Mohon maaf karena server web tak respon pagi ini sehingga berita edukasi baru bisa saya tayangkan saat ini.

1 ) Reformasi Birokrasi Disosialisaikan pada Para Rektor PTN
11 Nopember 2010 | Laporan oleh ahmad_dj
JAKARTA – Kemdiknas menyelenggarakan sosialisasi reformasi birokrasi pada 10-12 November di Gedung A Lantai 3 Kemdiknas. Acara yang dibuka Wakil Menteri Pendidikan Nasional (Wamendiknas), Fasli Jalal, Rabu (10/11) malam adalah tahap kedua dari tiga tahapan yang direncanakan. Pelaksanaan reformasi sistem pendidikan nasional telah dilaksanakan oleh Kemdiknas sejak 2007 di antaranya pembelian hak cipta buku teks, penyediaan buku sekolah elektronik (BSE), penyediaan fasilitas internet dan multimedia di sekolah, dan penyediaan bantuan operasional sekolah (BOS), serta bantuan operasional manajemen mutu (BOMM). Dalam sambutannya Fasli mengatakan, pada 2009 sudah diinstruksikan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara atas instruksi Presiden bahwa Kemdiknas termasuk salah satu kementerian yang wajib melakukan reformasi birokrasi. Dengan adanya keinginan publik yang masih mengharapkan untuk reformasi birokrasi di bidang sosial (termasuk pendidikan) yang lebih baik, maka Kemdiknas tahun ini melanjutkan pelaksanaan reformasi birokrasi dengan melakukan reformasi sistem layanan dengan mengedepankan e-layanan yang efisien, transparan, dan akuntabel melalui satu portal layanan prima pendidikan nasional, dan penguatan organisasi yang meliputi penajaman visi-misi-strategi, restrukturisasi organisasi dan penataan tugas dan fungsi.

…dst

Sumber : http://www.kemdiknas.go.id/list_berita/2010/10/reformasi-birokrasi.aspx

>>>

2 ) 12 Perguruan Tinggi Yogya Bersatu demi Merapi
http://nasional.vivanews.com/news/read/188357-12-perguruan-tinggi-yogya-bersatu-demi-merapi

Jum’at, 12 November 2010, 08:53 WIB
VIVAnews – Rektor Universitas Gadjah Mada, Prof Ir Sudjarwadi MEng, PhD, memimpin rapat koordinasi bersama dua belas perguruan tinggi di Yogyakarta guna membahas penanganan korban erupsi Merapi. Para perguruan tinggi negeri dan swasta itu sepakat sinergi untuk menanggapi perkembangan bencana. Dalam rapat digelar Kamis 11 November 2010 itu, Rektor Prof. Sudjarwadi mengatakan UGM setiap harinya telah melakukan tiga kali sharing tentang informasi terkini penanganan Merapi. Hanya saja UGM berkeyakinan penanganan akan lebih optimal bila PT-PT di Yogyakarta bisa saling bersinergi. “Saya juga yakin perguruan-perguruan tinggi di Yogya telah banyak melakukan kontribusi, oleh karenanya dengan pengalaman-pengalaman yang disampaikan nanti akan dapat menuju pada gagasan yang terbaik. Meski di lapangan telah banyak dilakukan kebersamaan-kebersamaan, namun masih banyak juga yang bersifat dadakan-dadakan sehingga dengan kondisi tersebut akan lebih bisa mengoptimalkan peran kita,” kata Sudjarwadi dilansir laman UGM, Jumat 12 November 2010.

…dst

3 ) “Unpad Peduli” untuk Bantu Korban Bencana
http://newspaper.pikiran-rakyat.com/prprint.php?mib=beritadetail&id=163904

BANDUNG, (PR) 13 November 2010
Sebagai bentuk kepedulian atas bencana alam yang terjadi beberapa waktu belakangan ini, Universitas Padjadjaran membuka rekening “Unpad Peduli”. Humas Unpad Weny Widyowati mengungkapkan, program ini bukan hanya untuk bencana alam yang baru terjadi, seperti meletusnya Gunung Merapi, melainkan akan berkelanjutan. Bantuan bisa disalurkan melalui nomor rekening “Unpad Peduli” 3000800095 untuk BNI Cabang Unpad.
“Kita berharap tidak akan ada lagi bencana yang terjadi di Indonesia. Rekening ini terus dibuka agar nantinya akan disalurkan kepada korban bencana. Untuk saat ini, penyaluran bantuan akan difokuskan pada bencana Gunung Merapi ataupun tsunami di Mentawai,” tutur Weny di ruang kerjanya, Jumat (12/11). Menurut Weny, tidak menutup kemungkinan masyarakat umum dan alumni dapat ikut serta menyumbangkan sebagian rezekinya pada program ini. Terkait dengan penyaluran bantuan, Weny berharap adanya kerja sama dari berbagai pihak, seperti Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM), bagian Kemahasiswaan Unpad atau unsur-unsur lain di lingkungan kampus.

…dst

4 ) UI Harapkan Pertukaran Pelajar AS-RI Meningkat
http://www.antaranews.com/berita/1289564228/ui-harapkan-pertukaran-pelajar-as-ri-meningkat

Jumat, 12 November 2010 19:17 WIB | Peristiwa | Pendidikan/Agama | Dibaca 6 kaliDepok (ANTARA News) – Universitas Indonesia (UI) mengharapkan kerjasama bilateral antara Amerika Serikat dan Indonesia semakin kuat, khususnya dalam bidang pendidikan tinggi, dengan semakin meningkatnya pertukaran pelajar. “Kita mengharapkan semakin banyak pertukaran pelajar antara Indonesia dan Amerika semakin sering,” kata Kepala Kantor Komunikasi UI, Vishnu Juwono, di Depok, Jabar, Jumat. Ia mengatakan seperti yang diungkapkan oleh Presiden Barack Obama dalam pidatonya yang menginginkan semakin banyak intensitas pertukaran pelajar serta peneliti antara dua Negara.
“Ini tentunya akan semakin meningkatkan sumberdaya manusia yang dimiliki Indonesia,” katanya. Dalam pidato di UI, Presiden Amerika Serikat Barack Obama akan menyampaikan pidato tentang demokrasi, pembangunan, pluralisme, dan toleransi beragama. Menurut dia, kedatangan Presiden Amerika Serikat tersebut merupakan sejarah bagi UI, yang merupakan pertama berpidato di lingkungan kampus UI.

5 ) PENELITIAN
Di USU, Noneksakta Masih “Anak Tiri
http://edukasi.kompas.com/read/2010/11/12/17115991/Di.USU..Noneksakta.Masih..quot.Anak.Tiri

Jumat, 12 November 2010 | 17:11 WIB
MEDAN, KOMPAS.com – Penelitian yang dilakukan kalangan akademisi di Universitas Sumatera Utara (USU) saat ini masih lebih didominasi bidang-bidang eksakta ketimbang noneksakta. Tahun ini ada 79 judul proposal penelitian dosen USU yang diterima Direktorat Pendidikan Tinggi Kementrian Pendidikan Nasional (Dikti Kemdiknas) dengan dana yang diterima sebesar Rp 3,3 miliar. Kepala Lembaga Penelitian Universitas Sumatera Utara (USU) Dr Harmein Nasution di Medan, Jumat (12/11/2010), mengatakan dari 79 judul tersebut sebanyak 67 judul atau sekitar 85 persennya merupakan bidang eksakta. Sisanya, kata dia, sebanyak 12 judul atau 15 persennya dari bidang noneksakta atau sosial. “Sebenarnya ada 231 judul proposal yang kita ajukan ke Dikti, namun hanya 79 itu saja yang disetujui. Hal ini tidak terlepas dari menurunnya anggaran Dikti untuk proyek penelitian,” katanya.

…dst

6 ) ITS Beri Penghargaan Gus Dur-Pak Noer
http://www.antaranews.com/berita/1289394261/its-beri-penghargaan-gus-dur-pak-noer

Rabu, 10 November 2010 20:04 WIB
Surabaya (ANTARA News) – Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya memberikan penghargaan kepada dua tokoh nasional asal Jawa Timur yakni almarhum KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) dan RP Mohammad Noer (Pak Noer). Penghargaan dalam rangka Dies Natalis ke-50 atau Dies Natalis Emas ITS itu diserahkan langsung Rektor ITS Surabaya Prof Ir Priyo Suprobo MS PhD kepada anggota keluarga keduanya di Grha ITS Surabaya, Rabu. “Terima kasih, sayang beliau tidak dapat menerima langsung penghargaan itu. Semasa hidup, beliau menilai ITS memang sudah berkembang pesat,” kata putra almarhum, Syaifuddin. Dalam peringatan Dies Natalis Emas yang dihadiri 19 rektor/pimpinan universitas asing itu, Priyo Suprobo juga menyerahkan penghargaan kepada keluarga pendiri ITS, dan mantan rektor ITS.

…dst

7 ) UI Relokasi 10 Pohon Raksasa
http://cetak.kompas.com/read/2010/11/13/03200273/ui.relokasi.10.pohon.raksasa.

Sabtu, 13 November 2010 | 03:20 WIB
JAKARTA, KOMPAS – Universitas Indonesia merelokasi 10 pohon raksasa African baobab yang dipindahkan dari Kabupaten Subang, Jawa Barat. Saat ini sudah lima pohon African baobab yang telah direlokasi dan sudah tumbuh di halaman gedung Rektorat Universitas Indonesia. Pohon yang dikenal sebagian masyarakat dengan nama pohon Ki Tamblek ini memiliki diameter hampir 4 meter dengan berat masing-masing 50-60 ton. Dibutuhkan delapan orang yang bergandengan tangan untuk melingkari pohon yang berusia sekitar 160 tahun tersebut.”Buah dari pohon tersebut mengandung vitamin C yang sangat tinggi, sedangkan daun pohon dapat dimanfaatkan untuk lalap dan sayur,” ungkap Rektor Universitas Indonesia (UI) Gumilar Rusliwa Somantri saat upacara pemasangan prasasti dan relokasi lima pohon African baobab, Jumat (12/11) di Kampus UI, Depok.

…dsgt

8 ) Sekolah Jurnalis Indonesia Dibuka di Bandung
http://www.tempointeraktif.com/hg/pendidikan/2010/11/12/brk,20101112-291547,id.html

JUM’AT, 12 NOVEMBER 2010 | 18:37 WIB
TEMPO Interaktif, Bandung – Sekolah Jurnalis Indonesia (SJI) yang digagas Persatuan Wartawan Indonesia membuka pendidikan jurnalis di Bandung. “Sekolah ini satu-satunya pendidikan jurnalisme di Indonesia yang merujuk model kurikulum yang dikeluarkan Unesco,” kata Direktur Yayasan SJI Zulkarimein Nasution di sela pembukaan sekolah itu di Bandung, Jumat (12/11). Sekolah itu diluncurkan pertama kali, bersamaan dengan perayaan Hari Pers Nasional tahun lalu di Palembang. Di sana, paparnya, pendidikan itu sudah berjalan tiga angkatan, masing-masing diikuti 30 orang jurnalis. Pendidikan jurnalis yang dikelola SJI itu kini digelar di Bandung.

…dst

OOT:

9 ) Tifatul: Saking Sibuk Ngurus Salaman, Gayus Kabur Bingung Semua
http://www.tempointeraktif.com/hg/iptek/2010/11/12/brk,20101112-291485,id.html
Tanggapi Kasus Gayus Tifatul Berpantun

JUM’AT, 12 NOVEMBER 2010 | 14:32 WIB
Besar Kecil NormalTEMPO Interaktif, Jakarta – Setelah heboh soal insiden salaman dengan Ibu Negara Amerika Serikat Michelle Obama, Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring kembali membuat heboh jagat Twitter. Lewat akun @tifsembiring, Tifatul mengomentari kasus terdakwa Gayus H Tambunan yang keluyuran keluar dari Rumah Tahanan Markas Komando Brimob Kelapa Dua. Komentar Tifatul ditulis dengan gaya khasnya berupa pantun.
“Kucing kurus mandi dipapan, tikus menanti sambil berdoa,Saking sibuk ngurus salaman, gayus kabur bingung semua,” tulis Tifatul dalam akun Twitter-nya, Jumat (12/11).

…dst

10 ) Mahfud Md: Saya Ingin Memberi Dua Pelajaran
http://www.tempointeraktif.com/hg/hukum/2010/11/12/brk,20101112-291542,id.html

JUM’AT, 12 NOVEMBER 2010 | 18:09 WIB
TEMPO Interaktif, Jakarta – Mahkamah Konstitusi tengah jadi sorotan publik. Penyebabnya, sebuah tulisan Opini Refly Harun bekas staf ahli di lembaga itu menyebut adanya praktek suap di lembaga penegak hukum tersebut. Refly dalam tulisan yang dimuat di harian Kompas mengaku mendengar, dan melihat sendiri orang yang berniat mengantar uang ke salah satu hakim di MK. Tulisan itu langsung direspons Ketua MK, Mahfud Md. Ia menantang Refly menginvestigasi praktek suap yang diduga melibatkan hakim konstitusi. Ia pun menunjuk Refly menjadi Ketua Tim investigasi masalah ini. Tim ini beranggotakan Adnan Buyung Nasution, Bambang Harimurti, Bambang Wijayanto, dan Saldi Isra. Menurut Mahfud, dengan menunjuk Refly sebagai Ketua Tim, ia ingin mengajarkan dua hal. Memberi pelajaran bagi kritikus agar bertanggung jawab dan bagi lembaga negara harus terbuka dengan investigasi tim.

…dst

11 ) Lowongan MT di Garuda Indonesia
http://kampus.okezone.com/read/2010/11/12/369/392653/yuk-jadi-mt-di-garuda-indonesia

Jum’at, 12 November 2010 – 15:07 wib
JAKARTA – Garuda Indonesia membuka posisi Management Trainee (MT) buat kamu para sarjana baru! Syaratnya, kamu haruslah seorang warga negara Indonesia (WNI) berusia maksimal 26 tahun untuk sarjana dan 28 tahun untuk master. Jika kamu sarjana, maka nilai indeks prestasi kumulatif (IPK) minimalmu haruslah 3.00 (skala 4); sedangkan pemegang gelar master harus memiliki IPK minimal 3.25 (skala 4). Selain lancar berbahasa Inggris, kamu juga harus mampu mengoperasikan komputer, minimal Microsoft Office dan browsing internet. Pengalamanmu dalma bidang manajemen dan kepemimpinan akan menjadi nilai tambah dalam seleksi ini. Tertarik melamar? Kirimkan berkas berisi surat lamaran, curriculum vitae (CV), dan pas foto terakhirmu ke: Human Capital Management Garuda City Center,
Management Building Ground Floor Soekarno-Hatta International Airport
Cengkareng 19120, Indonesia atau mengirimkan berkasmu melalui email ke alamat [email protected], dengan ukuran file maksimal 200 KB. Jangan lupa cantumkan kode MT di sudut kanan atas amplopmu atau dalam subjek emailmu, closing date 16 November 2010!(rhs)

>>>

12 ) 2 Pengungsi Coba Bunuh Diri
http://cetak.kompas.com/read/2010/11/13/03401924/2.pengungsi.coba.bunuh.diri

Sabtu, 13 November 2010 | 03:40 WIB
Magelang, Kompas – Sebanyak 553 pengungsi di Kabupaten Magelang, Sleman, dan Klaten sedang menderita gangguan jiwa. Dari jumlah itu, 493 orang di antaranya dalam kategori sedang dan ringan, dan 60 orang lainnya mengalami gangguan jiwa berat. Mereka frustrasi akibat kehilangan harta benda. “Dua penderita gangguan jiwa berat sudah mencoba bunuh diri,” kata Koordinator Penanganan Kesehatan Jiwa Jawa Tengah dan DI Yogyakarta, dr Inu Wicaksana Sp Kj MMR, pada rapat koordinasi penanganan bencana Gunung Merapi, Jumat (12/11).

…dst