1 ) Pesan Mendikbud untuk PTS yang Dinegerikan
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/446

06/29/2012
Jakarta – Serah terima aset dan penandatanganan nota kesepahaman merupakan salah satu persyaratan dalam proses penegerian perguruan tinggi swasta (PTS). Hari ini, Jumat, (29/6), empat PTS melakukan serah terima aset dan penandatanganan nota kesepahaman tersebut, di Gedung D Kemdikbud, Jakarta. Ke empat PTS tersebut adalah Universitas Samudera Langsa, Universitas Sulawesi Barat, Politeknik Madiun, dan Politeknik Bengkalis. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Djoko Santoso, mengatakan, serah terima antara pemerintah daerah dan yayasan dengan Kemdikbud dilakukan untuk memastikan semua aset tersebut dapat dimanfaatkan perguruan tinggi terkait setelah menjadi perguruan tinggi negeri. “Ada proses sharing antara pemerintah daerah dengan pemerintah pusat,” ujarnya.

…dst

2 ) Mendikbud: Perguruan Tinggi Negeri Harus Sampai ke Pelosok
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/445

06/29/2012
Jakarta – Proses penegerian perguruan tinggi swasta menjadi perguruan tinggi negeri masih terus dilakukan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti). Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh mengatakan, pemerintah memiliki komitmen yang sangat kuat untuk memajukan dunia pendidikan, termasuk pendidikan tinggi. Hal itu dikatakannya dalam acara serah terima aset dan penandatangan nota kesepahaman empat perguruan tinggi swasta (PTS) yang akan dinegerikan. Ke empat PTS tersebut adalah Universitas Samudera Langsa, Universitas Sulawesi Barat, Politeknik Madiun, dan Politeknik Bengkalis. Acara berlangsung di Gedung D Kemdikbud, Jakarta, (29/6). “Perguruan tinggi negeri tidak boleh hanya terkonsentrasi di kota besar, tapi harus sampai ke pelosok-pelosok sebagai simbol komitmen pemerintah,” ujar Mendikbud M. Nuh. Ia menambahkan, hak layanan pendidikan tinggi harus tersebar ke daerah-daerah sebagai bagian dari keadilan dunia pendidikan.

…dst

3 ) Perubahan Status PTS
Mendikbud: Kenapa Kampus Swasta Dinegerikan?
http://edukasi.kompas.com/read/2012/06/30/06094687/Mendikbud.Kenapa.Kampus.Swasta.Dinegerikan

Sabtu, 30 Juni 2012 | 06:09 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Tahun ini beberapa perguruan tinggi swasta (PTS) akan diubah statusnya menjadi perguruan tinggi negeri (PTN). Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh mengatakan, langkah tersebut diambil bukan karena anggapan tidak mampu atau tidak yakinnya pemerintah akan penyelenggaraan pendidikan tinggi di PTS.Nuh mengatakan, perubahan status tersebut dilakukan untuk melaksanakan amanat undang-undang, sekaligus perluasan akses pendidikan tinggi. Seperti diketahui, dalam Rancangan Undang-Undang Pendidikan Tinggi (RUU-PT) yang akan disahkan pada Juli 2012 mendatang tercantum aturan main mengenai kewajiban pemerintah membangun minimal satu PTN di setiap provinsi dan daerah-daerah perbatasan. “Kenapa harus dinegerikan? Apa karena tidak cukup? Atau kami kurang yakin? Bukan itu persoalannya, tapi ini untuk perluasan akses sesuai dengan amanat undang-undang,” kata Nuh, saat ditemui Kompas.com di gedung Kemdikbud, Jakarta, Jumat (29/6/2012).

…dst

4 ) Empat PTS Serahkan Asetnya ke Pemerintah
http://edukasi.kompas.com/read/2012/06/29/23153355/Empat.PTS.Serahkan.Asetnya.ke.Pemerintah

Jumat, 29 Juni 2012 | 23:15 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) menerima penyerahan aset empat perguruan tinggi swasta (PTS), Jumat (29/6/2012), di gedung Kemdikbud, Jakarta. Penyerahan aset tersebut dimaksudkan sebagai bagian dari proses peningkatan status keempat PTS itu menjadi perguruan tinggi negeri (PTN).Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdikbud Djoko Santoso mengatakan, keempat PTS yang menyerahkan asetnya kepada pemerintah itu adalah Universitas Sulawesi Barat, Politeknik Bengkalis, Politeknik Madiun, dan Universitas Samudera Langsa, Nangroe Aceh Darussalam. Djoko menjelaskan, penyerahan aset ini merupakan salah satu persyaratan dalam proses perubahan menjadi PTN sehingga ada kerjasama antara pemerintah daerah dan pemerintah pusat.

…dst

5 ) Otonomi Perguruan Tinggi “Dikebiri”
Kewenangan Mendikbud Terlalu Luas
http://cetak.kompas.com/read/2012/06/30/03022113/otonomi.perguruan.tinggi.dikebiri

Sabtu,30 Juni 2012
Jakarta Kompas – Otonomi perguruan tinggi yang bersifat universal “dikebiri” dalam Rancangan Undang-Undang Pendidikan Tinggi yang kini sedang dibahas DPR. Satu per satu kewenangan perguruan tinggi “dipereteli” sehingga kewenangannya menjadi sangat terbatas. “Campur tangan negara terlalu luas,” kata Johannes Gunawan, Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Parahyangan, Bandung, Hal itu misalnya terlihat pada RUU PT, yang kini sedang dibahas DPR, diperlukan 12 peraturan pemerintah (PP), 36 peraturan mendikbud, dan hanya dua statuta perguruan tinggi. “Padahal, mestinya statuta perguruan tinggi yang diperluas karena masing- masing perguruan tinggi memiliki keunikan tersendiri,” kata Gunawan, Rabu (27/6). Dalam Pasal 45 tentang penelitian, misalnya, penelitian diatur dalam peraturan menteri. “Padahal, di perguruan tinggi mana pun di dunia, penelitian merupakan kewenangan perguruan tinggi…Selengkapnya bisa baca di http://www.kopertis12.or.id/2012/06/30/otonomi-perguruan-tinggi-dikebiri.html

…dst

6 ) Indonesia Tuan Rumah Pertemuan Menteri Pendidikan Timur Asia
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/442

06/29/2012
Jakarta – Indonesia dipercaya sebagai tuan rumah penyelenggaraan pertemuan para menteri pendidikan anggota EAS (East Asia Summit) untuk pertama kalinya. Yogyakarta, salah satu Kota Pendidikan dan Budaya di Indonesia, dipilih sebagai lokasi pertemuan para delegasi EAS dari 18 negara. Delapan belas negara itu terdiri dari 10 negara anggota ASEAN ditambah Korea Selatan, Cina, Jepang, Amerika Serikat, Rusia, Selandia Baru, India, dan Australia. Pertemuan yang mengusung tema “Straightening Global Partnership for Education and Humanity” itu dilakukan sebagai strategi menyatukan pendapat dalam hal kerja sama di bidang pendidikan. “Tujuannya adalah merapatkan gap atau jurang pemisah antara negara-negara maju dengan negara-negara ASEAN itu sendiri,” ujar Kepala Biro Perencanaan dan Kerja Sama Luar Negeri, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Ananto Kusuma Seta, di Jakarta, Rabu (27/6).

…dst

7 ) UNESCO sahkan Subak Bali jadi warisan dunia
http://www.antaranews.com/berita/318956/unesco-sahkan-subak-bali-jadi-warisan-dunia

Jumat, 29 Juni 2012 22:34 WIB
Jakarta (ANTARA News) – Badan PBB untuk Pendidikan, Keilmuan dan Budaya (UNESCO) akhirnya mensahkan budaya Subak dari Bali sebagai bagian dari warisan dunia pada Sidang ke-36 di St.Petersburg, Rusia, Jumat. UNESCO menilai subak sebagai sistem irigasi yang dapat mempertahankan budaya asli masyarakat Bali. Kepala Divisi Penerangan KBRI Moskwa M Aji Surya yang hadir pada sidang itu mengatakan, Subak Bali sudah diperjuangkan selama 12 tahun dan telah tertunda beberapa kali pengesahannya. Pada sidang kali ini tidak tampak upaya yang menentang Subak menjadi warisan dunia. Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Windu Nuryanti, mengaku senang sistem pengairan Subak dari masyarakat Bali telah ditetapkan sebagai warisan budaya dunia (World Heritage). Bupati Badung dan Gianyar yang hadir dalam perhelatan itu tampak gembira dan bertepuk tangan bersama seribuan peserta sidang termasuk Dubes RI untuk Rusia Djauhari Oratmangun.

…dst

8 ) Seleksi Mandiri Unnes Mulai 7 Juli
Biaya Sama dengan SNMPTN
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/06/30/191068/Seleksi-Mandiri-Unnes-Mulai-7-Juli

30 Juni 2012
SEMARANG- Pendaftaran Seleksi Penerimaan Mahasiswa Universitas Negeri Semarang (SPMU) akan mulai dibuka pada 7 Juli 2012. Seperti tahun sebelumnya, pendaftaran jalur seleksi mandiri ini dilakukan secara online di laman spmu.unnes.ac.id. Sebagaimana ketentuan yang berlaku secara nasional, perguruan tinggi boleh menyelenggarakan seleksi mandiri setelah SNMPTN berlangsung. Tanggal 7 Juli pembukaan pendaftaran SPMU bersamaan dengan pengumuman SNMPTN jalur tulis.Ketua Panitia SPMU M Khafid mengatakan, pendaftaran jalur mandiri Unnes dibuka 7-21 Juli 2012. Melalui jalur tersebut Unnes membuka kuota sebanyak 1.879 kursi atau 20% dari daya tampung mahasiswa baru tahun 2012. “Dari kuota 1.879 kursi itu masih tersedia 300 beasiswa Bidikmisi bagi mahasiswa dari keluarga tidak mampu,” ungkapnya, kemarin.

…dst

9 ) Sejarah Kedokteran Kurang Diperhatikan
http://edukasi.kompas.com/read/2012/06/30/10215582/Sejarah.Kedokteran.Kurang.Diperhatikan

Sabtu, 30 Juni 2012 | 10:21 WIB
Jakarta, Kompas – Sejarah pendidikan kedokteran seolah tidak memiliki ruang dalam khazanah kesejarahan di Indonesia. Padahal, pendidikan kedokteran modern Indonesia adalah yang tertua di kawasan Asia. “Pendidikan kedokteran di Indonesia sudah dimulai sejak pertengahan abad ke-18. Waktu yang demikian panjang ini seharusnya bisa menjadi pijakan bagi pengembangan pelayanan dan fasilitas kesehatan di masa sekarang,” kata Somadikarta, Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, yang juga peneliti sejarah kedokteran Indonesia, Jumat (29/6), pada acara mengenang Dr Willem Bosch, perintis pendidikan kedokteran modern di Indonesia. Kegiatan tersebut digagas Perhimpunan Sejarah Kedokteran Indonesia (Persekin) yang didirikan para dokter FKUI.

…dst

10 ) Mahasiswa FKUI Diharapkan Jadi Penerus Willem Bosch
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/06/29/329826/0/14/Mahasiswa-FKUI-Diharapkan-Jadi-Penerus-Willem-Bosch

Jumat, 29 Juni 2012 22:05 WIB
JAKARTA–MICOM: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) bisa dibilang merupakan ibu dari pendidikan kedokteran di Tanah Air. Karena itu, pihak kampus merasa bertanggung jawab untuk mendirikan semacam museum yang menjadi pusat sejarah pendidikan kedokteran Indonesia.Di museum itu akan dipajang lukisan Dr Willem Bosch, tokoh perintis pendidikan kedokteran di Indonesia.”Kalau ingin maju, kita harus menengok sejarah. Dari sejarah itu kita bisa belajar mengevaluasi hal-hal yang kurang,” ujar Dekan FKUI Ratna Sitompul saat penyerahan apresiasi dan peluncuran buku ‘FKUI Historical Photo Collections, Proceeding: 90 years of FKUI (Salemba 6) dan RSCM (Diponegoro 71)’ di Salemba, Jakarta, Jumat (29/6).Menurut Ratna, FKUI sejak 2010 sudah berencana membangun museum kedokteran dan pusat riset untuk mahasiswa kedokteran di seluruh Indonesia bertempat di Salemba. “Waktu kami melakukan renovasi gedung lama, kami menemukan berbagai prasasti penting yang tadinya sempat hilang. Semua harus punya tempat di museum nanti,” imbuhnya.

…dst

11 ) Mahasiswa Jember Kembangkan Tes HIV Murah
http://sains.kompas.com/read/2012/06/29/20581838/Mahasiswa.Jember.Kembangkan.Tes.HIV.Murah

Jumat, 29 Juni 2012 | 20:58 WIB
JEMBER, KOMPAS.com – Mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Jember, Jawa Timur, merintis metode tes yang lebih mudah untuk mengetahui penderita yang positif tertular HIV/AIDS.”Ide awalnya dari diskusi mengenai data dan fakta bahwa tanda-tanda seseorang menderita HIV/AIDS bisa diketahui melalui kondisi rongga mulutnya karena biasanya penderita HIV/AIDS memiliki gusi membengkak dan merah karena infeksi,” kata salah seorang mahasiswa FKG Ahmad Syaifuddin di Jember, Jumat (29/6/2012).Tiga mahasiswa FKG Unej, yakni Ahmad Syaifuddin, Alex Willyandre dan Khoirul Anam membuat kajian literatur yang berjudul “Inovasi Microfluidics Chip Berbasis Nucleic Acid Testing sebagai Detektor Antibodi HIV-1 pada Gingival Crevicular Fluid” untuk mengetahui apakah seseorang itu terinfeksi HIV/AIDS.

…dst

12 ) Kakus Hebat Ubah Tinja Jadi Listrik
http://sains.kompas.com/read/2012/06/29/19062723/Kakus.Hebat.Ubah.Tinja.Jadi.Listrik

Jumat, 29 Juni 2012 | 19:06 WIB
SINGAPURA, KOMPAS.com – Ilmuwan dari Nanyang Technological University menciptakan kakus hebat yang bisa mengubah tinja menjadi listrik dan pupuk, sekaligus menghemat pemakaian air sebanyak 90 persen. Jamban dengan nama No-Mix Vacuum Toilet tersebut memiliki dua wadah untuk memisahkan limbah padat dan cair. Jamban ini menggunakan tekanan untuk “mengguyur” tinja. Jadi, jumlah air yang dibutuhkan untuk sekali guyur hanya 0,2 liter alias secangkir. Toilet konvensional di Singapura saat ini membutuhkan 4-6 liter air sekali guyur. Jika jamban inovatif ini diaplikasikan di toilet umum, dengan 100 kali guyuran sehari, maka kakus ini bisa menghemat 160.000 liter. Volume itu cukup untuk mengisi kolam renang berukuran 10 x 8 x 2 meter. Untuk menghasilkan listrik dan pupuk, kakus ini akan memisahkan komponen padat dan cair. Dari kakus lewat sistem pembuangan, limbah cair akan dikirim ke fasilitas pengolahan tempat nitrogen, fosfor, dan potasium akan dipanen.

…dst

13 ) Riset Energi Terbarukan Belum Optimal
http://www.pikiran-rakyat.com/node/194090

Jumat, 29/06/2012 – 14:21
BANDUNG, (PRLM).- Menko Perekonomian Hatta Rajasa berharap riset dan teknologi dalam bidang energi terbarukan bisa terus dilakukan. Sebab meski sampai saat ini ketergantungan terhadap energi fosil masih cukup tinggi, namun energi terbarukan diproyeksikan masih akan tumbuh pesat.”Sumber energi berbasis nuklir secara teknis ok, tapi publik semakin takut. Energi terbarukan lain diproyeksikan tumbuh cepat. Namun karena basis yang rendah, hanya 3-6 persen hingga 2035 mendatang. Tapi tidak boleh menggantungkan diri pada bahan bakar fosil. Segala upaya seharusnya dilakukan untuk meningkatkan riset dan ilmu pengetahuan serta kapasitas SDM dibidang ini,” kata Hatta dalam acara peringatan Dies Emas Teknik Perminyakan Institut Teknologi Bandung, di Aula Barat ITB Jln. Ganesha Bandung, Jumat (29/6). Sayangnya, menurut Hatta, dukungan terhadap pengembangan riset energi terbarukan ini memang belum optimal. Selain penggunaannya yang belum meluas, subsidi terhadap BBM yang merupakan energi fosil masih sangat tinggi yakni Rp 237 triliun. “Kalau saja subsidi ini diinvestisikan ke riset maka akan mampu menjawab tantangan bangsa,” ujarnya.

…dst

14 ) UMY Dituntut Sukseskan PIMNAS
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/507162/

Saturday, 30 June 2012
YOGYAKARTA– Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-25 yang akan berlangsung pada 9–14 Juli 2012 di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) harus terselenggara sukses.Tuntutan itu dikarenakan UMY pada tahun-tahun sebelumnya telah berpengalaman dan sukses sebagai tuan rumah sejumlah kegiatan nasional. Di antaranya Muktamar Muhammadiyah, ICOSI/IJS, dan kegiatan internasional lainnya. Harapan tersebut disampaikan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X saat menerima kunjungan audiensi panitia PIMNAS di Kantor Gubernur DIY kemarin. Dengan pengalamanUMYsebagaituanrumahdi beberapa kegiatan berskala nasional dan internasional, penyelenggaraan PIMNAS ke-25 tahun ini diharapkan akan berlangsung sukses. Bahkan lebih dari kegiatan-kegiatan sebelumnya. “Oleh karena itu, UMY harus memberikan pelayanan yang maksimal kepada para peserta yang berasal dari berbagai daerah. Pemerintah pun akan ikut mendukung apa yang menjadi agenda UMY demi menyukseskan PIMNAS ke- 25,”katanya.

…dst

15 ) Dua Prodi Vokasi Ekonomi Unsoed Terakreditasi A
http://kampus.okezone.com/read/2012/06/29/373/656001/dua-prodi-vokasi-ekonomi-unsoed-terakreditasi-a

Jum’at, 29 Juni 2012 18:03 wib
JAKARTA – Fakultas Ekonomi, sebagai salah satu Fakultas dengan peminat terbanyak di Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed), Purwokerto ternyata tidak berpangku tangan. Segala upaya dilakukan untuk terus meningkatkan kualitas tiap program studi (prodi) yang ada di dalamnya.Salah satu bentuknya adalah akreditasi A yang diterima oleh Program Studi D-3 Akuntansi dan D-3 Bisnis Internasional. Program D-3 Bisnis Internasional mendapat akreditasi A berdasarkan Keputusan BAN-PT No.018/BAN-PT/Ak-XI/Dpl-III/X/2011 yang berlaku hingga Oktober 2016. Sementara itu Program D-3 Akuntansi mendapat akreditasi A berdasarkan Keputusan BAN-PT No. 017/BAN-PT/Ak-XI/Dpl-III/X/2011 yang berlaku hingga Oktober 2011. Demikian seperti dikutip dari laman Unsoed, Jumat (29/6/2012).

…dst

16 ) Unpad Eksplorasi Pulau Biawak di Indramayu
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/507138/

Saturday, 30 June 2012
INDRAMAYU – Keberadaan Pulau Biawak di Kabupaten Indramayu merupakan salah satu potensi wisata yang belum tergarap. Belum banyak masyarakat yang mengetahui potensi wisata yang ada di lokasi tersebut. Padahal, Pulau Biawak ini merupakan pulau yang masih asri dan banyak lokasi yang menarik untuk dikunjungi. Karena itu, untuk mengembangkan potensi wisata di Pulau Biawak, Universitas Padjadjaran (Unpad),Kota Bandung mengirimkan empat dosen dan 20 mahasiswanya untuk meneliti potensi sumber daya alam gugusan Pulau Biawak di Kabupaten Indramayu tersebut.

…dst

17 ) Menjaga Tradisi Kampus Melalui “Studium Generale”
http://edukasi.kompas.com/read/2012/06/30/13350667/Menjaga.Tradisi.Kampus.Melalui.Studium.Generale.

Sabtu, 30 Juni 2012 | 13:35 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Studium generale adalah tradisi khas kehidupan kampus-kampus besar di Eropa dan Amerika yang tradisi ilmiahnya sudah mapan. Di Indonesia, studium generale atau sering diterjemahkan sebagai kuliah umum, semakin penting dilaksanakan di perguruan-perguruan tinggi sebagai penambah wawasan baru yang dikembangkan sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan zaman. Demikian diungkapkan Wakil Rektor Universitas Nasional (Unas) bidang Hubungan Kerjasama dan Kemahasiswaan, Drs Faldy Rasyidie, di Jakarta, Sabtu (30/6/2012). Dia mengungkapkan, isi dan peta jalan (road map) perguruan tinggi ke depan harus berpijak pada pokok-pokok yang telah digariskan di masa lalu dan rancangan ke depan yang terus dikembangkan sesuai kebutuhan dan perkembangan zaman. Salah satunya menjadikan studium generale sebagai tradisi kampus.

…dst

18 ) Mahasiswa FK Unibraw Latih Siswa SD Periksa Mata
http://edukasi.kompas.com/read/2012/06/30/12391057/Mahasiswa.FK.Unibraw.Latih.Siswa.SD.Periksa.Mata

Sabtu, 30 Juni 2012 | 12:39 WIB
MALANG, KOMPAS.com – Berkat program bimbingan pemeriksaan mata, lima mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya Malang, Jawa Timur, berhasil lolos ke Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) 2012. Program bimbingan pemeriksaan mata yang diajarkan kepada siswa SD Penanggungan, Malang itu, dilakukan sejak Januari hingga Februari 2012. Namun monitoringnya masih terus dilakukan hingga saat ini. Dalam kegiatan itu, sebanyak 448 siswa SD Penanggungan Malang belajar menjadi dokter kecil (dokcil) mata.”Dari 448 siswa itu, hanya 9 siswa yang mampu menjadi duta mata sehat sekaligus mendapat julukan dokcil mata,” kata perwakilan mahasiswa FKUB Astrid Nandikasari Lukito, Sabtu (30/6/2012).

…dst

19 ) Mahasiswa IPB Tuntut Dilibatkan dalam Pilrek
http://kampus.okezone.com/read/2012/06/29/373/656113/mahasiswa-ipb-tuntut-dilibatkan-dalam-pilrek

Jum’at, 29 Juni 2012 15:46 wib
BOGOR – Ratusan Mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) melakukan aksi unjuk rasa di depan Rektorat IPB Bogor. Dalam orasinya, para mahasiswa meminta perwakilan mahasiswa dilibatkan dalam pemilihan rektor yang dalam waktu dekat akan dilaksanakan.Unjuk rasa ini juga diisi dengan aksi teatrikal. Para mahasiswa menutup mulut sebagai bentuk pembungkaman aspirasi. Selain menuntut dilibatkan dalam pemilihan rektor, para mahasiswa juga menuntut pemilihan rektor harus menjunjung tinggi Tri Dharma Perguruan Tinggi. Tidak hanya itu, mahasiswa mendesak pemilihan rektor yang bersih dan transparan, serta menjunjung tinggi kapasitas dan akseptabilitas para calon rektor.

…dst

20 ) Unissula Buka Posko Kesehatan di Kelurahan Penggaron Lor
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/507163/

Saturday, 30 June 2012
SEMARANG – Fakultas Kedokteran Unissula menjadikan Kelurahan Penggaron Lor Kecamatan Genuk Semarang sebagai kelurahan binaan bagi mahasiswa kedokteran. Di kelurahan ini juga disediakan posko kesehatan yang nantinya diisi mahasiswa dan dokter dari Fakultas Kedokteran Unissula. Dekan Fakultas Kedokteran Unissula Taufiqurahman R Nasichun mengatakan ide untuk membentuk kelurahan binaan sudah ada sejak 2009. Namun, hal itu baru bisa terlaksana tahun ini.”Berbagai kegiatan di bidang kesehatan akan dilaksanakan, seperti pengobatan,pengaderan relawan kesehatan,dan lainnya.

…dst

21 ) Ada Klinik Bisnis di ITS
http://kampus.okezone.com/read/2012/06/29/373/655948/ada-klinik-bisnis-di-its

Jum’at, 29 Juni 2012 15:04 wib
JAKARTA – Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Surabaya, mendirikan sebuah klinik baru bagi para mahasiswa. Bukan sembarang klinik, kali ini klinik yang dibentuk adalah sebuah fasilitas untuk memperkuat dunia usaha mahasiswa.Klinik Bisnis, itulah namanya. Klinik ini sengaja dirintis untuk membantu memfasilitasi mahasiswa ITS dalam meningkatkan usahanya. ”Di sini, mereka akan mendapatkan akses ke dunia luar guna mengembangkan usahanya,” ujar Ketua Pelaksana Janti Gunawan ketika soft launching Klinik Bisnis, seperti disitat dari ITS Online, Jumat (29/6/2012). Kegiatan ini tersaji dalam bentuk diskusi terbuka antara peserta lembaga inkubator ITS dengan berbagai perwakilan intansi pemerintah dan lembaga swasta. Berbagai komunitas di Surabaya dan mahasiswa ITS pun turut hadir dalam gelaran ini. Berbagai jenis usaha mahasiswa ITS disuguhkan dalam kegiatan ini mulai dari kuliner, jasa, hingga teknologi.

…dst

22 ) Robotik Unissula ke Tingkat Nasional
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/06/30/191063/Robotik-Unissula-ke-Tingkat-Nasional

30 Juni 2012
SEMARANG- Tim robotik Fakultas Teknologi Industri Unissula bertolak ke Bandung, Jumat (29/6), untuk berlaga di Kontes Robot KRI/KRCI tingkat nasional di Gedung Sasana Budaya Ganesha (Sabuga) ITB Bandung pada 30 Juni-1 Juli 2012. Tim robotik Unissula yang mengandalkan robot Khaum 2 VA setelah sebelumnya berhasil menjadi juara di level regional III yang diikuti PTN/PTS se-Jateng/DIY di GOR Jatidiri Semarang, April lalu. Khaum 2 VA merupakan satu-satunya perwakilan robot dari perguruan tinggi swasta yang berhasil lolos di Kontes Robot Indonesia (KRI). Dua wakil lainnya dari Regional III di kategori KRI adalah UGM yang mengandalkan Jump-Ace dan UNY yang mengandalkan Maestro-Evo.

…dst