1 ) Mendikbud Pastikan Sistem Mekanik Putra Petir Beres
Tantangan Pada Akses Mendapatkan Setrum
http://www.jpnn.com/read/2012/03/28/122210/Mendikbud-Pastikan-Sistem-Mekanik-Putra-Petir-Beres-

Rabu, 28 Maret 2012 , 08:03:00
JAKARTA – Target dua bulan bagi empat PTN untuk menyelesaikan road map mobil nasional (mobnas) “Putra Petir” menemui tantangan. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh kemarin (27/3) menuturkan, urusan mekanik mobnas bertenaga listrik itu ia anggap beres. Yang masih mengganjal adalah sistem penyediaan setrum untuk Putra Petir. Menteri yang mengawali karir sebagai dosen teknik elektro di ITS (Institut Teknologi Sepuluh Nopember) Surabaya itu menegaskan, ahli-ahli mesin dan elektronika dari empat PTN yang ditunjuk dalam proyek Putra Petir tidak akan mengalami kesulitan dalam merancang sistem mekanik. Sebab, kata dia, masing-masing kampus tadi sudah mengembangkan teknologi mobil-mobil bertenaga listrik. Ketika urusan mekanik dinilai sudah tidak ada masalah, Nuh mengatakan tantangan terbesar adalah urusan pengadaan bahan baku listrik sebagai tenaga penggerak Putra Petir itu sendiri. “Selain itu juga tantangan meningkatkan nilai ekonomi, supaya laku dijual,” katanya.

…dst

2 ) Proyek Mobnas Putra Petir Dimulai Pekan Ini
http://www.jpnn.com/read/2012/03/26/121870/Proyek-Mobnas-Putra-Petir-Dimulai-Pekan-Ini-

Senin, 26 Maret 2012 , 04:48:00
JAKARTA – Perjuangan menuju teciptanya mobil nasional (mobnas) tenaga listrik Putra Petir terus dikebut. Jajaran Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang ikut dalam proyek tersebut mulai bekerja pekan ini. Mereka mengejar target penciptaan prototype Putra Petir pada 2014. Ada empat PTN yang terlibat dalam mewujudkan mobnas yang digagas Menteri BUMN Dahlan Iskan ini. Yakni, Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM) Jogjakarta, dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya. Rektor ITB Akhmaloka menuturkan, mereka diberikan waktu dua bulan untuk berembuk mewujudkan gagasan tersebut. “Pekan ini harus ada gambaran persis tentang mobnas bertenaga listrik,” katanya saat dihubungi, Minggu (25/3). Ahli mesin dari masing-masing PTN akan berdiskusi tentang teknologi mobil tersebut. Selanjutnya, hasil dari kajian tersebut disampaikan ke Mendikbud dan diteruskan kepada Presiden. Mekanisme dari proyek Putra Petir ini adalah kolaborasi. Ada tim yang fokus menggarap desain mobil, mesin, dan seterusnya.

…dst

3 ) UGM Luncurkan Mobil Listrik Rendah Emisi
http://edukasi.kompas.com/read/2012/03/28/12274959/UGM.Luncurkan.Mobil.Listrik.Rendah.Emisi

Rabu, 28 Maret 2012 | 12:27 WIB
YOGYAKARTA, KOMPAS.com – Universitas Gajah Mada Yogyakarta, meluncurkan mobil listrik rendah emisi sebagai sarana transportasi di lingkungan kampus. Dengan mobil ini diharapkan kampus UGM akan menjadi kampus educopolis yang terbebas dari polusi udara dan kebisingan. Dr. Jayan Sentanuhady, koordinator program mobil listrik rendah emisi UGM mengatakan, mobil ini telah dikembangkan sejak tahun 2011 lalu. Mobil listrik rendah emisi yang saat ini diluncurkan berkapasitas 4-8 penumpang dan akan terus ditingkatkan menjadi berkapasitas 22 penumpang pada tahun 2014 mendatang. “Pada tahap awal pengembangan mobil ini berbasis reserve engineering dan didesain oleh tim Semar UGM. Kandungan komponen lokal mobil ini mencapai 50 persen dan akan terus ditingkatkan,” kata Jayan, dalam acara peluncuran, Rabu ( 28/3/2012).

…dst

4 ) Pengembangan Mobil Listrik Akan Memakai Dana Abadi
http://edukasi.kompas.com/read/2012/03/28/10561958/Pengembangan.Mobil.Listrik.Akan.Memakai.Dana.Abadi

Rabu, 28 Maret 2012 | 10:56 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Mobil listrik yang mulai dikembangkan beberapa mahasiswa menarik perhatian pemerintah. Bahkan, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan siap menggunakan dana abadi pendidikan untuk mendukung terwujudnya mobil listrik sebagai mobil nasional. “Kita akan melibatkan BPPT, Kemristek, LIPI dan BUMN. Kita punya waktu dua bulan untuk melaporkan perkembangannya. Soal dana, kita punya dana abadi,” kata Nuh, Rabu (28/3/2012), di gedung Kemdikbud, Jakarta. Mobil listrik menggunakan motor yang digerakkan tenaga listrik yang disimpan dalam baterai atau tempat penyimpan lain. Karena itu, selain menekan konsumsi bahan bakar minyak, mobil listrik tidak menghasilkan gas sisa pembakaran yang merusak lingkungan sehingga ramah lingkungan.

…dst

5 ) Dana Abadi Pendidikan Bertambah Rp 6 Triliun
http://edukasi.kompas.com/read/2012/03/28/10063052/Dana.Abadi.Pendidikan.Bertambah.Rp.6.Triliun

Rabu, 28 Maret 2012 | 10:06 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Mohammad Nuh mengungkapkan, ada tambahan Rp 6 triliun untuk dana abadi. Dana itu berasal dari 20 persen sisa anggaran tahun lalu.”Ada tambahan Rp 6 triliun dari sisa anggaran tahun lalu,” kata Nuh, Rabu (28/3/2012), di gedung Kemdikbud, Jakarta.Ia menjelaskan, tahun lalu ada sisa anggaran sebesar Rp 30 triliun. Atas hak 20 persen, Kemdikbud berhak “mengamankan” Rp 6 triliun. Terakhir, dana abadi yang dimiliki Kemdikbud sekitar Rp 6 triliun. Dengan tambahan itu, Kemdikbud akan memiliki dana abadi sebesar Rp 12 triliun. Dana abadi merupakan dana cadangan untuk menutupi biaya operasional pendidikan. Meski fleksibel, sejatinya, dana tersebut tak dapat diutak-atik kecuali untuk alasan yang sangat mendesak. Misalnya rehabilitasi sekolah rusak karena bencana alam, beasiswa, atau menalangi APBN yang telat cair.

…dst

6 ) 4 PTN Sediakan Beasiswa S2 Pengawas Sekolah
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/03/28/181457/4-PTN-Sediakan-Beasiswa-S2-Pengawas-Sekolah

28 Maret 2012
SEMARANG- Direktorat Pembinaan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Menengah (P2TK Dikmen) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) menunjuk empat Perguruan Tinggi Negeri (PTN) untuk membuka program S2 pengawas sekolah dengan memberikan beasiswa penuh kepada mahasiswa. PTN tersebut di antaranya Universitas Negeri Semarang (Unnes), Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Universitas Negeri Medan (Unimed), dan Universitas Negeri Malang (UNM). Program tersebut bertujuan untuk mencetak pengawas bagi sekolah di jenjang menengah. Beasiswa yang diberikan sifatnya full study selama dua tahun. Direktur Program Pascasarjana (PPs) Unnes Prof Samsudi mengatakan, Unnes akan membawahi para calon pengawas sekolah dari wilayah Jawa Tengah, DIY, Jawa Timur, Bali, NTB, dan NTT. “Jadi, setiap guru yang memperoleh beasiswa ini akan menempuh pendidikan di perguruan tinggi yang sudah ditunjuk. Misalkan, yang dari NTB, Bali, atau Jateng, mengikuti pendidikan di Unnes,” katanya. Adapun PTN lain yang ditunjuk di antaranya Universitas Negeri Jakarta (UNJ) akan membawahi wilayah Jakarta, Jabar, Banten, dan sekitarnya. Universitas Negeri Medan (Unimed) untuk wilayah Sumatera dan Universitas Negeri Makassar untuk wilayah Indonesia Timur.

…dst

7 ) Roket buatan Indonesia ujicoba penembakan di Sumsel
http://www.antaranews.com/berita/303514/roket-buatan-indonesia-ujicoba-penembakan-di-sumsel

Rabu, 28 Maret 2012 08:36 WIB
Palembang (ANTARA News) – Roket R-Han 122 produksi Indonesia, siap ujicoba penembakan di Pusat Latihan Tempur Kodiklat TNI AD Baturaja, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan, Rabu, dihadiri Wakil Menteri Pertahanan Letjen TNI Sjafrie Sjamsoeddin dan Deputi Menristek Budi Teguh Rahardjo, serta Wagub Sumsel, H Eddy Yusuf.
Kepala Biro Hukum dan Humas Kemenristek, Anny Sulaswatty, dalam penjelasannya menyebutkan bahwa Roket R-Han 122 itu merupakan produksi hasil kerja sama anak bangsa Indonesia, diwujudkan melalui penelitian bersama PT Pindad, PT Dirgantara Indonesia, dan PT Dahana, didukung penuh Kemenristek. jicoba dan demo penembakan Roket R-Han 122 itu dipusatkan di Puslatpur TNI AD Baturaja, Kabupaten OKU, Sumsel, merupakan bagian dari program pengadaan alat utama sistem pertahanan (alutsista) TNI yang didukung industri strategis di Indonesia.

…dst

8 ) Australia Tawarkan Proyek Riset Bersama
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/481225/

Wednesday, 28 March 2012
SEMARANG – Australian Counselor of Educations, Employment and Workplace Relations to Indonesia (Atase Pendidikan Australia) Marie Grealy kemarin berkunjung ke Universitas Diponegoro (Undip) Semarang. Pada kunjungan ini, Marie menawarkan sejumlah kerja sama seperti di bidang riset dan beasiswa studi ke Australia. Marie yang mewakili pemerintahAustralia mengutarakan, saat ini tengah dijajaki peningkatan kerja sama pada dua bidang, yakni Corporate Research Center (CRC) dan Australia Award. Untuk CRC, pihaknya menawarkan riset bersama dengan Undip di sektor industri, komunikasi, dan pemerintahan. “Riset dapat dilakukan dalam jangka waktu enam bulan dan biaya sepenuhnya ditanggung pemerintah Australia.Pemerintah kami juga terus menawarkan beasiswa mahasiswa dan dosen.

…dst

9 ) RUU-PT Atur Semua Jenis Perguruan Tinggi Miliki Program S3
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/223

03/27/2012
Jakarta – Rancangan Undang-undang Pendidikan Tinggi (RUU-PT) masih dalam tahap pembahasan di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh mengatakan, meski RUU-PT merupakan inisiatif DPR, pemerintah (dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan), telah mempelajari isinya. “Ada beberapa hal yang menarik dalam RUU Pendidikan Tinggi ini,” ujar Mendikbud M. Nuh saat menggelar jumpa pers di Gedung A Kemdikbud, Jakarta, (27/3). Yang pertama adalah jaminan akses pendidikan. Menteri Nuh menegaskan, pemerintah sepakat bahwa pada dasarnya seluruh anak bangsa memiliki akses yang sama untuk masuk perguruan tinggi. “Tidak boleh ada hambatan ekonomi, sosial dan kewilayahan,” tegasnya. Yang kedua, tata kelola. Saat ini tata kelola di perguruan tinggi memiliki tiga jenis pengelolaan, yaitu satuan kerja, semi otonomi, dan otonomi penuh. Hal ketiga yang menarik dalam RUU-PT adalah pengalokasian anggaran 2,5 persen untuk dana penelitian yang diambil dari anggaran fungsi pendidikan. Kebijakan ini masih dalam perdebatan, karena akan mengorbankan dana dari sektor lain. “2,5 persen itu sekitar Rp 7 triliun. Kami keberatan, karena anggaran fungsi pendidikan itu tidak hanya untuk pendidikan tinggi, tetapi juga jenjang pendidikan dari PAUD sampai menengah. Komitmen untuk memajukan riset betul, tapi tidak dengan mengalokasikan 2,5 persen dalam RUU itu,” tegasnya.

…dst

10 ) Politeknik Bakal Buka Program S2 dan S3
http://www.tempo.co/read/news/2012/03/27/079392881/Politeknik-Bakal-Buka-Program-S2-dan-S3

SELASA, 27 MARET 2012 | 17:01 WIB
TEMPO.CO, Jakarta – Pemerintah memperbesar peluang perguruan tinggi di seluruh Indonesia untuk mencetak sarjana bergelar master (strata-2) dan doktor (strata-3). “Universitas, insititut, politeknik, sekolah tinggi, akademi juga bisa menyelenggarakan kelas doktor,” kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh dalam konferensi pers di kantornya, Jakarta, Selasa 27 Maret 2012. Menurut Nuh, selama ini hanya ada dua jenis perguruan tinggi yang diperbolehkan membuka kelas program S-2 dan S-3, yaitu universitas dan institut. Namun, dalam draf baru Rancangan Undang-Undang Perguruan Tinggi (RUU PT), pemerintah mengusulkan empat institusi pendidikan itu bisa menyelenggarakan kelas program master dan doktor.Yang membedakan, kata dia, hanya jenis atau kelompok ilmunya. Seperti diketahui universitas diperuntukkan segala macam ilmu, institut lebih khusus, dan sekolah tinggi hanya satu jenis cabang ilmu. “Tapi nanti semua bisa menyelenggarakan S-3, jadi lebih terbuka,” kata dia.

…dst

11 ) Pemerintah Tetap Jamin Dana PTN
Pungutan Dana dari Mahasiswa Dikontrol
http://cetak.kompas.com/read/2012/03/28/02292851/pemerintah.tetap.jamin.dana.ptn

Rabu, 28 Maret 2012
Jakarta, Kompas – Perguruan tinggi negeri dijamin tetap mendapat kucuran dana dari pemerintah. Kucuran dana diberikan dengan sistem insentif dan disinsentif untuk mengontrol perguruan tinggi negeri tidak memungut dana sebesar-besarnya dari mahasiswa. “Perguruan tinggi negeri bisa mendapatkan dana dari pemanfaatan riset, kerja sama, atau hibah bersama institusi lain,” kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh di Jakarta, Selasa (27/3). Mendikbud meyakinkan, adanya Rancangan Undang-Undang (RUU) Perguruan Tinggi tidak membuat pemerintah abai untuk turut membiayai pendidikan tinggi. Sebelumnya, sejumlah rektor PTN enggan memilih status PTN otonom karena khawatir tidak akan mendapat kucuran dana dari pemerintah. “RUU Perguruan Tinggi inisiatif DPR. Pemerintah juga belum paham otonom penuh yang dimaksud dalam RUU PT. Tetapi, pemerintah telah memiliki sikap untuk tetap mendukung pendanaan PTN,” kata Nuh. Menurut Nuh, belajar dari perjalanan tujuh PTN badan hukum milik negara, ternyata alih status pegawai dari PNS menjadi pegawai lembaga tak berjalan. “Selama ini, alokasi gaji dosen dan karyawan PNS di perguruan tinggi negeri sekitar 40-60 persen dari biaya operasional PTN,” kata Nuh. Ia mengatakan perguruan tinggi bukan pendidikan wajib, tetapi pilihan. Karena itu, beban biaya pendidikan antara yang kaya dan miskin mesti dibedakan. “Yang penting, tidak boleh kendala ekonomi, sosial, dan kewilayahan menghambat anak bangsa kuliah di PTN,” ujar Nuh.

…dst

12 ) 4 Fokus Kemdikbud Dalam RUU-PT
http://edukasi.kompas.com/read/2012/03/27/15571097/4.Fokus.Kemdikbud.Dalam.RUU-PT

Selasa, 27 Maret 2012 | 15:57 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Rancangan Undang-Undang Pendidikan Tinggi (RUU-PT) yang terus digodok DPR dan pemerintah saat ini tengah memasuki pematangan dan siap disahkan dalam waktu dekat. Terkait hal itu, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh mengatakan, ada beberapa poin yang menjadi fokus utama. Yakni, akses pendidikan, tata kelola, alokasi anggaran penelitian, dan membuka program Doktor pada semua jenjang pendidikan tinggi. “Sedang dibahas. Kami bersyukur banyak yang mengkritisi. Kami belum tahu akan seperti apa. Tapi pemerintah punya pendirian dan fokus utama,” kata Nuh, Selasa (27/3/2012), di gedung Kemdikbud, Jakarta.

…dst

13 ) Mendikbud: Tidak Ada Niat Privatisasi PT
http://edukasi.kompas.com/read/2012/03/27/20590824/Mendikbud.Tidak.Ada.Niat.Privatisasi.PT

Selasa, 27 Maret 2012 | 20:59 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh menegaskan bahwa pemerintah tidak punya keinginan memprivatisasi perguruan tinggi. Adanya payung hukum Undang-Unadng Perguruan Tinggi yang segera disahkan DPR pada April, tetap menjamin tanggung jawab pemerintah dalam pendanaan perguruan tinggi.”Perguruan tinggi negeri dijamin mendapatkan pendanaan dari pemerintah. Dukungan pendanaan dari pemerintah akan diberikan dengan sistem insentif dan disinsentif, untuk mengontrol perguruan tinggi negeri tidak memungut sebesar-besarnya dana pendidikan dari mahasiswa, melainkan dari pemanfaatan riset, kerja sama atau hibah bersama insitusi lain,” papar Nuh.

…dst

14 ) Rencana Otonomi PTN-Mendikbud Jamin Tidak Akan Ada Komersialisasi
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/481342/

Wednesday, 28 March 2012
JAKARTA – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menjamin, kebijakan otonomi penuh di perguruan tinggi negeri (PTN) tidak akan mengarah pada komersialisasi di dunia pendidikan tinggi. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh mengatakan, otonomi penuh menjadi salah satu pilihan tata kelola keuangan dalam Rancangan Undang- Undang Perguruan Tinggi (RUU PT).Namun,dia menyadari banyak masyarakat yang menolaknya karena takut menjadi awal dari privatisasi PTN dan terjadi komersialisasi pendidikan. Mendikbud pun menjamin otonomi penuh tidak akan mengarah ke privatisasi.Sekalipun PTN memilih otonomi penuh, namun pemerintah masih dapat ikut campur dalam pengelolaannya. Mantan menkominfo ini menjelaskan, pemerintah tidak akan lepas tangan,apalagi soal pembiayaannya. Hingga saat ini,ujarnya,Kemendikbud sedang memerinci apa saja item yang akan diolah PTN secara otonomi penuh.

…dst

15 ) RUU PT Amanah Undang Undang Sisdiknas
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/03/28/308679/293/14/RUU-PT-Amanah-Undang-Undang-Sisdiknas

Rabu, 28 Maret 2012 01:38 WIB
JAKARTA–MICOM: Mendikbud M Nuh mengatakan Rancangan Undang-Undang Pendidikan Tinggi (RUU-PT) disusun berdasarkan amanah Undang Undang Sistem Pendidikan Nasional (UU Sisdiknas). Namun ia mengapresiasi mereka yang mengkritisi RUU tersebut. “Amanah UU Sisdiknas menyebutkan bahwa diperlukan UU lagi yang mengatur secara spesifik urusan pendidikan lainnya,” kata M Nuh pada konferensi pers di kantor Kemendikbud ,Jakarta, Selasa (27/3). M Nuh menyatakan, Kamis (29/3) Kemendikbud akan mengadakan rapat kerja (Raker) kembali denga Panja DPR mematangkan RUU PT yang akan disahkan April mendatang. “Karena masih dibahas maka saya belum dapat memastikan seperti apa RUU PT ini.Sebab inikan atas inisiatif DPR,” cetusnya.

…dst

16 ) Civitas UGM Tolak Pengesahan RUU PT
http://edukasi.kompas.com/read/2012/03/27/19550596/Civitas.UGM.Tolak.Pengesahan.RUU.PT

Selasa, 27 Maret 2012 | 19:55 WIB
YOGYAKARTA, KOMPAS.com – Pusat Studi Pancasila (PSP) UGM, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) KM UGM, dan sejumlah elemen masyarakat di Yogyakarta menolak pengesahan Rancangan Undang-undang Pendidikan Tinggi (RUU PT) pada 5 April nanti oleh pemerintah. RUU tersebut dinilai cacat ideologis dan hanya copy-paste atau contekan dari UU Badan Hukum Pendidikan (BHP) yang sudah dibatalkan Mahkamah Konstitusi (MK) pada 2010 lalu. “Banyak pasal dalam RUU PT yang hanya meng-copy-paste UU BHP hingga ruhnya masih sama dan ini merupakan cacat bawaan,” ujar Ketua Tim Ahli PSP UGM, Prof. Sutaryo di UGM, Selasa (27/3/2012). Lebih lanjut Prof. Sutaryo mengatakan UU BHP hanya berisi tentang penyeragaman pendidikan, pengalihan tanggung jawab pemerintah ke masyarakat, dan komersialisasi serta liberalisasi pendidikan. Sangat disayangkan, hal itu juga terdapat dalam RUU PT yang akan disahkan nanti.

…dst

17 ) Tata Kelola Kampus Diusulkan Semi Otonomi
http://edukasi.kompas.com/read/2012/03/28/09375850/Tata.Kelola.Kampus.Diusulkan.Semi.Otonomi

Rabu, 28 Maret 2012 | 09:37 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Fraksi PDIP menyatakan menolak penerapan otonomi penuh dalam tata kelola perguruan tinggi. Menurut anggota komisi IX DPR bidang pendidikan, pariwisata dan olahraga, Tubagus Dedi Gumelar, pihaknya mengusulkan agar perguruan tinggi menggunakan tata kelola semi otonomi, khususnya untuk pengaturan keuangan. “Silakan kalau mau otonomi penuh untuk mengatur akademik, tapi kalau pembiayaan harus tetap dari APBN dan melibatkan pemerintah,” kata anggota DPR yang akrab disapa Miing ini, Rabu (28/3/2012), di Jakarta. Ia mengungkapkan, banyak pihak khawatir akan terjadi gejolak jika perguruan tinggi dikelola secara otonomi penuh. Karena imbasnya, setiap perguruan tinggi diperkenankan mengatur keuangannya sendiri-sendiri. Baik input, maupun output. Lebih jauh, masyarakat akan dibebankan dengan biaya yang lebih tinggi karena harus ikut menopang biaya operasional tiap-tiap perguruan tinggi.

…dst

18 ) RUU PT Cara Pemerintah Lepas Tanggung Jawab
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/03/28/308680/293/14/RUU-PT-Cara-Pemerintah-Lepas-Tanggung-Jawab

Rabu, 28 Maret 2012 05:18 WIB
JAKARTA–MICOM: Skema Rancangan Undang-Undang Pendidikan Tinggi (RUU-PT) dipayungi pemikiran otonomi PT sehingga gagasan dan semangat yang muncul melepaskan tanggung jawab pemerintah terhadap pembiayaan pendidikan. Hal ini akan menjadi sumber komersialisasi pendidikan tinggi dan akan semakin menjatuhkan kualitas pendidikan tinggi Indonesia. Demikian dikemukakan pengamat pendidikan M Abduh Zen menanggapi kontroversi RUU PT yang akan disahkan DPR dan pemerintah pada April mendatang. “Seharusnya dengan anggaran pendidikan yang semakin tinggi sekarang ini pemerintah dapat berpikir keras agar biaya pendidikan tinggi semakin rendah sehingga dapat diakses dengan mudah oleh segala lapisan ekonomi masyarakat. Jadi sebaiknya pemerintah terfokus pada hal ini dulu, baru kemudian kualitas dapat dibenahi,”papar M Abduh Zen yang juga dosen Universitas Paramadina ini, Selasa (27/3).

…dst

19 ) Kemendikbud Dinilai Picu Konflik
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/03/28/181460/Kemendikbud-Dinilai-Picu-Konflik

28 Maret 2012
SOLO – Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (Aptisi) Jawa Tengah mengatakan kebijakan program bidik misi yang diterapkan oleh Kemendikbud dinilai potensial memicu konflik. Pasalnya kuota yang diberikan pada Perguruan Tinggi Negeri (PTN) jauh lebih besar sebaliknya untuk Perguruan Tinggi Swasta (PTS) sedikit. Itu pun masih ditambah syarat yang berat. Ketua Aptisi Jawa Tengah Prof Dr Brodjo Sudjono, mengatakan kuota yang yang diberikan untuk PTN pada tahun ini sekitar 30 ribu. Rencananya, kuota untuk PTS pada tahun depan sebanyak dua ribu. Padahal saat ini PTN di Indonesia ada 40-an dan PTS ada tiga ribuan. Sementara di Jawa Tengah hanya ada lima PTN, sementara untuk PTS ada 240-an. “Ini memicu konflik vertikal antara pemerintah dengan perguruan tinggi dan konflik horizontal antara PTS dan PTN,” kata Brodjo saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (27/3).

…dst

20 ) Tekanan Mahasiswa UNY Efektif
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/481227/

Wednesday, 28 March 2012
YOGYAKARTA– Tekanan mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) kepada rektorat agar membatalkan rencana kenaikan SPP bagi mahasiswa baru membuahkan hasil. Rektorat berjanji tidak akan menaikkan SPP mahasiswa baru.Diketahui sebelumnya, Kamis (22/3), Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) menggelar aksi menolak rencana kenaikan SPP bagi mahasiswa baru.”Kami sudah putuskan untuk SPP mahasiswa baru tidak akan naik,” kata Rektor UNY Rochmat Wahab di sela-sela peresmian Gedung Lembaga Pengembangan Dan Penjamin Mutu Pendidikan (LPPM) UNY kemarin. Sejak awal UNY sudah berkomitmen tidak akan menaikkan SPP.Namun karena beban operasional untuk kepentingan mahasiswa maupun kampus terus meningkat tapi biayanya tidak ada tambahan,maka ada wacana mahasiswa baru ditarik biaya operasional pendidikan (BOP) Rp300.000 bagi reguler dan Rp655.000 nonreguler. “Jadi tambahan biaya itu bukan adanya kenaikan SPP,melainkan untuk mendukung BOP,”ungkapnya. Untuk BOP, apakah tetap akan diterapkan atau tidak bagi mahasiswa baru masih menunggu keputusan dari pusat. Pemerintah sudah menjanjikan akan membantu BOP tersebut.

…dst

21 ) Naikkan SPP, Subsidi Kampus Bakal Dipangkas
http://kampus.okezone.com/read/2012/03/27/373/600640/naikkan-spp-subsidi-kampus-bakal-dipangkas

Selasa, 27 Maret 2012 16:52 wib
JAKARTA – Seiring rencana kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) M Nuh melarang pengelola perguruan tinggi menaikkan biaya studi. Saat ini, Nuh memaparkan, pembiayaan pendidikan di perguruan tinggi disuplai oleh tiga pos pendanaan yakni subsidi pemerintah, sumbangan pembiayaan pendidikan (SPP), serta dana riset, kerja sama, dan hibah yang didapatkan kampus dari pihak ketiga.”Pemerintah menjaga agar pos-pos tersebut tetap stabil sehingga tidak ada kampus yang menaikkan SPP dan memberatkan mahasiswanya,” ujar Nuh di Gedung Kemendikbud, Jakarta Selatan, Selasa (27/3/2012). Nuh menjelaskan, pendapatan negara bukan pajak (PNBP) dari SPP termasuk besar yakni mencapai Rp12 triliun per tahun. Dana inilah yang digunakan untuk membiayai pembangunan gedung dan fasilitas kampus lainnya.

…dst

22 ) Ujian Masuk Perguruan Tinggi Akan Digratiskan
http://www.tempo.co/read/news/2012/03/27/079392851/Ujian-Masuk-Perguruan-Tinggi-Akan-Digratiskan

SELASA, 27 MARET 2012 | 15:51 WIB
TEMPO.CO, Jakarta – Kabar gembira bagi para siswa yang ingin melanjutkan studinya ke perguruan tinggi. Pemerintah berencana membebaskan biaya pendaftaran tes masuk perguruan tinggi negeri untuk seluruh calon mahasiswa.”Pada dasarnya seluruh anak bangsa punya akses yang sama untuk masuk ke perguruan tinggi,” kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M. Nuh dalam konferensi pers di kantornya, Jakarta, Selasa 27 Maret 2012. Rencana ini menjadi salah satu poin penting yang tertuang dalam draf Rancangan Undang-Undang Perguruan Tinggi yang sedang dibahas pemerintah dan Dewan Perwakilan Rakyat. Nuh menyebut pembebasan biaya pendaftaran ini sebagai jaminan akses bagi seluruh siswa di Tanah Air mencoba kemampuan akademisnya. “Tapi siapa yang diterima tentu berbasis pada kemampuan akademik anak tersebut,” ujarnya.

…dst

23 ) JK: Mahasiswa Harus Tentukan Profesi
http://edukasi.kompas.com/read/2012/03/27/15445811/JK.Mahasiswa.Harus.Tentukan.Profesi

Selasa, 27 Maret 2012 | 15:44 WIB
Kompas.com — Mantan Wakil Presiden M Jusuf Kalla mengingatkan mahasiswa untuk mulai memilih jalur profesi yang akan ditekuninya, seiring era persaingan yang kian ketat dan berkaitan dengan tugas memajukan bangsa.”Mahasiswa harus memilih profesi apa yang akan ditekuninya. Ini tidak bisa dilakukan dengan cuma bicara, cuma demo,” katanya saat menyampaikan orasi ilmiah berjudul “Pemuda, Mahasiswa, dan Pembangunan Nasional” di Universitas Diponegoro Semarang, Selasa (27/3/2012). Kalla menyebutkan, setidaknya ada tiga jalur profesi yang ada, yakni profesional, birokrat, dan wirausaha, yang salah satunya harus dipilih sesuai kemampuan yang dimiliki dan keinginan untuk menekuni profesi tersebut.

…dst

24 ) Perguruan Tinggi Dituntut Menguasai Potensi Daerah
http://www.pikiran-rakyat.com/node/182165

Selasa, 27/03/2012 – 16:36
BANDUNG, (PRLM).- Perguruan tinggi dituntut untuk mengenali keunggulan dan potensi yang dimiliki di daerahnya. Tujuannya agar lulusan memiliki nilai jual dan terserap di sektor-sektor yang memiliki potensi tersebut. Pendapat demikian disampaikan Alex Retraubun, Wakil Menteri Perindustrian RI, yang menjadi pembicara dalam seminar yang berjudul “Konsep dan Aplikasi Ekonomi Kerakyatan Dalam Pemberdayaan Ekonomi Rakyat dan Koperasi” di Bandung, Selasa (27/3/12). Alex mengatakan, selama ini kurikulum pendidikan belum sejalan dengan berbagai potensi yang dimiliki daerah. Sehingga sering terjadi ketimpangan antara kebutuhan dunia usaha dengan dengan ketersediaan sumber daya manusia.”Banyak potensi di daerah yang belum bisa terolah dengan baik, karena kurangnya sumber daya manusia. Sedangkan banyak juga sarjana yang belum terserap dunia usaha, karena persaingan yang begitu ketat, ” kata Alex. Ia mencontohkan kondisi Jawa Barat tidak bisa disamakan dengan provinsi lain.

…dst

25 ) Mendikbud Hadiri Peresmian Pusat Indonesia di Beijing
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/222

03/27/2012
Beijing — Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh menghadiri Upacara Peresmian Pendirian Pusat Indonesia di Beijing Foreign Studies University (BFSU), Beijing, China, Jumat (23/03). Dalam kunjungan tersebut, Mendikbud menerima persembahan dari mahasiswa BFSU yang menunjukkan permainan alat musik dan tarian asal Indonesia. Dalam sambutannya, Mendikbud menyambut baik pendirian Pusat Indonesia ini dan menyampaikan ucapan terima kasih atas kerja sama yang dijalin. “Pusat Indonesia dapat menjadi tempat untuk mengetahui lebih jauh tentang Indonesia,” ujar Menteri Nuh. Ketua Dewan Universitas BFSU, Yang Xueyi dalam sambutannya berharap Pusat Indonesia dapat menjadi penghubung antara Cina dan Indonesia dalam kerja sama serta pertukaran di bidang pendidikan dan budaya. Pusat Indonesia juga diharapkan menjadi jembatan untuk meningkatkan saling pengertian dan persahabatan antara dua negara tersebut.

…dst

26 ) Tahunnya Kebangkitan Ilmu Biologi
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/481226/

Wednesday, 28 March 2012
Kompetisi Biologi Nasional diharapkan menjadi ajang kompetisi dan wawasan keilmuan,terutama kemampuan mengaplikasikan budaya berpikir ilmiah.Lomba ini juga diharapkan menjadi sarana merevitalisasi ilmu-ilmu pengetahuan alam (biologi),serta menempatkannya sebagai dasar ilmu terapan. “Ini tahun kebangkitan biologi Indonesia.Sarjana biologi selama ini juga terbuka untuk bekerja di bidang apa saja,”ujar Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Riset Fakultas Biologi Universitas Gadjah Mada (UGM) Endang Semiarti di sela-sela Kompetisi Biologi Nasional tingkat SMA se-Indonesia di UGM,baru-baru ini.

…dst

27 ) Unjani-UTM Gelar Konferensi Internasional
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/481218/

Wednesday, 28 March 2012
CIMAHI – Sedikitnya 20 negara akan menjadi peserta konferensi ekonomi internasional yang digagas Universitas Jenderal Ahmad Yani (Unjani) dan Universitas Teknologi Malaysia (UTM).Konferensi ekonomi internasional dengan misi membawa kontribusi yang besar terhadap perekonomian Indonesia dan Asia di masa mendatang itu merupakan tindak lanjut dari kerja sama antara Unjani dan UTM yang sudah terjalin selama ini. Ketua Jabatan Pembangunan Sumber Daya Manusia UTM Ishak M mengatakan,seminar internasional sebagai upaya penguatan ekonomi negaranegara berkembang dalam menghadapi era globalisasi. Lebihdari 20 negara akan mengirimkan perwakilannya untuk membahas berbagai hasil penelitian para pakar di bidang ekonomi.

…dst

28 ) 180 Ribu Alumni Unpad Siap Pilih Pemimpin
http://kampus.okezone.com/read/2012/03/28/373/600951/180-ribu-alumni-unpad-siap-pilih-pemimpin

Rabu, 28 Maret 2012 12:09 wib
JAKARTA – Dalam waktu dekat, alumni Universitas Padjadjaran (Unpad) akan menyelenggarakan pesta demokrasi untuk memilih pemimpin mereka. Pemilihan ketua umum Ikatan Alumni (Ika) Unpad ini akan melibatkan sekira 180 ribu alumni Unpad di seluruh Indonesia.Salah satu alumnus yang ikut serta dalam proses ini adalah Mansur Ahmad. Pria yang lebih dikenal dengan panggilan ‘Uung’ itu berharap, alumni dan universitas dapat bersinergi.”Saya mendaftarkan diri dalam bursa pencalonan ketua Ika Unpad didorong semangat yang tidak pernah padam untuk selalu berbakti kepada Unpad. Saya juga akan mengonsolidasikan alumni agar dapat dirasakan keberadaannya oleh masyarakat,” kata Mansur dalam keterangan tertulisnya kepadaokezone, Rabu (28/3/2012).

…dst

29 ) Cara Anak ITS Peduli Lingkungan
http://kampus.okezone.com/read/2012/03/27/373/600361/cara-anak-its-peduli-lingkungan

Selasa, 27 Maret 2012 15:03 wib
JAKARTA – Kreativitas mahasiswa dalam kepedulian terhadap lingkungan tidak ada habisnya. Contohnya seperti yang dilakukan mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) ini. Sedikitnya, ada empat agenda yang akan menyemarakkan kampus ITS dalam minggu ini. Helatan Tim ITS Eco Campus tersebut sepenuhnya ditujukan untuk menyuarakan kepedulian terhadap lingkungan dan menyukseskan Earth Hour International, 31 Maret mendatang. Keempat agenda tersebut akan dilaksanakan pada Jumat, 30 Maret mendatang. Kamu bisa berpartisipasi dalam Forum Tahu Campur, ITS Earth Hour, launching Smart Classroom, dan Kompetisi Gagasan terkait Efisiensi Energi.

…dst

30 ) Tidak Butuh Waktu Lama, Sekali Pencet Bisa Keluar Sendiri
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/481149/

Wednesday, 28 March 2012
Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) tak henti-hentinya menelurkan mahasiswa berprestasi. Setelah Nurrohman,mahasiswa Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik membuat alat antinyamuk berbahan baku limbah mouse, giliran Hardianto,mahasiswa Teknik Elektronika yang unjuk kebolehan. Dia membuat peta elektronik ibu kota provinsi. Ide ini muncul karena peta selama ini masih menjadi acuan bagi pelajar untuk mengetahui letak atau lokasi wilayah tertentu, seperti ibu kota provinsi,kota dan kabupaten. Yang menjadi permasalahannya, untuk menemukan tempat itu,memerlukan waktu yang lama. Selain Indonesia memiliki pulau dan provinsi yang banyak,kondisi geografisnya juga sangat luas Jadi pencarian secara manual membutuhkan waktu. Itu yang mendorong Hardianto menciptakan peta digital, yaitu peta elektronik ibukota provinsi Indonesia.

…dst

31 ) Menilik Perbedaan TOEFL dan IELTS
http://edukasi.kompas.com/read/2012/03/28/1155178/Menilik.Perbedaan.TOEFL.dan.IELTS

Rabu, 28 Maret 2012 | 11:55 WIB
KOMPAS.com – Kemampuan berbahasa Inggris menjadi salah satu syarat utama untuk melanjutkan pendidikan di luar negeri. Untuk mengetahui tingkat kemampuan berbahasa Inggris seseorang, ada beberapa tes yang bisa dijalani. Dua di antaranya adalah Test of English as a Foreign Languange (TOEFL) dan International English Language Testing System (IELTS). Lalu, apa sebenarnya perbedaan antara TOEFL dan IELTS?
Beda Tujuan

…dst

31 ) BMW Foundation hadirkan pimpinan muda dunia ke Jakarta
http://www.antaranews.com/berita/303460/bmw-foundation-hadirkan-pimpinan-muda-dunia-ke-jakarta

Selasa, 27 Maret 2012 23:59 WIB
Jakarta (ANTARA News) – Europe Asia Young Leaders Forum ke-10 akan berlangsung di Jakarta mulai tanggal 29 Maret hingga 31 Maret 2012. Tema pertemuan tahun ini adalah “Menciptakan Kesempatan Bagi Pertumbuhan Ekonomi dan Keterbukaan”. “Indonesia membuktikan kemampuannya yang lebih baik dari negara lainnya untuk lolos dari krisis dunia tahun 2008 dan telah mengaplikasikan solusi yang inovatif untuk kepentingan ekonomi dan masyarakat,” menurut Jürgen Chrobog, mantan Sekretaris Negara dan Chairman dari BMW Foundation seperti disampaikan oleh Ilsabe von Campenhausen, Ketua Forum Young Leaders dalam siaran pers. Sejumlah pembicara penting seperti Anies Baswedan (Rektor dari Universitas Paramadina) dan Svida Alisjahbana, CEO dari Femina Group akan memberikan penekanan terhadap isu pendidikan, kesempatan kerja, kewirausahaan dan akan terlibat dalam diskusi dengan peserta forum.

…dst

32 ) Jusuf Kalla minta mahasiswa tidak merusak fasum
http://www.antaranews.com/berita/303556/jusuf-kalla-minta-mahasiswa-tidak-merusak-fasum

Rabu, 28 Maret 2012 12:13 WIB
Makassar (ANTARA News) – Mantan Wakil Presiden HM Jusuf Kalla meminta mahasiswa tidak merusak fasilitas umum dan sosial milik rakyat, menyusul demonstrasi menolak kenaikan harga BBM.”Jangan merusak fasilitas umum (fasum) karena itu milik kita bersama. Manfaatnya sangat besar, jika dirusak akan banyak masyarakat yang tidak `mendukungmu` (mahasiswa, red.),” katanya di Wisma Kalla Makassar, Rabu.Ia mengatakan, unjuk rasa mahasiswa yang merusak fasilitas umum dan sosial serta sarana perkantoran lainnya akan menimbulkan antipati masyarakat karena menimbulkan kerugian besar.Salah satu contoh antipati masyarakat terhadap unjuk rasa yakni dengan banyaknya warga yang menentang dan juga melakukan perlawanan terhadap mahasiswa berunjuk rasa.Dirinya mempersilakan para mahasiswa berunjuk rasa, tetapi jangan mengorbankan kepentingan masyarakat, aktivitas warga yang mencari nafkah akan terganggu jika unjuk rasa anarkis, apalagi menutup semua akses jalan.

…dst

33 ) Gerakan Berbasis Moralitas Tak Boleh Terprovokasi
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/225

03/27/2012
Jakarta— Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh mengingatkan kepada para mahasiswa yang berdemonstrasi terkait dengan rencana kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM), untuk tidak terpancing atau terprovokasi saat berada di lapangan. Menteri Nuh tidak ingin para mahasiswa melanggar nilai yang diperjuangkannya karena terprovokasi.Menteri Nuh mengingatkan hal itu berkaitan dengan laporan yang diterima dari beberapa daerah yang mengarah pada tindakan anarkis. “Memang saya belum bisa memastikan apakah mereka yang bertindak anarkis itu adalah mahasiswa atau bukan. Tapi saya berkewajiban untuk mengingatkan akan makna perjuangan yang dilakukan para mahasiswa dengan ikut berdemo itu,” katanya, Selasa (27/3) di Jakarta.

…dst

34 ) Aksi Mahasiswa
Mendikbud: Mahasiswa Jangan Terprovokasi
http://nasional.kompas.com/read/2012/03/27/20540374/Mendikbud.Mahasiswa.Jangan.Terprovokasi

Selasa, 27 Maret 2012 | 20:54 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh mengingatkan mahasiswa yang ikut berunjuk rasa terkait rencana kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) agar tidak terprovokasi saat berada di lapangan. Seruan ini terkait adanya laporan aksi mahasiswa di beberapa daerah, termasuk di Jakarta, yang mengarah pada tindakan anarkis. “Demonstrasi tidak dilarang. Yang dilarang adalah tindakan anarkis, yang bagi mahasiswa dengan basis gerakan moral justru akan mencederai keikutsertaan dan nilai yang diperjuangkannya,” tutur Nuh, Selasa (27/3/2012) di Jakarta. Nuh mengajak dan meminta para pimpinan perguruan tinggi untuk menggelar dialog dan diskusi publik sekaligus memfasilitasinya. Tujuannya untuk menyikapi kebijakan kenaikan harga BBM secara akademik. “Ini penting, karena kampus sebagai pilar gerakan intelektualitas. Kalangan kampus perlu mendiskusikannya dan mengedepankan pemikiran-pemikiran kritis konstruktif,” kata Nuh.

…dst

35 ) Mendikbud minta soal BBM dikembalikan ke ekonomi
http://www.antaranews.com/berita/303404/mendikbud-minta-soal-bbm-dikembalikan-ke-ekonomi

Selasa, 27 Maret 2012 19:24 WIB
Jakarta (ANTARA News) – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Republik Indonesia, Mohamad Nuh mengajak semua pihak untuk mengembalikan sudut pandang dalam menilai masalah kenaikan bahan bakar minyak (BBM) ke ranah ekonomi, alih-alih masalah politik. “Kenaikan BBM sebenarnya masalah ekonomi biasa di mana harga naik dan turun itu wajar terjadi, lalu kenapa bisa segaduh sekarang ini? Menurut pengamatan saya yang bukan orang politik ini, kenaikan BBM sudah dibawa ke ranah politik,” kata Menteri dalam jumpa pers di kantor Kemendikbud, Jakarta, Selasa. Menteri menilai masalah kenaikan bbm saat ini dikait-kaitkan dengan masalah politik jelang pemilu 2014. “Ini adalah kejadian yang terkait dengan ekonomi 2012, tapi dibawa ke masalah politik 2014, jadinya gaduh,” kata dia. Menteri yang juga mantan Rektor Institut Teknologi Surabaya (ITS) tersebut mengatakan bahwa ada imajinasi politik dalam persepsi sebagian masyarakat yang menimbulkan kreativitas dalam berekspresi seperti demonstrasi.

…dst

36 ) Mendikbud: Kenaikan BBM Jadi Rumit karena ke Ranah Politik
http://nasional.kompas.com/read/2012/03/27/20475726/Mendikbud.Kenaikan.BBM.Jadi.Rumit.karena.ke.Ranah.Politik

Selasa, 27 Maret 2012 | 20:47 WIB
JAKARTA,KOMPAS.com – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh mengatakan, isu tentang kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) menjadi rumit karena ada pihak yang menariknya ke ranah politik. Menurutnya, kerumitan tidak akan terjadi jika permasalahan itu selesai di ranah ekonomi. “Naik turun harga kan biasa. Menurut saya yang bukan orang politik, semua menjadi rumit karena dibawa ke politik,” kata Nuh, Selasa (27/3/2012), di gedung Kemdikbud, Jakarta.
Dilanjutkannya, semua menjadi semakin gaduh karena isu politik yang ditarik menyangkut pemilihan Presiden pada 2014 mendatang. Sehingga, kata dia, ada semacam imajinasi politik di luar orisinalitas permasalahan sebenarnya.

…dst

37 ) Kompensasi Kenaikan BBM, Subsidi Siswa Miskin Bertambah
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/224

03/27/2012
Jakarta – Kebijakan pemerintah untuk menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) diikuti dengan penambahan kuota penerima subsidi siswa miskin (SSM). Dari Rp11,2 triliun yang diusulkan oleh Kemdikbud pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBNP) tahun 2012, Rp3,9 triliun diantaranya diperuntukkan untuk SSM.Demikian disampaikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh, di kantor Kemdikbud, Selasa (27/03). “Anak-anak dari jenjang SD, SMP, sampai perguruan tinggi yang menerima SSM jumlahnyapun kita naikkan, yang tadinya 6 juta anak, kita naikkan jadi 14 juta anak,” tutur Menteri Nuh Mendikbud menjelaskan, kuota penerima SSM dinaikkan sampai dua kali lipat lebih dikarenakan adanya dampak yang luas atas kenaikan harga BBM. Selama ini, siswa yang diberi subsidi adalah siswa yang benar-benar miskin. Sekarang, dengan adanya pengalihan subsidi yang ditandai dengan kenaikan harga BBM, otomatis siswa yang hampir miskin juga menerima imbasnya. “Jadi untuk meng-cover adik-adik kita yang hampir miskin itu, kita naikkan jumlah penerimanya,” jelas mantan Menkominfo ini.

…dst

38 ) Pemerintah Salurkan Subsidi Siswa Miskin April
http://www.tempo.co/read/news/2012/03/27/079392898/Pemerintah-Salurkan-Subsidi-Siswa-Miskin-April

SELASA, 27 MARET 2012 | 17:45 WIB
TEMPO.CO, Jakarta – Pemerintah siap menyalurkan kompensasi atas kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi berupa subsidi siswa miskin pada awal April. “Yang enam juta anak efektifnya diberikan sembilan bulan, mulai April nanti. Yang baru, karena masih diproses, kemungkinan besar akan dimulai tahun ajaran baru,” kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh dalam konferensi pers di kantornya, Jakarta, Selasa, 27 Maret 2012. Menteri Nuh mengatakan pemerintah sengaja menambah jumlah subsidi siswa miskin dari enam juta siswa menjadi 14 juta siswa karena kenaikan BBM. Angka ini bertambah karena pemerintah tak hanya memperhitungkan masyarakat miskin, tapi juga kelompok masyarakat yang mendekati atau hampir miskin.

…dst

39 ) 14 Juta Siswa Akan Terima SSM
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/03/28/181455/14-Juta-Siswa-Akan-Terima-SSM

28 Maret 2012
JAKARTA – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan menambah jumlah penerima Subsidi Siswa Miskin (SSM). Hal itu merupakan upaya pemerintah untuk menunjukkan konsistensinya membuka akses pendidikan bagi masyarakat. Di samping itu juga merupakan langkah antisipasi dari rencana kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM), yang rencananya akan dilakukan pada tanggal 1 April yang akan datang. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, M Nuh mengatakan sebelum ada rencana pemerintah untuk menaikkan harga BBM, jumlah penerima SSM hanya sekitar enam juta siswa. Akibat kenaikan (harga BBM) ini, maka diusulkan penerima SSM totalnya menjadi 14 juta. “Jadi ada penambahan sekitar delapan juta siswa,” ungkap Nuh di Gedung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, kemarin.

…dst

40 ) Amien Rais kritik rencana pemberian BLT
http://www.antaranews.com/berita/303552/amien-rais-kritik-rencana-pemberian-blt

Rabu, 28 Maret 2012 12:06 WIB
Jakarta (ANTARA News) – Ketua MPR periode 1999-2004 Amien Rais mengkritik rencana pemberian bantuan langsung tunai (BLT) kepada masyarakat miskin sebagai kompensasi penaikan harga bahan bakar minyak (BBM) yang akan diberlakukan mulai 1 April.Menurut politisi senior Partai Amanat Nasional ini, di Jakarta, Rabu, pemberian BLT kepada masyarakat miskin sebesar Rp150 ribu itu tidak tepat. “Mengapa uang tambahan dari didongkraknya harga BBM nantinya diberikan kembali sebagai BLT Rp150 ribu per bulan, apa ini tidak penghinaan,” katanya dalam acara dialog Merah Putih yang disiarkan langsung dari Auditorium TVRI, bekerja sama dengan LKBN ANTARA, dan RRI. Ia menyebutkan hanya Indonesia, satu-satunya negara dimana pemerintah membagikan uang kepada rakyatnya yang miskin. Sementara itu soal penaikan BBM, Amien menyebutkan meskipun PAN masuk dalam koalisi partai, namun bukan berarti harus menutup mata dan telinga serta nurani, dan tidak menyampaikan koreksi atas rencana kebijakan tersebut.

…dst

41 ) 31 Mahasiswa yang Aksi di Gambir Jadi Tersangka
http://news.detik.com/read/2012/03/28/123511/1878774/10/31-mahasiswa-yang-aksi-di-gambir-jadi-tersangka?n991102605

Rabu, 28/03/2012 12:35 WIB
Jakarta 31 Mahasiswa yang ditangkap polisi di Gambir, Jakarta terkait unjuk rasa berujung bentrok ditetapkan menjadi tersangka. Mereka dikenai pasal melakukan perusakan.”Mereka tersangka, pasal 170 KUHP tentang perusakan terhadap barang,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Rikwanto, kepada wartawan, Rabu (28/3/2012). Rikwanto menjelaskan total yang ditangkap polisi dalam unjuk rasa menolak penaikan BBM itu ada 34 orang. 3 Di antara mereka yakni pemulung, pengangguran, dan seorang karyawan.”Untuk penanganan anarkisme di Gambir sehingga dibubarkan anggota polisi. Awal mula sekelompok orang yang kita curigai akan menuju depan Istana, kita geledah, satu kelompok ini bersedia digeledah. Lalu ada satu lagi datang, mereka menghindar digeledah, berlari ke belakang, dan coba lakukan provokasi,” jelas Rikwanto.

…dst

42 ) Kepala Daerah Ikut Demo, Jusuf Kalla Dukung Mendagri Beri Sanksi
http://www.republika.co.id/berita/nasional/politik/12/03/27/m1js8e-kepala-daerah-ikut-demo-jusuf-kalla-dukung-mendagri-beri-sanksi

Selasa, 27 Maret 2012 21:29 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG — Mantan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla setuju dengan ancaman Menteri Dalam Negeri untuk memberhentikan kepala daerah yang ikut berdemo menolak rencana kenaikan harga BBM. Menurutnya, kepala daerah sudah semestinya tidak bertentangan dengan pemerintah pusat. JK, sapaan akrabnya mengatakan setiap kebijakan nasional memiliki struktur hingga ke daerah. Untuk itulah jika kebijakan nasional ditolak berarti harus ada sanksi bagi yang mereka yang tidak disiplin. “Mana ada yang tidak disiplin tanpa dikenai sanksi. Kalau mereka melanggar kebijakan nasional ya pasti akan dijatuhkan hukuman,” ucapnya ungkapnya di sela-sela pemberian kuliah umum di Universitas Diponegoro, Semarang, Selasa (27/3). Dirinya tak menampik kenaikan harga BBM akan berimbas pada naiknya tarif angkutan umum. Namun masyarakat diminta menyikapinya dengan dewasa. Masyarakat, kata JK, harus mendukung langkah pemerintah dalam upaya penghematan APBN.

…dst

43 ) Siti Zuhro: Kepala Daerah Ikut Unjuk Rasa Menyalahi Etika Pemerintahan
http://news.detik.com/read/2012/03/27/194754/1878252/10/siti-zuhro-kepala-daerah-ikut-unjuk-rasa-menyalahi-etika-pemerintahan?n991102605

Selasa, 27/03/2012 19:47 WIB
Jakarta Unjuk rasa menolak rencana kenaikan harga BBM yang diikuti Wakil Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo dan Wakil Walikota Surabaya, Bambang DH merupakan gangguan bagi hubungan antara pemerintah pusat dan daerah. Padahal sebagai pimpinan daerah, keduanya harus mendukung kebijakan program yang diambil pemerintah pusat.”Demo wakil walikota ini jangan ditiru. Jangan sampai dalam posisi menjabat kepala daerah malah melakukan perlawanan atas kebijakan yang diambil pemerintah pusat,” ujar peneliti LIPI, Siti Zuhro, Selasa (27/3/2012). Siti menambahkan aksi demo yang diikuti dua wakil walikota ini telah melanggar etika pemerintahan. Semestinya penolakan atas rencana kebijakan yang dicanangkan pemerintah pusat dilakukan dengan cara lain seperti menyampaikan langsung kajian penolakan kepada gubernur yang memegang komando pemerintahan provinsi.

…dst

44 ) Hore! Honorer Pemda Segera Dijadikan PNS
http://news.detik.com/read/2012/03/27/183451/1878192/10/hore-honorer-pemda-segera-dijadikan-pns?n990102mainnews

Selasa, 27/03/2012 18:34 WIB
Jakarta Kabar gembira buat tenaga honorer di jajaran pemerintahan daerah (Pemda). Tahun ini pemerintah akan segera menetapkan tenaga honorer sebagai PNS. Rencana itu disampaikan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Azwar Abubakar, dalam Rakor Sosialisas Birokrasi Regional I Sumatera di Pekanbaru, Selasa (27/3/2012). Menurut Azwar pengangkatan tenaga honorer ini tidak terlepas masuknya masa pensiun PNS. Untuk tahun 2012, kata Azwar, sedikitnya ada 125 ribu orang PNS memasuki masa pensiun. Karenanya, dalam hal ini pemerintah memutuskan untuk mengutamakan terlebih dahulu tenaga honorer yang selama ini bekerja di jajaran pemerintah daerah.

…dst

45 ) Sekilas dalam Negeri
Demo kenaikan BBM
Jumat 30 Maret Paripurna DPR Putuskan Kenaikan BBM
Amien Rais isyaratkan tidak maju dalam Pemilu 2014
Amien Rais kritik rencana pemberian BLT
30% Penduduk Akan Terima BLSM
NU: Polisi dan Demonstran Harus Bisa Jaga Martabat Bangsa
29 Maret, Demonstran Ancam Terobos Tol dan Duduki DPR
Duh! 20 Bom Molotov Diamankan dari Lokasi Bentrok di Gambir
Polisi Buru Mobil Ambulan PMI yang Bawa Batu untuk Demonstran
PMI: Mobil Berlogo Palang Merah di Demo Gambir Belum Tentu PMI
Ribuan Mahasiswa Kepung Balai Kota Malang
Oknum TNI Ditangkap, MC Donald Dijarah
Ketua DPRD Surakarta Pimpin Unjuk Rasa
Demo BBM, Kepala Daerah Siap Dipecat
Amien Rais: kepala daerah demo BBM itu kelewatan
Yusril: Mendagri Tak Bisa Pecat Kepala Daerah
Kasus Nazaruddin
Kasus Hambalang, KPK: Tak Ada Beban Meski Hadapi Ketua Partai Penguasa
Sekilas Luar Negeri
Indonesia usulkan perangkat legislasi keamanan nuklir
Pakar: Serang Iran? Israel Benar-benar Gila
Cemaskan Iran dan Pasokan, Harga Minyak Dunia Terus Melambung