POMNAS 2013 Resmi dibuka Dirjen Dikti

Oleh Firman Hidayat – 25 November 2013

Pekan Olahraga Mahasiswa (POMNAS) tahun ini resmi dibuka pada pukul 15.00, Senin (25/11) di GOR Universitas Negeri Yogyakarta dengan pelepasan anak panah ke arah replika obor oleh Dirjen Pendidikan Tinggi, Kemdikbud, Djoko Santoso.

Gelaran Olahraga Mahasiswa  terbesar di Indonesia ini diikuti  oleh 2794 atlet dari 33 provinsi. Para atlet mahasiswa akan beradu demi 321 medali  emas, 321 medali perak dan  406 medali perunggu atas nama  daerah masing-masing. Dibandingkan dengan POMNAS  di tahun-tahun sebelumnya,  kompetisi ini menjadi ajang terbesar dengan cabang olahraga terbanyak, yaitu 14 cabang olahraga. Selain cabang olahraga (cabor) wajib renang, atletik, dan pencak silat, cabor yang dikompetisikan adalah  basket, voli indoor, voli pantai,  bulu tangkis, catur, futsal,  karate, panahan, sepak bola, tenis lapangan, dan tenis meja.

Upacara pembukaan ini dihadiri oleh berbagai kontingen dari seluruh Indonesia, minus Sulawesi Barat. Acara diawali dengan iring-iringan kontingenkontingen yang datang dari seluruh pelosok nusantara. Rektor UNY, Prof. Dr. Rochmat Wahab, M.Pd., M.A. mengungkapkan rasa suka cita atas terselenggaranya ajang bergengsi POMNAS XIII. Rochmat Wahab yang juga selaku Ketua Umum Panitia POMNAS, berharap agar kompetisi ini mampu menanamkan pendidikan karakter mahasiswa melalui olahraga, meningkatkan prestasi olahraga mahasiswa, dan memperat persatuan dan kebersamaan mahasiswa seluruh Indonesia.

Dalam sambutannya, Djoko Santosomenyampaikan, kompetisi olahraga nasional seperti POMNAS dapat menjadi ajang pemersatu bangsa dan memperkuat rasa sportivitas masyarakat Indonesia. “Saya berharap POMNAS ini benar-benar menjadi ajang peningkatan prestasi Olahraga mahasiswa Indonesia menuju prestasi dunia,” katanya. Sebelumnya, Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Bowono X yang diwakili sisten Sekda, Drs. Sulistyo, SHCN, M.Si. mengucapkan selamat datang kepada seluruh kontingen di Yogyakarta. Event ini semakin semarak dengan adanya performance dari Marching Band Citra Derap Bahana, UKM Sigma, PSM Swarawardhana, Orkestra Pendidikan Seni Musik UNY, dan para penari dari Universitas Negeri Yogyakarta yang menampilkan persembahan seni berjudul “Kemilau Nusantara dari UNY”.

Update Data Medali bisa peroleh di portal POMNAS 2013 :

http://www.pomnasdiy.com