1 ) Persyaratan Jadi Guru Besar Diperketat
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/12/15/370389/293/14/Persyaratan-Jadi-Guru-Besar-Diperketat

Sabtu, 15 Desember 2012 22:04 WIB
SEMARANG–MICOM: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan memperketat syarat pengusulan calon guru besar oleh perguruan tinggi mulai 2013. “Pertimbangan paling mendasar dari pengetatan persyaratan ini berkaitan dengan karakter,” kata Direktur Pendidik dan Tenaga Kependidikan Ditjen Dikti Prof Supriadi Rustad di Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (15/12). Menurut Guru Besar Unnes itu, guru besar memang berhak mendapatkan tunjangan besar sehingga jangan sampai seseorang semata-mata menginginkan mendapat tunjangan besar itu dengan cara tidak benar. “Cara yang tidak benar, misalnya plagiarisme. Selama ini, aturan-aturannya (pengangkatan guru besar) sudah ditegakkan. Namun, mulai 2013 mendatang memang ada persyaratan yang lebih,” katanya. Ia mengatakan salah satu pengetatan syarat menjadi guru besar ialah publikasi karya ilmiah di jurnal internasional. Sebelumnya, sang calon guru besar minimal cukup dengan memiliki publikasi karya ilmiah pada jurnal nasional. “Tim kami akan memverifikasi secara ketat. Pengusulan jabatan mulai lektor kepala hingga guru besar yang masuk ke Dikti setiap bulan mencapai 500 nama dan guru besar sekitar 20-30 nama per bulan,” katanya. Dari usulan calon guru besar yang masuk belum tentu semuanya lolos, karena ditemukan pelanggaran atau persyaratan tidak terpenuhi. “Yang lolos paling hanya sekitar 30 persen,” katanya. Jika ada yang terbukti melakukan plagiat, ia memastikan yang bersangkutan akan diberikan sanksi berupa pencabutan gelar guru besar.

…dst

2 ) USU Tambah Dua Guru Besar
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/dunia-kampus/12/12/15/mf2hj9-usu-tambah-dua-guru-besar

Sabtu, 15 Desember 2012, 17:17 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA–Dua dosen tetap Universitas Sumatera Utara masing-masing dari Fakultas MIPA dan Teknik dikukuhkan sebagai Guru Besar masing-masing Prof Saib Suwilo dan Prof. Rosdanelli Hasibuan, ungkap Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) Prof Sayahril Pasaribu di Medan, Sabtu. Dengan upacara pengukuhan ini, lanjut rektor, secara resmi keduanya diterima sebagai Anggota Tetap Dewan Guru Besar Universitas Sumatera Utara. Pihaknya sangat mengharapkan pemikiran-pemikiran keduanya untuk pengembangan dan kemajuan Universitas Sumatera Utara yang kita cintai ini di masa mendatang. “Harapan kami, dengan dikukuhkannya saudara-saudara menjadi guru besar akan menghasilkan karya-karya yang besar pula, terutama yang bermanfaat bagi kepentingan dan kemajuan universitas ini,” katanya.

…dst

3 ) Hurriyah, Penerima Bidikmisi Calon Pengusaha Bidang Pertanian
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/936

12/16/2012
Padang — Hurriyah, adalah seorang anak yatim yang menjadi mahasiswa penerima Beasiswa Pendidikan untuk Mahasiswa Miskin (Bidikmisi) di Universitas Negeri Andalas (Unand), Sumatera Barat. Gadis berusia 18 tahun ini bercita-cita menjadi pengusaha yang mempunyai pabrik pengolah hasil pertanian. “Setelah saya tamat nanti, saya bercita-cita ingin membuka lapangan pekerjaan bagi warga kampung saya, dengan cara membuka pabrik pengolahan hasil pertanian,” tutur Hurriyah, kepada tim peliput portal Kemdikbud, saat ditemui di kampus Unand, Padang, Sumatera Barat, pada Kamis (13/12) lalu. Anak bungsu dari tiga bersaudara ini sekarang kuliah di Fakultas Teknologi Pertanian, jurusan Teknologi Hasil Pertanian. Ia kini sedang menempuh semester dua. Prestasi akademik Hurriyah termasuk bagus. Saat semester I lalu, Indeks Prestasi Kumulatifnya (IPK) mencapai 3,81. Sedangkan pada semester II, IPKnya masih bertahan di angka 3,8. Ia juga memiliki prestasi lain. Di antaranya pernah menjadi Juara I Lomba Cerdas Cermat Islami se-Fakultas Ilmu Budaya Unand, dan Juara III Lomba Story telling se-Kota Padang.

…dst

4 ) Monitoring Bidikmisi Unand Dilakukan Langsung ke Lokasi
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/935

12/16/2012
Padang — Universitas Andalas (Unand), di Padang, Sumatera Barat, adalah salah satu perguruan tinggi negeri (PTN) yang menerima banyak mahasiswa penerima Beasiswa Pendidikan untuk Mahasiswa Miskin (Bidikmisi). Hingga saat ini, Unand sudah menerima hampir 2.300 penerima Bidikmisi sejak tahun 2010. Dengan rincian tahun 2010 dan tahun 2011 masing-masing sebanyak 750 mahasiswa. Sedangkan tahun 2012 ada usulan penambahan dari 750 menjadi 800 mahasiswa. Tetapi penambahan sebanyak 50 orang tersebut belum disetujui. “Kami berharap disetujui karena memang banyak permintaan,” ujar Terri Masdeliza, Wakil Dekan III Fakultas Teknologi Informasi Unand, saat ditemui tim peliput portal Kemdikbud di kampus Unand, (13/12). Mahasiswa peserta Bidikmisi di Unand tersebar di 16 fakultas, antara lain Fakultas Teknologi Pertanian, Fakultas Ilmu Budaya, Fakultas Hukum, dan Fakultas Peternakan. Setiap mahasiswa menerima bantuan pendidikan sebesar Rp 600.000 per bulan.

…dst

5 ) Unsika akan Dinegerikan pada 2013
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/12/16/370439/293/14/Unsika-akan-Dinegerikan-pada-2013

Minggu, 16 Desember 2012 08:28 WIB
KARAWANG–MICOM: Proses alih status Universitas Singaperbangsa Karawang, Jabar, dari swasta menjadi universitas negeri diperkirakan akan selesai pada awal 2013. “Proses alih status itu sudah lama dipersiapkan. Jadi kemungkinan awal tahun depan, Unsika (Universitas Singaperbangsa Karawang) akan berubah menjadi universitas negeri,” kata Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, saat menghadiri Reuni Akbar Unsika, di Kabupaten Karawang. Dikatakannya, salah satu persyaratan yang mesti dipenuhi agar Unsika menjadi universitas negeri ialah harus memiliki lahan seluas 30 hektare. Untuk pengadaan lahan sebagai upaya memenuhi persyaratan itu, Pemerintah Provinsi Jawa Barat telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp50 miliar. “Hingga saat ini masih terdapat kekurangan sebesar Rp4,8 miliar, yang akan segera dibayarkan Pemerintah Provinsi Jawa Barat,” kata dia. Pemerintah Provinsi Jawa Barat, kata gubernur, telah menargetkan Unsika bisa menjadi universitas negeri pada awal tahun 2013. Karena itu, kekurangan anggaran untuk pengadaan lahan akan segera dibayarkan.

…dst

6 ) Sarjana Pertanian Akan Lebih Prospektif
http://www.pikiran-rakyat.com/node/215276

Minggu, 16/12/2012 – 16:23
BANDUNG, (PRLM).-Sarjana pertanian ke depannya akan lebih prospektif. Sarjana pertanian akan sangat dibutukan untuk memenuhi kebutuhan pangan khususnya di Jawa Barat. Ini terkait dengan laju pertumbuhan penduduk Jabar atau rate of population growth per tahunnya mencapai 1,9 persen. Angka ini akan menyebablan double population pada 36 tahun mendatang. Demikian dikemukakan Rektor Universitas Padjadjaraan Prof. Ganjar Kurnia pada acara Pelantikan Pengurus Keluarga Alumni Fakultas Pertanian Unpad Periode 2012-2015 sekalihus Sarasehan Refleksi Akhir Tahun dengan tema “Mendorong Implementasi Green Province dalam Menuju Jawa Barat sebagai Provinsi Agribisnis” di Hotel Preanger, Jln. Asia-Afrika, Kota Bandung, Minggu (16/12). Jadi, Prof. Ganjar menambahkan, 36 tahun dari sekarang kurang lebih pada 2048 penduduk Jabar akan bertambah dua kali lipat. Kalau sekarang penduduk Jabar 50 juta maka pada 2048 akan bisa mencapai 100 juta penduduk. Penduduk yang banyak itu kan perlu pangan, di sinilah peluangnya.

…dst

7 ) 208 mahasiswa dilatih berjiwa pemimpin lingkungan
http://www.antaranews.com/berita/348772/208-mahasiswa-dilatih-berjiwa-pemimpin-lingkungan

Minggu, 16 Desember 2012 03:57 WIB
Garut (ANTARA News) – Sebanyak 208 mahasiswa penerima beasiswa “Sobat Bumi” Pertamina Foundation dari berbagai daerah di Indonesia dilatih memiliki jiwa pemimpin lingkungan di area Pertamina Geothermal Energy Kamojang, kawasan perbatasan Kabupaten Bandung dan Garut, Jawa Barat. “Diharapkan setelah pembekalan ini mahasiswa akan menjadi calon-calon pemimpin, sekaligus duta-duta di bidang pendidikan dan lingkungan,” kata Direktur Eksekutif Pertamina Foundation, Nina Nurlina Pramono dalam pelatihan pembekalan kepemimpinan tersebut, Sabtu. Pelatihan kepemimpinan lingkungan kepada mahasiswa berlangsung mulai 13 hingga 15 Desember 2012 dengan materi diantaranya seni bercita-cita dan merencanakan masa depan. Selanjutnya mahasiswa juga diberikan pemahaman tentang gerakan menabung pohon dengan cara diajak langsung melakukan penanaman seribu pohon di area hutan Kamojang. Dijelaskan Nina, pemberian bekal kepemimpinan lingkungan kepada mahasiswa itu, bagian dalam program gerakan menabung pohon untuk menjadikan generasi bangsa yang cerdas berguna bagi masyarakat dan lingkungan.”Tujuan gerakan menabung pohon Pertamina Foundation ini untuk mengatasi masalah sosial dan lingkungan,” kata Nina.

…dst

8 ) Siap Bantu Pembangunan Akademi Komunitas
http://www.jpnn.com/read/2012/12/16/150676/Siap-Bantu-Pembangunan-Akademi-Komunitas-

Minggu, 16 Desember 2012 , 03:26:00
JAKARTA – Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) mengapresiasi rencana Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) membangun Akademi Komunitas Negeri (AKN). Bahkan APKASI bakal memberikan dukungan atas rencana pembangunan AKN itu. Ketua Umum APKASI, Isran Noor, menyatakan bahwa dukungan diberikan karena AKN yang akan didirikan di 20 kota itu diarahkan pada keunggulan lokal. Dengan demikian AKN dapat menjadi wadah pengembangan potensi masing-masing daerah sekaligus contoh bagi pembangunan AK Swasta nantinya. “APKASI siap memberikan dukungan, karena kita yakin Akademi Komunitas dapat meningkatkan dan mempercepat peningkatan sumber daya manusia untuk pembangunan di daerah dalam berbagai bidang,” ujar Isran di Jakarta, Sabtu (15/12). Bupati Kutai Timur itu pun mengharapkan masing-masing kabupaten dapat segera melakukan beberapa langkah pendukung. Di antaranya adalah mendata secara akurat prospek bidang pekerjaan bagi lulusan akademi untuk lima tahun ke depan.

…dst

9 )  Anggaran Kurikulum Baru Tersendat di DPR
Kuota Master Teacher Maksimal 30 Guru Per Provinsi
http://www.jpnn.com/read/2012/12/16/150681/Anggaran-Kurikulum-Baru-Tersendat-di-DPR-

Minggu, 16 Desember 2012 , 05:25:00
JAKARTA – Penerapan kurikulum baru tahun depan bakal menemui hambatan. Bukan dari guru, murid, atau wali murid, tetapi dari Komisi X DPR. Komisi yang membidangi pendidikan itu sampai sekarang masih belum mengesahkan sejumlah pos anggaran pelaksanaan kurikulum baru di APBN 2013. Perkembangan urusan penganggaran kurikulum baru ini dipaparkan oleh Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Chairil Anwar Notodipotro. “Secara substansi kurikulum, DPR (Komisi X) sudah mendukung,” katanya saat dihubungi, Sabtu (15/12). Pejabat asal Pulau Madura itu mengatakan anggaran umum untuk menjalankan kurikulum baru tahun depan sejatinya juga sudah oke. Tetapi dia mengatakan ada dua pos anggaran soal penerapan kurikulum baru yang belum disetujui Komisi X. Dikatakannya, pengesahan ini butuh dibahas lagi dalam rapat dengan pendapat (DPR) bersama panitia kerja (panja) revisi kurikulum Komisi X. Chairil mengatakan, dua anggaran soal kurikulum baru yang belum disahkan adalah untuk pelatihan guru dan pengadaan buku-buku pegangan guru dan siswa.

…dst

10 ) KPK Masih Pelajari Cara Memiskinkan Koruptor
http://www.jpnn.com/read/2012/12/16/150708/KPK-Masih-Pelajari-Cara-Memiskinkan-Koruptor-

Minggu, 16 Desember 2012 , 10:56:00
KOTA–Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) masih mempelajari cara untuk memiskinkan pelaku korupsi atau koruptor karena dengan cara memiskinkan koruptorlah cara yang paling ampuh untuk membasmi tindak pidana korupsi. Demikian hal tersebut disampaikan oleh Direktur Pendidikan dan Pelayanan Masyarakat KPK, Dedie A Rachim, dalam seminar nasional yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Perdata (Himadata) Fakultas Hukum Universitas Islam Riau di Aula Kampus Fakultas Hukum, Sabtu (15/12). Dalam seminar dengan tema Strategi pemberantasan korupsi di Indonesia tersebut, Dedie menerangkan bahwa KPK saat ini sudah sampai pada mempelajari naskah studi memiskinkan koruptor. “Naskah studi pemiskinan koruptor tersebut sedang dipelajari. Bagaimana langkah-langkah untuk membuat koruptor tersebut miskin sedang dianalisa,” kata Dedie. Dedie juga menceritakan bahwa sebagai lembaga pemberantas korupsi Indonesia yang lahir paling terakhir dibanding lembaga pemberantas korupsi negara-negara lainnya yang sudah dibentuk puluhan tahun lalu, KPK banyak mempelajari cara mengatasi korupsi dari negara-negara lainnya.

…dst

11 ) Angie Menyesal Masuk Politik
http://www.jpnn.com/read/2012/12/15/150585/Angie-Menyesal-Masuk-Politik-

Sabtu, 15 Desember 2012 , 06:37:00
JAKARTA – Andai saja Angelina Sondakh tetap menekuni profesi sebagai artis, ia mungkin tak akan menjalani proses persidangan sebagai terdakwa korupsi. Di muka persidangan, mantan Putri Indonesia itu mengungkapkan penyesalannya karena telah menempuh karir baru menjadi politisi. “Saya menyesal masuk politik,” kata Angelina alias Angie dalam sidang di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta kemarin. Ungkapan Angie tersebut menjawab Ketua Majelis Hakim Sudjatmiko yang menanyakan apakah ia menyesali perbuatannya. Awalnya, Sudjatmiko tak melontarkan pertanyaan yang lazim diungkapkan hakim di ujung pemeriksaan terdakwa. Namun jaksa KPK mempertanyakan kenapa majelis tidak menanyakan hal tersebut kepada Angie. Hakim berasalan pertanyaan tentang penyesalan terdakwa tak perlu dilontarkan karena sepanjang sidang Angie tak pernah mengakui perbuatan yang didakwakan. Namun akhirnya hakim melontarkan pertanyaan formalitas tersebut. “Saya juga menyesal telah mengenalkan Rosa dengan Haris,” kata Angie. Politisi Partai Demokrat tersebut sama sekali tak menyatakan menyesali perbuatannya. Rosa yang dimaksud adalah Mindo Rosalina Manulang, Direktur Pemasaran Grup Permai. Rosa adalah anak buah terpidana kasus Wisma Atlet M. Nazaruddin, pemilik Grup Permai, yang kala itu adalah Bendahara Partai Demokrat. Sedangkan Haris yang dimaksud Angie adalah Haris Iskandar, Sekretaris Ditjen Pendidikan Tinggi Kemendiknas (sekarang Kemendikbud).

…dst

12 ) Penerbitan SK CPNS dan SPMT Harus Berdasarkan Aturan
http://www.bkn.go.id/in/berita/2030-penerbitan-sk-cpns-dan-spmt-harus-berdasarkan-aturan.html

Selasa, 03 Juli 2012 09:42
Jakarta-Humas BKN, Penerbitan SK CPNS dan Surat Perintah Melaksanakan Tugas (SPMT) bagi seorang calon pegawai harus berdasarkan aturan yang berlaku. Hal ini merupakan salah satu upaya Badan Kepegawaian Negara agar Norma, Standar, dan Prosedur (NSP) di bidang Kepegawaian ditegakkan dengan baik oleh instansi pemerintah. Informasi ini disampaikan oleh Kepala Bagian (Kabag) Humas Tumpak Hutabarat saat beraudiensi dengan DPRD Kabupaten Pinrang di Ruang Rapat lantai 1 gedung I BKN Pusat Jakarta, Senin (2/7). Dalam audiensi ini dibahas antara lain tentang keterkaitan Surat Perintah Melaksanakan Tugas (SPMT) dengan pembayaran gaji terhadap pegawai. Lebih lanjut Tumpak Hutabarat menyatakan bahwa sesuai lampiran I Peraturan Kepala BKN Nomor 30 Tahun 2007 Tentang Pedoman Pelaksanaan Pengadaan CPNS, penetapan SPMT terhadap seorang pegawai tidak boleh berlaku surut dari tanggal penetapan surat keputusan pengangkatannya menjadi CPNS. Ini berarti penerbitan SPMT oleh kepala kantor/satuan organisasi tidak boleh mendahului tanggal penetapan SK pengangkatan sebagai CPNS. Gaji pun dibayarkan setelah SPMT untuk seorang CPNS diterbitkan.

…dst

13 ) Waspada, Virus Flu Burung Telah Bermutasi
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/12/15/370330/293/14/Waspada-Virus-Flu-Burung-Telah-Bermutasi

Sabtu, 15 Desember 2012 17:29 WIB
JAKARTA–MICOM: Kementerian Kesehatan memastikan telah terjadi mutasi virus H5N1 penyebab terjadinya flu burung. Virus jenis baru ini diduga lebih mudah menularkan penyakit flu burung dari unggas ke manusia. “Mutasi pada virus flu burung di Indonesia memang sudah terjadi. Hal ini juga terjadi di sejumlah negara,” ujar Dirjen Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Kemenkes Tjandra Yoga Aditama via surat elektronik yang diterima Sabtu (15/12). Komentar Tjandra guna menanggapi soal semakin maraknya kasus kematian itik di sejumlah wilayah Indonesia akibat virus flu burung. Untuk menandai mutasi baru virus H5N1, kini para peneliti menamakan clade (tipe) baru pada virus itu, yaitu clade 2.3.2. Sebelumnya pada 2009, virus tersebut diberi nama clade 2.1.3 Unggas yang mengindap clade 2.3.2. tidak hanya ada di Indonesia. Sejumlah negara seperti Vietnam, Cambodia, Nepal, India, Bangladesh, Bhutan, Japan, Korea dan Hong Kong telah melaporkan kasus mutasi serupa pada unggas. “Untuk sementara waktu clade baru ini baru ditemukan pada unggas dan belum dtemukan penularan pada manusia di Indonesia,” sebutnya.

…dst

14 ) Jateng Diserang Flu Burung Jenis Baru-Peternak Itik di 21 Kabupaten dan Kota Rugi Miliaran Rupiah
http://www.seputar-indonesia.com/news/jateng-diserang-flu-burung-jenis-baru-peternak-itik-di-21-kabupaten-dan-kota-rugi-miliaran-rupi

16 Desember 2012
SEMARANG – Virus flu burung atau avian influenza (AI) jenis baru yang menyerang unggas di Jawa Tengah terus menyebar. Saat ini tercatat sudah ada 21 kabupaten dan kota yang terjangkiti virus mematikan tersebut. Berdasarkan data yang dihimpun Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakan dan Keswan) Provinsi Jawa Tengah, itik yang mati akibat virus hingga kemarin mencapai 61.459 ekor. Akibat serangan virus tersebut, para peternak itik di provinsi ini ditaksir mengalami kerugian hingga miliaran rupiah. Meski demikian, masyarakat Jateng diminta tetap tenang dan tidak panik mengonsumsi daging unggas. Kepala Disnakan dan Keswan Provinsi Jawa Tengah,Whitono mengatakan kematian itik secara mendadak ini pertama kali terjadi pada September lalu. Daerah yang paling banyak ditemukan kasus kematian itik ini antara lain Brebes, Jepara, Demak, Pemalang dan Karanganyar. “Memang di tahun-tahun sebelumnya belumpernahadaitik yang mati karene flu burung, biasanya pada unggas atau ayam,”kataWhitono,kemarin. Menurut dia, ada beberapa kemungkinan penyebab virus AI ini menyerang itik.Pertama, virus flu burung mengalami mutasi.Kedua,masuknya virus dari luar negeri penularannya melalui migrasi burung. Namun terpenting saat ini, peternak diimbau untuk melakukan langkah pencegahan dengan disinfektan karena tahun ini Disnakan sudah mendistribusikan 9.300 liter disinfektan. Jika ada kejadian itik yang mati mendadak dan diduga akibat flu burung, lanjut dia, peternak diminta melakukan koordinasi dan segera melapor kepada dinas terkait supaya bisa diambil langkah-langkah. “Bagi peternak yang melakukan kontak langsung, sebaiknya menggunakan masker kemudian mencuci tangan dengan sabun.Jangan lupa langkahlangkah bio security, yakni kebersihan kandang,”papar Whitono.

…dst