1 ) 70% Dana Penelitian Diserahkan ke PT Langsung
BANDUNG, (PR) 09 Desember 2010
Mulai tahun 2011, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Nasional akan memberikan dana penelitian yang selama ini dikelola Dikti secara langsung kepada setiap perguruan tinggi di seluruh Indonesia tanpa melalui Direktorat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (DP2M). Jumlah anggaran yang akan diberikan secara langsung adalah 70 persen dari seluruh dana penelitian sementara 30 persen lainnya masih dikelola Dikti. Kasubdit Penelitian DP2M Dirjen Dikti Kemendiknas Ridwan Roy mengatakan, hal ini dilakukan agar kesempatan semua dosen, baik negeri maupun swasta di semua perguruan tinggi untuk memeroleh dana penelitian semakin besar, karena tidak perlu berkompetisi secara nasional. Selain itu, perguruan tinggi pun memiliki kewenangan lebih dalam mengevaluasi dan mengelola dana penelitian.
…dst

Sumber: http://newspaper.pikiran-rakyat.com/prprint.php?mib=beritadetail&id=167115

>>>
2 ) Publikasi Penelitian Rendah
http://cetak.kompas.com/read/2010/12/09/04373157/publikasi.penelitian.rendah

Kamis, 9 Desember 2010 | 04:37 WIB
Tangerang Selatan, Kompas – Jumlah publikasi hasil penelitian Indonesia pada 1996-2008 lebih rendah dibandingkan negara-negara Asia yang selama ini kurang dikenal kehidupan akademiknya. Penelitian SCImago menempatkan Indonesia pada posisi ke-64 dari 234 negara yang disurvei. Jumlah publikasi Indonesia pada rentang 12 tahun itu mencapai 9.194 dokumen. Publikasi ilmiah Indonesia kalah dibandingkan Arab Saudi, Pakistan, dan Banglades, masing-masing menduduki urutan ke-49, 50, dan 63. Negara penghasil publikasi ilmiah terbanyak adalah Amerika Serikat dengan 4,3 juta dokumen. Jepang menjadi negara Asia dengan jumlah publikasi terbanyak dan menduduki urutan ketiga dunia dengan 1,2 juta dokumen. Di Asia Tenggara, jumlah publikasi penelitian Indonesia kalah dibandingkan Singapura (peringkat ke-31), Thailand (42), dan Malaysia (48). Pada 2002, publikasi penelitian ketiga negara tersebut mengalami lonjakan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Namun, publikasi penelitian Indonesia justru mengalami stagnasi hingga kini.

…dst

3 ) UGM Kembangkan Kurikulum Baru Berbasis Kearifan Lokal
http://www.tempointeraktif.com/hg/pendidikan/2010/12/08/brk,20101208-297623,id.html

Rabu, 08 Desember 2010 | 23:15 WIB
TEMPO Interaktif, YOGYAKARTA – Rektor Universitas Gadjah Mada Yogyakarta Prof. Ir. Sudjarwadi mengatakan ada gagasan untuk mengembangkan kurikulum baru di semua program studi. “Kurikulum (yang) komprehensif dan terpadu,” kata dia usai penutupan World Conference on Science, Education and Culture (Wisdom) 2010, Rabu (8/12).Kurikulum itu, kata dia, sesuai dengan Tri Dharma perguruan tinggi, yakni penelitian, pendidikan dan pengabdian masyarakat. Ketiganya merupakan tugas yang diemban perguruan tinggi. Keilmuan baru yang dihasilkan ditransfer melalui pendidikan. Manfaatnya dapat diabdikan untuk kepentingan masyarakat. Sehingga, lanjut dia, kurikulum baru yang sedang digagas UGM adalah kurikulum yang memadukan antara pikiran dan hati. Gagasan itu kini sedang dimatangkan dengan didiskusikan di semua program studi yang ada di UGM. “Ya berdasarkan kearifan lokal,” kata dia. Menurut dia, kearifan lokal itu telah berkembang selama berabad-abad lamanya pada masyarakat. Perkembangan ilmu pengetahuan baru harus dapat dipadukan dengan kearifan lokal.

…dst

4 ) PT Negeri Jiran Studi Banding ke Undip
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/368741/

Wednesday, 08 December 2010
SEMARANG(SINDO) – Rombongan delegasi dari beberapa perguruan tinggi (PT) di Malaysia,kemarin berkunjung ke Universitas Diponegoro (Undip) Semarang. Delegasi yang terdiri atas rombongan Dosen dan Staf administrasi ingin melihat lebih dekat Undip sekaligus studi banding terkait kewirausahaan di kampus tersebut. Rombongan diterima di ruang sidang Rektor Undip Tembalang. Pembantu Rektor III Undip Sukinta seusai menerima rombongan mengatakan kunjungan tersebut terkait dengan kegiatan “Indonesia & Malaysia Workshop on Student Cooperative and Entrepreneurship”. “Rombongan terdiri atas 21 orang yang merupakan dosen dan staf administrasi merupakan perwakilan dari 19 universitas negeri di Malaysia seperti Universitas Utara Malaysia (UUM), Universiti Malaysia Perlis (UNIMAP), Universiti Malaysia Terengganu (UMT), Universiti of Malaysia (UM) dan beberapa yang lainnya,” paparnya kemarin. Rektor Undip Prof Susilo Wibowo mengatakan kunjungan tersebut merupakan satu kehormatan bagi Undip.

…dst

5 ) Tak Satu pun Kasus Plagiat Ditangani Senat USU
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/368910/

Thursday, 09 December 2010
MEDAN (SINDO) – Senat Akademik Universitas Sumatera Utara (USU) sama sekali belum menangani kasus plagiat, baik itu tesis, skripsi maupun karya ilmiah. Padahal sebelumnya,penggagas Forum Alumni USU Antiplagiat Harun Al Rasyid mengungkapkan,sejumlah guru besar membeberkan kepadanya bahwa banyak kasus plagiat yang terjadi di perguruan tinggi negeri (PTN) itu. Demikian pula kasus plagiat tesis S-2 Wan Syaifuddin yang sedang ramai dibicarakan publik,belum ditangani senat akademik.Bahkan,laporan dari pihak rektorat terkait hal itu pun belum disampaikan. “Senat belum ada menangani kasus plagiat di USU. Kami hanya mendengar saja kalau wacana itu ada dibicarakan di level eksekutif (rektorat), jadi kami belum bisa berkomentar karena kami memang belum ada menangani satu kasus pun tentang plagiat di USU,” ujar Ketua Senat Akademik USU Sutomo Kasiman kepada SINDO, kemarin. Menurut dia, berdasarkan prosedur, seharusnya Rektor USU harus menyampaikan laporan terlebih dahulu kepada senat. Setelah itu, barulah kemudian senat melakukan proses terhadap kasus yang disampaikan.

…dst

6 ) BEM UI Tulis Surat Terbuka untuk SBY
http://kampus.okezone.com/read/2010/12/08/373/401313/bem-ui-tulis-surat-terbuka-untuk-sby

Rabu, 8 Desember 2010 – 18:06 wib
DEPOK- Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Indonesia (UI) akan menggelar aksi unjuk rasa memperingati Hari Anti Korupsi Se-Dunia, 9 Desember, besok. Para mahasiswa akan berorasi dimulai dari Bundaran Hotel Indonesia hingga Istana Negara. Kepala Departemen Kajian Strategis BEM UI Budi Dharma mengatakan, dalam unjuk rasa tersebut para mahasiswa akan menyampaikan isi surat terbuka yang ditujukan kepada Presiden SBY. Menurut mereka, SBY tidak bersungguh-sungguh memberantas korupsi. Budi juga menyesalkan pernyataan SBY yang tidak bisa mencampuri ranah hukum dalam pemberantasan korupsi. “Harusnya Presiden SBY ada kemauan. Tetapi setiap kasus kini justru mendapat intervensi politik,” kata Budi saat berbincang dengan okezone, Rabu (8/12/2010).

…dst

7 ) Janji Dukung Kuliah Atlet Berprestasi
http://www.jpnn.com/read/2010/12/08/79036/Janji-Dukung-Kuliah-Atlet-Berprestasi-

Rabu, 08 Desember 2010 , 09:38:00
MEDAN- Badan Pembina Olah Raga Mahasiswa Indonesia (Bapomi) Sumatera Utara menjamin pendidikan mahasiswa yang berprestasi dibidang olahraga baik tingkat nasional maupun internasional.
Ketua Bapomi Sumut Drs Agussani MAP mengatakan hal tersebut kemarin (7/12). Ditambahkannuya, bahwa komitmen seperti itu diusung Bapomi Sumut terkait rasa tanggung jawabnya sebagai ketua umum yang menaungi wafdah pembinaan atlet berstatus mahasiswa.”Kita berharap dengan perhatian yang kita berikan, maka yang berprestasi itu bukan hanya di bidang olah raga saja, tapi juga di bidang pendidikan,” bilang Agussani. Lebih lanjut Agussani mengungkapkan bahwa Bapomi memiliki peran yang cukup besar untuk menjaring atlet berprestasi dari berbagai PTN/PTS yang ada di Sumut.

…dst

8 ) Kuliah Gratis di STIE Pena
http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2010/12/09/132066/Kuliah-Gratis-di-STIE-Pena

09 Desember 2010
SEMARANG-Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pelita Nusantara (STIE Pena) yang berkampus di Jl Slamet Riyadi No 40, Semarang, membuka program kuliah gratis, kepada lulusan SLTA berprestasi hingga lulus sarjana.
`’Beasiswa penuh atau kuliah gratis diberikan untuk lulusan SLTA peringkat 1, 2, 3, dan peraih prestasi bidang seni, budaya, olahraga di tingkat provinsi atau nasional,” kata Ketua STIE Pena Semarang Luhgiatno SE MM MSi, di kampusnya, baru-baru ini. Biaya kuliah gratis itu diberikan sejak terdaftar menjadi mahasiswa hingga lulus sarjana. “Ini bentuk pengabdian kami dalam menciptakan calon intelektual yang profesional di bidang akutansi dan manajemen,” ungkapnya. Untuk program studi S1 Akutansi dengan tiga peminatan, yaitu publik, informasi, audit, dan S1 Manajemen (publik, usaha mikro kecil menenga, bisnis ritel). Penentuan peminatan mahasiswa dilakukan pada semester enam.

…dst

9 ) BEASISWA LUAR NEGERI
Mau, Beasiswa Bidang HAM dan Demokrasi?
http://edukasi.kompas.com/read/2010/12/08/12374687/Mau..Beasiswa.Bidang.HAM.dan.Demokrasi

Rabu, 8 Desember 2010 | 12:37 WIB
KOMPAS.com – University of Sydney bekerja sama dengan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Gadjah Mada (Fisipol UGM) dan tiga universitas lain di Sri Lanka, Thailand dan Nepal memberikan beasiswa full scholarship untuk program Asia-Pacific Master of Human Rights and Democratisation. Meski pendaftaran beasiswa S-2 ini akan ditutup dua hari lagi atau 10 Desember 2010, peminatnya dari Indonesia masih sedikit. Adapun universitas dari Nepal dalam kerja sama ini adalah Kathmandu School of Law (Nepal), dari Thailand adalah Mahidol University, serta University of Colombo dari Sri Lanka.
Uniknya, penawaran ini memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk menempuh studinya di dua perguruan tinggi, yaitu University of Sydney dan satu dari empat perguruan tinggi di Asia Pacific tersebut, yang tentunya terkait bidang demokrasi dan hak azasi manusia.
Informasi selengkapnya bisa disimak di http://sydney.edu.au.

…dst

10 ) IA-ITB Tanam 500 Pohon di Lapas Cibinong
http://kampus.okezone.com/read/2010/12/08/373/401405/ia-itb-tanam-500-pohon-di-lapas-cibinong
Rabu, 8 Desember 2010 – 20:12 wib

JAKARTA – Ikatan Alumni Institut Teknologi Bandung (IA-ITB) menginisiasi penanaman 500 bibit pohon di lingkungan lembaga pemasyarakatan (Lapas) Cibinong. Kegiatan yang digelar belum lama ini melibatkan ribuan warga binaan Lapas Cibinong, serta didukung oleh PT Telkom. Dirut PT Telkom Rinaldi Firmansyah menyatakan, kegiatan tersebut merupakan bentuk kepedulian alumni ITB terhadap warga lapas. “Semoga dengan bantuan bibit tanaman ini dapat menciptakan lingkungan yang asri di lingkungan lapas dan bermanfaat bagi lapas cibinong,” ujar Rinaldi seperti dikutip dari keterangan tertulisnya, Rabu (8/12/2010). Sebelumnya, PT Telkom pernah memberikan bantuan pelatihan internet di lapas Tangerang. Rencananya kegiatan serupa juga akan dilakukan di lapas Cibinong. Rinaldi berharap, kegiatan sosial semacam ini akan terus berkelanjutan.

…dst

OOT:

11 ) CPNS BATAM
Ijazah Disoal, Puluhan Dokter Protes
http://cetak.kompas.com/read/2010/12/09/03590814/ijazah.disoal.puluhan.dokter.protes

Kamis, 9 Desember 2010 | 03:59 WIB

BATAM, KOMPAS – Puluhan dokter memprotes Badan Kepegawaian Daerah selaku penyelenggara tes calon pegawai negeri sipil Pemerintah Kota Batam, Rabu (8/12). Protes ini terjadi karena mereka tidak lolos seleksi administrasi gara-gara persyaratan lampiran foto kopi ijazah yang dipersoalkan pemerintah daerah. Protes dilakukan 26 dokter umum secara bersama-sama dengan menemui Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kota Batam Firmansyah di kantor Pemerintah Kota Batam. Pada hari tersebut dan juga 6 Desember, kebetulan pemerintah daerah menyediakan waktu bagi peserta yang dinyatakan tidak lulus seleksi administrasi untuk bertanya dan mendapatkan penjelasan dari Panitia Penanganan Masalah.

…dst

12 ) Syarat Kelulusan Diperlonggar
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/368806/

Wednesday, 08 December 2010
JAKARTA(SINDO) – Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) akhirnya berkompromi dengan Panitia Kerja DPR agar hasil ujian nasional (UN) bukan menjadi penentu tunggal kelulusan siswa. Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kemendiknas Mansyur Ramli mengatakan, pada prinsipnya UN tahun depan merupakan penggabungan antara ujian sekolah dan UN.Langkah ini dinilai bisa sebagai pemetaan untuk ujian murni sekolah dan ujian gabungan. Dia menawarkan dua opsi terkait penyelenggaraan UN pada tahun depan.Pertama,nilai akhir gabungan yang didapat siswa harus mendapatkan nilai 5,5 untuk enam mata pelajaran yang diujikan. Sementara untuk opsi kedua, siswa harus mendapatkan nilai akhir di atas 5,5. Untuk opsi kedua ini, Balitbang mengusulkan harus ada ujian ulangan bagi siswa yang gagal.
“Nilai di ujian ulangan akan digabung dengan ujian sekolah. Tidak hanya hasil di ujian ulangan yang menentukan nilai kelulusan,” ungkapnya saat rapat dengar pendapat dengan Panja UN DPR di Senayan kemarin. Dari paparan formulasi tersebut, mayoritas anggota DPR lebih sepakat pada opsi pertama yang akan menggabungkan nilai rapor dengan hasil UN. Melalui sistem ini, UN bukan penentu tunggal kelulusan siswa. Anggota Komisi X DPR Tubagus Deddy Gumelar berpendapat, opsi pertama menarik untuk dipertimbangkan. Dia menyetujui tidak perlu ada ujian ulangan karena tidak adil dan tidak mendidik.

…dst

13 ) Indonesia-Singapura akan Bentuk Sekolah Penerbangan Tempur
http://www.detiknews.com/read/2010/12/09/004345/1512453/10/indonesia-singapura-akan-bentuk-sekolah-penerbangan-tempur?n991103605

Kamis, 09/12/2010 00:43 WIB
Nusa Dua – Pemerintah Indonesia dan Singapura semakin meningkatkan kerjasama bilateral. Bahkan, kedua negara tetangga ini akan membentuk sebuah sekolah penerbangan untuk pesawat-pesawat tempur. Gagasan ini muncul dalam pertemuan yang berlangsung antara Presiden SBY dan Deputi Perdana Menteri Singapura di Laguna Resor and Spa, Nusa Dua, Bali, Rabu (8/12/20100). “Presiden setuju, yaitu membentuk suatu sekolah untuk instruktur penerbang tempur yang akan kita adakan nanti untuk training pilot-pilot kita untuk jadi instruktur pesawat terbang tempur,” kata Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro usai mendampingi Presiden bertemu dengan Deputi Perdana Menteri Singapura.

…dst

14 ) Tanggap Darurat Diperpanjang 2 Minggu
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/368874/

Wednesday, 08 December 2010
YOGYAKARTA (SINDO) – Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) kembali memperpanjang status tanggap darurat bencana erupsi Gunung Merapi untuk dua minggu ke depan. Pembangunan hunian sementara belum selesai sehingga sebagian masyarakat korban masih harus tinggal di pengungsian. Keputusan memperpanjang status tanggap darurat merupakan kali kedua. Status tanggap darurat pertama kali ditetapkan pemerintah sesaat setelah terjadi erupsi Gunung Merapi pada 26 Oktober silam hingga 24 November.Karena status aktivitas Gunung Merapi masih awas,tanggap darurat diperpanjang hingga hari ini. “Kalau kita (Pemprov DIY) memperpanjang. Selama mereka belum pindah ke shelter itu masih tanggap darurat,” ujar Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X di Kepatihan kemarin. Sultan mengatakan, status ini akan terus diberlakukan hingga hunian sementara untuk para korban selesai dibangun.Perpanjangan ini juga memudahkan pemerintah mengakses dana untuk memenuhi kebutuhan dasar para korban seperti logistik dan kebutuhan lain. Soal hunian sementara, pemerintah akan menyelesaikan pembangunan tengah bulan ini.

…dst

15 ) Mahfud MD Beber Investigasi Dugaan Suap MK
http://nasional.vivanews.com/news/read/192833-mahfud-md-beber-investigasi-dugaan-suap-mk

09 Desember 2010 07:55 wib
VIVAnews – Hasil investigasi dugaan suap di Mahkamah Konstitusi (MK) akan dibeberkan pagi ini. Ketua MK Mahfud MD dan Tim Investigasi yang dipimpin Refly Harun akan menggelar keterangan pers bersama.Informasi dari Biro Kehumasan MK, Mahfud MD dan Tim Investigasi akan mengumumkan hasil penyelidikan terkait dugaan suap di MK sekitar pukul 09.30 WIB di gedung MK, Jakarta Pusat, Kamis 9 Desember 2010.

…dst

16 ) Ada Korupsi di Mahkamah Konstitusi
Tim Investigasi Beberkan Hasil Penyelidikan Hari Ini
http://www.jpnn.com/read/2010/12/09/79104/Ada-Korupsi-di-Mahkamah-Konstitusi-

Kamis, 09 Desember 2010 , 05:15:00
JAKARTA – Tim Investigasi isu suap di Mahkamah Konstitusi (MK) akhirnya mencapai tenggat waktu kemarin (8/12). Tim pimpinan advokat dan mantan staf ahli MK Refly Harun itu menepati janjinya untuk melaporkan hasil penyelidikan kepada Ketua MK Mahfud M.D.

…dst

17 ) Berita Seputar Bencana Alam :

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memfokuskan kesiapsiagaan terhadap ancaman banjir lahar. Apalagi belakangan ini, curah hujan cukup tinggi di Gunung Merapi, tempat beberapa sungai yang melintasi Yogyakarta dan Magelang, berhulu.(selengkapnya)
RAKYAT DILIBATKAN PADA TAHAP REHAB-REKON – 06/12/2010
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Syamsul Maarif menegaskan, seluruh masyarakat yang menjadi korban letusan Gunung Merapi akan dilibatkan dalam tahap rehabilitasi dan rekonstruksi pascabencana.(selengkapnya)
KEPALA BNPB TEGASKAN LOKASI AMAN DI LUAR KRB 2,5 KM – 06/12/2010
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Dr. Syamsul Maarif, M.Si menegaskan lokasi aman untuk tempat tinggal tetap, termasuk hunian sementara (huntara), adalah di luar batas Kawasan Rawan Bencana (KRB) 3, yaitu di luar radius 2,5 km dari Gunung Merapi.(selengkapnya)
DISPORA SLEMAN OPTIMIS UN BERJALAN LANCAR – 06/12/2010
Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (DISPORA) Kabupaten Sleman, Dra. Suyamsih, M.Pd. mengatakan Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman tidak akan meminta berbagai bentuk dispensasi Ujian Nasional bagi siswa korban bencana letusan Gunung Merapi(selengkapnya)