Kementerian Riset, Teknologi, Dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia

PENGUMUMAN 16 NOV 2018

Tawaran Program Master Degree dari Pemerintah Singapura tahun 2018

                 Lee Kuan Yew School of Public Policy
Pemerintah Singapura melalui Lee Kuan Yew School of Public Policy menawarkan kepada para calon peserta dari Indonesia dalam menempuh beasiswa Master Degree untuk tahun akademik yang akan dimulai pada Agustus 2019.

Program-program yang ditawarkan terdiri dari:

No. Program Persyaratan Durasi
1. Master in International Affairs (MIA) –      Mahir dalam Bahasa Inggris–      Melampirkan tiga surat rekomendasi (reports of reference)

–      Melampirkan personal statement, maksimal 500 kata

–      Melampirkan satu karya tulis ilmiah, maksimal 2000 kata

2 tahun
2. Master in Public Policy (MPP) –      Mahir dalam Bahasa Inggris–      Melampirkan dua surat rekomendasi (reports of reference)

–      Memiliki pengalaman kerja dua hingga lima tahun

–      Menunjukkan komitmen terhadap pelayanan publik

2 tahun
3. Master in Public Administration (MPA) –      Mahir dalam Bahasa Inggris–      Melampirkan dua surat rekomendasi (reports of reference)

–      Memiliki minimal lima tahun pengalaman kerja

–      Menunjukkan komitmen terhadap pelayanan publik

1 tahun

Seluruh pendidikan Master Degree tersebut akan dilaksanakan dalam Bahasa Inggris dengan minimal usia bagi para calon peserta minimal 25 tahun. Biaya sehubungan dengan keikutsertaan pada pendidikan tersebut ditanggung sepenuhnya oleh Pemerintah Singapura.

Bagi para calon peserta yang berminat wajib mengisi formulir pendaftaran secara online melalui website http://lkyspp.sg/gda2-2018 paling lambat tanggal 31 Desember 2018. Guna administrasi lebih lanjut, calon peserta yang bekerja di Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) dan perguruan tinggi wajib menyampaikan berkas pencalonan kepada Biro Kerja Sama dan Komunikasi Publik untuk proses endorsement sebagai calon resmi dari Pemerintah Indonesia, paling lambat tanggal 27 Desember 2018. 

Untuk proses endorsement, kelengkapan berkas pencalonan dan berkas penunjang lainnya yang wajib disampaikan terdiri dari:

  1. Print out formulir pendaftaran
  2. Transkrip akademik.
  3. Daftar riwayat hidup dalam Bahasa Inggris.
  4. Satu buah foto berwarna ukuran 4×6 cm.
  5. Medical report yang ditandatangani oleh dokter yang berwenang.
  6. Sertifikat kemampuan Bahasa Inggris yang masih berlaku.
  7. Surat permohonan endorsement dari pejabat berwenang tempat calon peserta bekerja.

Berkas lengkap disampaikan dalam bentuk hard copy kepada Biro Kerja Sama dan Komunikasi Publik, Kemenristekdikti, yang beralamat di Gedung II BPPT lantai 18, Jalan MH. Thamrin No. 8 Jakarta Pusat 10340 dan soft copy dalam bentuk pdf file disampaikan ke alamat surel [email protected] dengan subjek email “Pendaftaran Program Master Degree dari Pemerintah Singapura tahun 2018”. Untuk informasi lebih lanjut dapat mengakses laman https://lkyspp.nus.edu.sg/graduate-admissions.

Biro Kerja Sama dan Komunikasi Publik

Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi

2018