1 )  Empat PTN Ini Segera Alih Status Jadi Badan Hukum

Mon, 10/06/2014 – 11:45
Semarang, Kemdikbud — Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh mengungkapkan sebelum 20 Oktober 2014, empat perguruan tinggi (PTN) akan alih status menjadi PTN badan hukum (PTN BH). Empat PTN tersebut adalah Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), Universitas Padjajaran (UNPAD), Universitas Diponegoro (Undip), dan Universitas Hasanudin (Unhas). Sebelumnya, sudah ada tujuh PTN yang berstatus badan hukum. Ketujuh PTN tersebut adalah Universitas Gadjah Mada (UGM), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Sumatera Utara (USU), Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), dan Universitas Airlangga (UNAIR).

…dst

2 )  Bantuan Operasional PTN Naik 50 Persen

Mon, 10/06/2014 – 11:05

Semarang, Kemdikbud — Anggaran fungsi pendidikan akhirnya disahkan oleh DPR minggu lalu. Dari hasil pengesahan, anggaran untuk bantuan operasional perguruan tinggi negeri (BOPTN) naik dari Rp3 triliun menjadi Rp4,5 triliun. “Itu naiknya 50 persen,” demikian disampaikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh, di Semarang, Sabtu (04/10/2014). Mendikbud mengatakan, selain BOPTN anggaran pendidikan tinggi juga menaikkan anggaran sarana dan prasarana menjadi Rp6 triliun. Kenaikan tersebut untuk membantu PTN-PTN baru agar bisa mengejar ketertinggalan dengan PTN lain yang lebih tua.

…dst

3 )  Bantuan Operasional Naik, Butuh Dana Rp 16 Triliun untuk Gratiskan Kuliah

SENIN, 6 OKTOBER 2014

JAKARTA, KOMPAS — Direktorat Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menaikkan anggaran bantuan operasional perguruan tinggi negeri sebesar 50 persen. Kenaikan anggaran itu guna meningkatkan akses masyarakat agar dapat mengenyam pendidikan di bangku kuliah.Anggaran bantuan operasional perguruan tinggi negeri (BOPTN) yang tahun 2014 sekitar Rp 3 triliun naik menjadi Rp 4,55 triliun untuk tahun ajaran 2015/ 2016. Dana itu akan dialokasikan untuk menutupi biaya uang kuliah tunggal bagi mahasiswa di 110 perguruan tinggi negeri. Selain itu, sebagian bantuan operasional itu untuk riset dan peningkatan mutu. Menurut Patdono Suwignjo, Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, terdapat delapan kelompok pembiayaan bagi mahasiswa berdasarkan kondisi ekonomi keluarga. Pengelompokan itu dimulai dari kelompok 1, dengan biaya per semester Rp 0-Rp 500.000, hingga kelompok 8, dengan biaya sekitar Rp 7.000.000.

…dst

4 ) Pemerintah Wujudkan Impian Para Mahasiswa Indonesia di Kairo

Sat, 10/04/2014 – 11:19
Jakarta, Kemdikbud — Pemerintah wujudkan impian para mahasiswa Indonesia di Kairo untuk memiliki tempat tinggal yang layak dihuni. Kebulatan tekat wujudkan impian mahasiswa tersebut dikuatkan ketika Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono melakukan kunjungan ke Universitas Al Azhar di Kairo, Mesir. Presiden menerangkan, setelah ia menghadiri  Konferensi Organisasi Kerjasama Islam, (OIC, The Organization of Islamic Cooperation) yang dilaksanakan di Kairo, Mesir, ia sempatkan berkunjung ke Universitas Al-Azhar. Dari kunjungan tersebut, Presiden melakukan diskusi dengan pimpinan universitas, dan berinteraksi dengan para mahasiswa Indonesia.“Dari interaksi tersebut bulatlah sudah, bahwa asrama mahasiswa ini perlu segara dibangun dan dihadirkan,” ungkap Presiden pada sambutannya diacara peresmian Asrama secara simbolis dilakukan di Istana Kepresidenan, Jakarta, pada hari Jumat (03/10/2014).

…dst

5 )  Kampus UMN Raih Juara di ASEAN

Senin, 06 Oktober 2014 13:06 wib

TANGERANG – Pemanasan global dan krisis energi menjadi persoalan bersama. Sehingga tidak mengherankan ketika berbagai pihak berlomba-lomba mengatasi persoalan tersebut dengan banyak cara. Salah satunya dalam konsep rancang bangun. Universitas Multimedia Nusantara (UMN), misalnya. Mereka sengaja membangun Gedung New Media Tower sebagai bangunan hemat energi dengan memanfaatkan sirkulasi udara alami sehingga mengurangi penggunaan pendingin udara (AC). Bangunan 12 lantai itu bahkan berhasil menyabet juara pertama sebagai Energy Efficient Building kategori Tropical Building dalam ASEAN Energy Award 2014. Sebelumnya, Gedung New Media Tower juga menjadi juara pertama gedung hemat energi tingkat nasional 2013 sehingga berhak maju di tingkat ASEAN. Wakil Rektor UMN Andrey Andoko menyebut, Gedung New Media Tower berbasis energy saving sehingga meminimalisasi penggunaan listrik sebagai penggerak. Namun konsep energy saving berbeda dengan green building.

…dst

6 )  Irjen Kemendikbud: Kami tak Berwenang di Kasus Unas

Minggu, 05 Oktober 2014, 04:30 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA–Sekelompok orang yang mengatasnamakan dirinya Keluarga Besar Universitas Nasional (KB UNAS), Selasa (30/9) mendatangi Kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk beraudiensi dengan Irjen Kemendikbud, Haryono Umar terkait kebijakan kampus yang dianggap merugikan. ‘’Silahkan menyampaikan aspirasi adik-adik yang merasa dirugikan. Namun, kami tidak punya kewenangan langsung dalam menangani kasus ini. Yang berwenang adalah Dirjen Dikti dan Kopertis Wilayah III. Yang akan kami lakukan adalah menampung dan menyampaikan rekomendasi ke pihak-pihak tersebut,’’ ungkap Haryono Umar. Pihaknya, jelas Haryono,  akan mendalami kasus ini dan tidak akan berpihak. Namun, akan mengumpulkan informasi dari kedua belah pihak sebelum memberikan rekomendasi.  Juru Bicara KB Unas Muhammad Afif Rahadian mempermasalahkan pemberian sanksi skorsing dan drop out serta pembekuan organisasi intra dan ekstrakampus di Unas yang dianggap sepihak. Serta penetapan Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, penemuan narkoba di kampus dan intimidasi pimpinan kampus melalui preman bayaran.

…dst

7 )  Pemilihan MWA USU Langgar PP

Rabu, 01 Oktober 2014 , 06:07:00
JAKARTA – Pemilihan anggota Majelis Wali Amanat Universitas Sumatera Utara (MWA USU) periode 2014-2019 terindikasi melanggar Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 16 Tahun 2014 tentang statuta USU. Pasalnya, pemilihan hanya menghasilkan 17 anggota MWA, dengan rincian 9 dari unsur masyarakat dan 8 dari unsur Senat Akademik (SA). Sementara, sesuai ketentuan PP Nomor 16 Tahun 2014, jumlah anggota MWA USU dari unsur masyarakat sudah disebut secara jelas, yakni 11 orang. Sedang dari unsur SA, sesuai PP, jumlahnya 8 orang. Total, jumlah MWA USU sesuai ketentuan PP dimaksud adalah 21 orang. Dua lagi yakni mendikbud dan rektor USU, yang keduanya otomatis menjadi anggota. “Kalau PP sudah menyebut jumlahnya secara jelas, ya mestinya mengikuti PP saja,” ujar Inspektur Jenderal Kemendikbud, Haryono Umar, kepada JPNN kemarin (30/9). Sementara, terkait jumlah anggota senat yang mengikuti voting, yakni hanya 48 orang, Haryono tidak mempersoalkannya.

…dst

8 ) Dari 10 Ribu Maba UGM, 47% Asal Keluarga Miskin

Sabtu, 04 Oktober 2014 18:03 wib
JAKARTA – Kesulitan biaya bukan penghalang untuk memperoleh pendidikan. Apalagi, kini kian banyak kampus memberikan beasiswa bagi mahasiswa, khususnya dari golongan keluarga tidak mampu. Seperti, Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta yang memberikan bantuan kepada mahasiswa baru (maba) yang berasal dari kalangan keluarga tidak mampu. Wakil Rektor Bidang Sumber Daya Manusia dan Aset UGM Prof Dr Ir Budi Santoso Wignyosukarto mengatakan, sekira 47 persen dari 10 ribu maba UGM berasal dari keluarga kurang mampu. Bahkan, jumlah mahasiswa kategori tersebut yang masuk UGM dari tahun ke tahun semakin bertambah. “Meski sudah ada beasiswa bidikmisi yang menanggung sekira 1.000 hingga 1.500 mahasiswa, selebihnya menjadi tanggungan UGM untuk mencarikan beasiswa lain dari berbagai sumber. Hanya 53 persen maba yang membayar penuh,” ujar Budi, seperti dilansir laman UGM, Sabtu (4/10/2014).

…dst

9 ) Pertamina Dukung Pemanfaatan Energi Alternatif di Dunia Pendidikan

Senin, 6 Oktober 2014 | 18:31 WIB
Pembakaran bahan bakar fosil merupakan sumber utama dari karbon dioksida dan dipercaya sebagai penyebab pemanasan global. Untuk itu, banyak pengujian sumber energi alternatif dilakukan sebagai pengganti bahan bakar fosil yang merusak lingkungan dan bisa habis sewaktu-waktu. Sumber energi alternatif memiliki banyak kelebihan, seperti energi akan selalu tersedia dan tidak pernah habis, mudah didapat, tidak menghasilkan limbah yang membahayakan, turut mengurangi pencemaran lingkungan dan efek negatif lainnya. Kelebihan ini menunjukkan betapa pentingnya pemanfaatan energi alternatif bagi kehidupan masyarakat. Tidak ketinggalan, PT Pertamina (Persero) melalui Corporate Social Responsibility (CSR), mendukung pengembangan energi alternatif bagi masyarakat khususnya pada dunia pendidikan dalam program “Pertamina Sobat Bumi”.

…dst

10 )  E-learning di perguruan tinggi belum terinisiasi sistematis

Senin, 29 September 2014 17:52 WIB
Depok (ANTARA News) – Profesor di bidang teknologi instruksi, Prof. Paulina Pannen, Ph.D., mengatakan, penerapan metode pembelajaran jarak jauh atau pada sebagian besar perguruan tinggi di Indonesia belum terinisiasi secara sistematis. “Sudah banyak (perguruan tinggi) yang menginisasi, tetapi belum terinisiasi secara sistematis. Jadi masih banyak berupa upaya dari dosen-dosen yang melihat ada perubahan dan orang-orang yang senang mengakses teknologi untuk menerapkan,” ujarnya dalam seminar soal  di kampus UI, Depok, Jawa Barat, Senin. “Jadi belum tersistemasi secara luas. Kecuali kalau di perguruan tinggi besar seperti UI, ITB, memang sudah pakai (e-learning cukup lama),” kata Paulina.  Dia mengatakan, dari total sekitar 3600 perguruan tinggi di Indonesia, baru sekitar 600 atau 16 persen perguruan tinggi yang menerapkan metode pembelajaran jarak jauh atau “Untuk mata kuliah, saat ini sudah lebih dari 2000 mata kuliah yang menerapkan metode pembalajaran ini. Lalu, dari 100 program studi, sudah 30 persen mata kuliah yang menerapkannya,” kata Paulina.

…dst

11 )  Binus Online Learning, Kuliah Tanpa Harus ke Kampus

Kamis, 2 Oktober 2014 | 14:09 WIB
KOMPAS.com – Universitas Bina Nusantara (Binus) menerapkan metode yang diberi nama Binus Online Learning. Metode tersebut memungkinkan mahasiswa tidak perlu datang ke kampus, karena hampir seluruh kegiatan perkuliahan dilakukan melalui sistem online. “Mendorong mahasiswa untuk self learning, untuk belajar mandiri,” ujar Deputi Direktur Binus online learning, Agus Putranto, saat ditemui di Kampus Binus, Jalan K.H. Syahdan No.9, Jakarta Barat, Selasa (9/9/2014) lalu.Agus mengatakan, Binus Online Learning merupakan suatu metode pembelajaran yang mulai diterapkan sejak 14 Februari 2009. 

…dst

12 ) Universitas Brawijaya Pangkas Mahasiswa S1

30 Sept 2014 15:47:12
Malang (Antara Jatim) – Universitas Brawijaya Malang, Jawa Timur, mulai tahun ini memangkas jumlah penerimaan mahasiswa baru jenjang strata 1 karena mendapatkan sorotan tajam dari perguruan tinggi swasta yang tergabung dalam Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (Aptisi). “Tahun ini kami sudah melakukan pemangkasan jumlah mahasiswa baru (maba) cukup banyak. Tahun lalu maba Universitas Brawijaya (UB) mencapai 14.081 orang dan tahun ini turun sekitar 20 persen atau hanya menjadi 11.033 orang,” kata Rektor UB Prof Dr Mohammad Bisri dalam pertemuan antara rektor perguruan tinggi negeri (PTN) dan PTS se-Malang Raya di kampus UB, Selasa.Ia mengakui saat ini jumlah mahasiswa UB secara keseluruhan yang mencapai 65.431 orang itu sudah melebihi kapasitas daya tampung kampus maupun rasio antara dosen dengan mahasiswa sekitar 20 persen, sehingga ke depan jumlah maba yang diterima harus terus dipangkas hingga mencapai ideal.

…dst

13 ) Mendikbud Resmikan Gedung Pasca Sarjana Terapan Politeknik Elektronika Negeri Surabaya

Mon, 10/06/2014 – 18:55
Surabaya, Kemdikbud — Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh, didampingi Direktur Politeknik Elektronika Negeri Surabaya Zainal Arief, meresmikan gedung Pasca Sarjana Terapan Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS). Peresmian tersebut ditandai dengan penandatanganan prasasti Auditorium Pasca Sarjana Terapan PENS  oleh Mendikbud, di Kampus Pasca Sarjana PENS, pada hari Minggu (05/10/2014). “Tolong gedung ini dirawat betul dengan baik, dan tunjukan kita tidak hanya bisa membangun tetapi juga bisa merawat, serta bisa memanfaatkan dengan baik,” ungkap Mendikbud dalam sambutannya.

…dst