1 ) 30 Perguruan Tinggi Ramaikan Galelobot 2010
Jum’at, 5 November 2010 – 16:10 wib
BANDUNG – Ganesa Line Follower Robot (Galelobot) 2010 yang diselenggarakan dalam rangka 60 tahun Fakultas Teknik Fisika Institut Teknologi Bandung (ITB), Kamis 4 November kemarin, berlangsung meriah.
Partisipan ajang ini berasal 30 perguruan tinggi (PT) se-Indonesia, total ada 150 tim menunjukkan kemampuannya. Tim yang unggul dan berhasil mencatat waktu tercepat yaitu tim Mas True Kangbus Tumbuh dari Universitas Pembangunan Nasional Yogyakarta (UPNY). Robot yang berbentuk mobil-mobilan dengan ukuran 22x22x22 cm ini berhasil menyelesaikan race berupa trek garis dengan beberapa rintangan seperti rintangan tangga, packman, vertikal, putus-putus, gerigi, dan inverse.
Robot tersebut meraih catatan waktu, 1 menit 0,1 detik, dari 3 menit waktu yang disediakan oleh panitia. Perwakilan Tim Mas True Kangbus Tumbuh UPNY Trubus Nugraha mengaku senang karena robotnya berhasil memimpin nilai. Robot tersebut selesai dirakit dalam waktu seminggu.

…dst

Sumber : http://kampus.okezone.com/read/2010/11/05/373/390162/30-perguruan-tinggi-ramaikan-galelobot-2010

>>>
2 ) UI Juarai Olimpiade Matematika dan Kimia
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita/10/11/05/144834-ui-juarai-olimpiade-matematika-dan-kimia
Jumat, 05 November 2010, 12:43 WIB

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA–Universitas Indonesia (UI) meraih dua gelar juara dalam bidang matematika dan kimia dalam Olimpiade Sains Nasional Perguruan Tinggi Indonesia (OSN PTI). “Untuk bidang matematika diraih oleh Stefi Rahmawati, dan bidang kimia diraih oleh Abi Sofyan,” kata Kepala Kantor Kumnikasi UI, Vishnu Juwono, di Depok, Jumat. Selain itu, kata Vishnu, UI juga meraih juara dua untuk bidang fisika yang diraih oleh Syahril, dan Winna Soleha juara ketiga untuk bidang biologi. Sementara juara pertama bidang fisika diraih oleh Panji Achmari (ITB), dan juara bidang biologi oleh Imam Bagus Nugroho (UGM).
Para juara 1, 2 dan 3 untuk masing-masing bidang Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi yang akan membawa pulang uang tunai, Juara I sebesar Rp 10 Juta, Juara II sebesar Rp 8,5 Juta dan Juara III sebesar Rp 6,5 Juta. “Hadiah tersebut di luar hadiah uang yang telah diraihnya pada saat lolos menjadi pemenang tingkat provinsi,” katanya.

…dst

3 ) UMK Juara I Indonesia Welding Competition
http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2010/11/06/129286/UMK-Juara-I-Indonesia-Welding-Competition-

06/11/2010
KUDUS- Universitas Muria Kudus (UMK) juara I Indonesia Welding Competition 2010 kategori pelajar/mahasiswa yang diselenggarakan Kementerian Perindustrian Republik Indonesia di Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS), 27-28 Oktober lalu, atas nama Ahmad Priyono.
Humas UMK Zamhuri di kantornya kemarin mengatakan, mahasiswa semester satu Fakultas Teknik Jurusan Mesin itu menyisihkan sembilan pesaingya dari seluruh Indonesia. “Sebelum masuk tingkat nasional, Ahmad Priyono menang seleksi tingkat Regional Jateng dan DIY dengan menyisihkan 39 peserta,” katanya. Kompetisi tentang teknologi pengelasan ini dibagi dua kategori, yakni industri dan pelajar/mahasiswa. Juara II kategori pelajar/mahasiswa diraih Yan Syahrudin K dari Program Studi D4 Teknik Pengelasan PPNS, juara III Ari Syahputra dari SMKN 2 Samarinda.

…dst

4 ) Ikastat UGM Bentuk Masyarakat Melek Statistika
http://kampus.okezone.com/read/2010/11/05/373/390276/ikastat-ugm-bentuk-masyarakat-melek-statistika

Jum’at, 5 November 2010 – 17:10 wib
JAKARTA – Alumni program studi (prodi) Statistika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Gadjah Mada (UGM) menyadari pentingnya mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pembentukan masyarakat Indonesia yang “melek” Statistika (Statistics-literate society). Mereka pun membentuk organisasi alumni yang diberi nama Ikatan Alumni Statistika (Ikastat) UGM. “Ikastat UGM merupakan wadah pemersatu bagi alumni yang saat ini telah berkarya di berbagai bidang dan tersebar di seluruh Indonesia, bahkan luar negeri. Kami berharap dapat memberi kontribusi positif, efektif, dan terarah dalam hal pemanfaatan Ilmu Statistika, serta memberikan tanggapan maupun masukan terhadap berbagai penggunaan atau bahkan penyalahgunaan Ilmu Statistika di Indonesia,” demikian seperti dikutip dari keterangan tertulis Ikastat UGM, Jumat (5/11/2010).

…dst

5 ) Jumlah Insinyur Alat Berat Minim
Kebutuhan Banyak
http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2010/11/06/129289/Jumlah-Insinyur-Alat-Berat-Minim

06/11/2010
SOLO-Lulusan Fakultas Teknik Mesin, khususnya yang memiliki spesifikasi keahlian alat berat, ternyata masih sangat minim. Padahal di pasar, kebutuhannya sangat banyak, baik di dalam maupun luar negeri.”Ini tantangan bagi perguruan tinggi, untuk memberikan tambahan atau membuka peminatan khusus mesin alat berat,” kata Ir Risdhianto B Irawan MM, direktur Administrasi PT Komatsu Indonesia, kemarin.
Di sela-sela penandatanganan kerja sama industri yang memproduksi alat berat itu dengan Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS), dia menuturkan, selama ini tenaga ahli atau insinyur yang diluluskan PT hanya untuk mesin umum.”Padahal alat berat memerlukan spesifikasi khusus. Kami setiap merekrut insinyur, selalu memberikan tambahan pendidikan dan latihan khusus.”

…dst

6 ) Kampus Jadi Tempat Pengungsi dan Pos Pemantauan Merapi
http://www.republika.co.id/berita/breaking-news/nusantara/10/11/06/144980-kampus-jadi-tempat-pengungsi-dan-pos-pemantauan-merapi

Sabtu, 06 November 2010, 06:10 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA–Sejumlah kampus di Yogyakarta menjadi barak pengungsian korban Merapi dan posko pemantau. Berdasarkan situs www.jalinmerapi.com, kampus tersebut antara lain gelangang mahasiswa UGM dan gelanggang olah raga (GOR) UNY.Noor Alifa, relawan yang berada di gelangang UGM mengatakan jumlah pengungsi di kampusnya mencapai 700 orang. Jumlah relawan yang ada dianggap cukup untuk membantu pengungsi termasuk memenuhi kebutuhan mereka seperti makan hingga logistik. “Kondisinya tidak terlalu penuh dan mereka mendapatkan semua yang mereka butuhkan,” katanya saat dihubungi pada Sabtu, (6/11) dini hari.
Menurutnya, hal yang paling dibutuhkan saat ini adalah pendampingan untuk para pengungsi agar tidak kembali ke rumah masing-masing. Sebab, meski sudah diinstruksikan, beberapa warga di antaranya masih membandel. “Mereka pergi dengan alasan memberi pakan ternak,” katanya.

…dst

7 ) Pendidikan Tinggi Diharapkan Peduli Bencana Merapi
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita/10/11/05/144887-pendidikan-tinggi-diharapkan-peduli-bencana-merapi

Jumat, 05 November 2010, 16:33 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA–Kampus-kampus atau lembaga pendidikan tinggi diharapkan menunjukkan kepedulian saat bencana melanda di berbagai daerah, termasuk bencana Gunung Merapi. Saat ini, kondisi Merapi sudah sangat tidak pasti. Oleh karena itu, relawan dan bantuan dari lembaga pendidikan tinggi diharapkan tidak hanya pada masa tanggap darurat, tetapi juga penanganan pascabencana. Demikian dijelaskan Prof Dr H Edy Suandi Hamid, Rektor Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta kepada wartawan di Yogyakarta, Jumat (5/11).

…dst

8 ) UII Libur Sepekan untuk Antisipasi Letusan Gunung Merapi
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita/10/11/05/144877-uii-libur-sepekan-untuk-antisipasi-letusan-gunung-merapi

Jumat, 05 November 2010, 15:57 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,YOGYAKARTA–Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta meliburkan aktivitas akademik selama sepekan, mulai Jumat (5/11). Libur akan dilanjutkan dengan libur Hari Raya Idul Adha. Kebijakan ini diambil menyusul meningkatnya aktivitas Gunung Merapi yang semakin membahayakan.Keputusan ini diambil melalui rapat Pimpinan UII yang diadakan Kampus UII Jl Cik Di Tiro, Yogyakarta, Jumat (5/11). Dengan demikian, aktivitas akademik akan berlangsung lagi Kamis (18/11). Dijelaskan Prof H Edy Suandi Hamid, Rektor UII Yogyakarta mengatakan kesepakatan untuk meliburkan kegiatan akademik UII diambil setelah mempertimbangkan beberapa masukan dari berbagai pihak. Selain itu, faktor di lapangan juga termasuk menjadi pertimbangan peliburan aktivitas akademik UII.

…dst

9 ) UGM Libur Hingga 13 November
http://kampus.okezone.com/read/2010/11/05/373/390183/ugm-libur-hingga-13-november

Jum’at, 5 November 2010 – 14:26 wib
JAKARTA – Universitas Gadjah Mada (UGM) mulai hari ini meliburkan kegiatan akademik karena situasi kampus dinilai tidak kondusif untuk menyelenggarakan kegiatan perkuliahan. UGM merupakan salah satu kampus yang tertutup abu vulkanik sebagai akibat erupsi Gunung Merapi. Keputusan tersebut dituangkan dalam surat edaran Nomor 8374/P/Dir-Akademik/2010 yang ditandatangani oleh Wakil Rektor Bidang Alumni dan Pengembangan Usaha, Prof. Ir. Atyanto Dharoko, M.Phil., Ph.D. Surat itu menjelaskan, kegiatan akademik di UGM diliburkan hingga 13 November mendatang.”Kegiatan akademik diliburkan terlebih dahulu dengan mempertimbangkan perkembangan erupsi Gunung Merapi ini,” kata Atyanto seperti dikutip dari situs UGM, Jumat (5/11/2010).

…dst

10 ) UGM Tunda Wisdom 2010
http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2010/11/06/129288/UGM-Tunda-Wisdom-2010

06/11/2010
YOGYAKARTA-Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Panitia Pelaksana Konferensi Dunia Wisdom 2010, menyampaikan penundaan perhelatan International World Conference on Science, Education, and Culture (Wisdom) 2010 yang rencananya berlangsung 8-11 November di Yogyakarta.
“Penundaan Wisdom ini sebagai bentuk keprihatinan dan solidaritas kami pada masyarakat luas terkait musibah letusan Gunung Merapi, yang sampai saat ini masih berlangsung. UGM sebagai penyelenggara utama juga berharap kondisi segera menjadi normal, agar seluruh aktivitas masyarakat di sekitar Yogyakarta dapat berjalan kembali,” ungkap Rektor UGM, Prof Ir Sudjarwadi MEng PhD, Jumat (5/11). Wisdom direncanakan tetap digelar pada Desember 2010. Namun tanggal dan waktu pelaksanaannya akan diumumkan lebih lanjut.

…dst

11 ) Antisipasi Trauma Merapi, UNY Buka Konseling
http://kampus.okezone.com/read/2010/11/05/373/390223/antisipasi-trauma-merapi-uny-buka-konseling

JAKARTA – Sejumlah dosen dan mahasiswa dari program studi Bimbingan dan Konseling (BK) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menyiapkan program konseling bagi anak-anak pengungsi bencana Merapi.”Anak-anak itu pasti mengalami taruma, karena itu kami bantu mengatasinya dengan memberikan konseling,” tutur Rektor UNY Rochmat Wahab ketika dihubungi okezone, Jumat (5/11/2010).Bantuan konseling akan dipusatkan kepada para pengungsi di kampus UNY. Rochmat menjelaskan, UNY menyiapkan fasilitas olah raga yang dimilikinya untuk menampung para pengungsi selama mereka membutuhkannya.

…dst

12 ) Laporan Aktivitas G.Merapi tgl 05/11/2020 pukul 19.00 wib sampai 24/.00 wib
http://www.merapi.bgl.esdm.go.id/pdf/2010/11/00_faf990.pdf
>>>

Jaringan Informasi Lingkar Merapi
http://merapi.combine.or.id

>>>

nfografik: Indonesia Ladang Bencana
Gempa, tsunami dan gunung berapi. Daerah mana saja rawan bencana?
Jum’at, 5 November 2010, 21:35 WIB
http://sorot.vivanews.com/news/read/187142-infografik–indonesia-ladang-bencana

>>>

Kompas Cetak, 06/11/2020
Merapi Peras Air Mata
Sabtu, 6 November 2010 | 03:01 WIB
http://cetak.kompas.com/read/2010/11/06/03012652/merapi.peras.air.mata.

Yogyakarta, Kompas – Letusan eksplosif Gunung Merapi sepanjang Kamis (4/11) pukul 23.00 hingga Jumat petang memeras air mata penduduk DI Yogyakarta dan Jawa Tengah. Peristiwa itu sangat mencekam, mengacaukan, dan membawa korban tewas 64 orang, puluhan sapi mati, serta belasan rumah terbakar akibat awan panas atau runtuh akibat banjir lumpur.

…dst

Bangkitnya Spirit Nasi Bungkus dari Jogja…
Sabtu, 6 November 2010 | 03:02 WIB
http://cetak.kompas.com/read/2010/11/06/03020575/bangkitnya.spirit..nasi.bungkus.dari.jogja…

Eny Prihtiyani dan Mawar Kusuma
Nasi bungkus, makanan rakyat jelata itu, hadir di tengah bencana letusan Gunung Merapi. Ketika pengungsi membeludak dan berhamburan tak tentu arah, nasi bungkus menjadi sumber kekuatan. Warga pelosok pedesaan hingga GKR Hemas Permaisuri Keraton Yogyakarta menyatakan solidaritas mereka bagi pengungsi Merapi melalui nasi bungkus.
Kelihatannya hanya nasi bungkus, tetapi dalam bencana letusan Merapi yang bertubi-tubi saat ini, ia jadi simbol betapa solidaritas warga Yogyakarta begitu kuatnya. Entah apa yang menggerakkan spirit mereka. Tanpa perintah, setiap warga di segala penjuru Provinsi DI Yogyakarta serentak memberikan pertolongan apa saja

…dst

DUKA MERAPI
Saturday, 06 November 2010
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/362279/38/

YOGYAKARTA(SINDO) – Gunung Merapi tidak berhenti mengamuk. Bahkan letusan yang terjadi pada dini hari kemarin,pukul 00.35 WIB,lebih dahsyat dibandingkan rangkaian letusan sebelumnya. Awan panas yang dimuntahkan gunung teraktif di dunia tersebut meluncur sampai sejauh 15 km ke arah Kali Gendol, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Begitu dahsyatnya awan panas atau wedhus gembel itu, hampir separuh luas Kecamatan Cangkringan, Sleman,terbakar. Berdasarkan laporan tim SAR kepada Balai Penyelidikan dan Pengembangan Kegunungapian (BPPTK), tiga desa di daerah tersebut terbakar. Tiga desa dimaksud adalah Argomulyo yang mempunyai 22 dusun, Desa Kepuharjo (8 dusun),dan Desa Umbulharjo (9 dusun). Dusun terjauh yang menjadi korban awan panas berada di Desa Argomulyo yang berjarak sekitar 15 km dari puncak Merapi.

…dst