1 ) Ikut SBMPTN, Wajib Bawa Ijazah Asli
http://kampus.okezone.com/read/2013/06/14/373/821908/ikut-sbmptn-wajib-bawa-ijazah-asli

Jum’at, 14 Juni 2013 12:21 wib
JAKARTA – Ketika ujian tertulis Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) jangan lupa untuk membawa perlengkapan khusus pendukungnya. Namun, bagi lulusan 2011 dan 2012, persyaratannya berbeda lho. “Bagi lulusan 2011 dan 2012, diwajibkan untuk membawa ijazah asli pada saat akan mengikuti ujian,” ungkap Panitia Lokal Bandung SBMPTN 2013 Sub Bidang Informasi dan Humas Weny Widyowati, dalam siaran persnya kepada Okezone, Jumat (14/6/2013). Sedangkan untuk lulusan 2013 yang belum memiliki ijazah, dapat menggunakan surat tanda lulus asli atau Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN). “Demi kelancaran pelaksanaan ujian, kami mengimbau agar calon peserta tidak lupa membawa seluruh dokumen yang diperlukan. Selain itu, agar dapat mengetahui informasi terbaru seputar SBMPTN 2013, disarankan kepada seluruh calon peserta agar senantiasa mengikuti perkembanganya dari berbagai media massa,” imbuhnya.

…dst

2 ) Jangan Sampai Nyasar di 2.000 Ruang SBMPTN Ya!
http://kampus.okezone.com/read/2013/06/14/373/822179/jangan-sampai-nyasar-di-2-000-ruang-sbmptn-ya

Jum’at, 14 Juni 2013 18:10 wib
JAKARTA – Panitia Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) sudah mulai bersiap untuk menggelar ujian tertulis empat hari lagi, yakni pada 18-19 Juni 2013. Ketua Umum Panitia Nasional SBMPTN 2013 Akhmaloka mengaku hal-hal yang sudah disiapkan pihaknya yakni mempersiapkan kelas untuk ujian, serta bahan soal-soal yang diujikan. “Untuk calon peserta, persiapan menjelang ujian SBMPTN sangat dianjurkan untuk mensurvei tempat lokasi ujiannya,” ujar Akhmaloka saat dihubungi Okezone, Jumat (14/6/2013). Para peserta dapat melihat alamat lokasi ujian pada Kartu Tanda Bukti Pendaftaran SBMPTN 2013, serta sehari sebelumnya sangat harus dianjurkan untuk mengecek tempat lokasi ujiannya. “Ini dilakukan agar peserta tidak terburu-buru, nyasar. Jangan sampai pada waktu ujian pertama gugup dan salah ruangan,” ungkapnya.

…dst

3 ) Kemdikbud Serahkan Korupsi UI ke KPK
http://edukasi.kompas.com/read/2013/06/14/18031155/Kemdikbud.Serahkan.Korupsi.UI.ke.KPK

Jumat, 14 Juni 2013 | 18:03 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan lepas tangan terkait status tersangka yang ditetapkan Komisi Pemberantasan Korupsi terhadap salah satu Wakil Rektor Universitas Indonesia, Tafsir Nurchamid. Ia menjadi tersangka kasus proyek pembangunan dan instalasi teknologi informasi perpustakaan UI tahun anggaran 2010-2011. Kasus tersebut dianggap sebagai urusan internal UI. “Kalau mau di-KPK-kan, ya KPK-kan saja. Yang benar, benar; yang salah, salah, mau rektor atau menteri,” kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh, seusai menghadiri rapat bersama Komisi X DPR, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (14/6/2013). Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdikbud Djoko Santoso juga berkomentar sama. Menurut dia, kasus itu terjadi saat status UI masih sebagai perguruan tinggi badan hukum milik negara (PT BHMN). Meski saat ini status UI adalah perguruan tinggi badan hukum (PT BH), ia mengatakan, tak memiliki kewenangan untuk masuk terlalu dalam. Ia menegaskan, semua proyek diurus secara mandiri oleh UI, termasuk mekanisme penanganan terkait kasus yang terkuak. “Dirjen Dikti tak ada urusannya. Semua proyek diurus sendiri, itu urusannya UI,” ujarnya.

…dst

4 ) Wakil Rektor UI Diduga Gelembungkan Dana
http://edukasi.kompas.com/read/2013/06/14/03114626/Wakil.Rektor.UI.Diduga.Gelembungkan.Dana

Jumat, 14 Juni 2013 | 03:11 WIB
Jakarta, Kompas – Komisi Pemberantasan Korupsi menetapkan Wakil Rektor Universitas Indonesia Bidang Sumber Daya Manusia, Keuangan, dan Administrasi Umum Tafsir Nurchamid sebagai tersangka kasus dugaan korupsi proyek pembangunan dan instalasi teknologi informasi perpustakaan UI tahun 2010/2011. Tafsir diduga menggelembungkan dana pembangunan dan instalasi teknologi perpustakaan pusat UI tersebut. Penetapan Tafsir sebagai tersangka dilakukan setelah penyidik KPK menemukan dua alat bukti yang cukup dalam pembangunan dan instalasi teknologi informasi perpustakaan UI senilai Rp 21 miliar itu. Tafsir diduga menggelembungkan dana pembangunan dan instalasi TI perpustakaan UI. KPK tengah menghitung jumlah kerugian negara dalam kasus ini.

…dst

5 ) Benahi kampus, pimpinan UI akan dirombak
http://nasional.sindonews.com/read/2013/06/14/15/749822/benahi-kampus-pimpinan-ui-akan-dirombak

Jum’at, 14 Juni 2013 ? 14:54 WIB
Sindonews.com – Setelah terpilihnya pejabat Universitas Indonesia (UI) Muhammad Anis, gebrakan untuk membenahi internal UI terus dilakukan. Untuk itu, UI akan melakukan perombakan besar-besaran di kalangan pimpinan UI. Kepala Komunikasi UI Farida Haryoko mengatakan, serah terima jabatan (sertijab) bakal dilakukan pada 28 Juni 2013. Proses pergantian kepemimpinan itu dilakukan sejak era kepemimpinan Rektor UI yang baru, yakni Muhammad Anis. “Tanggal 28 Juni akan ada sertijab, pergantian jajaran kepemimpinan telah dirancang sejak pelantikan Pejabat Rektor yang baru,” tegasnya kepada wartawan, di UI Depok, Jumat (14/6/2013). Farida mengatakan, pergantian dilakukan dari tingkat Sekretaris Universitas (SU), Wakil Rektor satu, dua, dan tiga. Hal itu dilakukan sesuai janji Anis untuk membawa UI bisa berlari cepat mengejar persaingan dengan negara asing. “Ini pergantian memang sudah kami rencanakan, dan ini saya tegaskan tidak terkait dengan proses penyelidikan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) (yang baru saja menetapkan wakil rektor bidang SDM dan Keuangan Tafsir Nur Chamid sebagai tersangka kasus pengadaan teknologi informasi di Perpustakaan UI),” tegasnya.

…dst

6 ) BEM UI Apresiasi Perombakan Kabinet UI
http://kampus.okezone.com/read/2013/06/14/373/821996/bem-ui-apresiasi-perombakan-kabinet-ui

Jum’at, 14 Juni 2013 14:54 wib
DEPOK – Universitas Indonesia (UI) bakal merombak jajaran kepemimpinan di tingkat wakil rektor 1, 2, 3, hingga sekretaris universitas pada 28 Juni 2013. Namun hal itu ditegaskan pihak UI bukan terkait dengan penetapan tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terhadap Wakil Rektor III bidang SDM dan Keuangan yakni Tafsir Nur Chamid terkait kasus dugaan korupsi pengadaan teknologi informasi Perpustakaan UI. Menanggapi hal itu, Badan Eksekutif Mahasiswa mengapresiasi langkah UI mereformasi seluruh pimpinan untuk penyegaran. Meskipun BEM UI juga ikut prihatin dengan kasus dugaan korupsi yang mendera UI. “Soal penetapan tersangka wakil rektor UI tentu kami sedih, tapi kan itu semua belum putusan pengadilan, jadi belum dinyatakan bersalah, dan apalagi beberapa hari ke depan akan ada perombakan di kalangan pimpinan UI, ini kami apresiasi,” ujar Ketua BEM UI Ali Abdillah, Jumat (14/6/2013).

…dst

7 ) Bayar Kuliah di Unpad Lihat “Tabungan” Orangtua
http://kampus.okezone.com/read/2013/06/13/373/821666/bayar-kuliah-di-unpad-lihat-tabungan-orangtua

Jum’at, 14 Juni 2013 08:13 wib
JAKARTA – Dalam pelaksanaannya, tarif Uang Kuliah Tunggal (UKT) di perguruan tinggi negeri akan terbagi dalam lima golongan. Penentuan golongan tersebut dilakukan pihak kampus berdasarkan data penghasilan orangtua yang diisi para mahasiswa ketika Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) maupun saat daftar ulang setelah dinyatakan diterima. Wakil Rektor I Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung Engkus Kuswarno menyatakan, kesalahan saat pengisian data tersebut baik sesudah maupun sebelum dinyatakan diterima sebagai mahasiswa sangat mungkin terjadi. Untuk itu, Unpad siap mengantisipasinya dengan adanya Pelayanan Terpadu.”Pelayanan Terpadu disediakan Unpad untuk membantu para calon mahasiswa dan orangtua yang akan memverifikasi ulang data. Apabila terjadi kesalahan atau keberatan atas penetapan biaya UKT karena pengelompokkan biaya UKT yang ditentukan oleh akurasi dan kejujuran pengisian biodata tersebut,” ujar Engkus, seperti dinukil dari laman Unpad, Jumat (14/6/2013).

…dst

8 ) Unas Kembali Perluas Kerja Sama dengan Korea
http://edukasi.kompas.com/read/2013/06/14/14351115/Unas.Kembali.Perluas.Kerjasama.dengan.Korea.

Jumat, 14 Juni 2013 | 14:35 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Universitas Nasional (Unas) terus memperluas kerja sama pendidikan tinggi dengan universitas-universitas di luar negeri, baik dari Eropa, Amerika, maupun Asia. Bulan ini, Unas kembali menjalin kerja sama baru dengan Far East University, yaitu salah satu perguruan tinggi di Korea. “Kedatangan delegasi Far East ini untuk menandatangani nota kesepahaman yang telah dibahas beberapa waktu sebelumnya. Mereka juga akan mendiskusikan beberapa poin penting terkait kerja sama ini,” kata Kepala Divisi Kerja Sama Luar Negeri Unas, Dra. M.A. Inez Sapteno, dalam siaran pers di Jakarta, Jumat (14/6/2013).

…dst

9 ) Siapkan Lulusan Siap Kerja UMB Gandeng Dwi Sapta
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/dunia-kampus/13/06/14/modbl6-siapkan-lulusan-siap-kerja-umb-gandeng-dwi-sapta

Friday, 14 June 2013, 12:36 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA–Universitas Mercu Buana, Jakarta, melakukan kerja sama dengan Dwi Sapta Advertising untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dan siap kerja setelah lulus. “Tujuannya adalah agar mahasiswa mengetahui dunia industri dan siap kerja saat lulus nanti,” kata Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana, Agustina Zubair di Jakarta, Jumat. Ia mengatakan terjadi kegundahan di dalam industri komunikasi saat menerima kerja mahasiswa yang baru lulus. Pasalnya, pendidikan yang diterima oleh mahasiswa di Universitas dengan pekerjaan di industri komunikasi kerap kali tidak sama atau terkoneksi. Hal tersebut menjadi keluhan yang diterima dan mesti diketahui oleh pelaku komunikasi terutama dosen pengajar di universitas. “Dari hasil kajian dan melihat langsung ke lapangan, memang perkembangan kebutuhan di industri komunikasi terus meningkat. Hal ini pun harus diikuti oleh pendidikan yang diberikan,” ujarnya.

…dst

10 ) Google Layani Mahasiswa Udinus
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2013/06/14/227687/Google-Layani-Mahasiswa-Udinus-

14 Juni 2013
SEMARANG – Perusahaan multinasional Amerika Serikat yang menyediakan jasa dan produk internet melayani para mahasiswa Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang. Dalam kegiatan yang bertajuk Google Week on Campus, perusahaan tersebut mengadakan berbagai acara dari seminar, workshop, hingga konsultasi. Kegiatan berlangsung 11-14 Juni di Gedung E lantai III, Jl Nakula I No 5-11 Semarang. Pada hari pertama, Selasa (11/6), telah dilaksanakan University Day, Rabu (12/6), Google mengupas aspek organisasi dan bisnis. Edu Lead Indonesia Google Apps Supporting Program Pepita Gunawan mengatakan, pada program Google Week on Campus itu pihaknya berkesempatan memberikan dukungan atas layanan dalam bidang pendidikan. Layanan itu khusus menyangkut proses pembelajaran, seperti email mahasiswa dan dosen, Google Calendar, API dari Google Apps, dan single sign on (SSO). “Layanan software Google ini sangat menunjang kegiatan di kampus. Karena itu, kami berharap dapat dimanfaatkan dengan baik dan optimal,” katanya.

…dst

11 ) Mahasiswa UNM Saling Lempar Batu dengan Warga
http://www.tempo.co/read/news/2013/06/14/058488396/Mahasiswa-UNM-Saling-Lempar-Batu-dengan-Warga

Jum’at, 14 Juni 2013 | 19:44 WIB
TEMPO.CO, Makassar – Ratusan mahasiswa Universitas Negeri Makassar masih terus melempar batu ke arah luar kampus UNM di Makassar, hingga pukul 19.48 Wita, Jumat, 14 Juni 2013. Jika sebelumnya mahasiswa saling lempar batu dengan polisi, kini mahasiswa menghadapi warga sekitar kampus. Aparat kepolisian yang tergabung dalam barisan pasukan anti huru-hara memilih mundur. Polisi terlihat beristirahat di depan kantor PT Telkom Jalan A.P. Pettarani. Bentrokan berlangsung sejak pukul 17.30 Wita. Kedua belah pihak sama sekali tak ada yang mau menyerah. Berkali-kali polisi dibantu warga memukul mundur kelompok mahasiswa. Sebaliknya, mahasiswa kembali menguasai titik bentrokan yang berpusat di depan kampus UNM Gunung Sari Jalan A.P. Pettarani. Jalanan jalur ke atas Jalan Sultan Alauddin yang awalnya berhasil dibuka blokadenya polisi, kini kembali ditutup. Arus kendaraan dari bawah dialihkan ke Jalan Herstasning.

…dst

12 ) Tahun Depan Sertifikasi Terakhir
http://www.jpnn.com/read/2013/06/14/176823/Tahun-Depan-Sertifikasi-Terakhir-

Jum’at, 14 Juni 2013 , 05:56:00
JAKARTA – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akhirnya memasang target penuntasan tanggungan mensertifikasi ratusan ribu guru. Mereka menargetkan sertifikasi guru tuntas tahun depan. Selanjutnya proses sertifikasi guru langsung menyatu dengan perkuliahan calon guru di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) bertajuk pendidikan dan latihan profesi guru (PLPG). Kepala BPSDMPK-PMP (Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan) Kemendikbud Syawal Gultom menuturkan, pelaksanaan sertifikasi ini merupakan aman dari undang-undang guru dan dosen. “Kita targetkan tahun depan itu sertifikasi guru yang terahir,” kata dia. Syawal menuturkan sertifikasi guru tahun depan dipakai untuk menampung guru-guru yang tidak lolos mengikuti sertifikasi tahun ini. Dia mengatakan jika peserta sertifikasi tahun ini diseleksi menggunakan tes bernama uji kompetensi guru (UKG). Tes ini sudah masuk pekan kedua. “Kita menggunakan sistem tes karena kuota sertifikasi kalah besar dibandingkan jumlah guru yang harus disertifikasi,” kata dia. Syawal menegaskan jika sistem penetapan calon peserta sertifikasi murni menggunakan passing grade hasi UKG. Kemendikbud tidak memakai lama masa kerja sebagai acuan kelulusan masuk sertifikasi guru tahun ini.

…dst