1 ) Luar Biasa! 6 Bulan, 3 Bersaudara Lulus Program Doktor di UI
http://kampus.okezone.com/read/2013/07/22/373/840366/luar-biasa-6-bulan-3-bersaudara-lulus-program-doktor-di-ui

Senin, 22 Juli 2013 08:46 wib
JAKARTA – Guntur Freddy Prisanto dinobatkan lulus dengan sangat memuaskan dalam sidang terbuka senat Akademik Universitas Indonesia (UI). Prof. Dr. Soerjanto Poespowardojo pun mengumumkan kelulusan Dr. Guntur Freddy Prisanto di Gedung serbaguna IV Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (FIB) UI, Sabtu 20 Juli sore. Sekilas nama Guntur memang tidak terkenal, namun apa yang membuat pria ini menjadi spesial? Pengumuman kelulusan Guntur Freddy Prisanto bisa dibilang menjadi peristiwa luar biasa dan langka yang terjadi di Indonesia. Pasalnya, Guntur merupakan Doktor ketiga dari sebuah keluarga di Jember Jawa Timur yang berhasil lulus dari UI dalam kurun waktu enam bulan terakhir.Dikutip dalam siaran pers yang diterima Okezone, Senin (22/7/2013), putera dari Mien Soejono ini merupakan tiga orang putera Jember yakni Dr. Donny Tjahja Rimbawan, Dr. Firman Kurniawan Sujono, dan Dr. Guntur Freddy Prisanto yang lulus dari program Doktor UI dalam kurun waktu Januari hingga Juli 2013. Luar biasa bukan.

…dst

2 ) Dosen Unsoed Raih Penghargaan Internasional
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/dunia-kampus/13/07/22/mqcfnw-dosen-unsoed-raih-penghargaan-internasional

Senin, 22 Juli 2013, 22:14 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO — Staf pengajar Fakultas Peternakan Unversitas Jenderal Soedirman (Unsoed), Novie Andri Setianto, meraih penghargaan dari International Society for the Systems Sciences (ISSS). Menurut Humas Keluarga Alumni Unsoed, Alief Enstein, penghargaan diberikan setelah Novie yang kini sedang menempuh program doktoral di School of Agriculture and Food Science, the University of Queensland, Australia ini, mengirimkan paper dalam konferensi ISSS di Hai Phong City, Vietnam dari tanggal 14–19 Juli 2013 lalu. “Dalam konferensi tersebut, ada sekitar 80 paper dari para ilmuwan yang dipresentasikan dan didiskusikan. Satu-satunya delegasi dari Indonesia pada Konferensi ISSS 2013 hanya Novie Andri Setianto, Dosen Fakultas Peternakan Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED) Purwokerto,” kata Enstein, Senin (22/7).

…dst

3 ) 5 kementerian dapat rapor merah versi Ombudsman
http://nasional.sindonews.com/read/2013/07/22/15/763831/5-kementerian-dapat-rapor-merah-versi-ombudsman

Senin, 22 Juli 2013 ? 14:49 WIB
Sindonews.com – Ombudsman melakukan observasi terhadap 18 kementerian yang menyelenggarakan pelayanan publik khususnya unit pelayanan perizinan. Observasi itu dilakukan berdasarkan Undang-Undang (UU) Pelayanan Publik Nomor 25 Tahun 2009. Ketua Ombudsman RI, Danang Girindrawardana mengatakan, dari hasil penelitian tersebut lima kementerian belum maksimal dalam pelayanan publik sehingga mendapatkan rapor merah. “Lima kementerian mendapatkan rapor merah karena belum mematuhi seluruh komponen standar yang tertuang dalam Undang-Undang Pelayanan Publik,” kata Danang di kantornya, Jalan Rasuna Said, Jakarta Selatan, Senin (22/7/2013). Lima kementerian yang dimaksud yakni Kementerian Pekerjaan Umum (Kemen PU), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Kementerian Sosial (Kemensos), Kementerian Pertanian (Kementan), dan Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans). Sementara, sembilan kementerian yang mendapatkan rapor kuning adalah Kementerian Agama (Kemenag), Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum HAM), Kementerian Kehutanan (Kemenhut), Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), Kementerian Lingkungan Hidup (KLH), Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek).

…dst

4 ) Dapat rapor merah, Nuh anggap masukan untuk Kemendikbud
http://nasional.sindonews.com/read/2013/07/22/15/763936/dapat-rapor-merah-nuh-anggap-masukan-untuk-kemendikbud

Senin, 22 Juli 2013 ? 17:35 WIB
Sindonews.com – Hasil observasi Ombudsman menyebutkan bahwa ada lima kementerian belum maksimal dalam pelayanan publik sehingga mendapatkan rapor merah. Bagaimana Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Muhammad Nuh menanggapi hal itu? M Nuh menanggapi santai hasil penelitian Ombudsman tersebut, meski kementerian yang dipimpinnya merupakan salah satu yang mendapat rapor merah. Menurutnya, hasil observasi Ombudsman menjadi masukan buat kementerian yang dipimpinnya. “Mau rapor hijau, rapor kuning, rapor apa aja, itu bagian dari masukan untuk perbaikan. Selama dia dengan kriteria yang baik, bagaimana cara menilai dengan tidak terjebak pada tendensius,” ujar Nuh disela-sela peresmian monumen Perjuangan Mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) di Markas Besar Tentara Nasional Indonesia (Mabes TNI), Cilangkap, Jakarta Timur, Senin (22/7/2013). Oleh karena itu, dia mengaku tak keberatan atas hasil observasi Ombudsman tersebut. Ia mendukung, selama observasi tersebut dilakukan dengan cara-cara yang benar.”Tidak apa-apa, saya dinilai apa saja, yang penting cara menilainya ada kriterianya. Jelas, tidak persepsi,” pungkasnya.

…dst

5 ) UPI Tunggu Hasil Audit 24 Juli 2013
http://www.pikiran-rakyat.com/node/243805

Senin, 22/07/2013 – 14:38
BANDUNG,(PRLM).- Pihak Rektorat UPI (Universitas Pendidikan Indonesia) dalam konferensi pers hanya diwakili oleh Kepala Biro Humas Suwatno, Koordinator Bidang Publikasi dan dokumentasi Media Humas UPI Andika Duta Bahari dan Kepala Divisi Hubungan Media dan Eksternal Wakhudin. Andika menolak menangapi aksi pendemo dan lebih memilih memberi ruang bagi inspektorat jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk melakukan audit. Audit yang dilakukan Irjen di UPI untuk mengecek kebenaran atas informasi pelapor mengenai dugaan penyelewangan di UPI. Akan tetapi, data yang dilaporkan pelapor berbeda dengan yang dimilikiya. “UPI sangat menghargai audit yang dilakukan Irjen. Silahkan tim auditor bekerja terhadap kebenaran informasi setelah selesai bekerja tim auditor akan memberikan keterangan terkait hasilnya,” katanya dalam konferensi pers di Gedung Rektorat UPI, Jln. Setiabudhi, Kota Bandung, Senin (22/7/2013). “Audit selesai pada 24 Juli 2013. Setelah itu baru diberikan keterangan detail,” katanya. Sebelumnya Gerakan Penyelamatan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) melaporkan berbagai penyimpangan yang terjadi di UPI ke Inspektorat Jenderal dan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

…dst

6 ) Daftar Beasiswa Unggulan 2013 Yuk
http://kampus.okezone.com/read/2013/07/22/373/840403/daftar-beasiswa-unggulan-2013-yuk

Senin, 22 Juli 2013 10:15 wib
JAKARTA – Ingin sekali melanjutkan kuliah selepas sekolah menengah tetapi terganjal biaya? Sepertinya kalian harus ikut program yang satu ini. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) membuka pendaftaran program beasiswa unggulan (BU) 2013 bagi pelajar berprestasi di seluruh Indonesia. Beasiswa ini terbuka bagi pelajar berprestasi akademis dan nonakademis terbaik yang ingin melanjutkan pendidikan tingkat S1 di universitas dalam negeri. Demikian dikutip dari laman resmi Setkab, Senin (22/7/2013). Berminat? Jika ya, langsung saja isi formulir pendaftaran yang bisa diunduh di www.beasiswaunggulan.kemdikbud.go.id dengan melampirkan fotokopi ijazah dan sertifikat dari prestasi akademis dan nonakademis yang sudah kalian capai. Nah, formulir yang sudah diisi lengkap, dikirimkan kepada pengelola Beasiswa Unggulan di masing-masing perguruan tinggi. Pendaftaran di perguruan tinggi paling lambat 26 Agustus 2013 untuk disampaikan ke Sekretariat Beasiswa Unggulan pada 31 Agustus 2013.

…dst

7 ) Kemendikbud buka beasiswa unggulan 2013
http://nasional.sindonews.com/read/2013/07/22/15/763925/kemendikbud-buka-beasiswa-unggulan-2013

Senin, 22 Juli 2013 ? 17:13 WIB
Sindonews.com – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) membuka pendaftaran program Beasiswa Unggulan (BU) tahun 2013 bagi pelajar berprestasi di seluruh Indonesia. Seperti dilansir laman setkab.go.id, pelajar yang berminat diwajibkan mengisi formulir pendaftaran yang dapat diunduh di www.beasiswaunggulan.kemdikbud.go.id,  dengan melampirkan foto copy ijazah dan sertifikat dari prestasi akademis dan non akademis yang dicapai. Formulir yang sudah diisi lengkap, dikirimkan kepada pengelola Beasiswa Unggulan di masing-masing perguruan tinggi. Pendaftaran di perguruan tinggi paling lambat tanggal 26 Agustus 2013 untuk disampaikan ke Sekretariat Beasiswa Unggulan tanggal 31 Agustus 2013. Program beasiswa ini merupakan beasiswa ikatan kerja, yang mewajibkan penerimanya untuk menjalani ikatan kerja di salah satu bank swasta yang mendukung program beasiswa unggulan ini setelah lulus dari universitas dengan masa kerja selama empat tahun.Penerima Beasiswa Unggulan adalah mahasiswa yang telah diterima di salah satu perguruan tinggi negeri terbaik di Indonesia, antara lain:

…dst

8 ) 14 Santri Sumsel Dapat Beasiswa Kedokteran
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/eduaction/13/07/20/mq8bn4-14-santri-sumsel-dapat-beasiswa-kedokteran

Sabtu, 20 Juli 2013, 16:57 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG — 14 Siswa lulusan madrasah aliyah (MA) negeri dan swasta lolos memperoleh beasiswa dari Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) untuk mengikuti program pendidikan santri jadi dokter di Uninversitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Jakarta. Kepala Dinas Pendidikan Sumsel Widodo, Sabtu (20/7) menjelaskan, 14 orang santri yang lolos tersebut merupakan hasil seleksi dari 221 santri yang mengikuti seleksi pada akhir Mei lalu yang langsung dilakukan panitia dari UIN Jakarta. “Awalnya kita rencanakan ada 20 santri yang akan mengikuti program santri jadi dokter pada tahun ini, ternyata yang lolos seleksi hanya 14 santri. Para santri yang lolos ini merupakan peserta tahun keempat sejak program santri jadi dokter dilaksanakan,” katanya. Menurut Widodo mereka yang lolos selanjutnya akan menjalani kuliah di UIN Syarif Hidayatullah dan mereka bisa memilih salah satu dari empat jurusan yang ada, yaitu kedokteran umum, farmasi, kesehatan masyarakat dan keperawatan.

…dst

9 ) UGM kembangkan melon varietas unggul
http://nasional.sindonews.com/read/2013/07/22/15/763938/ugm-kembangkan-melon-varietas-unggul

Senin, 22 Juli 2013 ? 21:28 WIB
Sindonews.com – Usai berhasil membuat kultivar buah melon unggulan dengan nama Melodi Gama 3 (MG3), tim Fakultas Biologi Universitas Gajah Mada (UGM), berupaya mengembangkan penelitian tersebut. Baru-baru ini telah dilakukan evaluasi penanaman melon kultivar (MG3) di Kebumen, khususnya yang berada di gumuk pasir. “Penanaman melon MG3 akan terus dilakukan, baik pada musim kemarau maupun musim hujan untuk memperoleh informasi yang lengkap dalam pengembangan strategi budidaya melon di sekitar gumuk pasir di Kebumen. Selain melakukan evaluasi dan penyuluhan budidaya melon kultivar MG3, kami juga memberi bantuan ribuan benih melon kultivar MG3 ke petani agar ditanam pada masa tanam berikutnya,” kata Ketua Tim Peneliti Gama Melon, Budi Setiadi Daryono, Yogyakarta, Senin (22/7/2013). Menurut Budi, penanaman melon kultivar MG3 dilakukan agar budidaya melon di sekitar gumuk pasir lebih efektif dan ramah lingkungan. Gumuk pasir merupakan gundukan pasir yang terbentuk secara alami oleh angin laut di pinggir pantai. Gundukan pasir tersebut dapat berfungsi sebagai pelindung areal sekitar pantai dari angin laut.

…dst

10 ) Manfaat dari limbah sisik ikan
http://nasional.sindonews.com/read/2013/07/22/15/763955/manfaat-dari-limbah-sisik-ikan

Senin, 22 Juli 2013 ? 22:02 WIB
Sindonews.com – Keberadaan limbah sisik ikan ini masih belum dimanfaatkan secara optimal, sehingga menyebabkan pencemaran lingkungan. Padahal sisik ikan mengandung zat kitin dan kitosan yang dapat dijadikan sebagai adsorben ion logam berat seperti tembaga (Cu), kromium (Cr), katmium (Cd) dan merkuri (Hg). Hal ini disampaikan oleh Mahasiswa Jurusan Pendidikan Kimia FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Nuke Ajeng Prabawati. Menurutnya, banyaknya konsumsi ikan di masyarakat sehingga menghasilkan limbah sisik ikan yang cukup melimpah itulah yang membuat Nuke bersama tiga orang temannya yakni Setiawati, Dini Permatasari dan Chanel Trihandoko membuat sisik ikan menjadi adsorben.”Di era modern ini, perkembangan industri sangat pesat, terutama industri pelapisan logam atau electroplating. Industri electroplating ini banyak menghasilkan limbah berupa ion logam berat, salah satunya ion logam kromium. Padahal ion logam Cr dapat mencemari lingkungan dan jika terakumulasi di dalam tubuh dapat mengakibatkan kematian,” ucapnya, di UNY, Yogyakarta, Senin (22/7/2013).

…dst

11 ) Mahasiswa UGM Ajarkan Masyarakat Pelihara PLTS
http://kampus.okezone.com/read/2013/07/22/373/840662/mahasiswa-ugm-ajarkan-masyarakat-pelihara-plts

Senin, 22 Juli 2013 15:40 wib
JAKARTA – Listrik saat ini sudah menjadi kebutuhan primer bagi masyarakat. Namun, tidak bisa dimungkiri jika rasio elektrifikasi yang masih rendah menyebabkan masih banyak daerah yang belum teraliri listrik. Salah satunya, di Padukuhan Danggolo, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, yang biasa disebut dengan Perkampungan Cari. Di Padukuhan Danggolo, masyarakat masih mengalami kesulitan dalam akses listrik. Mencoba mengatasi persoalan tersebut, sejak 2009, di perkampungan tersebut sudah ada bantuan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) dari pemerintah. Sayangnya, karena kurang mendapat perawatan dan perbaikan sebagian alat tersebut mengalami kerusakan dan tidak bisa digunakan lagi. Merasa terpanggil, mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta pun menggelar pelatihan perawatan pemanfaatan skala kecil berupa Solar Home System (SHS). Kegiatan diawali dengan sosialisasi dan pelatihan perawatan SHS, lalu dilanjutkan dengan kegiatan trouble shooting dan perbaikan SHS dari rumah ke rumah yang didampingi oleh pemuda di Perkampungan Cari.

…dst

12 ) Bantu Penderita Disleksia Belajar dengan Lexipal
http://kampus.okezone.com/read/2013/07/22/373/840677/bantu-penderita-disleksia-belajar-dengan-lexipal

Senin, 22 Juli 2013 16:35 wib
JAKARTA – Penderita disleksia memiliki kesulitan dalam membaca dan menulis. Sehingga cara dibutuhkan cara tepat untuk membantu mereka dalam belajar. Salah satunya dengan menggunakan metode belajar yang kreatif dan tidak monoton. Menyadari hal tersebut, lima mahasiswa Magister Management (MM) Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta menciptakan perangkat lunak yang diberi nama Lexipal. Kelima mahasiswa yang tergabung dalam Bamboo Team itu adalah Yodhi Kharismanto, Luh Putu Rina Maharani, Mega Aisyah Nirmala, Putu Ngurah Indra Perdana, dan Yosep Andy. Yodhi Kharismanto menjelaskan, Lexipal merupakan software yang membantu anak-anak disleksia untuk mengatasi permasalahan dalam keterbatasan mereka. Software ini membantu mereka dalam belajar dan memahami sesuatu.

…dst

13 ) Kemenlu: tak Perlu Khawatirkan Komunitas ASEAN
http://www.antarajatim.com/lihat/berita/114507/kemenlu-tak-perlu-khawatirkan-komunitas-asean

22 Jul 2013 16:13:54
Malang (Antara Jatim) – Direktur Jenderal Kerja Sama ASEAN Kementerian Luar Negeri RI Dubes I Gusti Agung Wesaka Puja meminta masyarakat Indonesia tidak perlu mengkhawatirkan keberadaan komunitas ASEAN yang dimulai tahun 2015.”Kita memiliki sumber daya manusia (SDM) yang luar biasa, sehingga kita tidak perlu ada kekhawatiran. Bahkan, kita pasti akan mampu menghadapi persaingan,” tegas Dirjen Dubes I Gusti Agung Wesaka Puja di Malang, Jatim, Senin.Dirjen menegaskan hal itu disela-sela penandatanganan naskah kerja sama antara Ditjen Kerja Sama ASEAN Kemlu RI dengan Universitas Brawijaya (UB) untuk membuka pusat studi ASEAN di kampus itu.Sebenarnya, katanya, kekhawatiran tersebut juga dirasakan oleh negara-negara ASEAN lainnya. Namun, mau tidak mau komunitas ASEAN ini harus tetap diwujudkan. Ia meyakini kalau masyarakat Indonesia mampu mengubah pola pikir dan selalu optimistis, pasti Indonesia akan mampu membanjiri pasar ASEAN, bahkan menjadi pemain, bukan hanya sekadar penonton.

…dst

14 ) Mudik Gratis, ITS Siapkan 10 Bus
http://kampus.okezone.com/read/2013/07/22/373/840670/mudik-gratis-its-siapkan-10-bus

Senin, 22 Juli 2013 16:05 wib
JAKARTA – Mudik menjadi salah satu tradisi yang tidak dapat dilepaskan menjelang hari raya Idul Fitri. Pada Hari Kemenangan bagi umat Muslim tersebut, para mahasiswa rantau pun berkeinginan untuk kembali berkumpul dengan keluarga di kampung halaman. Seperti tahun-tahun sebelumnya, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya pun kembali menggelar mudik bareng. Kali ini, panitia Ramadan di Kampus 1434 Hijriah (RDK 34) ITS telah menyiapkan 10 bus yang akan berangkat ke beberapa lokasi tujuan pada 3 Agustus mendatang. “Setiap bus terdiri dari 60 orang. Jadi mudik kali ini bisa diikuti sekira 600 orang. Ada tujuh kota yang menjadi tujuan mudik utama, yaitu Trenggalek, Banyuwangi, Ngawi, Bojonegoro, Pacitan, Blitar, hingga Sumenep. Masing-masing memiliki rute perjalanan yang berbeda-beda,” ujar penanggung jawab kegiatan, Muhammad Faishal Alwi, seperti dilansir oleh Okezone, Senin (22/7/2013).

…dst

15 ) Ujian Tertulis Mandiri, Undip Hanya Buka 4 Fakultas
http://kampus.okezone.com/read/2013/07/22/373/840829/ujian-tertulis-mandiri-undip-hanya-buka-4-fakultas

Senin, 22 Juli 2013 19:09 wib
JAKARTA – Universitas Diponegoro (Undip) dalam Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi Negeri (UMB-PT) hanya membuka empat fakultas saja. “Pada UMB-PT ini, Undip hanya membuka beberapa program studi dari empat Fakultas yakni FPP, FPIK, FIB dan FT,” tutur Rektor Universitas Diponegoro (Undip) Prof. Sudharto P Hadi, MES, Ph.D di kampus Undip Tembalang, Semarang, seperti dilansir dari laman Undip, Senin (22/7/2013). Dari empat fakultas, ada beberapa program studi (prodi) yang dibuka, yaitu Manajemen Sumber Daya Perairan, Ilmu Kelautan, Budidaya Perairan, Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan, Oseanografi, Teknologi Hasil Perikanan, Teknik Perkapalan, Peternakan, Geodesi, Teknologi Pangan, Agroteknologi, Agribisnis, Sastra Indonesia, Sastra Inggris, Sastra Sejarah, Ilmu Perpustakaan, dan Sastra Jepang. “Animo peserta untuk masuk di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) ternyata masih cukup tinggi, hal ini ditunjukkan dengan besarnya jumlah peserta yang mengikuti ujian ini,” tambahnya.

…dst

16 ) Mahasiswa Unsyiah Protes Kenaikan SPP & Pemberlakuan UKT
http://kampus.okezone.com/read/2013/07/22/373/840711/mahasiswa-unsyiah-protes-kenaikan-spp-pemberlakuan-ukt

Senin, 22 Juli 2013 16:18 wib
BANDA ACEH – Seratusan mahasiswa Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Banda Aceh berunjuk rasa memprotes kenaikan Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP). Mereka keberatan dengan kenaikan SPP yang dinilai sebagai bentuk komersialisasi pendidikan. Dalam aksi di depan Biro Rektorat Unsyiah di Darussalam itu, mahasiswa juga meminta rektor membatalkan surat keputusannya tentang penetapan tarif Uang Kuliah Tunggal (UKT) untuk mahasiswa baru, yang didasarkan pada kemampuan orangtuanya. Karena penetapan biaya oleh tim dibentuk Unsyiah itu dinilai sangat subjektif. Besaran SPP untuk mahasiswa baru antara Rp500 ribu hingga Rp17,9 juta, sesuai golongan yang ditetapkan. Dari lima range yang ditetapkan, golongan satu dan dua hanya ditetapkan untuk mahasiswa baru penerima beasiswa bidik misi.

…dst

17 ) Mencetak Perencana Keuangan Menghadapi Pasar Terbuka
http://edukasi.kompas.com/read/2013/07/22/1553431/Mencetak.Perencana.Keuangan.Menghadapi.Pasar.Terbuka.

Senin, 22 Juli 2013 | 15:53 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Universitas Trilogi bersama Yayasan Perencanaan Keuangan Indonesia atau Financial Planning Standards Board Indonesian (FPSB Indonesia) menandatangani penandatanganan kerja sama (MoU) dalam rangka meningkatkan kualifikasi sumber daya manusia di industri jasa keuangan di Indonesia. Dengan kerja sama ini, mahasiswa Trilogi dapat mengikuti kursus atau magang di FPSB Indonesia.Rektor Universitas Trilogi, Dr Subiakto Tjakrawerdaja, menuturkan, setelah mengikuti kursus atau magang, nanti para mahasiswa akan mendapatkan sertifikat. Melalui pendidikan dan sertifikasi global ini, para mahasiswa diharapkan dapat menjadi profesional perencana keuangan yang siap menyambut pasar terbuka dalam waktu dekat nanti.

…dst

18 ) Seskab Bangga, Batik Tidak Tergerus Teknologi
http://www.setkab.go.id/berita-9565-seskab-bangga-batik-tidak-tergerus-teknologi.html

Minggu, 21 Juli 2013 – 15:15 WIB Oleh : Desk Informasi
Sekretaris Kabinet (Seskab) Dipo Alam yang juga menjadi pendiri Yayasan Batik Indonesia, disamping kolektor batik Nusantara, mengaku sempat cemas dengan perkembangan teknologi, khususnya komputer terhadap batik yang dikembangkan industri kecil. “Kita khawatir kalau komputer berkembang maka printer ploter itu akan menjadi pengganti canting. Kemudian desain batik kita bisa dikopi, direkam dimasukkan dalam digital sehingga takut nanti akhirnya semuanya dengan mesin,” ungkap Seskab Dipo Alam pada penutupan Gelar Batik Nusantara di Jakarta Convention Center, Jakarta, Minggu (21/7) siang.”Kita ada kecemasan itu, kalau suatu saat nanti batik Indonesia hilang karena batik Indonesia yang khas yaitu desain, canting, pakai malam terus dicelup dan double face. Lain dengan batik Malaysia dan lain sebagainya, cat langsung di kain . Dari situlah kita mendirikan yayasan batik,” lanjut Seskab.

…dst

19 ) Tahun ini Kejaksaan Agung buka 3 ribu PNS
http://nasional.sindonews.com/read/2013/07/22/15/763850/tahun-ini-kejaksaan-agung-buka-3-ribu-pns

Senin, 22 Juli 2013 ? 15:13 WIB
Sindonews.com – Jaksa Agung Basrief Arief mengatakan, tahun ini kejaksaan akan membuka lowongan dan menargetkan penambahan Pegawai Negeri Sipil (PNS) sebanyak 3.000 orang. Basrief mengakui kurangnya personel di kejaksaan, karena selama moratorium berlangsung, banyak juga pegawainya yang pensiun.”Selama tiga tahun ini banyak yang pensiun, jadi kami memerlukan penambahan kepegawaian,” kata Basrief di Kejaksaan Agung, Jalan Sultan Hasanuddin, Jakarta Selatan, Senin (22/7/2013). Basrief mengatakan, penambahan pegawai tersebut, dikarenakan Kejagung memerlukan adanya penempatan satu akuntan dan satu tenaga ahli IT di setiap satuan kerja.Tenaga akuntan diperlukan agar dapat memonitor pengelolaan keuangan, administrasi di setiap satuan kerja yang berada di kejaksaan. “Sehingga, tidak ada lagi istilah tidak mengetahui masalah keuangan,” ungkap Basrief.

…dst

20 ) Oktober, Pemerintah Seleksi 613.919 Tenaga Honorer K2 Jadi CPNS
http://www.setkab.go.id/berita-9581-oktober-pemerintah-seleksi-613919-tenaga-honorer-k2-jadi-cpns.html

Senin, 22 Juli 2013 – 13:36 WIB Oleh : DESK INFORMASI
Selain akan merekrut sekitar 60.000 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dari jalur umum pada September mendatang, pemerintah juga akan melakukan seleksi terhadap 613.919 tenaga honorer kategori 2 (K2) atau yang gaji dan pendapatannya tidak dari APBN/APBD pada Oktober mendatang. Deputi Informasi Kepegawaian Badan Kepegawaian Negara (BKN) Yulina Setiawati dalam paparannya pada Rapat Koordinasi Nasional Pengadaan CPNS Tahun 2013 di Balai Kartini Jakarta, Kamis (18/7), menyebutkan ke-613.919 tenaga honorer K2 itu terdiri dari 72.054 tenaga honorer di instansi pemerintah pusat, sisanya 541.865 tenaga honorer yang tersebar di sejumlah pemerintahan daerah (Pemda) di tanah air.

…dst

21 ) Lima Skema Seleksi CPNS
http://www.menpan.go.id/berita-terkini/1575-lima-skema-seleksi-cpns

Dibuat pada 22 Juli 2013
JAKARTA – Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Setiawan Wangsaatmaja mengatakan, ada lima skema seleksi CPNS tahun 2013 ini. Pertama, seleksi tenaga honorer kategori 2, seleksi pelamar umum, formasi khusus untuk dokter, seleksi untuk tenaga ahli tertentu yang tidak ada di lingkungan PNS, dan seleksi calon siswa ikatan dinas. Dari lima sistem itu, seleksi honorer K2 mendapat perhatian yang cukup serius dari lebih dari seribu peserta rakor Kebijakan seleksi CPNS 2013 di di Balai Kartini di Balai Kartini, Kamis (18/07). Dalam rakornas ini diikuti oleh perwakilan Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) dan instansi pengelola kepegawaian se-Indonesia itu, Setiawan mengungkapkan seleksi untuk tenaga honorer K2 dilakukan secara tertulis dengan lembar jawaban computer (LJK). “Peserta wajib mengikuti tes kompetensi dasar dan tes kompetensi bidang,” ujarnya. Dikatakan, ada tiga tipe soal tes, yakni tipe A (SLTP, SD), tipe B (SLTA, D1, D2 – D3/sarjana Muda, dan tipe C, yakni untuk jenjang pendidikan D4, S1, S2, dan S3. Penyusunan soal TKD dilakukan oleh Panitia Nasional Pengadaan CPNS dibantu oleh tim konsorsium perguruan tinggi negeri (PTN). Sedangkan soal TKB, disusun oleh instasi pembina masing-masing. Untuk bidang kependidikan oleh Kemendikbud, untuk kesehatan oleh Kemenkes, bidang administrasi umum oleh BKN, dan seterusnya.

…dst