1 ) Pendidikan Kata Kunci Kebangkitan Nasional
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/496276/

MOHAMMAD NUH
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan

Sunday, 20 May 2012
Di zaman penjajahan, memaknai kebangkitan nasional ialah dengan upaya meraih kemerdekaan. Karena itu, memaknai kebangkitan (awakening) di zaman sekarang ini selalu terkait dengan peristiwa masa lalu yang mencerminkan ide dasar atau awal gagasan tentang peran kesejarahan itu sendiri. Saat sesuatu sudah menjadi bagian dari sejarah,meski memiliki makna awal yang berkaitan dengan prinsip dasar, baru akan bermakna positif jika ditarik dengan kekinian. Dengan kata lain,transformasi dari masa lalu ke masa kini. Kontekstualisasi atau aktualisasi. Namun,itu saja tidak cukup karena hidup bangsa ini bukan hanya sekarang, kekinian harus disiapkan untuk ditransformasikan pada kenantian.Atau dalam bahasa lain, futuristik antisipatif. Bangsa ini harus memaknai Kebangkitan Nasional dengan tiga mata rantai, yakni ide awal, kekinian, dan futuristik antisipatif. Kebangkitan Nasional lahir karena adanya Boedi Oetomo pada 1908 silam. Mata rantainya ialah Sumpah Pemuda 1928 yang ada setelah 20 tahun Boedi Oetomo. Lalu berkembang pada era 1945,di mana sejarah kemerdekaan lahir.

…dst

2 ) Bangkit Bangsaku Bangkit Ekonomi Indonesia
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/496270/

PROF FIRMANZAH, PHD
Dekan Fakultas Ekonomi UI

Sunday, 20 May 2012
Seratus empat tahun setelah berdirinya Boedi Oetomo, 20 Mei 1908, tantangan kebangkitan nasional menemukan bentuk yang sangat berbeda. Pada saat itu, membangkitkan kesadaran terhadap nilai-nilai kebangsaan melepaskan dari penjajah menjadi tema sentral perjuangan kaum muda. Setelah itu, 28 Oktober 1928, Sumpah Pemuda menjelma menjadi manifestasi semangat kepemudaan. Berikutnya,Proklamator RI Soekarno dan Hatta memproklamasikan hari Kemerdekaan pada 17 Agustus 1945.Beberapa tonggak sejarah dan peristiwa nasional telah terjadi sampai saat ini.Hari ini,104 tahun kita merayakan Kebangkitan Nasional. Dalam bidang ekonomi,terdapat dua tantangan besar kita bersama. Pertama, tantangan penataan struktur dan sistem ekonomi “internal-domestik”. Kedua, tantangan positioning daya saing nasional dalam kompetisi di tingkat regional dan global.Meski kedua hal ini memiliki karakter orientasi berbeda, sesungguhnya mereka terkait satu dengan yang lain. Bahkan saling menguatkan. Secara internal, pascakrisis multidimensi 1997–1998, perekonomian Indonesia mengalami perbaikan secara signifikan. Sejumlah data statistik menunjukkan tanda-tanda optimistis akan kebangkitan ekonomi Indonesia menjadi salah satu kekuatan ekonomi dunia di kemudian hari.

…dst

3 ) Wilayah Cyber Jadi Tantangan Besar Harkitnas
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/20/09524815/Wilayah.Cyber.Jadi.Tantangan.Besar.Harkitnas

Minggu, 20 Mei 2012 | 09:52 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Mohammad Nuh menilai, Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) dapat digunakan Indonesia untuk mengukuhkan identitas nasional di wilayah cyber. Menurutnya, wilayah cyber merupakan dimensi lain yang keberadaannya tak dapat dihindari dan harus dijaga dengan baik. Mantan Rektor ITS itu menjelaskan, dimensi cyber merupakan dimensi terkini setelah fisik, logika, etika, dan ideologi dalam lingkup bernegara. “Identitas diri harus diperkuat termasuk di wilayah cyber. Karena kewilayahan negara kita yang belum tergarap dengan baik adalah wilayah cyber. Dan itu dapat dijadikan tema besar peringatan Hari Kebangkitan Nasional tahun ini,” kata Nuh, Minggu (20/5/2012), di Jakarta. Ia mencontohkan, penguatan wilayah cyber menjadi penting lantaran terkait dengan etika, dan moral bangsa, sekaligus sejalan dengan keberlangsungan NKRI di masa-masa yang akan datang.

…dst

4 ) Harkitnas Harus Jadi Inspirasi Kebangkitan Pendidikan
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/20/08272310/Harkitnas.Harus.Jadi.Inspirasi.Kebangkitan.Pendidikan

Minggu, 20 Mei 2012 | 08:27 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) yang diperingati setiap 20 Mei harus menjadi inspirasi kemajuan pendidikan nasional. Hal itu dikatakan Anggota Komisi X DPR, Raihan Iskandar, Sabtu (19/5/2012) malam kemarin, di Jakarta. Ia mengungkapkan, sejarah lahirnya kebangkitan nasional pada 1908 disebabkan oleh munculnya kaum terpelajar. Menurutnya, tokoh-tokoh pergerakan nasional yang menjadi penggerak munculnya organisasi-organisasi modern pada masa itu, seperti Dr. Wahidin Sudirohusodo, dr. Sutomo, Soekarno, Agus Salim, dan sebagainya lahir dari dunia pendidikan. “Pengaruh pendidikan pada masa perjuangan membuka kesadaran kaum terpelajar untuk bangkit dari keterpurukan sebagai bangsa yang terjajah,” ujarnya.

…dst

5 ) Institut Teknologi dan Politeknik Negeri Dibangun Tahun Ini
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/342

05/19/2012 (All day)
Surabaya – Guna mendukung pemenuhan kebutuhan sarjana teknik, dua institut teknologi dan tiga politeknik negeri akan dibangun pada tahun 2012 ini. Kelima institusi pendidikan tinggi bidang teknologi tersebut adalah Institut Teknologi Lampung, Institut Teknologi Balikpapan, Politeknik Negeri di Subang, Fakfak dan Sampang. Demikian disampaikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh, saat menghadiri Lomba Cipta Elektronik Nasional (LCEN) 2012 di BG Junction Surabaya, Jumat (18/05). “Berdirinya institut teknologi dan politeknik negeri ini untuk mendukung kebutuhan sarjana teknik sebanyak 20-25 persen,” katanya. Di Indonesia hingga saat ini baru berdiri dua institut teknologi, yaitu Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS). ITB merupakan warisan Belanda, sedangkan ITS adalah warisan dari para pejuang. Kedua institut teknologi itu akan menjadi pendamping bagi pembangunan institut teknologi Sumatera dan Institut Teknologi Balikpapan. “ITS kita percaya membentuk institut teknik di Kalimantan (ITB-Balikpapan). Tahun ini tahap pembangunan fisik. Kita berharap ITS sebagai ibu kandung institut di Balikpapan,” ujarnya.

…dst

6 ) Dosen Diharap Perbanyak Penelitian
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/05/20/320787/293/14/Dosen-Diharap-Perbanyak-Penelitian

Minggu, 20 Mei 2012 06:52 WIB
YOGYAKARTA–MICOM: Dosen diharapkan memperbanyak penelitian untuk meraih prestasi akademik, Hal itu dikatakan Ketua Program Magister Manajemen Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Heru Kurnianto Tjahjono. “Penelitian menjadi salah satu fokus yang harus digalakkan oleh pendidik perguruan tinggi,” kata Heru yang terpilih sebagai Dosen Berprestasi Terbaik Kopertis Wilayah V Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Tahun 2012, di Yogyakarta, Sabtu (19/5). Menurut dia, para akademisi juga diharapkan berupaya mengadakan penelitian yang dipublikasikan di jurnal internasional. Dengan demikian, akan jelas terlihat prestasi akademik para dosen di lingkungan universitas. Upaya menggalakkan penelitian itu, kata dia, dapat dilakukan dengan dukungan berbagai pihak, termasuk universitas. Universitas diharapkan dapat membentuk sistem yang mendorong dosen untuk melakukan penelitian berkualitas internasional.

…dst

7 ) FKIP Masih Menjadi Idola
Peminat yang Gugur, Jadi Santapan Kampus Swasta
http://www.jpnn.com/read/2012/05/20/127859/FKIP-Masih-Menjadi-Idola-

Minggu, 20 Mei 2012 , 02:58:00
JAKARTA – Profesi guru masih menjadi idaman sebagian besar calon mahasiswa baru. Kondisi ini setidaknya tergambar dari pola pendaftar seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) jalur ujian tulis. Hingga saat ini, program studi (prodi) di rumpun fakultas ilmu pendidikan dan kependidikan (FKIP) ramai diserbut pendaftar. Kecenderungan prodi di FKIP yang ramai diserbut pendaftar SNMPTN ini dipaparkan Sekretaris Panitia Pusat SNMPTN Rochmat Wahab kemarin (19/5). Tidak tanggung-tanggung, dia memperkirakan pendaftar SNMPTN jalur ujian tulis yang meminati prodi FKIP lebih dari separuh. Pria yang juga menjadi rektor UNY itu menuturkan, kecenderungan banyaknya pendaftar SNMPTN jalur tulis di FKIP ini mengulang fenomena SNMPTN tahun lalu. “Saya rasa sampai pendaftaran SNMPTN (jalur ujian tulis, red) ditutup, pendaftar di FKIP masih mendominasi,” katanya. Rochmat menjelaskan, tidak seluruh prodi di FKIP ramai pendaftarnya. Dia mencatat, untuk sementara prodi yang paling diminati adalah pendidikan bahasa Inggris, pendidikan matematika, dan pendidikan guru sekolah dasar (PGSD).

…dst

8 ) M Nuh bantah Tunjangan Profesi Pendidikan belum dibayarkan
http://www.antaranews.com/berita/311369/m-nuh-bantah-tunjangan-profesi-pendidikan-belum-dibayarkan

Sabtu, 19 Mei 2012 10:18 WIB
Surabaya (ANTARA News) – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh membantah jika Tunjangan Profesi Pendidik (TPP) tahap I (Januari–Maret) tahun 2012 belum dibayarkan.”Semuanya sudah selesai pada awal April lalu, karena itu dananya sekarang ini sudah ada di tingkat provinsi, tapi faktanya memang ada yang sudah tuntas 40 persen, 10 persen, dan seterusnya,” katanya di sela-sela pembukaan Lomba Cipta Elektroteknik Nasional (LCEN) 2012 di Surabaya, Jumat. Tentang keterlambatan sampai ke tangan para guru, ia menyatakan hal itu masih dipelajari karena kasusnya mungkin sama dengan proses pencairan BOS tahun 2011 yang terhambat persoalan teknis administrasi. “Kalau kendalanya teknis, tentu akan dibenahi, tapi kalau karena masalah lain, tentu akan dipelajari. Yang jelas, kami akan memastikan penyebab terhambatnya pembayaran itu,” katanya. Menurut dia, bila penyebabnya sama dengan kasus BOS tahun 2011, maka pembayaran TPP tahap II (April–Juni) sudah harus lancar dan terbayarkan semuanya paling lambat pada awal Juli mendatang. “Saya harapkan keterlambatan itu hanya terjadi pada tahap pertama, tapi untuk tahap berikutnya sudah harus lancar,” katanya.

…dst

9 ) Mendikbud: prototipe mobil listrik nasional jadi 2013
http://www.antaranews.com/berita/311364/mendikbud-prototipe-mobil-listrik-nasional-jadi-2013

Sabtu, 19 Mei 2012 08:58 WIB
Surabaya (ANTARA News) – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh menyatakan prototipe mobil listrik nasional akan jadi pada tahun 2013 karena “roadmap” mobil itu sudah selesai. “Mei ini, roadmap mobil listrik itu sudah selesai. Itu sesuai janji kepada Presiden pada dua bulan lalu,” katanya di sela-sela pembukaan Lomba Cipta Elektroteknik Nasional (LCEN) 2012 di Surabaya, Jumat. Didampingi Rektor ITS Prof.Dr.Ir. Triyogi Yuwono DEA yang juga masuk tim mobil listrik bersama UI, UGM, dan ITB itu, dia menjelaskan tim empat universitas itu kini ditambah dengan LIPI, BPPT, dan sejumlah BUMN. “BUMN yang terlibat, antara lain PTDI, Inka, Pindad, dan sejenisnya. Jadi, kami serius dan bukan membuat mobil listrik nasional sebatas assembling (perakitan),” katanya. Menurut mantan Rektor ITS Surabaya itu, prototipe mobil listrik yang akan jadi pada tahun 2013 itu akan menjalani penyempurnaan pada tahun 2014, dan diharapkan sudah memulai produksi massal pada tahun 2015.

…dst

10 ) Lowongan CPNS reguler untuk 60 ribu orang
http://www.antaranews.com/berita/311405/lowongan-cpns-reguler-untuk-60-ribu-orang

Sabtu, 19 Mei 2012 17:51 WIB
Makassar (ANTARA News) – Pemerintah membuka penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) reguler atau melalui jalur umum sebanyak 60 ribu orang. “Moratorium PNS (Pegawai Negeri Sipil) tidak menutup penerimaan reguler dan membuka kesempatan penerimaan PNS tahun ini sebanyak 60 ribu orang untuk reguler,” kata Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Azwar Abubakar di Makassar, Sabtu. Penerimaan CPNS tersebut dibuka untuk seluruh departemen dan pemerintah daerah hingga tingkat kabupaten dan kota melalui jalur umum yang didasari analisa jabatan. “Tapi syaratnya daerah harus membuat analisa kebutuhan, apa yang sudah ada dan apa yang belum ada,” ujarnya yang menambahkan, tes penerimaan CPNS reguler akan dilakukan tahun ini. Ia menegaskan, moratorium tidak berarti penerimaan PNS ditutup tapi tetap dibuka, namun harus melalui analisa jabatan. “Kita sudah latih analis-analis jabatan lebih dari tiga ribu orang, mereka yang menghitung di setiap kabupaten,” tambahnya.

…dst

11 ) Dua Pendaki Indonesia Capai Puncak Everest Hari Ini
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/05/19/320690/89/14/Dua-Pendaki-Indonesia-Capai-Puncak-Everest-Hari-Ini

Sabtu, 19 Mei 2012 18:08 WIB
JAKARTA–MICOM: Sang Merah Putih akhirnya berkibar di Puncak Everest yang terletak di ketinggian 8.848 mdpl setelah Tim Ekspedisi Tujuh Puncak Dunia (Seven Summits) yang melalui jalur utara yaitu Tibet berhasil mencapai puncak pada Sabtu (19/5). Dua pendaki dari Wanadri yaitu Iwan Irawan dan Nurhuda mencapai puncak tersebut yang termasuk dalam rangkaian ekspedisi tujuh puncak dunia ini sekitar pukul 07.49 waktu setempat, Sabtu. Kedua pendaki ini tiba di puncak sesuai dengan jadwal yang ditetapkan. Untuk mencapai puncak yang juga dikenal dengan sebutan Puncak Sagarmatha itu para pendaki membutuhkan tahapan yang panjang. Selain itu pendaki juga harus terus melakukan koordinasi dengan pemandu yang telah mengawal sejak proses pendakian. Dari dua pendaki Wanadri itu, orang yang pertama mencapai Puncak Everest adalah Iwan Irawan disusul Nurhuda serta diikuti pendaki asal Swedia, Peter, kemudian para pemandu (sherpa) yakni Chirring, Tashi, dan Lakpa.

…dst

12 ) Sekilas dalam Negeri
Tragedi Sukhoi
Sukhoi Utama Rusak di Kazakhtan
KNKT Pastikan, Joy Flight Pakai Pesawat Cadangan
Identifikasi Korban Sukhoi Diperkirakan Selesai Pekan Depan
Jamsostek Tak Santuni Direktur Korban Sukhoi
Hindari Spekulasi, KNKT Tak Akan Siarkan Data CVR Sukhoi Superjet 100
KNKT Selidiki 20 Menit Percakapan Pilot Sukhoi Sebelum Kecelakaan
Kasus Bank Century
Bank Century Terhambat Kekuatan Tak Terlihat
Denny><Yusri
PTUN Bisa Jadi Preseden Buruk
Denny: Jangan Sampai PTUN Jadi Benteng Koruptor
Yusril: Presiden Janji Aktifkan Kembali Agusrin
Ini Komentar Denny Indrayana Soal Kemenangan Yusril