1 ) Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un
Pendiri UIN SGD Prof. KH.O.Taufiqullah Meninggal Dunia
http://www.pikiran-rakyat.com/node/165038

Rabu, 09/11/2011 – 17:08
BANDUNG, (PRLM).- Salah seorang pendiri Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati (SGD), Prof. KH. O. Taufiqullah meninggal dunia, Selasa (8/11) sekitar pukul 19.00 WIB di RS Al Islam. Jenazah Almarhum disemayamkan dan disalatkan di kampus UIN SGD pada Rabu (9/11) pukul 8.00 WIB sebelum dimakamkan di Majalengka.Salat jenazah dilakukan Rektor UIN SGD Prof. Dr. H. Nanat Fatah Natsir, para pembantu rektor, dekan, karyawan, dan para mahasiswa yang memadati Masjid Al Iqamah UIN SGD Jln. AH Nasution.”Kami semua merasa kehilangan atas kepergian Prof. Taufiqullah yang merupakan salah satu pendiri UIN saat bernama Institut Agama Islam Negeri (IAIN) pada tahun 1968,” ucap Nanat sambil mengucurkan air mata karena pernah diajar Almarhum Taufiqullah.

…dst

2 ) Momentum hari Pahlawan 10 November 2011
Nilai Kepahlawanan Harus Masuk dalam Pendidikan Karakter
http://www.jpnn.com/read/2011/11/09/107704/Nilai-Kepahlawanan-Harus-Masuk-dalam-Pendidikan-Karakter-

Rabu, 09 November 2011 , 17:53:00
JAKARTA – Anggota Komisi X DPR RI, Raihan Iskandar mengungkapkan nilai-nilai kepahlawanan seperti nilai rela berkorban, cinta tanah air, kerja keras, keteladanan, kejujuran, demokratis, mandiri, dan bertanggung jawab harus diintegrasikan dalam pendidikan karakter. Sebab, sesungguhnya setiap mata pelajaran di sekolah bisa menjadi sarana penanaman nilai-nilai kepahlawanan tersebut. “Misalnya, pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PPKn), Sejarah, Ilmu-ilmu sosial, dan Bahasa Indonesia. Melalui proses pembelajaran pada setiap mata pelajaran itulah, nilai-nilai tersebut bisa ditanamkan,” ungkap Raihan di Jakarta, Rabu (9/11).

…dst

3 ) 7 Perguruan Tinggi Negeri Dapat Beasiswa Unggulan
http://www.kemdiknas.go.id/kemdiknas/berita/119

11/09/2011
Jakarta — Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) Ainun Na’im menerima bantuan kerja sama Program Beasiswa Unggulan dari CIMB Niaga. Bantuan ini dalam bentuk dana dan biaya pendidikan sebesar Rp1 miliar untuk 30 mahasiswa penerima beasiswa, dan komputer jinjing (laptop). Mahasiswa dari tujuh perguruan tinggi negeri mendapat beasiswa ini yakni dari Universitas Brawijaya, Institut Teknologi Bandung, Universitas Sumatera Utara, Universitas Gajah Mada, Universitas Diponegoro, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, dan Universitas Indonesia. Penyerahan beasiswa ini diberikan kepada masing-masing perwakilan mahasiswa penerima yang memiliki prestasi akademis dan nonakademis gemilang.

…dst

4 ) CIMB Niaga Salurkan Beasiswa Rp1 Juta Perbulan
http://www.jpnn.com/read/2011/11/09/107711/CIMB-Niaga-Salurkan-Beasiswa-Rp1-Juta-Perbulan-#

Rabu, 09 November 2011 , 19:27:00
JAKARTA — Sebanyak 30 pelajar lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) yang memiliki prestasi akademis dan non akademis menerima beasiswa S1 yang diberikan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), bekerjasama dengan PT Bank CIMB Niaga.Dalam pelaksanaan program ini, Kemdikbud memberikan beasiswa berupa biaya pendidikan selama mahasiswa belajar di perguruan tinggi negeri (PTN) yang dituju denan maksimal kurun waktu 48 bulan (8 semester). Sekretaris Jenderal Kemdikbud, Ainun Naim mengatakan, CIMB Niaga juga akan memberikan biaya hidup hingga Rp 1 juta per orang per bulan selama masa pendidikan termasuk biaya pengembangan diri dan laptop.

…dst

5 ) Beasiswa Prestasi
Beasiswa S-2 ke Amerika Serikat
http://edukasi.kompas.com/read/2011/11/09/09094968/Beasiswa.S-2.ke.Amerika.Serikat

Rabu, 9 November 2011 | 09:09 WIB
KOMPAS.com — Masih tersisa waktu selama sepekan ke depan bagi Anda yang berminat mengajukan aplikasi beasiswa master ke Amerika Serikat melalui program beasiswa Prestasi. Program ini dibiayai penuh oleh United States Agency for International Development (USAID) Indonesia dan didedikasikan bagi calon pemimpin masa depan Indonesia. Syarat-syarat yang harus dipenuhi:

…dst

6 ) UI Terima 12 Delegasi Universitas dari Amerika
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/442611/

Thursday, 10 November 2011
DEPOK – Universitas Indonesia (UI) menerima 12 delegasi dari beberapa universitas di Amerika Serikat dalam rangka kolaborasi akademik. Seluruh delegasi diterima langsung Rektor Universitas Indonesia (UI) Gumilar Rusliwa Somantri. Dari 12 delegasi, sembilan di antaranya merupakan pimpinan universitas di Amerika yang mewakili universitas dari kawasan barat hingga timur Amerika.Sembilan universitas tersebut adalah Brown University, California State University, Long Beach, George Washington University,Kansas State University, LaSalle University, University of Massachusetts, University of Mississippi, San Diego State University,dan Syracuse University. “Para delegasi menyampaikan rencana pengiriman para dosen dan mahasiswa dari Amerika untuk melakukan serangkaian kerja sama seperti joint research, exchange student, double degree program,” kata Kepala Kantor Sekretariat Pimpinan UI Devie Rachmawati,kemarin. Dalam pertemuan tersebut dilakukan pengiriman para mahasiswa asal Amerika yang berjumlah 50 hingga 100 orang mahasiswa.Mahasiswa Amerika akan berkunjung ke Indonesia, khususnya UI.

…dst

7 ) UI Siap Terima 100 Mahasiswa Amerika
http://www.jpnn.com/read/2011/11/09/107706/UI-Siap-Terima-100-Mahasiswa-Amerika-

Rabu, 09 November 2011 , 18:29:00
DEPOK — Universitas Indonesia (UI) menerima sembilan pimpinan universitas di Amerika yang mewakili universitas dari kawasan Barat hingga Timur Amerika di Kampus UI, Depok, Rabu (9/11). Rektor UI, Gumilar Rusliwa Somantri mengatakan, kunjungan sembilan universitas Amerika ke Indonesia saat ini dalam rangka kolaborasi akademik. Sembilan universitas itu yakni Brown University, California State University, Long Beach, George Washington University, Kansas State University, LaSalle University, University of Massachusetts, University of Mississippi, San Diego State University dan Syracuse University.

…dst

8 ) Rektor: IPB Perguruan Tinggi Paling Inovatif
http://edukasi.kompas.com/read/2011/11/09/12114784/Rektor.IPB.Perguruan.Tinggi.Paling.Inovatif

Rabu, 9 November 2011 | 12:11 WIB
BOGOR, KOMPAS.com — Institut Pertanian Bogor merupakan perguruan tinggi yang paling banyak menghasilkan karya-karya inovatif di Indonesia. Hal ini terlihat dari hasil inovasi IPB yang selama empat tahun berturut-turut mendominasi “Seleksi Karya Inovatif Paling Prospektif” yang diselenggarakan Kementerian Ristek dan Business Inovation Center. Hal itu disampaikan oleh Rektor IPB Prof Dr Herry Suhardiyanto dalam Sidang Terbuka Dies Natalis ke-48 IPB di Kampus Dramaga, Kabupaten Bogor, Rabu (9/11/2011).

…dst

9 ) Menristek: Inovasi Pertanian untuk Kesejahteraan Rakyat
http://edukasi.kompas.com/read/2011/11/09/12100476/Menristek.Inovasi.Pertanian.untuk.Kesejahteraan.Rakyat

Rabu, 9 November 2011 | 12:10 WIB
BOGOR, KOMPAS.com — Menteri Riset dan Teknologi Gusti Muhammad Hatta memberi orasi ilmiah dalam Sidang Terbuka Dies Natalis Ke-48 IPB di Kampus Dramaga, Kabupaten Bogor, Rabu (9/11/2011). Menristek memaparkan materi bertajuk “Inovasi Pertanian untuk Kesejahteraan Rakyat”. Dalam sambutannya, Rektor IPB Prof Dr Herry Suhardiyanto menuturkan, orasi ilmiah Menristek itu merupakan kehormatan bagi IPB.

…dst

10 ) Menristek: Indonesia Punya Banyak Peneliti tapi Tidak Produktif
http://www.pikiran-rakyat.com/node/165061

Rabu, 09/11/2011 – 17:43
BOGOR, (PRLM).- Banyaknya tenaga fungsional akademik yang mempunyai kapabilitas untuk melakukan riset di berbagai bidang ilmu belum diimbangi dengan produktivitas penelitian yang mampu diterapkan untuk mengatasi permasalahan yang ada di tengah masyarakat. Kondisi ini jauh berbeda dengan kondisi negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura yang hanya memiliki sedikit peneliti tetapi produktif dalam menghasilkan inovasi yang mampu diterapkan untuk mengatasi masalah di tengah masyarakat mereka.Demikian salah satu poin orasi ilmiah “Inovasi Pertanian untuk Kesejahteraan Rakyat” yang disampaikan Menteri Riset dan Teknologi Prof. Dr. Gusti Muhammad Hatta dalam sidang terbuka Dies Natalis IPB ke 48 yang digelar di Kampus Drammaga, Rabu (9/11).

…dst

11 ) Ngaku Jago Sains, Ayo Ikut Pesta Sains 2011 IPB
http://kampus.okezone.com/read/2011/11/09/373/527213/ngaku-jago-sains-ayo-ikut-pesta-sains-2011-ipb

Rabu, 09 November 2011 18:50 wib
JAKARTA – Kamu adalah pelajar SMA yang menyukai dunia sains dan tertarik untuk menggelutinya lebih dalam? Buktikan, dong, di ajang Pesta Sains 2011 besutan mahasiswa Fakultas Matematika dan IPA (MIPA) Institut Pertanian Bogor (IPB) ini! Pesta Sains 2011 adalah acara rutin tahunan yang telah berumur sembilan tahun. Pada acara tersebut, kamu akan disuguhi berbagai kegiatan yang sarat ilmu pengetahuan dengan cara yang tidak biasa, bahkan unik dan sangat menarik. Tidak terlepas dari kompetisi sebagai unsur utama, terdapat berbagai acara lain yang sayang untuk kamu lewatkan. Salah satunya, Agroedutourism. Kegiatan ini menjadi pilihan bagimu yang bosan dengan cara belajar yang monoton. Kamu akan diajak berwisata sambil memperkaya pengetahuan. Kebun Penelitian Cikabayan, Wisata Biofarmaka, serta Konservasi Hutan di Kampus IPB Dramaga menjadi tujun wisata pendidikan ini.

…dst

12 ) Yuk, Belajar Jadi Entrepreneur di NBF 2011
http://kampus.okezone.com/read/2011/11/09/373/527155/yuk-belajar-jadi-entrepreneur-di-nbf-2011

Rabu, 09 November 2011 17:18 wib
JAKARTA – Kamu sedang mengembangkan usaha sendiri bersama teman-teman kampus? Jika ya, ikuti business clinicyang satu ini. Di business clinic ini, kamu bisa belajar langsung dari para pengusaha di lima bidang usaha. Di bidang kuliner, ada Iga Bardidos; bidang automotif akan diampu oleh Auto Fever; mentor untuk Fashion and Beauty adalah Jakarta Jeans House; sedangkan bidang Rental dan Jasa akan diisi oleh Cititrans Travel. Okezone.com juga akan sharing dibusiness clinic ini untuk bidang e-business. Business Clinic tadi adalah bagian dari rangkaian kegiatan National Banking Forum (NBF) 2011 yang dihelat oleh Senat Mahasiswa Indonesia Banking School. Kegiatan bertajuk “From Banking We Simplify Your Business” ini akan digelar pada 15-17 November 2011 di Gedung STIE Indonesia Banking Schoo

…dst

13 ) Senat Unej Protes Terpilihnya Hasan Sebagai Rektor
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/11/11/09/ludbox-senat-unej-protes-terpilihnya-hasan-sebagai-rektor

Rabu, 09 November 2011 08:38 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,JEMBER–Sebanyak 55 anggota senat guru besar Universitas Jember, Jawa Timur, memprotes dan menganggap Mendiknas bertindak sewenang-wenang terkait pemilihan rektor setempat. “Ini merupakan bentuk kesewenang-wenangan karena hasil pemilihan rektor akhirnya tidak memperhatikan suara sebagian besar guru besar yang memiliki hak pilih,” kata Prof Drs Bambang Kuswandi, MSc PhD, salah seorang anggota senat di Jember, Selasa malam. Drs M Hasan MSc PhD yang menjabat sebagai Pembantu Dekan I Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) Universitas Jember (Unej), terpilih menjadi Rektor Unej periode 2012-2016. Ia mengalahkan Prof Drs Agus Subekti yang didukung oleh 50 anggota senat guru besar Unej. Menurut Bambang Kuswandi, bentuk kesewenang-wenangan Mendikbud yang diwakili Direktur Kelembagaan dan Kerja Sama Dikti Prof Dr Ir A Jazidie M.Eng itu adalah memberikan hak suara Mendikbud sebesar 35 persen atau 40 suara hanya untuk satu calon, yakni M Hasan.

…dst

14 ) Kebanyakan Mahasiswa Setelah Lulus Ingin Jadi PNS, Ogah Jadi Pengusaha
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/11/11/09/lue6lz-kebanyakan-mahasiswa-setelah-lulus-ingin-jadi-pns-ogah-jadi-pengusaha

Rabu, 09 November 2011 18:58 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG– Rektor Universitas Dian Nuswantoro Semarang, Edi Noersasongko, menilai, kebanyakan mahasiswa memiliki pola pikir setelah lulus ingin menjadi pegawai, terutama pegawai negeri sipil (PNS). “Pola pikir seperti ini tidak salah. Pertimbangannya mungkin karena lebih aman,” katanya di sela seminar “Membangun Generasi Muda Mandiri dalam Wawasan ‘Bali Deso Bali Deso'”, di Semarang, Rabu. Namun, ia mengingatkan bahwa ada jalan lain yang bisa dipilih selain menjadi PNS, yakni berwirausaha dengan menciptakan lapangan pekerjaan bagi orang lain. Ia mengakui, untuk berwirausaha membutuhkan keberanian yang besar karena banyak tantangan yang akan dihadapi sehingga seseorang yang mau berwirausaha harus menyusun strategi yang cermat.

…dst

15 ) Festival Film Sains Kembali Digelar
http://edukasi.kompas.com/read/2011/11/09/23174234/Festival.Film.Sains.Kembali.Digelar.

Rabu, 9 November 2011 | 23:17 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com- Di tahun 2011 ini, Science Film Festival Indonesia atau Festival Film Sains Indonesia akan kembali diadakan untuk yang kedua kalinya. Festival yang menggabungkan pendidikan dan hiburan untuk anak-anak dan pemuda-pemudi ini diadakan di Indonesia dari tanggal 16-30 November 2011.Christiane Jekeli, Humas Goethe-Institut, menjelaskan, untuk pertama kalinya Festival Film Sains Indonesia akan melebarkan sayapnya ke 12 kota di seluruh Indonesia, yakni Ambon, Bandung, Gowa, Jakarta, Jayapura, Mataram, Pontianak, Salatiga, Samarinda, Sorong, Surabaya, dan Yogyakarta. Festival yang dibentuk dan direncanakan Goethe-Instut itu bekerja sama dengan Kedutaan Besar Jerman di Indonesia dan German Federal Foreign Office, Garuda Indonesia, Universitas Paramadina, Majalah Kuark, Kamar Dagang dan Industri Jerman-Indonesia (EKONID), dan Institut Français Indonesia. Film Festival Sains ini juga didukung oleh HiLo School, Siemens Indonesia, Papa Ron’s, Amigos, WWF Indonesia, IOA, dan UNESCO.

…dst

16 ) Syekh Yusuf di Afsel diseminarkan di Makassar
http://www.antaranews.com/berita/283772/syekh-yusuf-di-afsel-diseminarkan-di-makassar

Rabu, 9 November 2011 22:54 WIB
Makassar (ANTARA News) – Konsul Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Cape Town, Afrika Selatan dan Universitas Hasanuddin (Unhas) menggelar Seminar “Menelusuri Sejarah Indonesia di Afrika Selatan, Peran Syekh Yusuf dalam Melawan Penjajahan di Afrika Selatan”.Seminar dilaksanakan bertepatan Hari Pahlawan Nasional, Kamis (10/11), di Gedung Ipteks Kampus Unhas Tamalanrea di Makassar. Kepala Humas Unhas, Dahlan Abubakar di Makassar, Rabu, menyatakan seminar bertujuan sebagai upaya merevitalisasi hubungan emosional dan sejarah antara Indonesia dengan Afrika Selatan yang selain bermanfaat bagi promosi sosial budaya Indonesia di luar negeri, juga penting bagi menyampaikan informasi mengenai peranan tahanan politik yang berasal dari Indonesia dalam sejarah Afrika Selatan.

…dst

17 ) Serunya, Anak SD Jadi ‘Mahasiswa’ Unpad
http://kampus.okezone.com/read/2011/11/09/373/526976/serunya-anak-sd-jadi-mahasiswa-unpad

Rabu, 09 November 2011 15:07 wib
JAKARTA – Dalam waktu dekat, Universitas Padjadjaran (Unpad) akan mendapat ‘mahasiswa baru’ berusia 9-12 tahun. Anak-anak tersebut akan berpartisipasi dalam Kinderuniversitaet (children university) yang akan diselenggarakan mulai 12 November mendatang. Kinderuniversitaet rutin diadakan oleh berbagai universitas di Jerman sejak 2001. Kampus anak-anak ini digelar selama beberapa minggu dan diisi dengan presentasi seorang profesor dalam bidang tertentu tiap minggunya. Tujuannya, untuk memuaskan rasa ingin tahu dan memperkenalkan dunia pendidikan tinggi sejak dini kepada anak-anak.

…dst

18 ) Kembangkan Profesi Advokat
http://nasional.kompas.com/read/2011/11/09/23324650/Kembangkan.Profesi.Advokat.

Rabu, 9 November 2011 | 23:32 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Ikatan Kekeluargaan (IKA) Advokat Universitas Indonesia (UI), Rabu (9/11/2011) di Jakarta, menjalin kerja sama dengan Ikatan Konsultan Pajak Indonesia (IKPI) dan Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) untuk mengembangkan potensi anggotanya. Kerja sama itu diikat dalam nota kesepahaman yang ditandatangani Koordinator IKA Advokat UI Suria Nataadmadja dan RA Shanti Dewi Mulyaraharjani (Sekretaris) bersama dengan Ketua Umum IKPI Sukkiato Oyong dan Teddy T Suryoprabowo (Sekretaris Umum) serta Ketua Umum Peradi Otto Hasibuan dan Hasanuddin Nasution (Sekretaris Jenderal).

…dst

19 ) Perlu Dikembangkan Ilmu Komunikasi Khas Indonesia
http://edukasi.kompas.com/read/2011/11/09/15512862/Perlu.Dikembangkan.Ilmu.Komunikasi.Khas.Indonesia

Rabu, 9 November 2011 | 15:51 WIB
DEPOK, KOMPAS.com – Pakar Komunikasi Alwi Dahlan mengatakan, ilmu komunikasi perlu “dibumikan” agar dalam perkembangannya ilmu tersebut menjadi khas Indonesia. Hal itu diungkapkannya dalam Konferensi Nasional Komunikasi di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia (FISIP-UI) di Depok, Rabu (9/11/2011).”Belum ada yang mengembangkan teori komunikasi khas Indonesia, ini perlu mendapatkan perhatian,” kata Alwi.Menurutnya, teori-teori komunikasi yang ada saat ini banyak berasal dari barat dan belum bisa membumi di Indonesia karena terbentur budaya dan keragaman etnik di Indonesia.

…dst

20 ) Kolaborasi Internasional di Institute of Social Studies
http://edukasi.kompas.com/read/2011/11/09/14044453/Kolaborasi.Internasional.di.Institute.of.Social.Studies

Rabu, 9 November 2011 | 14:04 WIB
DEN HAAG, KOMPAS.com – Bicara mengenai studi kemiskinan dan pembangunan negara-negara berkembang (development countries), Belanda memang ahlinya. Salah satu pusat pendidikan yang sangat menonjol dengan keahlian itu adalah Institute of Social Studies (ISS) di Den Haag. KOMPAS.comberkunjung ke kampus tersebut awal September lalu dan berbincang dengan beberapa pelajar Indonesia tentang masalah multikultur.

…dst

21 ) BEM UKDW Gelar “Gempa”
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/442632/

Thursday, 10 November 2011
YOGYAKARTA – Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Kristen Duta Wacana (BEM UKDW) Yogyakarta atau BEMU’11, hari ini berencana mengadakan eventGebyar Mahasiswa Penuh Aksi (Gempa) di kampusnya. Kegiatan ini sebagai wadah generasi muda seperti mahasiswa dan pelajar untuk mengapresiasikan bakat yang dikuasainya. Bertema Jiwa Muda, Penuh Aksi dan Ekspresi, acara ini merupakan bagian dari rangkaian peringatan Hari Pahlawan untuk membentuk calon penerus bangsa yang aktif, kreatif, dan inovatif.

…dst

22 ) Mahasiswa Desak Dekan FK UMSU Mundur
http://edukasi.kompas.com/read/2011/11/09/19071770/Mahasiswa.Desak.Dekan.FK.UMSU.Mundur

Rabu, 9 November 2011 | 19:07 WIB
MEDAN, KOMPAS.com – Puluhan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara kembali melakukan aksi unjuk rasa menuntut agar dr Ade Taufik mundur dari jabatannya sebagai Dekan Fakultas Kedokteran di universitas swasta tersebut.Tuntutan itu disampaikan mahasiswa yang tergabung dalam Badan Aspiratif Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (FK UMSU) di Medan, Rabu (9/11/2011). Mereka menilai selama kepemimpinan dr Ade Taufik sebagai dekan, tidak banyak perubahan yang terjadi pada kampus tersebut.

….dst

23 ) Pengusaha dan Guru Akan Bisa Belajar di Lemhannas
http://www.tempointeraktif.com/hg/pendidikan/2011/11/09/brk,20111109-365636,id.html

RABU, 09 NOVEMBER 2011 | 11:38 WIB
TEMPO Interaktif, Jakarta – Lembaga Ketahanan Nasional menargetkan produk kajiannya menjadi acuan dan rujukan tingkat internasional pada 2025. Gubernur Lemhannas Budi Susilo Soepandji mengatakan produk kajian lembaga ini diharapkan menjadi rujukan di level regional ASEAN pada 2015, lalu Asia Pasifik pada 2020.”Pada 2025 Lemhannas harus sekelas dengan institusi-institusi internasional dalam pendidikan calon-calon pemimpin dan thinktank negara ini,” kata Budi Susilo dalam pertemuan dengan pemimpin media di Gedung Lemhannas Kebon Sirih Jakarta pagi ini, Rabu 9 November 2011.

…dst

24 ) Anak Sopir Angkot Itu Bisa Sekolah Gratis hingga Kuliah
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/442617/

Thursday, 10 November 2011
“ALHAMDULILLAH,” katakata itu tidak pernah habis-habisnya diucapkan Neni Sumiati, 22, istri Ahmad Diningrat, 30, sopir angkutan kota (angkot) jurusan Abdul Muis- Elang yang tewas ditusuk setelah membantu penumpangnya yang menjadi korban penjambretan. Bukan mensyukuri kepergian suaminya yang telah dipanggil sang Khalik,namun bebannya ke depan akan berkurang karena kini Neni tidak akan dipusingkan dengan biaya pendidikan anak semata wayangnya, Muhammad Syaiful Imam, 5, atau akrap disapa Epul. Yayasan Pendidikan Masjid (YPM) Salman Institut Teknologi Bandung (ITB) memberikan beasiswa pendidikan pada anak yang biasa dipanggil Epul itu.

…dst

25 ) HEPATITIS DI DEPOK
Wali Kota Nyatakan Kejadian Luar Biasa
http://cetak.kompas.com/read/2011/11/10/02532313/wali.kota.nyatakan.kejadian.luar.biasa

10 November 2011
Depok, Kompas – Wali Kota Depok Nur Mahmudi Ismail menyatakan, dalam kasus penyebaran virus hepatitis A, status Depok adalah Kejadian Luar Biasa. Penetapan status ini dilakukan untuk mencegah perkembangan virus lebih jauh dan untuk mempermudah pelayanan bagi penderita. “Saat ini patut kami nyatakan status Depok KLB (Kejadian Luar Biasa) sebab virus ini menyebar dalam tempo singkat. Selanjutnya, pembiayaan penderita hepatitis A dapat diusulkan dibantu pemerintah,” ujar Nur Mahmudi saat berada di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 2 Depok, Rabu (9/11).

…dst

26 ) Remunerasi Bergantung Kinerja
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/442560/

Thursday, 10 November 2011
JAKARTA– Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi (Kemenpan dan RB) akan membuat program penilaian kinerja untuk setiap aparatur negara. Hasil penilaian ini akan berdampak pada remunerasi. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan dan RB) Azwar Abubakar mengatakan, pihaknya tengah mengembangkan sistem monitoring penilaian kinerja di setiap kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah. “Selain mengusulkan konsep reformasi birokrasi, harus juga disertai dengan penilaian kinerja di masing- masing tempat,” katanya di Jakarta kemarin.

…dst

27 ) 2014, Laporan Keuangan 262 Pemda Harus WTP
http://www.jpnn.com/read/2011/11/10/107724/2014,-Laporan-Keuangan-262-Pemda-Harus-WTP-

Kamis, 10 November 2011 , 03:30:00
JAKARTA – Upaya mendorong akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah terus dilakukan. Kali ini, pemerintah menargetkan jumlah kabupaten/kota yang meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) harus naik signifikan. Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi mengatakan, saat ini, dari 524 kabupaten/kota di Indonesia, belum sampai 10 persen yang mencapai opini terbaik WTP. “Pada 2014, kami targetkan 262 kabupaten/kota harus bisa WTP,” ujarnya di acara Regional Public Sector Conference (RPSC) yang diselenggarakan Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) di Jakarta, Rabu (9/11).

…dst

28 ) Krisis Jatuhkan Pemimpin
Direktur IMF Minta Asia agar Mau Menolong Eropa
http://cetak.kompas.com/read/2011/11/10/02522299/krisis.jatuhkan.pemimpin.

10 November 2011
Roma, Rabu – Krisis utang sudah di luar kendali dan berimbas ke politik. Sejumlah pemerintahan di zona euro berjatuhan sebagai dampak krisis. Dua pemimpin, yakni Perdana Menteri Italia Silvio Berlusconi dan PM Yunani George Papandreou, menambah daftar kejatuhan pemimpin zona euro. “Eropa dalam krisis,” kata Kanselir Jerman Angela Merkel pada sebuah konferensi di Berlin, Rabu (9/11). Merkel mengatakan, krisis berakar dalam akibat kesalahan satu dekade lebih, berupa penumpukan utang terus-menerus tanpa kendali. Tumpukan utang itu sudah sedemikian tinggi, terlihat dari persentase utang yang sudah melampaui 60 persen dari produk domestik bruto. Angka 60 persen dianggap sebagai ambang batas tertinggi yang aman bagi satu negara. Namun, kata Merkel, ambang batas ini dilanggar selama bertahun-tahun. Akibatnya, para investor tidak lagi bersedia memasok utang baru ke sejumlah negara zona euro, yang selama satu dekade justru sudah tergantung pada pasokan utang. …cut…untuk mengantisipasi penurunan pertumbuhan akibat krisis Eropa yang berdampak penurunan ekspor, sejumlah bank sentral di Asia, termasuk Indonesia, menurunkan suku bunga. Hal ini dilakukan untuk merangsang konsumsi dan investasi, yang diharapkan bisa mendorong pertumbuhan. Indonesia, seperti dikatakan Menteri Perdagangan Gita Wirjawan, juga berupaya mengalihkan atau mencari pasar baru bagi ekspor Indonesia, sebagai antisipasi pengurangan ekspor ke Eropa.(AP/AFP/MON/JOE/ENY/IDR)

…dst

 

28 ) Sekilas dalam Negeri

Pendidikan
Siswa SMA Se-ASEAN Ikuti Olimpiade Ilmu Sosial
Kebudayaan
Sasando dan Noken Didaftarkan ke UNESCO
Unesco Masih Akui Borobudur Satu dari Tujuh Keajaiban Dunia
Papua
Ini Penjelasan Polisi tentang Insiden Kongres Papua III
Pemerintah Buka Dialog dengan Rakyat Papua 
SBY Perintahkan Penyelesaian Segera Sengketa di Freeport
SBY Perintahkan Para Menterinya Turun ke Papua 
KontraS & YLBHI Protes Acara Diskusinya Dijaga Berlebihan oleh Brimob
Anggota Sudah ‘Digaji’ Freeport, Polri Tak Beri Uang Operasi
Mabes Polri: Dana dari Freeport Bukan Gratifikasi
Polisi Pakai Dasar Ini untuk Terima Duit Freeport
KNPB: Referendum, Solusi Masalah Papua
PLTN
Indonesia Tunda Rencana Mendirikan PLTN
Kasus Nazaruddin
Siang Ini Nazaruddin Tanda Tangani Lengkapnya Berkas Penyidikan
Nazaruddin Siap ke Persidangan
Merasa Dibungkam, Nazaruddin Surati KPK 
Presiden mengecam Media
SBY Wajibkan Menteri Konpers Tiap Hari
Presiden: Spekulasi Tidak Waras
SBY: Ada Yang Tak Waras Kaitkan Saya dengan Konspirasi
New7wonder
JK Tetap Bela N7W
Dubes RI di Swiss Tak Keder Hadapi Ancaman N7W
KBRI Bern: New 7 Wonders Perusahaan Bangkrut
New7Wonders: Dubes Perlu Belajar Bahasa Jerman 
Tipikor Daerah
MA Bantah Hakim Tipikor Daerah Tak Kompeten
Pembubaran Pengadilan Tipikor Bukan Solusi
Semua Hakim Tipikor Dikumpulkan di Jakarta
Haji
Anggota Jemaah Indonesia Wafat 169 Orang
BUMN
Bawa Backing, Direksi BUMN Bakal Dipecat
Sekilas Luar Negeri
Penarikan
Toyota Tarik 550.000 Mobil 
Krisis di Zona Euro
PM Berlusconi Akhirnya Mundur
Dukungan Parlemen Anjlok, Berlusconi Mundur
Iran
Iran: dokumen itu palsu
Rusia Keceawa dengan Laporan IAEA Soal Nuklir Iran
Rusia marah atas penyiaran laporan nuklir Iran
Jika Iran diserang, ulama Mesir umumkan perang jihad
Retorika anti-Iran jadi bencana Timur Tengah
Jendral Iran peringatkan Israel 
Iran Pindah Material Nuklir ke Bunker 
Iran dikepung pusat mata-mata Barat
Iran peringatkan terhadap serangan militer asing
Libya
Jaksa Pengadilan Internasional: Anak Qadaffi Segera Tertangkap
Isi Curhat Obama
Inilah Isi Gunjingan Obama-Sarkozy yang Menghebohkan
Istana Prancis dan Gedung Putih Sama-Sama Bungkam Soal Gunjing Obama-Sarkozy
Yaman
Al Qaeda asal Indonesia tewas di Yaman
Kesadisan
Perampok di Cina memotong tangan demi jam Rolex