1 ) Ilmuwan Indonesia Pamerkan Pemindai Otak 4D Pertama di Dunia
http://sains.kompas.com/read/2013/04/12/16191873/Ilmuwan.Indonesia.Pamerkan.Pemindai.Otak.4D.Pertama.di.Dunia

Jumat, 12 April 2013 | 16:19 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Ilmuwan Indonesia, Warsito P Taruno, memamerkan alat pemindai aktivitas otak pertama di dunia ciptaannya. Ia mempresentasikan ciptaannya di International Symposium on Biomedical Imaging yang diselenggarakan IEEE di San Fransisco, Amerika Serikat, 7-13 April 2013. Alat oemindai otak ciptaan Warsito bernama 4D Brain Activity Scanner berbasis Electrical Capacitance Volume Tomography (ECVT). Alat itu telah dipatenkan di lembaga paten dunia WIPO/PTO tahun 2006. IEEE sendiri adalah organisasi ilmiah profesional beranggotakan 425.000 orang. “ECVT digunakan untuk mengukur sinyal-sinyal listrik yang dihasilkan dari aktivitas otak manusia dan merekonstruksi citra volumetrik dan aktivitas otak,” ungkap Warsito dalam rilis yang diterima Kompas.com, Jumat (12/4/2013). “Ini adalah teknologi pertama di dunia yang bisa melakukan pemindaian terhadap aktivitas otak manusia secara 4D dan real time, yang bisa digunakan untuk membantu melakukan studi terhadap otak manusia,” imbub Warsito.

…dst

2 ) Beasiswa Endeavour untuk Pascasarjana di Aussie
http://kampus.okezone.com/read/2013/04/12/368/790374/beasiswa-endeavour-untuk-pascasarjana-di-aussie

Jum’at, 12 April 2013 13:13 wib
JAKARTA – Setiap tahun, pemerintah Australia menganugerahkan beasiswa pascasarjana untuk pelajar internasional. Beasiswa diberikan bagi para mahasiswa S-2 dan S-3 dari berbagai bidang studi yang diambil di perguruan tinggi Australia. Beasiswa meliputi bantuan finansial hingga dua tahun masa studi magister dan maksimal empat tahun untuk jenjang doktoral. Penerima beasiswa harus memulai pendidikannya setelah 1 Januari 2014 dan sebelum 30 November 2014. Khusus bagi Top 20 penerima beasiswa jenjang S-3, 10 di antaranya, yakni yang berasal dari kawasan Asia berkesempatan mengikuti program beasiswa pascasarjana dari Perdana Menteri Australia dan berbagai manfaat tambahan. Deadline pendaftaran adalah 30 Juni 2013. Pelamar haruslah berusia minimal 18 tahun dan tidak ada batasan usia maksimal. Selain itu, pelamar juga harus sudah mengantongi ijazah sarjana (minimal) dengan rekam akademik yang gemilang serta diterima pada program pascasarjana (S-2 maupun S-3)untuk tahun ajaran 2014 di perguruan tinggi Australia.

…dst

3 ) ITS Surabaya Siapkan 938 Kursi Lewat Jalur SBMPTN
http://www.tempo.co/read/news/2013/04/12/058473074/ITS-Surabaya-Siapkan-938-Kursi-Lewat-Jalur-SBMPTN

Jum’at, 12 April 2013 | 21:51 WIB
TEMPO.CO, Surabaya-Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya menyediakan kuota 938 kursi untuk mahasiswa baru melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2013. Pendaftaran dibuka mulai 13 Mei dan berakhir 7 Juni 2013. SBMPTN ini diperuntukkan bagi lulusan sekolah menengah atas yang tidak lolos dalam Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Hasil SNMPTN tahun ini akan diumumkan pada 28 Mei 2013. Berbeda dengan SNMPTN, ujian SBMPTN tahun ini terdiri dari Saintek, Soshum dan campuran. Untuk Saintek dan Soshum, harga formulir pendaftaran sebesar Rp 175 ribu dan Rp 200 ribu untuk campuran. Menurut Kepala Badan Akademik ITS Surabaya Ismaini Zain, pendaftar boleh memilih tiga perguruan tinggi negeri manapun sesuai dengan keinginannya. “Kalau tahun lalu cuma 2, sekarang SBMPTN boleh memilih 3 PTN,” kata Humas Panitia Lokal SBMPTN Surabaya ini di kantor Badan Akademik ITS Surabaya, Kamis, 12 April 2013.

…dst

4 ) ITS Terima Prodi Sosial Lewat SBMPTN
http://www.antarajatim.com/lihat/berita/108135/its-terima-prodi-sosial-lewat-sbmptn

12 Apr 2013 20:41:04
Surabaya akan menerima pendaftar program studi sosial lewat jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). “Saat penerimaan pendaftar lewat jalur SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk PTN) pada 17 Desember 2012 hingga 11 Februari 2013, ITS tidak menerima pendaftar dari program studi sosial,” kata Humas SBMPTN Lokal Surabaya Dr Dra Ismaini Zain MSi di Surabaya, Jumat.Didampingi anggota Tim Humas SBMPTN 2013 Panlok Surabaya, Bekti Cahyo Hidayanto, ia menjelaskan prodi sosial yang diterima ITS lewat SBMPTN adalah perencanaan wilayah kota (PWK), sistem informasi, dan manajemen bisnis. “Ada satu lagi prodi sosial di ITS yakni desain produk (despro), tapi pendaftar prodi Dispro tidak diterima lewat SBMPTN dan SNMPTN, namun lewat ujian masuk (UM) Dispro, karena prodi Dispro lebih bersifat seni, sedangkan SBMPTN lebih bersifat kognitif,” katanya. Ismaini Zain yang juga Kepala Akademik ITS itu menegaskan bahwa pendaftaran SBMPTN akan dibuka mulai 17 April di Sekretariat SBMPTN di Rektorat ITS Surabaya. “Kalau panitia lokal pada tiga tahun lalu (2010-2012) dipegang Unair, maka panitia tahun 2013-2015 berganti ITS,” katanya.

…dst

5 ) Timor Leste Minta Bantuan ITS Kembangkan Politeknik
http://www.antarajatim.com/lihat/berita/108128/timor-leste-minta-bantuan-its-kembangkan-politeknik

12 Apr 2013 18:59:17
Surabaya (Antara Jatim) – Wakil Perdana Menteri Timor Leste, Fernando Lasama de Araujo, meminta bantuan para pakar Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya untuk mengembangkan politeknik yang akan didirikan di negeri jiran itu pada tahun 2013.”Kerja sama kami dengan ITS sudah berjalan 2-3 tahun lebih dengan dukungan ITS untuk tenaga ahli bagi Universitas Nasional Timor Leste, tapi kami ingin kerja sama itu ditingkatkan lagi,” katanya dalam kunjungan ke kampus ITS di Surabaya, Jumat. Fernando yang merupakan alumni Universitas Udayana, Bali itu sempat melakukan pertemuan dengan Rektor ITS Prof Dr Ir Tri Yogi Yuwono DEA dengan didampingi Menteri Sosial, Duta Besar Timor Leste untuk Indonesia, dan Atase Pendidikan Timor Leste di Surabaya. “Saya kagum dengan keunggulan ITS, karena itu kami ingin mengembangkan kerja sama di bidang teknik, sebab presiden kami akan meletakkan batu pertama Politeknik Timor Leste pada tahun ini, tentu kami membutuhkan dukungan tenaga ahli dan dosen untuk itu,” katanya.

…dst

6 ) Mahasiswa UGM inisiasi program Angkringan Pintar
http://www.antaranews.com/berita/368769/mahasiswa-ugm-inisiasi-program-angkringan-pintar

Jumat, 12 April 2013 22:32 WIB
Yogyakarta (ANTARA News) – Tim mahasiswa Universitas Gadjah Mada Yogyakarta menginisiasi program Angkringan Pintar yang memiliki visi untuk membumikan budaya baca di kalangan anak-anak. “Konsep Angkringan Pintar itu merupakan sebuah model perpustakaan keliling yang terintegrasikan dengan berbagai program yang tentunya menunjang tujuan untuk membumikan budaya baca di kalangan anak-anak,” kata Koordinator Tim Phisca Aditya Rosyady di Yogyakarta, Jumat.
Menurut dia, Angkringan Pintar itu merupakan inovasi kreatif membumikan budaya baca di kalangan anak-anak melalui perpustakaan keliling yang memiliki silabus pembelajaran yang tidak menjemukan dengan mengedepankan suasana yang santai dan nyaman seperti filosofi pada angkringan.

…dst

7 ) Peneliti: Pizza Biji Alpukat Kurangi Ancaman Diabetes
http://www.antarajatim.com/lihat/berita/108096/peneliti-pizza-biji-alpukat-kurangi-ancaman-diabetes

12 Apr 2013 11:57:01
Malang (Antara Jatim) – Pizza yang berbahan baku biji alpukat hasil penelitian lima mahasiswa Fakultas Pertanian dan Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya Malang, Jawa Timur, dinyatakan mampu mengurangi ancaman terhadap penyakit Diabetes Militus (DM). “Selain mampu mengurangi ancaman penyakit DM, pizza yang terbuat dari limbah biji alpukat ini juga mampu mengurangi obesitas (kegemukan),” kata salah seorang mahasiswa yang meneliti dan membuat pizza dengan nama “Avos pizza” Presticia Rosa Indri Wardani di Malang, Jumat. Selain Petricia, ada empat mahasiswa lainnya yang bergabung dalam penelitian produksi Avos Pizza tersebut, yakni Diyah Ayu Sawitri, Yuni Basuki dan Sumini dari Fakultas Pertanian serta Afifah Puji Hastuti dari Fakultas Teknologi Pertanian. Lebih lanjut Patricia mengatakan, ide pembuatan Avocado Seeds Pizza (Avos-Pizza) itu muncul karena melihat adanya peningkatan angka impor tepung terigu di Indonesia dari tahun ke tahun.

…dst

8 ) Menristek Bakal Pakai Sedan Listrik untuk Mobil Dinas
http://sains.kompas.com/read/2013/04/12/18041062/Menristek.Bakal.Pakai.Sedan.Listrik.untuk.Mobil.Dinas

Jumat, 12 April 2013 | 18:04 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Mobil listrik yang kini tengah dikembangkan oleh Kementerian Riset dan Teknologi rencananya akan dipakai Menristek, Gusti Muhammad Hatta, sebagai mobil dinas. “Nanti akan saya pakai sebagai mobil dinas, berganti-gantian dengan mobil dinas sekarang. Ini sekaligus untuk ujicoba,” kata Gusti saat dihubungi Kompas.com, Jumat (12/4/2013). Gusti mengatakan bahwa mobil yang dikembangkan berbentuk sedan. Diberitakan Kompas Otomotif sebelumnya, mobil tersebut akan dinamai Hevina Sedan. Menurut Gusti, mobil listrik berbentuk sedan yang dikembangkan saat ini tengah memasuki tahap akhir pengembangan. “Mungkin dalam satu atau dua bulan ke depan sudah akan diperkenalkan,” kata Gusti. Sebelum diperkenalkan, akan dilakukan ujicoba terlebih dahulu. Menurut Gusti, beberapa kemajuan telah dicapai pada mobil listrik sedan ini. Jumlah baterai dikatakannya lebih sedikit dibanding mobil listrik yang dikembangkan sebelumnya. Selain itu, baterai yang digunakan juga merupakan hasil rakitan Lembaga Ilmu pengetahuan Indonesia (LIPI).

…dst

9 ) Guru SM3T: “Pengetahuan Kami Bertambah”
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/1212

04/12/2013
Hari itu, 8 April 2013, SMAN Warmare, Kecamatan (Distrik) Warmare, Kota Manokwari, Provinsi Papua Barat, meriah lebih dari biasanya. Maklum 46 peserta SM3T yang bertugas di Papua Barat sedang punya hajat: berdialog dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Ke-46 peserta ini semuanya berasal dari Universitas Negeri Makasar. “Silakan sampaikan apa saja, asalkan jangan keluhan, karena saya tahu semua peserta SM3T sudah lulus tes ketahan-malangan ketika masa prakondisi sebelum berangkat ke lokasi,” kata Mendikbud ketika membuka dialog disambut tepuk tangan peserta SM3T. Kesempatan itupun mereka manfaatkan dengan sangat baik. Asri, misalnya seorang peserta SM3T, mengusulkan agar pada SM3T berikutnya diperbanyak peserta dari Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD).

…dst

10 ) Belajar dari Pengalaman Masa Kecil Antar Peneliti Wanita Ini ke Kancah Dunia
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/1213

04/12/2013
Jakarta — Sri Fatmawati penerima fellowship international L’Oreal – UNESCO for Woman in Science (FWIS) pada tahun 2013, telah terpilih menjadi pemenang dari ribuan ilmuwan wanita lainnya dari seluruh dunia. Menurutnya, menjadi pemenang L’Oreal-UNESCO for Woman In Science adalah pencapaian sebuah impian, karena ini adalah sebagai bukti bahwa para peneliti perempuan Indonesia sama baiknya dengan para peneliti Internasional lainnya. “Kemenangan ini memberikan kesempatan kepada Saya untuk melanjutkan penelitian di Paris dan mudah-mudahan dapat membawa perubahan dalam dunia kedokteran melalui sains,” ujar wanita yang akrab dipanggil Fatma ini. Fatma menceritakan kehidupannya semasa kecil yang menjadi awal dari penelitiannya. Untuk menjaga kesehatan kesegaran badan, semasa kecilnya ibu Fatma selalu memberikan ramuan tradisional yang terbuat dari bahan-bahan alami. Kekuatan penyembuhan dari jamu membuat Ia tertarik untuk mencari tahu mengenai bahan-bahan alami tersebut. Dan penelitiannya berlanjut hingga sekarang.

…dst

11 ) Berijazah Kelas Jauh, KP-PI PNS Kab. Sanggau Terganjal
http://bkn.go.id/in/berita/2325-miliki-ijazah-kelas-jauh-sejumlah-pns-pemda-kab-sanggau-tidak-bisa-pi.html

Jumat, 12 April 2013 11:59
Jakarta – Humas BKN, Sejumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang memiliki ijazah lulusan program kelas jauh terganjal proses Kenaikan Pangkat (KP) pilihan penyesuaian ijazah (PI). Permasalahan yang juga terjadi di lingkungan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Sanggau-Kalimantan Barat tersebut tak urung menimbulkan keresahan. Keresahan tersebut ditindaklanjuti 12 orang Anggota DPRD Kab. Sanggau dengan berkonsultasi ke Kantor Pusat BKN Jakarta, Jumat (12/4). Kunjungan Konsultasi mendadak tersebut diterima Kepala Bagian Humas BKN Tumpak Hutabarat. Mananggapi keresahan mereka, Kepala Bagian Humas BKN Tumpak Hutabarat memberikan pandangan bahwa komitmen kuat Bupati dan jajaran BKD Sanggau untuk memperjuangkan jenjang karier PNS daerahnya harus terus dilanjutkan. Namun menurut Tumpak pembinaan karir sebaiknya dilakukan bukan dengan penyesuaian ijazah kelas jauh, tetapi dengan memberikan kesempatan tugas belajar. “Apalagi di Sanggau belum ada kampus satupun,” ungkap Tumpak Hutabarat.

…dst

12 ) 39 instansi akan lelang jabatan
http://nasional.sindonews.com/read/2013/04/11/15/737122/39-instansi-akan-lelang-jabatan

Kamis, 11 April 2013 − 19:33 WIB
Sindonews.com – Sebanyak 39 instansi pusat dan daerah akan mengikuti jejak Pemerintah Provinsi (Pemrov) DKI Jakarta dengan melakukan lelang jabatan. Wakil Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Wamenpan dan RB) Eko Prasojo mengatakan, memang sampai saat ini sudah ada 39 instansi yang melapor ke kementerian untuk melakukan promosi jabatan secara terbuka. Dia menjelaskan, lelang jabatan berguna untuk menghapus praktek politisasi birokrasi yang selama ini marak terjadi di daerah. Dia menyatakan, posisi paling rawan sehingga jabatannya harus dilelang ialah pada pejabat eselon II di kabupaten kota dan eselon satu di provinsi. Dia menyebutkan eselon satu dan dua merupakan kunci terpenting dalam birokrasi. “Dalam RUU Aparatur Sipil Negara (ASN) keduanya akan disebut dengan jabatan pimpinan tertinggi. Keduanya juga akan menjadi agen perubahan yang bebas dari kepentingan politik parsial,” kata Eko di Diskusi Publik Politisasi Birokrasi, di Gedung Kemenpan dan RB, Jakarta, Kamis (11/4/2013).

…dst

13 ) Peneliti Muda Sedunia Berkompetisi di Bali
http://edukasi.kompas.com/read/2013/04/12/03565368/Peneliti.Muda.Sedunia.Berkompetisi.di.Bali

Jumat, 12 April 2013 | 03:56 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Indonesia terpilih menjadi tuan rumah penyelenggaraan kegiatan International Conference of Young Scientist (ICYS) 2013. Kegiatan ini akan digelar di Bali selama sepekan, 15-22 April 2013. Ajang ini akan mempertemukan 200 pelajar dari seluruh dunia untuk beradu penemuan. Pendiri Surya Institute, Yohanes Surya, mengatakan, ICYS bertujuan meningkatkan minat generasi muda untuk meneliti dan menelurkan penemuan baru yang berguna bagi perkembangan masyarakat. Yohanes mengatakan, saat ini jumlah peneliti muda sangat minim. “Sasaran ICYS memang siswa SMA/SMK/MA. Ini agar anak-anak muda tergugah untuk melakukan penelitian dan minat terhadap sains juga meningkat,” kata dia, saat konferensi pers ICYS 2013 di Grand Indonesia, Jakarta, Kamis (11/4/2013).

…dst

14 ) Susut Drastis, Implementasi Kurikulum 2013 Hanya di 7 Persen SD
http://www.jpnn.com/read/2013/04/12/167145/Susut-Drastis,-Implementasi-Kurikulum-2013-Hanya-di-7-Persen-SD-

Jum’at, 12 April 2013 , 20:53:00
JAKARTA – Polemik perubahan kurikulum 2013 makin pelik. Selain anggaran yang belum tuntas, beredar juga informasi bahwa penerapan kurikulum yang sedianya dijalankan di 30 persen jumlah sekolah SD, turun menjadi 7 persen. Informasi ini disampaikan Anggota Komisi X DPR RI, Reni Marlina saat dikonfirmasi JPNN.com, Jumat (12/4) petang.
Dia mengatakan, panitia kerja (Panja) kurikulum 2013 yang dibentuk Komisi X DPR belum memberikan rekomendasi terhadap anggaran kurikulum yang diusulkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. “Anggaran belum ada keputusan. Karena kita masih menunggu rekomendasi dari BPKP, tapi belum ada sampai sekarang,” kata Reni. Nah, dia juga menerima informasi bahwa terjadi perubahan pada rencana implementasi kurikulum baru ini di sekolah SD. Semula, Mendikbud Mohammad Nuh mengatakan kurikulum itu akan dijalankan di 30 persen sekolah SD di Indonesia. Namun yang terbaru terjadi penurunan jadi 10 persen, bahkan yang terbaru, kurikulum akan dijalankan pada 7 persen sekolah SD saja.

…dst