Kemenristekdikti Akan Pangkas Anggaran Hingga Rp 200 Miliar

Kemenristekdikti Akan Pangkas Anggaran Hingga Rp 200 MiliarFoto: Ari Saputra

Muchus Budi R. – detikNews 9 Agustus 2016

Solo – Dalam rangka mendukung kebijakan Pemerintah untuk melakukan pemangkasan anggaran, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan tinggi (Kemenristekdikti) akan melakukan langkah yang sama. Kementerian tersebut akan memotong sekitar Rp 200 miliar, terutama di pos anggaran perjalanan dinas dan rapat.

“Kebijakan Pemerintah yang akan memangkas anggaran hingga Rp 133 triliun, harus didukung. Kami akan menyesuaikan dengan melakukan pengetatan anggaran di semester kedua tahun ini. Kami berharap angkanya bisa mencapai hingga Rp 200 miliar,” ujar Sekretaris Kemenristekdikti Ainun Naim kepada wartawan di Solo, Jawa Tengah, Senin (8/8/2016).

Pemangkasan anggaran tersebut, kata Ainun, akan dilakukan pada berbagai pos atau mata anggaran. Dia menyebutkan tiga pos anggaran yang akan mengalami pemangkasan cukup banyak adalah perjalanan dinas, rapat dan renovasi gedung.

Meskipun demikian Ainun menjamin kementeriannya tidak akan menghentikan proyek pembangunan gedung yang sedang berjalan. Sebab jika serta-merta dihentikan saat proyek berjalan, dipastikan akan menjadi proyek mangkrak yang justru akan semakin merugikan keuangan negara.

Pos anggaran untuk kegiatan dan riset masih tetap. Tidak akan ada pemangkasan di pos tersebut. Kami tidak ingin kinerja kementerian menurun,” lanjutnya. (mbr/bag)