1 ) Inalilahi Wainalilahi Rojiun
Jenazah Mahasiswa S3 UI (dosen UIN Surabaya) Dibawa ke RS Kramat Jati untuk Diautopsi
http://news.detik.com/read/2012/10/05/142645/2055541/10/jenazah-mahasiswa-s3-ui-dibawa-ke-rs-kramat-jati-untuk-diautopsi?n991102605

Jumat, 05/10/2012 14:31 WIB
Depok Untuk memastikan penyebab meninggalnya mahasiswa S3 UI, Hadi Susanto (35), jenazah dibawa ke RS Polri, Kramat Jati, Jakarta untuk diautopsi. Dari ciri-ciri fisik, tidak ada tanda-tanda kekerasan di tubuh pria asal Surabaya tersebut. Hadi ditemukan tak bernyawa di kosnya, Gang Sailun No. 6, RT 07/05, Kukusan, Beji, Kota Depok, Jabar, sekitar pukul 10.00 WIB, Jumat (5/10/2012). Wakapolsek Beji AKP Sutrisno, menduga Hadi meninggal karena sakit. Sebab, berdasarkan bukti-bukti fisik, tidak ada tanda-tanda kekerasan di tubuh almarhum. Namun untuk memastikannya diperlukan pemeriksaan medis. “Diautopsi dulu. Setelah itu dikembalikan ke pihak keluarga,” jelas Sutrisno kepada detikcom di lokasi, Jumat (5/10/2012). Sutrisno menjelaskan, Hadi merupakan mahasiswa S3 di Fisip UI. “Jurusan Sosiologi. Pekerjaan dosen UIN Surabaya,” ungkapnya. Meninggalnya Hadi diketahui salah satu teman, Anas (38). Anas datang ke kos karena istri Hadi khawatir tidak bisa menghubungi suaminya sejak semalam. Saat didatangi, Hadi sudah tidak bernyawa dengan hanya mengenakan sarung di dipan. Laptopnya masih menyala.

…dst

2 ) UU Guru dan Dosen Dibawa ke MK
http://www.jpnn.com/read/2012/10/05/142203/UU-Guru-dan-Dosen-Dibawa-ke-MK-

Jum’at, 05 Oktober 2012 , 17:34:00
JAKARTA-Pasal dalam undang-undang pendidikan yang membuka ruang bagi sarjana non kependidikan menjadi guru, dinilai menimbulkan diskriminasi. Terutama bagi para sarjana berlatarbelakang pendidikan.Inilah yang menjadi alasan utama, mengapa tujuh mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi berlatar pendidikan berbeda, mengajukan permohonan pengujian Pasal 9 Undang-Undang Nomor 14 tahun 2005, tentang guru dan dosen. Ketujuh pemohon tersebut masing-masing Aris Winarto, Achmad Hawanto, Heryono, Mulyadi, Angga Damayanto, M Khoirur Rosyid dan Siswanto. “Kami mengajukan permohonan uji materi, karena hal ini telah menimbulkan diskriminasi pada sarjana yang berlatar belakang kependidikan,” ungkap kuasa hukum pemohon, Muhammad Sholeh, dalam sidang perdana yang digelar di Gedung Mahkamah Konstitusi, Jakarta, Jumat (5/10). Dalam pasal 9 UU tersebut menyebutkan, bahwa kualifikasi akademik sebagaimana dimaksud dalam pasal 8, diperoleh melalui pendidikan sarjana atau program diploma empat. Menurut Sholeh, kliennya melihat bahawa pasal ini mengandung multitafsir. “Karena tidak ada kejelasan harus sarjana pendidikan, sehingga memunculkan tafsir yang membolehkan sarjana non kependidikan menjadi guru.” Oleh sebab dalam permohonan uji materi ini, pemohon ungkap Sholeh kemudian, meminta agar MK memberi tafsir atas pasal yang dimaksud. Dengan menyatakan, calon guru harus memiliki latar belakang sarjana kependidikan.

…dst

3 ) Mendikbud: BOPTN Segera Cair
http://kampus.okezone.com/read/2012/10/05/373/699492/mendikbud-boptn-segera-cair

Jum’at, 05 Oktober 2012 10:17 wib
YOGYAKARTA – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) M Nuh berjanji dalam waktu dekat anggaran bantuan operasional perguruan tinggi negeri (BOPTN) segera cair. Perguruan tinggi negeri (PTN) berharap anggaran BPOPTN segera cair karena tuntutan biaya pendidikan yang wajib murah, termasuk Universitas Gadjah Mada (UGM). “Pencairan BOPTN tinggal menunggu pembahasan kami saja. Namun, saya pikir tidak perlu dikhawatirkan karena sudah dialokasikan dalam APBN tahun ini. Kami berusaha segera mencairkannya, mungkin dalam pekan-pekan ini. Kalau bisa sebelum tanggal 12 Oktober,” kata M Nuh kepada wartawan, kemarin. Ditemui di UGM, Nuh mengatakan, melalui BOPTN, PTN tidak perlu lagi membebani mahasiswa dengan biaya pendidikan yang mahal. Hal ini yang membuat rancangan biaya pendidikan tinggi harus menjadi lebih murah dan terjangkau masyarakat mulai 2013. “BOPTN ini SK atau permennya sudah keluar dan selesai. Anggaran BOPTN adalah anggaran masa transisi yang didapatkan dari APBN Perubahan 2012. Besarannya mencapai Rp1,5 triliun yang diberikan khusus untuk PTN,” kata Nuh. Anggaran tersebut dialokasikan untuk membantu biaya operasional PTN seperti gaji honorer, listrik, biaya penelitian, dan lainnya. Anggaran yang diterima masing-masing PTN diyakini akan lebih besar pada anggaran 2013 karena menggunakan APBN reguler. Tahun depan BOPTN dianggarkan dalam dua semester atau satu tahun sekaligus.

…dst

4 ) Hanya 17 Persen Lulusan SMA Jambi Lolos SNMPTN
http://edukasi.kompas.com/read/2012/10/05/18024467/Hanya.17.Persen.Lulusan.SMA.Jambi.Lolos.SNMPTN

Jumat, 5 Oktober 2012 | 18:02 WIB
JAMBI, KOMPAS.com – Rektor Universitas Jambi Aulia Tasman mengatakan, dari 24 ribu lebih siswa lulusan SMA sederajat di Provinsi Jambi pada 2012 hanya 17 persen yang masuk ke perguruan tinggi melalui SNMPTN. Menurut dia, kondisi ini sangat memprihatinkan. Keberhasilan masuk melalui SNMPTN dapat menjadi salah satu indikator keberhasilan pendidikan, sebab Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) merupakan jalur penerimaan mahasiswa yang terbilang ketat dan murni. “Sangat memprihatinkan sekali. Bayangkan, dari 24 ribu siswa yang lulus SMA tahun 2012, hanya 17 persen saja yang lulus melalui SNMPTN. Dimana 83 persennya?,” katanya, Jumat (5/10/2012). Menurut Aulia Tasman, secara umum siswa yang mampu bersaing dalam SNMPTN berasal dari sekolah-sekolah dalam Kota Jambi. Sementara siswa dari SMA di daerah secara umum tidak mampu bersaing dalam SNMPTN ini. Berdasarkan data dari Universitas Jambi, tercatat jumlah lulusan SMA dari Kota Jambi yang diterima di SNMPTN mencapai 229 orang.

…dst

5 ) Pilrek UI Bergantung pada Statuta
http://edukasi.kompas.com/read/2012/10/05/19154894/Pilrek.UI.Bergantung.pada.Statuta

Penulis : Indra Akuntono | Jumat, 5 Oktober 2012 | 19:15 WIB
DEPOK, KOMPAS.com – Proses Pemilihan Rektor (Pilrek) UI kembali diundur. Selanjutnya, semua prosesnya bergantung pada statuta yang akan dijelmakan menjadi Peraturan Pemerintah (PP). Ketua Panitia Khusus (Pansus) Pilrek UI, Endriartono Sutarto mengungkapkan, dalam PP tersebut diharapkan lahir sebuah pasal peralihan untuk mengesahkan proses Pilrek yang telah berjalan dan memberikan landasan hukum untuk melanjutkan prosesnya sampai terpilih rektor definitif. “Harapan kami ada pasal peralihan yang mengatakan proses selama ini sudah sah dan kelanjutannya dapat diteruskan,” katanya kepada para wartawan di kampus UI Depok, Jumat (5/10/2012). Endriartono menjelaskan, PP yang digunakan untuk menjadi landasan hukum dilanjutkannya proses Pilrek di UI hanya akan digunakan pada periode kali ini. Setelahnya, proses pemilihan rektor akan berpegang teguh pada Undang-Undang Pendidikan Tinggi (UU Dikti). “Kami melibatkan semuanya untuk membuat statuta agar cepat menjadi PP. Dan PP ini hanya digunakan untuk periode sekarang, selanjutnya kami menggunakan UU Dikti dalam pemilihan rektor,” ujarnya.

…dst

6 ) Gagal Islah, Pemilihan Rektor UI Kembali Diundur
http://edukasi.kompas.com/read/2012/10/05/17290247/Gagal.Islah.Pemilihan.Rektor.UI.Kembali.Diundur

Jumat, 5 Oktober 2012 | 17:29 WIB
DEPOK, KOMPAS.com – Proses Pemilihan Rektor (Pilrek) Universitas Indonesia (UI) kembali diundur. Alasannya, Panitia Khusus (Pansus) Pilrek gagal berdamai dengan kelompok yang melayangkan gugatan dan memaksa semua hal terkait untuk dihentikan prosesnya. Ketua Pansus Pilrek UI, Endriartono Sutarto memperkirakan penundaan kali ini bisa mencapai waktu yang cukup lama, yaitu lebih dari enam bulan ke depan. “Dalam perhitungan kami akan ditunda paling cepat enam bulan. Tetapi belum pasti dan kalau lebih cepat lebih baik,” katanya dalam jumpa pers Pilrek UI, di Kampus UI, Depok, Jumat (5/10/2012). Endriartono menjelaskan, penundaan bisa berlangsung selama itu karena Pansus harus menyiapkan landasan hukum baru untuk melanjutkan proses Pilrek UI. Salah satunya, membuat statuta yang di dalamnya mengatur mengenai pasal peralihan Pilrek UI. Pilrek UI diawali saat Majelis Wali Amanat (MWA) UI membentuk Pansus Pilrek beberapa bulan lalu menyusul berakhirnya Rektor UI saat itu, Gumilar R Somantri pada 14 Agustus 2012. Pansus dibentuk untuk memproses terpilihnya rektor definitif yang baru.

…dst

7 ) Mahasiswa Perlu Dibekali Manajemen Organisasi
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/10/05/201083/Mahasiswa-Perlu-Dibekali-Manajemen-Organisasi

05 Oktober 2012
SEMARANG – Setiap mahasiswa perlu dibekali kemampuan mengelola organisasi. Sebab, modal tersebut berguna untuk mengembangkan kemampuan diri seperti membangun kompetensi, intelektual, dan pengalaman selama menjadi mahasiswa. Hal itu disampaikan Koordinator Kopertis Wilayah VI Jawa Tengah Prof Mustafid saat membuka Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa (LKMM) tingkat menengah di Kampus II IKIP PGRI Semarang, Rabu (3/10). Dia mengatakan, sebagai harapan bangsa dan pemimpin masa depan mahasiswa harus mengembangkan kemampuan diri. Kemampuan memanajemen organisasi kemahasiswaan menjadi bagian penting untuk menjadi manajer dan pemimpin. “Karena itu, pelatihan ini sangat strategis untuk membantu mahasiswa baik secara teori atau pengalaman, sekaligus membangun diri menjadi sosok profesional sesuai karakter perguruan tinggi,” ungkapnya. Pelatihan ketrampilan manajemen mahasiswa yang didanai oleh Dirjen Dikti itu diikuti oleh 42 mahasiswa dari 31 perguruan tinggi di Kopertis Wilayah VI. Pelatihan itu harus mengedepankan intelektual dan etika supaya setelah lulus mahasiswa dapat membentuk bangsa ini. “Sehingga dari kegiatan ini harapannya para peserta dapat membentuk sebuah komunitas untuk saling mengenal, berkolaborasi, bertukar pikiran, dan dampaknya untuk mengembangkan manajerial serta kepemimpinan,” kata Mustafid.

…dst

8 ) Gerakan Indonesia Mengajar Dapat Penilaian Baik
http://edukasi.kompas.com/read/2012/10/04/19542163/Gerakan.Indonesia.Mengajar.Dapat.Penilaian.Baik

Kamis, 4 Oktober 2012 | 19:54 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Gerakan Indonesia Mengajar (GIM) yang merekrut dan mengirim generasi muda untuk menjadi pengajar muda di daerah terpencil dinilai mampu menerapkan tata kelola (good governance) yang baik. GIM mendapatkan laporan keuangan dengan opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dari Kantor Akuntan Publik PwC Indonesia. Penyerahan laporan keuangan GIM 2010-2011 yang dilakukan Pwc Indonesia secara gratis tersebut dilangsungkan dalam kegiatan Corporate Responbility Expo di Kantor PwC di Jakarta, Kamis (4/10/2012). Hasil audit diserahkan Eddy Rintis, Assurance Leader PwC Indonesia, kepada Ketua Yayasan Indonesia Mengajar Anies Baswedan. Anies mengatakan, opini dari PwC Indonesia menunjukkan bahwa Indonesia Mengajar memegang integritas dalam pengelolaannya sejak pertama kali berdiri. PwC Indonesia mengaudit laporan keuangan Indonesia Mengajar mulai dari pertama kali didirikan pada 2010 hingga 31 Desember 2011. “Di negara kita yang dituduh banyak korupsinya, hasil audit GIM dengan opini WTP ini memberi energi bahwa kita bisa mengelola sesuatu dengan benar,” kata Anies yang juga Rektor Universitas Paramadina Jakarta.

…dst

9 ) Diduga Plagiat Film, Kampus Unsoed Dipolisikan
http://news.detik.com/read/2012/09/28/153109/2043475/10/diduga-plagiat-film-kampus-unsoed-dipolisikan?nd771108bcj

Jumat, 28/09/2012 15:31 WIB
Jakarta Sineas muda Purbalingga, Jawa Tengah (Jateng), Bowo Leksono (36), kaget bukan kepalang saat film karyanya diupload di youtube tanpa sepengetahuannya. Kekagetannya semakin menjadi saat hasil karyanya diedit ulang dengan ditempeli logo kampus Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed), Purwokerto, Jateng. Dia pun mempolisikan kampus tersebut. “Bowo memroduksi film tersebut 2010 dengan judul ‘Ada Gula Semut’ dengan durasi 20 menit lewat rumah produksi Golden Water,” kata kuasa hukum Bowo, Slamet Riyadi, saat berbincang dengan detikcom, Jumat (28/9/2012). Film dokumenter tersebut bercerita kehidupan masyarakat Pageraji, Purbalingga, yang sehari-hari menggantungkan hidup dari memproduksi gula semut (gula merah bubuk). Film tersebut juga mengisahkan bagaimana cara membuat gula khas Purbalingga itu. “Tetapi pada awal September 2012, tiba-tiba film karya Bowo muncul di youtube dengan editing di beberapa bagian tanpa mencantumkan sumber pembuatan film tersebut,” kisah Slamet. Editing yang dimaksud yaitu pencantuman logo kampus di bagian pembuka dengan tulisan Lembaga Penelitian dan Pengembangan Masyarakat (LPPM) Unsoed. Judul film juga diubah menjadi ‘Teknologi dan Prospek Bisnis Gula Semut’. Editing tidak sampai di situ, sebab di tengah-tengah film juga muncul seorang dosen yang berperan sebagai narator film. Di akhir film, muncul 3 nama dosen. Penambahan editing ini menjadikan lama durasi menjadi 28 menit.

…dst

10 ) Harapan Besar Iringi Lahirnya UU PT
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/10/04/353347/293/14/Harapan-Besar-Iringi-Lahirnya-UU-PT-

Kamis, 04 Oktober 2012 20:05 WIB
BOGOR–MICOM: Banyak pihak menyimpan harapan besar dengan lahirnya Undang-Undang (UU) No 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi (PT). Tidak terkecuali dengan Institut Pertanian Bogor(IPB). Ada yang berharap, kemudahan akses, mutu dan mengenai komersialisasi pendidikan, juga untuk kemudahan dalam hal penelitian. Hal itu terungkap di acara sosialisasi UU No.12 Tahun 2012 yang digelar di Ruang Auditorium, Gedung Rektorat, IPB, Bogor, Jawa Barat, Kamis(4/10). Hadir sebagai pembicara Anton Sukartono Suratto, anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dari Komisi X Bidang Pendidikan dan Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Ditjen DIKTI, Dr. Illah Sailah. Berlaku sebagai moderator, Usman Kansong, Direktur Pemberitaan Media Indonesia. Menurut Anton, hadirnya UU No.12 Tahun 2012 ini diharapkan menjawab persoalan komersialisasi pendidikan, kurangnya akses pendidikan, kebutuhan pengelolaan otonomi dan jaminan mutu perguruan tinggi. Semangat yang dibangun pemerintah saat mengesahkan UU Pendidikan Tinggi, katanya, ialah mewujudkan penyediaan akses, pelaksanaan tridharma pendidikan dan kesetaraan.

…dst

11 ) UU memungkinkan PT asing beroperasi di Indonesia
http://www.antaranews.com/berita/336828/uu-memungkinkan-pt-asing-beroperasi-di-indonesia

Kamis, 4 Oktober 2012 17:21 WIB
Bogor (ANTARA News) – Undang-undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Nasional telah mengatur tentang program studi yang dapat diselenggarakan oleh perguruan tinggi asing di Indonesia berikut persyaratan-persyaratannya. “Salah satu ketetapan dalam UU tersebut ialah pemerintah menetapkan daerah, jenis dan program studi yang dapat diselenggarakan perguruan tinggi asing di Indonesia,” kata Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Ditjen Pendidikan Tinggi Kemendikbud Dr Illah Sailah di Bogor, Jawa Barat, Kamis. Dalam sosialisasi UU Nomor 12 Tahun 2012 yang diikuti sivitas akademika Institut Pertanian Bogor dan wakil perguruan tinggi lainnya, ia mengatakan bahwa perguruan tinggi asing yang bisa menyelenggarakan pendidikan tinggi di Indonesia harus sudah terakreditasi di negaranya. “Penyelenggara pendidikan asing wajib melakukan kerja sama dengan perguruan tinggi Indonesia atas izin pemerintah,” katanya. Selain itu, kata dia, harus berprinsip nirlaba, mengangkat dosen atau tenaga kependidikan warga negara Indonesia dan mengembangkan ilmu dasar di Indonesia serta mendukung kepentingan nasional.

…dst

12 ) UGM, Lokasi Pertama ASEAN Studies Center
http://kampus.okezone.com/read/2012/10/05/373/699501/ugm-lokasi-pertama-asean-studies-center

Jum’at, 05 Oktober 2012 10:25 wib
YOGYAKARTA – Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) berencana membuat ASEAN Studies Center di Universitas Gadjah Mada (UGM) sebagai awal mengenalkan ASEAN secara lebih mendalam kepada masyarakat domestik dan dunia. Makin dikenalnya ASEAN oleh masyarakat negara ASEAN dan dunia akan membuat asosiasi negara kawasan Asia Tenggara itu mampu menjadi kawasan yang berpengaruh di dunia. “UGM sendiri dipilih sebagai tempat kami membuat ASEAN Studies Center karena memiliki banyak sumber daya manusia bagus dan pakar yang memahami ASEAN dengan baik secara utuh. Karena itu, kami berharap dari para pakar inilah banyak sumbangsih pemikiran untuk ASEAN yang bisa disampaikan,” papar Direktur Jenderal Kerja Sama ASEAN Kemenlu I Gusti Agung Wesaka Puja, kemarin. Kepada wartawan di Ruang Seminar Fisipol UGM, Puja mengatakan, keterlibatan UGM dalam ASEAN Studies Center juga diharapkan mampu meningkatkan peran Indonesia dalam ASEAN. Melalui pemahaman masyarakat ASEAN yang lebih baik dan utuh, Indonesia tidak akan ragu menghadapi ASEAN Community 2015.

…dst

13 ) ITS Jadi Anggota AUN/SEED-NET
http://kampus.okezone.com/read/2012/10/05/373/699508/its-jadi-anggota-aun-seed-net

Jum’at, 05 Oktober 2012 10:32 wib
SURABAYA – Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) terus menjalin kerjasama internasional. Kali ini, ITS diterima sebagai anggota ASEAN University Network/Southeast Asia Engineering Education Development Network (AUN/SEED-Net), sebuah persatuan universitas tingkat internasional. Untuk menjadi anggota AUN/SEED-Net tidaklah mudah. Di Indonesia hanya ada empat anggota yakni, ITS, Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Gadjah Mada (UGM). Sedangkan universitas negara lain yang menjadi anggota adalah University Teknologi Malaysia, Mindanao State University of Philippines, Thammasat University of Thailand, Nagoya University, Osaka University, dan Tohoku University. “Keanggotaan ITS telah disetujui pada 21 September lalu. Pak Rektor (Prof. Tri Yogi Yuwono) diundang 29 November mendatang,” kata Kepala International Office (IO) ITS, Maria Anityasari, kemarin. Maria menjelaskan, keanggotaan AUN/SEED-Net dibagi menjadi dua yaitu AUN membership dan AUN/SEED-Net membership. Sebagai anggota AUN/SEED-Net, anggota berhak melamar sebagai Host Institution (HI). Organisasi ini telah berdiri sejak 1995 sebagai jaringan antara negara-negara di wilayah ASEAN.

…dst

14 ) 7 Kampus Berguru Laporan Keuangan ke Unhas
http://kampus.okezone.com/read/2012/10/05/373/699748/7-kampus-berguru-laporan-keuangan-ke-unhas

Jum’at, 05 Oktober 2012 16:02 wib
JAKARTA – Tahun lalu, Indonesia Corruption Watch (ICW) memberi pujian atas laporan keuangan Universitas Hasanuddin (Unhas) yang mereka nilai paling baik dan sesuai standar ICW. Tidak heran, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menunjuk Unhas sebagai penyelenggara kegiatan perbaikan laporan keuangan satuan kerja. Kegiatan pelatihan ini digelar dalam rangka perbaikan dan persiapan penyusunan Laporan Keuangan Eselon I Ditjen Dikti Kemendikbud Tahun 2012. Pada kegiatan yang dihelat hingga 6 Oktober tersebut, tujuh perguruan tinggi berguru kepada Unhas dalam menyusun laporan keuangan yang baik. Ketujuh perguruan tinggi tersebut adalah Universitas Musamus Merauke, Universitas Negeri Papua, Universitas Pattimura, Universitas Negeri Gorontalo, Universitas Negeri Ambon, Universitas Nusa Utara, dan Politeknik Negeri Tual.

…dst

15 ) Gandeng ITB, RIM Dirikan Pusat Inovasi Blackberry
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/10/04/mbd27q-gandeng-itb-rim-dirikan-pusat-inovasi-blackberry

Kamis, 04 Oktober 2012, 15:57 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG–Research in Motion (RIM) bekerja sama dengan Institut Teknologi Bandung (ITB) membuka secara resmi BlackBerry Innovation Center di ITB Bandung, Kamis (4/10). BIC akan emberikan sejumlah program pendidikan dan riset kepada mahasiswa dengan fokus pada pengembangan aplikasi mobile. “Tujuan utama BIC adalah untuk mempercepat industri komputasi mobile di Indonesia dengan memberikan pendidikan, edukasi dan pengalaman yang akan dibutuhkan para mahasiswa,”jelas Vice Presidenr and Managing Director South Asia RIM, Hastings Singh. RIM, menurut dia, terus berkomitmen untuk Indonesia dan diharap akan mempercepat aplikasi mobile dari para mahasiswa berbakat di Indonesia. “Acara ini secara resmi menandai keberhasilan upaya kolaborasi kami bersama-sama dengan Pemerintah Indonesia dan ITB,”jelasnya. Hasting menyatakan RIM sudah bekerja sama dengan lebih dari 50 universitas, perguruan tinggi dan sekolah di seluruh Indonesia. Contohnya, prakarsa serupa BlackBerry Academic Program yang menyediakan konten pengembangan aplikasi mobile. “BlackBerry Academic Program menawarkan berbagai dukungan untuk meningkatkan keterampilan dan mengejar karir di bidang komputasi mobile,”jelasnya.

…dst

16 ) 30 Mahasiswa ITB Terima Beasiswa dari BlackBerry
http://edukasi.kompas.com/read/2012/10/05/01140067/30.Mahasiswa.ITB.Terima.Beasiswa.dari.BlackBerry

Jumat, 5 Oktober 2012 | 01:14 WIB
BANDUNG, KOMPAS.com – Ketua Lembaga Pengembangan Inovasi dan Teknologi (LPIK) Institut Teknologi Bandung (ITB) Suhono H. Supangkat menyebutkan, sebagai bagian dari kerjasama antara Research in Motion (RIM) dan Institute Teknologi Bandung (ITB), pihaknya akan memberikan beasiswa riset dengan topik komputasi mobile kepada 30 mahasiswa. Beasiswa ini akan diberikan setiap lima tahun ke depan. “Untuk tahun ini, kita akan memberikan beasiswa kepada 16 mahasiswa tingkat master (S2) dan pascasarjana (S3) dan juga 14 penghargaan telah diberikan untuk tahun terakhir kepada mahasiswa berbakat tingkat sarjana,” ungkap Suhono usai konferensi pers, di gedung aula barat ITB, Jalan Ganesha, Bandung, Jawa Barat, Kamis (4/10/2012). Suhono menjelaskan, mahasiswa yang menerima beasiswa akan mendapatkan uang kuliah, juga uang saku penelitian untuk masa studi mereka di BlackBery Innovation Center di ITB. Selain itu, kata Suhono, mereka dihadiahi laptop dan ponsel pintar BlackBerry yang akan mereka gunakan untuk mempromosikan pembelajaran komputasi mobile.

…dst

17 ) Beasiswa Pascasarjana di University of Adelaide
http://kampus.okezone.com/read/2012/10/01/368/697558/beasiswa-pascasarjana-di-university-of-adelaide

Senin, 01 Oktober 2012 16:36 wib
JAKARTA – University of Adelaide, Australia, menawarkan beasiswa pascasarjana bagi para pelajar Indonesia, Korea, Thailand, dan Vietnam. Program beasiswa ini terbuka pada semester pertama dan kedua. Beasiswa ini terbuka untuk berbagai macam disiplin ilmu, dan akan diberikan selama maksimal dua tahun. Penerima beasiswa akan mendapat bantuan biaya pendidikan secara penuh selama masa studi, dengan catatan, tetap menjaga prestasi akademisnya. Namun, University of Adelaide tidak menjamin biaya yang dikeluarkan untuk visa, pengeluaran kesehatan, transportasi bepergian, akomodasi, biaya hidup, buku-buku dan materi kuliah, atau biaya lain yang dikeluarkan selama tinggal di Adelaide ataupun berkuliah di kampus tersebut. Pendaftaran dilakukan secara online melalui laman University of Adelaide. Tenggat waktu pendaftaran beasiswa ini adalah 31 Oktober 2012. Informasi lengkap bisa disimak di tautan ini.
http://www.adelaide.edu.au/study/international/scholarships/aipcs/

…dst

18 ) Undip Gelar Seminar Hasil Penelitian Perikanan dan Kelautan
http://edukasi.kompas.com/read/2012/10/04/22275335/Undip.Gelar.Seminar.Hasil.Penelitian.Perikanan.dan.Kelautan.

Kamis, 4 Oktober 2012 | 22:27 WIB
SEMARANG, KOMPAS.com – Untuk mengomunikasikan hasil-hasil penelitian, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Diponegoro Semarang, Jawa Tengah, menggelar Seminar Nasional Hasil Penelitian Perikanan dan Kelautan ke-2, Kamis (4/10/2012) di kampus Undip, Tembalang, Semarang. Hasil penelitian mencakup bidang teknologi hasil pertanian, sosial ekonomi perikanana, budidaya, pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya perairan, oseanografi, mitigasi bencana dan sedimentasi, serta biodiversitas dan konservasi kelautan dan perairan umum. Seminar yang mengusung tema “Eksplorasi dan Eksploitasi Sumber Daya Perikanan dan Kelautan sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Bangsa untuk Mandiri di Bidang Pasokan Pangan, Air, dan Energi” menghadirkan Ketua Masyarakat Akuakultur Indonesia, Prof Dr Rokhmin Dahuri. Ketua Panitia seminar Dr Ir Diah Permata Wijayanti MSc mengungkapkan seminar ini dilaksanakan karena posisi Indonesia yang berada di antara Samudera Hindia dan Pasifik, di antara benua Asia dan Australia memberikan keuntungan yang luar biasa. Dinamika keterkaitan aspek-aspke geologis, fisika, kimia, dan proses-proses biologis memberi kontribusi besar dalam membentuk ekosistem Indonesia menjadi salah satu ekosistem yang paling beranekaragam di dunia.

…dst

19 ) Undip Datangkan Ahli Sains Asing
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/532411/

Friday, 05 October 2012
SEMARANG – Fakultas Sains dan Matematika (FSM) Universitas Diponegoro (Undip) mendatangkan para ahli sains dari mancanegara guna bertukar informasi mengenai penelitian mutakhir. Mereka di antaranya berasal dari Iran, China, Finlandia, Taiwan, Malaysia, dan Arab Saudi. Para ahli sains tersebut dihadirkan dalam sebuah seminar bertema Innovation and Development of Science for Environmental Sustainability and Public Health In Indonesia yang digelar di Hotel Santika Semarang kemarin. Kegiatan hasil kerja sama Undip dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kementerian Perindustrian itu diharapkan dapat menambah dimensi baru terkait problem kimia, biologi, matematika, fisika, farmasi, dan kesehatan. Serta bidang lain yang mendukung pengelolaan lingkungan dan kesehatan masyarakat. Rektor Undip Sudharto P Hadi berharap seminar bisa menjadi forum interaktif internasional tempat pertukaran dan berbagi informasi tentang penelitian mutakhir bidang sains dan matematika. “Ini juga untuk meningkatkan kapasitas inovasi, berkontribusi pada pengembangan strategi global dan pengembangan kebijakan publik guna menstimulasi kolaborasi antara peneliti, yakni industri, pemerintah dan stakeholder lainnya yang mengaplikasikan sains dan teknologi untuk tata kehidupan yang berkelanjutan,” katanya kemarin.

…dst

20 ) UIN Makassar Beri Beasiswa bagi Penghafal Alquran
http://kampus.okezone.com/read/2012/10/05/373/699513/uin-makassar-beri-beasiswa-bagi-penghafal-alquran

Jum’at, 05 Oktober 2012 10:37 wib
MAKASSAR – Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar memberikan penghargaan kepada hafiz dan hafizah (penghafal) Alquran yakni beasiswa kuliah gratis di universitas tersebut. “Kami akan terus memberikan beasiswa bagi penghafal Alquran. Mereka harus diberikan bantuan apalagi penghafal Alquran merupakan ciri UIN Alauddin dan menjadi salah satu aset universitas ini,” ujar Rektor UIN Alauddin Prof Dr Qadir A Gassing di Kampus II Samata Kabupaten Gowa. Qadir berharap, mahasiswa UIN Alauddin tidak hanya cerdas intelektual tetapi juga cerdas secara emosional dan spiritual. Dengan adanya gabungan kecerdasan tersebut, diharapkan mahasiswa dapat melahirkan prestasi dan karya yang dapat berguna bagi masyrakat. Selain memberikan beasiswa kepada penghafal Alquran, UIN Alauddin juga memberikan beasiswa kepada alumni terbaik pesantren. Disebutkan, para alumni terbaik pesantren ini akan mendapatkan beasiswa yang merupakan program UIN Alauddin bekerjasama dengan Bank BNI.

…dst

21 ) 2013, Seleksi Mandiri Unnes Tak Dihapus
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/532413/

Friday, 05 October 2012
SEMARANG – Setelah mengevaluasi pelaksanaan penerimaan mahasiswa tahun ini, tahun depan Universitas Negeri Semarang (Unnes) tidak akan menghapus proses seleksi secara mandiri. Pembantu Rektor Bidang Akademik Unnes Agus Wahyudin mengungkapkan, Unnes masih akan mempertahankan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Unnes (SPMU) sebagai seleksi mandiri pada penerimaan mahasiswa baru 2013. “Seleksi akan diselenggarakan setelah pengumuman hasil SNMPTN jalur ujian tulis,” katanya kemarin. (alkomari)

***

22 ) Sederhana & Artistik, FT UNY Siap Ikuti Festival Fashion
http://kampus.okezone.com/read/2012/10/05/373/699708/sederhana-artistik-ft-uny-siap-ikuti-festival-fashion

Jum’at, 05 Oktober 2012 15:18 wib
JAKARTA – Kepiawaian tim karnaval Pendidikan Teknik Boga-Busana (PTBB) Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) mengolah batik menjadi karya fesyen akan diuji di dua festival ini. Tim beranggotakan 20 orang tersebut akan memamerkan hasil kreasi mereka dalam gelaran Jogja International Street Performance (JISP) dan Asia Tri Festival 2012 atas undangan Dinas Pariwisata Yogyakarta. Kedua acara ini digelar di dua tempat, yakni di Societed Taman Budaya Yogyakarta, on the stage pada 28 November mendatang, dan on the street di ruas Jalan Kaliurang, Yogyakarta. Selain perwakilan dari Indonesia, delapan negara lainnya ikut mengirimkan wakil yakni Singapura, Kanada, Amerika, India, Sri Lanka, Jepang, Meksiko, dan China. Pembimbing dan konseptor tim karnaval PTBB FT UNY Afif Ghurub menjelaskan, timnya akan menampilkan karya dengan judul “Parang Jogja Teja Kamboja”. Menurut Afif, “parang Jogja” merujuk pada batik parang yang merupakan salah satu batik khas Yogyakarta. Timnya pun menggunakan batik parang klitik dan parang rusak yang berlatar putih.

…dst

23 ) Tumbuhkan Apresiasi Budaya Melalui Kemah Budaya Nasional
http://kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/722

10/05/2012
Jakarta — Pendidikan dan penanaman karakter sejak dini melalui penerapan nilai-nilai keteladanan yang berakar pada agama, budaya, kewarganegaraan, dan budi pekerti perlu dilakukan terhadap generasi muda. Hal tersebut penting supaya generasi muda mampu mengenail, memahami, dan memebrikan apresiasi terhadap keanekaragaman budaya. Karena itulah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Sejarah dan Nilai Budaya Dirjen Kebudayaan, menggelar Kemah Budaya Nasional 2012. Kemah Budaya Nasional ini akan berlangsung pada minggu kedua November 2012 di Polewali Mandar, Mamuju, Sulawesi Barat, dan diikuti anggota gerakan Pramuka Penggalang dari seluruh Indonesia. Demikian dijelaskan Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan bidang Kebudayaan, Wiendu Nuryanti, saat menggelar jumpa pers di Gedung A Kemdikbud, Jumat (5/10) siang. Dalam jumpa pers tersebut, Wamendikbud didampingi Bupati Polewali Mandar, Ali Baal Masdar.

…dst

24 ) Aksara Lontara’ Akan Wajib Dipakai di Makassar
http://kampus.okezone.com/read/2012/10/05/373/699804/aksara-lontara-akan-wajib-dipakai-di-makassar

Jum’at, 05 Oktober 2012 17:30 wib
MAKASSAR – Kongres Internasional Bahasa-bahasa Daerah Sulawesi Selatan (KIBDSS) II tahun 2012 berhasil menghasilkan beberapa rekomendasi. Salah satu poin penting rekomendasi tersebut ialah penggunaan Aksara Lontara’ pada papan nama lembaga atau instansi pemerintah dan swasta serta tempat-tempat umum. Kepala Balai Bahasa Makassar Adri mengungkap, rekomendasi di bidang kebijakan pembinaan, pengembangan, dan pelestarian bahasa dan sastra daerah juga mencakup penyusunan dan penetapan Peraturan Daerah tentang revitalisasi, pemertahanan, dan pemerkembangan bahasa dan sastra daerah Sulawesi Selatan. Di samping itu, lanjutnya, akan ditetapkan hari berbahasa daerah sehari dalam seminggu, serta peringatan hari Bahasa Ibu Internasional dengan melakukan berbagai kegiatan kebahasaan dan kesastraan daerah Sulawesi Selatan.

…dst

25 ) Komputerisasi Selamatkan Aksara Lontara
http://kampus.okezone.com/read/2012/10/05/373/699518/komputerisasi-selamatkan-aksara-lontara

Jum’at, 05 Oktober 2012 10:43 wib
MAKASSAR – Dosen Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Hasanuddin (Unhas) Yusring Sanusi Baco mencoba memberikan solusi untuk melestarikan aksara lontara’, yakni melalui program multimedia interaktif true type fontsaksara lontara’. Model dan prototipe yang dimaksud adalah pengembangan angka dan dikritik dalam aksara lontara’ yang dapat digunakan pada komputer, baik yang berbasis operating system windows, macintosh, dan open source. “Secara khusus, karakter ini dikembangkan lebih lanjut dalam pengolah kata, baik pada windows maupun pada macintosh. Selain itu karakter juga dapat dijalankan pada program interaktif lainnya yang berbasis http atau berbasis web,” paparnya sambil mendemokan pengintegrasian karakter lontara di hadapan peserta seminar bahasa daerah.

…dst

26 ) Kurikulum Pendidikan Baru Tidak Masuk Akal
http://edukasi.kompas.com/read/2012/10/04/17501924/Kurikulum.Pendidikan.Baru.Tidak.Masuk.Akal

Kamis, 4 Oktober 2012 | 17:50 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Rencana pemerintah melahirkan kurikulum pendidikan nasional yang baru terus menuai kritik. Kali ini, budayawan Mohammad Sobari menilai kurikulum pendidikan yang baru menjadi tidak masuk akal karena memilah-milah unsur pelajaran di setiap jenjang. Rencana besar yang akan tersemat dalam kurikulum pendidikan mendatang adalah mengelompokkan tujuan pendidikan berdasarkan jenjangnya. Peserta didik di tingkat SD akan diterpa mata pelajaran yang dapat membangun sikap, siswa SMP lebih difokuskan pada mata pelajaran yang mengasah keterampilan, dan SMA pada pengetahuan. Padahal, menurut Sobari, pembangunan sikap, keterampilan, dan pengetahuan merupakan satu kajian yang berkesinambungan. “Entah logika apa yang digunakan untuk memilah-milah ketiga unsur pelajaran untuk tiga kelompok itu. Tidak masuk akal sama sekali,” katanya kepada Kompas.com, Kamis (4/10/2012). Sobari juga memberikan perhatian pada pentingnya diberikan porsi lebih kepada sekolah untuk membuat kurikulum secara otonom. Pasalnya, kurikulum nasional tidak akan sepenuhnya cocok dengan kebutuhan lokal yang karakteristiknya berbeda-beda.

…dst

27 ) Permendikbud Antikekerasan – Siswa Tawuran, Guru Bisa Dikenai
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/532481/38/

Friday, 05 October 2012
JAKARTA –Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan (Permendikbud) tentang Pencegahan Kekerasan di Sekolah mempermudah pemberian sanksi terhadap pelaku. Permendikbud yang sedang disusun ini akan menyentuh semua lini baik dari siswa itu sendiri, institusi sekolah maupun jajaran guru, termasuk kepala sekolah dan dinas pendidikan. “Jika banyak yang mempertanyakan mengapa saat ini sekolah seakan steril dari sanksi, ke depannya sekolah juga akan terkena sanksi karena termasuk institusi terbuka dan bukan isolatif, tetapi entitas yang berada di tengah masyarakat yang berlaku dinamis,” kata Mendikbud Mohammad Nuh saat silaturahmi Mendikbud dengan mahasiswa penerima Bidik Misi UGM di Jakarta kemarin. Mantan Menkominfo itu menjelaskan, saat ini banyak yang mempertanyakan mengapa kepala sekolah yang sekolahnya sering tawuran hingga menelan korban jiwa tidak dimutasi.Menurut Nuh,mutasi bukan kewenangan Kemendikbud karena masuk dalam otonomi daerah. Namun permendikbud ini akan menjadi kepanjangan tangan Kemendikbud untuk mempertanyakan sanksi mutasi kepada kepala sekolah yang bersangkutan.

…dst

28 ) IAIN Sultan Hasanuddin Pertanyakan SOP Penembakan di Kampus
http://www.metrotvnews.com/read/news/2012/10/05/108772/IAIN-Sultan-Hasanuddin-Pertanyakan-SOP-Penembakan-di-Kampus/1

Jumat, 5 Oktober 2012 15:57 WIB
Metrotvnews.com, Serang: Rektorat Universitas IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Serang, Banten, Jumat (5/10) siang, menggelar rapat tertutup dengan Badan Eksekutif Mahasiswa. Dalam rapat tersebut, pihat kampus akan menuntut pihak Polri melalui Kapolda Banten atas standar operasi dan prosedur (SOP) yang dilakukan pihak kepolisian saat menembaki mahasiswa di dalam kampus IAIN kemarin sore. Akibat penembakan polisi pada Kamis kemarin, Fakultas Ushuludin dan Dakwah hari ini diliburkan karena kaca jendela ruangan masih banyak yang pecah. Bau gas air mata juga masih sangat menyengat di sekitar kampus tersebut. Menurut Zakaria Safi`i, Pembantu Rektor II, pihak kampus akan melakukan gugatan dan tuntutan terhadap Kapolda Banten terkait SOP kepolisian. Gugatan ini dilakukan atas kejadian Kamis kemarin saat Polisi Antihuru-hara menembaki mahasiswa yang menyelamatkan diri ke dalam kampus. Mahasiswa itu berhamburan ke dalam kampus setelah aksi mereka dibubarkan paksa polisi.

…dst

29 ) Tolak RUU Kamnas, Mahasiswa Ditikam Sekelompok Orang
http://nasional.kompas.com/read/2012/10/05/17593391/Tolak.RUU.Kamnas.Mahasiswa.Ditikam.Sekelompok.Orang.

Jumat, 5 Oktober 2012 | 17:59 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Kekerasan terhadap mahasiswa yang melakukan penolakan terhadap Rancangan Undang-undang Keamanan Nasional (RUU Kamnas) telah menegaskan, potensi kekerasan dan dampak dari penguatan supremasi TNI yang diusung oleh RUU Kamnas semakin terang. Penanganan aksi demonstrasi dengan kekerasan juga memperlihatkan RUU Kamnas diusulkan bukan dalam rangka meningkatkan kualitas penyelenggaraan keamanan nasional, tetapi lebih pada tekad politik TNI untuk memperkokoh supremasi TNI dalam kehidupan dan penyelenggaraan negara. Hal itu diungkapkan Ketua Setara Intitute Hendrardi di Jakarta, Jumat (5/10/2012). Dalam penjelasannya, Hendardi menjelaskan, Marwan, mahasiswa Universitas 45 Makassar, dihadang sekelompok orang dan ditikam dengan senjata tajam hingga melukai bagian perut Marwan. Peristiwa yang terjadi 4 Oktober 2012, pukul 01.00 WITA ini membuat Marwan terbaring di ICU RSI Faisal, Makassar.

…dst

30 ) Indonesia belum sadari dampak ‘big data’
http://www.antaranews.com/berita/336851/indonesia-belum-sadari-dampak-big-data

Kamis, 4 Oktober 2012 18:23 WIB
Jakarta (ANTARA News) – Country Manager NetApp untuk Indonesia dan Filipina, Steven Law, mengungkapkan bahwa banyak perusahaan Indonesia yang belum menyadari dampak negatif big data dalam pengelolaan data mereka. “Padahal akibatnya data bisa tidak tersimpan, tidak terback-up,” kata Steven pada jumpa pers di Jakarta, Kamis. Dia menjelaskan, big data kini menjadi tren dunia yang terlihat dari perubahan besar yang terjadi dari era manual ke era digital secara serentak. Menurutnya, beberapa tahun lagi Indonesia juga akan mengikuti tren ini. Steven memprediksi sekitar tiga sampai empat tahun lagi, perusahaan-perusahaan Indonesia akan kebingungan karena terlalu banyak data dalam sistem komputernya. Dia mencontohkan sebuah rumah sakit yang terus menurus menambah data pasiennya. Jika mereka tidak memiliki rekam data penyakit pasien yang baik maka tidak menutup kemungkinan jiwa seseorang menjadi terancam. “Health care (taruhannya) bisa nyawa,” kata Steven.

…dst

31 ) Lima Kementerian Raih Nilai Tertinggi Antikorupsi dari KPK
http://www.metrotvnews.com/read/news/2012/10/05/108689/Lima-Kementerian-Raih-Nilai-Tertinggi-Antikorupsi-dari-KPK/1

Jumat, 5 Oktober 2012 07:57 WIB
Metrotvnews.com, Jakarta: Lima kementerian dan tiga pemerintah kota meraih nilai tertinggi berdasarkan Penilaian Inisiatif Antikorupsi dari Komisi Pemberantasan Korupsi (PIAK-KPK) 2012. Lima kementerian itu ialah Kementerian Perhubungan (7,65), Kementerian Perdagangan (7,49), Kementerian ESDM (7,23), Kementerian Dalam Negeri (6,99), dan Kementerian Kehutanan (6,99). Untuk pemerintah daerah, yakni Pemkot Palembang (7,38), Pemkot Manado (7,23), dan Pemkot Medan (7,15) “PIAK 2012 diikuti 18 kementerian, 3 badan, Mahkamah Agung dan Sekretariat Jenderal DPR, serta 13 pemerintah daerah (pemda),” ujar Dian Fatriah dari Litbang KPK di Jakarta, Kamis (4/10) kemarin. Menurut Dian, pihaknya mendorong kementerian, lembaga, dan pemda membangun sistem antikorupsi dengan melakukan PIAK. Hal itu untuk mengoptimalisasi pencegahan korupsi di instansi terkait.

…dst

32 ) Pengangkatan 28 Penyidik Polri di KPK Dituding Sepihak
http://news.detik.com/read/2012/10/05/184018/2055944/10/pengangkatan-28-penyidik-polri-di-kpk-dituding-sepihak?n991102605

Jumat, 05/10/2012 18:40 WIB
Jakarta Sebanyak 28 penyidik Polri dipermanenkan statusnya untuk bekerja di KPK. Mabes Polri menuding pengangkatan itu dilakukan secara sepihak. “Itu pengangkatan sepihak, seharusnya dihadapkan dulu lima perwira tersebut, baru mengundurkan diri,” kata Kabag Penum Polri, Kombes Agus Rianto, di Jakarta, Jumat (5/10/2012). Agus menerangkan, pihaknya tidak melarang bila ada anggota Polri untuk melepas identitas yang selama ini melekat sebagai anggota Bhayangkara. “Diperbolehkan, asal sesuai dengan perundangan yang berlaku. Semuanya diatur perundang-undangan. Kalau ada keinginan mengundurkan diri silakan mengajukan secara resmi. Jangan sampai keluar PTDH (Pemberhentian Tidak Dengan Hormat),” ujarnya. Agus menyampaikan, dalam setiap tindak tanduk anggota Polri wajib untuk mentaati seluruh peraturan perundangan yang mengikat setiap anggota. “Yang jelas, kita semua sama tunduk pada perundangan yang berlaku di Polri. Ada aturan main yang harus dipatuhi saat menjadi anggota Polri,” kata Agus.

…dst