1 ) Diduga Korupsi, Pejabat Kemendiknas Ditahan
http://www.jpnn.com/read/2011/04/15/89542/Diduga-Korupsi,-Pejabat-Kemendiknas-Ditahan-#

Jum’at, 15 April 2011 , 04:04:00
JAKARTA – Pengusutan dugaan kasus korupsi kegiatan Lomba Kreativitas Siswa (LKS) SMK XVII dan Pameran SMK 2009 di Ditjen Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah (MPDM) masuk babak baru. Empat tersangka kasus dugaan korupsi tersebut kini ditahan penyidik kejaksaan agung (Kejagung). Keempat pejabat yang ditahan kejagung tersebut adalah, Direktur Pembinaan SMK Ditjen MPDM Joko Sutrisno, pejabat pembuat komitmen Susilowati, penangung jawab kegiatan Suko Wiyanto, dan bendahara pengeluaran pembantu Al Azhar. Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejagung Noor Rachmad kemarin (14/4) mengatakan, sebelum ditahan keempat pejabat tersebut menjalani pemeriksaan lanjutan terlebih dahulu kemarin. Dia mengatakan, penahan oleh penyidik pada Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (Jampidsus) dilakukan dengan pertimbangan para tersangka akan melarikan diri. “Selain itu, ada kekhawatiran tersangka merusak barang bukti,” tandasnya. Penahanan ini sudah diatur dalam pasal 21 KUHP. Durasi penahan ini selama 20 hari ke depan.

…dst

2 ) Pejabat Ditahan, Kemendiknas Bungkam
http://kampus.okezone.com/read/2011/04/14/373/446160/pejabat-ditahan-kemendiknas-bungkam

Kamis, 14 April 2011 19:07 wib
JAKARTA – Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) belum memberi respons atas kabarditahannya empat pejabat mereka terkait kasus dugaan korupsi. Mereka adalah Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kemendiknas Joko Sutrisno, Kasubdit SMK Direktorat Pembinaan SMK atau Pejabat Pembuat Komitmen Susilowati, Penanggung Jawab Kegiatan Suko Wiyanto, dan Bendahara Pengeluaran Pembantu Al Azhar. Keempat pejabat Ditjen Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendiknas ini menjadi tersangka dugaan korupsi pelaksanaan Lomba Keterampilan Siswa (LKS) dan pameran SMK pada Ditjen Mandikdasmen Kemendiknas, 2009 lalu.

…dst

3 ) Ijazah Trisakti Terancam Tak Sah
http://kampus.okezone.com/read/2011/04/14/373/446085/ijazah-trisakti-terancam-tak-sah

Kamis, 14 April 2011 17:32 wib
JAKARTA – Wisuda Universitas Trisakti (Usakti) yang akan digelar Sabtu besok terancam tidak dapat memberikan ijazah yang sah karena rektor yang secara hukum tidak sah untuk memimpin kampus, memaksa menandatangani ijazah. Plt Rektor Usakti Anak Agung Gde Agung mengatakan, sikap mantan Rektor Trisakti Thoby Mutis yang memaksa untuk menandatangani ijazah mahasiswa adalah tidak benar karena berdasarkan putusan pengadilan Thoby sudah tidak menjabat lagi sebagai rektor. “Secara logika, tidak mungkin seorang yang sudah diputus secara hukum masih menandatangani ijazah dan mengaku rektor,” kata Agung kepada wartawan.Apalagi Surat Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Nomor 3754/D/T/2005, tanggal 26 Oktober 2005, menyatakan, pemerintah telah memerintahkan Thoby Mutis menyerahkan mandatnya kepada Senat Usakti dan tidak menandatangani lagi ijazah. Begitupun dengan Surat Dirjen Dikti Nomor 4274/D/T/2006 tanggal 20 November 2006 yang menyatakan bahwa jabatan Thoby Mutis harus berakhir sejak 9 September 2006.

…dst

4 ) Yayasan Trisaksi Pertanyakan Kopertis Mengeluarkan Izin Wisuda
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/11/04/14/ljn1ao-yayasan-trisaksi-pertanyakan-kopertis-mengeluarkan-izin-wisuda

Kamis, 14 April 2011 17:32 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA–Yayasan Trisakti mempertanyakan rencana Wisuda Universitas Trisakti yang akan digelar pada Sabtu (16/4) karena Mahkamah Agung (MA) telah melarang rektornya Thoby Mutis dan delapan orang lainnya melakukan kegiatan di lingkungan di Trisakti. “Ini kejadian aneh, keputusan hukum sudah jelas, tetapi Kopertis tetap mengeluarkan izin wisuda, tentu saja mahasiswa menjadi korban, karena ijazahnya bisa saja dipersoalkan,” Kuasa Hukum Yayasan Trisakti Amiruddin Aburaera, dalam siaran persnya, di Jakarta, Kamis. Menurut Amiruddin, keputusan hukum atas persoalan Trisakti sudah jelas dan gamblang karena putusan kasasi MA Reg. No. 821K/PDT/2010 jo Reg. No. 248/PDT/2009/PT.DKI, inkracht 4 Januari 2011, yang ditindaklanjuti dengan surat penetapan eksekusi riil dari Ketua PN Jakarta barat No. 05/2011 Eks. Jo. No. 410/Pdt.G/2007/PN.JKT.BAR, tanggal 23 Maret 2011 yang isinya adalah memerintahkan Panitera PN Jakarta Barat untuk melakukan eksekusi atas diri Prof Dr Thoby Mutis dan delapan orang lainnya. “Harus dicari tahu siapa yang bertanggung jawab, sehingga kebohongan publik seperti ini tidak makan korban lebih banyak,” katanya. Dia mengatakan bahwa seharusnya semua pihak menahan diri sampai eksekusi dilakukan. “Surat Penetapan Eksekusinya juga sudah keluar,” ungkap Amiruddin.

…dst

5 ) Rektor ITS: SPP Naik Demi Atasi Defisit
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/11/04/14/ljnajz-rektor-its-spp-naik-demi-atasi-defisit

Kamis, 14 April 2011 20:52 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA – Rektor baru Institut Teknologi Surabaya Prof Ir Triyogi Yuwono DEA mengakui kenaikan SPP untuk mahasiswa baru dilakukan demi mengatasi defisit. “Dengan skema lama yakni SPP Rp1,5 juta per semester, kita akan defisit Rp14 miliar, tapi dengan skema baru yakni SPP Rp1,8 juta, kita hanya defisit Rp8 miliar,” katanya di Surabaya, Kamis (14/4). Selang sehari dari pelantikan di Kemdiknas Jakarta pada Rabu(13/4), Guru Besar FTI ITS itu menjelaskan kenaikan SPP itu hanya diberlakukan untuk mahasiswa baru. Sementara SPP mahasiswa lama tidak naik. “Tapi, saya siap berdialog dengan mahasiswa, karena mereka juga anak-anak saya,” ujarnya. “Perlu diketahui, kontribusi masyarakat melalui SPP mahasiswa itu hanya 25-30 persen dari anggaran keseluruhan ITS,” katanya. Menurut dia, ada yang lebih penting daripada kenaikan SPP yang kadangkala hanya menyesuaikan dengan laju inflasi itu

…dst

6 ) KOMPETISI
UI Juara Kompetisi Bisnis di Paris
http://edukasi.kompas.com/read/2011/04/14/10105862/UI.Juara.Kompetisi.Bisnis.di.Paris

Kamis, 14 April 2011 | 10:10 WIB
DEPOK, KOMPAS.com – Tim Universitas Indonesia (UI) berhasil menjadi juara dunia setelah mengalahkan tujuh negara lainnya, yaitu Algeria, China, Czech Republic, Portugal, Romania, Rusia, dan Amerika Serikat di ajang kompetisi bisnis internasional tingkat mahasiswa “8th Trust by Danone” di Paris, Perancis, 4-6 April 2011. Tim UI terdiri dari Ekky Gompa, Ivan Cahyadi, Shanty Debora, Stevenlie Satryaputra dari FEUI dan Chandra Satria Muda dari FTUI. Kelimanya tergabung dalam tim Jayawijaya yang mempresentasikan “Danone Way in Doing Business” melalui media video kreatif dan sebuah objek pada babak International Final. Mereka juga diuji secara ketat dalam memahami filosofi bisnis yang tidak hanya mengejar profit tetapi juga kontribusi terhadap lingkungan dan sosial. Adapun kompetisi simulasi bisnis ini terdiri dari empat babak, yaitu seleksi CV, Trust Day, Country Final, dan International Final

…dst

7 ) ITB Gagas Robot Bencana
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/393142/

Friday, 15 April 2011
BANDUNG – Institut Teknologi Bandung (ITB) tengah mengembangkan robot bencana alam. Robot ini akan membantu evakuasi korban di lokasi bencana.Menurut peneliti robot tim ITB Kusprasapta Mutijarsa, di Indonesia robot jenis ini belum banyak dikembangkan. “Robot ini membantu mencari korban selamat sehingga memudahkan kerja tim SAR. Pada gempa Bantul, tim SAR kesulitan menemukan korban selamat di reruntuhan, sementara alat berat tidak bisa masuk, dari situlah ide membuat robot ini muncul,” ujar Kusprasapta seusai jumpa pers di rektorat ITB,kemarin. Menurut dia, robot ini dilengkapi sensor ultrasonicyang dikendalikan oleh manusia dan diserati dengan kamera.
Hal ini diperlukan untuk mengirim gambar ke pusat pengendali robot. Robot juga dilengkapi dengan kotak P3K dan makanan sehingga korban selamat bisa makan dan diberi pertolongan pertama. Robot ini memiliki tinggi 30 cm,lebar 20 cm,dan tinggi 20 cm.

…dst

8 ) ITB: Ada Stigma, Robot Itu Pembunuh
http://nasional.vivanews.com/news/read/214834-itb–stigma-masyarakat–robot-itu-pembunuh

JUM’AT, 15 APRIL 2011, 06:30 WIB
VIVAnews – Perkembangan teknologi robot di Indonesia saat ini telah meningkat pesat. Empat mahasiswa ITB bahkan berhasil menjuaraikompetisi robot internasional di Amerika Serikat, 9-10 April lalu. Namun, sayangnya robot di Indonesia kurang memasyarakat karena adanya stigma buruk di masyarakat terhadap robot. Peneliti Robot asal ITB, Kusprasapta Mutijarsa, menjelaskan persepsi masyarakat Indonesia terhadap robot masih menyeramkan, yaitu robot bisa membunuh manusia atau membuat manusia jadi pemalas. “Film-film robot seperti Terminator robot yang bisa memprogram sendiri dan membunuh manusia atau film Wall-E yang membuat manusia menjadi pemalas itu sudah melekat kuat dalam benak masyarakat Indonesia,” jelas pria yang akrab disapa Sony ini di Bandung.

…dst

9 ) Undip Gagas Transportasi Kampus
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/393098/

Friday, 15 April 2011
SEMARANG – Universitas Diponegoro (Undip) Semarang menggagas transportasi massal untuk meminimalisasi penggunaan kendaraan bermotor di lingkungan kampus setempat. Sistem transportasi tersebut rencananya diterapkan dengan sistem bus shuttle, terutama diperuntukkan bagi kalangan mahasiswa. Rektor Undip Semarang Sudharto P Hadi mengatakan rencana tersebut merupakan tekad Undip menata lingkungan kampus. “Dengan adanya bus yang masuk di lingkungan kampus akan mampu menekan jumlah polusi udara,”jelasnya,kemarin. Sebagai langkah awal,Undip akan memberlakukan campus car free day pada Kamis (21/4) mendatang sekaligus sebagai rangkaian peringatan Hari Bumi yang jatuh pada 22 April. “Nanti, bagi warga kampus yang akan masuk ke lingkungan kampus pada pintu gerbang disediakan tempat parkir kendaraan. Selanjutnya akan disediakan bus untuk antarjemput, bagi yang mau bersepeda atau jalan kaki juga dipersilakan.

…dst

10 ) UNM Belajar Statuta ke Unnes
http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2011/04/15/143532/UNM-Belajar-Statuta-ke-Unnes

15 April 2011
SEMARANG- Universitas Negeri Makassar (UNM) berkunjung ke Universitas Negeri Semarang (Unnes) untuk belajar statuta versi regulasi terbaru, Kamis (14/4). Rombongan UNM dipimpin Rektor Prof Dr Arismunandar dan guru besar dengan niat utama mempelajari hal itu. Penyusunan statuta merupakan pedoman pokok penyelenggaraan segala hal di perguruan tinggi. Karena itu, pihak UNM beserta badan pekerja statuta menargetkan menyusun statutanya dalam waktu dekat.

…dst

11 ) Kasus Susu Formula
Menkes Harus Patuhi Putusan MA
http://nasional.kompas.com/read/2011/04/14/20330636/Menkes.Harus.Patuhi.Putusan.MA

14 April 2011 | 20:33 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Kesehatan dan Institut Pertanian Bogor harus menghormati keputusan Mahkamah Agung untuk menyebutkan nama-nama susu yang dicurigai mengandung bakteriEnterobacter sakazakii. Ketua Bidang Pengawasan Hakim dan Investigasi Komisi Yudisial Suparman Marzuki mengatakan, pihaknya telah melayangkan surat resmi kepada Kementerian Kesehatan dan IPB untuk mematuhi aturan tersebut. Jika tidak, berarti ada pengabaian terhadap putusan lembaga peradilan. “Harus diumumkan dong. Keputusan MA kan agar itu (merek susu yang yang diduga terdapat bakteri) dibuka. Mahkamah Agung melindungi keadilan publik. Oleh karena itu, kita respons cepat agar Menteri Kesehatan dan IPB mengumumkan itu dan DPR juga mendesak,” ungkap Suparman di Gedung Komisi Yudisial, Kamis (14/4/2011).

…dst

12 ) AR Baswedan Diusulkan Jadi Pahlawan
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/393082/

Friday, 15 April 2011
JAKARTA – Sejumlah pengamat dan akademisi akan mengusulkan agar AR Baswedan diberi gelar pahlawan nasional. Kakek Rektor Universitas Paramadina Anies Baswedan ini dinilai berjasa dalam membongkar diskriminasi dan sekat-sekat sosial antara kaum pribumi dan nonpribumi dalam sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia. “AR Baswedan memang unik dan memiliki garis perjuangan yang sangat jelas. Beliau memiliki integritas keislaman yang tidak diragukan, namun dalam sejarah perjuangannya beliau sangat dekat dengan golongan keturunan Tionghoa. Beliau ini pejuang nasional multietnis,” ujar mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Ahmad Syafi’i Ma’arif dalam sebuah diskusi di Universitas Atmajaya, Jakarta, kemarin. Lebih jauh Syafi’i menjelaskan, AR Baswedan adalah tokoh Arab yang Islamnya sangat kuat,namun selalu dapat diterima di semua kalangan.Buktinya, pengusungan nama AR Baswedan ini dilakukan Yayasan Nabil yang merupakan yayasan Tionghoa dan berkedudukan di Universitas Katolik Atmajaya. “Bukti-bukti nyata bahwa dia (AR Baswedan) benar-benar berjuang tanpa memedulikan golongan,keturunan,dan sebaginya,”ungkapnya.

…dst

13 ) Penulis Buku Wajib Sebutkan Sumber Data
http://www.antaranews.com/berita/254195/penulis-buku-wajib-sebutkan-sumber-data

Kamis, 14 April 2011 19:52 WIB
Jakarta (ANTARA News) – Penulis buku wajib menyebutkan sumber data yang ditampilkan untuk menghindari plagiarisme penulis buku, kata Dosen Sastra Bandingan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia (FIB UI) Ibnu Wahyudi. “Ketika seorang penulis menampilkan data-data itu harus jelas berasal dari mana, apa pun jenis bukunya dan sebagai buku pelajaran mestinya buku itu penuh dengan sumber data,” kata Ibnu Wahyudi dalam acara silahturahmi sastra di Fadli Zon Library Jakarta, Kamis. Merujuk pada buku pelajaran kelas 8 SMP/Mts tahun 2008 berjudul terampil berbahasa Indonesia yang menampilkan puisi berjudul “kerendahan hati”, Ibnu mengatakan bahwa puisi itu sama sekali tidak disebutkan sumbernya dari mana, dan ia menilai hal itu merupakan masalah dalam penyusunan buku. Ibnu mengungkapkan bahwa intinya puisi Taufiq Ismail itu diduga “plagiat” hal itu karena sumbernya tidak disebutkan dari puisi itu yang diterjemahkan dari karya Douglas Malloch, maka puisi itu dituding sebagai plagiat oleh Bramantyo melalui akun Facebooknya, dan kemudian dari sanalah polemik ini menyebar luas.

…dst

14 ) Mahasiswi Unissula Hilang
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/393093/

Friday, 15 April 2011
SEMARANG– Rista Yudi Astuti, 22, mahasiswi semester 8 Jurusan Sastra Inggris, Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang dilaporkan hilang. Rista diketahui sudah hampir seminggu tidak pulang ke rumah orangtuanya di Jalan Gedongsongo Dalam,Manyaran, Kota Semarang. Menurut ibunda Rista,Kustini, 43, anaknya sudah tidak pulang ke rumah sejak Kamis (7/4) lalu. Saat itu, Rista pamit pergi magang kerja di sebuah kantor surat kabar ternama di Kota Semarang. “Siang sekitar pukul 11.30 WIB, Rista telepon mengabarkan akan menginap di rumah temannya, Duni.

…dst

15 ) Mengapa Berobat di Indonesia Mahal?
http://www.antaranews.com/berita/254197/mengapa-berobat-di-indonesia-mahal

Kamis, 14 April 2011 19:57 WIB |
Jakarta (ANTARA News) – Sebagian masyarakat enggan berobat di rumah sakit Indonesia lantaran harga berobatnya yang mahal tapi tidak disertai pelayanan yang memuaskan. Dr. Wasista Budiwaluyo, MHA, Sekretaris Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) mengatakan ada beberapa hal yang membuat biaya pengobatan mahal antara lain biaya investasi rumah sakit yang besar, bahan baku obat dan peralatan medis yang diimpor, dan bentuk bangunan rumah sakit yang relatif mewah. “Tingginya pajak bahan baku obat dan peralatan medis di Indonesia membuat biaya berobat mahal,” katanya ketika menjadi pembicara dalam diskusi MarkPlus Monthly Industry Update untuk Health Industry di Jakarta pada Kamis (14/4). Akhirnya, banyak dari masyarakat yang mencari pengobatan alternatif pergi ke orang pintar atau mereka mencari obat sendiri tanpa resep dokter (Swamedikasi). Kebutuhan informasi obat bisa diakses dengan mudah melalui Internet sehingga masyarakat berani melakukan pengobatan penyakit berdasarkan informasi yang didapat dari Internet. Obat-obat itu pun bisa didapat di apotek, super market dan toko-toko lainnya.

…dst

16 ) Tanpa Tangan, Jadi Pemenang Menulis
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/393066/

Friday, 15 April 2011
Cacat tubuh seharusnya bukan menjadi alasan bagi seseorang untuk bermanja-manja,dikasihani dan tak mau belajar atau bekerja keras agar bisa hidup lebih layak. Seorang anak yang masih duduk di bangku kelas 5 SD Readfield,Maine,Amerika Serikat (AS),bernama Nicholas Maxim,telah mengajarkan banyak orang bahwa kekurangan yang ada pada tubuhnya bukan penghalang baginya untuk bisa berprestasi. Semangat hidup yang tinggi membuat Nicholas mampu untuk terus menempa dirinya.Fisiknya memang tak sempurna.Bocah berusia 10 tahun itu lahir tanpa kedua tangan,satu lutut dan tungkai bawah. Namun,halangan ketidaksempurnaan fisik itu tak menyurutkannya untuk terus bersemangat dalam menjalani kehidupan. Pada 4 April lalu Nicholas mendapatkan kejutan saat mengikuti pertemuan di sekolahnya.Dengan muka tak percaya,dia mendengar namanya disebut kepala sekolahnya sebagai pemenang kontes menulis bergengsi, Kontes Tahunan Tulisan Tangan Nasional (National Handwriting Contest) ke-20 yang digelar penerbit buku pelajaran Zaner-Bloser.

Salut, kisah selengkapnya silakan klik link di atas

…dst

17 ) Sekilas Dalam Negeri
Wartawan Senior Rosihan Anwar Berpulang
Selamat Jalan Rosihan, Guru Para Wartawan…
Mendiknas : Pikiran Rosihan Lebih dari Kebebasan Pers
Perompak Somalia
Pemerintah Pilih Bayar Uang Tebusan
Indonesia-Somalia Segera Bahas Penyanderaan WNI
Keluarga Awak Kapal Sinar Kudus Tolak Operasi Militer
Istri ABK Minta Pemerintah Tak Kirim Tentara
Hidup Mewah Para Perompak Somalia
Ulat Bulu
Pakar: Setop Basmi Ulat Bulu dengan Pestisida
LIPI Teliti Tiga Jenis Ulat Bulu
Hindari Pestisida, Pulihkan Ekologi
Korban Ulat Bulu Dapat Berobat Gratis di Puskesmas
Film Karya Hanung
MUI Soroti Film ‘?’ Karya Hanung
UN di Ambang Pintu
Pemerintah Anggap Tuntutan UN Dihentikan Berlebihan
Pemerintah Didesak Hentikan Ujian Nasional
Komnas Anak : Ujian Nasional Meneror Kejiwaan Anak
Guru Dalam Posisi Terjepit
Debt Collector
Asosiasi: Ada Dua Macam Debt Collector
Polisi Terus Selidiki Kematian Irzen Octa
Citibank Pelajari Gugatan Keluarga Irzen Octa
VP Customer Care Citibank Diperiksa Terkait Kasus Irzen Octa
BI: Adopsi Aturan Asing, Bank Mudah Bobol
Pembobolan Citibank
Terserat Malinda, Rio Mendung Ditarik ke Mabes TNI
Lemhanas Belum Terima Surat Pencopotan Rio
Lain-Lain
Kontrak Baru Cantumkan Sanksi Reshuffle
Sultan Khawatir Hak Imunitas Bagian Jebakan
Korban Merapi Disediakan Lahan Pengganti 100 Ha
Norman Lebih Terkenal dari Shahrukh Khan
Norman Simbol Puncak Kejenuhan Publik
Libya Hari Ini
Perancis Tingkatkan Serangan ke Libya
Libya Bebaskan Kawerawan Al-Jazeera
Serangan Udara NATO Dilancarkan di Tripoli
NATO Gempur Tripoli, Khadafi ‘Show’ Naik Mobil Sport
Sekjen NATO ajak semua anggota serang Libia
NATO Kembali Bombardir Libya dari Udara
Sekjen PBB Desak Gencatan Senjata Segera di Libya
Para Menlu NATO Soroti Krisis Libya
Menlu: Italia Meminta Maaf kepada Rakyat Libya
Qatar Pasok Rudal Antitank ke Pemberontak Libya
Jepang Hari Ini
Pekerja Fukushima Daichi Pompa Puluhan Ribu Ton Air Teradiasi
Akibat Krisis Nuklir, Pariwisata Jepang Anjlok 50%
Polisi Jepang Sisir Zona Terdekat PLTN
Mesir
Mubarak Mulai Stabil
Mubarak dan Anak-Anaknya Disidang 19 April
Yaman
Tahap Pertama, 24 WNI Dipulangkan dari Yaman
PBB dan Negara-negara Barat Kecam Pertumpahan Darah di Yaman