1 ) Yogyakarta Tuan Rumah Kontes Robot Indonesia 2014

Fri, 06/27/2014 – 17:39
Yogyakarta, Kemdikbud — Kontes Robot Indonesia (KRI) tingkat nasional 2014 digelar dua hari (26–27 Juni) di Yogyakarta. Kontes ini dibuka oleh Direktur Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat, Ditjen Dikti Kemendikbud, Agus Subekti, di GOR UNY pada Kamis, (26/06). Dalam sambutannya Agus mengatakan, KRI merupakan ajang lomba yang memerlukan kreativitas tinggi dan dinamis. Untuk itu, ia menyampaikan selamat kepada para peserta KRI nasional yang telah lolos dari tingkat regional. “Kompetisinya unik karena butuh nalar yang tinggi. Semua peserta disini adalah peserta terbaik hingga bisa tampil di ajang KRI Nasional,” katanya. Kontes robot merupakan salah satu wahana untuk mendorong kreativitas mahasiswa sekaligus pengimplementasiannya dalam bentuk penerapan teknologi. Ajang ini menjadi salah satu ajang bergengsi untuk menunjukkan prestasi mahasiswa dalam bidang robotika dan diikuti oleh berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Tahun ini, Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dipercaya sebagai penyelenggara.

…dst

2 ) Robot ITS Wakili Indonesia ke India

28 Jun 2014 17:34:48
Surabaya (Antara Jatim) – Tim robot ITS Surabaya menyabet juara Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI) 2014 di Universitas Negeri Yogyakarta (26/6), karena itu tim ITS berhak mewakili Indonesia ke kontes tingkat Asia Pasifik di India pada Agustus mendatang. Informasi Humas ITS Surabaya yang diterima Antara di Surabaya, Sabtu, melaporkan robot RINE dari ITS meraih juara setelah mengalahkan robot El-Tron dari PENS dalam babak final KRAI 2014. Dalam “All ITS Finals” itu, RINE sukses mencetak “shabassh” dalam waktu 1 menit dan 14 detik. Hasil ini membuat RINE unggul atas atas robot El-Tron dari Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS). KRAI tahun ini bertema “Taman Bermain Anak Indonesia” yang mengacu pada tema dari ABU Robocon 2014, kontes robot tingkat Asia Pasifik yakni A Salute to Parenthood. Tema itu menetapkan empat zona permainan sebagai rintangan yang masing-masing harus dimainkan oleh robot otomatis dan manual, yaitu jungkat-jungkit, ayunan, tiang panjat dan tangga panjat.

…dst

3 ) Panitia SBMPTN Imbau Masyarakat Waspada Penipuan

Fri, 06/27/2014 – 16:43
Bandung, Kemdikbud — Ketua Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), Ganjar Kurnia, mengimbau kepada masyarakat agar waspada terhadap penipuan oleh oknum yang menjanjikan bisa memasukkan mahasiswa ke perguruan tinggi negeri. Oknum “calo” tersebut, mengiming-imingi calon mahasiswa sasarannya, dengan mengatasnamakan panitia SBMPTN. “Jangan tergiur (bujukan penipuan), karena itu tidak memungkinkan,” kata Ganjar, di Kantor Rektorat Unpad, Jatinangor, Kamis (26/06). Ganjar menjelaskan, biasanya pengaduan dari korban penipuan ini muncul setelah proses pengumuman SBMPTN dilakukan. Untuk tahun 2014 ini, hasil SBMPTN diumumkan 17 Juli mendatang. Proses SBMPTN telah melalui prosedur yang ditetapkan. Dimulai dengan proses pembuatan soal yang memakan waktu hingga tiga bulan, hingga percetakan yang memerlukan waktu 17—20 hari. Guna menjaga kerahasiaan soal ini, selama proses mencetak petugas tidak boleh pulang dari percetakan. Bahkan, siapapun yang masuk dan keluar dari percetakan termasuk panitia tidak boleh membawa kamera.

…dst

4 ) Diganggun SMS Titipan, Panitia SBMPTN Matikan Ponsel

Jum’at,  27 Juni 2014  ?  07:20 WIB
JAKARTA – Panitia seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN) mengungkapkan banyak pihak yang mencoba menitipkan sanak saudarannya agar lolos SBMPTN. Kepala Panitia SBMPTN 2014 Ganjar Kurnia mengaku merasa terganggu dengan hal tersebut. Dia mengungkapkan hampir setiap hari menerima pesan pendek atau telepon dari orang yang mencoba menitipkan sanak saudaranya agar lolos SBMPTN.  “Itu setiap hari saya ditelepon dan SMS. Mereka kasih tahu nomor ujian peserta sanak saudaranya agar diloloskan SBMPTN,” kata Ganjar ketika ditemui di Gedung Rektorat Universitas Padjadjaran (Unpad), Kamis 26 Juni 2014.  Rektor Unpad ini menegaskan tidak akan melayani permintaan tersebut. Dia pun terpaksa menonaktifkan sementara nomor telepon selulernya sampai pengumuman SBMPTN 16 Juli nanti.  Ganjar menegaskan, selama ini panitia susah payah membuat soal, mendistribusikan dan melaksanakan tes bersama daerah. Dia tidak mau segala upaya untuk menjaring calon mahasiswa berprestasi dinodai dengan ajang titip menitip mahasiswa.

…dst

5 )  Empat PTN Jadi Badan Hukum, Lebih Leluasa Kelola Uang dan Akademik

Jumat, 27 Juni 2014 , 06:52:00
JAKARTA – Pemerintah menambah jumlah perguruan tinggi negeri (PTN) yang berstatus badan hukum (PTN BH). Terkini empat PTN yang awalnya bersifat badan layanan umum (BLU) dinaikkan statusnya menjadi PTN BH. Dengan status itu, mereka lebih leluasa mengelola keuangan dan akademik. Keempat PTN yang ditingkatkan statusnya menjadi PTN BH baru adalah Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung, Univeraitas Diponegoro (Undip) Semarang, Univeraitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya. Keempat kampus plat merah itu melengkapi tujuh PTN yang sudah berlabel badan hukum. Yakni Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM), Institut Teknologi Bandung (ITB), dan Institut Pertanian Bogor (IPB). Selanjutnya Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Universitas Sumatera Utara (USU), dan Universitas Airlangga (Unair). Rektor Unpad Ganjar Kurnia menyambut baik penetapan kampus-kampus badan hukum baru itu. “Banyak dampaknya bagi pengelolaan perguruan tinggi,” katanya usai pertemuan tentang seleksi bersama masuk (SBM) PTN di kampus Unpad kemarin. Penetapan status PTN BH bagi Unpad ini berlangsung cepat. Skemanya adalah Kementerian Pendidikan dan kebudayaan (Kemendikbud) yang menunjuk Unpad menjadi PTN BH sekitar Maret lalu. Sehingga Unpad tidak melalui skema usulan menjadi PTN BH, seperti yang dilakukan ITS Surabaya.

…dst

6 ) Status Unpad Harus Berubah Menjadi PTN BH

Kamis, 26 Juni 2014, 23:36 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG — Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) meminta empat Perguruan Tinggi Negeri (PTN), untuk mengubah status menjadi Badan Hukum (BH). Perguruan tinggi dimaksud yakni Universitas Padjadjaran (Unpad), ITS, Universitas Dipenogoro (Undip), dan Universitas Hasanudin (Unhas). ”Ya, kami diberi mandat untuk mengubah status dari Badan Layanan Umum (BLU) menjadi PTN BH,” ujar Rektor Unpad, Ganjar Kurnia kepada wartawan, Kamis (26/6). Menurut Ganjar, PTN yang sudah berstatus BH saat ini sudah ada 7 PTN. Untuk berubah menjadi BH, Unpad telah melakukan berbagai persiapan secara  internal. Walaupun, sebenarnya Kemdikbud menetapkan Unpad harus menjadi BH, karena dinilai sudah layak dan memenuhi berbagai persyaratan.  ”Kami kan tidak mengusulkan.  Tapi, mereka (Kemdikbud) yang memandatkan karena dilihat dari beberapa kriteria,” katanya.

…dst

7 ) Universitas Andalas Menuju Perguruan Tinggi Berbadan Hukum

Jumat, 27 Juni 2014, 10:42 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, PADANG — Wakil Rektor II Universitas Andalas (Unand) Padang, Herri mengatakan bahwa perguruan tinggi negeri itu saat ini sedang mengupayakan menjadi salah satu perguruan tinggi yang berbadan hukum atau (PT-BH).”Nilai akreditas A yang dimiliki Unand dapat menjadi modal utama dalam upaya menuju Perguruan Tinggi Berbadan Hukum, ” katanya di Padang, Kamis. Dia menjelaskan dengan terakreditasinya Unand dengan nilai A pada awal tahun ini menandakan telah memiliki kesiapan untuk menjadi PT-BH. Untuk mendukung kesiapan ini, jelasnya, Unand telah melakukan perubahan dalam berbagai aspek seperti penggantian Statuta dan Organisasi tata kelola (OTK) pada 2013. Unand juga telah melakukan audit mutu internal untuk melihat sejauh mana kualitas dalam hal pengembangan pendidikan, imbuhnya. Berbagai upaya ini akan terus dilakukan Unand untuk merubah status Unand pada saat ini yakni, sebagai Instansi Badan Layanan Umum (BLU), katanya.

…dst

8 )  Toleransi Bagi yang Belum Daftar Ulang SNMPTN

Kamis, 26 Juni 2014 , 10:06:00
JAKARTA – Panitia seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) memberikan kelonggaran kepada pelamar yang lulus seleksi. Sejumlah pelamar yang tidak melakukan daftar ulang pada 17 Juni lalu, masih diberi kesempatan. Sekretaris Pokja Panitia SNM PTN 2014 Bambang Hermanto mengatakan, aturan kelonggaran itu ada pengecualiannya. “Kita pastikan dulu, jika tidak daftar ulang karena mengikuti tes SBM PTN (seleksi bersama masuk PTN, red) maka otomatis digugurkan dari kelulusan SNMPTN,” katanya kemarin. Bambang menjelaskan, tanggal daftar ulang SNMPTN disengaja dibarengkan dengan tes tulis SBMPTN. Tujuannya untuk mengantisipasi pelamar ganda. Pelamar ganda ini merugikan, karena akan membuat semakin banyak kursi mahasiswa baru di PTN yang tidak terisi. Menurut Bambang, klarifikasi ketidakhadiran calon mahasiswa saat registrasi ulang SNM PTN dikomando masing-masing PTN. “Di Unpad (Universitas Padjadjaran, red) contohnya, panitia mengontaki satu persatu calon mahasiswa yang tidak daftar ulang SNMPTN,” ujarnya. Sampai saat ini, Bambang mengatakan panitia pusat belum mendapatkan rekapitulasi jumlah calon mahasiswa yang tidak daftar ulang SNMPTN. Dia mengatakan, jumlah pasti dan final calon mahasiswa yang diterima melalui jalur SNMPTN bisa diketahui akhir Juni ini.

…dst

9 ) KKN Unhas Integrasi Perguruan Tinggi, Masyarakat dan TNI

Thu, 06/26/2014 – 11:36
Makassar, Kemdikbud — Sebanyak 3.399 mahasiswa Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, Sulawesi Selatan, mengikuti Kuliah Kerja Nyata (KKN) periode bulan Juni 2014 gelombang 87. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh bersama Panglima Kodam 7 Wirabuana,  Mayjen. Bachtiar, dan Rektor Universitas Hasanudin,  Dwia A. Tina melepas peserta KKN tersebut. “Ini merupakan suatu forum yang sangat luar biasa,  karena yang hadir adalah orang-orang yang luar biasa, ” ungkap Mendikbud dalam sambutannya. Saat melepas peserta KKN, pada Selasa (25/06/2014),  di ruang Baruna A.P Pattorani Universitas Hasanudin,  Makassar. Ia mengatakan tidak semua mahasiswa Unhas bisa mendapatkan kesempatan untuk melaksanakan KKN. “Oleh karena itu Anda semua adalah orang-orang pilihan,” ungkap Mendikbud kepada para peserta KKN.

…dst

10 ) Wuih, Ada Dana Rp250 Juta untuk Mahasiswa ITS

Jum’at, 27 Juni 2014 08:01 wib
JAKARTA – Mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) saat ini pasti sedang berbunga-bunga. Pasalnya, mereka akan dikucuri dana sebesar Rp250 juta oleh Kementerian Negara Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (KUMKM). Eits, tunggu dulu, Dana ini bukan pemberian secara cuma-cuma alias gratis. Dana tersebut nantinya digunakan untuk pengembangan bisnis yang dimiliki oleh mahasiswa ITS. Jumlah dana yang disalurkan pun beragam, yakni dengan mempertimbangkan ide bisnis yang telah diajukan. “Dana ini diberikan oleh KUMKM kepada mahasiswa ITS yang ingin memulai maupun mengembangkan bisnis,” kata Deputy V Menteri Negara KMUKM, Prakoso Budi Susetyo SE MM, dalam acara pelatihan kewirausahaan, seperti dilansir dari laman ITS, Jumat (27/6/2014). Pemberian dana ini merupakan upaya pemerintah dalam meningkatkan jumlah dan kualitas Usaha Kecil Menengah (UKM). Diharapkan, tahun depan persentase jumlah wirausaha di Indonesia dapat mencapai angka dua persen melalui program ini.

…dst

11 ) ITB Gandeng Korea Cyber Security Kembangkan SDM

Jumat, 27 Juni 2014, 07:25 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG — Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Korea Cyber Security menjalin kerja sama dalam rangka penelitian dan pengembangan sumber daya manusia sektor cyber security. “Kerja sama ini dilakukan untuk membangun kualitas sumber daya manusia. Hal ini juga diharapkan memberikan pengetahuan betapa pentingnya cyber security,” kata Dekan Sekolah Teknik Elektro dan Informatika ITB Prof Dr Suwarno di Bandung, Jumat (27/6). Ia mengemukakan masyarakat Indonesia saat ini memiliki kebutuhan mendesak untuk menyesuaikan diri dengan perkembangan era kesejagatan, termasuk terkait dengan penggunaan internet. “Bicara tentang internet maka kita otomatis melakukan kerja sama dengan pihak luar negri,” katanya. Suwarno menyebutkan pengembangan dan peningkatan kemampuan sumber daya manusia (SDM) di sektor  cyber security mendesak dan menjadi masa depan ketahanan cyber Indonesia. “Perkembangan global yang cepat menjadi suatu tantangan bagi kita, terutama dalam pengembangan SDM ,” katanya.

…dst

12 )  IPB-Pemkot Bogor Akan Luncurkan Mobil Curhat

Jumat, 27 Juni 2014, 04:17 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR — Pemerintah Kota Bogor, Jawa Barat, dalam waktu dekat akan meluncurkan Mobil Curhat hasil kerja sama dengan Institut Pertanian Bogor (IPB). “Mobilnya sudah ada, tinggal pelaksanaannya yang akan dioperasikan Juli nanti,” kata Wali Kota Bogor Arya Bima, saat ditemui dalam acara Deklarasi Keluarga Indonesia di Kebun Raya Bogor, Kamis (26/6). Bima menjelaskan, Mobil Curhat atau mobil anti galau tersebut melayani curahan hati warga Kota Bogor terkait masalah keluarga. Layanan dalam Mobil Curhat tersebut multi disiplin, ada terkait kesehatan keluarga, ekonomi dan juga gizi. “Kita (Pemerintah Kota-red) bermitra dengan Fakultas Ekologi Manusia IPB yang memiliki ide untuk menghadirkan mobil Curhat ini,” ujar Bima. Menurut Bima, pihaknya telah berdiskusi lama dengan pihak IPB terkait program keluarga sejahtera bahagia.

…dst

13 ) Erick Thohir Diminta Berikan Kontribusi untuk IPB

Jumat, 27 Juni 2014, 20:55 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR — Pengusaha muda Erick Thohir diharapkan mampu berkontribusi positif untuk IPB sebagai anggota Majelis Wali Amanat (MWA). Hal ini disampaikan Profesor Tridoyo Kusumas Tianto, Ketua Senat Akademik IPB, saat ditemui di kantornya.  “Erick Thohir menjadi anggota unsur masyarakat, unsur ini ada empat orang, seluruh anggota MWA ada 17 orang,” kata Tridoyo, Jumat (27/6) di Bogor. Tridoyo mengatakan, IPB membutuhkan seseorang yang mampu menghubungkan perguruan tinggi dengan industri. Menurut dia, sosok presiden Inter Milan ini memiliki kapasitas tersebut. Kapasitasnya, kata dia, terbukti dengan koneksinya hingga di level internasional. “Erick Thohir juga memiliki pengetahuan, pengalaman dan jaringan dalamenterpreneurship. Ini penting untuk memperluas jaringan IPB ke dunia internasional,” kata Tridoyo.

…dst

14 ) Presiden Inter Milan Diharapkan Berkontribusi untuk ITB

Jumat, 27 Juni 2014, 19:25 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR — Erick Thohir diharapkan mampu berkontribusi positif untuk IPB sebagai anggota Majelis Wali Amanat (MWA). Hal ini disampaikan Proffesor Tridoyo Kusumas Tianto, Ketua Senat Akademik IPB saat ditemui di kantornya.  “Erick Thohir menjadi anggota unsur masyarakat, unsur ini ada empat orang, seluruh anggota MWA ada 17 orang,” Kata Tridoyo (27/6). Menurut Ahli Kebijakan Ekonomi Kelautan ini, IPB membutuhkan seseorang yang mampu menghubungkan Perguruan Tinggi dengan industri. Menurut Tridoyo, Presiden Inter Milan ini memiliki jaringan internasional untuk memperluas jaringan IPB. “Erick Thohir juga memiliki pengetahuan, pengalaman dan jaringan dalam enterpreneurship,” Kata Tridoyo lagi.  Tridoyo menjelaskan Kewirausahaan adalah salah satu pilar IPB. Setiap mahasiswa dibekali kemampuan Kewirausahaan. IPB pun memiliki mata kuliah Kewirausahaan yang bisa diambil oleh mahasiswa berbagai jurusan.

…dst

15 ) PTN BLU Sulit Mencairkan Dana

Kamis, 26/06/2014 – 16:17
BANDUNG, (PRLM).- Depertemen Keuangan (Depkeu) RI belum mengeluarkan aturan (regulasi) penggunaan dana swakelola Perguruan Tinggi Negeri (PTN) berstatus Badan Layanan Umum (BLU). Akibatnya, Unpad sebagai lembaga yang berstatus PTN BLU tidak dapat mengeluarkan tunjangan kinerja untuk honor rector, dekan, dosen, dan karyawan karena belum ada penetapan standar honor yang dikeluarkan Depkeu. Kalaupuan Unpad mencoba mengeluarkan dana untuk itu, sifatnya hanya pinjaman sampai peraturan Depkeu dkeluarkan. “Ini semua karena kita sebagai lembaga berstatus BLU belum mendapat atuaran atau regulasi yang jelas tentang bagaimana pengaturan honor dari Depkeu. Hari ini (Kamis, 26 Juni 2016, red) Wakil Rektor Bidang Keuangan sedang ke Jakarta, semoga saja kebijakan itu sudah ada sebelum lebaran,” ujar Rektor Unpad Ganjar Kurnia, di Ruang Rektorat Unpad, Jalan Jatinangor, Sumedang, Kamis (26/6/2014). Pada kesempatan itu, Rektor didampingi Ketua LPPM Unpad Wawan Hermawan menerima kunjungan Kelompok Kerja Wartawan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan (Depdikbud) Jakarta. Kunjungan ini, kata Rektor, karena selama ini pihaknya hanya berhubungan dengan media Jakarta saat pelaksanaan SNMPTN. Mengingat Rektor Unpad juga menjabat sebagai Ketua SNMPTN Nasional pada waktu itu. “Jadi, silakan sekarang teman-teman keliling Unpad untuk melihat kampus kita,” ujarnya.

…dst

16 ) Hasil Riset PT Tidak Pas dengan Kebutuhan Industri

Kamis, 26/06/2014 – 15:31
SOLO, (PRLM).- Hasil-hasil riset kalangan akademisi di perguruan tinggi (PT) selama ini, ternyata belum banyak yang dimanfaatkan dunia industri. Penyebabnya, kebanyakan hasil penelitian PT tidak pas dengan kebutuhan dunia usaha.Direktur Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Prof. Dr. Khudzaifah Dimyati, mengungkapkan hal itu dalam seminar nasional LKemitraan Dunia Pendidikan dan Dunia Kerja Dalam Meningkatkan Daya Saing”, Kamis (26/6/14). “Tidak adanya riset PT yang dipakai dunia industri, karena tidak ada kecocokan antara produk riset dengan kebutuhan industri. Sebab itu, perlu ada sinergi antara PT dan dunia industri untuk mengembangkan teknologi dan peningkatan daya saing lulusan PT,” ujarnya. Sehubungan dengan itu, katanya, UMS ingin membangun kerjasama pascasarjana dengan dunia industri. Menurut dia, kerjasama antara PT dan industri menjadi nilai tambah dalam akreditasi. “Selama ini, banyak PT baik perguruan tinggi negeri (PTN) maupun perguruan tinggi swasta (PTS), menjalin kerjasama dengan industri hanya di atas kertas,” ungkapnya.

…dst

17 ) 8 PTS kerja sama pengembangan bidang arsitektur

Kamis, 26 Juni 2014 08:55 WIB
Tangerang (ANTARA News) – Sebanyak delapan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) melakukan kerja sama dalam pengembangan bidang arsitektur. Kedelapan PTS tersebut yakni Universitas Budi Luhur, Universitas Kristen Indonesia, Institut Sains dan Teknologi Nasional, Universitas Pancasila, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Universitas Bung Karno dan Universitas Persada Indonesia YAI. Prof Ir Suryo Hapsoro Tri Utomo selaku Rektor Universitas Budi Luhur di Tangerang, Kamis, mengatakan, kerjasama dilakukan sebagai tindak lanjut dari kesepakatan sebelumnya enam PTS sejak Maret 2011 hingga Maret 2014. Ketika itu, enam PTS yakni Universitas Budi Luhur, UKI, UP, UBK, Borobudur dan UMJ, telah melaksanakan workshop Green Kampung dan Green Housing serta studi ekskursi ke Singapura. “Dari kerjasama yang sudah dilakukan enam PTS, kemudian ISTN dan YAI menyatakan diri untuk bergabung dalam kelompok sehingga menjadi delapan PTS,” ujarnya.

…dst

18 ) Pemerintah Bahas Pembentukan Akademi Perkeretaapian

DIBUAT PADA 27 JUNI 2014
JAKARTA – Usulan pembentukan Akademi Perkeretaapian di Madiun yang digagas Kementerian Perhubungan perlu ditindaklanjuti dengan perencanaan matang, terutama gambaran outcome yang akan diperoleh masyarakat. Selain itu, perlu didiskripsikan  rencana pemanfaatan PNS yang ada di Kementerian Perhubungan untuk mengisi jabatan yang kosong di Akademi tersebut. Asisten Deputi Assesmen dan Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan Kelembagaan II Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Hastori mengatakan, dari segi fasilitas sudah cukup dalam memadai pembentukan Akademi. Namun pembentukan Akademi juga harus memiliki standar sarana belajar mengajar di perguruan tinggi. “Standar ini dibuat agar ada equal service terhadap seluruh taruna,” ujarnya dalam rapat dengan Kementerian Perhubungan dan Badan Kepegawaian Negara membahas usulan pembentukan Akademi Perkeretaapian Madiun di Jakarta, Kamis (26/6).

…dst

19 )  UGM Kembangkan Batik Hostologi

Sabtu, 28 Juni 2014, 00:28 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA — Tim mahasiswa Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada membuat dan mengembangkan motif batik histologi atau gambar jaringan tubuh makhluk hidup yang diberi nama “Kumahargyan Batik”. “Kami memilih gambar jaringan tubuh makhluk hidup, karena memang belum ada yang memakainya sebagai motif batik. Selain itu, jaringan tubuh memiliki bentuk yang bagus, sehingga cocok dituangkan menjadi motif batik,” kata koordinator tim Nisa Karima di Yogyakarta, Jumat kemarin. Menurut dia, ide awal pembuatan batik bermotif jaringan tubuh itu bermula ketika mempelajari histologi pada semester awal perkuliahan. Dosen menjelaskan tentang berbagai struktur jaringan tubuh, salah satunya alat penyaring darah di ginjal atau ginjal glumerulus. “Waktu itu dijelaskan struktur ginjal glumerulus dan bentuknya memang indah, dan beliau berkata struktur ginjal tersebut bagus kalau misalnya dituangkan menjadi motif batik. Dari pengalaman itu kami mulai pembuatan kreasi batik histologi,” katanya.

…dst

20 ) Pegawai UPT Sebaiknya PPPK, Tidak harus PNS

DIBUAT PADA 27 JUNI 2014
JAKARTA – Selaras dengan kebijakan dalam Undang-Undang nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN), Unit Pelaksana Teknis (UPT) disarankan untuk diisi dengan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Kebijakan ini juga akan diterapkan pada UPT Balai Monitor Infrastruktur Internet yang diusulkan Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika. Kehadiran UPT ini dinilai strategis, karena nantinya UPT akan memonitoring, mendeteksi, sampai memberikan peringatan dini terhadap penggunaan internet yang tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku, misalnya pornografi. “UPT baiknya diisi dengan jabatan fungsional, jangan struktural. Penguatan jabfung tersebut lebih tepat dibanding di-support dengan struktural setingkat eselon tiga,” ujar Asdep Koordinasi Kebijakan, Penyusunan, dan Evaluasi Program Kelembagaan dan Tatalaksana Kementerian PANRB Siti Nurhayati, dalam rapat pembahasan pembentukan UPT Balai Monitor Infrastruktur Internet di Jakarta, Jumat (27/06). Embrio Balai Monitor Infrastruktur Internet sebenarnya sudah menyiapkan personil sejak tahun 2005, namun unit kerja ini masih bersifat ad hoc. Namun unit ad hoc ini sudah mendapat dukungan dari pemda DKI yang berlaku sampai tahun 2014.

…dst