UNS Tidak akan Batasi Penerimaan Mahasiswa ABK

Universitas Sebelas Maret

UNS Tidak akan Batasi Penerimaan Mahasiswa ABK

Kamis, 23 Februari 2017 | 21:11 WIB
Wartawan: Tok Suwarto

PADA  penerimaan mahasiswa baru tahun 2017, Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo tidak akan menbatasi jumlah anak berkebutuhan khusus (ABK) atau anak-anak penyandang disabilitas. Apabila para ABK tersebut lolos seleksi, baik melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan selesi mandiri, UNS akan menerima mereka dan memberi hak kuliah yang sama dengan mahasiswa lain.

Rektor UNS, Prof Dr Ravik Karsidi, menyampaikan hal itu kepada wartawan, Kamis (23/2/2017). Dia menanggapi  kuota mahasiswa baru bagi ABK di UNS pada tahun 2017.

“Siswa berkebutuhan khusus memiliki hak sama untuk mendaftar di perguruan tinggi negeri, baik melalui jalur  SNMPTN, SBMPTN, maupun jalur ujian mandiri. Sepanjang mereka lolos seleksi dan memenuhi syarat yang ditentukan program studi akan diterima di UNS,” katanya.

Menurut Prof. Ravik yang pada 2017 ini sebagai Ketua Panitia Nasional SNMPTN, mengungkapkan, berdasarkan hasil rapat para rektor perguruan tinggi, setiap perguruan tinggi diminta memiliki fasilitator bagi ABK. Hal itu agar ABK dapat mengikuti proses belajar mengajar di perguruan tinggi dengan baik dan mudah.

Beberapa tahun belakangan ini, kata Raktor, UNS menyediakan pendamping bagi siswa berkebutuhan khusus yang mengikuti ujian tulis. Sedangkan  dalam perkuliahan,  di UNS juga memiliki dosen pendamping ABK.

Tahun akademik 2017/2018, UNS akan menerima  6.291 , mahasiswa baru melalui jalur SNMPTN, SBMPTN dan selekti mandiri. Khusus untuk SNMPTN yang kini prosesnya sedang berlangsung, Ketua Seleksi Penerimaan Mahasiswa (SPMB) UNS, Prof Dr Sutarno, menyatakan, kuota SNMPTN UNS sebanyak 2.500 orang.

Editor: Brilliant Awal
Galamedianews