1 ) 70% Calon Guru Besar Tak Lolos
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/12/17/208891/70-Calon-Guru-Besar-Tak-Lolos-

17 Desember 2012
SEMARANG – Karena ingin mengejar tunjangan dalam jumlah besar, banyak calon guru besar yang tidak diloloskan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud). Hal itu karena pelanggaran atau persyaratan tidak terpenuhi. ”Penyebab calon guru besar tidak lolos seleksi bisa karena pelanggaran yang diperbuat, bisa juga karena tidak memenuhi persyaratan yang diajukan Ditjen Dikti,” kata Direktur Pendidik dan Tenaga Kependidikan Ditjen Dikti Prof Supriadi Rustad dalam seminar nasional ”Peran MIPA dalam Peningkatan Kualitas Hidup dan Pengembangan Pendidikan Karakter” di gedung C7 Universitas Negeri Semarang (Unnes), Sabtu (15/12). Dia mengemukakan, dari proses pengajuan calon guru besar setiap bulannya, yakni 20 – 30 berkas, hanya 30% yang lolos dan memenuhi syarat. Sementara 70% tidak lolos sehingga syarat harus dikembalikan. Banyak calon guru besar tidak lolos seleksi oleh Ditjen Dikti, karena alasan pelanggaran etika dan profesionalisme, seperti pemalsuan dokumen karya ilmiah. Pemalsuan itu seperti mencantumkan jurnal rakitan, jurnal ”bodong”, artikel sisipan, label akreditasi palsu, nama pengarang sisipan, buku lama sampul baru, dan nama pengarang berbeda. ”Kasus ini berhubungan dengan masalah karakter para pendidik tersebut, karena itu perguruan tinggi harus membangun kembali kejujuran dan kepedulian. Sebab, untuk menjadi perguruan tinggi bermutu dan berkualitas tidak hanya intelektualnya yang dikembangkan, tetapi juga karakter dari semua civitas academicanya,” katanya.

…dst

2 ) Pendaftaran Jalur SNMPTN Dibuka
http://www.metrotvnews.com/metronews/news/2012/12/17/117907/Pendaftaran-Jalur-SNMPTN-Dibuka/108

Senin, 17 Desember 2012 03:09 WIB
Metrotvnews.com, Jakarta: Seluruh Rektor Perguruan Tinggi Negeri (PTN) se-Indonesia diinstruksikan melakukan sosialisasi ke seluruh sekolah SMA sederajat tentang penyelenggaraan jalur undangan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2013. Pihak kepala sekolah diminta mengisi data rapor siswa melalui Pangkalan Data Siswa Sekolah (PDSS) mulai Senin (17/12). “Ya, kita telah meminta semua Rektor dari 61 PTN untuk menyosialisasikan persiapan SNMPTN jalur undangan mulai dari Papua hingga Nanggro Aceh Darussalam (NAD). Para Rektor ditugaskan menyampaikan ke seluruh kepala sekolah SMA sederajat untuk mengisi data rapor siswa mulai dari kelas satu sampai kelas tiga ke PDSS untuk bahan seleksi masuk SNMPTN 2013. Tentu ini kita tujukan bagi sekolah yang siswanya mau masuk jalur undangan SNMPTN,” kata Ketua Pelaksana SNMPTN 2013 Akhmaloka kepada Media Indonesia, Ahad (16/12) malam. Melalui PDSS itu, seluruh data rapor siswa SMA sederajat akan terhimpun yang akan dipergunakan panitia pelaksana SNMPTN menyeleksi masuk jalur undangan.

…dst

3 ) Sistem Baru Pendaftaran SNMPTN
PDSS Bisa Cegah Kecurangan Sekolah
http://www.jpnn.com/read/2012/12/17/150801/PDSS-Bisa-Cegah-Kecurangan-Sekolah-

Senin, 17 Desember 2012 , 14:06:00
MAKASSAR — Pemerintah menambah porsi jumlah mahasiswa baru di perguruan tinggi negeri (PTN) melalui jalur undangan pada pelaksanaan Seleksi Nasional Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013. Sebanyak 60 persen dari total kuota kursi PTN tahun depan akan diisi melalui seleksi ini. Setiap PTN bisa mengalokasikan 50-60 persen kuota kursinya untuk jalur ini. Seluruh siswa diperkenankan ikut melalui jalur ini. Pemerintah yang akan menyeleksi lewat mekanisme seleksi berdasarkan nilai rapor dan ujian nasional (UN). Syaratnya, di tahap awal, para kepala sekolah harus memasukkan data para siswa ke dalam Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) melalui laman resmi PDSS. Pembantu Rektor I bidang Akademik UNM, Prof Dr Sofyan Salam mengatakan, mekanisme ini bisa saja terjadi kecurangan. Pasalnya, kepsek bisa memanipulasi data yang dimasukkan. Dia pun mengingatkan para kepsek untuk tidak curang karena sanksi akan menanti. “Tidak hanya kepala sekolah yang akan diberikan sanksi. Tapi sekolah yang curang dalam mengisi data pada pangkalan data sekolah dan siswa (PDSS) bisa masuk dalam daftar hitam sekolah bermasalah,” katanya. Dikonfirmasi terpisah, Ketua Dewan Pendidikan Sulsel, Prof Dr Halide mengapresiasi sistem baru itu. Ia mengatakan sistem yang akan dilakukan pemerintah itu sangat bagus. Namun, penerapannya yang dilakukan secara mendadak bakal membuat dinas pendidikan dan sekolah-sekolah kesulitan.

…dst

4 ) Syarat Mau Mulus Masuk PTN, Jujur!
http://www.metrotvnews.com/metronews/news/2012/12/17/117914/Syarat-Mau-Mulus-Masuk-PTN-Jujur!-/3

Senin, 17 Desember 2012 05:18 WIB
Metrotvnews.om, Jakarta: Hari Ini, Senin (17/12), pemerintah membuka jalur undangan masuk Perguruan Tinggi Negeri. Dalam pengisian rapor siswa di Pangkalan Data Siswa Sekolah (PDSS)seluruh kepala sekolah dan siswa diminta bersikap jujur dan bertanggungjawab sehingga memudahkan penyelenggaraan SNMPTN itu sendiri, serta tetap menjaga reputasi nama baik sekolah masing-masing. “Data di PDSS nanti kita simpan, dan kita minta mereka jujur dan bertanggungjawab dalam mengisi data rapor siswa agar verifikasi berjalan baik. Seandainya nanti ditemukan penyimpangan data siswa, kita akan beri sanksi. Kepada siswa yang bersangkutan terancam dieliminasi sedangkan sekolahnya kena dipenalti tidak diikutsertakan pada SNMPTN tahun berikutnya,” tegas Ketua Pelaksana SNMPTN 2013 Akhmaloka, Ahad (16/12) malam.

…dst

5 ) Guru Dituntut Cari Informasi SNMPTN
http://www.seputar-indonesia.com/news/guru-dituntut-cari-informasi-snmptn

17 Desember 2012
SOLO– Kalangan guru SMA sederajat, baik negeri maupun swasta diimbau selalu proaktif mencari informasi mengenai ketentuan dan pelaksanaan SNMPTN 2013 secara online. Imbauan itu disampaikan Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo Ravik Karsidi MS saat Sosialisasi SPMB UNS Tahun 2013 di Ruang Sidang 2 Kantor Pusat UNS, Sabtu (15/12) lalu. Ravik mengungkapkan pihak sekolah,terutama guru wajib mengetahui sistem yang digunakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) terkait seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) pada tahun depan. “Harus ketahui segera bagaimana sistem yang kita pakai pada 2013.Dari tahun ke tahun masih ada keluhan, misalnya belum terima informasi. Guru harus proaktif dan jangan sampai ada inisiasi dari murid dan guru malah tidak tahu,” paparnya. Dalam sosialisasi tersebut, perguruan tinggi negeri (PTN) bertugas menyosialisasikan SNMPTN 2013 di wilayahnya masing-masing. UNS diplot memberikan sosialisasi di wilayah Karisidenan Surakarta dan Magelang. Ravik menginformasikan ada sejumlah ketentuan yang berubah dalam pelaksanaan SNMPTN 2013. Pertama, siswa kelas XII tidak hanya syarat lulus ujian nasional (UN) tapi ke depan juga memerhatikan semua nilai rapor mulai dari kelas X semester I sampai kelas XII semester V. Alasannya, ini menjadi pangkal pokok untuk bisa diterima di PTN atau tidak.”Ini perubahan dasar yang harus disosialisasikan, tahun lalu begitu juga tetapi ada esensi yang berbeda. Awalnya berat tapi nanti kalau sudah terbiasa, otomatis sudah (bisa),”tandasnya. Kedua, lanjut Ravik, anakanak yang tidak memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) tidak bisa mendaftar.

…dst

6 ) Undangan Masuk PTN
Rapor Siswa akan Dibandingkan dengan Hasil UN
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/12/17/370622/293/14/Rapor-Siswa-akan-Dibandingkan-dengan-Hasil-UN

Senin, 17 Desember 2012 08:29 WIB
JAKARTA–MICOM: Wakil Menteri Pendidikan dak Kebudayaan (Wamendikbud) Musliar Kasim meminta orang tua siswa SMA tidak perlu khawatir terkait pengisian rapor siswa di Pangkalan Data Siswa Sekolah (PDSS) menyusul dimulainya proses jalur undangan masuk perguruan tinggi negeri. Musliar menegaskan hasil rapor akan diperiksa dan dibandingkan dengan hasil Ujian Nasional (UN). Musliar mengatakan dengan 20 jenis soal, UN akan berjalan dengan adil tanpa kecurangan. “Idealnya nilai UN dan nilai rapor harus seimbang,” urai dia kepada Media Indonesia. Seperti diketahui, mulai Senin ini (17/12), jalur undangan masuk Perguruan Tinggi Negeri telah dibuka. Pihak sekolah akan mendata dan mengisi rapor siswa di Pangkalan Data Siswa Sekolah (PDSS). “Data di PDSS nanti kita simpan, dan kita minta mereka jujur dan bertanggungjawab dalam mengisi data rapor siswa agar verifikasi berjalan baik. Seandainya nanti ditemukan penyimpangan data siswa, kita akan beri sanksi. Kepada siswa yang bersangkutan terancam dieliminasi sedangkan sekolahnya kena dipenalti tidak diikutsertakan pada SNMPTN tahun berikutnya,” tegas Ketua Pelaksana SNMPTN 2013 Akhmaloka kepada Media Indonesia (Bay/X-13)

***

7 ) IPB Siap Undang Siswa Terbaik di Bogor
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/12/12/370571/293/14/IPB_Siap_Undang_Siswa_Terbaik_di_Bogor

Senin, 17 Desember 2012 02:57 WIB
JAKARTA–MICOM: Institut Pertanian Bogor telah melakukan sosialisasi pendaftaran masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) melalui jalur undangan kepada SMA-SMA di Bogor. Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan IPB mengungkapkan pihaknya telah menyosialisasikan lebih dari 250 sekolah di wilayah Bogor. “Ya kita baru saja mengundang mereka ke kampus IPB mengenai pengisian data siswa ke PDSS,” kata Yonny kepada Media Indonesia. Menurut Yonny, para kepala sekolah dan guru itu tidak dailatih namun diberi informasi tentang cara mendaftar dan mengisi PDSS.” Nanti di sekolah sekolah,mereka dipersilakan mencobanya mengisi masing-masing,”cetusnya.(Bay/X-13)

***

8 ) Penerimaan Mahasiswa Baru
UNS Hapus Jalur Swadana
http://kampus.okezone.com/read/2012/12/17/373/733088/uns-hapus-jalur-swadana

Senin, 17 Desember 2012 10:40 wib
SOLO – Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mulai tahun akademis 2013/2014 menghapus penerimaan mahasiswa baru jalur Swadana. Seleksi Nasional Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2013 hanya melalui jalur Undangan. “Mulai 2013 SNMPTN UNS jalur Swadana dihapus, sehingga tidak ada lagi mahasiswa jalur Swadana,”jelas Rektor UNS Prof Dr. Ravik Karsidi, MS kepada Okezone, baru-baru ini. Selama ini, kata Ravik, UNS membuka tiga jalur penerimaan mahasiswa baru melalui SNMPTN yakni jalur undangan, jalur ujian tulis dan jalur Swadana. “Mulai tahun akademik 2013, dua jalur yakni ujian tulis dan Swadana ditiadakan,” jelasnya. Rektor UNS mengatakan, tahun depan, penerimaan mahasiswa baru di UNS dilakukan melalui tiga jalur. UNS mengikuti SNMPTN jalur Undangan atau tanpa tes. Selain itu, mereka juga membuka pendaftaran melalui Seleksi Masuk Bersama Perguruan Tinggi Negeri (SMBPTN) yakni jalur Ujian Tulis. Dan jalur terakhir adalah Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi (UMBPT) juga jalur tulis.

…dst

9 ) IPB Simpulkan Minuman Bersoda Aman bagi Kesehatan
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/12/17/370718/293/14/IPB-Simpulkan-Minuman-Bersoda-Aman-bagi-Kesehatan

Senin, 17 Desember 2012 16:28 WIB
JAKARTA–MICOM: Institut Pertanian Bogor (IPB) menyimpulkan produk minuman bersoda dengan pemanis tidak berbahaya bagi kesehatan manusia.Lantaran itu wacana pengenaan cukai pada minuman bersoda dengan dalih berdampak bagi kesehatan dinilai tidak tepat. “Yang penting jangan mengonsumsi secara berlebihan,” ujar ahli gizi dan pakar teknologi pangan IPB Prof. Made Astawan di Jakarta, Senin (17/12). Penegasan Made terkait wacana pemberian cukai pada produk minuman bersoda yang dilontarkan Badan Kebijakan Fiskal (BKF) dan Komisi XI DPR. Komisi XI menggolongkan minuman bersoda sebagai produk yang membahayakan kesehatan. Karenanya, produk ini harus diberi perlakuan yang sama pada produk makanan/minuman lain yang membahayakan, seperti rokok dan minuman beralkohol. Menurut Made, bahan utama minuman bersoda (berkarbonasi) hanya air. Pemberian karbon dioksida (CO2) yang memberi efek sensori nyess justru dapat menghambat pertumbuhan mikroba. Terkait kafein dalam minuman berkarbonasi, menurut Made, kandungannya kalah banyak dengan jenis minuman lain. Dia mencontohkan kandungan kafein pada 250 ml minuman bersoda sebanyak 24 mg. Pada jumlah yang sama, kandungan kafein di teh mencapai 50 mg dan kopi 100 mg.

…dst

10 ) Herry Suhardiyanto Dilantik Jadi Rektor IPB
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/12/17/370672/293/14/Herry-Suhardiyanto-Dilantik-Jadi-Rektor-IPB

Senin, 17 Desember 2012 10:09 WIB
BOGOR–MICOM: Herry Suhardiyanto secara resmi dilantik sebagai Rektor Institut Pertanian Bogor untuk masa bakti 2012-2017, Senin (17/12). Pelantikan Rektor oleh Majelis Wali Amanat berlangsung di gedung Andi Hakim Nasoetion Kampus IPB Dramaga. Acara pelantikan dihadiri oleh sekitar 450 undangan di antaranya, seluruh anggota MWA, Senat Akademi, kepala unit kerja, civitas akademi, relasi IPB dan Dirjen Pendidikan Tinggi mewakili Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. “Pelantikan rektor dilakukan langsung oleh Ketua MWA ProfChozin, yang mengambil sumpah jabatan rektor terpilih,” kata Ketua Panitia Pemilih Rektor IPB Toto Toharmat. Toto mengatakan, pelantikan rektor dilakukan dua hari menjelang habisnya masa jabatan rektor IPB periode 2007-2012 yang akan berakhir pada 19 Desember ini. Acara pelantikan rektor berlangsung dari pukul 09.00 WIB hingga 12.00 WIB. Sejumlah tamu undangan telah berdatangan sejak pagi, sementara itu gedung rektorat IPB pun telah disterilkan untuk kegiatan pelantikan.

…dst

11 ) UNS Buka Kembali Program S-1 Transfer
http://edukasi.kompas.com/read/2012/12/17/01065611/UNS.Buka.Kembali.Program.S-1.Transfer

Senin, 17 Desember 2012 | 01:06 WIB
SOLO, KOMPAS.com – Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo kembali akan membuka Program S-1 transfer mulai tahun 2013, setelah sempat ditutup beberapa waktu lalu, demikian dikatakan Rektor UNS Prof.Dr Ravik Karsidi, MS. “Diberlakukannya kebijakan tersebut nantinya akan ada 21 program studi (Prodi) D-III di UNS yang akan membuka kembali program transfer,” kata Rektor UNS Prof.Dr Ravik Karsidi, MS kepada wartawan di Solo, Minggu (16/12/2012). Ia mengatakan, dengan dibukanya kembali Program S-1 transfer dari Program Diploma tidak bertentangan Undang-Undang No. 12 tahun 2012. Hal itu diperbolehkan oleh Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dalam rangka untuk meningkatkan angka partisipasi kasar (APK) dan pemerataan akses memperoleh pendidikan tinggi. “Pelaksanaaan seleksinya dilakukan dalam dua tahap. Pertama, Ujian Tulis yang berisi Tes Potensi Akademik dan Bahasa Inggris. Lalu yang kedua berupa matrikulasi,” kata Rektor UNS.

…dst

12 ) UNS Wajibkan Lagi Mahasiswa Ikut Kuliah Kerja
http://www.tempo.co/read/news/2012/12/17/058448759/UNS-Wajibkan-Lagi-Mahasiswa-Ikut-Kuliah-Kerja

Senin, 17 Desember 2012 | 18:30 WIB
TEMPO.CO, Surakarta – Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mulai 2013 kembali mewajibkan mahasiswa mengikuti kuliah kerja nyata (KKN). UNS terakhir kali menyelenggarakan kuliah kerja pada 2001. “Setelah itu, tidak ada lagi KKN karena dianggap merepotkan masyarakat. Tapi kini kami hidupkan lagi,” ujar Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UNS, Darsono, Senin, 17 Desember 2012. Menurut dia, selama tidak ada kuliah kerja, UNS tidak punya kesempatan membantu masyarakat dengan inovasi yang diperoleh di kampus. “Padahal KKN untuk mendekatkan UNS dengan masyarakat,” katanya. Pelaksanaan kuliah kerja dimulai pada 2013, yang akan diikuti mahasiswa angkatan 2011. “Mahasiswa tahun ketiga yang bisa ikut KKN.” Dia menjelaskan, model kuliah kerja tahun depan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Kali ini UNS lebih dahulu akan memetakan persoalan masyarakat dan bagaimana cara mengatasinya. “Sehingga mahasiswa yang diterjunkan tidak asal datang, tapi sudah membawa solusi pemecahan masalah,” ujar Darsono. Mulai Januari 2013, tim Unit Pengelolaan Kuliah Kerja Nyata akan berkeliling ke berbagai daerah di Jawa Tengah dan Jawa Timur bagian barat untuk mengetahui kondisi masyarakat dan masalah yang dihadapi sekaligus merumuskan solusi. “Persoalan tersebut digodog dan dirumuskan dalam konsep KKN,” katanya. Dia menargetkan, akhir semester ini, pemetaan sudah selesai dilakukan. Dengan demikian, semester depan, kuliah kerja dapat kembali dijalankan. Untuk mahasiswa angkatan 2011, dia memperkirakan ada 4.200 mahasiswa yang wajib ikut kuliah kerja.

…dst

13 ) Mendikbud: Kelola Bahari Lewat Pendidikan
http://edukasi.kompas.com/read/2012/12/17/16244810/Mendikbud.Kelola.Bahari.Lewat.Pendidikan

Senin, 17 Desember 2012 | 16:24 WIB
LOMBOK TIMUR, KOMPAS.com – Meski memiliki potensi sumber daya laut yang kaya, Indonesia belum mampu mengelola secara optimal. Hal ini disebabkan karena penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi kelautan yang belum mumpuni diikuti kualitas dan kuantitas sumber daya manusia kelautan yang masih perlu ditingkatkan. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh, mengatakan bahwa Indonesia harus mulai menyadari jati diri sebagai bangsa maritim dan negara kepulauan terbesar di dunia. Untuk itu, upaya pembangunan harus memberikan perhatian khusus pada kebaharian. “Kita ini punya potensi kelautan luar biasa. Semangat bahari ini harus dibangkitkan dari semua pihak. Karena urusan bahari bukan urusan sektor tertentu saja,” kata Nuh saat puncak perayaan Hari Nusantara di Labuhan Haji, Nusa Tenggara Barat, Senin (17/12/2012). Sesuai dengan empat pilar strategi pembangunan yaitu pro-growth, pro- poor, pro-job dan pro-environment, pengembangan potensi kelautan memerlukan sumber daya manusia berkualitas yang berwawasan budaya bahari serta didukung oleh penguasaan ilmu pengetahuan teknologi kelautan yang memadai.

…dst

14 ) ISI Denpasar Mampu Bersaing Tingkat Internasional
http://edukasi.kompas.com/read/2012/12/17/01270642/ISI.Denpasar.Mampu.Bersaing.Tingkat.Internasional

Senin, 17 Desember 2012 | 01:27 WIB
DENPASAR, KOMPAS.com – Institut Seni Indonesia (ISI), sebuah lembaga pendidikan tinggi seni harus dikelola menjadi organisasi pemelajaran yang efisien, efektif, berkualitas sehingga mampu bersaing di tingkat nasional dan internasional. “Hal itu dilakukan dengan mengintegrasikan unsur-unsur logika, etika, dan estetika dengan logika peserta didik diasah daya nalar dan intelektualnya untuk mampu berfikir, berkata, dan berbuat secara kreatif dan konstruktif,” kata Kandidat Rektor ISI Denpasar, Dr I Gede Arya Sugiartha, SSKar MHum di Denpasar, Minggu (16/12/2012). Alumnus S-2 Pengkajian Seni Pertunjukan Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta dan S-3 Kajian Budaya Universitas Udayana merupakan salah seorang dari tiga calon rektor ISI, yang disetujui Direktorat Perguruan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Dua calon lainnya Dr Dra Ni Luh Sustiawati, M.Pd dan Dr Drs I Gusti Ngurah Ardana, M.Erg, yang pemilihan akan dilakukan 22 anggota Senat lembaga pendidikan tinggi seni tersebut pada hari Selasa, 18 Desember 2012.

…dst

15 ) FT UNY Jajaki Praktik di Brunei
http://www.seputar-indonesia.com/news/ft-uny-jajaki-praktik-di-brunei

17 Desember 2012
Kunjungan ini merupakan program tahunan FT UNY dalam rangka memberikan wawasan pendidikan internasional kepada mahasiswa. Selain itu, mengenalkan akses kerja vokasi skala internasional khususnya sebagai pendidik atau trainer di bidang kejuruan. Dosen pendamping kunjungan akademik sekaligus koordinator Humas FT UNY Adam Jarussalem mengutarakan kunjungan tahun ini untuk menjajaki kemungkinan pelaksanaan praktik industri serta KKNPPL mahasiswa FT UNY di Brunei Darussalam. “Di sana kami melakukan kontak dan koordinasi dengan salah satu Sekolah Vokasi dan Lembaga Pengambangan Vokasi untuk merealisasikan rencana tersebut,”ungkapnya. Salah satu mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin UNY Ficky Fristiar mengungkapkan kebahagiaannya mampu bergabung dalam delegasi FT UNY ke Brunei Darussalam. Sebelum terpilih,Ficky bersama enam rekannya dari seluruh jurusan di FT UNY melewati seleksi kompetensi.

***

16 ) Kepramukaan masuk Kurikulum 2013
http://www.antaranews.com/berita/348978/kepramukaan-masuk-kurikulum-2013

Senin, 17 Desember 2012 19:17 WIB
Lombok Timur, NTB (ANTARA News) – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhammad Nuh memastikan, bidang kepramukaan akan dimasukkan dalam kurikulum pendidikan 2013 yang sedang dalam tahapan kajian akhir. “Pak Wapres juga sudah beri arahan, dalam kurikulum baru itu ekstra kurikuler yang diwajibkan adalah kepramukaan, karena kita membutuhkan satu sistem ekstra kurikuler yang bisa menjahit secara nasional,” kata Nuh, ketika mendampingi Wakil Presiden Boediono pada temu wicara yang digelar pada puncak peringatan Hari Nusantara XIII, yang dipusatkan di Pantai Labuhan Haji, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB), Senin. Peringatan Hari Nusantara setiap tanggal 13 Desember, dan mulai diperingati sejak 1999. Secara resmi Hari Nusantara telah ditetapkan Pemerintah melalui Keppres No. 126/2001.

…dst

17 ) Bertemu Rektor IKJ, Ahok Minta Beasiswa Diperbanyak
http://news.detik.com/read/2012/12/17/180053/2120787/10/bertemu-rektor-ikj-ahok-minta-beasiswa-diperbanyak

Senin, 17/12/2012 18:00 WIB
Jakarta – Wakil Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menerima pengelola Institut Kesenian Jakarta (IKJ). Dalam pertemuan itu Ahok meminta IKJ memberi beasiswa bagi yang tidak mampu melanjutkan kuliah. “Pak Wagub menginginkan kita bisa membuka lagi pintu atau kesempatan (untuk kuliah), mungkin akan ada orang yang berbakat tetapi tidak mampu,” ujar Rektor IKJ Wagiyono kepada wartawan di Balai Kota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (17/12/2012). Pertemuan kali ini menurut Wagiyono hanya perkenalan biasa. Secara rutin pengelola akan bertemu mengingat Pemprov sendiri sebagai pemilik IKJ. “Bagaimana meningkatkan SDM dosen, menunjang kegiatan akademik, sertifikasi dosen, dan semua itu membutuhkan anggaran dari Pemprov,” tambah Wagiyono. Dalam kesempatan ini juga IKJ mengeluhkan kurangnya tenaga dosen di kampusnya. “Kita inginkan lebih banyak lagi menerima orang (dosen),” tutur Wagiyono.

…dst