1 ) Irjen Kemdikbud : Guru yang Terlibat “Cuci Rapor” Harus Didepak
http://www.jpnn.com/read/2013/03/29/164920/Irjen-Kemdikbud-:-Guru-yang-Terlibat-Cuci-Rapor-Harus-Didepak-

Jum’at, 29 Maret 2013 , 07:19:00
JAKARTA – Reaksi keras datang dari Inspektur Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Irjen Kemendikbud) Haryono Umar, terkait dugaan praktek “cuci rapor” di SMAN 5 Medan untuk memuluskan jalan bagi para muridnya kuliah di PTN. Mantan pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) itu mendesak, para guru yang terbukti terlibat harus segera dikeluarkan dari sekolah tersebut. “Agar tidak merusak semuanya, guru yang terlibat harus dikeluarkan dari situ,” ujar Haryono Umar kepada JPNN di Jakarta, kemarin (28/3). Sejumlah alasan dikemukakan pria asal Palembang itu. Pertama, ulah oknum guru tersebut telah mencemari dunia pendidikan, yang menjunjung tinggi nilai kejujuran. Kedua, praktek cuci rapor, jika nantinya benar-benar terbukti, merupakan tindakan pidana pemalsuan dokumen, yang dampaknya cukup luas. Ketiga, tindakan pemalsuan nilai rapor, menurut Haryono, jelas merugikan siswa-siswa lain yang pintar karena peluangnya diterima ke PTN justru tertutup oleh siswa lain yang nilainya dimanipulasi. “Kalau anak saya sekolah di situ, saya akan marah besar karena anak-anak kita yang pintar justru tersingkir. Kasihan juga guru-guru lain yang jujur, sekolah menjadi tercemar nama baiknya. Belum lagi kalau di-black list, siswa-siswa yang lain kasihan karena ikut menanggung akibatnya,” papar Haryono.

…dst

2 ) “Cuci Rapor” Urusan Polisi
http://www.jpnn.com/read/2013/03/27/164648/Cuci-Rapor-Urusan-Polisi-

Rabu, 27 Maret 2013 , 09:58:00
JAKARTA – Panitia Pusat Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tidak mau ambil pusing dalam menyikapi masalah dugaan praktek “cuci rapor” di SMAN 5 Medan untuk memuluskan jalan bagi para muridnya kuliah di PTN. Ketua Panitia Pusat SNMPTN, Prof Akhmaloka, sama sekali tidak tertarik bicara soal sanksi apa yang akan dijatuhkan ke SMAN 5 Medan, jika benar praktek busuk itu terjadi. Maklum, tahun lalu Panitia sudah diribetkan dengan urusan yang sama di SMAN 5 Medan itu, yang akhirnya kena sanksi masuk black list sekolah yang tidak boleh mengajukan siswanya lewat jalur undangan SNMPTN. Nah, Akmaloka memastikan, tahun ini praktek-praktek manipulasi nilai rapor tidak akan berhasil mengelabui Panitia. Model SNMPTN dengan memasukkan semua data sekolah dan siswa melalui laman Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) yang telah disiapkan panitia seleksi yang terpusat di Universitas Indonesia (UI) itu, susah untuk diakali. Jadi, kata Akhmaloka, jika ada yang mencoba-coba memanipulasi, ya itu urusan polisi. “Kalau dari kita (Panitia, red) tidak ada dan tidak bisa rapor dimanipulasi. Kalau ada, saya kira itu domain polisi,” ujar Akhmaloka, yang juga Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB) itu, saat dihubungi JPNN dari Jakarta, kemarin. Akhmaloka sendiri, saat dihubungi, mengaku sedang berada di Paris.

…dst

3 ) 7.000 Beasiswa PTS Disalurkan Agustus
http://m.koran-sindo.com/node/303440

Jumat, 29 Maret 2013
MEDAN – Tahun ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengalokasikan 7.000 beasiswa untuk mahasiswa perguruan tinggi swasta (PTS) di wilayah Sumatera Utara (Sumut) dan Aceh. Dana ini direncanakan digulirkan pada Agustus mendatang. Koordinator Kopertis wilayah I Sumut-Aceh Dian Armanto memaparkan, jenis beasiswa yang akan diberikan itu untuk program peningkatan prestasi akademik (PPA) dan bantuan belajar mahasiswa (BBM). Nilainya sekitar Rp4 sampai 4,5 juta. Namun, bantuan ini diperkirakan hanya dapat dinikmati sekitar 60% dari 358 PTS. Hal ini terkait persyaratan PTS penerima bantuan di antaranya harus melengkapi persyaratan seperti izin perguruan tinggi harus resmi, akreditasi minimal B, tidak bermasalah, serta mempunyai yayasan yang jelas. “Awalnya kami meminta 10.000, namun hanya diberikan 7.000. Jadi, tidak seluruh PTS menerima beasiswa. Pengalokasian disesuaikan kualifikasi dan kualitas PTS. Jumlah penerima di masing-masing PTS juga berbeda beda,” ujarnya di Medan, Kamis (28/3). Di samping beasiswa yang dialokasikan untuk jenis PPA dan BBM, Dirjen Dikti juga mengalokasikan bantuan beasiswa pendidikan orang miskin berprestasi (Bidik Misi).

…dst

4 ) Mendikbud: Anggaran Bidik Misi Rp1,4 Triliun
http://www.antarajatim.com/lihat/berita/107218/mendikbud-anggaran-bidik-misi-rp14-triliun

29 Mar 2013 20:16:16
Kudus (Antara) – Program beasiswa pendidikan mahasiswa berprestasi Bidik Misi 2013 mendapat alokasi anggaran sebesar Rp1,4 triliun, kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh. “Anggaran sebesar itu, termasuk untuk angkatan mahasiswa lama yang menerima beasiswa Bidik Misi,” ujarnya ditemui usai menghadiri Maulid Nabi Muhammad SAW, Istighosah dan Harlah Muslimat NU di halaman SD Unggulan Muslimat NU Kudus di Kudus, Jumat. Kuota penerima Bidik Misi 2013, katanya, mencapai 50.000 orang atau meningkat dibanding kuota sebelumnya. Untuk itu, dia menyarankan orang tua yang memiliki anak berprestasi namun mengalami keterbatasan dalam biaya bisa dimasukkan lewat beasiswa Bidik Misi. “Jangan sampai tidak melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi gara-gara tidak ada biaya. Apalagi, saat ini sudah tersedia program untuk membantu siswa berprestasi dari keluarga tidak mampu,” ujarnya. Setiap bulan, katanya, mahasiswa yang mendapatkan beasiswa Bidik Misi akan mendapatkan dana untuk biaya hidup setiap bulan sebesar Rp600 ribu hingga Rp650 ribu. Jumlah mahasiswa di Universitas Negeri Semarang (Unnes) yang mendapatkan beasiswa Bidik Misi sebanyak 3.600 orang, sedangkan Undip Semarang sebanyak 1.750 orang.

…dst

5 ) Wah, 1.200 Peserta SNMPTN 2013 UNS “Terbengkalai”
http://kampus.okezone.com/read/2013/03/29/373/783364/wah-1-200-peserta-snmptn-2013-uns-terbengkalai

Jum’at, 29 Maret 2013 13:39 wib
SOLO – Masih ada 1.200 peserta Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013 Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta yang sampai saat ini belum mendapatkan rekomendasi dari sekolahnya. Khususnya bagi pemilih program studi (prodi) yang mensyaratkan keterampilan. “Padahal rekomendasi yang diberikan sekolah menjadi patokan panitia SNMPTN 2013, untuk diterima tidaknya peserta yang bersangkutan,” ujar Ketua Panitia SNMPTN 2013 UNS Prof Drs. Sutarno, MSc, PhD saat bertemu Okezone, di Solo, Jawa Tengah, Jumat (29/3/2013). Sementara itu, keterampilan di bidang olahraga dan kesenian ada pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dan Fakultas Sastra dan Seni Rupa (FSSR). Di antaranya program studi (prodi) Pendidikan Seni Rupa, Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Kriya Seni, Seni Rupa Murni, Desain Komunikasi Visual dan Desain Interior.

…dst

6 ) Ini 3 pertanyaan BEM UNY soal UKT
http://nasional.sindonews.com/read/2013/03/29/15/732463/ini-3-pertanyaan-bem-uny-soal-ukt

Jum’at, 29 Maret 2013 − 16:44 WIB
Sindonews.com – Kebijakan mengenai Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang akan dilakukan oleh Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), terus menjadi kontroversi. Meski hal ini telah dijawab Wakil Rektor II UNY M Alif kepada perwakilan BEM Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) UNY. Namun Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Keluarga Mahasiswa (KM) UNY, Wahyudi Iman Satria tidak puas atas jawaban tersebut. Pasalnya, pembicaraan masih berkisar kebijakan nasional, bukan mengacu pada inti pertanyaan, yakni alasan UNY menerapkan UKT. Iman menyampaikan, setidaknya ada tiga pertanyaan yang akan diajukan dalam audiensi dengan pihak rektorat pada pekan depan, seperti landasan hukum, acuan nominal yang diterapkan UNY dan nasib mahasiswa semester sembilan. “Apa landasan hukum UKT? Apakah surat edaran saja cukup untuk legalitas penarikan biaya pendidikan,” ucapnya saat dihubungi wartawan, Jumat (29/3/2013). Keputusan UNY untuk membagi setiap fakultas dalam tiga kelompok nominal UKT turut menjadi soroton. Mahasiswa disebutnya menyesalkan tindakan kampus yang membuat keputusan tanpa mengajak mahasiswa berdiskusi. Adapun mahasiswa adalah pihak yang akan membayar. Pada poin ketiga BEM FIP UNY disebutnya telah mengajukan pertanyaan ketiga. Sayang, kala itu pihak rektorat belum dapat menjawab karena masalah ini belum dibahas ditingkat pusat.

…dst

7 ) Berikut maksud dari kebijakan UKT
http://nasional.sindonews.com/read/2013/03/29/15/732468/berikut-maksud-dari-kebijakan-ukt

Jum’at, 29 Maret 2013 − 16:57 WIB
Sindonews.com – Hingga saat ini, Universitas Gajah Mada (UGM) belum mengeluarkan nominal Uang Kuliah Tunggal (UKT) secara resmi. Menurut Rektor UGM Pratikno, hal tersebut dilakukan UGM karena menunggu acuan dari pusat. Namun, UGM akan menentukan UKT dengan rata-rata tertinggi dan terendah. “Pembedaan UKT ini untuk membantu mahasiswa kurang mampu untuk tetap kuliah. Pasalnya, pembayar UKT tertinggi dapat memberikan subsidi untuk kawan-kawan yang membutuhkan. Bukan berarti UKT yang ditentukan adalah nominal saklek,” jelasnya kepada wartawan, di Yogyakarta, Jumat (29/3/2013). Sebelumnya, aliansi Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), perwakilan dari mahasiswa UNY ini melakukan aksi di rektorat untuk mempertanyakan kejelasan UKT. Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Keluarga Mahasiswa (KM) UNY, Wahyudi Iman Satria menyampaikan, aliansi tersebut memang bagian dari UNY, tetapi bukan perwakilan dari BEM KM.

…dst

8 ) Mahasiswa tak perlu gusar soal UKT
http://nasional.sindonews.com/read/2013/03/29/15/732481/mahasiswa-tak-perlu-gusar-soal-ukt

Jum’at, 29 Maret 2013 − 17:24 WIB
Sindonews.com – Munculnya kebijakan Uang Kuliah Tunggal (UKT) hingga saat ini belum menunjukkan bakal dilaksanakan aturan baru tersebut. Pasalnya, kebijakan itu masih mendapat pertentangan dari kalangan mahasiswa. Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Rochmat Wahab menyampaikan, mahasiswa tidak perlu gusar dengan aturan baru ini. Menurutnya, lewat Bantuan Operasional Perguruan Pendidikan Tinggi (BOPTN), kemungkinan nominal biaya pendidikan yang dibayarkan tiap tahun akan lebih murah. “Namun jika mahasiswa masih keberatan dengan UKT, kami siap kembali pada konsep pembiayaan semula daripada terjadi perdebatan yang panjang,” kata Rohmat kepada wartawan, di Yogyakarta, Jumat (29/3/2013). Sebelumnya, aliansi Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), perwakilan dari mahasiswa UNY ini melakukan aksi di rektorat untuk mempertanyakan kejelasan UKT. Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Keluarga Mahasiswa (KM) UNY, Wahyudi Iman Satria menyampaikan, aliansi tersebut memang bagian dari UNY, tetapi bukan perwakilan dari BEM KM.

…dst

9 ) Swedia-UGM Kembangkan Sustainable City
http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2013/03/28/3/142228/Swedia-UGM-Kembangkan-Sustainable-City

Kamis, 28 Maret 2013 | 23:04 WIB
Metrotvnews.com, Yogyakarta: Swedia menggandeng Universitas Gadjah Mada dan Kota Yogyakarta untuk membangun dan mengembangkan sustainable city. Sustainable city adalah kota dengan pembangunan dan penataan yang berwawasan lingkungan secara berkelanjutan. Langkah yang akan ditempuh diantaranya dengan tukar menukar informasi dan pengalaman manajemen pengelolaan sampah, pemanfaatan energi terbarukan dan penataan konstruksi bangunan ramah lingkungan.Hal itu mengedepan dalam kunjungan Menteri Kerja sama Pembangunan Swedia, Gunilla Carlsson, di Universitas Gadjah Mada, Kamis (28/3).Gunilla Carlsson mengatakan kerjasama yang sudah dirintis diharapkan bisa memberikan manfaat yang lebih tinggi bagi pengembangan ekonomi kreatif. Dikatakan, Swedia cukup berhasil dalam mengembangkan perkotaan berwawasan lingkungan. “Tidak hanya sampai pada tataran riset tetapi sampai pada implementasi yang mendapat dukungan rakyat,” ujarnya.

…dst

10 ) UGM kerja sama dengan 12 politeknik China
http://www.antaranews.com/berita/365871/ugm-kerja-sama-dengan-12-politeknik-china

Kamis, 28 Maret 2013 23:42 WIB
Yogyakarta (ANTARA News) – Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta menjalin kerja sama dengan 12 politeknik di China dalam bidang pengembangan pendidikan vokasi dan pertukaran pelajar. Nota kesepahaman itu ditandatangani Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) Pratikno, Direktur Sekolah Vokasi UGM Hotma Prawoto Sulistyadi, dan perwakilan 12 politeknik China, di Yogyakarta, Kamis.Pratikno mengatakan China memiliki nilai penting, baik dari sisi budaya, industri maupun ekonomi. China juga terkenal dengan hasil risetnya, sehingga diharapkan bisa ikut memacu UGM.Menurut dia, kerja sama itu diharapkan bisa semakin diperkuat tidak hanya melibatkan perguruan tinggi, tetapi juga pemerintah dan industri.”UGM selalu terbuka dengan dunia industri termasuk dari China untuk bisa berpartisipasi. Di sisi lain UGM juga selalu siap mendistribusikan hasil-hasil ilmu pengetahuannya kepada dunia industri, sehingga lebih bermanfaat,” katanya.

…dst

11 ) Unnes Perluas Program Desa Binaan
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/dunia-kampus/13/03/29/mkfbai-unnes-perluas-program-desa-binaan

Jumat, 29 Maret 2013, 20:11 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG — Universitas Negeri Semarang akan memperluas program desa binaannya ke beberapa daerah lain, baik program internal universitas maupun kerja sama dengan berbagai pihak lainnya. “Program desa binaan kami bekerja sama dengan Pertamina ada di empat titik, yakni Kota Semarang, Kabupaten Blora, Boyolali, dan Tegal,” kata Rektor Unnes Prof Sudijono Sastroatmodjo di Semarang, Jumat (29/3). Hal itu diungkapkannya di sela tasyakuran di Desa Tambakrejo, Kelurahan Tanjung Mas, Semarang, desa binaan Unnes yang mengantarkan Rektor Unnes meraih penghargaan Millennium Development Goals (MDGs) Award. Sudijono menjelaskan Desa Tambakrejo Semarang merupakan salah satu desa binaan Unnes hasil kerja sama dengan Pertamina yang sudah berjalan sejak 2010 melalui pendampingan program bersifat fisik dan nonfisik.

…dst

12 ) UII Jadikan Penelitian-Pengabdian Basis Belajar Mengajar
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/dunia-kampus/13/03/29/mkf8k2-uii-jadikan-penelitianpengabdian-basis-belajar-mengajar

Jumat, 29 Maret 2013, 19:12 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA — Wakil Rektor I Universitas Islam Indonesia (UII) Nandang Sutrisno mengungkapkan, UII Yogyakarta perlu menjadikan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sebagai basis proses belajar mengajar. “Kegiatan itu sangat signifikan dalam mendukung langkah Universitas Islam Indonesia (UII) yang berada pada tahap ‘excellent teaching university’,” kata Nandang Sutrisno di Yogyakarta, Jumat (29/3). Menurut dia, jika penelitian dan pengabdian kepada masyarakat ditingkatkan kinerjanya, visi UII menjadi rahmatan lil alamin (membawa rahmat bagi semesta alam) tentu dapat terwujud. “Pada 2013, UII memperoleh status sebagai perguruan tinggi yang diberi kepercayaan sebagai peneliti kelompok utama yang mendapatkan desentralisasi,” katanya.Ia mengatakan, status itu tentu tidak cuma-cuma melainkan sebuah kepercayaan dari Direktorat Jenderal (Ditjen) Pendidikan Tinggi (Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) atas kinerja UII. Berkaitan dengan hal itu, kata dia, UII perlu mengirimkan sebanyak-banyaknya proposal penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

…dst

13 ) Ingin Diterima Kuliah di IPB? Ini Strateginya
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/dunia-kampus/13/03/28/mkdox5-ingin-diterima-kuliah-di-ipb-ini-strateginya

Kamis, 28 Maret 2013, 23:10 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR — Pilihan pada jurusan dengan tingkat persaingan tidak terlalu ketat akan memperbesar peluang diterima di Institut Pertanian Bogor, kata Siti Nuryati, dari Bidang Humas dan Protokol Sekretaris Eksekutif IPB. “Banyak kasus terjadi di mana pelajar yang dinilai pintar tidak bisa diterima IPB karena (hanya) salah strategi,” katanya di Bogor, Jawa Barat, Kamis. Ia menjelaskan, kiat tersebut disampaikan saat menjadi narasumber ketika memberikan pemaparan kepada rombongan pelajar dan guru SMAN 1 Dukupuntang, Kabupaten Cirebon saat berkunjung ke Kampus Dramaga. Menurut dia, pada sesi tanya jawab, seorang siswi SMAN 1 Dukupuntang Zaiqah Silvia menanyakan jurusan apa yang paling unggul dan jurusan apa yang paling kurang diminati siswa. Atas pertanyaan itu, ia menjelaskan bahwa sebuah jurusan yang dianggap paling favorit atau paling banyak diminati, bukan berarti jurusan tersebut tidak unggul. “Karena seluruh jurusan yang ada di IPB unggul dan berkualitas. Kalau tidak unggul pasti sudah ditutup sejak lama,” katanya.

…dst

14 ) Pencarian TPP 2013 Berpedoman pada Dapodik
http://www.pikiran-rakyat.com/node/228846

Jumat, 29/03/2013 – 08:56
BANDUNG, (PRLM).- Tahun 2013 pencairan Tunjangan Profesi Guru (TPP) akan berpedoman dari data pokok pendidikan (dapodik). Tidak hanya TPP saja, pencairan dana BOS, tunjangan fungsional, tunjangan khusus bantuan rehab, blok grand/DAK dan bantuan lain juga akan berpedoman pada dapodik. “Data diperoleh dari sekolah masing-masing, maka dari itu diperlukan operator di setiap sekolah untuk melakukan proses pendataan profil sekolah, siswa, dan guru melalui aplikasi dapodik,” kata Sekretaris Jenderal Federasi Guru Independen Indonesia Iwan Hermawan dalam siaran persnya Jumat (29/3/2013).Dia mengatakan, data yang diperoleh dari sekolah harus benar-benar akurat, bila data tidak lengkap atau tidak akurat maka akan mengakibatkan tidak cairnya jenis bantuan pemerintah termasuk TPP. Untuk tahun 2013 ini, pencairan TPP berdasarkan data dari dapodik baru jenjang pendidikan dasar (SD-SMP) untuk tingkat SMA/SMK masih seperti tahun-tahun sebelumnya.

…dst

15 ) Kurikulum baru diterapkan Juli
http://www.antaranews.com/berita/366004/kurikulum-baru-diterapkan-juli

Jumat, 29 Maret 2013 19:57 WIB
Kudus (ANTARA News) – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh menegaskan kembali bahwa kurikulum baru siap diterapkan mulai pertengahan Juli 2013. “Saat itu, bertepatan dengan tahun pelajaran 2013/2014,” ujarnya ditemui usai menghadiri Maulid Nabi Muhammad SAW, Istighosah, dan Harlah Muslimat NU di halaman SD Unggulan Muslimat NU Kudus di Jawa Tengah, Jumat. Saat ini, katanya, sedang dipersiapkan mulai dari buku pelajaran, pelatihan tenaga pensosialisasi, hingga pelatihan guru. Ia mengatakan, saat sekarang masih dalam tahap sosialisasi kurikulum 2013 tersebut. Rencananya pelatihan guru secara massal akan dilaksanakan Juni 2013 yang bertepatan dengan liburan sekolah. Perubahan paling mendasar dari kurikulum baru tersebut, katanya, untuk kurikulum SD akan menggunakan tematik terpadu atau pelajaran yang jumlahnya cukup banyak akan dikurangi dan diramu.

…dst

16 ) Penyusunan Buku Selesai, Kemdikbud Undang Reviewer Independen
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/1170

03/29/2013
Jakarta — Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengerahkan semua sumber daya untuk menyempurnakan kurikulum 2013. Dalam penyusunan buku siswa dan buku guru, Kemdikbud undang reviewer independen guna memastikan kelayakan buku tersebut untuk dipakai dalam proses pembelajaran. “Baru kali ini kementerian menulis buku. Biasanya kan diserahkan ke penulis baru setelah selesai, diserahkan dan direview oleh Puskurbuk dan BSNP,” kata Mendikbud Mohammad Nuh, usai berdialog dengan 3.300 kepala sekolah, guru, dan pengawas, se-DKI Jakarta, Kamis (28/3), di Balai Sudirman, Jakarta. Mendikbud menjelaskan, diundangnya reviewer independen dalam penyusunan buku kurikulum 2013, adalah untuk mencermati beberapa hal. Pertama, agar tidak terjadi mis konsep dalam buku yang dibuat. “Karena ini hal baru dan mendasar bagi kementerian, maka dibentuklah tim independen untuk me-review buku-buku tersebut,” kata Mendikbud.

…dst

17 ) Kurikulum Pendidikan Nasional Selama Ini Langgar UU
http://www.jpnn.com/index.php?mib=berita.detail&id=164758

Rabu, 27 Maret 2013 , 23:08:00
JAKARTA – Staf Khusus Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Prof Abdullah Alkaf mengeluarkan pernyataan mengejutkan terkait kurikulum pendidikan nasional. Menurut dia kurikulum yang dijalankan saat ini melanggar Undang-Undang, sehingga mau tidak mau kurikulum 2013 harus dijalankan. Hal ini dikatakan Prof Alkaf saat mendampingi Wamendikbud Musliar Kasim menerima perwakilan koalisi revolusi pendidikan yang menentang implementasi kurikulum 2013 di Kemendikbud, Rabu (27/3). “Kurikulum ini merupakan perbaikan yang harus dilakukan, harus, tidak bisa tidak. Kurikulum selama ini melanggar,” kata Prof Alkaf. Dia menilai kurikulum yang berjalan saat ini (kurikulum tingkat satuan pendidikan) disebut berbasis kompetensi, tapi kenyataannya masing-masing kompetensi itu masih dipisah-pisah. Misalnya kompetensi sikap, keterampilan, dan pengetahuan.”Menjadi satu kesatuan tidak dipisah-pisah. Tapi kenyataan ada pelajaran khusus untuk meteri sikap, ada mapel khusus untuk pengetahuan, ada mapel khusus untuk keterampilan. Itu tidak benar, harusnya diblanded (dicampur) jadi satu,” tegasnya.

…dst

18 ) Empat Calon Presiden RI dalam Penilaian Media Australia
http://internasional.kompas.com/read/2013/03/29/14364070/Empat.Calon.Presiden.RI.dalam.Penilaian.Media.Australia.

Jumat, 29 Maret 2013 | 14:36 WIB
SYDNEY, KOMPAS.com — Pemilihan presiden di Indonesia masih 15 bulan lagi. Namun, Indonesia sudah terobsesi sekarang untuk membicarakan pengganti Susilo Bambang Yudhoyono. Inilah penilaian koresponden Fairfax Media Australia untuk Indonesia, Michael Bachelard. Fairfax Media adalah salah satu kelompok media terbesar di Australia, antara lain memiliki surat kabar Sydney Morning Herald (Sydney), The Age (Melbourne), dan Brisbane Times (Queensland). Dengan berakhirnya masa jabatan SBY, menurut Bachelard, elite politik Australia dengan saksama akan mengikuti perkembangan mengenai siapa yang akan menjadi presiden berikutnya. Namun, calon yang ada, menurut Bachelard, tidaklah mengesankan. “Apa yang kami miliki adalah apel busuk,” kata pengamat politik dari CSIS, Phillips Vermonte. “Namun, kami harus memakannya juga.” Berikut penilaian Michael Bachelard mengenai beberapa kandidat sejauh ini:

…dst