1 ) Mendikbud Terima Anugerah Parahita Ekapraya dari Presiden SBY
http://kemdikbud.go.id/kemdikbud/berita/1963

12/20/2013
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), menerima Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tingkat Pratama Nasional yang diserahkan oleh Presiden Susilo bambang Yudhoyono. Hal ini Kemdikbud dinilai mengusung pengaurusutamaan gender (PUG), pemberdayaan perempuan, dan perlindungan anak pada kebijakan pemerintahan. Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) kepada Mendikbud Mohammad Nuh, pada peringatan Hari Ibu di TMII ke-85 Tahun 2013 yang dipusatkan di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta, Rabu (18/12/2013).

***

2 ) RUU ASN Disetujui Jadi UU, BUP Pejabat Administrasi 58 Tahun, Pejabat Tinggi 60 Tahun
http://www.kopertis12.or.id/2013/12/21/

Kamis, 19 Desember 2013 – 15:50
Sidang Paripurna DPR-RI yang dipimpin Wakil Ketua DPR Pramono Anung, Kamis (19/12), secara bulat menyetujui Rancangan Undang-Undang (RUU) Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk disahkan menjadi Undang-Undang.“Apakah secara keseluruhan RUU ASN dapat disetujui menjadi UU,” tanya pimpinan Rapat Paripurna Wakil Ketua DPR Pramono Anung.  “Setuju….,” teriak anggota dewan bersamaan, dan palu pun diketuk  tanda persetujuan.Dalam laporannya, Ketua Komisi II DPR Agun Gunanjar mengatakan, secara keseluruhan, lahirnya RUU tentang Aparatur Sipil Negara ini merupakan sebuah tonggak bagi terwujudnya reformasi birokrasi dengan sistem dan model baru, yang akan mampu menata birokrasi pemerintahan menuju birokrasi yang professional dalam melayani masyarakat, melalui pengembangan potensi sumber daya manusia, dengan menerapkan sistem karir terbuka yang berbasis pada manajemen sumberdaya manusia dengan mengedepankan merit sistem.

…dst

3 ) IPB Buka Kampus di Luar Bogor
http://www.jpnn.com/read/2013/12/21/206796/IPB-Buka-Kampus-di-Luar-Bogor

Sabtu, 21 Desember 2013 , 03:09:00
PADA acara Dies Natalis IPB, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia, Prof Dr Mohammad Nuh, menyampaikan rencananya ke depan untuk membuka kampus IPB di luar Bogor, seperti di Tasikmalaya, dan daerah lain di Jawa Barat. “Kemuliaan IPB tidak boleh hanya dimiliki IPB.  Karena itu kita dorong untuk menularkan ke Perguruan Tinggi lain baik itu negeri maupun swasta,” ujar M Nuh saat konfrensi pers sebelum acara dimulai. IPB kata Nuh bukan hanya milik Bogor. Meski namanya memakai Bogor, bukan berarti milik Pemkot atau Pemkab Bogor, tetapi milik pemerintah dan negara. Karena itu tidak ada salahnya keunggulan IPB diekspos. “Bayangkan dari banyaknya populasi di Jawa Barat, tapi Perguruan Tingginya sedikit dibandingkan Jawa Timur. Kami akan memberikan mandet untuk ekspansi seperti IPB di Tasikmalaya, Cianjur, sehingga warganya bisa kuliah tanpa harus meninggalkan kotanya. Supaya lebih irit bagi mahasiswa yang kurang mampu,” ungkapnya. Selain kuliah jarak jauh, pemerintah juga mendorong IPB untuk membuka kampus lain di beberapa daerah. “Jika anggaran yang menjadi persoalan, itu bisa dicari,” tandas Nuh.Menanggapi hal itu, Rektor IPB Prof Dr Herry Suhardiyanto mengatakan, proses ini memerlukan waktu yang lumayan lama karena dilihat dari biaya yang dikeluarkan akan sangat mahal. “Bukan biaya gedungnya tapi budayanya. Bangun budaya seperti ini memerlukan puluhan tahun,” ungkapnya.

…dst

4 ) SBY Minta IPB Jadi Pelopor Pertanian
http://kampus.okezone.com/read/2013/12/20/373/915451/sby-minta-ipb-jadi-pelopor-pertanian

Jum’at, 20 Desember 2013 19:23 wib
BOGOR – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menggelar orasi ilmiah bertemakan pengarusutamaan berkelanjutan pertanian untuk pembangunan berkelanjutan.”Saya meminta agar IPB bisa menjadi pemimpin, pelopor dan penggerak di bidang pertanian dan pembangunan berkelanjutan,” kata SBY dalam orasi ilmiahnya, Jumat (20/12/2013). Selain itu, lanjut SBY, IPB juga harus bisa berkontribusi secara aktif terhadap kemandirian pangan, sehingga Indonesia bisa terbebas dari kelaparan. Sinergi dan kolaborasi yang dilakukan IPB, semisal bagaimana hasil penelitian bisa bersanding dengan sektor industri, agar hasil cipta anak-anak IPB bisa dikomersilkan dan bermanfaat bagi Indonesia. “Itulah tugas mulia yang pada hari ini dihadiahkan kepada IPB di tengah ulang tahun yang ke-50,” tutur SBY. Tantangan umum ke depan yang dihadapi pertanian, kata SBY, di antaranya bagaimana sektor ini bisa menjalankan perannya sebagai benteng kedaulatan pangan, bisa membuat platform pembangunan ekonomi dan penyangga kelestarian lingkungan. “Tentunya sektor ini sangat relevan dengan banyak tujuan MDG’s,” ungkapnya.

…dst

5 ) Mengungkap Demo Bayaran Mahasiswa Bengkulu
http://regional.kompas.com/read/2013/12/18/0830032/Mengungkap.Demo.Bayaran.Mahasiswa.Bengkulu

Rabu, 18 Desember 2013 | 08:30 WIB
BENGKULU, KOMPAS.com — Unjuk rasa yang digelar mahasiswa di Bengkulu dalam beberapa bulan terakhir terlihat semakin marak. Beragam isu disuarakan, baik ke kejaksaan, kepolisian, lembaga perwakilan rakyat, bahkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Sebagian besar isu yang diangkat adalah persoalan korupsi yang diduga melibatkan beberapa pihak tertentu, macam pejabat dan petinggi daerah di negeri ini. Fenomena ini pun ditengarai merupakan demo pesanan dari pihak tertentu yang berusaha mengambil keuntungan dari situasi yang menjadi kacau. Terungkap, hanya dengan uang Rp 50.000 plus nasi bungkus, para mahasiswa rela berpanas-panas berunjuk rasa, menggelar demo pesanan. Kompas.com berusaha membuktikan keberadaan kelompok mahasiswa yang terlibat dengan praktik ini. Pengungkapannya berawal dari perjumpaan pertama dengan salah seorang mahasiswa salah satu kampus swasta di Bengkulu berinisal DD. DD membenarkan adanya aksi demo mahasiswa yang kerap dibayar oleh oknum tertentu. Biasanya oknum tersebut berlatar belakang politisi atau pejabat tinggi daerah yang memiliki lawan politik.

…dst

6 )Rektor UNY: Pancasila hanya menjadi slogan
http://www.antaranews.com/berita/410166/rektor-uny-pancasila-hanya-menjadi-slogan

Rabu, 18 Desember 2013 23:57 WIB
Yogyakarta (ANTARA News) – Pancasila dan kearifan lokal yang menjadi identitas bangsa di beberapa tempat hanya menjadi slogan, kata Rektor Universitas Negeri Yogyakarta Rochmat Wahab.”Saat ini sebagian anak bangsa seolah-olah telah kehilangan karakter. Berbagai perilaku amoral, tindakan anarkis, dan perilaku koruptif menjadi tontonan menarik di berbagai media,” katanya di Yogyakarta, Rabu.Oleh karena itu, kata dia terkait dengan penyelenggaraan Dies Natalis Ke-50 Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), isu dan gerakan memantapkan pendidikan karakter sungguh memiliki relevansi yang strategis bagi masa depan Indonesia yang lebih baik.”Berkaitan dengan hal itu, peringatan usia setengah abad UNY mengambil tema Memantapkan Pendidikan Karakter untuk Melahirkan Insan bermoral, Humanis, dan Profesional,” katanya.

…dst

7 ) Perguruan Tinggi Swasta Paling Kekurangan Dosen
http://www.jpnn.com/read/2013/12/19/206463/Perguruan-Tinggi-Swasta-Paling-Kekurangan-Dosen

Kamis, 19 Desember 2013 , 06:44:00
JAKARTA – Indonesia tak hanya kekurangan tenaga guru, namun juga tenaga dosen. Dari sebanyak 5,6 mahasiswa di Indonsia, jumlah dosen pengajar hanya mencapai sekitar 160 ribu orang. Jumlah itu dirasa kurang mumpuni untuk dapat menciptakan pembelajaran yang baik. Kekurangan tenaga dosen tersebut paling banyak dirasakan oleh perguruan tinggi swasta. Selain dikarenakan minimnya minat masyarakat menjadi dosen, hal itu juga disebabkan karena banyak diantara mereka yang lebih memilih untuk mengajar di perguruan tinggi negeri. “Swasta yang paling banyak, mereka yang paling butuh,” ujar Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M. Nuh usai acara pelepasan tenaga dosen beasiswa unggulan di Jakarta, kemarin. Dari nama-nama universitas yang akan ditempati oleh para dosen beasiswa unggulan Dikti ini, semakin memperjelas kekurangan tersebut. Seperti universitas Mercu Buana, Universitas Asahan, Universitas Samudra Langsa, universitas globe Mandiri dan beberapa lainnya.

…dst

8 ) Indonesia Kepincut Pendidikan Hong Kong
http://www.jpnn.com/read/2013/12/18/206267/Indonesia-Kepincut-Pendidikan-Hong-Kong

Rabu, 18 Desember 2013 , 04:43:00
JAKARTA – Dalam pemeringkatan hasil studi Programme for International Student Assessment (PISA), posisi Indonesia kedodoran di peringkat bawah. Kini Indonesia melirik Hong Kong untuk urusan kerjasama di bidang pendidikan. Sebab, negara berpenduduk 7 jutaan jiwa itu berada di urutan tiga pemeringaktan PISA 2012 lalu. Jalinan kerjasama antara Indonesia dengan Hong Kong ini menguat dalam pertemuan antara Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh dengan Menteri Pendidikan Hong Kong Eddie Ng Hak-kim di Jakarta kemarin. Dalam pertemuan itu, Nuh mengatakan kerjasama pendidikan dengan Hong Kong mulai dari jenjang pendidikan menengah dan tinggi.”Mulai dari sekolah sister dan pertukarang mahasiswa,” katanya. Bentuk kerjasama lainnya adalah, program gelar ganda, visitasi profesor, dan penelitian antar akademisi kedua negara.Nuh mengatakan kerjasama dengan Hong Kong itu akan dipayungi dengan nota kesepahaman (MoU). Mulai dari MoU kerjasama antarinstitusi mulai dari sekolah, universitas, hingga kerjasama people to people. Menteri asal Surabaya itu mengatakan, kerjasama ini mulai berjalan 2014 nanti.

…dst

9 ) ITS: Teknologi Sendiri Belum Dipercaya pada 2013
http://www.antarajatim.com/lihat/berita/123533/its-teknologi-sendiri-belum-dipercaya-pada-2013

19 Des 2013 19:50:52
Surabaya (Antara Jatim) – Sejumlah pakar dari ITS Surabaya dalam “Refleksi Teknologi 2013 dan Rekomendasi Teknologi 2014” di Plasa Dr Angka, Kampus ITS Keputih-Sukolilo, Surabaya, Kamis, menyimpulkan teknologi bangsa sendiri belum sepenuhnya dipercaya selama kurun 2013. “Secara teknologi dan sumber daya alam sebenarnya kita sangat mampu, tapi kita belum percaya kepada ahli teknologi kita sendiri,” kata pakar energi ITS Prof Dr Eng Prabowo dalam diskusi yang juga menampilkan pakar otomotif, transportasi, statistik, dan pakar bencana ITS itu. Dalam diskusi yang dimeriahkan dengan pameran hasil karya cipta mahasiswa itu, Prof Prabowo yang juga Guru Besar Teknik Mesin itu menjelaskan era global saat ini mengarah ke energi non-fosil dan energi terbarukan. “Karena itu sikap pro-teknologi itulah yang penting untuk kita, apalagi kita sebenarnya mampu secara teknologi, karena itu kepercayaan kepada kemampuan teknologi sendiri itu sangat penting. Kalau kita percaya pada teknologi sendiri, maka perhatian harus dialihkan ke sana,” katanya.

…dst

10 ) Indonesia Miliki Potensi Pasok Pakar Software Dunia
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/eduaction/13/12/20/my4774-indonesia-miliki-potensi-pasok-pakar-software-dunia

Jumat, 20 Desember 2013, 23:59 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, YOGTYAKARTA — Indonesia memiliki potensi besar sebagai penyedia pakar peranti lunak atau software engineer  bagi industri perangkat lunak dunia. Pernyataan itu disampaikan dosen Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Indonesia Yogyakarta Beni Suranto. “Software engineer adalah mereka yang menggunakan pengetahuan, keterampilan, metode, teknik, dan standar di bidang ‘software engineering’ secara profesional untuk menghasilkan perangkat lunak dengan kualitas tinggi sebagai sebuah solusi bagi permasalahan tertentu,” katanya di Yogyakarta, Jumat (20/12).Namun, kata dia, saat ini Indonesia masih tertinggal dari negara-negara lain. Indonesia kalah jauh dibandingkan dengan India yang oleh Majalah Computer World diprediksiakan mampu menghasilkan “software engineer” lebih banyak dibandingkan Amerika Serikat pada 2017.

…dst

11 ) Seperti 60 Mahasiswa Ini, Tertarik Raih Beasiswa dari BCA Finance?
http://edukasi.kompas.com/read/2013/12/18/1713562/Seperti.60.Mahasiswa.Ini.Tertarik.Raih.Beasiswa.dari.BCA.Finance.

Rabu, 18 Desember 2013 | 17:13 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Sebanyak 60 mahasiswa dari 51 perguruan tinggi di seluruh Indonesia meraih beasiswa dari PT BCA Finance melalui program “Beasiswa BCA Finance Peduli 2013″. Beasiswa diberikan dalam bentuk bantuan biaya kuliah dan uang saku kepada mahasiswa yang memiliki kendala dalam hal finansial yang sedang menempuh pendidikan program S-1 dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3. Pemberian Beasiswa BCA Finance Peduli 2013 ini ditandai dengan penyerahan beasiswa secara simbolis oleh Amirdin Halim, Direktur PT BCA Finance, kepada Martin Rambe, mahasiswa Universitas Sumatera Utara jurusan Ilmu Administrasi Negara, Rabu (17/12/2013) di Jakarta. Tercatat sebanyak 208 mahasiswa berprestasi menerima beasiswa sejak program ini digulirkan pada 2009.”Ini tahun kelima kami memberikan beasiswa. Kami berharap lebih banyak lagi mahasiswa berprestasi namun memiliki kendala dalam hal finansial bisa menyelesaikan pendidikannya tanpa dibebani oleh kendala biaya,” kata Halim.

…dst

12 ) Rakata ITB, Jagonya Garap Mobil Terefisien se-Indonesia
http://kampus.okezone.com/read/2013/12/19/372/914885/rakata-itb-jagonya-garap-mobil-terefisien-se-indonesia

Jum’at, 20 Desember 2013 08:18 wib
JAKARTA – Siapa yang tak tahu Institut Teknologi Bandung (ITB), kampus yang terkenal dengan inovasinya. Tak hanya di dalam negeri, inovasi mereka bahkan terkenal hingga ke negeri seberang. Lalu apa sih yang dibuat oleh mahasiswa ITB ini? Ternyata mereka merancang kendaraan masa depan untuk diikutsertakan dalam kompetisi Shell Eco Marathon Asia (SEM) yang diadakan setiap tahun. Itu lho, mobil kecil yang sempat melaju di Sirkuit Sepang, Kuala Lumpur, Malaysia pada Juli 2012. Mobil ini didapuk sebagai kendaraan dengan bahan bakar paling efisien se-Indonesia pada masanya. Dengan menggunakan etanol murni sebagai bahan bakar, mobil ini mampu menempuh jarak sejauh 291 kilometer (km) untuk setiap satu liter etanol yang dikonsumsi. Tim Rakata, sebuah tim yang beranggotakan sekira 20 mahasiswa ITB dari berbagai jurusan lah yang merancang mobil ini.Dikutip dari laman ITB, Jumat (20/12/2013), Rakata yang dibentuk pada 2011 merupakan gabungan dari dua tim, yakni Rajawali dan Exia yang mewakili Indonesia dalam Shell Eco Marathon 2010.

…dst

13 ) Riset IPB: Sirih Merah Hambat Pertumbuhan Sel Kanker Serviks
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/dunia-kampus/13/12/19/my1dpo-riset-ipb-sirih-merah-hambat-pertumbuhan-sel-kanker-serviks

Kamis, 19 Desember 2013, 11:27 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA–Riset yang dilakukan tim mahasiswa Departemen Biokimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Institut Pertanian Bogor menunjukkan bahwa sirih merah (Piper crocatum) bisa menghambat pertumbuhan sel kanker serviks.Kepala Kantor Hukum, Promosi dan Humas IPB Yatri Indah Kusumastuti di Bogor, Jawa Barat, Kamis menjelaskan, penelitian itu diikutsertakan dalam Program kreativitas Mahasiswa (PKM).Ketua tim peneliti Dhian Anugerah Purnama Suci beserta rekan-rekannya dari Departemen Biokimia FMIPA-IPB mencoba menguji senyawa dalam sirih merah terhadap sel kanker serviks (Hela). Kanker serviks atau kanker leher rahim adalah tumor ganas yang tumbuh di daerah leher rahim (serviks).”Kami mencoba membandingkan senyawa flavonoid (senyawa yang dipercaya mampu menghambat pertumbuhan sel kanker) yang dihasilkan dari ekstrak air dan ekstrak etanol 30 persen daun sirih merah untuk menghambat pertumbuhan sel kanker serviks,” papar Dhian.

…dst

14 ) Dosen Unpak Demo Minta Kenaikan Upah
http://www.jpnn.com/read/2013/12/19/206483/Dosen-Unpak-Demo-Minta-Kenaikan-Upah

Kamis, 19 Desember 2013 , 08:22:00
BOGOR – Sejumlah karyawan dan dosen Universitas Pakuan (Unpak) unjuk rasa di kampusnya, kemarin. Mereka menuntut kenaikan gaji yang masih di bawah upah minimum regional (UMR) Kota Bogor. Para karyawam itu mengaku, honor yang diperoleh karyawan dan dosen yang telah mengabdikan selama 32 tahun, hanya menerima Rp1.666.000. Jadi, mereka berharap ada evaluasi dari yayasan mengenai kebijakan dalam pengupahan. Mereka meminta gajinya sesuai dengan UMR Kota Bogor. Ada empat pengajuan yang mereka suarakan. Pertama, peningkatan honorarium yang harus ditinjau secara periodik setiap tahun. Kedua, kenaikan honor satu SKS yang sekarang hanya berkisar Rp4.500. Ketiga, kembalikan statuta Universitas Pakuan yang menyatakan, jabatan struktural hanya dibolehkan selama dua periode dan keempat, agar dibuatkan renstra yang berkelanjutan, yang menyeimbangkan pertumbuhan sarana dan prasarana pendidikan, SDM, dan mahasiswa serta kesejahteraan dosen dan karyawan.Staf Tata Usaha Biro Admionistrasi Umum Tiwi  mengatakan, para karyawan dan dosen hanya berkumpul dan menyampaikan aspirasi mengenai peningkatan gaji dan kesejahteraan.

….dst

15 ) Usakti Keukeuh Pertahankan Status Akreditasi A
http://kampus.okezone.com/read/2013/12/19/373/914848/usakti-keukeuh-pertahankan-status-akreditasi-a

Kamis, 19 Desember 2013 19:38 wib
JAKARTA – Universitas Trisakti (Usakti) memberikan perhatian terhadap akreditasi yang merupakan acuan dalam memberikan informasi tentang mutu pendidikan pada suatu lembaga pendidikan perguruan tinggi. Akreditasi juga turut menjadi ukuran bagi masyarakat untuk menilai tentang kesiapan suatu perguruan tinggi tersebut dalam melakukan kegiatan proses belajar mengajar sesuai standarisasi yang diberikan oleh pemerintah.Dekan Fakultas Hukum Usakti, Komang Sukaarsana mengaku bersyukur karena Fakultas Hukum Universitas Trisakti berdasarkan keputusan dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), kembali memperoleh akreditasi A yang berlaku selama lima tahun ke depan.”Untuk mendapatkan akreditasi ini bukan hal yang mudah, kita harus menyiapkan berbagai data, melaksanakan semua instrument yang diminta, dan harus melibatkan semua komponen, karyawan, dari dosen, mahasiswa, dan alumni,” ujarnya, di Jakarta, Kamis (19/12/2013).

…dst

16 ) PTS Unggulan, STIE Prasetiya Mulya Gondol 4 Gelar
http://kampus.okezone.com/read/2013/12/18/373/913972/pts-unggulan-stie-prasetiya-mulya-gondol-4-gelar

Rabu, 18 Desember 2013 12:24 wib
JAKARTA – Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Prasetiya Mulya menggondol empat gelar Perguruan Tinggi Swasta (PTS) Unggulan 2013 dalam kategori Pembelajaran, Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat, Kemahasiswaan, dan Tata Kelola. Gelar dalam pemilihan PTS Unggulan 2013 Koordinasi PTS (Kopertis) Wilayah III DKI Jakarta ini melalui proses penilaian yang cukup ketat, sehingga menjadi salah satu PTS di lingkungan Kopertis Wilayah III DKI Jakarta mendapatkan kepercayaan unggul dalam empat kategori untuk tingkat Sekolah Tinggi dan akademi. “Penghargaan kepada STIE Prasetiya Mulya sebagai PTS unggulan 2013 merupakan penghargaan atas akumulasi prestasi yang dibangun selama 31 tahun dengan komitmen yang kuat,” ujar Ketua STIE Prasetiya Mulya Prof. Djoko Wintoro, dalam siaran pers yang diterima Okezone, Rabu (18/12/2013).

…dst

17 )Binus University Kembali Jadi PTS Unggulan 2013
http://kampus.okezone.com/read/2013/12/18/373/914008/binus-university-kembali-jadi-pts-unggulan-2013

Rabu, 18 Desember 2013 13:10 wib
JAKARTA – Binus University kembali meraih gelar Perguruan Tinggi Swasta (PTS) Unggulan 2013 dalam Pemilihan PTS Unggulan 2013 Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah III Jakarta. Sebagai salah satu PTS di lingkungan Kopertis Wilayah III Jakarta yang telah mendapatkan kepercayaan menjadi salah satu PTS terbaik pada 2012, Binus University kembali meraih penghargaan sebagai PTS unggulan menurut Kopertis Wilayah III.Jika tahun lalu hanya unggul dalam tiga kategori saja, untuk tahun ini unggul dalam empat kategori, yaitu Peringkat I Kategori Tata Kelola, Peringkat I Kategori Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat, Peringkat I Kategori Kemahasiswaan dan Peringkat II Kategori Pengembangan Dosen.

…dst

18 ) Mahasiswi Ubaya Rancang Kursi dari Karton Telur
http://www.antarajatim.com/lihat/berita/123383/mahasiswi-ubaya-rancang-kursi-dari-karton-telur

17 Des 2013 18:13:4
Surabaya (AntaraJatim) – Mahasiswi Universitas Surabaya (Ubaya), Carolina Wirakusuma, telah merancang kursi dari karton (kertas tebal) yang biasa digunakan wadah telur, namun bisa diduduki orang dengan berat 75-90 kilogram.”Ibu saya suka bikin kue, sehingga wadah telur yang terbuat dari karton sering dibuang, karena itu saya mencari ide untuk memanfaatkan,” kata mahasiswi Jurusan Desain Manajemen Produk pada Fakultas Industri Kreatif Ubaya itu di Surabaya, Selasa.Hasil karya yang dinamakan “Cerusi” atau kerusi/kursi dalam Bahasa Melayu itu terbuat dari wadah telur ayam atau telur burung puyuh yang digunting per kotak, lalu hasilnya diperkuat dengan lem kayu.”Untuk menjadi kursi, meja, atau lampu hias, maka potong-potongan karton telur itu direkat dengan lem ‘epoxy’ dengan pola repetisi (pengulangan). Caranya memang mudah, tapi hal paling sulit adalah membuat desain-nya,” katanya.

…dst

19 ) Mendikbud Lantik 6 Pejabat Kemdikbud
http://www.kemdikbud.go.id/kemdikbud/berita/1961

12/19/2013
Jakarta — Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh melantik dan mengambil sumpah enam pejabat di lingkungan Kemdikbud yang terdiri atas dua Rektor Perguruan Tinggi Negeri dan empat pejabat struktural eselon dua.  Pelantikan berlangsung di Graha Utama Lt3 Gedung A Kemdikbud, pagi ini  Kamis (19/12). Dalam sambutannya Mendikbud mengatakan, pejabat yang baru saja dilantik harus mengedepankan pentingnya tata kelola. Baik tata kelola anggaran maupun tata kelola sumber daya manusia dan keilmuannya. “Tolong betul pembenahan tata kelola dengan menganut prinsip-prinsip keterbukaan, akuntable dan good governance dijadikan pegangan dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang di amanahkan,” kata Mendikbud.

…dst

20 ) Mahasiswa Kediri Tolak Hibah Lahan untuk Kampus Baru Universitas Brawijaya
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/dunia-kampus/13/12/19/my1jtc-mahasiswa-kediri-tolak-hibah-lahan-untuk-kampus-baru-universitas-brawijaya

Kamis, 19 Desember 2013, 13:39 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,KEDIRI–Sejumlah mahasiswa gabungan dari universitas swasta di Kota Kediri, Jawa Timur, mendatangi kantor pemkot setempat mendesak agar pemerintah membatalkan rencana hibah pembangunan kampus Universitas Brawijaya (UB) di kota setenoat.”Kami mendesak agar pemerintah kembali melakukan pengkajian terkait peralihan aset untuk pembangunan kampus baru UB Malang di Kediri,” kata koordinator aksi Miftah di Kediri, Kamis.Ia mengatakan pemerintah harus transparan ketika mengurus masalah aset, sebab ke depannya terkait dengan kepentingan untuk generasi selanjutnya.”Pemerintah hendaknya bisa menyimpan aset daerah, jangan sampai diperjualbelikan. Terlebih lagi, sesuai dengan rencana, luas lahan yang diberikan untuk pembangunan kampus UB di Kediri itu cukup luas, sampai 23 hektare,” katanya. Menanggapi hal itu, Asisten III Pemkot Kediri Haris Candra Purnama mengatakan pihaknya akan meneruskan aspirasi dari mahasiswa tersebut kepada Wali Kota Kediri.Saat ini, Wali Kota masih ada keperluan, sehingga belum bisa bertemu langsung dengan para mahasiswa.

…dst

21 ) Yogyakarta Anggarkan Rp 3 Miliar Tebus Ijazah
http://www.tempo.co/read/news/2013/12/19/079538559/Yogyakarta-Anggarkan-Rp-3-Miliar-Tebus-Ijazah

Kamis, 19 Desember 2013 | 02:50 WIB
TEMPO.CO, Yogyakarta – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Yogyakarta menyetujui alokasi anggaran Rp 3 miliar untuk membebaskan sejumlah ijazah siswa yang masih tertahan di sekolah, dari jenjang sekolah dasar sampai sekolah menengah atas. Anggaran tebus ijazah ini tercantum di Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Perubahan 2013 yang diajukan Pemerintah Kota Yogyakarta.”Kami beri anggaran tambahan itu agar pihak sekolah tidak lagi menarik pungutan bagi siswa-siswa yang ijazahnya sampai saat ini masih tertahan,” kata Sekretaris Komisi D Bidang Pendidikan dan Kesejahteraan Rakyat DPRD Kota Yogyakarta, Agung Atmadja, usai pembahasan anggaran Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta, Rabu, 18 Desember 2013.Agung menuturkan, jumlah anggaran ini prediksinya bisa untuk membantu biaya administrasi wali murid yang ijazah anaknya tertahan hingga bertahun-tahun di sekolah. “Ada yang tertahan di sekolah sampai 10 tahun tidak diambil-ambil karena kesulitan biaya,” ungkap politikus Partai Demokrat itu.

…dst

22 ) Panselnas CPNS 2013 Serahkan Hasil TKD Pelamar Umum
http://www.menpan.go.id/berita-terkini/2129-panselnas-cpns-2013-serahkan-hasil-tkd-pelamar-umum

Dibuat pada 19 Desember 2013
JAKARTA – Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) CPNS 2013 menyerahkan hasil Tes Kompetensi Dasar (TKD) seleksi CPNS tahun 2013 bagi pemerintah daerah dari pelamar umum kepada Sekda Provinsi, di Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB). Hasil tes tersebut berupa soft copy dan hard copy, yang selanjutnya diserahkan kepada kabupaten/kota di wilayah provinsi bersangkutan untuk diumumkan pada tanggal 24 Desember 2013.Menteri PANRB Azwar Abubakar mengatakan, hasil TKD ini merupakan bagian dari proses rekrutmen CPNS yang harus dijaga konsistensinya. Tidak ada tolong menolong lagi dalam seleksi CPNS. “Tidak ada afirmasi bagi anak siapapun. Zero toleranz,” tegasnya dalam acara penyerahan hasil TKD seleksi CPNS tahun 2013 dari pelamar umum, Kamis (19/12). Dikatakan, seleksi CPNS yang bersih, obyektif, transparan, adil dan bebas dari KKN, selain menghasilkan putera-puteri terbaik bangsa, juga akan mengembalikan kepercayaan publik kepada pemerintah. “Kita ingin ekstrim dalam melakukan perubahan, tapi kalau tarik menarik terlalu keras bahaya juga. Terlalu landai tidak berubah, terlalu curam akan tumpah. Jadi harus mencari keseimbangan di tengah-tengahnya,” tambahnya. Pada kesempatan yang sama, Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian PANRB Setiawan Wangsaatmaja menyatakan, hasil TKD pelamar umum seleksi CPNS tahun 2013 akan diumumkan tanggal 24 Desember oleh pemerintah daerah, sedangkan bagi tenaga honorer kategori 2 akan diumumkan pada bulan Januari 2014.

…dst