1 ) Tiga Korban Tewas dalam Diklat Penelusuran Goa Dievakuasi
http://www.metrotvnews.com/metronews/video/2013/03/20/3/173588/Tiga-Korban-Tewas-dalam-Diklat-Penelusuran-Goa-Dievakuasi

Rabu, 20 Maret 2013 | 06:53 WIB
Metrotvnews.com, Gunungkidul: Setelah melalui proses selama lebih enam jam, korban tewas ketiga Diklat Penelusuran Goa di Goa Seropan, Semanu, Gunungkidul, Yogyakarta, akhirnya berhasil diangkat dari dasar goa. Sebelumnya dua korban tewas lainnya sudah dievakuasi. Ketiga jenazah kini berada di Rumah Sakit Umum Daerah Wonosari. Setelah berhasil diangkat dari dasar goa oleh tim gabungan SAR, Polri, dan TNI, korban tewas terakhir bernama Hevin Fahariza langsung dievakusi dengan tandu menuju ke mobil ambulans. Mahasiswi Universitas Muhammadiyah Purwokerto asal Surabaya, Jawa Timur, itu baru bisa dievakuasi ke atas selang dua jam dari kedua korban yang dievakuasi lebih dulu. Dua korban sebelumnya masing-masing Ganang Samudra asal Solo, mahasiswa ISI Yogyakarta, dan Dian asal Yogyakarta dari Universitas Gajah Mada. Sebelumnya, satu kelompok dengan peserta 20 orang dan 4 pemandu sempat terjebak banjir sungai bawah tanah di dasar Goa Seropan 2. Sebagian besar berhasil menyelamatkan diri, sementara 3 peserta tewas tenggelam.

…dst

2 ) Uang Kuliah UI Maksimal Rp 7,5 Juta
http://edukasi.kompas.com/read/2013/03/20/14115839/Uang.Kuliah.UI.Maksimal.Rp.7.5.Juta

Rabu, 20 Maret 2013 | 14:11 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Universitas Indonesia akhirnya menentukan uang kuliah tunggal untuk tahun akademik 2013/2014. Tidak berbeda jauh dengan tahun sebelumnya, UI menetapkan batas maksimal UKT hingga Rp 7,5 juta. Nominal ini lebih rendah dibandingkan dengan Institut Teknologi Bandung.Pejabat SementaraRektor UI Djoko Santoso mengatakan, UI sudah memastikan batas maksimal UKT sebesar Rp 7,5 juta. Namun tidak menutup kemungkinan ada mahasiswa yang membayar lebih rendah dibandingkan nominal UKT tersebut.”Range-nya kan dari Rp 0 hingga Rp 7,5 juta. Jadi bisa saja itu ada yang Rp 4 juta. Kan lihat kemampuan keluarga si anak juga,” kata Djoko saat dijumpai seusai penandatanganan Nota Kesepahaman antara 16 universitas negeri dan SMA unggulan CT Foundation di Gedung A Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta, Selasa (19/3/2013).

…dst

3 ) UI: 250 Guru Besar Pun Masih Kurang
http://edukasi.kompas.com/read/2013/03/20/12243895/UI.250.Guru.Besar.Pun.Masih.Kurang

Rabu, 20 Maret 2013 | 12:24 WIB
DEPOK, KOMPAS.com – Setelah melantik dua guru besar baru hari ini, Rabu (20/3/2013), Ketua Dewan Guru Besar Universitas Indonesia (UI) Biran Affandi mengatakan, hingga saat ini, UI sudah memiliki 250 guru besar. Biran mengatakan bahwa UI memang tergolong kampus dengan guru besar yang terbanyak. Namun, lanjutnya, jumlah ini masih kurang jika dibandingkan dengan jumlah mahasiswa UI yang ada. “Masih kurang karena kita memiliki 13 fakultas, sementara mahasiswa kita sekitar 50.000,” tuturnya usai pelantikan dua guru besar FT UI di Balai Sidang UI. Selain itu, Biran mengatakan, jumlah guru besar yang dimiliki UI masih kurang ideal jika melihat cita-cita UI untuk menjadi research university atau universitas riset. Pasalnya, sebuah universitas riset ditandai dengan riset yang terus berkembang yang didorong oleh para guru besarnya.

…dst

4 ) Mahasiswa UI Siap Ikuti Kompetisi Kendaraan Hemat Energi
http://sains.kompas.com/read/2013/03/20/18193432/Mahasiswa.UI.Siap.Ikuti.Kompetisi.Kendaraan.Hemat.Energi.

Rabu, 20 Maret 2013 | 18:19 WIB
DEPOK, KOMPAS.com — Untuk keempat kalinya, Universitas Indonesia (UI) akan berpartisipasi kembali dalam kompetisi “Shell Eco-marathon Asia 2013” yang digelar di Malaysia pada 4-7 Juli 2013 di Sirkuit Sepang, Malaysia. Dalam kompetisi ini, UI mengirimkan dua tim. Kepala Kantor Komunikasi UI Farida Haryoko di Depok, Rabu (20/3/2013), mengatakan UI akan menggelar acara Grand Launching Shell Eco-marathon Asia 2013 Universitas Indonesia pada Kamis besok. Acara Grand Launching Shell Eco-marathon UI Cars bakal memperkenalkan Tim Shell Eco-marathon Asia 2013 UI Running Test Shell-Eco-marathon UI Cars Pada kompetisi tingkat Asia ini, UI akan mengirimkan dua tim untuk berpartisipasi dalam kategori yaitu prototype dan urban concept yang berfokus pada efisiensi penggunaan bahan bakar.Dalam kategori prototype, UI mengirimkan rancangan Keris RV yang merupakan kendaraan hemat energi rancangan tim Nakoela sebagai generasi kelima yang dilengkapi dengan teknologi injeksi dengan Programmable ECU.

…dst

5 ) Aturan Kuliah Bebas Pungutan Disahkan Pekan Depan
http://www.tempo.co/read/news/2013/03/20/079468192/Aturan-Kuliah-Bebas-Pungutan-Disahkan-Pekan-Depan

Rabu, 20 Maret 2013 | 12:55 WIB
TEMPO.CO, Jakarta – Program uang kuliah tetap untuk perguruan tinggi negeri pada tahun ajaran 2013/2014 bakal disahkan pekan depan. Kelak, mahasiswa tidak lagi dipungut biaya macam-macam selain uang kuliah tetap. Menurut Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh, draft aturan sudah pada tahap finalisasi. Tahap selanjutnya tinggal presentasi. “Hari ini Dikti bertemu dengan para wakil rektor seluruh PTN untuk menyelesaikan draf tersebut,” kata Nuh ketika ditemui di kantornya, Selasa, 19 Maret 2013. Dia menjelaskan, program ini harus segera cepat diselesaikan agar calon mahasiswa baru sudah melihat berapa dana kuliah yang harus dibayarkan per semesternya sebelum mendaftar. Nuh mengatakan, program uang kulian konsep (UKT) sebagai jawaban atas keluhan masyarakat bahwa uang yang ditarik dari mahasiswa terlalu banyak. Selain biaya kuliah per semester, selama ini mahasiswa masih dibebani berbagai sumbangan, mulai dari pembangunan gedung, biaya praktikum, dan masih banyak lagi.

…dst

6 ) Mendikbud: Itera Akan Jadi Tulang Punggung Sumatra
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/dunia-kampus/13/03/20/mjyjml-mendikbud-itera-akan-jadi-tulang-punggung-sumatra

Rabu, 20 Maret 2013, 18:51 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,BANDARLAMPUNG–Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh menegaskan bahwa Institut Teknologi Sumatera (Itera) akan menjadi tulang punggung kemajuan Pulau Sumatra dan Indonesia, karena akan mendidik 80 ribu mahasiswa teknik yang berkualitas. “Mahasiswa yang dibutuhkan Sumatera untuk pembangunan seharusnya mencapai 15 persen, namun saat ini baru dapat menampung sebanyak 11 persen,” kata M Nuh, usai pembukaan Rapat Koordinasi Gubernur se-Sumatera di Hotel Novotel Bandarlampung, Rabu.Selain menghadiri Rakorgub se-Sumatera, Mendikbud M Nuh juga melakukan peletakan batu pertama pembangunan Kampus Institut Teknologi Sumatera di Bandarlampung, dengan menandatangani prasasti dimulainya pembangunannya.

…dst

7 ) Pembangunan Itera Telan Rp2 T
http://kampus.okezone.com/read/2013/03/20/373/778692/pembangunan-itera-telan-rp2-t

Rabu, 20 Maret 2013 13:26 wib
LAMPUNG – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mulai membangun kampus Institut Teknologi Sumatera (Itera). Menempati lahan seluas 300 hektare (ha) di bagian selatan Sumatera, dana pembangunan Itera diperkirakan mencapai Rp2 triliun. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh menyatakan, dana pembangunan diambil dari APBN dan APBD. Dengan begitu, pemerintah bisa leluasa mengerjakan proyek pembangunan Itera tanpa harus memikirkan utang. “Setahun kita butuhkan sekira Rp200 miliar-Rp300 miliar. Nanti kita hitung, total dana pembangunan itu Rp2 triliun. Karena ini bertahap, maka tidak akan terasa,” ujar Nuh, pada acara rapat koordinasi gubernur se-Wilayah Sumatera, di Hotel Novotel, Lampung, Rabu (20/3/2013). Mantan menteri komunikasi dan informatika (Menkominfo) itu mengimbuh, pembangunan akan dilakukan bertahap. Diperkirakan, kampus Itera akan rampung dalam tiga hingga empat tahun mendatang. Kampus Itera nantinya akan menjadi institut teknik negeri di Sumatera. Di kampus ini, mahasiswa bisa belajar tentang berbagai teknologi mulai dari pangan, elektronika, mekanika, dsb. Nuh berharap, Itera tidak hanya akan menjadi penyokong pendidikan teknologi di Lampung dan Sumatera, tetapi juga di Indonesia. Bahkan, Kemendikbud menyiapkan Itera sebagai kampus berkelas dunia.

…dst

8 ) Mendikbud: Saya Merasa Tersinggung
http://kampus.okezone.com/read/2013/03/20/373/778715/mendikbud-saya-merasa-tersinggung

Rabu, 20 Maret 2013 13:46 wib
LAMPUNG – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohamad Nuh berangkat ke Lampung untuk melakukan peletakan batu pertama kampus Institut Teknologi Sumatera (Itera). Selain meletakkan batu pertama di Itera, M Nuh juga turut serta dalam rapat koordinasi gubernur se-Wilayah Sumatera. Namun, usai menghadiri pembukaan rapat koordinasi gubernur se-Wilayah Sumatera dan rakor MP3EI ini, dia merasa tersinggung. Apa pasal mantan rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya periode 2003–2006 ini tersinggung? Dia tersinggung bukan karena ada ucapan ataupun sikap seseorang. Mantan menteri komunikasi dan informatika (Menkominfo) ini merasa “tersinggung” lantaran begitu keluar pintu, dia disambut oleh para wanita penerima tamu yang bertubuh jangkung. Melihat hal ini, M Nuh sontak berkata. “Wah tinggi-tinggi ya, merasa tersinggung saya jadinya kalau melihat yang tinggi-tinggi ini,” kata M Nuh diiringi tawanya kala ditemui di Novotel, Lampung, Rabu (20/3/2013). Seperti diketahui, M Nuh dikukuhkan sebagai rektor ITS pada 15 Februari 2003. Pada tahun yang sama, Nuh dikukuhkan sebagai guru besar (profesor) bidang ilmu Digital Control System dengan spesialisasi Sistem Rekayasa Biomedika.Dia adalah rektor termuda dalam sejarah ITS, yakni berusia 42 tahun saat menjabat.

…dst

9 ) Inspektorat Jenderal Kemdikbud Audit Dana Hibah PTS dan APBN-P 2012
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/1139

03/20/2013
Jakarta — Inspektorat Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Itjen Kemdikbud) telah melakukan audit tujuan tertentu terhadap penggunaan dana Program Hibah Pembinaan Perguruan Tinggi Swasta (PHP-PTS) dan Program Hibah Kompetisi Berbasis Institusi (PHKI) serta audit tujuan tertentu realisasi penggunaan APBN-P tahun 2012. Pelaksanaan audit tujuan tertentu tersebut dilaksanakan tanggal 20 Februari 2013 sampai dengan 1 Maret 2013 yang lalu. Audit tujuan tertentu terhadap penggunaan dana hibah PHP-PTS dan PHKI dilakukan pada 20 perguruan tinggi swasta (PTS) di lingkungan Kopertis Wilayah III DKI Jakarta. Tujuan kegiatan audit PHKI adalah untuk menguji, menilai, dan mengukur apakah pemberian hibah kompetisi berbasis institusi kepada PTS-PTS tersebut dikelola secara objektif, efektif, efisien, transparan, dan akuntabel.

…dst

10 ) 16 PTN Tandatangani Nota Kesepahaman dengan Chairul Tanjung Foundation
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/1137

03/19/2013
Jakarta — Menyongsong tahun pelajaran baru tahun 2013/2014, SMA Unggulan Chairul Tanjung Foundation (CTF) berkomitmen menjadi provider siswa kurang mampu berprestasi bagi program beasiswa Bidikmisi. Untuk itu, Chairul Tanjung Foundation yang diwakili oleh Anita Chairul Tanjung menandatangani nota kesepahaman bersama 16 rektor universitas dan direktur politeknik. Penandatanganan yang dilakukan di Graha Utama Kemdikbud, Selasa (19/3), disaksikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh, Chairul Tanjung, dan Sekretaris Jenderal Kemdikbud Ainun Na’im. Rencananya, sebanyak 100 orang lulusan SMA Unggulan CTF tahun ini akan masuk jalur penerimaan mahasiswa baru dengan program beasiswa Bidikmisi.Ke 16 PTN tersebut adalah Universitas Andalas, Universitas Airlangga, Universitas Padjajaran, Universitas Indonesia, Universitas Diponegoro, Institut Teknologi Sebelas Maret, Universitas Negeri Yogyakarta, Politeknik Manufaktur Bandung, Universitas Gadjah Mada, Institut Teknologi Bandung, Universitas Sumatera Utara, Universitas Negeri Malang, Institut Pertanian Bogor, Politeknik Elektronika Surabaya, Universitas Pendidikan Indonesia, dan Universitas Sriwijaya.

…dst

11 ) Konferensi Dewan SEAMEO Ke-47 Digelar di Vietnam
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/1140

03/20/2013
Hanoi, Vietnam — Konferensi Dewan SEAMEO atau SEAMEO Council Conference yang ke-47 diselenggarakan di Vietnam, dari tanggal 19 hingga 21 Maret 2013 di Hotel Daewoo, Hanoi, Vietnam. Pertemuan ini dihadiri oleh lebih dari 200 peserta dari 18 negara. Delegasi pertemuan tersebut adalah delegasi dari sebelas negara anggota SEAMEO (menteri pendidikan, pejabat di kementerian pendidikan, direktur pusat-pusat SEAMEO), perwakilan dari organisasi internasional , anggota SEAMEO Associate, anggota SEAMEO Affiliate, serta mitra SEAMEO. Pertemuan ini bertujuan untuk mendorong kerjasama yang lebih kuat antar negara-negara SEAMEO dalam bidang pendidikan. Agenda terpenting dalam konferensi ini adalah diskusi tentang Pendidikan untuk Semua dan agenda pembangunan dan pendidikan di Asia Tenggara pasca-2015. Hal penting lain dari konferensi ini adalah forum kebijakan dengan tema “Lifelong Learning: Visi dan Kebijakan”.

…dst

12 ) Belajar Seumur Hidup Dilembagakan di Asia Tenggara
http://edukasi.kompas.com/read/2013/03/20/19381313/Belajar.Seumur.Hidup.Dilembagakan.di.Asia.Tenggara

Rabu, 20 Maret 2013 | 19:38 WIB
HANOI, KOMPAS.com — Konferensi Para Menteri Pendidikan se-Asia Tenggara (SEAMEO) ke-47 menyepakati pembentukan lembaga yang mendorong dan mempromosikan pembelajaran seumur hidup. Namanya, Pusat Regional untuk Belajar Sepanjang Hayat (SEAMEO Regional Center for Longlife Learning/CELLL) yang berpusat di Ho Chi Minh, Vietnam. Lembaga itu akan meriset dan memfasilitasi pengembangan konsep belajar sepanjang hayat sebagai dasar pendidikan. Mereka juga akan memperkuat hubungan Asia-Eropa untuk mempromosikan konsep itu. “Longlife learning merupakan alat untuk mengembangkan kualitas hidup manusia. Sekolah formal di sekolah seperti kita kenal, tidak cukup,” kata Sumalee Sungsri, Guru Besar Pendidikan dari Thailand, Rabu (20/3/2013) malam, sebagaimana dilaporkan wartawan Kompas, Gesit Ariyanto.

…dst

13 ) Adu Jago Akuntansi di Accounting Fair 2013
http://kampus.okezone.com/read/2013/03/20/373/778542/adu-jago-akuntansi-di-accounting-fair-2013

Rabu, 20 Maret 2013 10:11 wib
JAKARTA – Dalam rangka mempersiapkan tenaga-tenaga akuntan yang bagus dan handal di Indonesia, Universitas Bakrie mengadakan ajang kompetisi akuntansi tingkat pelajar SMA/SMK se-Jabotabek dan perguruan tinggi se-Jawa. Kompetisi tersebut diberi tajuk Accounting Fair 2013. Mengangkat tema “Be Cash Accountant – Preparing Indonesia Youth Accountant to Vanquish ASEAN Economic Community (AEC) Era Through Competence, Ethics, and Profesionalism”, Accounting Fair 2013 ini dilaksanakan selama tiga hari. Saat membuka acara, Kepala Program Studi (Kaprodi) Akuntansi Universitas Bakrie Tri Pujadi Susilo SE.Ak. MM. mengatakan, forum Accounting Fair 2013 ini sangat baik dan positif dalam rangka membangun tenaga-tenaga akuntan yang handal untuk masa akan datang.

…dst

14 ) Jurusan Perikanan UGM Bersiap Jadi Fakultas
http://kampus.okezone.com/read/2013/03/20/373/778595/jurusan-perikanan-ugm-bersiap-jadi-fakultas

Rabu, 20 Maret 2013 11:14 wib
JAKARTA – Setengah abad bukan usia yang dapat dibilang muda. Di usia ini, seseorang telah memiliki berbagai pengalaman hidup yang mengantarkan mereka pada kebijaksanaan. Begitu pula analogi untuk sebuah jurusan di perguruan tinggi. Eksis selama 50 tahun tentu membuat suatu jurusan mumpuni dalam bidangnya. Itulah yang dirasakan pengelola Jurusan Perikanan, Fakultas Pertanian, Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta. Pada usianya ke-50, mereka bersiap menjadi fakultas. Menurut Ketua jurusan Perikanan Fakultas Pertanian UGM, Prof. Dr. Ir. Rustadi, M.Sc., dalam waktu dekat pihaknya berencana mengajukan proposal perubahan menjadi fakultas kepada Senat Akademik Universitas. “Selain untuk merespons kebutuhan sumber daya manusia di bidang perikanan dan kelautan, jurusan Perikanan UGM sudah memenuhi syarat untuk menjadi Fakultas. Jumlah dosen Perikanan ada 28 orang. Sekira 60% doktor dan tiga profesor. Kini lima orang tengah menempuh doktor. Ini sudah memenuhi syarat untuk mengajukan menjadi fakultas,” kata Rustadi seperti dilansir laman UGM, Rabu (20/3/2013).

…dst

15 ) Tiga PTN di Malang Diminati 119.344 Siswa
http://edukasi.kompas.com/read/2013/03/20/21353526/Tiga.PTN.di.Malang.Diminati.119.344.Siswa

Rabu, 20 Maret 2013 | 21:35 WIB
MALANG, KOMPAS.com – Tiga perguruan tinggi negeri atau PTN yang ada di Kota Malang, Jawa Timur, diminati sebanyak 119.344 siswa untuk bersaing diterima dalam seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) 2013. Menurut Kabag Akademik Universitas Brawijaya (UB) Malang Agus Yuliawan Surasdiyanto, Rabu, mengatakan, persaingan jalur SNMPTN tahun ini sangat ketat, bahkan untuk bisa meraih satu kursi harus bersaing dengan 12 siswa lainnya. “Namun demikian, peserta SNMPTN tidak perlu berkecil hati karena sesua peserta (siswa) memiliki kesempatan dan peluang yang sama. Tapi, ya itu tadi, persaingannya sangat ketat,” kata Agus Yuliawan, Rabu (20/3/2013). Peserta SNMPTN di Universitas Brawijaya sebanyak 71 ribu siswa, Universitas Negeri Malang (UM) sebanyak 39.647 siswa dan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) mencapai 8.697 siswa.

…dst

16 ) Tersangka Korupsi, Rektor Unsoed Absen di Wisuda
http://www.tempo.co/read/news/2013/03/19/063468036/Tersangka-Korupsi-Rektor-Unsoed-Absen-di-Wisuda

Selasa, 19 Maret 2013 | 17:58 WIB
TEMPO.CO, Purwokerto – Rektor Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto, Edy Yuwono, tak terlihat batang hidungnya dalam prosesi wisuda kampus itu. Sebelumnya, ia tak pernah absen memimpin acara wisuda di Unsoed. “Rektor berhalangan hadir karena ada rapat di Jakarta,” kata juru bicara Unsoed, Endang Istanti, di sela upacara wisuda sarjana ke-108 Unsoed, Selasa, 19 Maret 2013. Pada Senin siang lalu, Endang memastikan rektor akan datang dan memimpin acara wisuda. Meski ditetapkan sebagai tersangka kasus korupsi, kata Endang, rektor akan tetap memimpin wisuda. Keterangan Endang berbeda 180 derajat dengan keterangan dari anggota senat Unsoed, Totok Agung. “Pak Rektor SMS saya bahwa beliau tidak bisa hadir karena sedang sakit,” kata dia.

…dst

17 ) Terlibat Investasi Bodong, Mahasiswa UIN Terancam Dipecat
http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2013/03/19/6/139706/Terlibat-Investasi-Bodong-Mahasiswa-UIN-Terancam-Dipecat

Selasa, 19 Maret 2013 | 18:33 WIB
Metrotvnews.com, Bandung: Rektor Universitas Islan Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Deddy Ismatullah mengancam akan memecat seorang mahasiswa semester V karena bertindak kriminal.”Jika terbukti secara hukum ada mahasiswa yang mencoreng nama baik kampus, saya setuju agar yang berangkutan diberhentikan untuk belejar di sini (UIN),” tegas Deddy di Bandung, Selasa (19/3). Deddy menambahkan untuk memberhentikan mahasiswa harus melalui rektorat. “Untuk pemberhentian (mahasiswa) yang terkait kasus tindak pidana kriminal, tentunya terlebih dahulu harus dibahas di rapat,” jelas Deddy. Seperti diketahui, dari hasil penyidikan tim Krimsus investasi valas via daring yang dikelola tersangka, berhasil memperdaya sebanyak 338 korban yang menjadi nasabahnya, sekaligus berhasil meraup uang senilai Rp40 miliar hanya dalam kurang dari satu tahun,

…dst

18 ) Mahasiswa UNS Wajib Kuliah Kewirausahaan
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/dunia-kampus/13/03/20/mjy8mn-mahasiswa-uns-wajib-kuliah-kewirausahaan

Rabu, 20 Maret 2013, 14:54 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, SOLO — Mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo wajib menempuh satu semester mata kuliah kewirausahaan, hal ini dimaksudkan untuk memberikan bekal kepada mereka nanti setelah lulus untuk berwirausaha. Melalui program ini diharapkan pula bisa membantu mempercepat untuk menciptakan wirausaha baru, karena jumlah pengusaha di Indonesia sekarang ini masih tergolong minim, kata Rektor UNS Ravik Karsidi dalam membuka sosialisasi program mahasiswa kewirausahaan di aula Fakultas Pertanian UNS, Rabu (20/3). “Jumlah perbandingan antara pengusaha dengan penduduk di Indonesia ini masih timpang. Ya ada empat persen pengusaha saja dari jumlah penduduk yang ada Indonesia sudah makmur. Melalui program ini diharapkan sedikit banyak bisa membantu,” katanya.

…dst

19 ) UI Buka Mata Kuliah Negara-Negara Visegrad
http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2013/03/20/3/139839/UI-Buka-Mata-Kuliah-Negara-Negara-Visegrad

Rabu, 20 Maret 2013 | 07:34 WIB
Metrotvnews.com, Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Indonesia menawarkan mata kuliah negara-negara Visegrad atau Eropa Tengah dalam program studi Kajian Wilayah Eropa. Mata kuliah itu diharapkan dapat meningkatkan hubungan Indonesia dengan negara-negara Eropa tengah. “Indonesia dipandang oleh negara-negara Eropa tengah atau visegrad countries penting sekali. Karena itu, kami mendukung mata kuliah ini,” kata Duta Besar Polandia untuk Indonesia Grzegorz Wisniewski ketika memberikan kata sambutan dalam pembukaan mata kuliah visegrad countries di Jakarta, Selasa (19/3). Ia pun menjelaskan banyak yang bisa dipelajari tentang negara-negara visegrad. Terlebih, mata kuliah UI yang baru ini mengedepankan kajian tentang masyarakat, negara, dan politik.”Kami sebenarnya sudah bekerja sama lama dengan Indonesia. Kami harap ke depannya akan lebih erat lagi. Saya berterima kasih telah membuka mata kuliah untuk negara-negara eropa tengah ini,” sambung Grzegorz.

…dst

20 ) Pemerintah Didesak Tindak Tegas Kampus Ilegal
http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2013/03/18/3/139297/Pemerintah-Didesak-Tindak-Tegas-Kampus-Ilegal

Senin, 18 Maret 2013 | 10:07 WIB
Metrotvnews.com, Sleman: Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (Aptisi) mendesak Ditjen Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk menindak tegas perguruan tinggi ilegal. Keberadaan perguruan tinggi tidak legal itu, kata Ketua Aptisi Edy Suandi Hamid, akan menimbulkan kebingungan dan sekaligus kerugian dalam masyarakat. Tetapi, dia juga berharap, dalam upaya penertiban tidak mengorbankan mahasiswa yang sudah kuliah di perguruan tinggi ilegal. “Para mahasiswanya harus diselamatkan, mereka tetap harus memperoleh hak untuk kuliah di perguruan tinggi legal,” jelas Edy. Dia menegaskan, perguruan tinggi ilegal memang harus ditutup namun mahasiswanya harus ditampung di perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan tinggi secara legal.

…dst

21 ) Unnes Kembali Dipercaya Memindai Lembar Jawab UN
http://edukasi.kompas.com/read/2013/03/20/21270682/Unnes.Kembali.Dipercaya.Memindai.Lembar.Jawab.UN

Rabu, 20 Maret 2013 | 21:27 WIB
SEMARANG, KOMPAS.com – Universitas Negeri Semarang (Unnes) kembali dipercaya memindai lembar jawab Ujian Nasional (UN) tahun 2013 untuk jenjang sekolah menengah atas (SMA) dan sederajat di wilayah Jawa Tengah. “Kami kembali dipercaya untuk memindai lembar jawab UN. Persiapan sudah kami lakukan, terutama koordinasi dan pembentukan tim,” kata Pembantu Rektor I Unnes, Agus Wahyudin di Semarang, Rabu (20/3/2013). Menurut dia, secara garis besar Unnes siap melaksanakan tugas tersebut didukung dengan peralatan pemindai yang memadai dan tenaga yang akan dikerahkan untuk mengoperasikan alat pemindai lembar jawab UN itu. Dibandingkan pelaksanaan UN tahun lalu, kata dia, sebenarnya hampir sama mekanisme pemindaiannya, tetapi untuk tahun ini ditambah tugas memindai lembar jawab ujian nasional program paket (UNPP) C.

…dst

22 ) Ajak Bangun Radar Indonesia
http://its.ac.id/berita.php?nomer=11798

20 Maret 2013
Pertahanan wilayah Indonesia sampai saat ini masih menjadi masalah yang belum terselesaikan. Bahkan alat-alat pertahanan Indonesia masih sering impor dari luar negeri. Lebih dari 700 radar dibutuhkan untuk menjaga pertahanan RI. Sudah saatnya Indonesia mengembangkannya sendiri. Jurusan Teknik Elektro, ITS Online – Seminar dan workshop bertajuk Indonesia Radar (Indera) pada Selasa (19/3) mengingatkan pentingnya isu tersebut. Untuk memenuhi penjagaan terhadap wilayah yang luas, radar yang dibutuhkan oleh Indonesia harus cukup banyak pula jumlahnya. “Radar di Indonesia masih terbatas, kalau pun ada, radar itu masih digunakan dalam sebuah kapal,” tutur pembicara Oktanto Dedi ST.Membuat radar sendiri sebenarnya tak mustahil. Dedi mewakili sebuah perusahaan bernama PT Dua Empat Tujuh yang sudah membuat radar sejak tahun 2010 silam. Kali ini, mereka fokus terhadap pengembangan jenis array radar. Mereka turut mengajak pemerintah serta beberapa universitas teknik untuk bekerjasama. “Kebanyakan radar saat ini adalah radar dengan antena yang berputar, akan tetapi radar kali ini kita buat yang lebih canggih lagi. Kami berharap ITS bisa turut berpartisipasi,” lanjut Dedi.

…dst