1 )  Calon Bidikmisi Curang, Langsung Pindah Reguler

Minggu, 20 Juli 2014 , 12:24:00
JEMBER – Sebanyak 1.692 calon mahasiswa baru Universitas Jember (Unej) yang diterima melalui jalur seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBM PTN) Sabtu (19/7) melakukan verifikasi data di Gedung Soetarjo dan Gedung PKM. Secara umum, tidak ada kejanggalan data mahasiswa baru. Padahal, tahun lalu ditemukan data tujuh calon mahasiswa baru yang bermasalah. Berdasar pantauan Jawa Pos Radar Jember, verifikasi relatif lancar. Tidak seperti verifikasi mahasiswa jalur SNM PTN yang sempat ricuh karena pengaturan yang buruk. Bahkan, situasi kemarin cukup lengang ketika siang. Menurut Pembantu Rektor I Unej Zulfikar, verifikasi ditujukan untuk mencocokkan data pendaftaran SBM PTN dengan data asli yang harus mereka bawa. Antara lain, KTP, ijazah, slip gaji orang tua, PBB, dan pajak kendaraan bermotor. Kelengkapan itu harus dibawa untuk menentukan besaran uang kuliah tunggal (UKT). Verifikasi diberikan rentang waktu dua hari, yakni 17–18 Juli 2014. Untuk hari pertama, sekitar seribu calon mahasiswa sudah melakukan verifikasi. Sementara itu, daftar ulang dilaksanakan pada 19–20 Juli 2014. Zulfikar menyatakan, masih ada satu calon mahasiswa Bidikmisi yang penghasilan orang tuanya tergolong mampu, bahkan termasuk PNS golongan IV. Namun, mereka langsung beralih ke reguler. ’’Jika mereka tetap bersikeras ingin masuk dengan Bidikmisi, kami akan benar-benar verifikasi di lapangan. Misalnya, tergolong mampu akan dicoret dari Unej,’’ tegasnya.

…dst

2 ) Serahkan SK Ijin Penyelenggaraan FK UNUSA, Mendikbud Pesankan Prinsip Keterjangkauan

Sun, 07/20/2014 – 10:15
Jakarta, Kemdikbud–Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh menyerahkan Surat Keterangan (SK) ijin penyelenggaraan Fakultas Kedokteran Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (UNUSA), di Jakarta, kemarin (18/7).Saat menyerahkan SK, Mendikbud berpesan kepada rektor UNUSA, Rohman Romdoni, untuk mengedepankan prinsip keterjangkauan. Menurut Menteri Nuh, sebagai universitas yang berada dalam Yayasan Rumah Sakit Islam (YARSIS), sudah tentu menerapkan rambu-rambu yang sesuai dengan yayasan. Menteri Nuh berpesan agar pendidikan di UNUSA berlangsung dengan prinsip keterjangkauan. “Pak Romdoni sebagai rektor tidak boleh terjebak dalam bisnis, karena ada FK-nya, tetap harus semakin terjangkau bagi masyarakat,” ujarnya kepada Rektor UNUSA Rohman Romdoni.Usai acara serah terima, rektor Rohman menceritakan proses ijin penyelenggaraan FK UNUSA sudah berjalan selama setahun, sejak 2013 lalu. Berawal dari status Sekolah Tinggi Kesehatan (Stikes), UNUSA beralih menjadi universitas pada 3 Juli 2013

…dst

3 )  18 Dosen Tetap FK UNUSA Siap Ajar Mahasiswa Baru

Sun, 07/20/2014 – 10:18
Jakarta, Kemdikbud–Sebanyak 18 dosen tetap siap untuk mengajar para mahasiswa baru di Fakultas Kedokteran Universitas Nahdlatul Ulama (FK UNUSA). Jumlah dosen ini mencakup dosen preklinik, dan klinik. Oleh karena mengajar jenjang Sarjana (S-1) dokter, para dosen ini pun akan berkualifikasi dokter, spesialis, dan sudah menempuh jenjang pasca sarjana (S-2).Rektor UNUSA Rohman Romdoni mengatakan, jumlah dosen tersebut memang sesuai dengan standar kualitas tenaga pendidik yang ditetapkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Ditjen Dikti Kemdikbud). Dia menuturkan usai penyerahan ijin operasional FK UNUSA, di Jakarta, kemarin (18/7).Diakui rektor Rohman, penyiapan dokter preklinik adalah tantang berat yang harus dipenuhi. “Harus punya dosen tetap, mencakup klinik dan preklinik, kalau dosen klinik sudah banyak karena ada dari rumah sakit islam,”ujarnya. Namun, dia menambahkan, hal tersulit adalah mencari dosen pre klinik, seperti Ilmu Biokimia, anatomi, histologi, dan lainnya.Kemudian, kami mengambil solusi dengan bekerjasama dengan Universitas Airlangga.(Unair). “Untuk masa transisi ini, kami menggunakan dosen dari dokter preklinik (baik doktor, maupun pasca sarjana yang sudah pensiun,”jelasnya.

…dst

4 ) Rektor: penerapan kurikulum pendidikan harus konsisten

Minggu, 20 Juli 2014 02:26 WIB
Pangkalpinang (ANTARA News) – Rektor Universitas Bangka Belitung (UBB), Prof Dr Bustami Rachman mengatakan penerapan kurikulum pendidikan di Indonesia khususnya di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung harus konsisten dan tidak berubah-ubah. “Hampir lima tahun sekali kurikulum di Indonesia berubah-ubah sehingga merusak sistem pendidikan yang sedang berjalan,” ujarnya di Pangkalpinang, Sabtu. Menurut dia, hal demikian dapat menimbulkan masalah karena dunia pendidikan hanya berkutat pada penyesuaian kurikulum baru saja, sedangkan untuk penerapannya diabaikan. “Negara yang sudah maju sektor pendidikannya tidak pernah mengotak-atik atau mengganti kurikulum karena dapat membingungkan siswa dan masyarakat,” ujarnya.

…dst

5 ) Hanya 3 PTN yang Tidak Ada Ujian Mandiri

Kamis, 17 Juli 2014 19:10 wib
JAKARTA – Selain Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), sebagian besar PTN juga membuka ujian mandiri. Dari semua PTN di Indonesia, hanya tiga kampus yang tidak memberlakukan jalur tersebut.  Ketua Umum SBMPTN 2014, Prof. Ganjar Kurnia menyebut, ketiga kampus itu adalah Universitas Padjadjaran (Unpad), Institut Tekonologi Bandung (ITB) dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). “Ketiganya menerima dari 50 persen mahasiswa baru dari SNMPTN dan 50 persen lainnya dari SBMPTN,” kata Ganjar dalam diskusi di Gedung Sindo, Kamis (17/7/2014). Menurut Ganjar, kampus-kampus yang menyelenggarakan ujian mandiri biasanya memang menyisihkan kuota mahasiswa baru mereka untuk jalur tersebut. Komposisi kuota yang umum dipakai adalah 50 persen untuk SNMPTN, 30 persen untuk SBMPTN dan 20 persen ujian mandiri.

…dst

6 )  Tidak Registrasi, Batal Menjadi Mahasiswa UGM Jalur SBMPTN

Diunggah : Jumat, 18 Juli 2014 —Agung
Sebanyak 104.862 calon mahasiswa telah dinyatakan lolos Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Sebanyak 104.862 berasal dari 664.509 pendaftar definitif baik dari pendaftar reguler maupun Bidikmisi, dan mereka tersebar di 63 PTN di Indonesia. Berdasarkan kelompok ujian, bidang saintek yang terdiri dari 1281 program studi meluluskan 50.154 peserta. Sedangkan dari bidang sosial humaniora 54.708 orang. Jika dilihat dari kelompok jenis kelamin, kelulusan peserta perempuan lebih banyak dari peserta laki-laki. Dari 104.862 orang yang lulus, sebanyak 55.047 atau 52,49 persen adalah perempuan. UGM melalui seleksi ini menerima 2.171 mahasiswa, terdiri dari 1.546 diterima pada Program Studi IPA, dan 625 Program Studi IPS. “Termasuk di dalamnya 258 mahasiswa yang di terima di SBMPTN, ini adalah mereka para penerima Beasiswa Bidikmisi”, kata Dr.Agr. Ir. Sri Peni Wastutiningsih, Direktur  Akademik UGM, Jum’at (18/7).

…dst

7 ) Tak Registrasi Online, Status Mahasiswa Unsoed Akan Dicabut

Sabtu, 19 Juli 2014 11:06 wib
JAKARTA – Dinyatakan lolos dalam Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2014, sering membuat para calon mahasiswa terlena. Padahal, mereka masih harus melakukan rangkaian registrasi untuk resmi terdaftar sebagai mahasiswa di perguruan tinggi tersebut. Humas Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto menyebut, para calon mahasiswa Unsoed yang diterima lewat jalur SBMPTN 2014 wajib untuk melakukan registrasi online. Untuk melakukan registrasi, lanjutnya, calon mahasiswa harus menggunakan ID user nomor SBMPTN. “Registrasi online dilaksanakan pada 5-8 Agustus melalui laman http://registrasi.unsoed.ac.id dengan menggunakan ID user nomor SBMPTN dan tanggal lahir,“ ungkap Wisnu, seperti dikutip dari laman Unsoed, Sabtu (19/7/2014).

…dst

8 ) Peserta SBMPTN dengan Nilai Tertinggi Bidang Saintek Diterima di Universitas Diponegoro

Wed, 07/16/2014 – 18:30
Jakarta, Kemdikbud Salah satu calon mahasiswa program studi (prodi) pendidikan dokter yang diterima di Universitas Diponegoro (Undip) merupakan lulusan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dengan nilai tertinggi. Calon mahasiswa yang mengantongi nilai 1.051,54 ini merupakan peserta dengan nilai tertinggi di bidang sains dan teknologi (saintek). Data tersebut diungkap Ketua SBMPTN, Ganjar Kurnia, pada jumpa pers pengumuman hasil SBMPTN, di Jakarta, Rabu (16/07). “Untuk kelompok sosial humaniora (soshum), nilai tertinggi 848,29 diraih oleh peserta yang diterima di Universitas Indonesia dengan prodi Akuntansi,” kata Ganjar. Sedangkan untuk kelompok ujian soshum/bahasa, nilai tertinggi 766,01 diraih calon mahasiswa dari Universitas Negeri Malang dengan prodi pendidikan bahasa inggris. Disamping nilai tertinggi, panitia SBMPTN juga merilis nilai minimum per jenis prodi dari peserta yang diterima.

…dst

9 ) Ilmu Praktis Mendominasi 10 Prodi Paling Diminati dalam SBMPTN 2014

Rabu, 16 Juli 2014 | 20:14 WIB J
AKARTA, KOMPAS.com — Jurusan ilmu praktis masih menjadi favorit para peserta Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri 2014. Hal itu terlihat dari daftar sepuluh program studi (prodi) yang paling diminati dalam SBMPTN 2014. Berikut ini kesepuluh daftarnya. A. Rumpun Saintek: 1. Teknik Informatika (ilmu komputer/sistem informasi/sistem komputer/teknik komputer). 2. Pendidikan Dokter. 3. Teknik Sipil. 4. Psikologi. 5. Farmasi. B. Rumpun Sosial Humaniora: 1. Manajemen. 2. Akuntansi. 3. Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 4. Hukum. 5. Ilmu komunikasi.

…dst

10 ) Unijoyo Terima Mahasiswa Bidikmisi terbanyak se-Indonesia

17 Jul 2014 01:36:29
Surabaya (AntaraJatim) – Universitas Trunojoyo (Unijoyo) Bangkalan, Madura, menerima mahasiswa Bidikmisi terbanyak se-Indonesia dari jalur seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN) yang diumumkan pada 16 Juli. “Jumlah peserta Bidikmisi se-Indonesia dari hasil seleksi SBMPTN tercatat 16.472 orang atau 20,35 persen dari 104.862 peserta jalur SBMPTN yang diterima, sedangkan pendaftar SBMPTN secara nasional mencapai 664.509 orang,” kata Humas SBMPTN Panitia Lokal 50/Surabaya Dr Ismaini Zain di Surabaya, Kamis. Didampingi staf Humas Panitia Lokal 50/Surabaya Bekti Cahyo Hidayanto, ia menjelaskan Unijoyo mendapatkan kuota sebesar 895 orang dari jumlah 16.472 orang peserta Bidikmisi jalur SBMPTN secara nasional.

…dst

11 ) Unair Curigai Empat Mahasiswa Peserta Bidikmisi

17 Jul 2014 21:24:14
Surabaya (Antara) – Pihak Universitas Airlangga (Unair) Surabaya mencurigai empat dari 665 mahasiswa peserta program Bidikmisi (beasiswa pendidikan untuk miskin berprestasi), karena data-data mereka meragukan setelah dilakukan visitasi. “Hasil visitasi menunjukkan keempat peserta Bidikmisi itu punya rumah yang bagus dan bertingkat serta ada yang memiliki mobil, karena itu kami tunggu keputusan Rektor untuk mereka,” kata Wakil Rektor I (akademik) Unair Prof Achmad Syahrani di Surabaya, Kamis. Di sela-sela buka bersama dan konferensi pers terkait Lustrum XII atau Dies Natalis ke-60 Unair (14 Juli-29 November), ia menjelaskan 665 mahasiswa Bidikmisi meliputi 383 mahasiswa Bidikmisi dari jalur SNMPTN dan 282 mahasiswa Bidikmisi dari jalur SBMPTN. “Jumlah itu (665 mahasiswa peserta Bidikmisi) jauh dari kuota Bidikmisi Unair pada tahun lalu yang mencapai 900 mahasiswa, namun peserta Bidikmisi pada tahun ini memang tidak diberlakukan kuota, melainkan kuota nasional yang diperebutkan secara nasional,” katanya.

…dst

12 ) UKT Berlaku untuk Prodi Diploma dan S1 Reguler

Fri, 07/18/2014 – 16:52
Jakarta, Kemdikbud — Menurut Undang-undang Nomor 12 Tahun 2012, Uang Kuliah Tunggal (UKT) berlaku untuk program studi jenjang diploma dan sarjana. Sedangkan untuk kelas pascasarjana dan kelas internasional belum diberlakukan UKT. Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Patdono Suwignjo, mengatakan, bagi program studi yang belum memakai UKT juga harus ikut dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti). Yaitu program studi yang tidak ikut UKT paling banyak 20 persen . “Pascasarjana belum ikut UKT, kelas internasional juga tidak ikut. Tapi Dikti membuat aturan, prodi yang tidak ikut aturan UKT, dibatasi maksimum 20 persen,” katanya. Patdono mengatakan, UKT yang dikelompokkan dalam delapan kelompok. Kelompok pertama, adalah mahasiswa yang membayar biaya kuliah dari Rp0 – Rp500 ribu. Kelompok kedua Rp500 ribu – Rp1 juta, dan kelompok tiga sampai delapan adalah mahasiswa yang membayar sesuai dengan ketetapan kampus masing-masing, dimana kelompok delapan adalah UKT tertinggi. Dengan adanya UKT, mahasiswa hanya membayar satu jenis biaya kuliah. Tidak ada lagi pembagian biaya-biaya seperti biaya gedung, SPP ataupun biaya praktikum.

…dst

13 ) Kemdikbud Audit Implementasi BOPTN Secara Berkala untuk Hindari Penyalahgunaan

Fri, 07/18/2014 – 15:24
Jakarta, Kemdikbud —Salah satu aspek penting dari implementasi pemberian biaya operasional kepada perguruan tinggi negeri (BOPTN) adalah pengendalian. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdikbud memiliki mekanisme sendiri dalam hal pengendalian agar BOPTN tidak disalahgunakan. Disampaikan Sekretaris Ditjen Dikti, Patdono Suwignjo, ketika BOPTN akan disalurkan, kondisi keuangan semua PTN akan diaudit terlebih dahulu oleh inspektorat. Demikian pula ketika di akhir tahun pelajaran. “Akan diaudit lagi, untuk melihat apakah BOPTN, BKT dan UKT sudah disalurkan dengan baik atau tidak,” kata Patdono pada gelar wicara dengan radio Elshinta, Jumat (18/07), di Kantor Kemdikbud. Patdono mengatakan, dari hasil audit PTN akan diberi sanksi jika BOPTN tidak tersalurkan dengan baik atau disalahgunakan. Bentuk sanksi dimulai dari sanksi ringan berupa teguran, hingga sanksi penangguhan anggaran. Sanksi-sanksi tersebut sudah tercantum di UU No. 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi. Di undang-undang ini juga, kata Patdono, disebutkan bahwa 30 persen BOPTN digunakan untuk penelitian. Tidak hanya untuk penelitian yang dilakukan PTN, anggaran ini juga bisa digunakan oleh peneliti dari perguruan tinggi swasta.

…dst

14 ) Kurikulum 2013, Unpad Ubah Pengajaran Agama

Kamis, 17 Juli 2014 19:43 wib
JAKARTA – Implementasi kurikulum 2013 juga sampai pada jenjang perguruan tinggi. Universitas Padjadjaran (Unpad) merupakan salah satu kampus yang menyesuaikan sistem pengajaran dengan kurikulum baru tersebut.  Rektor Unpad, Prof. Ganjar Kurnia mengatakan, salah satu perubahan dilakukan dalam kurikulum pendidikan agama. “Dalam pelajaran agama, materinya jangan hanya seputar agama, tetapi juga harus menanamkan nilai-nilai yang menjadi landasan perilaku,” ujar Ganjar dalam diskusi di Gedung Sindo, Jakarta Pusat, Kamis (17/7/2014).  Ketua Umum SBMPTN 2014 itu mencontohkan, agama mengajarkan bahwa kebersihan sebagian dari iman. Prinsip ini bisa diaplikasikan melalui perilaku membuang sampah pada tempatnya. Ini berarti, orang tersebut telah mempelajari agama. “Selain itu, kita memberikan toleransi dalam hal perbedaan,” imbuhnya.

…dst

15 ) Pertamina Hibahkan Mobil Listrik ke Universitas Brawijaya

17 Jul 2014 17:24:01
Malang (Antara Jatim) – PT Pertamina (Persero) menghibahkan satu unit mobil Electric Executive Luxury Car kepada Universitas Brawijaya Malang, Jawa Timur, sebagai bagian dari upaya perusahaan tersebut mendukung pengembangan kapasitas nasional dalam penyediaan mobil listrik sebagai alat transportasi ramah lingkungan. “Ini adalah bentuk partisipasi aktif Pertamina dalam pengembangan mobil listrik nasional. Pertamina sangat mendukung program pemerintah (Kementerian BUMN), dalam upaya pengembangan kapasitas dan kemampuan nasional untuk memproduksi alat transportasi ramah lingkungan dan tidak bergantung pada energi fosil yang tak terbarukan,” kata Direktur Umum Pertamina Luhur Budi Djatmiko disela-sela penyerahan mobil listrik di Universitas Brawijaya (UB) Malang, Kamis.
Ia mengatakan bantuan tersebut merupakan salah satu dari enam unit mobil listrik yang akan diserahkan Pertamina kepada 6 perguruan tinggi terpilih melalui program tanggung jawa sosial perusahaan (CSR) Pertamina.

…dst

16 )  Tunggu Usulan Formasi, Pendaftaran CPNS Mulai 11 Agustus

Jumat, 18 Juli 2014 – 09:53 WIB
Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) meminta para pejabat pembina kepegawaian (PPK) baik pusat maupun daerah untuk segera menyampaikan rincian usulan tambahan formasi aparatur sipil negara (ASN) khususnya Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) kepada Menteri PAN-RB dengan tembusan kepada Kepala BKN paling lambat tanggal 24 Juli 2014. Deputi Sumberdaya Manusia (SDM) Aparatur Kementerian PAN-RB Setiawan Wangsaatmadja mengatakan, rincian usulan tersebut diperlukan agar  penetapan dan persetujuan rincian formasi CPNS oleh Menteri PAN-RB kepada instansi dapat dilaksanakan sesuai jadwal,  yakni minggu kedua Agustus 2014. “Diharapkan jadwal itu bisa ditepati, sehingga instansi yang membuka formasi CPNS, dapat mengumumkan lowongan formasi antara tanggal 11 sampai 24 Agustus 2014,” kata Setiawan Wangsaatmadja di Jakarta, Kamis (17/7).

…dst