARTA – Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI bakal menggarap empat isu pokok yang masih jadi permasalahan mendasar bidang pendidikan dan kebudayaan tahun depan. Staf khusus komunikasi media Kemendikbud, Sukemi menyebutkan, keempat isu itu pertama, masalah akses. Kementrian yang dipimpin Mohammad Nuh itu bakal memastikan ketersediaan dan keterjangkauan pendidikan. “Akses ini penting untuk membangun pendidikan dan kebudayaan,” kata Sukemi, Senin (5/11). Kedua, lanjut dia, masalah mutu dan relevansi yang akan dibangun secara berkelanjutan. Ketiga, pelestarian dan pengembangan kebudayaan dengan menuntaskan konservasi, pengambangan dan promosi budaya dan bahasa. “Terakhir masalah tata kelola. Kita ingin memastikan sumberdaya pendidikan dan kebudayaan dikelola secara efisien, efektif, transparan dan akuntabel,” jelasnya. Dia mencontohkan program itu akan direalisasikan dalam bentuk pemberian bantuan operasional bagi sekitar 9,9 juta siswa SMA/SMK sebesar Rp1 juta/ tahun. Dengan angka ini maka 80 persen kebutuhan pendidikan siswa tersebut bisa tertutupi. Kemendikbud juga akan menyalurkan bantuan operasional bagi pendidikan anak usia dini (PAUD) untuk 45.000 lembaga atau 1,35 juta anak usia dini. Kemudian juga akan dibangun 50 unit PAUD terpadu baru. “Sehingga disetiap provinsi minimal ada satu PAUD terpadu yang dibangun sebaik dan selengkap mungkin fasilitasnya,” pungkas Sukemi.(Fat/jpnn)

***

22 ) Kemdikbud Ngotot Teruskan Model RSBI
http://www.jpnn.com/read/2012/11/04/145814/Kemdikbud-Ngotot-Teruskan-Model-RSBI-

Minggu, 04 November 2012 , 21:46:00
JAKARTA -Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) ngotot akan tetap meneruskan pola pendidikan yang terdapat dalam Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) meski nantinya Mahkamah Konstitusi (MK) memutuskan pelaksanaan RSB harus dihentikan. RSBI tetap akan dilanjutkan, tentunya dengan nama yang berbeda. Karena menurut Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Wamendikbud), Musliar Kasim, program RSBI, sepenuhnya dijalankan berdasarkan mandat Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas). Dimana demi meningkatkan mutu pendidikan, dinilai perlu dibangun sekolah percontohan, dengan penerapan materi pelajaran unggulan bertaraf internasional. “Makanya sebagai pilot project, kita buat RSBI. Kita bangun masing-masing 1 SD, 1 SMP dan 1 SMA di setiap kabupaten/kota di seluruh Indonesia. Karena kita ingin anak-anak di sekolah negeri juga akan jauh lebih cerdas,” kata Musliar kepada JPNN, Minggu (4/11).

…dst

23 ) KASUS BUPATI ARU
Terpidana Jadi Bupati, Presiden Setuju
http://regional.kompas.com/read/2012/11/05/15570267/Terpidana.Jadi.Bupati.Presiden.Setuju

Senin, 5 November 2012 | 15:57 WIB
AMBON, KOMPAS.com – Gubernur Maluku, Karel Albert Ralahalu menegaskan pengaktifan dan pengangkatan kembali terpidana korupsi Bupati non aktif Kabupaten Kepulauan Aru, Thedy Tengko atas persetujuan Presiden Susilo Bambang Yudoyono. “Pengaktifan dan pengangkatan kembali Thedy Tengko sebagai Bupati Aru oleh Mendagri atas persetujuan Presiden,” kata Karel di hadapan ratusan pendemo di Kantor Gubernur Maluku, Senin (5/11/2012). Karel mengungkapkan, tidak ada sedikitpun tendensi politik dan pendekatan rasial yang dipakai dalam proses pengaktifan Thedy Tengko. Karel juga mengatakan, jika dirinya hanya memberikan pertimbangan kepada Mendagri terkait masalah hukum yang dihadapi Thedy. “Saya tidak mengusulkan pengaktifan kembali Thedy Tengko sebagai Bupati Kepulauan Aru, selaku gubernur saya hanya memberikan pertimbangan kepada Mendagri, dan harus diketahui pengaktifan kembali Thedy Tengko sebagai Bupati Aru atas persetujuan Presiden,” ungkap Karel lagi.

…dst