1 ) UGM-Gifu Bentuk Konsorsium Internasional Pertanian dan Bioteknologi

Wednesday, 30 July 2014, 23:00 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA — Universitas Gadjah Mada melalui Fakultas Pertanian dan Gifu University, Jepang, bekerja sama membentuk konsorsium internasional universitas di Asia Tenggara dan Selatan dalam pendidikan doktor bidang pertanian dan bioteknologi. “Dengan konsorsium tersebut diharapkan akan memberikan kemudahan bagi para dosen dan mahasiswa program strata tiga (S-3) dalam bidang pertanian dan bioteknologi dalam memanfaatkan kesempatan memperluas wawasan,” kata koordinator konsorsium Siti Subandiyah di Yogyakarta, Rabu (30/7). Menurut dia, para dosen dan mahasiswa program strata tiga dalam bidang pertanian dan bioteknologi juga dapat menggunakan fasilitas pendidikan dan penelitian anggota konsorsium. “Peraturan baru Direktorat Jenderal (Ditjen) Pendidikan Tinggi (Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) bagi kelulusan program S-3 diharuskan sudah mempublikasikan hasil riset disertasinya pada jurnal internasional,” katanya.

…dst

2 ) Sang Ayah Jadi Kadaver, Putri Dosen UGM ‘Ziarah’ Kubur ke Laboratorium Anatomi

Thu, 07/31/2014 – 14:17
Jakarta, Kemdikbud — Hari Raya Idul Fitri atau akrab disebut lebaran, identik dengan bersilaturahim dan melakukan ziarah kubur. Di Indonesia, banyak yang bersilaturahim atau melakukan ziarah kubur meski harus menempuh jarak jauh, bahkan lintas pulau. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh melihat ziarah kubur sebagai sebuah aksesoris yang bersifat spiritual dalam merayakan Idul Fitri. “Meskipun berdoa tidak mengenal jarak dan posisi, tapi ada budaya yang disebut proximity culture, kedekatan. Jadi ziarah kubur menjadi tradisi karena adanya kebutuhan secara jarak psikologis, juga fisik. Jadi ada hubungan psikofisik,” katanya beberapa waktu lalu.Namun kondisi berbeda dialami Sachiko Mawaddah Lestari, putri tunggal dari almarhum Fitri Mardjono, Dosen Jurusan Teknik Sipil dan Lingkungan Fakultas Teknik (FT) Universitas Gadjah Mada (UGM). Sachiko melakukan ziarah bukan dengan mengunjungi makam almarhum ayahnya, melainkan dengan mengunjungi Laboratorium Anatomi di kampus Fakultas Kedokteran (FK) UGM.

…dst

3 ) Hasil Penelitian CDAST Universitas Jember Diakui Dunia Internasional

Jember, 24 Juli 2014
Warga Kampus Tegalboto patut berbangga, hasil penelitian yang dilakukan oleh Center for Development of Advanced Science and Technology (CDAST) Universitas Jember di bidang bioteknologi mendapat pengakuan dunia. Salah satu jurnal bergengsi di bidang bioteknologi,Nature Biotechnology, dalam laporannya berjudul Beating The Heat membahas varitas tebu N11-4T yang merupakan varietas tebu tahan kering Produk Rekayasa Genetika (PRG) hasil penelitian CDAST Universitas Jember. Laporan ini muncul dalam Jurnal Nature Biotechnology volume 32 nomor 7 bulan Juli 2014. Dalam laporan yang ditulis oleh Emily Waltz, varietas tebu PRG N11-4T disebut sebagai salah satu dari sepuluh produk tanaman rekayasa genetika yang saat ini sudah dikembangkan secara komersial di dunia. Tebu PRG N11-4T dijelaskan memiliki keunggulan dimana produksinya 20-30% lebih tinggi daripada tebu jenis lain saat ditanam di lahan kering. Keberhasilan ini menempatkan CDAST Universitas Jember sebagai pengembang varietas tebu PRG N11-4T, dan PTPN XI serta Ajinomoto sebagai pihak yang memanfaatkan varietas tebu PRG N11-4T secara komersial, sejajar dengan pengembang produk rekayasa genetika kaliber dunia seperti Monsato, Du Pont Pioneer, Arcadia Biosciences dan lainnya.

…dst

4 ) Tebu Hasil Penelitian Unej Masuk Jurnal Internasional

Sabtu, 26 Juli 2014 17:16 wib
JAKARTA – Menjadi kebanggaan tersendiri bagi sebuah universitas, ketika hasil riset mereka mendapat pengakuan dari dunia internasional. Seperti yang dirasakan oleh Universitas Jember (Unej) ketika mendapat pengakuan dari jurnal internasional, Nature Biotechnology. Pengakuan dari jurnal bergengsi di bidang bioteknologi ini, diberikan terhadap hasil penelitian yang dilakukan oleh Center for Development of Advanced Science and Technology (CDAST) Unej. Laporan yang berjudul Beating The Heat itu muncul dalam Jurnal Nature Biotechnology volume 32 nomor 7, Juli 2014. Laporan tersebut membahas varitas tebu N11-4T, sebuah varietas tebu tahan kering Produk Rekayasa Genetika (PRG).  Dalam laporan yang ditulis oleh Emily Waltz, varietas tebu PRG N11-4T disebut sebagai salah satu dari sepuluh produk tanaman rekayasa genetika, yang saat ini sudah dikembangkan secara komersial di dunia.

…dst

5 ) Portal Undip Peringkat Pertama

26 Juli 2014
SEMARANG – Portal repository Undip meraih peringkat terbaik pertama di Indonesia dan ranking empat Asia. Demikian dilansir Webometrics for Repository bulan ini. ‘’Saya menerima informasi portal Undip  http://eprints.­undip.ac.id diberi penilaian bagus dari lembaga pemeringkat internasional. Webometrics menempatkan Undip pada peringkat paling atas untuk kampus-kampus di Tanah Air,’’ kata Rektor Undip Prof Sudharto Prawoto Hadi MES PhD, kemarin. Pemeringkatan bisa dicermati melalui http://repositories.webometrics.info/en/top_Inst. Mengutip Webometrics, pemeringkatan mencakup dua kategori, yakni Top Institutional Repository untuk institusi yang memiliki repositori dan Top Repository yang merupakan pemeringkatan repositori itu sendiri. Bisa saja satu institusi membawahi dua repositori.

…dst

6 ) Beasiswa Bidikmisi Mewujudkan Impian

Sat, 2014-07-26 21:26
Uswatun Khasanah adalah salah satu mahasiswa di Prodi Pendidikan Teknik Elektronika Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta yang mendapatkan beasiswa bidikmisi. Indeks prestasi yang dicapainya cukup mencengangkan yakni 3,95. Inilah kisahnya. Sejak masih duduk di sekolah dasar, Us – demikian panggilan akrabnya, telah memiliki peta untuk studi lanjutnya di SMP dan SMA. Dan pada saat sekolah di SMKN 1 Magelang Jurusan Elektro, Uswatun telah berkeinginan untuk dapat studi lanjut ke perguruan tinggi. Ibunya, Sutilah, hanya bisa pasrah mendengar kemauan Uswatun karena membayangkan tingginya biaya yang harus dikeluarkan untuk kuliah di perguruan tinggi.

…dst

7 ) Kuota Mahasiswa WNA Unpad Bertambah

Kamis, 31/07/2014 – 09:28
BANDUNG, (PRLM).- Jumlah mahasiswa warga negara asing (WNA) yang masuk ke Unpad bertambah setiap tahun. Jumlah pendaftar tahun ini mencapai 400 orang sedangkan kuota yang tersedia hanya 125 orang. Wakil Rektor Bidang Pembelajaran dan Kemahasiswaan Engkus Kuswarno mengatakan, Kamis (31/7/2014), atas dasar itu Unpad menambah jumlah kuota penerimaan dari 120 menjadi 125 orang. “Kita tidak bisa menambah banyak-banyak karena harus disesuaikan dengan kesiapan dari setiap program studi,” demikian Prof. Engkus. PMB mahasiswa WNA dilakukan Unpad seperti proses seleksi dilaksanakan mandiri di Malaysia. Karena memang, mahasiswa WNA terbanyak berasal dari negara tersebut. Namun demikian, Unpad juga menerima mahasiswa WNA dari negara-negara lain seperti India, Philipine, Afsel, dan beberapa negara berkembang lainnya termasuk Sudan dan Timor Leste. Sejalan dengan kesempatan mereka mendapatkan beasiswa dari pemerintah negara berkembang sebagai asalnya. Padahal lanjut Warek, mahasiswa asal Sudah tidak bisa berbahasa Inggris. Bahasa mereka bahasa Arab sehingga proses perkuliahan dibantu mahasiswa dan dosen dari Fakultas Ilmu Budaya (FIB). “Kenapa ini dilakukan karena kita membuka peluang bagi negara-negara berkembang, walaupun pada prosesnya ada perlakuan khusus seperti itu,” ujar Warek.

…dst

8 ) Unpad Jamin tidak Ada “Plonco”

Kamis, 24/07/2014 – 13:35
BANDUNG, (PRLM).- Fenomena terjadinya beberapa kasus kekerasan atau penganiayaan senior terhadap yunior dalam penerimaan mahasiswa baru (PMB) di berbagai perguruan di Indonesia, menguatkan Unpad untuk memberikan jaminan tidak adanya perpeloncoan dalam PMB Unpad 2014. Sebaliknya, justru Unpad akan memberlakukan PMB kali ini dalam nuansa kesundaan. Wakil Rektor Bidang Pembelajaran dan Kemahasiswaan Engkus Kuswarno didampingi Ketua Pelaksana PMB Unpad 2014 Dudy Heriyadi menyampaikan hal itu kepada wartawan. Dikatakan Warek, jaminan tidak akan adanya perpeloncoan tersebut dibuktikan dengan dikeluarkannya surat edaran dari universitas ke fakultas sampai program studi. Selain itu, telah dikordinasikan pula dengan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Kema Unpad selaku pelaksana. “Insya Allah, kami akan menjamin tidak akan perpeloncoan dalam PMB Unpad tahun ini,” ujar Warek. Malah lanjut Warek, saat pembukaan nanti, calon mahasiswa baru Unpad akan disambut dengan alunan kacapi suling yang ditampilkan dalam budaya Sunda. Seperti tari-tarian dan pemberian materi ilmiah terkait Asean Community 2015.

…dst

9 ) Indonesia Tidak Siap Hadapi Pasar Bebas ASEAN

Rabu, 30 Juli 2014 18:43 wib
JAKARTA – Siap atau tidak, tahun depan Indonesia akan menjadi bagian dalam Pasar Bebas ASEAN. Pemberlakuan kesepakatan tersebut sebenarnya bisa memberikan peluang yang sama bagi setiap negara, termasuk Indonesia, terhadap mobilitas bisnis dan manusia. Sayang, Wakil Dekan Bidang Akademik Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM) Institut Teknologi Bandung (ITB) Togar M Simatupang menilai, Indonesia belum siap untuk menghadapi masa tersebut. “Secara umum, kita memang tidak siap karena tidak dipersiapkan,” ungkap Togar, seperti disitat dari situs ITB, Rabu (30/7/2014). Menurut Togar, jika mau mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) agar bisa seimbang dengan bangsa -bangsa lain di ASEAN, Indonesia harus memulainya dari proses penyadaran (awareness), penyiapan (readiness), kemudian peningkatan kompetensi. Sementara itu, pengakuan kualifikasi Indonesia setara dengan yang lain masih belum ada.

…dst

10 ) Ekonomi Kreatif, Keunggulan RI Bersaing di MEA

Rabu, 30 Juli 2014 20:00 wib
JAKARTA -Ekonomi kreatif merupakan salah satu sektor industri yang memiliki peluang baik untuk bersaing dalam pasar bebas ASEAN pada 2015. Topik ekonomi kreatif masih indah dibicarakan, namun sulit dilakukan karena kurangnya dukungan pemerintah. Pendapat tersebut diungkapkan oleh Wakil Dekan Bidang Akademik Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM) Institut Teknologi Bandung (ITB) Togar M Simatupang. Dia mengungkap, sebagai industri yang kebanyakan lahir dari kreativitas yang otodidak, sebenarnya ada tiga hal yang dibutuhkan dari pemerintah.”Pertama, talent scouting dengan pencarian bakat kreatif yang berpotensi untuk selanjutnya dibina di dalam inkubator bisnis agar bisa berhasil secara perseorangan dan nantinya bisa menjadi bisnis yang lebih besar,” tutur Togar, seperti disitat dari laman ITB, Rabu (30/7/2014).

…dst

11 ) Berkawan dengan Bencana, UGM Hasilkan Melon Unggulan

Sabtu, 26 Juli 2014 20:08 wib
JAKARTA -Letusan gunung berapi memang dapat merusak dan menimbulkan sejumlah kerugian bagi warga. Di balik itu, abu vulkanik yang turut terkandung di dalam letusan tersebut terbukti memiliki khasiat yang baik untuk menyuburkan tanaman. Menyadari hal tersebut, tim peneliti melon dari Fakultas Biologi Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta berhasil mengembangkan melon unggul Tacapa yang ditanam menggunakan media tanam campuran abu vulkanik sisa semburan Gunung Berapi Kelud. Mereka adalah Purnomo, Budi Setiadi Daryono, dan Ganies Riza Aristya. Hal ini dibuktikan dengan kesuksesan panen raya melon kultivar Tacapa yang dibudidayakan di lahan Jamusan, Kecamatan Prambanan, Sleman Yogyakarta menggunakan komposisi media tanam mengandung abu vulkanik belum lama ini.

…dst

12 ) Pemerintah Terbitkan Peraturan Menteri Bersama tentang Penugasan Guru PNS di Sekolah Swasta

Sat, 07/26/2014 – 13:38
Jakarta, Kemdikbud — Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh, bersama Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Azwar Abubakar, serta Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, menandatangani Peraturan Menteri Bersama tentang Penugasan Guru Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Sekolah Swasta.Merujuk pada Peraturan Menteri Bersama ini, para guru PNS dapat bertugas di sekolah swasta, dengan demikian pemerintah dapat membantu tenaga pendidik yang ada di sekolah swasta yang masih kekurangan tenaga pendidik. Sejak ditandatanganinya peraturan bersama ini, kata Mendikbud, maka pelaksanaan pengimplementasiannya dapat segera dilaksanakan merujuk pada petunjuk teknis sebagai pedoman pelaksanaannya. Petunjuk teknis akan menjelaskan cara sekolah meminta bantuan guru PNS, sekolah swasta seperti apa yang diperkenankan atau yang akan dibantu disediakan guru PNS.

…dst