1 ) 3 Universitas Tanah Air Masuk Kampus Terhijau se-Dunia
http://kampus.okezone.com/read/2011/12/14/373/542485/3-universitas-tanah-air-masuk-kampus-terhijau-se-dunia

Kamis, 15 Desember 2011 09:03 wib
JAKARTA – University of Nottingham, Inggris dinobatkan sebagai kampus hijau terbaik sedunia. Peringkat ini diumumkan pada University of Indonesia (UI) GreenMetric Rangking of World Universites 2011. Universitas yang masuk dalam daftar 10 perguruan tinggi top di UK ini menempati posisi pertama dengan nilai 8.033. Sementara, Northeastern University dari Amerika Serikat dengan nilai 7.981 berada tepat di belakangnya. Kemudian, peringkat tiga dihuni oleh University of Connecticut yang juga berasal dari Negeri Paman Sam tersebut dengan skor 7.708. Adapun perguruan tinggi Tanah Air yang berhasil masuk dalam 50 besar dunia yaitu, UI di peringkat ke-22 dengan skor 7.124, Institut Pertanian Bogor (IPB) dengan nilai 6.648 di peringkat 40, serta Institut Teknologi Bandung (ITB) di posisi 49 dengan skor 6.402.

…dst

2 ) RI Masuk Investment Grade
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/452140/38/

Friday, 16 December 2011
JAKARTA— Kabar baik bagi Indonesia di akhir tahun. Lembaga pemeringkat internasional Fitch Ratings kemarin menaikkan peringkat utang Indonesia hingga masuk level investment grade (layak investasi). Fitch Ratings menaikkan peringkat utang jangka panjang valuta asing Indonesia menjadi BBB- dari sebelumnya BB+ dengan proyeksi stabil.Dalam sistem pemeringkatan Fitch, BBBmerupakan level terbawah investment grade. Kenaikan peringkat ini merupakan pencapaian simbolis yang luar biasa setelah sejak Desember 1997, Indonesia kehilangan rating layak investasi akibat krisis finansial Asia. “Kenaikan ini mencerminkan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang kuat dengan rasio utang yang rendah dan berkurang serta kerangka kebijakan makro yang hati-hati,” ujar Philip McNicholas, Direktur Kelompok Asia-Pasific Sovereign Ratings Fitch, dalam keterangan pers kemarin. Pencapaian itu membuat Indonesia menempati level yang sama dengan India, Kolombia, dan Maroko.

…dst

3 ) IPB Temukan Metode Baru Mendongeng
http://www.jpnn.com/read/2011/12/16/111363/IPB-Temukan-Metode-Baru-Mendongeng-

Jum’at, 16 Desember 2011 , 02:22:00
BOGOR – Tim mahasiswa Departemen Biologi IPB menemukan metode mendongeng melalui media boneka tangan, layar karikatur, teater, dan pantomim yang telah dimodifikasi dengan mengusung tema lingkungan. Mahasiswa dengan arahan dosen pendamping Dr Triadiati tersebut terdiri atas Siti Lutfiyah Azizah, Nurul Hikmawati, Siti Suraehah Tul Azhari, Fitria Dewi, dan Shofia Mujahidah. Ketua tim Siti Lutfiyah Azizah menjelaskan, pentingnya menjaga kebersihan lingkungan, khususnya meletakkan sampah pada tempatnya perlu diajarkan kepada anak sejak dini. “Pembentukan karakter “green kids”, akan membuat anak terbiasa menjaga lingkungan sejak usia dasar dan berdampak pada kebersihan lingkungan masyarakat dan negara. Kini tradisi mendongeng di kalangan anak-anak Indonesia menurun seiring dengan maraknya permainan-permainan modern masa kini,” paparnya.

…dst

4 ) Google anggap internet ekonomi Indonesia menarik
http://www.antaranews.com/berita/288864/google-anggap-internet-ekonomi-indonesia-menarik

Rabu, 14 Desember 2011 17:12 WIB |
Jakarta (ANTARA News) – Google menilai bahwa riset yang dilakukan oleh Deloitte Access Economics mengenai kontribusi internet terhadap ekonomi itu dilakukan untuk mengetahui peranan internet di Indonesia, yang dinilainya sangat menarik. Hal tersebut diungkapkan Mike Orgill Country Lead,Public Policy & Goverment Affairs South East Asia Google Asia Pacific kepada ANTARANews usai acara peluncuran laporan Deloitte Access Economics di Jakarta. Orgill mengutarakan bahwa Indonesia sangat menarik dan infrastrukturnya terus berkembang. Menurutnya ada beberapa hal yang harus dilakukan di Indonesia terkait internet yaitu infrastruktur dan konten lokal, konten lokal yang dimaksud adalah seperti blogger dan situs web untuk bisnis. “Kalau ada kesempatannya Google akan bantu.” ungkapnya. Menurut laporan terbaru dari Deloitte Access Economics bertajuk “Nusantara terhubung : Peran Internet dalam pembangunan ekonomi Indonesia” yang dimandatkan oleh Google itu melansir fakta bahwa Internet saat ini berkontribusi sebanyak 1.6 persen atau sekitar Rp.116 triliun (13 Milyar dolar) terhadap Pendapatan Domestik Bruto tahunan Indonesia,yang memposisikan internet sama pentingnya dengan gas alam cair (Liquid natural gas).

…dst

5 ) Kemdikbud Bantah Pemborosan Dana BOS
http://edukasi.kompas.com/read/2011/12/15/12525434/Kemdikbud.Bantah.Pemborosan.Dana.BOS

Kamis, 15 Desember 2011 | 12:52 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Direktur Jenderal Pendidikan Dasar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Suyanto menyangkal terjadi pemborosan pada penggunaan dana bantuan operasional sekolah. Hal itu dikatakannya menyusul ada tudingan dari Indonesia Corruption Watch yang menemukan kejanggalan pada petunjuk teknis penggunaan dana BOS tentang pengadaan dan penggandaan buku teks pelajaran.Seperti dirilis hari Rabu (14/12/2011), dalam pantauan Indonesia Corruption Watch (ICW), pada petunjuk teknis penggunaan dana BOS, Kemdikbud secara jelas mewajibkan sekolah untuk membeli buku teks mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan, serta buku teks pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan. ICW menuding Kemdikbud telah melakukan pemborosan dana BOS triliunan rupiah karena kedua buku ajar tersebut bukan merupakan prioritas sekolah dan tidak termasuk dalam mata pelajaran yang diuji pada ujian nasional.

…dst

6 ) MWA Beri Waktu Gumilar hingga 17 Desember?
http://edukasi.kompas.com/read/2011/12/15/18382771/MWA.Beri.Waktu.Gumilar.hingga.17.Desember.

Kamis, 15 Desember 2011 | 18:38 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Majelis Wali Amanat (MWA) Universitas Indonesia akan menyatakan bahwa Rektor UI Gumilar R Sumantri memutuskan ikatan kerja dan mengundurkan diri, jika pada 17 Desember 2011 mendatang tidak menjawab secara tertulis perihal surat yang dilayangkan Gumilar kepada MWA tertanggal 21 November 2011 tentang penyampaian fatwa Mahkamah Agung (MA).Hal itu terungkap dalam acara mosi tidak percaya yang digelar Perempuan Lintas Fakultas untuk Reformasi (Pelita) UI, Kamis (15/12/2011), di Fakultas Kedokteran UI, Salemba, Jakarta.

…dst

7 ) Wali Amanah Ajak Rektor UI Berdialog
Penyelesaian Masalah Diusahakan secara Internal
http://cetak.kompas.com/read/2011/12/16/02282170/wali.amanah..ajak.rektor.ui.berdialog

16 Desember 2011
Jakarta, Kompas – Majelis Wali Amanah Universitas Indonesia mengajak Rektor Universitas Indonesia untuk berdialog menyelesaikan berbagai persoalan di Universitas Indonesia. Persoalan di universitas kebanggaan bangsa Indonesia ini dinilai berkembang ke mana-mana karena dialog macet. Hasil dialog juga akan dibawa ke sidang paripurna yang semestinya dihadiri Menteri Pendidikan dan Kebudayaan serta Rektor Universitas Indonesia (UI). Majelis Wali Amanah juga sepakat membentuk tim independen yang akan mengusulkan arah penyelesaian masalah. Anggota Majelis Wali Amanah UI, Emil Salim, mengatakan hal itu, Kamis (15/12), di Fakultas Kedokteran UI, Salemba, Jakarta. “Masalah UI harus bisa diselesaikan pemangku kepentingan UI. Tidak boleh ada pihak lain. Kita bukan mencari kesalahan, melainkan mencari solusi demi perbaikan dan kemajuan Universitas Indonesia,” ujarnya.

…dst

8 ) Tangkis Save UI, Rektor UI Kerahkan 20 Pengacara
http://kampus.okezone.com/read/2011/12/15/373/542562/tangkis-save-ui-rektor-ui-kerahkan-20-pengacara

Kamis, 15 Desember 2011 09:09 wib
DEPOK – Rektor Universitas Indonesia (UI) Gumilar Rusliwa Somantri menyiapkan 20 pengacara yang siap menjadi juru bicara hukum UI. Langkah ini ditempuh Gumilar setelah tim Save UI melaporkannya ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Para pengacara tersebut merupakan alumni Fakultas Hukum UI yang tergabung dalam Ikatan Kekeluargaan Advokat Universitas Indonesia (IKAUI). Koordinator IKAUI, Suria Nataadmadja mengatakan, pihaknya tergerak membantu UI karena laporan aktivis Save UI ke KPK yang tidak disertai bukti kuat. “Bahkan ketika kami meminta bukti-bukti terkait dugaan korupsi, aktivis Save UI tidak bisa memberikannya, yang ada hanya tuduhan–tuduhan terhadap rektor. Terakhir, seminggu lalu kami minta dan mereka tidak juga memberikan bukti-bukti. Sebagai alumni FH UI kami tergerak membantu UI agar ke depan UI menjadi lebih baik,” ujarnya di Perpustakaan UI, kemarin.

…dst

9 ) UI Klaim Telah Angkat 1.682 Karyawan
http://kampus.okezone.com/read/2011/12/15/373/542993/ui-klaim-telah-angkat-1-682-karyawan

Kamis, 15 Desember 2011 19:59 wib
DEPOK – Setelah banyak diprotes oleh berbagai pihak mengenai tuduhan ketidakberpihakan Rektor Universitas Indonesia (UI) Gumilar Rusliwa Somantri kepada karyawan, UI menyerahkan secara simbolik Surat Pengangkatan Pegawai Tetap UI kepada 1.682 karyawan non dosen (administrasi kependidikan) di lingkungan UI. Para penerima Surat Pengangkatan Pegawai Tetap meliputi karyawan di seluruh fakultas, program pascasarjana, vokasi, rektorat, dan PLK. Gumilar R Somantri mengklaim, selama lebih dari 15 tahun terdapat pegawai dosen maupun non dosen yang memiliki status kepegawaian yang tidak jelas.”Dengan adanya pengangkatan sebagai pegawai UI ini, para karyawan memperoleh keunggulan yang sama, seperti pegawai dengan status PNS. Maka, ada jaminan kesejahteraan gaji pokok yang naik mengikuti kenaikan gaji pokok PNS,” ujar Gumilar dalam rilis kepada okezone, Kamis (15/12/2011).

…dst

10 ) UI Fasilitasi Mahasiswa yang Ingin Berbisnis
http://kampus.okezone.com/read/2011/12/15/373/542865/ui-fasilitasi-mahasiswa-yang-ingin-berbisnis

Kamis, 15 Desember 2011 16:44 wib
DEPOK – Universitas Indonesia (UI) memfasilitasi mahasiswa yang berkeinginan menjadi seorang pebisnis pemula. Salah satu sarana tersebut adalah melalui Multi Level Marketing (MLM) Ecosway yang baru diresmikan di Perpustakaan UI.GM Ecosway Indonesia Hana Subintoro mengatakan, Ecosway mengundang segenap civitas academica UI untuk bergabung dengan MLM yang bergerak di bidang kebutuhan rumah tangga ini. Bergabung dengan Ecosway, lanjutnya, bertujuan agar para mahasiswa, pengajar, pensiunan, serta staf administrasi UI memiliki pendapatan pasif (passive income). “Passive income adalah penghasilan yang diperoleh dari perdagangan atau bisnis, di mana seseorang tidak perlu ikut serta secara aktif dalam kegiatan tersebut. Selain itu modal awal yang dibutuhkan bervariasi, mulai dari Rp2 juta, Rp9 juta, hingga Rp18 juta,” kata Hana di Perpustakaan UI, Kamis (15/12/2011).

…dst

11 ) UBK Minta Maaf Atas Insiden Pelemparan Batu Terhadap Kapolres Jakpus
http://www.detiknews.com/read/2011/12/15/143651/1792023/10/ubk-minta-maaf-atas-insiden-pelemparan-batu-terhadap-kapolres-jakpus

Kamis, 15/12/2011 14:36 WIB
Jakarta – Rektorat Universitas Bung Karno (UBK) menyampaikan permohonan maaf kepada Kapolda Metro Jaya Irjen Untung S Rajab atas insiden pelemparan batu terhadap Kapolres Jakarta Pusat Kombes AR Yoyol saat demo mahasiswa kemarin. “Kita sampaikan permohonan maaf atas kejadian yang menimpa Kapolres. Dia (Kapolda) menerima, dia menghargai, dia berharap ada kerjasama yang baik,” kata Daniel Panda kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (15/12/2011). Menurut Daniel, Kapolda sangat memahami pergerakan mahasiswa. Namun, lanjutnya, Kapolda tetap berharap agar unjuk rasa dilakukan dengan cara-cara yang tidak melawan hukum.”Dia sangat memahami gerakan mahasiswa, silakan berunjuk rasa, sangat memahami aspirasi mahasiswa. Mereka sudah tahu,” katanya.

…dst

12 ) KPK Tetapkan Tersangka Baru Kasus Nazaruddin di Proyek 5 Universitas
http://www.detiknews.com/read/2011/12/15/200546/1792351/10/kpk-tetapkan-tersangka-baru-kasus-nazaruddin-di-proyek-5-universitas?n990102mainnews

Kamis, 15/12/2011 20:05 WIB
Jakarta – KPK meningkatkan status kasus dugaan korupsi pengadaan peralatan laboratorium di lima perguruan tinggi yang melibatkan eks bendahara umum Partai Demokrat Muhammad Nazaruddin dari penyelidikan ke penyidikan. Namun KPK belum mengumumkan siapa tersangka dalam kasus itu.”Yang di universitas-universitas beberapa sudah dinaikkan penyidikan,” kata Wakil Ketua KPK bidang Pencegahan Chandra M Hamzah di kantornya, Kamis (15/11/2011). Chandra mengatakan bahwa dalam kasus tersebut KPK sudah menetapkan tersangka baru. Namun Chandra enggan membeberkan tersangka dalam kasus yang menyeret nama Nazaruddin ini. “Ada sudah (tersangkanya), silakan ditanyakan kepada pimpinan baru,” ujarnya.

…dst

13 ) Kasus Terkait Nazar Akan Munculkan Tersangka Baru
http://nasional.kompas.com/read/2011/12/15/19584614/Kasus.Terkait.Nazar.Akan.Munculkan.Tersangka.Baru

Kamis, 15 Desember 2011 | 19:58 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Kasus dugaan korupsi pada pengadaan alat bantu laboratorium Kementerian Pendidikan Nasional di beberapa universitas tahun 2010 yang ditangani Komisi Pemberantasan Korupsi naik ke tahap penyidikan. Artinya, ada tersangka yang dianggap bertanggung jawab atas hal tersebut.”Kasus terkait Nazaruddin yang banyak itu, beberapa sudah penyidikan, beberapa penyelidikan, silahkan pimpinan baru melihat, beberapa yang di universitas sudah dinaikkan (ke penyidikan),” ungkap Wakil Ketua KPK, Chandra M Hamzah di Jakarta, Kamis (15/12/2011).

…dst

14 ) UNJ Siapkan Pengacara Bela Purek dan Dosen
http://www.tempo.co/read/news/2011/12/12/063371158/UNJ-Siapkan-Pengacara-Bela-Purek-dan-Dosen

Senin, 12 Desember 2011 | 10:45 WIB
TEMPO.CO, Jakarta – Universitas Negeri Jakarta menyiapkan tim pengacara untuk membela Pembantu Rektor III Fakhrudin dan dosen Fakultas Teknik Tri Mulyono. Keduanya telah ditetapkan sebagai tersangka kasus pengadaan alat laboratorium dan peralatan penunjang pendidikan di UNJ yang diduga terkait M. Nazaruddin. “UNJ menyiapkan pengacara dari Teguh Samodera Asociate. Saya mengusahakan pengacara tambahan karena saya yakin betul teman-teman UNJ tidak melakukan mark up yang disangkakan,” kata Rektor UNJ Bedjo Sujanto saat dihubungi Senin, 12 Desember 2011.

…dst

15 ) Mahasiswa UMY Dianiaya Satpam
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/452184/

Friday, 16 December 2011
YOGYAKARTA– Sejumlah mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) kemarin mengadu ke Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Yogyakarta.Mereka mengaku telah dianiaya, dikeroyok, dan disandera oleh pihak kampus saat menggelar demo menuntut penghapusan sanksi skorsing terhadap dua rekannya. Salah seorang mahasiswa, Nasrullah mengatakan, Rabu (14/12) mereka menggelar demo menuntut pembebasan skorsing kepada Jamaludin Abdullah dan Mursid Abdul Malik Abdullah.Aksi ini awalnya tertib dan dilakukan dari kantin selatan menuju ke Fakultas Hukum. Ketika menuju ke Fakultas Fisipol, massa yang berjumlah sekitar 16 orang dihadang pihak keamanan kampus dan karyawan.Para mahasiswa ini kemudian dianiaya dan disandera.” Saya sempat dipukul beberapa kali dan sampai sekarang masih sakit,” ucapnya. Usai penganiayaan itu, ada enam mahasiswa yang disandera oleh pihak kampus.Selama penyanderaan, pihak kampus mengintimidasi secara psikis.

…dst

16 ) 2012, Beasiswa Kutai Timur Akan Dihentikan
http://edukasi.kompas.com/read/2011/12/16/01525812/2012.Beasiswa.Kutai.Timur.Akan.Dihentikan

Jumat, 16 Desember 2011 | 01:52 WIB
SANGATA, KOMPAS.com — Pemerintah Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur, akan menghentikan bantuan beasiswa, baik bagi mahasiswa yang menuntut ilmu di Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Kutai Timur (Stiper Kutai Timur) maupun di daerah lain pada 2012. “Hasil evaluasi tim pemkab menunjukkan bahwa bantuan beasiswa itu tidak selamanya bermanfaat, tetapi justru berdampak negatif,” ujar Bupati Kutai Timur Isran Noor di Sangata, Kamis (15/12/2011). Pemberian beasiswa akan dievaluasi karena berdasarkan hasil pantauan evaluasi, terjadi penyalahgunaan beasiswa dan menurunnya semangat belajar mahasiswa.

…dst

17 ) Unesa Dinobatkan Sebagai Kampus Integritas oleh KPK
http://kampus.okezone.com/read/2011/12/15/373/542881/unesa-dinobatkan-sebagai-kampus-integritas-oleh-kpk

Kamis, 15 Desember 2011 17:09 wib
SURABAYA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggandeng Unversitas Negeri Surabaya (Unesa) membuat program zona kampus integritas di Surabaya. Salah satu bentuknya, yaitu pengadaan mata kuliah pendidikan anti korupsi di kampus ini. Mata kuliah ini dapat bersifat wajib maupun pilihan. Terpilihnya Unesa sebagai kampus integritas oleh KPK, menjadikan Unesa sebagai kampus integritas pertama di Jawa Timur. Sebelumnya di Jawa Barat, KPK juga sudah menggandeng Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Paramadina Jakarta untuk dijadikan kampus intergritas. “Kita memilih Unesa karena berkaitan dengan sejarahnya yang berbentuk IKIP. Dulu, Unesa itu berbentuk IKIP yang mencetak guru-guru. Semoga dengan menjadikan Unesa sebagai kampus integritas, akan menggelorakan para alumninya yang mungkin banyak berprofesi sebagai guru untuk memberikan pendidikan antikorupsi di sekolah tempat mereka mengajar,” ujar Dedie Rachim, Direktur Pendidikan dan Pelayanan KPK usai menjadi pembicara di Universitas Wijaya Kusuma Surabaya, Kamis (15/12/2011).

…dst

18 ) Unwim Pilih Lepas dari Pemprov dan ITB
http://www.pikiran-rakyat.com/node/169504

Kamis, 15/12/2011 – 19:33
BANDUNG, (PRLM).- Universitas Winaya Mukti (Unwim) tetap memutuskan untuk lepas dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan tidak bergabung dengan Institut Teknologi Bandung. Saat ini seluruh fakultas di Unwim tetap melaksanakan perkuliahan dengan staf pengajar berjumlah 60 orang dari sebelumnya sekitar 300-an pengajar.”Unwim tidak boleh tergantung pada Pemprov. Dengan dukungan dari masyarakat, alumni, dan civitas akademika, Unwim tetap eksis,” kata Rektor Unwim Zulki Zulkifly Noor usai mewisuda 435 lulusan Unwim di Pusat Dakwah Islam (Pusdai) Jln. Surapati Bandung, Kamis (15/12). Menurut Zulki, Unwim berbeda dengan ITB, sehingga sulit untuk digabungkan. Apalagi dengan keluarnya UU Yayasan yang memperkuat Unwim untuk berdiri sendiri. “Terlihat dari tingkat kemampuan mahasiswanya, jadi kami dengan sadar diri tidak mungkin bisa bergabung dengan ITB. Para mahasiswa juga tidak mau digabung dengan ITB. Makanya menjadi spirit of power bagi kami untuk melanjutkan,” tuturnya.

…dst

19 ) Kampus Unwim Tetap Berdiri
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/452118/

Friday, 16 December 2011
BANDUNG– Rektor Universitas Winaya Mukti (Unwim) Zulki Zulkifli Noor menyatakan, meski telah lepas dari Pemprov Jabar, namun dengan dukungan masyarakat, alumni dan civitas akademika Unwim akan tetap eksis. Pelaksanaan wisuda menjadi salah satu bukti universitas yang berdiri sejak 1965 itu mampu berdiri sendiri.”Insya Allah kami akan tetap eksis,ini sebagai bentuk rasa tanggung jawab. Kami tidak boleh tergantung pada Pemprov.Wisuda ini menunjukkan animo masyarakat untuk menyekolahkan anaknya ke Unwim tetap tinggi, Unwim akan tetap di-pertahankan,” katanya saat ditemui usai wisuda Unwim.

…dst

20 ) Mahasiswa Ukrida Kuliah Pakai Tablet
http://kampus.okezone.com/read/2011/12/15/373/542909/mahasiswa-ukrida-kuliah-pakai-tablet

Kamis, 15 Desember 2011 18:02 wib
JAKARTA – Meminimalisasi penggunaan kertas menjadi salah satu tindakan yang dapat dilakukan untuk mengatasi semakin luasnya pemanasan global. Penerapan langkah ini pun dicoba oleh Universitas Krida Wacana (Ukrida) dalam penggunaan buku-buku kuliah. Dengan menggandeng Motorola, para mahasiswa Ukrida tidak perlu lagi repot membawa buku-buku kuliah yang berat. Kini, mereka hanya perlu membawa tablet ramping Motorola XOOM selama perkuliahan maupun mengakses setiap materi kuliah. Menurut Rektor Ukrida Aristarchus Sukarto, inovasi ini berupaya mengubah konsep belajar konvensional menjadi berbasis e-learning.

…dst

21 ) Undip Helat Seminar Tata Kelola Kota
http://kampus.okezone.com/read/2011/12/15/373/542798/undip-helat-seminar-tata-kelola-kota

Kamis, 15 Desember 2011 15:07 wib
JAKARTA – Indonesia masih belum bisa menyelesaikan masalah penataan perkotaan dengan baik, sehingga banyak kota di Tanah Air yang belum mempunyai sistem penataan kota yang memadai. Perihatin atas kondisi tersebut, Universitas Diponegoro (Undip) Semarang pun menghelat seminar terkait permasalahan tata kota. Tidak tanggung tanggung, Undip mengundang Ridwan Kamil, Pemenang Young Creative Enterpreneur Award tahun 2006 dari British Council, sebagai pembicara. Seminar nasional bertajuk We Develop Our City tersebut berlangsung di Gedung Prof Soedharto, Kampus Undip Tembalang, Semarang, Jawa Tengah.Kegiatan yang diikuti oleh mahasiswa dari jurusan Tata Ruang Kota (PWK) dan mahasiswa Arsitektur Undip ini, turut menghadirkan Tim Indonesia berkebun dan Tim Green Map Indonesia.

…dst

22 ) Universitas Binus Menggelar Fresh n’ Brite 2011
http://www.pikiran-rakyat.com/node/169453

Kamis, 15/12/2011 – 11:51
JAKARTA, (PRLM).- Universitas Bina Nusantara (Binus) kembali menggelar ajang Fresh n’ Brite 2011 pada 16-18 Desember 2011. Kegiatan ini merupakan ajang bergengsi bagi para mahasiswa program Animasi dan DKV-New Media karena di sinilah karya-karya terbaik mahasiswa dipamerkan kepada masyarakat. Christy Sibuea Marketing Communication Section Head Universitas Binus mengatakan, kegiatan ini juga merupakan ajang temu para praktisi dan para lulusan terbaik dari program Animasi dan DKV-New Media School of Design Universitas Binus yang siap berkarya di dunia kerja. Fresh n’ Brite kali ini mengambil tema “Designesia” yang diambil dari kata Design dan Indonesia.

…dst

23 ) Tiga Menteri Bakal Hadir di UMK
http://kampus.okezone.com/read/2011/12/15/373/542552/tiga-menteri-bakal-hadir-di-umk

Kamis, 15 Desember 2011 11:03 wib
KUDUS – Tiga menteri, yakni Menko Perekonomian Hatta Rajasa, Mendikbud M Nuh, dan Menpora Andi Malarangeng, beserta beberapa tokoh nasional dijadwalkan menghadiri acara Temu dan Lokakarya Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) se-Jawa Tengah, 17–20 Desember mendatang. Bertema ‘Mereposisi Gerakan Mahasiswa dalam Rangka Ikut Membangun Jawa Tengah’, acara ini digelar di Universitas Muria Kudus (UMK). Presiden BEM UMK Arif Choirul Amir mengungkapkan, panitia telah mengonfirmasi kedatangan para narasumber tersebut. Dan hasilnya, 99 persen narasumber sudah siap hadir di UMK.

…dst

24 ) Rawan Korupsi
KPK Bangun Sistem Penyaluran Dana BOS
http://kampus.okezone.com/read/2011/12/15/373/542912/kpk-bangun-sistem-penyaluran-dana-bos

16 Desember 2011
SURABAYA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membangun sistem untuk mencegah korupsi dalam penyaluran dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Direktur Pendidikan dan Pelayanan Masyrakat KPK Dedie Rachim menyatakan, potensi korupsi dalam penyaluran dana BOS ini bisa terjadi, karena ada ketimpangan antara sistem yang belum siap dengan jumlah dana BOS yang sangat besar. Kata Dedie, sejak adanya program BOS, setidaknya pemerintah mengucurkan dana Rp16,5 triliun tiap tahunnya. Apalagi tahun depan akan ada kucuran Rp27 triliun untuk dana BOS.”Tata cara pemanfaatannya sangat rentan dengan korupsi. Sistemnya belum kuat, namun dananya sangat besar,” ujar Dedie saat menjadi pembicara dalam seminar Membangun Indonesia Baru Bebas Korupsi di Kampus Wijaya Kusuma Surabaya, Kamis (15/12/2011).

…dst

25 ) Sekilas dalam Negeri
Pendidikan
Dana BOS 2012, Rp 23 Triliun
KPK Bangun Sistem Penyaluran Dana BOS
Pengawasan BOS Dibuat Berlapis 
Dana BOS untuk Sekolah Swasta Belum Disalurkan
57 Kabupaten Dapat Dispensasi BOS
ICW Ungkap Dana BOS Hangus Rp81 Miliar
PGRI Minta Gubernur Tindaklanjuti Empat Usulan Pendidikan
John Ndalu, Inisiator Arisan Pendidikan di Pulau Rote
Siswa Kalbar Raih Perunggu di IJS Olimpiad
20 Ribu Buku untuk Daerah Terpencil
Kasus Pembantaian di Mesuji
Ini Dua Instruksi Presiden soal Kasus Mesuji
SBY Minta Pengusutan Kasus Mesuji
Polri Bentuk Tim Kasus Mesuji
Investigasi Libatkan Polisi dan Komnas HAM
Delapan Titik Pembantaian Warga Mesuji
Kasus Mesuji, Pemerintah Harus Audit BPN
Polri Bantah Anggota Ikut Bantai Warga Mesuji
Tragedi Jembatan Kukar
Kualitas Klem Jembatan Tenggarong Aba-abal
Jembatan Tenggarong Ambruk Karena Klem Putus
Kasus Nazaruddin
KPK Tetapkan Tersangka Baru Kasus Nazaruddin di Proyek 5 Universitas
Kasus Terkait Nazar Akan Munculkan Tersangka Baru
Kasus Nunun
Nunun Diminta Buka Konspirasi
Adang Pun Bakal Diperiksa Soal Nunun
Cara Miranda Mengecoh Wartawan
Rekening Gendut PNS
Jutaan Dolar Masuk RI Tanpa Kontrol, Rawan Pencucian Uang
Siapakah Pensiunan PNS Pemilik Rekening Rp 35 miliar?
Kemenkeu: Tidak Ada PNS Lebih Kaya dari Gayus Tambunan
Mafia Banggar DPR
KPK Minta Bukti Transfer di Rekening Wa Ode
Kasus Andi Nurpati/Dokumen Palsu MK
Masyhuri Dituntut 18 Bulan 
Aceh
60 Anak Punk Digunduli Polisi Syariah Aceh, Jadi Sorotan Internasional
Tangkap Anak Punk, Kapolda Aceh Ditelepon Dubes   

Kisruh PSSI
Sekilas Luar Negeri
Palestina Merdeka
Irak
Rusia
Libya
India
Inggeris
Prancis