1 ) SNMPTN, Kemdiknas Gandeng Bank MandiriTerapkan Sistem Pembayaran Online
http://www.jpnn.com/

Rabu, 12 Januari 2011 , 19:42:00
JAKARTA – Bank Mandiri siap untuk menyediakan layanan sistem pembayaran secara online, untuk mendukung pelaksanaan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2011. Wakil Direktur Utama Bank Mandiri, Riswinandi mengatakan, melalui layanan tersebut, maka Bank Mandiri akan menerima pembayaran uang pendaftaran calon peserta SNMPTN yang rencananya akan diikuti oleh 60 PTN di seluruh Indonesia. “Para calon mahasiswa maupun orang tua, dapat langsung mengakses website SNMPTN untuk mendaftar di mana saja melalui jaringan internet. Pembayarannya pun dapat dilakukan secara online di seluruh jaringan Bank Mandiri, seperti (via) ATM, internet banking, SMS banking, dan cabang-cabang Bank mandiri yang berjumlah 1.296 kantor cabang di seluruh Indonesia. Sehingga, tidak perlu antre panjang di loket pembayaran,” terang Riswinandi, dalam konferensi pers SNMPTN 2011 di Gedung Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas), Jakarta, Rabu (12/1). Di tempat yang sama, Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) M Nuh menambahkan, pendaftaran sekaligus pembayaran yang dapat dilakukan secara online ini, merupakan salah satu upaya kementerian dalam meningkatkan efisiensi dan memberi kemudahan bagi seluruh calon mahasiswa dalam mendaftar SNMPTN. “Setiap calon mahasiswa di mana pun, bisa memilih dan mengikuti seleksi PTN yang diminati. Ini merupakan bagian dari upaya untuk efisiensi dan optimalisasi. Melalui SNMPTN (pendaftaran sistem online), calon mahasiswa hanya perlu mendaftar satu kali,” jelasnya.

…dst

2 ) SNMPTN Diperluas Lewat Jalur Undangan
http://www.jpnn.com/

Rabu, 12 Januari 2011 , 21:37:00
JAKARTA—Ketua Umum Panitia Pelaksanana Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Herry Suhardiyanto menjelaskan, SNMPTN pada tahun ini diperluas melalui jalur undangan. Seleksi jalur undangan ini dilakukan oleh masing-masing kampus. Setiap peserta dapat memilih dua perguruan tinggi (PT) dan pada masing-masing PT dapat memilih tiga program studi. “Panitia nasional hanya mengumpulkan data yang dientri seluruh kepala sekolah yang berminat dan memenuhi kriteria yaitu akreditasi B atau direkomendasikan oleh PTN tertentu,” terang Herry dalam konferensi pers Launching SNMPTN 2011 di Gedung Kemdiknas, Jakarta, Rabu (12/1). Herry melanjutkan, data yang masuk ke panitia nasional dikumpulkan untuk setiap PT lalu dikirimkan ke PT tersebut untuk ditentukan melalui mekanisme internal. “Yang tidak lulus dikembalikan (ke panitia nasional) lalu diproses pilihan kedua dan diseleksi dengan mekanisme yang sama oleh rektor masing-masing (PT),” katanya. Disebutkan, jalur undangan ini ialah mekanismen seleksi nasional berdasarkan penjaringan prestasi akademik tanpa ujian tertulis/ketrampilan yang ditujukan kepada sekolah (SMA/SMK/MA/MAK). Jalur undangan ini tidak termasuk jalur penelusuran minat dan bakat. Peserta jalur undangan ini, lanjut Herry, berasal dari sekolah yang telah terdaftar pada sistem data.

…dst

3 ) SNMPTN Akan Rekrut 120 Ribu Mahasiswa Baru
http://www.republika.co.id/

Rabu, 12 Januari 2011, 20:31 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA – Kementerian Pendidikan Nasional secara resmi membuka Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) untuk tahun 2011. Khusus untuk tahun ini, selain melalui jalur tertulis dan keterampilan, SNMPTN juga akan membuka jalur undangan. `’SNMPTN tahun sebelumnya diikuti 500 ribu peserta yang memperebutkan 82 ribu bangku, kemudian dengan membuka jalur baru direncanakan 800 ribu calon mahasiswa akan mengikuti SNMPTN 2011,” ucap Herry Suhardiyanto, Ketua Umum Panitia Pelaksana SNMPTN 2011 saat konferensi Pers Launching SNMPTN 2011, Rabu (12/1). ..cut…Dari 800 ribu anak tersebut nantinya akan mampu ditampung sekitar 120 ribu kursi yang akan tersebar di 60 perguruan tinggi negeri. Uang pendaftarannya sendiri khusus untuk jalur tertulis sekitar Rp 150 ribu khusus untuk IPA, IPS dan ujian keterampilan. ” Kalau untuk IPC sekitar Rp 175 ribu rupiah,” ungkapnya. Jadwal ujian tertulis, ialah Selasa, tanggal 31 Mei 2011 (tes potensi akademik dan bidang studi dasar) dan Rabu, 1 Juni 2011 (IPA dan IPS). Untuk bidang keterampilan tanggal 3 dan 4 Juni 2011. Satu hal yang menarik ialah dengan adanya jalur undangan mulai tahun ini. Jalur undangan sendiri akan dibuka tanggal 1 Februari 2011, pengumuman hasilnya ialah 18 Mei 2011. `’Jadi awalnya semuanya akan disaring dari sekolah. Pihak sekolah akan mengajukan nama-nama anak yang berprestasi yang nantinya semua akan disaring panitia SNMPTN,” ungkapnya. Pendaftaran jalur undangan, ialah 1 Februari hingga 12 Maret 2011. Pengumuman hasilnya 18 Mei 2011, dan registrasi mahasiswa baru 31 Mei atau 1 Juni 2011.

…dst

4 ) Wah… PTN “Nakal” Tak Kena Sanksi!
http://edukasi.kompas.com/

Rabu, 12 Januari 2011 | 19:32 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Perguruan tinggi negeri (PTN) yang tetap “nakal” menggelar seleksi jalur mandiri sebelum dilaksanakannya seleksi masuk perguruan tinggi negeri secara nasional melalui SNMPTN tidak akan dikenakan sanksi. Meskipun pemerintah sudah menetapkan aturan tersebut, pemerintah sendiri tidak menjatuhkan sanksi bagi PTN yang melanggarnya kecuali hanya berupa teguran. “Tidak akan ada sanksi dari kami, tapi tentu saja ada ada teguran bagi PTN yang nakal,” kata Ketua Umum Panitia SNMPTN, Herry Suhardiyanto, saat konferensi pers pelaksanaan SNMPTN 2011 di Gedung Kemdiknas, Jakarta, Selasa (12/1/2011). Sebelumnya diberitakan di Kompas.com, Selasa (11/1/2011), pemerintah memperingatkan sejumlah PTN untuk mematuhi ketentuan tentang penerimaan calon mahasiswa baru. Ketentuan itu seperti yang dituangkan dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 34 Tahun 2010 tentang Pola Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana pada Perguruan Tinggi yang Diselenggarakan Pemerintah.

…dst

5 ) SELEKSI PTN
DPR: Diskriminatif, Hapus Jalur Mandiri!
http://edukasi.kompas.com/

Rabu, 12 Januari 2011 | 11:21 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Anggota DPR menilai, ke depan kebijakan jalur mandiri dalam seleksi masuk perguruan tinggi negeri sebaiknya dihapuskan. Kalaupun saat ini masih diberlakukan, jalur seleksi tersebut hanya bersifat transisi karena terlalu diskriminatif. “Karena pada akhirnya, akses memasuki perguruan tinggi harus merata, tidak ditentukan oleh kemampuan ekonomi dan keuangan calon mahasiswa,” tukas anggota Komisi X DPR, Hetifah Sjaifudian, kepada Kompas.com di Jakarta, Rabu (12/1/2011), terkait dengan tetap dijalankannya seleksi jalur mandiri tahun ini oleh sejumlah PTN. Hetifah menambahkan, pemerataan itu bisa terjadi jika orang-orang kaya di Indonesia dikenai biaya pajak yang lebih tinggi. Dengan cara itulah, menurutnya, PTN tak akan lagi berdalih menerapkan keadilan melalui kebijakan yang diskriminatif tersebut. “Sebab, kebijakan ini bertendensi menciptakan kelas sosial di kampus dan mengurangi kualitas lulusan,” tegasnya.

…dst

6 ) Fasli Jalal: Seleksi Mandiri Dianggap Tak Sehat, PTN Wajib Utamakan SNPTN
http://www.republika.co.id

Rabu, 12 Januari 2011, 16:33 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA–Wakil Menteri Pendidikan Nasional Fasli Jalal menegaskan, perguruan tinggi negeri di Indonesia wajib mendahulukan penerimaan mahasiswa baru melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri. “Hal itu sesuai dengan Peraturan Menteri yang sudah menjadi konsensus sejak dari draf dan telah didiskusikan serta mendapat persetujuan dari semua rektor perguruan tinggi negeri (PTN) di Indonesia,” katanya di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Rabu. Menurut dia di sela konferensi “Regional Center of Expertise (RCE) Education for Sustainable Development (ESD)”, mereka setuju untuk melaksanakan seleksi mandiri setelah dilakukan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). “Jadi, bagi PTN yang sudah telanjur membuka pendaftaran penerimaan mahasiswa baru melalui seleksi mandiri kami persilakan, tetapi pelaksanaan tes seleksi harus tetap setelah SNMPTN,” katanya.

…dst

7 ) Anggaran Pendidikan Tinggi Turun
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/375411/

Thursday, 13 January 2011
JAKARTA(SINDO) – Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) mengeluhkan penurunan anggaran yang dialokasikan bagi pendidikan tinggi.Penurunan tersebut menyebabkan kenaikan biaya kuliah dan menimbulkan ketimpangan antara mahasiswa yang mampu dan miskin. Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) Mohammad Nuh mengatakan, anggaran pendidikan di perguruan tinggi dari tahun ke tahun terus menurun.Padahal, jumlah siswa yang akan melanjutkan kuliah semakin meningkat.Kondisi tersebut menyebabkan biaya pendidikan tinggi di dalam negeri melonjak cukup tajam. Hingga 2009, biaya pendidikan di perguruan tinggi negeri mencapai Rp18,7 juta per mahasiswa naik dari tahun sebelumnya yang besarnya Rp14,5 juta. “Kontribusi dari masyarakat meningkatkan angka partisipasi kasar(APK) hingga 25%,” ujarnya kepada SINDO. Mendiknas mengungkapkan, saat ini pembiayaan melalui anggaran pembangunan turun dari Rp7,3 triliun pada 2009 menjadi Rp6,3 triliun.Anggaran rutin menjadi Rp6,8 triliun dari Rp6,3 triliun. Sedangkan pembiayaan melalui penerimaan nasional bukan pajak (PNBP) mencapai Rp5,4 triliun dari sebelumnya Rp5,3 triliun.

…dst

8 ) Unnes Janji Tak Ada Biaya Pembangunan
http://edukasi.kompas.com/

Rabu, 12 Januari 2011 | 10:37 WIB
SEMARANG, KOMPAS.com – Universitas Negeri Semarang (Unees) menyediakan kuota mahasiswa baru melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2011 mencapai 80 persen. Penambahan kuota itu dilakukan untuk memberi kesempatan banyak kepada calon mahasiswa yang berminat untuk menempuh kuliah di Unnes.”Setiap warga negara kan harus diberi kesempatan untuk mengakses pendidikan, kami fasilitasi dengan penambahan kuota melalui SNMPTN itu dari penetapan minimal 60 persen,” kata Rektor Unnes Prof Sudijono Sastroatmodjo di Semarang, Rabu (12/1/2011). Terkait ujian masuk mandiri, kata dia, pihaknya akan mengoptimalkan kuota yang tersisa sebesar 20 persen untuk menarik mahasiswa, namun tetap memerhatikan kondisi ekonomi mereka. Ia mengatakan, pihaknya tetap mengakomodasi mahasiswa miskin yang ingin berkuliah, sementara masalah biaya pendidikan nantinya akan diupayakan melalui pencarian beasiswa dari pihak ketiga.

…dst

9 ) ITB Buka Pascasarjana Kegempaan dan Kegunungapian
http://www.tempointeraktif.com

Rabu, 12 Januari 2011 | 14:54 WIB
TEMPO Interaktif, Bandung – Institut Teknologi Bandung membuka program studi pasca sarjana baru. Kelas Graduate Research on Earthquake and Active Tectonic (GREAT) itu akan dimulai akhir Januari ini. Menurut Rektor ITB Akhmaloka, program baru itu dibuka pendaftarannya sejak awal Januari lalu. Mahasiswanya kini baru sekitar 20-an orang. “Nantinya juga akan dibuka untuk S-3,” ujarnya, Rabu (12/1). Studi kegempaan dan kegunungapian itu akan difokuskan pada teknologi mitigasi. Misalnya, ujar dia, untuk antisipasi gempa bumi dan letusan gunung api, lahar dingin, dan rumah tahan gempa. “Tidak fokus ke penanganan pengungsi atau psikologi sosial,” katanya. Perkaliahan selama 3-4 semester itu bertempat di Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian ITB. Selain menampung lulusan sarjana, program baru itu juga langsung diminati mahasiswa Malaysia. “Kementerian dari Malaysia minta diundang untuk ikut kelas itu,” ujarnya.

…dst

10 ) Universitas Gunadarma Raih Peringkat Kelima Versi 4ICU
http://www.republika.co.id/

Rabu, 12 Januari 2011, 17:07 WI
BREPUBLIKA.CO.ID, DEPOK–Universitas Gunadarma menduduki peringkat lima perguruan tinggi di Indonesia versi 4 International Colleges and Universities (4ICU) yang merupakan lembaga pemeringkatan popularitas perguruan tinggi di dunia internet. “Universitas Gunadarma mampu bertahan di posisi lima,” kata Rektor Universitas Gunadarma, Margianti, di Depok, Jawa Barat, Rabu.Menurut dia, metode pemeringkatan sangat berkaitan dengan kiprah akademik perguruan tinggi tersebut karena kontribusinya ke publik. Ia mengatakan, pemeringkatan web perguruan tinggi di dunia versi 4ICU sudah cukup populer, dan hasilnya selalu ditunggu-tunggu berbagai perguruan tinggi dan publik. Menurut dia, lembaga 4ICU melakukan pemeringkatan terhadap 10.200 perguruan tinggi di 200 negara. Peringkat popularitas tersebut diukur berdasarkan tiga parameter, yaitu google pagerank, inbound link yahoo, dan web trafic berdasarkan alexa (http//www.alexa.com). “Ranking tersebut menggambarkan popularitas situs perguruan tinggi di dunia internet, yang sangat ditentukan oleh tingkat kekayaan produk akademik dan kontriubusinya dari perguruan tinggi,” ujarnya.

…dst

11 ) DPD-UI Jalin Kerja Sama Pengkajian dan Peningkatan SDM
http://www.antaranews.com/

Rabu, 12 Januari 2011 13:10 WIB
Jakarta (ANTARA News) – Dewan Perwakilan Daerah (DPD) menjalin kerja sama dengan Universitas Indonesia (UI) guna meningkatkan dukungan keahlian dan pengkajian berbagai persoalan terkait pelaksanaan berbagai tugas konstitusional DPD. Penandatanganan nota kesepakatan bersama antara DPD dengan UI itu dilakukan oleh Ketua DPD Irman Gusman dan Rektor UI Prof Gumilar Rusliwa Somantri dalam rapat paripurna pembukaan masa persidangan III DPD tahun 2010-2011 di Gedung DPD Jakarta, Rabu. Ruang lingkup kerja sama DPD-UI itu diantaranya adalah penyelenggaraan berbagai kegiatan ilmiah, diskusi atau lokakarya, hingga penelitian serta kajian kebijakan dan hukum, kegiatan sosial dan pengabdian masyarakat serta peningkatan kompetensi sumber daya manusia lainnya. “Kerja sama ini menjadi penting untuk memberikan bobot akademis dalam pelaksanaan tugas dan wewenang DPD melalui kerja sama dengan para pakar dan akademisi di UI,” ujar Ketua DPD Irman Gusman. Dikemukakannya pula bahwa melalui kerja sama tersebut diharapkan adanya keterlibatan kalangan akademisi UI dalam mengkaji ataupun menindaklanjuti isu-isu strategis yang sedang berlangsung di daerah.

…dst

12 ) Triyogi Yuwono Jadi Rektor Baru ITS
http://edukasi.kompas.com/read/2011/01/12/14391811/Triyogi.Yuwono.Jadi.Rektor.Baru.ITS

Rabu, 12 Januari 2011 | 14:39 WIB
SURABAYA, KOMPAS.com — Prof Triyogi Yuwono akhirnya terpilih sebagai Rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya periode 2011-2015. Pelantikan Triyogi diperkirakan awal atau pertengahan April 2011. Hasil pemilihan Rektor ITS ini diperoleh setelah diselenggarakan forum bersama antara Kementerian Pendidikan Nasional dan Senat ITS, Rabu (12/1/2011) di Gedung Rektorat ITS, Surabaya, Jawa Timur. Dalam pertemuan itu, Menteri Pendidikan Nasional Mohammad Nuh diwakili oleh Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Djoko Santoso.
Berdasarkan Peraturan Mendiknas Nomor 24 Tahun 2010 tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Rektor/Ketua/Direktur pada perguruan tinggi yang diselenggarakan pemerintah, pemilihan Rektor dilakukan melalui forum bersama dengan perimbangan 65 persen suara senat dan 35 persen suara Mendiknas. Sekretaris Senat ITS Prof I Gusti Putu Raka mengatakan, porsi 35 persen itu di ITS setara dengan 56 surat suara.

…dst

13 ) FTK ITS, Makin tua Makin Jadi
http://kampus.okezone.com/read/2011/01/11/373/412785/ftk-its-makin-tua-makin-jadi

Selasa, 11 Januari 2011 – 18:23 wib
JAKARTA – Fakultas Teknik Kelautan (FTK) Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya membuktikan, di usia ke-50 tahun, kiprah mereka makin nyata dalam pendidikan teknik kelautan di Indonesia. FTK ITS bahkan menjadi rujukan bagi pendidikan teknologi dan industri maritim di Tanah Air. Tak heran, FTK ITS memang institusi pendidikan di bidang teknologi kelautan tertua di Indonesia. Sebagai sebuah keunggulan lokal yang dimiliki ITS, pendidikan teknologi kelautan melalui FTK ITS telah menjadi corak pembeda antara ITS dengan institut teknologi lain di Indonesia. Bidang ini, bersama bidang energi dan pemukiman, bahkan masuk ke dalam rencana strategis jangka panjang ITS. Lewat berbagai program dan rencana kerja, fakultas yang memiliki tiga jurusan itu kini tengah bersiap mengikuti rencana ITS menuju research university. Jargon reserach university mengubah pola pendidikan di ITS dari class based learning menjadi laboratorium based learning. Perwujudan rencana tersebut ditunjukkan di antaranya dengan meningkatkan jumlah penelitian oleh para dosen maupun mahasiswa FTK. Salah satu penelitian dosen FTK ITS yang populer adalah tentang kapal Trimaran Bersirip karya Prof. Paulus Indiyono.

…dst

14 ) Penuhi Pelaut Dalam Negeri, Ikatan Dinas Diberlakukan
http://www.tempointeraktif.com/hg/pendidikan/2011/01/13/brk,20110113-305856,id.html

Kamis, 13 Januari 2011 | 03:16 WIB
TEMPO Interaktif, Jakarta – Menteri Perhubungan Freddy Numberi berharap bisa mencegah lulusan sekolah pelaut lari keluar negeri. Salah satu usahanya dengan menerapkan ikatan dinas selama dua tahun bagi pelaut yang lulus dari sekolah pelayaran milik pemerintah. “Ada salah satu kajian yang kita buat bagaimana kalau membuat dia seperti Dokter ppt. Setelah lulus, 2 tahun harus kerja dulu di Indonesia baru boleh keluar,” kata Freddy di Kantor Wakil Presiden Jakarta, Rabu (12/1). Menurut dia, saat ini memang ada kekurangan sumber daya manusia pelaut untuk mengawaki kapal-kapal yang ada di Indonesia. Selama ini lulusan pelaut di Indonesia rata-rata lebih memilih bekerja keluar negeri. Karena itulah pemerintah harus mendorong menyiapkan SDM lebih banyak lagi dalam rangka penyerapan pasar dengan menambah anggaran pendidikannya. ” Saat ini Indonesia kekurangan. Yang tinggal tidak begitu banyak, itu yang mengawaki kapal-kapal itu. Jadinya kita terus lakukan pelatihan terus menerus untuk peninngkatan kapasitas dalam rangka sertifikasi mereka supaya jadi nahkoda dalam negeri,”ujarnya.

…dst

15 ) Fakultas Pertanian Unwim Harus Dipertahankan
http://newspaper.pikiran-rakyat.com/prprint.php?mib=beritadetail&id=171569

BANDUNG, (PR).-13 Januari 2011
Ketua Forum Peduli Pendidikan Pertanian Bojongseungit Tanjungsari, Kab. Sumedang, Ahmad Furqon mengatakan, Fakultas Pertanian Universitas Winaya Mukti (Unwim) harus dipertahankan. Hal ini merupakan upaya mempertahankan eksistensi pendidikan pertanian Unwim yang hak pengelolaan asetnya akan berakhir pada 2012, sesuai kontrak integrasi dengan Pemprov Jabar dan Institut Teknologi Bandung (ITB). Furqon mengatakan, terlalu berlebihan jika pendidikan tinggi pertanian di kampus Bojongseungit Tanjungsari yang saat ini dikenal sebagai Faperta Unwim harus dihapuskan. Keberadaan pendidikan tinggi pertanian di Bojongseungit tersebut memiliki sejarah panjang. “Dimulai sejak didirikannya Sekolah Usaha Tani (Land Bouw Bedrifj School) pada 1914 atas prakarsa Bupati Sumedang pada waktu itu, Kanjeng Pangeran Aria Soeriatmadja dan terus berkembang ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, seperti SPMA Tanjungsari, Akademi Pertanian Tanjungsari (APT), Sekolah Tinggi Pertanian Tanjungsari, hingga Faperta Unwim,” ucap Furqon di Bandung, Rabu (12/1).

…dst

16 ) Bahasa Indonesia Diusulkan Menjadi Bahasa Internasional Negara-Negara Islam
http://www.tempointeraktif.com/hg/pendidikan/2011/01/12/brk,20110112-305626,id.html

Rabu, 12 Januari 2011 | 13:22 WIB
TEMPO Interaktif, PONOROGO – Konferensi internasional Liga Universitas Islam sedunia yang digelar di Institut Studi Islam Darussalam (ISID) Pondok Modern Darussalam, Gontor, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, selama 9-11 Januari 2011 melahirkan beberapa rekomendasi.Ketua Konferensi Internasional Universitas Islam II yang juga Pembantu Rektor Bidang Kerjasama Internasional ISID Amal Fathullah Zarkasyi menjelaskan, salah satu rekomendasi adalah mengusulkan Bahasa Indonesia sebagai salah satu bahasa internasional di negara-negara Islam selain bahasa Arab. “Bahasa Indonesia perlu menjadi bahasa intelektual bagi negara-negara Islam. Sebab selain di Asia yang satu rumpun Melayu, bahasa Indonesia juga banyak dipelajari di Timur Tengah,” katanya, Rabu (12/1). Menurut Amal, pembelajaran bahasa Indonesia di negara-negara Islam, terutama di Timur Tengah sebenarnya sudah dimulai. “Beberapa negara di Timur Tengah telah membuka jurusan Bahasa Indonesia seperti di Mesir dan Syiria,” ujarnya.

…dst

17 ) Lulusan IAIN Jarang Nganggur loh
http://www.republika.co.id/berita/bisnis-syariah/berita/10/12/28/154813-lulusan-iain-jarang-nganggur-loh

Selasa, 28 Desember 2010, 09:20 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG– Perkembanga usaha yang berbasis syariah di Indonesia merupakan peluang besar bagi lulusan Institut Agama Islam Negeri untuk bekerja. Dekan Fakultas Syariah IAIN Raden Fatah Palembang, Prof Dr Duski Ibrahim, di Palembang, Senin mengatakan lulusan Fakultas Syariah saat ini mudah mendapatkan pekerjaan.
“Sejak marak beroperasi bank dan asuransi syariah jarang lulusan IAIN yang menganggur,” katanya usai melantik 172 lulusan Fakultas Syariah IAIN Raden Fatah, Senin (27/12). Menurut dia, lulusan IAIN mengimplementasikan kemampuan mereka bidang syariah sangat bagus. Karenanya, pihaknya optimistis lulusan IAIN handal dalam bekerja dan mampu bersaing, tambahnya. Meskipun demikian, pihaknya berharap pemerintah tetap membantu membukakan peluang kerja seluas-luasnya bagi alumni IAIN.

…dst

18 ) BEASISWA PEMERINTAH
Lagi, Beasiswa Master ke Belanda Dibuka!
http://edukasi.kompas.com/read/2011/01/12/17053136/Lagi..Beasiswa.Master.ke.Belanda.Dibuka.

Rabu, 12 Januari 2011 | 17:05 WIB
KOMPAS.com – Selain kursus singkat (short course), program beasiswa StuNed (Studeren in Nederland) atau studi di Belanda juga menawarkan beasiswa untuk tingkat S-2. Beasiswa ini diberikan Pemerintah Belanda kepada para profesional menengah Indonesia sebagai bagian dari bentuk kerja sama bilateral antara Pemerintah Belanda dan Indonesia.Selain mensyarakatkan status warga negara Indonesia yang dibuktikan dengan fotokopi KTP atau kartu dinas pegawai negeri, kandidat harus diterima di salah satu program master yang diselenggarakan institusi pendidikan tinggi di Belanda. Hal itu juga wajib dibuktikan dengan surat penerimaan (admission letter) dari universitas di Belanda, yang mencantumkan dengan jelas nama program studi, tanggal awal dan akhir program studi yang dipilih, serta total biaya perkuliahan.

…dst

19 ) Berita Lain-Lain
Berita Politik:
Mahfud: Cara Memberhentikan Presiden Dalam UU MPR Salah
MK Permudah Syarat Usung Pemakzulan
MK Batalkan Aturan, Kasus Century Bisa Berlanjut ke Pemakzulan
Hak Menyatakan Pendapat Bisa Tanpa Partai Demokrat
Demokrat Anggap Menteri Tak Pantas jadi Ketum Parpol
Demokrat Bikin PPP, PAN, PKB Meradang
Mensesneg: Presiden Terima Laporan Menteri Tidak Sukses
Menko Polhukam Bantah Pemerintah Berbohong
Pemerintah Nyatakan Tidak Berbohong
Indeks Demokrasi Akhir 2014 Ditargetkan Capai 75
Gayus
Pemerintah Akui Ada Sindikat di Balik Gayus
Menkeu Siap Beberkan Data Kasus Gayus
Istri Gayus Diduga Terlibat Pembuatan Paspor
Denny Indrayana Sering Telpon Istri Gayus
Kasus Gayus Semakin Rumit
DIY
Sultan Minta Warga Yogya Tak Terprovokasi Teror
Banjir di Australia
RI Sumbangkan 1 Juta Dolar untuk Banjir Australia
79 WNI Mengungsi Akibat Banjir Queensland
Ribuan Warga Brisbane Mengungsi
Waspadai Bencana Alam
Waspada Gelombang Selat Sunda Capai Tiga Meter
Dua Gempa Besar Terjadi di Indonesia
BNPB Minta Daerah Siaga Banjir
BNPB: Warga Sekitar Merapi Masih Harus Waspada
PascaBencana
Sleman Bangun Tiga Jembatan Sementara di Cangkringan
Mensos Resmikan Desa Siaga Bencana di Sleman
Pengungsi Keluhkan Pembangunan Lamban
RIM-BlackBerry
Menkeu Kejar Pajak BlackBerry
RIM Harus Hormati Aturan Berusaha di Indonesia
BlackBerry Tidak Pernah Bayar Pajak di Indonesia
Soal Blackberry, KPK Dukung Tifatul
Lain-Lain
Terlilit Utang,Mandala Airlines Berhenti Operasi
Menkumham akan Lakukan Kajian Pertukaran Tahanan RI-Australia