1 ) Rp 20 Miliar Dana BOPTN UT untuk Pembebasan Biaya Studi Guru di Daerah 3T
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/1265

04/22/2013
Jakarta — Universitas Terbuka (UT) mendapat Rp100 miliar dana Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN). Dari jumlah tersebut, 20 persen atau Rp20 miliarnya dialokasikan untuk membiayai pendidikan guru dari daerah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T) dalam menyelesaikan pendidikan D4/S1 nya. “Dari Rp100 miliar yang diterima oleh UT, 20 persen harus dipakai untuk memberikan layanan kepada guru-guru di daerah 3T tadi untuk menyelesaikan pendidikan D4 atau S1 nya secara gratis,” kata Mendikbud saat menggelar jumpa pers di Kantor Kemdikbud, Senin (22/04). Rektor UT, Tian Belawati mengatakan, dana Rp20 miliar tersebut rencananya akan digunakan untuk membiayai 4.139 mahasiswa. Adapun mahasiswa yang bisa mendapatkannya adalah guru-guru di daerah 3T dan mahasiswa aktif UT yang tidak lagi melakukan registrasi untuk beberapa semester karena kekurangan biaya. “Kami juga akan mulai menyisir mahasiswa yang nonaktif karena kekurangan biaya, akan kita undang dan kita sapa lagi untuk info pembebasan biaya ini,” katanya.

…dst

2 ) Beasiswa untuk Guru di Daerah Terpencil
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/eduaction/13/04/22/mlnbgo-beasiswa-untuk-guru-di-daerah-terpencil

Senin, 22 April 2013, 14:29 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA — Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) menyediakan beasiswa untuk para guru yang berada di wilayah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T).Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh mengatakan beasiswa di Universitas Terbuka tersebut untuk melanjutkan pendidikan ke D4/S1.
“Ini merupakan upaya kementerian untuk mendorong guru untuk segera mencapai kualifikasi pendidikan jenjang S1 atau D4 sebagaimana amanat UU Guru dan Dosen,” kata Nuh dalam konferensi pers di Jakarta, Senin (22/4). Nuh mengungkapkan beasiswa tersebut berasal dari anggaran Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN) Universitas Terbuka (UT) sebesar Rp 20 miliar untuk pembebasan biaya studi bagi guru di 3T yang belum memiliki kualifikasi S1/D4. Dipastikan pencairan dana tersebut akan dilakukan pada Rabu (22/4) oleh Kementerian Keuangan. “UT mendapatkan Rp 100 miliar, di mana Rp 20 miliar di antaranya diperuntukkan bagi pembebasan biaya studi guru yang belum S1 atau D4 di daerah 3T,” ujar Nuh.

…dst

3 ) Mendikbud Janji BOPTN Cair 24 April
http://kampus.okezone.com/read/2013/04/22/373/795653/mendikbud-janji-boptn-cair-24-april

Senin, 22 April 2013 16:22 wib
JAKARTA – Tahun ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan menggelontorkan Rp2,7 triliun untuk alokasi anggaran bantuan operasional perguruan tinggi negeri (BOPTN). Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh berjanji, BOPTN akan cair pada 24 April mendatang. “Alokasi penggunaan BOPTN telah diatur untuk membiayai penelitian dosen dan untuk membiayai atau menyubsidi biaya operasional yang lain terutama untuk SPP, uang gedung, uang praktikum, uang wisuda, serta biaya-biaya lain yang dibayar oleh mahasiswa,” kata Nuh, di Ruang DSS, Gedung A Lantai 2 Kemendikbud, Senayan, Jakarta, Senin (22/4/2013). Nuh mengimbuh, khusus untuk Universitas Terbuka (UT), dana BOPTN utamanya untuk menyubsidi kegiatan operasional yang berkaitan dengan tutorial, baik yang tatap muka maupun yang online; ujian, layanan mahasiswa luar negeri di kantong-kantong TKI yakni Hongkong, Korea, dan Taiwan; serta pembebasan biaya studi guru di daerah terdepan, terluar, tertinggal (3-T).

…dst

4 ) Mendikbud: Selama Soal Tak Bocor, UN Tetap Sah
http://news.detik.com/read/2013/04/22/135351/2226944/10/mendikbud-selama-soal-tak-bocor-un-tetap-sah?n991102605

Senin, 22/04/2013 13:53 WIB
Jakarta – Penyelenggaraan Ujian Nasional (UN) tingkat SMP dan SMA di sejumlah daerah harus mengalami penundaan karena kekurangan naskah soal. Meski begitu, Mendikbud M Nuh menjamin tidak ada kebocoran soal. Tidak adanya kebocoran soal UN ini menjamin keabsahan UN 2013. “Sehingga walaupun kemarin sempat ada kekurangan dan di fotokopi. Fotokopi itu masih sah. Itu kan persis sama. Tidak ada yang berubah,” ujar Mendikbud M Nuh. Hal itu dikatakan usai jumpa pers terkait Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri untuk Univeritas Terbuka di Kantor Kemendikbud, Jl Jenderal Sudirman, Jakarta, Seni (22/4/2013). M Nuh mengatakan soal ujian tersebut masih sah karena karena secara substansi tidak ada perubahan atau perbedaan. Dalam melakukan fotokopi soal UN, M Nuh menjamin sesuai aturan dan diawasi oleh pihak-pihak terkait. “Dalam fotokopi pun selalu saya sampaikan 1, pimpinan PTN, kedua dinas, ketiga ada kepolisian. Untuk memastikan ngopinya itu betul tidak dikopi trus dimasukin saku. Dan ngopinya sesuai aturan. Dari situlah hasil kopian ini secara substantif tidak cacat. Artinya tetap dibenarkan,” jelas mantan Rektor ITS ini.

…dst

5 ) Nilai UN Tetap Menjadi Syarat Perlu Seleksi Masuk PTN
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/1260

04/21/2013
Jakarta — Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdikbud, Djoko Santoso menegaskan, untuk tahun pelajaran 2013, nilai ujian nasional (UN) tetap dipakai sebagai syarat perlu bagi penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi. Dengan porsi 60 persen, nilai UN sebagai integrasi vertikal dari jenjang menengah atas ke perguruan tinggi harus ada. “Kalau dalam bahasa matematika, UN itu syarat perlu, artinya harus ada. Ini yang perlu kita pahami dulu,” kata Djoko saat konferensi pers di Kantor Kemdikbud, Minggu (21/04). Djoko menambahkan, selain nilai UN, ada lima parameter lain yang digunakan oleh PTN untuk menerima seorang mahasiswa, yaitu nilai rapor mereka selama lima semester.Untuk menjaga kredibilitas UN tahun ini, kata Djoko, perguruan tinggi di setiap provinsi turun lapangan untuk mendampingi dan mengawasi pelaksanaan UN. Termasuk di 11 provinsi yang tertunda pelaksanaan ujiannya. “Meskipun waktunya bergeser, tetapi soalnya kan juga soal yang lain, kawan-kawan di semua provinsi itu telah mendampingi pelaksanaan dengan sebaik mungkin,” tuturnya.

…dst

6 ) Indonesia Kembali Raih Emas di Kontes Robot
http://edukasi.kompas.com/read/2013/04/22/11014633/Indonesia.Kembali.Raih.Emas.di.Kontes.Robot

Senin, 22 April 2013 | 11:01 WIB
KOMPAS.com – Tim Indonesia kembali merebut medali emas di kontes robot Robogames 2013 pada hari kedua, Sabtu (20/4), di San Mateo, California, Amerika Serikat. Kesempatan menambah medali emas masih terbuka lebar pada hari terakhir. Taufiq Nizar, dosen pendamping dari Universitas Komputer Indonesia (Unikom), Bandung, mengatakan, satu medali emas diraih robot DU112 SOLAR-V13 dari Unikom yang bertarung di kategori ribbon climber, sementara medali perak diraih robot KARJO dari Universitas Gadjah Mada (UGM) yang berlomba di kategori balancer race.”Semoga pada hari ketiga, Indonesia bisa bertambah lagi medalinya,” ujar anggota tim Indonesia dari UGM, Agys Badruzzaman, melalui surat elektronik, Minggu.

…dst

7 ) Rektor UGM Terima Gelar Kehormatan dari Flinders University
http://kampus.okezone.com/read/2013/04/22/373/795712/rektor-ugm-terima-gelar-kehormatan-dari-flinders-university

Senin, 22 April 2013 19:38 wib
JAKARTA – Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta Pratikno menerima gelar kehormatan Doctor of the University (DUniv) dari Flinders University Australia. Pemberian gelar kehormatan tersebut atas kontribusi Pratikno terhadap dunia pendidikan terhadap dua universitas tersebut. Gelar kehormatan tersebut dianugerahkan langsung oleh Rektor Flinders University, Stephen Gerlach. Pemberian gelar tersebut dilakukan pada 17 April lalu itu bertepatan dengan upacara wisuda di Flinders University yang diikuti 1.620 orang mahasiswa.Dalam berita yang dilansir dari laman Flinders University, Wakil Rektor Flinders Michael Barber mengungkapkan, Pratikno memiliki peran besar dan berkontribusi penting di Indonesia dalam posisi kepemimpinan senior di dunia pendidikan, jabatan pemerintahan dan hubungan antara Universitas Gadjah Mada dengan Flinders. “Hal ini menjadikan beliau layak menerima gelar Doctor of the University,” papar Barber, seperti dilansir situs UGM, Senin (22/4/2013).

…dst

8 ) S-3 di Luar Negeri, Dosen Unnes Sumbang Prestasi
http://kampus.okezone.com/read/2013/04/22/373/795770/s-3-di-luar-negeri-dosen-unnes-sumbang-prestasi

Senin, 22 April 2013 20:42 wib
JAKARTA – Menempuh studi di negeri orang tidak menghalangi Donny Wira Yudha Kusuma untuk terus memberikan sumbangan prestasi bagi Tanah Air. Dosen Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) Universitas Negeri Semarang (Unnes) itu berhasil menggondol medali perak pada ajang pertandingan bulu tangkis “Red Bull Championship Hubei Province 2013” belum lama ini. Saat ini, Donny tercatat sebagai mahasiswa S3 di Education Sport Faculty Central China Normal University (CCNU). Walaupun menjadi perwakilan dari CCNU, dia sekaligus membawa nama Indonesia di dunia internasional dalam cabang olahraga bulu tangkis. “Medali ini selain saya persembahkan untuk kampus tempat saya kuliah, juga saya persembahkan untuk Unnes yang telah memberikan saya kesempatan melalui program beasiswa IDB sehingga saya bisa kuliah di Negeri Tirai Bambu ini dan tetap mengembangkan bakat olah raga yang saya miliki,” ujar Donny, seperti disitat dari situs Unnes, Senin (22/4/2013).

…dst

9 ) IPB Latih SDM Kementrian Pertanian Timor Lestte
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/dunia-kampus/13/04/21/mlm3tr-ipb-latih-sdm-kementrian-pertanian-timor-lestte

Minggu, 21 April 2013, 22:46 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR — Fakultas Ekonomi dan Manajemen Institut Pertanian Bogor memberikan pelatihan kepada sumber daya manusia Kementerian Pertanian dan Perikanan Timor Leste untuk meningkatkan kapasitas mereka. “Mereka yang mendapatkan pelatihan dari Timor Leste itu sebanyak 15 orang,” kata Dekan Fakultas Ekonomi dan Manajemen (FEM) IPB Dr Yusman Syaukat di Bogor, Jawa Barat, Minggu (21/4). Ia mengatakan kerja sama IPB dengan Timor Leste bukan hal yang baru, karena sebelumnya juga sudah terjalin dengan baik. Sebelumnya, kata dia, kerja sama kedua pihak telah dilakukan dalam bidang peternakan, sedangkan kali ini dalam bidang ekonomi pertanian. Pelatihan berlangsung selama 10 hari (15-24/4), dan dibuka Wakil Rektor Bidang Riset dan Kerja Sama IPB Prof Anas M Fauzi itu. Tiga hari teori dan tujuh hari lainnya adalah turun ke lapang. Advisor Monitoring and Evaluation Seeds of Life Program Monitoring Luc Spyskerelle mengungkapkan, sebanyak 15 orang dari Kementerian Pertanian dan Perikanan Timor Leste itu akan dilatih terkait dengan sosial ekonomi pertanian.

…dst

10 ) Terbesar, PKM ITS Dapat Dana Rp5,1 M
http://kampus.okezone.com/read/2013/04/22/373/795517/terbesar-pkm-its-dapat-dana-rp5-1-m

Senin, 22 April 2013 14:07 wib
JAKARTA – Tahun ini, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya menerima dana Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) tertinggi dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti). Kampus di bawah asuhan Triyogi Yuwono itu akan menerima dana Rp5,183 miliar. Dana tersebut mengalami peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya. Pada 2012, ITS menerima total dana PKM sekira Rp4 miliar. Dana yang dikucurkan Dikti itu untuk membiayai 548 judul proposal dari berbagai jenis PKM di ITS. Jumlah tersebut terdiri atas 143 judul PKM Penelitian, 160 judul PKM Kewirausahaan, 56 judul PKM Pengabdian Masyarakat, 27 judul PKM Teknologi, dan 162 judul PKM Karsa Cipta. Kepala Badan Pembinaan Mahasiswa ITS Bambang Sampurno mengaku, sebagai penerima total dana PKM tertinggi, ITS memiliki tanggung jawab untuk terus meningkatkan kualitas. ”Para mahasiswa sudah berhasil bersaing dengan sekira 40 ribu proposal di Indonesia, maka persaingan semakin berat lagi dan harus tetap semangat,” tutur Bambang, seperti dikutip dari ITS Online, Senin (22/4/2013).

…dst

11 ) Unair Gelar Pengobatan Korban Banjir Bengawan Solo
http://edukasi.kompas.com/read/2013/04/22/0543169/Unair.Gelar.Pengobatan.Korban.Banjir.Bengawan.Solo

Senin, 22 April 2013 | 05:43 WIB
BOJONEGORO, KOMPAS.com – Tim Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga Surabaya, Minggu, menggelar bakti sosial pengobatan massal bagi warga korban banjir luapan Bengawan Solo di Desa Mulyorejo, Kecamatan Balen, Bojonegoro, Jatim. “Tujuan pengobatan massal ini sebagai usaha meringankan warga yang terdampak banjir,” kata Wakil Rektor I Unair Prof Dr Achmad Asyhari, dalam sambutannya di lokasi pengobatan massal di Bojonegoro, Minggu (21/4/2013). Ia mengharapkan kedatangan tim dalam pengobatan massal juga bisa memberi semangat bagi warga korban banjir agar bisa sehat dan bekerja kembali dengan normal. “Kami juga berharap yang dikerjakan dokter dan para mahasiswa fakultas kedokteran bisa menjadi amal jariyah,” ucapnya.

…dst

12 ) Hari Bumi, Mahapala Unnes Diet Plastik
http://kampus.okezone.com/read/2013/04/22/373/795756/hari-bumi-mahapala-unnes-diet-plastik

Senin, 22 April 2013 20:12 wib
JAKARTA – Banyak cara yang dapat dilakukan kawula muda untuk menunjukkan rasa cinta dan peduli terhadap bumi. Terutama pada Hari Bumi yang jatuh setiap 22 April. Untuk itu, sejumlah rangkaian kegiatan dalam memperingati hari bumi sedunia pun digelar mahasiswa Pecinta Alam (Mahapala) Universitas Negeri Semarang (Unnes). Salah satunya adalah pembuatan rumah bibit Mahapala yang akan digunakan sebagai latihan pembibitan tanaman oleh anggota unit kegiatan mahasiswa yang bergerak dalam bidang lingkungan itu.Ketua Panitia Nur Sari Rastianingsih menyatakan, banyak cara untuk menunjukkan kepedulian kaum muda terhadap kelangsungan hidup di bumi. “Kegiatan ini sebagai bentuk nyata kepedulian kami terhadap kelangsungan hidup di bumi,” urai Nur, seperti dikutip dari laman Unnes, Senin (22/4/2013).

…dst

13 ) BEM ITS Latih Advokasi Cegah Drop Out
http://kampus.okezone.com/read/2013/04/22/373/795645/bem-its-latih-advokasi-cegah-drop-out

Senin, 22 April 2013 16:36 wib
JAKARTA – Kehidupan sebagai mahasiswa diwarnai oleh berbagai cerita. Mulai dari persoalan pribadi maupun masalah finansial serta akademik. Mencoba mengatasi masalah akademik dan finansial, Kementerian Kesejahteraan Mahasiswa (Kesma) Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) pun mengadakan pelatihan advokasi kepada beberapa perwakilan mahasiswa. Kegiatan yang digelar selama dua hari itu bertujuan mengajarkan langkah yang tepat untuk membantu mahasiswa lain yang tengah bermasalah. Mengusung tema “Care Respect and Action to Realize Student Prosperity and Independency”, Kesma BEM ITS hendak menunjukkan bahwa kepedulian antarmahasiswa sangatlah penting. ”Bukan sekadar peduli, tetapi juga butuh aksi,” papar Ketua Pelaksana Ferry Arieska, seperti dikutip dari ITS Online, Senin (22/4/2013).

…dst

14 ) Mau Beasiswa S-2 Matematika di Prancis?
http://kampus.okezone.com/read/2013/04/22/368/795408/mau-beasiswa-s-2-matematika-di-prancis

Senin, 22 April 2013 12:06 wib
JAKARTA – Pusat Matematika Lebesgue di Prancis menawarkan sepuluh beasiswa Magister bagi pelajar internasional. Beasiswa diberikan kepada mereka yang mendaftar pada program Matematika di Universities of Rennes dan University of Nantes, Prancis. Ada dua tipe beasiswa yang ditawarkan. Pertama, beasiswa M1, yang terbuka bagi para sarjana matematika yang belum memulai studi S-2. Kedua, beasiswa M2, yang terbuka bagi para mahasiswa S-2 tahun pertama pada bidang studi Matematika. Total nilai beasiswa adalah 10 ribu euro. Tidak hanya itu, beasiswa ini juga menyediakan kesempatan belajar bahasa Prancis dan akomodasi tahun pertama bagi para pelajar internasional.

…dst

15 ) Cobain Selai Sayuran dari UNY, Nih!
http://kampus.okezone.com/read/2013/04/22/372/795431/cobain-selai-sayuran-dari-uny-nih

Senin, 22 April 2013 12:38 wib
JAKARTA – Memang enak, deh, makan roti diolesi selai buah seperti cokelat, stroberi, jeruk, dan nanas. Tapi, apa rasanya, ya, makan roti yang diolesi selai sayuran? Ide kreatif selai sayuran ini muncul dari benak Ahmad Prasetyo. Inovasi mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) tersebut tercetus dari fakta banyaknya anak-anak tidak menggemari sayuran. Selain itu, para orangtua pun kesulitan untuk menyuruh anak mereka mengkonsumsi sayuran. Padahal, sayuran kaya akan serat, vitamin dan mineral yang dibutuhkan mereka dalam masa pertumbuhan. Menggandeng dua rekan dari Institut Pertanian Bogor (IPB) Jurusan Supervisor Jaminan Mutu Pangan, Novi Kartika Sari dan Embun Novita Atmanegara; Prasetyo pun berkreasi dengan lobak, wortel dan brokoli sebagai bahan baku selai sayuran. Produk Tim Creative Young Preneur ini dinamai Organic Vegetable Jam alias OVJ.

…dst

16 ) Ilmuwan muda Indonesia sumbang lima medali di ICYS
http://www.antaranews.com/berita/370446/ilmuwan-muda-indonesia-sumbang-lima-medali-di-icys

Minggu, 21 April 2013 20:33 WIB
Jakarta (ANTARA News) – Ilmuwan muda Indonesia menyumbangkan lima Medali dan tiga special awards dalam ajang “International Conference of Young Scientists” (ICYS) 2013 yang berlangsung pada 15–22 April 2013 di Bali. Panitia ICYS Yohanes Surya kepada Antara, Minggu mengatakan, ICYS diikuti sekitar 150 siswa sekolah menengah dari 23 negara Eropa, Asia dan Amerika Selatan untuk ke-20 kalinya dimeriahkan pameran poster ilmiah. Medali emas disumbangkan Melody Grace, siswi SMA Stella Duce I Yogyakarta dalam bidang Life Science dari penelitiannya yang berjudul “Potential of squid Eye Lenses as UV Absorber”, Sedangkan Mariska Grace dari SMAK Cita Hati mempresentasikan karya ilmiah dalam kategori Environmental Science berjudul “A Novel Approach in Using Peanut Shells to Eliminate Copper Content in Water”. Selain itu, M Arifin Dobson, siswa SMAN 3 Bandung menyumbangkan satu perak dalam kategori Applied Physics lewat penelitiannya yang berjudul “EcoSol Solar Thermal Collector-Sun Harvester”.

…dst

17 ) 251 negara akan ikut latihan bersama terkait bencana
http://nasional.sindonews.com/read/2013/04/22/15/740872/251-negara-akan-ikut-latihan-bersama-terkait-bencana

Senin, 22 April 2013 − 21:03 WIB
Sindonews.com – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Syamsul Maarif mengatakan BNPB akan menggelar latihan bersama, dengan sejumlah negara-negara yang tergabung dalam East Asia Summit (EAS).
Menurut Syamsul, peserta yang hadir dalam kegiatan ini sejumlah 251 orang terdiri dari ASEAN dan EAS sejumlah 13 negara meliputi Australia, Brunei Darussalam, China, Kamboja, India, Jepang, Malaysia, Myanmar, New Zealand, Singapura, USA, New Zealand termasuk Indonesia. Sedangkan negara Non EAS sejumlah 11 negara meliputi Canada, Finland, Germany, Ireland, Luxembourg, Netherland, Norway, Poland, Sweden, Switzerland, UK. “Kemudian 17 Lembaga International meliputi IFRC, AHA Center, UN OCHA, WFP, WHO, UNICEF, UNFA, UNDP, UNHCR, World Bank, ECHO, Buildchange, AIFDR, Songkla University Thailand, Global Disaster Response, Oxfam, Mercy Corps, JICA, DHL. Selain itu dihadiri oleh peserta nasional dan daerah,” kata Syamsul Maarif, lewat rilis yang diterima Sindonews, Senin (22/4/2013).

…dst