Indonesia Jalin Kerja Sama dengan Australia

Oleh Dinna Handini – 21 August 2014

Jakarta, 21 Agustus 2014-Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) bekerja sama dengan The Australia-Indonesia Center (AIC) menyelenggarakan Cluster Research Workshop bertempat di Gedung D, Komplek Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud).

Workshop ini diselenggarakan dalam rangka persiapan kerja sama penelitian antara Indonesia-Australia (Research Cluster) yang akan dilaksanakan pada tahun 2015-2017. Research Cluster ini bertujuan untuk mengkolaborasikan penelitian dari berbagai multidisiplin ilmu untuk menghadapi tantangan yang kompleks. Bidang yang menjadi prioritas penelitian meliputi energi, infrastruktur, kesehatan, pangan dan pertanian yang diidentifikasi bersama oleh pemerintah Indonesia dan Australia.

Acara dibuka dengan penandatanganan MoU antara Ditjen Dikti dan AIC. Kemudian dilanjutkan dengan workshop paralel yang diikuti masing-masing tim, baik dari institusi Australia maupun Indonesia. Institusi yang berpartisipasi dari Indonesia antara lain Institut Pertanian Bogor (IPB), Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Airlangga (Unair), Universitas Gadjah Mada (UGM), Univesitas Indonesia (UI) dan Universitas Hasanuddin (Unhas). Sedangkan dari Australia antara lain Monash University, Australian National University (ANU), Commonwealth Scientific and Industrial Research Organization (CSIRO), University of Melbourne dan University of Sidney.