1 ) Pelajar Indonesia Terus Dilirik
http://edukasi.kompas.com/read/2011/09/22/06292129/Pelajar.Indonesia.Terus.Dilirik

Kamis, 22 September 2011 | 06:29 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Indonesia masih dianggap potensial dalam percaturan kerjasama internasionalisasi pendidikan tinggi di dunia. Memiliki populasi 237 juta jiwa, dengan partisipasi pendidikan tingkat menengah atas mencapai 6 juta pelajar (40%) dan pendidikan tinggi sebanyak 5, 2 juta pelajar (26%), Indonesia terus dilirik banyak perguruan tinggi dunia untuk berkolaborasi. Dalam paparannya di hadapan perwakilan perguruan tinggi penyelenggara internasionalisasi pendidikan tinggi (Internationalization of Higher Education) di Kedutaan Besar Belanda di Den Haag, Belanda, Selasa (19/9/2011) lalu, Dirjen Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Nasional Djoko Santoso mengatakan, saat ini bukan hanya Australia, Jepang, dan Malaysia yang semakin gencar berkolaborasi dengan Indonesia, melainkan juga Belanda. Di antara negara-negara Eropa lainnya, perguruan tinggi Belanda tampak menunjukkan intensitasnya yang semakin tinggi untuk berkolaborasi dengan Indonesia. Berdasarkan data Dikti Kemdiknas, jumlah kerjasama melalui pemberian beasiswa luar negeri ke Belanda terus bertambah tiap tahun sejak tiga tahun lalu, baik pada program Master/PhD, Sandwich, maupun Post-doctoral. Hingga 2010 lalu, jumlah total mahasiswa program Master/PhD di Belanda mencapai 161 mahasiswa dan Sandwich sebanyak 173. Sementara untuk Post-doctoral sangat masif, yaitu mencapai 367 mahasiswa.

…dst

2 ) Mahasiswa Bidik Misi IPB Raih Prestasi Internasional
http://edukasi.kompas.com/read/2011/09/21/1042322/Mahasiswa.Bidik.Misi.IPB.Raih.Prestasi.Internasional

Rabu, 21 September 2011 | 10:42 WIB
BOGOR, KOMPAS.com – Mahasiswa Institut Pertanian Bogor dari keluarga kurang mampu yang ikut program Bidik Misi (beasiswa pendidikan bagi mahasiswa berprestasi) menorehkan prestasi internasional. Kepala Bidang Humas dan Protokol IPB Henny Windarti mengungkapkan, dari tujuh mahasiswa IPB yang mengikuti “Call for Paper” pada International Conference on Environmental Engineering and Aplications (ICEEA) 2011 di Shanghai, China, tiga di antaranya adalah mahasiswa penerima Bidik Misi tersebut. “Prestasi itu menjadi bukti bahwa keterbatasan ekonomi seseorang tidak terpengaruh terhadap prestasi dan impiah untuk meraih kesuksesan,” kata Henny di Bogor, Jawa Barat, Selasa (20/9/2011). Hevi Metalika Aprilia, mahasiswa penerima Bidik Misi mengaku masih belum percaya bahwa dia baru saja pulang dari luar negeri. “Dulu, saya bahkan tidak berani bermimpi untuk sekedar melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Namun, banyak yang mendukung saya, sehingga hanya dengan modal keberanian dan semangat yang tinggi saya mendaftar ke IPB,” katanya. “Alhamdulillah, Bidik Misi hadir sebagai jawaban atas doa-doa saya kepada-Nya. Begitu sampai di kampus ini pun, saya masih begitu takut untuk bermimpi. Jangankan mengikuti perlombaan skala internasional, yang skala nasional saja tidak pernah terpikirkan,” tambah Hevi.

…dst

3 ) Seandainya Rektor UI Mau Membuatkan Saya Kopi…
http://edukasi.kompas.com/read/2011/09/22/0653271/Seandainya.Rektor.UI.Mau.Membuatkan.Saya.Kopi.

Kamis, 22 September 2011 | 06:53 WIB
KOMPAS.com — Sepintas, gayanya biasa saja dan tidak menyiratkan ia seorang petinggi. Datang tanpa seorang staf yang mengawal, lelaki ini tampak tergesa-gesa memasuki ruangan. Bicaranya juga tegas, tetapi sangat ramah dan bersahabat. “Saya presiden di sini. Presiden adalah presiden, bukan rektor. Rektor itu hanya seorang vice president di sini. Namun, kami berdua sangat bekerja sama membangun kampus ini untuk maju,” ujar Prof dr S Poppema, President of the Board di University of Groningen, Rabu (21/9/2011), seraya mengajak saya duduk dan mulai berbincang di ruang kerjanya. Sambil terus berbicara, tangannya meraih teko dan menuangkan jus jeruk dingin ke dalam gelas setiap tamu dan juga stafnya yang mengantarkan awak Kompas dan Kompas.com ke kampus terpadat dengan pelajar Indonesia ini. Dengan ramah, Poppema kemudian memilihkan roti-roti yang sudah disiapkan untuk makan siang kami, tamu-tamunya ini.

…dst

4 ) Belum Ada Program Arsitektur Berlisensi Internasional
http://www.pikiran-rakyat.com/node/159273

Rabu, 21/09/2011 – 18:08
YOGYAKARTA, (PRLM).- Terdapat sebanyak 170 perguruan tinggi negeri/swasta (PTN/PTS) yang menyelenggarakan program studi (PS) arsitektur, belum satu pun mendapat lisensi internasional. Ganjalan utama pada kurikulum dan masa kuliah program studi arsitektur. Dekan Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Islam Indonesa (UII) Prof.Ir. Mochammad Teguh, MSCE,Ph.D menyatakan akreditasi internasional bagi jurusan arsitektur sangat penting dalam menghadapi pasar bebas di level global maupun Asia (berlaku mulai 2015). “Accreditation Board for Engineering and Technology/Lembaga Akreditasi Arsitek dan Mesin (ABET) misalnya, mewajibkan syarat program studi arsitektur mendapat linsensi internasional, muatan matematika harus 70 persen dan masa kuliah mahasiswa lima tahun. Pemerintah harus mendorong perubahan regulasi pendidikan arsitektur yang memenuhi standar internasional berkaitan program studi ini,” kata dia, Rabu (21/9). Menurut dia PTN/PTS terkesan tidak merisaukan masalah akreditasi internasional untuk program arsitektur. Ini bisa dimaklumi, karena akreditasi level nasional syaratnya sangat berat.Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan telah mengalaminya ketka persiapan untuk mendapatkan nilai “A” maupun ISO.

…dst

5 ) 100 Perguruan Tinggi Gabung ke APPTI
http://www.mediaindonesia.com/read/2011/09/21/261487/293/14/100-Perguruan-Tinggi-Gabung-ke-APPTI

Rabu, 21 September 2011 18:27 WIB
SOLO–MICOM: Seratus perguruan tinggi negeri maupun swasta berhimpun di Asosiasi Penerbit Perguruan Tinggi Indonesia (APPTI). Wadah baru itu menurut rencana akan dideklarasikan di Solo pada 28 September 2011 mendatang. “Deklarasi itu diharapkan menjadi awal kembangkitan bagi penerbitan di berbagai perguruan tinggi di Indonesia,” kata Ketua Panitia Deklarasi Rohmadi di Solo, Rabu (21/9). Sebelum APPTI, kalangan penerbit perguruan tinggi telah berhimpun dalam sebuah wadah serupa. Tetapi, rupanya wadah tersebut dinilai kurang bisa membawa kemajuan berarti. Melalui wadah baru itu, diharapkan keinginan penerbit perguruan tinggi untuk bisa go nasional bisa segera terwujud. Utamanya dalam hal mendistribusikan buku-buku yang mereka terbitkan sehingga bisa diambil manfaatnya oleh masyarakat secara lebih luas.

…dst

6 ) Aptisi Jateng:PTS Makin Sulit Jaring Mahasiswa Baru
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/11/09/21/lrvnks-aptisi-jatengpts-makin-sulit-jaring-mahasiswa-baru

Rabu, 21 September 2011 21:43 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,SEMARANG–Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (Aptisi) Jawa Tengah menilai PTS saat ini kian sulit menjaring mahasiswa di tengah persaingan tidak adil dengan perguruan tinggi negeri (PTN). “Jumlah mahasiswa di PTS saat ini rata-rata menurun. Kuota mahasiswa di PTN semakin diperbesar, mereka (PTS, red.) semakin sulit bersaing,” kata Ketua Aptisi Jateng, Prof Brodjo Sudjono, di Semarang, Rabu. Hal itu disampaikannya usai Rapat Koordinasi Pimpinan Yayasan dan Pimpinan PTS Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah VI Jateng, seraya menyebut pemerintah kerap berlaku tidak adil. Menurut dia, pemerintah sebenarnya berperan melindungi kelangsungan PTS, terutama PTS-PTS kecil, sebagai konsekuensi logis karena pemerintah yang sudah memberi izin bagi PTS untuk tetap hidup.Ia mengatakan, seharusnya pemerintah mengeluarkan regulasi yang membatasi penggunaan kekuatan yang besar oleh PTN, untuk melindungi PTS, misalnya membatasi PTN mendirikan program studi yang sudah ada di PTS.

…dst

7 ) PTS Minta Ikut dalam Bidik Misi
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/429769/

Thursday, 22 September 2011
SEMARANG– Perguruan tinggi swasta (PTS) semestinya ikut dilibatkan pada penyaluran beasiswa bidik misi.Selama ini penyaluran beasiswa bidik misi hanya diberikan melalui perguruan tinggi negeri (PTN). Padahal di PTS, jumlah mahasiswa tidak mampu juga memiliki jumlah cukup besar. Koordinator Kopertis Wilayah VI Jawa Tengah Prof Mustafid mengatakan, pemerintah semestinya tidak melakukan pembedaan antara PTN dan PTS.Dengan adanya penyaluran bidik misi yang hanya disalurkan melalu PTN, hal itu sama saja dengan pembedaan. “Padahal, banyak juga PTS yang memiliki kemampuan setara dengan PTN. Saat tahun kedua penyaluran (bidik misi) memang masih di PTN, kami berharap pada tahun ke tiga PTS bisa diikutkan,” katanya, kemarin. Menurut Ketua Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (Aptisi) Jateng Prof Brodjo Sudjono, pemerintah masih melakukan diskriminasi terhadap PTSdalamBidikMisi.”Mahasiswa miskin yang ada di PTS belum bisa terbantu dengan beasiswa itu,sedangkandiPTNsampai lebih-lebih. Semestinya tidak boleh begini,”katanya. susilo himawan

…dst

8 ) Fakultas Hukum UGM Kembangkan Pendidikan Hukum Klinis
http://edukasi.kompas.com/read/2011/09/21/10051610/Fakultas.Hukum.UGM.Kembangkan.Pendidikan.Hukum.Klinis

Rabu, 21 September 2011 | 10:05 WIB
YOGYAKARTA, KOMPAS.com – Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada Yogyakarta akan mengembangkan pendidikan hukum klinis sebagai suatu program pengajaran yang didasarkan pada metode yang interaktif dan reflektif. Hal itu dikatakan Dekan Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada (UGM) Marsudi Triatmodjo di Yogyakarta, Selasa (20/9/2011). “Pendidikan hukum klinis berisi pengetahuan, nilai, dan keahlian praktis yang membuat mahasiswa mampu untuk memberikan pelayanan hukum dan menciptakan keadilan sosial,” jelas Marsudi. Menurut dia, metode pendidikan hukum klinis merupakan terobosan baru yang diperlukan untuk memastikan bahwa setiap sarjana hukum akan memiliki keterampilan dalam menerapkan ilmu hukum sesuai dengan permasalahan hukum yang dihadapi masyarakat sesuai dengan acuan dalam Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI).

…dst

9 ) Program Beasiswa S-2 Atasi Kelangkaan Taksonom
http://cetak.kompas.com/read/2011/09/22/02290695/program.beasiswa.s-2.atasi.kelangkaan.taksonom

22 September 2011
Jakarta, Kompas – Indonesia hingga kini masih menghadapi kelangkan jumlah taksonom untuk mengenali potensi keragaman hayati di Indonesia. Ilmuwan tersebut bahkan lebih sedikit lagi yang berkecimpung di bidang kelautan. Kini hanya ada sekitar 12 taksonom kelautan, padahal minimal diperlukan 150 orang yang mendalami taksonomi di Indonesia. Mengingat wilayah kelautan Indonesia yang begitu luas dan memiliki keragaman hayati terkaya di dunia. Untuk mengatasi kelangkaan itu, Suharsono, Kepala Masyarakat Taksonomi Kelautan Indonesia yang juga pakar taksonomi dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), mengatakan bahwa pihaknya bekerja sama dengan Institut Pertanian Bogor telah menyelenggarakan beasiswa S-2 bidang Taksonomi Kelautan. Melalui program ini, ia mengharapkan dalam lima tahun mendatang akan dihasilkan 50 hingga 100 pakar taksonomi di Indonesia.

…dst

10 ) Dosen Unair Terpilih Jadi Ketua INS Periode I
http://kampus.okezone.com/read/2011/09/21/373/505343/dosen-unair-terpilih-jadi-ketua-ins-periode-i

Rabu, 21 September 2011 16:33
SURABAYA – Kongres Indonesian Neurosains Society (INS) akhirnya memutuskan Prof Suhartono Taat, salah satu dosen di Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Airlangga (Unair) sebagai Ketua INS untuk periode empat tahun ke depan. Selanjutnya Dr dr Taufiq Pasiak, Kelompok Kerja Neurosains Society (KKNS) Rumah Sakit Islam (RSI) Jakarta terpilih sebagai sekretaris. Kongres yang digelar selama dua hari ini diikuti kurang lebih 300 peserta. Selain pemilihan pengurus, mereka pun menentukan program kerja empat tahun ke depan.Menurut Dr Joni Wahyuhadi, Ketua Pelaksana Kongres, proses terpilihnya Ketua dan Sekretaris ini tidak berlangsung lama. “Prosesnya melalui musyawarah dari perwakilan-perwakilan daerah yang diundang. Peroleh kata sepakat dari tujuh perwakilan dari daerah tersebut hanya membutuhkan waktu sekira setengah jam,” kata Joni kepada okezone ditemui di Aula FK Unair Surabaya, Rabu (21/9/2011).

…dst

11 ) STEI ITB Gelar Pelatihan Mikro Kontroler
http://edukasi.kompas.com/read/2011/09/21/13513843/STEI.ITB.Gelar.Pelatihan.Mikro.Kontroler

Rabu, 21 September 2011 | 13:51 WIB
BANDUNG, KOMPAS.com – Sekolah Teknik Elektro dan Informatika Institut Teknologi Bandung (STEI ITB) menggelar pelatihan mikrokontroler MSP430 dan Stellaris. Bekerjasama dengan Avnet Asia dan Texas Instrument Singapore serta diprakarsai oleh PT Nesyer Electronic, pelatihan ini terbuka untuk umum dan berlangsung selama dua hari, 20-21 September 2011. Dalam pelatihan ini, para pembicara langsung didatangkan dari Singapura. Di antaranya adalah Jimmy Kuah dan Ng Poh Leong perwakilan dari Avnet Asia sebagai pembicara pada pelatihan MSP430. Sementara pada pelatihan Stellaris, yang menjadi pembicara adalah Eddie Koh dan Dunman Teo dari Texas Istrument Singapore. Salah seorang peserta, yang juga merupakan mahasiswa semester IX STEI ITB, Zamroni mengaku sangat antusias mengikuti pelatihan MSP430. Baginya, salah satu fitur yang terdapat dalam MSP430, yaitu low power sangat penting untuk lebih dikenalkan dan dikembangkan, karena mengusung isu hemat energi.

…dst

12 ) Unpad, UPI, dan UKM Juarai Lomba Karya Tulis
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/429907/

Thursday, 22 September 2011
BANDUNG – Mahasiswa Universitas Padjadjaran (Unpad), Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), dan Universitas Kristen Maranatha (UKM) akhirnya lolos sebagai tiga besar Lomba Karya Tulis (LKT) Beswan Djarum 2011 regional Jabar yang digelar kemarin.Ketiganya yakni, Aghina Fasza Destiffany dari Kampus Unpad dengan karyanya. “Pemanfaatan Limbah Rumah Tangga sebagai Bahan Pembuatan MOL untuk Meningkatkan Produktivitas Ramah Lingkungan bagi Kesejahteraan Petani Indonesia”.Kedua,Indah Oktaviani dari UPI dengan tema “Potensi Mikroba Indigenous Saluran Pencernaan Luwak sebagai Pemproses Kopi Luwak Sintesis”. Serta Richard Alexandro dari UKM dengan tema “PemanfaatanTeknologi Multimedia dan Potensinya dalam Pelestarian Warisan Budaya Dilihat dari Sektor Pendidikan dan Pariwisata Indonesia”.

…dst

13 ) 33 Mahasiswa UGM Berangkat KKL di Malaysia
http://kampus.okezone.com/read/2011/09/21/373/505402/33-mahasiswa-ugm-berangkat-kkl-di-malaysia

Rabu, 21 September 2011 18:10
JAKARTA – Dekan dan Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Kerja Sama, dan Alumni melepas 33 mahasiswa program studi Pembangunan Wilayah Fakultas Geografi Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta yang akan mengikuti Kuliah Kerja Lapangan (KKL) di Malaysia. Para mahasiswa ini akan mengikuti kegiatan selama satu pekan, yakni mulai 22 hingga 29 September 2011. Wakil Dekan, Luthfi Muta’ali mengungkapkan, KKL ini merupakan tahapan terakhir yang wajib ditempuh mahasiswa melalui mata kuliah KKL 3PW: Studi Pengembangan Wilayah.

…dst

14 ) Lulusan SPd Terbuka Lebar Jadi PNS
http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2011/09/21/159925/Lulusan-SPd-Terbuka-Lebar-Jadi-PNS

21 September 2011
SEMARANG-Kesempatan lulusan sarjana pendidikan (SPd) untuk menjadi guru berstatus pegawai negeri sipil (PNS) terbuka lebar. Sebab, belum lama ini pemerintah memutuskan bahwa kebijakan moratorium PNS tidak berlaku untuk guru.”Meskipun pemerintah mengeluarkan kebijakan moratorium atau pemberhentian sementara perekrutan PNS formasi umum, bagi formasi guru dikecualikan. Sebab, negara ini masih mengalami kekurangan jumlah guru di tiap sekolah,” ungkap Rektor IKIP PGRI Semarang Muhdi SH MHum, di sela-sela Upacara Wisuda ke-41 di Balai Merapi PRPP, Selasa (20/9). Saat ini, Indonesia sedang mengalami krisis kekurangan guru, terutama pada mata pelajaran tertentu dan guru SMK.”Karena itu, lulusan kami khususnya masih mempunyai kesempatan untuk mengikuti proses penerimaan guru yang secepatnya dilakukan oleh pemerintah,” tuturnya.

…dst

15 ) Sembilan Kandidat Bersaing Rebutkan Kursi Rektor Universitas Jember
http://www.tempointeraktif.com/hg/pendidikan/2011/09/21/brk,20110921-357400,id.html

RABU, 21 SEPTEMBER 2011 | 10:35 WIB
TEMPO Interaktif, Jember – Para kandidat yang mencalonkan diri menjadi rektor Universitas Jember (Unej) kini tengah “berlomba” melobi Menteri Pendidikan Nasional Muhammad Nuh. Informasi yang dihimpunTempo, sejumlah tim sukses kandidat rektor Universitas Jember periode 2012-2016 tengah bersaing ketat melobi Menteri. “Juga kepada 80 anggota senat universitas yang punya potensi 65 persen suara,” tutur seorang anggota tim sukses salah seorang kandidat yang tidak mau disebutkan namanya. Ketua Panitia Penjaringan Calon Rektor Universitas Jember Andang Subahariyanto mengatakan pihaknya tidak menampik adanya lobi-lobi kepada seluruh anggota senat universitas hingga kepada Menteri Pendidikan itu. “Ya ada. Tentu dengan cara masing-masing, mengingat hak suara Menteri kan cukup besar, 35 persen. Tapi saya tidak tahu pasti,” katanya, Selasa, 20 September 2011.

…dst

16 ) JobsDB.com Gelar Carrier Expo 2011
http://kampus.okezone.com/read/2011/09/21/370/505321/jobsdb-com-gelar-carrier-expo-2011

Rabu, 21 September 2011 16:06
JAKARTA – Situs pencari kerja JobsDB.com kembali menggelar pameran karier dengan tajuk JobsDB Carrier Expo 2011. Bertempat di Balai Kartini, pameran karier tersebut dijadwalkan berlangsung pada 23-25 September 2011 mendatang. Dengan mengusung tema Terbesar, Terbaik, dan Terpercaya, JobsDB.com berusaha mewujudkan pameran karier yang menguntungkan bagi perusahan dan pencari kerja. Business Manager JobsDB.com, Adhitya Damian Sunur mengatakan, karier ekspo kali ini masih menggunakan konsep paperless, yaitu peserta hanya membawa lamaran dalam data digital.”Pencari kerja hanya perlu mengisi pendaftaran awal pada situs Career Expo 2011 untuk mempersingkat proses registrasi pada hari H. Atau membawa soft copy CV, cover letter, dan dokumen pendukung lainya melalui USB, minimal 200KB,” ujar Adhitya, saat jumpa pers di Wayomen Restaurant, Jakarta, Rabu (21/9/2011).

…dst

17 ) Kompetensi Guru
Seleksi Sertifikasi Guru Diperketat
http://edukasi.kompas.com/read/2011/09/21/1937253/Seleksi.Sertifikasi.Guru.Diperketat

Rabu, 21 September 2011 | 19:37 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Pelaksanaan sertifikasi guru harus benar-benar untuk mewujudkan guru-guru Indonesia yang profesional dan memiliki kompetensi. Untuk itu, seleksi peserta sertifikasi guru mulai tahun 2012 semakin diperketat.Para guru yang ikut sertifikasi bukan hanya harus lolos seleksi administrasi. Di awal tahun 2012, Kementerian Pendidikan Nasional bakal menggelar tes tertulis secara massal untuk mencari guru-guru yang layak mengisi kuota sertifikasi guru pada tahun tersebut.”Sertifikasi guru ini benar-benar harus berdampak pada peningkatan kompetensi guru. Kepada guru perlu disampaikan, sertifikasi tidak lagi pada senioritas atau metode belas kasihan,” tutur Menteri Pendidikan Nasional Mohammad Nuh, Rabu (21/9/2011) di Jakarta.

…dst

18 ) Ekonomi Global Bahaya
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/429946/38/

Thursday, 22 September 2011
WASHINGTON– Dana Moneter Internasional (IMF) menilai perekonomian global kini memasuki fase baru yang berbahaya. Ekonomi global akan ditandai perlambatan pertumbuhan secara tajam. IMF mengingatkan,kelanjutan gejolak politik dan ekonomi di Amerika Serikat (AS) dan Zona Euro berpotensi mendorong keduanya kembali ke resesi. Prognosis IMF terhadap perekonomian negara maju saat ini adalah lemah dengan ekspansi tersendat. IMF juga memprediksi produk domestik bruto (PDB) negara maju hanya akan tumbuh dengan laju terbatas, 1,5% pada 2011 dan 2% tahun depan.”Bukti yang ada menunjuk pada pertumbuhan yang tidak merata,” ungkap IMF dalam laporan World Economic Outlookyang dirilis kemarin. Lembaga keuangan internasional itu menurunkan proyeksi pertumbuhan global dari 5% menjadi hanya 4% untuk tahun 2011 dan 2012.Perekonomian global yang berhasil rebound pada 2010 setelah dihantam resesi pada 2008–2009 lalu dinilai kembali terseret oleh permasalahan yang dialami sejumlah negara maju, khususnya AS dan Zona Euro. Sementara itu, negara perekonomian berkembang yang menjadi pemimpin pemulihan ekonomi dunia seperti China dan India diperkirakan ikut terkena dampak dari melemahnya perekonomian negara maju.

…dst

19 ) IMF Pangkas Proyeksi Ekonomi RI
http://www.tempointeraktif.com/hg/perbankan_keuangan/2011/09/22/brk,20110922-357575,id.html

KAMIS, 22 SEPTEMBER 2011 | 07:08 WIB
TEMPO Interaktif, Jakarta – Dana Moneter Internasional (IMF) meramalkan adanya perlambatan kinerja ekonomi Indonesia. Itu terjadi akibat dampak ketidakpastian ekonomi di kawasan Eropa dan Amerika Serikat. Dalam laporan World Economy Outlook edisi September 2011 yang dirilis kemarin, IMF memperkirakan pertumbuhan ekonomi global 2011 dan 2012 masing-masing 4 persen. Lebih rendah dari ramalan sebelumnya 4,3 persen (2011) dan 4,4 persen (2012). Untuk Indonesia, IMF juga memangkas proyeksi kinerja ekonomi menjadi 6,4 persen tahun ini dan 6,3 persen tahun depan. Sebelumnya IMF meramalkan ekonomi Indonesia 2011 dan 2012 tumbuh 6,5 persen dari produk domestik bruto.Menanggapi laporan lembaga keuangan internasional itu, Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa menyatakan akan mempelajari proyeksi berbagai pihak agar langkah pemerintah tak gamang. Pemerintah berketetapan menjaga momentum pertumbuhan tidak sampai turun.

…dst

20) Target Pertumbuhan Ekonomi Terpangkas
Ekonomi Dunia Memasuki Fase Bahaya Baru
http://www.jpnn.com/read/2011/09/22/103553/Ekonomi-Dunia-Memasuki-Fase-Bahaya-Baru-

Kamis, 22 September 2011 , 07:30:00
JAKARTA – Dana Moneter Internasional (IMF) memangkas proyeksi pertumbuhan ekonomi dunia, termasuk Indonesia, untuk tahun ini dan tahun depan. Laporan World Economic Outlook edisi September 2011 yang dirilis kemarin menyebutkan perekonomian global berada dalam fase baru yang berbahaya. Fase ini diiringi pelemahanan aktivitas ekonomi global yang semakin merata dan risiko jebloknya kepercayaan masyarakat dunia. Laporan itu menunjukkan proyeksi pertumbuhan ekonomi dunia pada 2011 dan 2012 masing-masing hanya 4 persen. Proyeksi itu lebih pesimistis dibanding prediksi sebelumnya yang dirilis Juli lalu sebesar 4,3 persen untuk 2011 dan 4,5 persen pada 2012. Dana Moneter juga merevisi turun proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia menjadi 6,4 persen tahun ini dan 6,3 persen pada 2012. Proyeksi tersebut mengoreksi prediksi sebelumnya yang memperkirakan ekonomi Indonesia di 2011 dan 2012 bisa tumbuh 6,5 persen.

…dst

21 ) 3 Oktober, Presiden Buka Konferensi Batik Tingkat Dunia
http://www.mediaindonesia.com/read/2011/09/20/261147/293/14/3-Oktober-Presiden-Buka-Konferensi-Batik-Tingkat-Dunia-

Selasa, 20 September 2011 20:45 WIB
JAKARTA–MICOM: Yayasan Batik Indonesia menggelar konferensi batik tingkat dunia untuk memperingati Hari Batik Nasional pada 2 Oktober 2011. Rencana konferensi pada 28 September 2011 hingga 2 Oktober 2011 itu dilaporkan Ketua Yayasan Batik Indonesia Yultin Ginanjar Kartasasmita kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Kantor Kepresidenan, Jakarta, Selasa (20/9). Menurut Yultin, Presiden Yudhoyono telah menyatakan kesediannya untuk membuka konferensi internasional yang dirangkai dengan kegiatan pameran dan malam seni budaya menampilkan pagelaran busana berbahan kain batik hasil perancang nasional maupun mancanegara. Selain itu, pameran batik juga menampilkan karya-karya maestro batik Indonesia, Iwan Tirta, untuk mengenang perancang busana yang meninggal pada Juli 2010 itu. (Ant/OL-5)

OOT:

22) Lima Pelacur Indonesia Ditangkap di Mekah
http://www.tempointeraktif.com/hg/timteng/2011/09/21/brk,20110921-357420,id.html

RABU, 21 SEPTEMBER 2011 | 12:31 WIB
TEMPO Interaktif, Mekah – Komisi Investigasi dan Penuntutan (PIC) Arab Saudi, Selasa, 20 September 2011, menyidik 11 warga asing yang diduga melakukan praktik pelacuran di Distrik Al-Khansa, Mekah, saat musim haji dan umrah.Pejabat setempat mengatakan, kelompok itu terdiri dari enam pria Bangladesh dan lima pelacur Indonesia. “Mereka disergap petugas setelah dikuntit selama beberapa kali.”Polisi menjelaskan, praktik pelacuran itu berlangsung mulus berkat bantuan satpam gedung dengan mengutip bayaran SR 200 (Rp 500 ribu) semalam terhadap pelanggan. Juru bicara Kepolisian Mekah, Letnan Kolonel Zaki Al-Rihaili, mengatakan para pelaku praktik mesum itu akan dikirimkan ke kantor Kepolisian Al-Maabdah sebelum mereka diserahkan ke PIC untuk disidik dan dikirimkan ke pengadilan. Arab Saudi tak hanya menggiurkan bagi penduduk dunia untuk mencari rezeki halal dan negara tujuan ibadah haji, melainkan juga memikat germo dan pelacur Afrika.

…dst

23 ) Sekilas dalam Negeri

Pendidikan
Seleksi Sertifikasi Guru Diperketat
Periodisasi Sertifikasi Gunakan Penilaian Berkelanjutan
Disayangkan Guru Tak Ikuti PLPG
Kurikulum Kejar Target Bisa Jadi Penyebab Tawuran Pelajar
Siswa Suka Tawuran, Kemdiknas Kumpul 20 Kepsek
Kemdiknas Siapkan Desk Anti-Kekerasan
Suap di kemenakertrans
Dharnawati Setor Duit ke Pejabat Kemenakertrans Seizin Perusahaan
Dharnawati Sebut THR untuk Muhaimin Atas Restu Direksi
Ali Mudhori Bantah Kecipratan Duit Suap Kemenakertrans
KPK: Muhaimin Pasti Akan Diperiksa
kasus Nazaruddin
Rosa Divonis 2 Tahun 6 Bulan Penjara
Wafid Merasa Disuruh Andi Garap Wisma Atlet Bersama Nazar
Menteri Andi Akui Menjamu Nazaruddin dan Angie  
Anas Dipanggil dalam Kasus Proyek Listrik
Hari Ini Anas Dicecar KPK untuk Istri Nazar
Idris Sebut Banyak ‘Nazaruddin’ Lain Berkeliaran
kasus Andi Nurpati
Kompolnas Nilai Penyidikan Kasus Pemalsuan Surat MK Tak Ada Masalah  
Tragedi perahu tenggelam
Perahu Tenggelam, 11 Tewas
Sebuah Rongga Selamatkan Beberapa Penumpang
Jabatan Sultan
Jabatan Sultan Diperpanjang 2 Tahun
Penetapan Sultan Disetujui 
Jatuhan Satelit
Satelit 6 Ton Ancam Bumi 
Satelit 5 Ton yang Akan Jatuh ke Bumi, Lintasi Indonesia Sore Ini
Lain-lain
Rela Menyayat Dahi hingga Menyundut Rokok di Lidah (anti korupsi)
Menimbang Untung Rugi Hibah 30 Jet Tempur F-16 dari AS
6 WNI Pembajak Kapal masih Ditahan di Johor Baru
Palestina
AS akan memveto upaya Palestina di PBB
Obama Minta Palestina Stop Niat Masuk PBB
Rusia pasti dukung Palestina
Lebanon dukung upaya palestina jadi anggota PBB
Libya
NATO perpanjang 90 hari misi di Libya
Pemimpin NTC: 25.000 tewas dan 50.000 terluka dalam revolusi Libya
Jepang
Badai Sapu Jepang, 4 Tewas