1 ) Mendikbud Lantik Rektor Universitas Sam Ratulangi dan Dua Direktur Politeknik

Fri, 07/25/2014 – 10:21
Jakarta, Kemdikbud — Jelang akhir bulan suci Ramadan, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh melantik tiga pimpinan perguruan tinggi. Mereka adalah Rektor Universitas Sam Ratulangi, Direktur Politeknik Negeri Nusa Utara, dan Direktur Politeknik Negeri Balikpapan. Berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 162, 167, dan 168/MPK.A4/KP/2014 yang ditetapkan di Jakarta, pada tanggal 24 Juli 2014, berikut tiga nama pimpinan perguruan tinggi yang dilantik tersebut:

  1. Prof. Dr. Ir. Ellen Joan Kumaat, M.Sc., DEA., sebagai Rektor Universitas Sam Ratulangi periode tahun 2014-2018.
  2. Prof. Dr. Ir. Frans Gruber Ijong, M.Sc., sebagai Direktur Politeknik Negeri Nusa Utara periode tahun 2014-2018.
  3. Nurwahidah Jamal, S.T., M.T., sebagai Direktur Politeknik Negeri Balikpapan.

…dst

2 ) Kemdikbud Dukung Penyediaan Komputer untuk Seleksi CPNS Tahun 2014

Wed, 07/23/2014 – 14:44
Jakarta, Kemdikbud — Seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun 2014 secara nasional akan dilaksanakan dengan menggunakan Computer Aided Test (CAT). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) menyediakan lebih dari 20 ribu komputer yang berada di perguruan tinggi dan Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) di seluruh Indonesia untuk mendukung proses seleksi tersebut. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Mohammad Nuh, mengatakan, Kemdikbud sebelumnya pernah melaksanakan uji kompetensi guru (UKG) dengan menggunakan komputer-komputer tersebut. Dengan peserta sebanyak 1,3 juta guru di seluruh Indonesia, penggunaan komputer sebagai alat tes sangat menghemat biaya.

…dst

3 ) Fakultas Kedokteran Universitas CendrawasihTerancam Tutup

Kamis, 24 Juli 2014, 15:49 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, JAYAPURa — Tim investigasi kasus Fakultas Kedokteran Universitas Cenderawasih (Uncen) Jayapura dari Pemerintah Daerah Provinsi Papua menjamin fakultas tersebut tidak tutup. “Kami jamin Fakultas Kedokteran Uncen tidak ditutup. Kasusnya sudah ada di sekretaris daerah Papua tinggal dilanjutkan ke Gubernur Papua Lukas Enembe,” kata ketua tim investigasi pemda Papua Aloysius Giyai di Jayapura, Kamis. Menurut dia, ada dua tim investigasi yang dibentuk untuk menelusuri kasus kedokteran Uncen. Pertama tim internal dari Uncen kemudian tim kedua dari Pemda Papua.Dari kajian yang dilakukan oleh kedua tim, ternyata manajemen dari fakultas tersebut bermasalah. “Dari persoalan itu maka mahasiswa terus menuntut dekan agar meletakan jabatanya karena tidak membangun komunikasi dengan bawahan, para dosen dan mahasiswa,” ujarnya.

…dst

4 ) Mahasiswa UI Presentasikan Riset Thalasemia di London

Minggu, 20 Juli 2014, 22:00 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA–Tiga mahasiswa dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia akan mempresentasikan hasil riset terkait Thallasemia dalam London International Youth Science Forum (LIYSF) ke 56 di Inggris. Anastasia Michelle Pratanata, Diannisa Paramitha Susantono dan Michelle Audrey Darmadi adalah mahasiswa semester 5 fakultas kedokteran UI. Mereka akan memaparkan hasil penelitian berjudul “Hubungan antara penumpukan zat besi berlebih dengan potensi gagal tumbuh pada penderita thalassemia usia 10-18 tahun.” Diannisa di Jakarta, Minggu, menjelaskan Thalassemia merupakan penyakit genetik yag berhubungan dengan darah, dimana kandungan hemoglobin dalam darah penderita mudah pecah, dan menimbulkan gejala seperti anemia. Namun dalam tahapan yang lebih parah, Thallasemia dapat menyebabkan gagalnya pertumbuhan pada anak.

…dst

5 )  Alumni Teknik Mesin ITB Jadi Desainer Mobil F1

Senin, 21 Juli 2014 17:02 wib
JAKARTA – Siapa tak kenal olahraga Formula One (F1). Salah satu ajang balap mobil tingkat dunia itu kerap digandrungi berbagai kalangan. Maka, menjadi sebuah kebanggaan ketika mampu menjadi bagian dalam ajang bergengsi tersebut.Perasaan itu yang dialami alumni Teknik Mesin Institut Teknologi Bandung (ITB) 2004, Stephanus Widjanarko. Tephie -begitu panggilan akrabnya- bekerja sebagai salah satu engineer yang bertugas mendesain mobil balap F1 di Italia.Dia bergabung dalam tim Scuderia Torro Roso yang merupakan tim junior dari Red Bull Racing. Dalam tim ini, Tephie  berperan sebagai Computational Fluid Dynamics (CFD) aerodynamicist pada CFD khususnya di bagian external aero development.

…dst

6 ) PSM Maranatha Berjaya di Jerman

Rabu, 23/07/2014 – 13:33
BANDUNG, (PRLM).- Paduan Suara Mahasiswa Universitas Kristen Maranatha (PSM Maranatha) kembali mengharumkan nama Indonesia di ajang kompetisi paduan suara internasional 10th International Choir Competition di Miltenberg, Jerman. Dalam surat elektroniknya yang diterima “PRLM”, Rabu (23/7/2014) menyebutkan, kompetisi yang diikuti PSM UKM itu diselenggarakan pada 17 – 20 Juli 2014 dan PSM Maranatha berhasil meraih juara pertama di kategori Mixed Choir dan juara kedua di kategori Folklore, serta penghargaan Interpretasi Terbaik untuk Lagu Wajib. PSM Maranatha bermain di bawah arahan konduktor Agustinus Bambang Jusana. Jumlah anggotanya sebanyak 32 penyanyi dan berhasil memukau dewan juri lewat komposisi yang dibawakan, sepertia “Cantus Gloriosus” karya Jozef ?wider, “O Primavera” karya Claudio Monteverdi, “Denn er hat seinen Engeln befohlena” karya Felix “pMendelssohn Bartholdy, “O’ve lass’il bel viso” karya Morten Lauridsen, dan “Gloria-Indonesian” Mass karya Ivan Yohan.

…dst

7 ) Publikasi ke Jurnal Internasional Sama dengan Melamar Gadis

Minggu, 20 Juli 2014 19:11 wib
JAKARTA – Untuk mempublikasi hasil riset dalam sebuah jurnal ilmiah. Apalagi ketika jurnal tersebut bertaraf internasional. Pengalaman itu pula yang dirasakan Dosen Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta Abdul Rohman ketika akan mempublikasikan hasil penelitiannya. Perjuangan Abdul untuk mempublikasikan hasil risetnya di berbagi jurnal bertaraf internasional tentu tidaklah mudah. Sulung dari enam bersaudara itu mengaku sempat mengalami kesulitan mendaftarkan artikelnya di jurnal-jurnal tersebut bahkan lebih sering ditolak. Namun, Abdul tidak pernah putus asa. Dia pun tetap berusaha memilih mempublikasikan hasil risetnya di jurnal-jurnal berpengaruh dan berdampak besar pada kemajuan ilmu pengetahaun dan teknologi. Usahanya berbuah manis. Penelitian Abdul berhasil terpublikasi melalui International Journal of Food Properties, International Food Research, Journal of  the American Oil Chemist Society, Global Journal of Pharmacology. Berbagai jurnal tersebut, kata Abdul, ada di Amerika Serikat

…dst

8 ) Undip Tuan Rumah Pimnas

22 Juli 2014
SEMARANG – Undip akan mengadakan Pekan Ilmiah Ma­hasiswa Nasional (Pimnas) Ke-27 pada 25-28 Agustus.  Undip menjadi tuan rumah, lantaran pres­tasinya pada ajang serupa di Ma­taram, NTB, tahun lalu. ”Biasanya penyelenggara Pimnas selalu ditunjuk, na­mun kali ini kami yang meminta kepada Dirjen Dikti untuk da­pat mengadakan Pim­nas. Undip mampu meno­reh­kan prestasi bagus me­raih urutan keenam dari 92 perguruan tinggi di Mataram, sehingga tahun ini bertekad menjadi tuan rumah,” tutur Rektor Undip Prof Su­dharto Prawoto Hadi MES PhD saat bertemu CEO SM Net­work Kukrit Suryo Wicak­sono di Me­nara Suara Merdeka, ke­marin. Acara itu dihadiri Pembantu Rektor (PR) III Undip Drs Warsito SU, PR IV Prof Sultana MH Faradz PhD, Ketua Panitia Pim­nas 2104 Ir Bambang Soe­lis­tijo PhD, Sekretaris Panitia Agung Budiatmo SSos MM, dan PLT Kepala UPT Humas Rini Han­dayani. Selain itu, Pemimpin Re­­daksi (Pemred)  Suara Mer­deka Amir Machmud NS, Pem­red Wawasan Agus To­to, dan Pemred Suara Mer­de­ka.com Setiawan Hendra Kelana.

…dst

9 ) 19 Penyandang Disabilitas Lolos Seleksi Universitas Brawijaya

Jumat, 25 Juli 2014, 06:15 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,MALANG–Sebanyak 19 orang penyandang disabilitas dinyatakan lolos dan diterima sebagai calon mahasiswa baru Universitas Brawijaya Malang, Jawa Timur, setelah menjalani serangkaian tes Seleksi Khusus Penyandang Disabilitas (SKPD) selama tiga hari, 17-19 Juli 2014. Sekretaris Pusat Studi Layanan Disabilitas (PSLD) Universitas Brawijaya (UB) Malang Slamet Tohari di Malang, Jumat, mengatakan dari 26 orang yang mengikuti SKPD, yang memenuhi kriteria dan dinyatakan lulus 19 orang, termasuk anak ketiga artis Dewi Yull, Panji Surya Putra. “Sebanyak 19 disabilitas yang lolos itu, 12 peserta untuk jenjang Diploma 3 dan tujuh orang lainnya untuk jenjang Sarjana Strata 1 (S1). Mereka dinyatakan memenuhi standar nilai yang ditetapkan panitia seleksi UB,” ujarnya. Standar penilaian yang ditetapkan tersebut adalah nilai total dari seluruh materi ujian yang yang diujikan, yakni ujian tulis, ujian praktik belajar (simulasi kuliah) di dalam kelas, serta wawancara. Seleksi ini berdasarkan hasil akumulasi nilai secara keseluruhan (total). Peserta yang lolos seleksi, sebagian besar mengambil jurusan di bidang Sains dan Teknologi untuk jenjang Sarjana, seperti Farmasi, Psikologi, Agroteknologi, dan Teknik Informatika.

…dst

10 ) Unpad Prioritaskan Calon Mahasiswa Asal Jawa Barat  

RABU, 23 JULI 2014 | 05:51 WIB
TEMPO.CO, Bandung – Universitas Padjajaran membuat program yang memprioritaskan calon mahasiswa asal Jawa Barat untuk kuliah di kampunya. Jumlahnya kini sekitar 70 persen dari total mahasiswa baru. Wakil Rektor Bidang Pembelajaran dan Kemahasiswaan Universitas Padjadjaran Engkus Kuswarno mengatakan, pada tahun akademik 2014/2015, mahasiswa yang diterima berjumlah 5.700 untuk program sarjana. Sebanyak 2.696 orang lolos Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri 2014. Sedangkan sisanya dari jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri 2014. “Sekitar 70 persen kami pilih dari Jawa Barat,” ujarnya, Selasa, 22 Juli 2014. Program “Unpad Nyaah ka Jabar” yang dimulai tahun lalu itu untuk membuka peluang siswa asal Jawa Barat berkuliah di kampus negeri. Seleksinya tetap memakai jalur standar SNMPTN dan SBMPTN. “Kalau tidak lulus seleksi, ya, tidak kami terima. Peluang lebih besar jika di daerahnya banyak SMA sederajat, seperti Bandung,” tuturnya.

…dst

11 ) UM Undip Diikuti 50.000 Orang

21 Juli 2014
SEMARANG – Undip menyelenggarakan penerimaan mahasiswa baru gelombang ketiga melalui seleksi ujian mandiri (UM), Sabtu (18/7). penerimaan mahasiswa baru ini melengkapi pelaksanaan SNMPTN dan SBMPTN yang hasilnya telah diumumkan beberapa hari lalu. Rektor Prof Sudharto Prawoto Hadi MES PhD mengatakan, peminat UM lumayan tinggi. ‘’Peserta yang masuk jalur ini mencapai 23.916 orang. Jumlah tersebut meningkat pesat dari tahun lalu. Peningkatan bahkan mencapai angka 1.400 orang,’’ tuturnya, di sela-sela memantau pelaksanaan UM di Fakultas Teknik, Sabtu (18/7).Dilihat dari pemilihan program studi terdapat pergeseran peminatan. Kendati demikian, Fakultas Kedokeran tetap menjadi program studi (prodi) yang paling diminati. Akuntasi yang biasanya menempati posisi kedua kali ini bergeser pada posisi kelima. ‘’Adapun posisi kedua dan selanjutnya ditempati Prodi Hukum, Manajemen, dan Teknik Industri. Memang terdapat kecenderungan peminatan yang berbeda tahun ini,’’ kata dia.

…dst

12 ) Rektor ITS Lepas 10 Bus Mudik Bareng

24 Jul 2014 16:50:47
Surabaya (Antara Jatim) – Rektor ITS Prof Dr Ir Tri Yogi Yuwono DEA yang didampingi Asisten Kemasyarakatan Pemprov Jatim Dr Asyhar melepas keberangkatan 10 bus mudik bareng gratis di lapangan kampus ITS Surabaya, Kamis.”Kami mengadakan mudik bareng yang merupakan agenda tahunan itu bekerja sama dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Jatim,” kata Ketua Panitia Ramadhan Di Kampus 1435 Hijriah ITS (RDK 35 ITS) Kharisma Agung. Kesepuluh bus itu akan mengantarkan para mahasiswa ITS dan masyarakat sekitar kampus ke delapan rute kota tujuan, di antaranya Blitar, Trenggalek, Bojonegoro, Banyuwangi selatan, Banyuwangi utara, Ngawi, Pacitan, dan Sumenep, Madura. “Masing-masing bus memiliki rute perjalanan yang berbeda, sehingga masyarakat bisa menyesuaikan rute-rute yang dilewati bus tersebut,” kata mahasiswa Jurusan Teknik Sipil ITS itu.

…dst

13 ) Tak Dapat Formasi, 9 Instansi Ini Tidak Rekrut CPNS Pada 2014

Senin, 21 Juli 2014 – 14:22 WIB
Sebanyak 9 (sembilan) instansi pemerintah, yang terdiri atas Kementerian dan Lembaga Pemerintah Non Kementerian (K/L), serta 123 pemerintah daerah di tanah air tidak memperoleh tambahan alokasi formasi Aparatur Sipil Negara (ASN) pada 2014 ini. Dengan demikian, ke-9 K/L dan 123 pemerintah daerah itu, tahun ini, tidak akan melakukan perekrutan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Kepala Biro Humas dan Protokol BKN Tumpak Hutabarat menjelaskan, tidak adanya formasi bagi ke-9 K/L dan 123 pemerintah daerah itu tertuang dalam Surat Menteri B-2550/M.PAN-RB/06/2014 tanggal 20 Juni 2014 perihal Persetujuan Prinsip Tambahan Formasi ASN Tahun 2014, untuk formasi jabatan pelaksana (Jabatan Fungsional Umum) harus memuat kualifikasi pendidikan, golongan/ruang, jumlah, dan alokasi untuk masing-masing jabatan (unit kerja penempatan). Ia menyebutkan, ke-9 K/L yang tidak memperoleh alokasi ASN 2014 itu adalah: 1. Kementerian Koperasi dan UKM; 2. Kementerian PAN-RB; 3. Kementerian Luar Negeri(Kemlu); 4. Kementerian Pertahanan; 5. Lembaga Pengetahuan Ilmu Indonesia (LIPI); 6. Badan Pengawas Teknik Nuklir (BPTN): 7. Kepolisian Negara RI (Polri); 8. Sekretariat Jendral DPR-RI; dan 9. Sekretariat Komisi Nasional HAM.

…dst

14 ) Jelang Lebaran, PNS dan Anggota TNI/Polri Diingatkan Dilarang Terima Hadiah

Selasa, 22 Juli 2014 – 08:47 WIB
Terkait dengan makin dekatnya Hari Raya Idul Fitri 1435H/2014M, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Azwar Abubakar menyampaikan Surat Edaran Nomor 02 Tahun 2014, yang ditujukan kepada seluruh Pegawai Negeri Sipil (PNS), anggota TNI dan anggota Polri. Dalam surat tertanggal 17 Juli 2014 itu, Menteri PAN-RB mengingatkan, bahwa Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1435H diperhitungkan jatuh pada 28-29 Juli 2014. Sedangkan cuti bersama adalah 3 (tiga) hari setelah Hari Raya, yaitu tanggal 30-31 Juli, dan 1 Agustus 2014. Untuk itu, Menteri PAN-RB Azwar Abubakar meminta kepada seluruh pimpinan instansi pemerintah agar memerintahkan kepada seluruh PNS, anggota TNI, dan anggota Polri di lingkungan kerja masing-masing untuk menaati hari/jam kerja, serta menciptakan dan memelihara suasana yang kondusif untuk dapat melaksanakan tugas dan pelayanan kepada masyarakat.

…dst

15 ) Mendikbud Serahkan Naskah Soal CPNS

DIBUAT PADA 23 JULI 2014
JAKARTA – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh menyerahkan naskah soal seleksi tes CPNS tahun 2014 kepada Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Azwar Abubakar selaku Ketua Panitia Nasional Seleksi CPNS tahun 2014, bertempat di Kantor Kementerian PANRB, Jakarta (23/7). Hadir menyaksikan  penyerahan ini antara lain Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Eko Sutrisno, Wakil Kepala BKN Bima Haria Wibisana, Sekretaris Kementerian PANRB Tasdik Kinanto, Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian PANRB, Setiawan Wangsaatmaja. Dalam sambutannya Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh memberikan catatan sangat positif dari apa yang telah digagas oleh  Menteri PANRB tentang penerimaan CPNS yang terbuka, transparan dan bebas KKN.  “Rekrutmen CPNS dengan menggunakan Computer Assisted Test (CAT), yang relatif lebih canggih, terbuka dan transparan, bebas KKN diharapkan bisa menumbuhkan kepercayaan masyarakat kepada pemerintah”, ujarnya.

…dst

16 ) Pemerintah Tetapkan 11 Jabatan CPNS untuk Sarjana Semua Jurusan

DIBUAT PADA 23 JULI 2014
JAKARTA –Seiring dengan kebijakan dibukanya lowongan CPNS  lintas jurusan sebanyak lima persen formasi, pemerintah telah menetapkan adanya 11 jabatan yang bisa dilamar oleh sarjana dari semua jurusan. Sayangnya, banyak instansi pemerintah pusat maupun daerah yang belum mengalokasikan untuk jabatan 5 % yang dapat dilamar olehsarjana dari  semua jurusan. Hal itu merupakan salah satu penyebab belum rampungnya proses verifikasi formasi CPNS dari sejumlah daerah, untuk selanjutnya mendapatkan ijin prinsip dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. “Kalau ijin prinsip sudah ada diharapkan segera bisa diumumkan lowongan jabatan yang dibuka di masing-masing kementerian, lembaga maupun pemda,” ujar Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian PANRB Herman Suryatman saat talk show di sela-sela simulasi CAT di kampus Universitas Sumatera Utara (USU) Medan, Selasa (22/07).

…dst