1 ) Kemdikbud Apresiasi Keterlibatan Masyarakat dalam Pengawasan Pendidikan
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/1152

03/24/2013
Jakarta — Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) mengapresiasi peran serta masyarakat dalam pembangunan pendidikan di tanah air, termasuk pengawasan pengelolaan anggaran pendidikan. Hal ini disampaikan Kepala Pusat Informasi dan Humas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Ibnu Hamad, di Kantor Kemdikbud, Senayan, Jakarta (22/3), menanggapi kedatangan Indonesia Corruption Watch (ICW) ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait pengelolaan dana kurikulum 2013 pada Kamis sore (21/3). “Kemdikbud berterima kasih kepada publik yang telah memberikan perhatian dan dukungannya terhadap pendidikan, termasuk pengawasannya,” ujar Ibnu Hamad.Terkait pengawasan anggaran pendidikan, dikatakannya, Kemdikbud telah melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dengan Ketua KPK Abraham Samad pada 9 Maret 2012. MoU ini bertujuan meningkatkan kerja sama dan koordinasi dalam pemberantasan tindak pidana korupsi secara efektif dan efisien sesuai kewenangan masing-masing sebagaimana yang diatur undang-undang.

…dst

2 ) Mahfud MD Bantah Ucapkan Ada Jual Beli Ijazah di Unpad
http://kampus.okezone.com/read/2013/03/23/373/780537/mahfud-md-bantah-ucapkan-ada-jual-beli-ijazah-di-unpad

Sabtu, 23 Maret 2013 21:01 wib
JAKARTA – Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Prof. Mahfud MD membantah dirinya pernah mengatakan terdapat jual beli ijazah di Universitas Padjajaran Bandung. Mahfud menyatakan yang diucapkan adalah universitas yang melakukan plagiat dan bukan ijazah palsu.”Pada saat berpidato itu saya sama sekali tidak menyebut nama perguruan tinggi tertentu sebagai penjual ijazah. Tetapi ketika saya akan pulang, saat akan masuk ke mobil, saya dikerubuti oleh wartawan. Mereka bertanya, universitas mana yang terlibat jual beli ijazah dan plagiarisme. Saya ingat betul, waktu itu saya menjawab bahwa kalau soal jual beli ijazah, termasuk soal ijazah “Three in One” sudah lama diumumkan oleh dirjen dikti, bahkan sejak zaman Orde Baru saat Mendikbud dijabat Wardiman Djojonegoro. Tetapi kalau plagiarime sekarang ini bukan hanya dilakukan oleh mahasiswa yang ingin lulus melainkan juga oleh orang yang ingin meningkatkan jabatan akademik seperti ingin menjadi Lektor Kepala atau Profesor,” kata Mahfud saat mengklarifikasi pemberitaan okezone berjudul “Mahfud MD Sesalkan Banyak Pejabat Beli Gelar Akademik” yang dimuat pada 11 Maret 2013

…dst

3 ) Rektor UPI: MAR Geser Peran Pendidikan Tinggi
http://www.pikiran-rakyat.com/node/228136

Sabtu, 23/03/2013 – 17:17
BANDUNG, (PRLM).- Pembangunan Masyarakat Asia Raya (MAR) pada 2015 akan geser peran dan fungsi pendidikan tinggi. Tujuan pendidikan tidak lagi mendidik warga negara yang baik tapi juga mendidik untuk menjadi warga dunia. MAR mendorong mobilitas penduduk di kawasan Asia dari satu negara ke negara lain menjadi semakin tinggi. Demikian dikemukakan Rektor Universitas Pendidikan Indonesia Prof. Sunaryo Kartadinata dalam One Asia Convention “Towards the Asian Community” di Gedung Merdeka, Jln. Asia Afrika, Kota Bandung, Sabtu (23/3/13). Prof. Sunaryo mengatakan konsentrasi penduduk dunia lebih 60 persen berada di dunia menjadi potensi besar terjadinya persaingan. Ini demand pendidikan yang harus direspon oleh pendidikan tinggi dalam bentuk diversifikasi program dan layanan. Pendidikan dan dunia kerja menjadi sebuah proses transnasional dan transbudaya dalam memfasilitasi manusia berkembang untuk ketahanan hidup sebagai warga dunia.

…dst

4 ) Lima Tahun Terakhir 11 PTS di Yogya Tutup
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/dunia-kampus/13/03/24/mk53wr-lima-tahun-terakhir-11-pts-di-yogya-tutup

Minggu, 24 Maret 2013, 07:55 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA — Jumlah perguruan tinggi swasta (PTS) di Yogyakarta dalam lima tahun terakhir berkurang signifikan. Jika pada 2008 lalu jumlah PTS di DIY masih 123 perguruan tinggi (PT) namun hingga tahun ini jumlah PTS di DIY tinggal 112 PT saja. “Berkurang banyak memang, ada 11 PTS yang tutup,” kata Ketua Assosiasi PTS Indonesia (APTISI) wilayah DIY, Kasiyarno, Ahad (24/3). Tutupnya 11 PTS di DIY ini menurut Kasiyarno, karena beberapa sebab. Sebagian besar kata dia, akibat manajemen PT yang tidak baik. Kedua akibat merger antar PT. Ketiga memang tidak mendapat izin penyelenggaran dan keempat gulung tikar akibat tidak ada mahasiswa yang mendaftar. “Jumlahnya berapa-berapa saya lupa,” ujar Kasiyarno. Dikatakannya 112 PTS di DIY yang sekarang eksis ini memiliki 522 program studi (Prodi). 112 PTS tersebut terdiri atas 40 universitas dan sisanya sekolah tinggi serta akademi. Dengan begitu jumlah PT di DIY hingga 2013 mencapai 115 PT. Sekitar 112 PTS ditambah tiga perguruan tinggi negeri (PTN) yaitu UGM, UNY dan UIN Sunan Kalijaga.

…dst

5 ) UGM Buat Pembangkit Listrik Bertenaga Buah Busuk
http://www.pikiran-rakyat.com/node/228192

Minggu, 24/03/2013 – 08:12
YOGYAKARTA, (PRLM).- Pasar Gemah Ripah adalah pusat perdagangan buah di Yogyakarta. Layaknya pasar yang lain, kawasan ini juga menghasilkan limbah, khususnya buah-buahan busuk akibat tidak dibeli. Masyarakat sekitar pasar sempat memprotes limbah buah busuk itu, karena bau menyengat yang terbawa kemana-mana. Hingga kemudian, lahirlah gagasan untuk memanfaatkan buah busuk itu menjadi sumber tenaga pembangkit listrik dan sekarang bisa menerangi pasar. Siti Syamsiah, koordinator program pengelolaan sampah yang juga pengajar di jurusan Teknik Kimia, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, mendampingi pedagang pasar itu untuk membangun pembangkit listrik tersebut. Teknologinya diadopsi dari Swedia, karena negara itu telah memiliki pembangkit listrik sejenis, ujar Siti. Program awal mulai diterapkan pada 2011 dan terus dikembangkan hingga saat ini. Menurut Siti, buah busuk yang dihasilkan Pasar Gemah Ripah bisa mencapai 10 ton per hari, jauh lebih besar dari jumlah yang dibutuhkan sebesar 4 ton perhari. “Kalau (mesin pembangkit) itu bisa bekerja secara normal, daya yang dihasilkan sudah lebih dari cukup. Cuma memang sampai sekarang belum bekerja secara maksimal. Untuk bisa maksimal itu, kita membutuhkan beberapa peralatan yang lain. Itu yang sedang usahakan. Misalnya mesin pengangkat sampah dari bawah ke atas, karena sekarang masih diangkat secara manual.

…dst

6 ) IPB Jalin Kerjasama Dengan BUMN Peternakan
http://edukasi.kompas.com/read/2013/03/23/20085063/IPB.Jalin.Kerjasama.Dengan.BUMN.Peternakan

Sabtu, 23 Maret 2013 | 20:08 WIB
BOGOR, KOMPAS.com – Wakil Rektor IPB Bidang Riset dan Kerja Sama Prof Anas Miftah Fauzi mengharapkan kerja sama antara pihaknya dengan BUMN Peternakan PT Berdikari (Persero) dapat optimal, baik untuk kepentingan penelitian maupun bagi kemajuan para peternak.”Mudah-mudahan kita bisa mengembangkan kerja sama ini pada aspek lain baik itu di bidang pendidikan penelitian dan pengabdian masyarakat untuk membina para peternak agar memiliki kemampuan produksi yang lebih baik,” katanya di Bogor, Jawa Barat, Sabtu (23/3/2013).IPB juga mengharapkan melalui kerja sama itu terbuka kemungkinan bagi mahasiswa untuk dapat melakukan praktik kerja lapangan (PKL) ke PT Berdikari (Persero) atau mitranya.

…dst

7 ) Penerbit Internasional Ikuti IBF di Universitas Brawijaya
http://www.antarajatim.com/lihat/berita/106882/penerbit-internasional-ikuti-ibf-di-universitas-brawijaya

24 Mar 2013 15:23:25
Malang (Antara Jatim) – Penerbit terlaris internasional seperti Elsevier, John Wiley, Cambridge University Press, dan tim Ebsco Indonesia ikut ambil bagian dalam International Book Fair (IBF) 2013 yang digelar di Universitas Brawijaya pada 18-24 Maret 2013.”Selain ikut menyemarakkan pameran buku, beberapa penerbit tersebut juga memberikan workshop bertema ‘Digital Solution for Universitas Brawijaya dan How to Publish books and article with Cambridge University Press,” kata Kepala Perpustakaan Universitas Brawijaya Welmin Sunyi Ariningsih di sela-sela penutupan IBF 2013 di areal perpustakaan UB, Minggu. Menurut dia, agenda IBF ini merupakan yang kedua kalinya setelah diselenggarakan di Universitas Indonesia (UI) pada Oktober 2012, namun animo dari mahasiswa dan dosen cukup baik, bahkan masyarakat umum.Ia berharap, kegiatan IBF yang berlangsung selama sekitar sepekan itu mampu menumbuhkan iklim akademik yang lebih baik dan jangan sampai mahasiswa meninggalkan perpustakaan yang seharusnya menjadi “jujugan” bagi mahasiswa maupun masyarakat kampus lainnya.

…dst

8 ) Arya Sugiartha Dilantik Menjadi Rektor ISI Denpasar
http://edukasi.kompas.com/read/2013/03/23/20223473/Arya.Sugiartha.Dilantik.Menjadi.Rektor.ISI.Denpasar

Sabtu, 23 Maret 2013 | 20:22 WIB
DENPASAR, KOMPAS.com – Dr I Gede Arya Sugiartha S SKar MHum (46) dilantik menjadi rektor Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar periode 2013-2017 menggantikan pejabat sebelumnya Prof Dr I Wayan Rai S. “Pelantikan tersebut dilakukan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Prof Dr Ir Muhammad Noeh di Graha Utama Gedung A Kemdikbud Jakarta Jumat (22/3),” kata Humas ISI Denpasar, Ni Ketut Dewi Yulianti SS MHum di Denpasar, Sabtu (23/3/2013). Ia mengatakan, Mendikbud melantik Gede Arya menjadi Rektor ISI Denpasar bersamaan dengan pelantikan 17 pejabat Kemdikbud, di antaranya Rochmat Wahab sebagai Rektor UNY, Bambang Widigdo sebagai Rektor Universitas Borneo Tarakan. Selain itu ada sejumlah pejabat kopertis dan pejabat eselon tiga dan empat di lingkungan Kemdikbud.

…dst

9 ) Menkominfo Harapkan Aceh Punya Universitas khusus Syariah
http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2013/03/24/3/141002/Menkominfo-Harapkan-Aceh-Punya-Universitas-khusus-Syariah

Minggu, 24 Maret 2013 | 12:54 WIB
Metrotvnews.com, Banda Aceh: Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring berkeinginan Provinsi Aceh memiliki sebuah universitas khusus syariah yang akan menjadi tempat rujukan menimba ilmu bagi generasi bangsa, bahkan luar negeri. “Saya punya keinginan besar provinsi yang menerapkan syariat Islam ini menjadi pusat pembelajaran syariah untuk seluruh dunia di masa mendatang,” katanya di Banda Aceh, Minggu (24/3). Menurut dia, jika universitas syariah tersebut hadir, akan banyak para mahasiswa dari berbagai penjuru datang ke provinsi ujung paling barat Indonesia itu untuk menimba ilmu. “Kehadiran universitas khusus syariah juga untuk memperkuat daerah berjulukan Serambi Mekkah sebagai pusat pembelajaran Islam di masa mendatang,” ujarnya. Ia mengatakan keinginan untuk mendirikan sebuah universitas syariah tersebut juga telah dibicarakan dengan sejumlah negara sahabat dan mereka siap membantu. Tifatul menyebutkan, sejumlah negara menyatakan siap membantu untuk segi biaya dan tenaga pengajar yang akan ditempatkan untuk mengajar di perguruan tinggi tersebut.

…dst

10 ) PP 82/2012 Peluang bagi Aktivitas Bisnis Digital Lokal
http://www.pikiran-rakyat.com/node/228229

Minggu, 24/03/2013 – 15:38
BANDUNG, (PRLM).- Kementrian Komunikasi dan Informatika menganggap Peraturan Pemerintah (PP) 82/2012 Tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik bisa memberikan peluang bagi aktivitas bisnis digital lokal. PP tersebut akan mulai berlaku efektif pada 2014. Direktur Jenderal Aplikasi Telematika Kemenkominfo, Ashwin Sasongko, mencontohkan, beberapa poin dalam PP tersebut mengatur tentang bisnis data recovery center dan data processing yang aktivitasnya diwajibkan berada di Indonesia. “Misalnya, institusi memiliki situs yang terkait pelayanan publik, itu data recovery center-nya harus di Indonesia. Itu memberi peluang bagi bisnis data recovery center lokal.  Itu mempermurah biaya koneksi dari yang punya data dan penyimpanan data. Jadi, tidak harus ke luar negeri. Cukup pakai jaringan di Indonesia,” ujarnya. Selain itu, dia juga mencontohkan bisnis data processing yang juga harus berada di Indonesia. Menurutnya, bila akan bertransaksi secara elektronik di Indonesia, processing transaksi tersebut diusahakan di Indonesia. “Kita harapkan peluang ini diambil oleh perusahaan lokal,” tuturnya. Dia mengatakan, PP tersebut baru selesai dirumuskan pada tahun lalu. Untuk dua tahun ke depan semenjak 2013, dia mengatakan, PP tersebut berada dalam masa peralihan.

…dst

11 ) Asrama mahasiswa NTT di Yogyakarta dikosongkan
http://www.antaranews.com/berita/365040/asrama-mahasiswa-ntt-di-yogyakarta-dikosongkan

Minggu, 24 Maret 2013 12:21 WIB
Yogyakarta (ANTARA News) – Asrama Mahasiswa Nusa Tenggara Timur (NTT) di Yogyakarta dikosongkan sejak selasa 19 Maret setelah insiden terbunuhnya anggota TNI AD dari Kesatuan Kopassus Kandang Menjangan, Kartasura Sersan Satu Santoso (31) di Hugos Cafe Maguwoharjo, Sleman. “Asrama sudah kosong sejak Selasa atau 6 hari yang lalu,” kata Ketua RT 53 Tegal Panggung, Danurjan, Kota Yogyakarta, Budiono di Kota Yogyakarta, Minggu. Ia mengatakan jumlah mahasiswa yang tinggal di asrama sekitar 10 hingga 20 mahasiswa. Mereka dikenal ramah dengan masyarakat dan tidak pernah membuat masalah atau keributan.”Sejak dibangun asrama di wilayah kami, tidak ada keributan atau masalah. Mereka dekat dengan masyarakat sekitar asrama,” katanya. Meski ada insiden Hugo`s Cafe dan Lapas Cebongan yang menewaskan empat orang tersangka pembunuhan anggota Kopassus, kata Budiono, wilayah tetap aman dan tidak ada penjagaan khusus.Ia mengatakan pihaknya terus melakukan koordinasi dan komunikasi dengan Kodim Kota Yogyakarta dan Polsek Danurjan.

…dst

12 ) Asrama Mahasiswa NTT di Yogya Ditinggal Penghuni
http://www.tempo.co/read/news/2013/03/23/063468951/Asrama-Mahasiswa-NTT-di-Yogya-Ditinggal-Penghuni

Sabtu, 23 Maret 2013 | 20:27 WIB
TEMPO.CO, Yogyakarta -Suasana asrama mahasiswa Nusa Tenggara Timur (NTT) di RT 53, RW 13, Kelurahan Tegalpanggung, Kecamatan Danurejan, Yogyakarta, terlihat lengang pada Sabtu sore, 23 Maret 2013. Pagar besi asrama tertutup rapat. Lampu neon masih menyala di teras rumah seluas 18×12 meter persegi itu. Sebuah stiker bertuliskan Perkuray (Persaudaraan Kupang Raya) Yogyakarta tertempel di pintu. Dua pintu dan dua kusen jendela juga terlihat tertutup. Di muka pintu bagian depan ada dua kursi panjang dan satu meja, sementara di bawah pintu bagian samping teronggok sebuah dingklik (bangku kecil berbahan kayu). Dua pasang sandal tertinggal di beranda.

…dst

13 ) Sultan Khawatirkan Keselamatan Mahasiswa NTT
http://www.tempo.co/read/news/2013/03/23/063468951/Asrama-Mahasiswa-NTT-di-Yogya-Ditinggal-Penghuni

Sabtu, 23 Maret 2013 | 19:54 WIB
TEMPO.CO, Yogyakarta -Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sultan Hamengku Buwono X mengkhawatirkan keselamatan mahasiswa asal Nusa Tenggara Timur (NTT) yang kuliah di Yogyakarta. Alasannya, keempat korban penembakan brutal yang dilakukan kawanan bersenjata di sel Lembaga Pemasyarakatan Cebongan, Sleman, pada Sabtu dinihari, 23 Maret 2013, adalah warga NTT yang tinggal di Yogyakarta. “Ngarso Dalem sempat menanyakan lewat telepon, bagaimana mahasiswa kami? Lalu Ngarso Dalem diyakinkan kalau anak-anak di sini dijamin aman. Jadi sudah dijamin oleh Pangdam IV Diponegoro Mayor Jenderal Hardiyono Saroso melalui Ngarso Dalem,” kata Kepala Kepolisian Daerah DIY Brigadir Jenderal Sabar Rahardja saat ditemui di Lapas Cebongan, Sabtu, 23 Maret 2013. Ngarso Dalem adalah sapaan untuk Sultan. Sebelumnya, Sultan berencana akan menggelar pertemuan yang melibatkan polisi, TNI, mahasiswa, dan organisasi masyarakat pada Rabu pekan depan, 27 Maret 2013. Pertemuan tersebut dilatarbelakangi dua kasus kekerasaan terhadap dua anggota TNI yang terjadi dua hari berurutan.

…dst

14 ) TPG Terus Bermasalah, PGRI Surati Presiden
Anggaran Pekalongan Kurang
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2013/03/23/219330/TPG-Terus-Bermasalah-PGRI-Surati-Presiden

23 Maret 2013
JAKARTA – Penyaluran tunjangan profesi guru (TPG) dari tahun ke tahun terus bermasalah. Dari keterlambatan hingga jumlah yang tak sesuai. Pemerintah pun dinilai tidak serius dalam menangani tunjangan prosesi yang sejatinya merupakan hak para guru itu. Ketua Umum PB PGRI Sulistiyo mengaku terus mendapat laporan dan pengaduan dari guru-guru dari berbagai daerah yang intinya, sampai saat ini pembayaran TPG selalu bermasalah, tidak tepat waktu, dan tidak tepat jumlah. Sulistiyo mengungkapkan, laporan terbaru datang dari Pemerintah Kota Pekalongan. Isinya, anggaran TPG 2013 yang dikirim oleh Pemerintah Pusat jauh berkurang dari jumlah yang diminta oleh Pemkot.”Laporan hari ini (kemarin), uang tunjangan profesi yang datang di Pekalongan sekitar Rp 6 miliar, sedangkan yang diminta Rp 53 miliar untuk satu tahun,” ungkap Sulistiyo. Menurutnya, angka tersebut juga tidak akan cukup untuk membayar TPG triwulan pertama. Untuk itu, dia meminta pemda mengecek, apakah anggaran yang dikirim oleh Pemerintah Pusat telah sesuai dengan yang diajukan atau belum.”PGRI minta semua kabupaten/kota mengecek dana kiriman apa sesuai dengan kebutuhan dan usulan apa belum. Kalau belum, segera laporkan ke Pemerintah Pusat,” pesannya.

…dst

15 ) Internet Berguna bagi Lansia untuk Kurangi Kesepian
http://internasional.kompas.com/read/2013/03/24/11401450/Internet.Berguna.bagi.Lansia.untuk.Kurangi.Kesepian

Minggu, 24 Maret 2013 | 11:40 WIB
SYDNEY, KOMPAS.com — Sebuah studi di Australia yang mengajarkan para lansia untuk menggunakan program seperti Facebook mengatakan, media sosial sangat berguna mengurangi perasaan terisolasi dan kesepian di kalangan lansia tersebut. Para peneliti dari proyek Menghubungkan Para Lansia (Connecting Older Adults) mengatakan juga bahwa meskipun teknologi ini membantu kelompok lansia Australia tinggal di rumah mereka sendiri lebih lama, sebagian masih merasa terisolasi dari masyarakat. Tim dari Universitas Sydney telah melatih lebih dari 150 orang lansia untuk menggunakan Twitter, Facebook, dan Skype, serta mengecek kemajuan mereka selama enam bulan secara teratur. “Berdasarkan latihan yang mereka dapat, para lansia ini mengatakan teknologi yang ada bermanfaat bagi mereka untuk mengurangi perasaan kesepian dan berhubungan dengan orang lain,” kata Prof Robert Steele, peneliti utama proyek tersebut. Menurut laporan ABC, salah seorang peserta, Mila Pinko (67) dari Sydney, mengatakan bahwa media sosial ini membuat dia merasa menjadi bagian dari masyarakat. “Saya tidak merasa kesepian, tidak merasa depresi,” katanya.

…dst