Puncak Seleksi ON-MIPA 2012
http://www.dikti.go.id/

Written by Layanan Informasi
Sunday, 20 May 2012 22:39

Surabaya, 16 Mei 2012–Lebih dari 190 mahasiswa yang berasal dari 46 perguruan tinggi seluruh Indonesia berkumpul di Surabaya, Jawa Timur untuk mengikuti acara Seleksi Tingkat Nasional Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Perguruan Tinggi (ON-MIPA) 2012. Acara yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi melalui satuan kerja Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan berlangsung selama lima hari sejak Sabtu (12/5) hingga Rabu (16/5).

Menurut Kepala Sub Direktorat Kemahasiswaan, Widyo Winarso, acara tersebut adalah puncak dari rangkaian penyeleksian ON-MIPA 2012 yang telah dimulai dari tingkat perguruan tinggi, “secara umum kita punya tiga fase pertama di lokal PT, kemudian di tingkat regional yang kerjasama dengan setiap Kopertis Wilayah dan kemudian yang sekarang adalah tingkat nasional” jelasnya. Widyo menambahkan bahwa setiap tahunnya penyelenggaraan ON-MIPA selalu mengalami peningkatan jumlah peserta, untuk tahun ini saja lebih dari 3000 mahasiswa baik yang berasal dari perguruaan tinggi negeri maupun swasta mendaftarkan dirinya untuk turut serta dalam kejuaraan ON-MIPA ini

Para peserta mengakui bahwa tingkat kompetetif dalam ON-MIPA memang sangat tinggi, hal ini dapat dilihat dari tingkat kesulitan soal yang para peserta hadapi. Monika Rumwaimana, peraih Medali Perak untuk bidang Biologi, mengutarakan bahwa soal yang dihadapinya sangatlah sulit, ” setelah selesai mengerjakan soal, rasanya, otak saya ingin keluar dari telinga” ujar mahasiswi Universitas Atma Jaya Yogjakarta ini sembari tersenyum. Walaupun begitu Monika sangat senang berkesempatan untuk mengikuti ON-MIPA 2012 ini, bagi Monika olimpiade ini merupakan sarana menambah teman mahasiswa dari seluruh Indonesia “Tidak ada yang membedakan antar satu mahasiswa dengan mahasiswa lainnya, saya berkesempatan untuk mengenal mahasiswa dari ragam perguruan tinggi” ujarnya.

Senada dengan Monika, peraih Medali Emas bidang Matematika, Made Tantrawan pun mengakui bahwa selain meraih medali dirinya telah mendaptkan banyak teman mahasiswa baru ” saya senang bisa bertemu dan memiliki banyak teman baru dari perguruan tinggi lainnya di Indonesia” ujar Made yang tercatat sebagai mahasiswa Universitas Gadjah Mada, Yogjakarta ini.

ON-MIPA ini sendiri memperlombakan empat bidang, yaitu Matematika, Biologi, Fisika dan Kimia, dimana masing-masing bidang memperebutkan 4 emas, 6 perak, 10 perunggu dan 5 penghargaan Honorable Mention. Berikut adalah daftar lengkap pemenang Seleksi Tingkat Nasional Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Perguruan Tinggi (ON-MIPA) 2012 ;

Attachments:
Daftar Pemenang ON-MIPA 2012