Menristek Dikti Paparkan Solusi Hilangkan Ijazah Palsu

Rabu 29 Jun 2016, 18:12 WIB
Idham Kholid – detikNews

Jakarta – Menristek Dikti Muhammad Nasir mengatakan telah menyiapkan solusi atas masalah ijazah palsu. Kasus ijazah palsu ini banyak terbongkar pada tahun 2015 lalu.

“Karena semaraknya ijazah palsu tahun 2015 lalu, maka solusi apa yang akan kita keluarkan, maka Dirjen pembelajaran dan kemahasiswaan ini yang harus kita lakukan,” kata Nasir.

Nasir menyampaikan ini pada pemaparannya dalam acara media gathering dan buka puasa bersama di Gedung D Kemenristek Dikti, Senayan, Jakarta Selatan, Rabu (29/6/2016). Pemaparan Nasir terkait kinerja Kemenristek Dikti semester I tahun 2016.

Selain Nasir, seluruh Dirjen dan jajaran Kemenristek Dikti juga tampak hadir dalam acara ini.

“Kita sudah keluarkan yang namanya penomoran ijazah nasional. Jadi nomor ijazah nasional nanti, seluruh perguruan tinggi negeri maupun swasta nanti akan memiliki nomor 14 digit ini,” sambungnya.

Nasir kemudian menjelaskan soal 14 digit itu. Yang mana, lima nomor digit pertama adalah kode prodi yang diambil mahasiswa.

“4 digit berikutnya adalah kalau lulus, 5 digit berikutnya adalah nomor urut ijazah. Ini semuanya nanti masuk pada data perguruan tinggi semuanya,” urainya. (idh/Hbb)