1 ) Uang Kuliah Tunggal Mulai Diterapkan di PTN
http://edukasi.kompas.com/read/2013/10/16/0920285/Uang.Kuliah.Tunggal.Mulai.Diterapkan.di.PTN

Rabu, 16 Oktober 2013 | 09:20 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Saat ini, dengan diberlakukannya UKT, PTN tidak boleh memungut uang pangkal dan pungutan lain selain UKT. Kebijakan ini berlaku, khususnya untuk mahasiswa baru program Sarjana (S-1) dan program diploma (D-3).UKT ditetapkan berdasarkan biaya kuliah tunggal (BKT) dikurangi biaya yang ditanggung oleh pemerintah. Adapun BKT merupakan keseluruhan biaya operasional per mahasiswa per semester pada program studi di PTN.UKT terdiri atas beberapa kelompok yang ditentukan berdasarkan kelompok kemampuan ekonomi masyarakat. Di Universitas Negeri Medan (Unimed) misalnya, UKT meliputi kategori tidak mampu Rp 500 ribu, kategori tidak mampu Rp 750 ribu, kategori cukup mampu Rp 1,05 juta, kategori mampu Rp 1, 25 juta, dan kategori sangat mampu Rp 1,6 juta.Hasil penghitungan unit cost Unimed pada 2012 rata-rata per mahasiswa sampai lulus memerlukan dana sebanyak Rp 67,8 juta atau Rp 8.475.000 per semester.

…dst

2 ) Keluhkan Ketentuan Rekrutmen Dosen Tetap PTS
http://www.jpnn.com/read/2013/10/16/195890/Keluhkan-Ketentuan-Rekrutmen-Dosen-Tetap-PTS

Rabu, 16 Oktober 2013 , 04:44:00
JAKARTA–Sistem penetapan dosen tetap di kampus swasta disoal. Pengelola kampus swasta mengeluhkan sistem rekrutmen dosen tetap yang kian rumit. Kondisi ini dikhawatirkan bisa berdampak pada kualitas pembelajaran di kampus swasta.Ketua Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (Aptisi) Edy Suandi Hamid menuturkan, rekrutmen dosen tetap di kampus swasta sangat dilematis. “Diantaranya adalah pembatasan usia, terutama untuk guru besar,” kata dia kemarin. Sehingga saat ini kecenderungannya kampus swasta merekrut dosen-dosen pensiunan PNS. Dari segi regenerasi, sistem ini tentu tidak baik. Rektor Universitas Islam Indonesia (UII) itu menuturkan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kemendikbud supaya menijau kembali kebijakan penetapan guru tetap di kampus swasta. “Khususnya tidak membatasi usia dosen yang masih produktif,” katanya. Selain itu juga tidak mencabut nomor induk dosen nasional (NIDN) bagi yang diangkat menjadi dosen tetap kampus swasta.

…dst

Bisa juga baca di :
Pemerintah diharapkan implemmentasikan pengelolaan perguruan tinggi
http://www.antarayogya.com/berita/316416/pemerintah-diharapkan-implementasikan-regulasi-pengelolaan-perguruan-tinggi
Senin, 14 Oktober 2013 21:12 WIB

…dst

3 ) KPK terus dalami kasus korupsi Perpustakaan UI
http://nasional.sindonews.com/read/2013/10/16/13/794742/kpk-terus-dalami-kasus-korupsi-perpustakaan-ui

Rabu,  16 Oktober 2013  ?  13:42 WIB
Sindonews.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus mendalami kasus korupsi terkait pengadaan instalasi teknologi informasi di Perpustakaan Pusat Universitas Indonesia (UI).Dalam kasus itu, penyidik melakukan pemeriksaan terhadap Direktur Utama PT Arun Prakarsa Inforindo Ismail Yusuf, dan Direktur Utama PT Reptec Jasa Solusindo Darsono.Menurut Kepala Bagian Pemberitaan dan Informasi KPK Priharsa Nugraha, dua saksi tersebut bakal diperiksa untuk tersangka Wakil Rektor Bidang Sumber Daya Manusia, Keuangan dan Administrasi Umum Universitas Indonesia Tafsir Nurchamid.”Mereka diperiksa sebagai saksi,” ujar Priharsa Nugraha saat dikonfirmasi, Jakarta, Rabu (16/10/2013). Dalam kasus tersebut, penyidik KPK baru menetapkan Tafsir Nurchamid seorang sebagai tersangka. Tetapi, KPK mengklaim pengusutan kasus ini tidak berhenti pada penetapan Tafsir sebagai tersangka. KPK menemukan dugaan penggelembungan harga dari proyek pengadaan senilai Rp21 miliar.

…dst

4 ) Akademisi Diminta Bantu Pemda Susun Roadmap Reformasi Birokrasi
http://www.menpan.go.id/berita-terkini/1903-akademisi-diminta-bantu-pemda-susun-roadmap-reformasi-birokrasi

Dibuat pada 16 Oktober 2013
SEMARANG – Peran Akademisi  khususnya dari jurusan Administrasi Publik/Administrasi Negara masih sedikit dalam pelaksanaan reformasi birokrasi. Untuk itu perlu membangun koalisi besar (grand coalition) dalam mendorong kemajuan reformasi birokrasi. Wakil Menteri PANRB  Eko Prasojo mengatakan, dalam grand coalition itu akademisi diimbau terlibat aktif dalam penyusunanroad map reformasi birokrasi pemerintah daerah. Dalam hal ini, akademisi diminta untuk memberikan advokasi dan bimbingan dalam  penyusunan instrumen pelaksanaan reformasi birokrasi. “Salah satunya dalam penyusunan roadmap,” ujarnya dalam  Seminar Nasional Asosiasi Ilmuwan Administrasi Negara (ASIAN) di Universitas Tujuh Belas Agustus (Untag) Semarang,  Sabtu (12/10).Dalam acara bertema Reformasi Birokrasi, Pelayanan Publik, dan Desentralisasi, yang diikuti sekitar 300 peserta itu, Guru besar FISIP UI ini menambahkan, akademisi juga diharapkan bisa membantu pemda melakukan evaluasi dan kajian terhadap berbagai kebijakan pelaksanaan reformasi birokrasi dan membantu merumuskan kebijakan yang berbasis pembuktian (evidence based policy).

…dst

5 ) Gerakan Percepatan Reformasi Birokrasi ala Mahasiswa
http://www.menpan.go.id/berita-terkini/1904-gerakan-percepatan-reformasi-birokrasi-ala-mahasiswa

Dibuat pada 16 Oktober 2013
JAKARTA –  Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) mendorong mahasiswa untuk terlibat aktif dalam percepatan reformasi birokrasi, antara lain melalui kegiatan-kegiatan karya ilmiah. Cara-cara seperti  ini diyakini bisa memotivasi para mahasiswa untuk menggali dan memahami persoalan birokrasi di tanah air, dikaitkan dengan berbagai teori tentang birokrasi, dan pada gilirannya memberikan rekomendasi dalam pelaksanaan reformasi birokrasi. “Kami menyambut baik penyelenggaraan lomba karya tulis ilmiah bagi mahasiswa di seluruh Indonesia, yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Administrasi Publik (Humanistik) Universitas Brawijaya Malang ini,” ujar Kepala Bagian Humas Kementerian PANRB Suwardi, di Jakarta Rabu. Lomba karya tulis yang digelar Humanistik ini dikemas dalam  Exhibition of Public Youth Scientific Writing Competition 2013 (Explosion) se-Indonesia. Kegiatan serupa pernah diselenggarakan pada tahun 2011, sebagai wadah ilmiah bagi civitas akademika  di seluruh Indonesia. Lomba ini terbuka bagi mahasiswa S1 maupun D3 dari berbagai jenis disiplin ilmu. Melalui tulisan ini, mahasiswa seharusnya mampu mewujudkan fungsinya sebagai agent of change, agent of control, iron stock, dan moral force. Salah satunya melalui karya tulis ilmiah yang diharapkan menjadi ledakan baru untuk reformasi birokrasi yang lebih baik melalui pemikiran mahasiswa di Indonesia.

…dst

6 ) Kemendikbud dan Polri Godok MoU Keamanan Museum
http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2013/10/15/3/188334/Kemendikbud-dan-Polri-Godok-MoU-Keamanan-Museum

Selasa, 15 Oktober 2013 | 14:04 WIB
Metrotvnews.com, Jakarta: Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbud bersama Kepolisian Republik Indonesia (Polri) tengah menggodok kerjasama yang akan dituangkan dalam perjanjian kerjasama atau MoU kedua belah pihak. Hal ini diperlukan untuk menjaga keamanan Museum Nasional dan museum-museum lainnya di Indonesia.”Ya, kami sudah bertemu Kapolri dan jajarannya termasuk dengan Pak Sutarman untuk berkordinasi. Kita sedang selesaikan MoU tentang keamanan museum dengan Polri. Semoga sebentar lagi finish dan ditandatangani,” ungkap Dirjen Kebudayaan Kemendikbud, Kacung Marijan ketika dihubungi Media Indonesia, Senin (14/10) tentang tindak lanjut langkah pengamanan museum pasca kehilangan empat artefak emas di Museum Nasional.

…dst

7 ) UNJ – Undip Perkuat Kerja Sama
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2013/10/16/240168/UNJ-Undip-Perkuat-Kerja-Sama

16 Oktober 2013
SEMARANG – Undip menerima pewakilan Universitas Negeri Jakarta (UNJ) di Gedung LP2MP Kampus Undip Tembalang, baru-baru ini. Delegasi UNJ dipimpin Dekan Fakultas Teknik Riyadi ST MT  bertemu dengan Pembantu Rektor  (PR) I Undip Prof Dr dokter Hertanto Wahyu Subagyo. Kunjungan bertujuan memperkuat kerja sama antarlembaga dan studi banding. Sebagai salah satu PTN terkemuka di Indonesia, Undip terus meningkatkan diri menuju universitas riset unggulan. Mereka berusaha menyempurnakan sistem layanan informasi akademik dan penyelenggaran kurikulum. Delegasi UNJ memanfaatkan waktu untuk mengenal sistem layanan informasi akademik dan penyelenggaran kurikulum di Undip. Menurut Hertanto, perkuliahan mencetak mahasiswa menjadi lulusan yang komplet. Alumni lulus memiliki kemampuan seorang komunikator, profesional, pemimpin, pendidik, pemikir, dan berjiwa wirausaha.

…dst

8 ) Perkuliahan Lintas Negara Asia Dimulai
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2013/10/14/240036/Perkuliahan-Lintas-Negara-Asia-Dimulai

14 Oktober 2013
SEMARANG – Pengembangan pendidikan melintasi batas-batas negara di kawasan Asia telah dimulai. Perguruan tinggi di Indonesia diminta memanfaatkan kebijakan transnasional itu untuk lebih meningkatkan mutu lulusan. Hal tersebut dikemukakan Ketua Forum Rektor Indonesia (FRI) Prof Laode M Kamaluddin kepada wartawan, di kampus Universitas Sultan Agung (Unissula), baru baru ini. ”Program pengembangan perkuliahan lintas batas di kawasan Benua Asia atau cross border high education sudah dimulai. Program yang juga dikenal sebagai Asia Cyber University ini diikuti puluhan universitas di Asia,” tutur Laode. Menurutnya, lembaga yang dipimpinnya (Unissula) menjadi bagian dari sekian banyak universitas yang berpartisipasi aktif. Kalau dulu konsep kerja sama internasional hanya melibatkan dua perguran tinggi untuk penerbitan ijazah kesarjanaan (double degree), kini semakin luas, mencakup berbagai perguruan tinggi dari seluruh Benua Asia. Laode mencontohkan, apabila seseorang di Tanah Air berkeinginan bekerja di suatu negara di Asia tapi masih menjalani studi di dalam negeri tidak perlu bingung. Sebab, dia bisa meneruskan studinya di negara tempat dia mencari nafkah.

…dst

9 ) Kongres Disoal Budayawan, Kemendikbud Siap Evaluasi
http://www.jpnn.com/read/2013/10/14/195637/Kongres-Disoal-Budayawan,-Kemendikbud-Siap-Evaluasi

Senin, 14 Oktober 2013 , 06:43:00
JAKARTA – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) baru saja melaksanakan agenda akbar Kongres Kebudayaan Indonesia (KKI) di Jogjakarta, pekan lalu. Kongres itu ditutup dengan suara sumbang. Yakni protes dari sejumlah budayawan setempat. Direktur Jenderal (Dirjen) Kebudayaan Kacung Marijan membenarkan ada aksi protes tersebut. Penyebab aksi protes itu beragam. Mulai dari tudingan jika kongres ini tidak mengundang budayawan Jogjakarta. Selain itu muatan dari kongres ini juga disebut asal-asalan oleh sejumlah budayawan setempat. Tahun ini KKI mengambil tagline Kebudayaan untuk Indonesia. “Tidak benar jika kami tidak melibatkan budayawan Jogjakarta. Silahkan dicek di absensi panitia,” katanya, Minggu (13/10).Kacung menuturkan ada salah persepsi untuk urusan undangan itu. Tapi dia tidak mempersoalkannya, karena isu-isu kebudayaan saat ini sangat dinamis.Dia mengatakan bahwa tempat dalam setiap KKI itu berbeda-beda. Khusus pada KKI 2013 ini, tema yang ditetapkan adalah tentang diplomasi budaya. Guru besar Universitas Airlangga itu mengatakan, budayawan yang diundang pada KKI 2013 ini sesuai dengan temanya.

…dst