Prestasi Mahasiswa dalam International Mathematic Competition 2011
Written by Wahyu Ibrahim
http://dikti.go.id/

Saturday, 06 August 2011 11:27

Jakarta (05/08/11)
Hari ini tim mahasiswa Indonesia yang mengikuti International Mathematic Competition (IMC) for Student di Bulgaria 2011 telah kembali ke tanah air. Mereka adalah Yosafat Eka Prasetya dari ITB, Ahmad Agung dari IT Telkom, Satria Stanza dari ITS, Made Tantrawan dari UGM, serta Raja Oktovin dari UI dan Rizky Reza dari UI.

Seperti tahun lalu, kompetisi tahun ini diselenggarakan oleh University College London dan American University di Bulgaria, Blagoevgrad yang berlangsung dari 28 Juli s.d. 3 Agustus diikuti oleh 304 peserta dari 71 Tim/Negara. Setiap negara atau perguruan tinggi yang berpartisipasi diundang untuk mengirimkan beberapa mahasiswa dan satu pembimbing. Kompetisi terdiri atas 2 Sesi masing-masing 5 Jam. Bidang yang dikompetisikan adalah Aljabar, Analisis (Real dan Kompleks), Geometri dan Kombinatorik dengan pengantar bahasa Inggris.

Adapun prestasi kali ini adalah 1 (satu) Perak dan 5 (lima ) Perunggu selain 1 (satu) Honourable Mention. Lebih lengkap sebagai berikut:

Perak diraih oleh Raja Oktovin Parhasian Damanik, Universitas Indonesia.

Perunggu oleh Ahmad Agung Ahkam Institut Teknologi Telkom, Yosafat Eka Prasetya Pangalela Institut Teknologi Bandung, Made Tantrawan Universitas Gadjah Mada, Rudi Adha Prihandoko Institut Teknologi Bandung, Satria Stanza Pramayoga Institut Teknologi Sepuluh Nopember serta Hon Mention untuk Rizky Reza Fauzi Universitas Indonesia. Sedangkan prestasi Team, Indonesia menduduki urutan 34 dari 71 partisipan. Selamat. (wws)