1 ) Mendikbud: prototype mobil listrik ditargetkan 2013
http://www.antaranews.com/berita/324005/mendikbud-prototype-mobil-listrik-ditargetkan-2013

Jumat, 27 Juli 2012 20:10 WIB
Bandung (ANTARA News) – Menteri Pendidikan dan Kebudayan (Mendikbud) Mohammad Nuh menargetkan prototype dari program progam mobil listrik dan mobil hemat energi nasional ditargetkan selesai tahun 2013.”Kami menargetkan tahun depan sudah selesai pengerjaan prototypenya dalam proyek mobil nasional ini dan pada 2014 nanti diharapkan bisa produksi masal,” kata Muhammad Nuh, usai mengunjungi PT Dirgantara Indonesia, di Bandung, Jumat.Ia mengatakan, sebanyak tujuh kementerian dilibatkan dalam progam mobil listrik nasional ini karena merupakan agenda besar pemerintah. Adapun tujuh kementerian yang dilibatkan ialah Kementerian Perindustrian, Perdagangan, Keuangan, BUMN, Perekonomian, Riset dan Teknologi dan Kementerian Pendidikan dan kebudayaan.”Oleh karena itu melibatkan banyak pihak yakni tujuh kementerian RI,” katanya. Dikatakannya, dalam penggarapan ini seluruh kementerian tersebut akan menyokong dana untuk terwujudnya progam tersebut.

…dst

2 ) Korupsi, Ijazah Dicabut
http://edukasi.kompas.com/read/2012/07/27/08475981/Korupsi.Ijazah.Dicabut

Jumat, 27 Juli 2012 | 08:47 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Binus University sejak setahun lalu menerapkan kebijakan mencabut ijazah kesarjanaan lulusannya yang terbukti melakukan korupsi. Kebijakan ini merupakan upaya dan komitmen perguruan tinggi memerangi korupsi yang makin marak di semua lini. “Kebijakan ini selalu kami ingatkan setiap dilakukan wisuda sarjana,” kata Harjanto Prabowo, Rektor Binus University, di Jakarta, Kamis (26/7). Menurut Harjanto, peran perguruan tinggi tidak sekadar mengajarkan ilmu, tetapi juga mendidik karakter mahasiswa. Karena itu, selain pendidikan ilmu pengetahuan, ditanamkan pula nilai-nilai kedisiplinan, kejujuran, dan pendidikan antikorupsi selama perkuliahan. Nilai-nilai ini harus diimplementasikan di masyarakat. “Karena itu, jika terbukti melakukan korupsi, berarti sarjana gagal mengimplementasikan nilai-nilai perguruan tinggi sehingga ijazah kesarjanannya pantas dicabut,” kata Harjanto.

…dst

3 ) Kurikulum Akademi Komunitas Fokus Kerja Praktek
http://www.jpnn.com/read/2012/07/27/135073/Kurikulum-Akademi-Komunitas-Fokus-Kerja-Praktek-

Jum’at, 27 Juli 2012 , 19:22:00
JAKARTA–Dirjen Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Dikti Kemdikbud), Djoko Santoso menegaskan, akademi komunitas atau community college yang akan dibangun oleh pemerintah tahun 2012 ini bukanlah jalur pendidikan non formal. Menurutnya, akademi komunitas ini merupakan sekolah formal namun kurikulumnya lebih fleksibel yang diseuaikan dengan kebutuhan dan perkembangan ilmu. “Kenapa namanya Akademi dan bukan Kursus? Karena ini bukan pendidikan non formal. Kenapa bukan Kolese? Karena nama Kolese sudah digunakan di pendidikan menengah. Yang perlu ditekankan, akademi komunitas ini langsung berbasis pada kebutuhan masyarakat,” tegas Djoko di Jakarta, Jumat (27/7). Dijelaskan, institusi pendidikan terbaru ini sudah diatur di dalam UU Pendidikan Tinggi yang belum lama ini disahkan oleh DPR. Djoko menerangkan, kurikulum akademi komunitas ini terdiri dari 18 SKS, di mana 10 SKS-nya akan difokuskan pada kerja praktek. “Dosen pengajarnya bisa dari kalangan profesional yang ahli pada bidang yang dibutuhkan. Bisa juga datang dari kalangan industri. Yang jelas, lulusannya harus bisa bekerja pada bidang-bidang yang ada dan yang akan ditekuninya nanti,” serunya.

…dst

4 ) Akademi Komunitas Dibangun di Sejumlah Daerah
http://www.jpnn.com/read/2012/07/27/135066/Akademi-Komunitas-Dibangun-di-Sejumlah-Daerah-

Jum’at, 27 Juli 2012 , 18:53:00
JAKARTA–Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) tahun 2012 ini siap menggenjot pembangunan akademi komunitas di berbagai daerah. Hal ini bertujuan untuk mendongkrak pendidikan vokasi (kejuruan) di Indonesia yang saat ini dinilai masih sangat kurang. “Akademi komunitas ini berada di jalur pendidikan vokasi. Dimana, keberadaannya untuk mendorong lulusan jenjang pendidikan menengah ke pendidikan tinggi. Ini nanti akan dibangun di seluruh kabupaten/kota,” ungkap Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh kepada JPNN di Jakarta, Jumat (27/7). Menurutnya, saat ini jalur pendidikan vokasi di Indonesia sangat kurang. Bahkan, untuk tenaga pengajar atau dosen yang merupakan lulusan dari jalur vokasi juga minim. Maka dari itu, lanjut Nuh, akademi komunitas ini dapat memenuhi kebutuhan pasar. “Artinya, lulusan akademi komunitas ini siap kerja dan sesuai dengan kebutuhan industri. Bahkan, industri juga diuntungkan tidak perlu mengadakan pelatihan lagi bagi calon tenaga kerjanya,” imbuhnya.

…dst

5 ) 10 Tim Mahasiswa “Adu” Ide Kreatif di ULAS
http://edukasi.kompas.com/read/2012/07/26/15530992/10.Tim.Mahasiswa.Adu.Ide.Kreatif.di.ULAS

Kamis, 26 Juli 2012 | 15:53 WIB
BOGOR, KOMPAS.com – Unilever Indonesia bekerjasama dengan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia mengadakan kompetisi bagi mahasiswa bertajuk Unilever Leadership Actions on Sustainability (ULAS). Kompetisi ini bertujuan untuk menggerakkan mahasiswa dalam mengembangkan dan mewujudkan ide-ide kreatif guna mengatasi berbagai masalah sosial, ekonomi, dan lingkungan yang terjadi di tengah masyarakat khususnya di wilayah Jakarta dan sekitarnya. Leadership and organization Development Manager PT Unilever Indonesia, Indrijati Rahayoe mengatakan, kondisi sosial, ekonomi dan lingkungan masyarakat di Jakarta saat ini memerlukan perhatian serius. Atas dasar itu, pihaknya tergerak untuk mengambil langkah antisipasi dengan cara mengembangkan dan menjalankan ide kreatif dari para mahasiswa yang terkait dengan semangat sustainability.

…dst

6 ) Misi Mengubah Kampung Muka Jadi “Lembah Karya”
http://edukasi.kompas.com/read/2012/07/27/10273846/Misi.Mengubah.Kampung.Muka.Jadi.Lembah.Karya

Jumat, 27 Juli 2012 | 10:27 WIB
BOGOR, KOMPAS.com – Empat mahasiswi semester III dari Universitas Indonesia (UI) bermimpi dapat mengubah paradigma pendidikan yang selama ini tertanam di benak anak-anak jalanan yang tinggal di pemukiman kumuh dan padat penduduk. Sejumlah strategi pun disiapkan untuk menggolkan misi besar tersebut. Mereka adalah Fitriyatun Ni’mah (Fakultas Psikologi), Rindi Danika Sari (Fakultas Hukum), Anisa Nuriatifah (Fakultas Kedokteran Gigi), dan Putri Hardiyanti (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik). Pertemuan empat mahasiswi ini terbilang cukup insidentil, yakni saat bersama-sama mengikuti program Indonesia Leader Development Program (ILDP) sekitar satu tahun di kampus mereka.

…dst

7 ) Mahasiswa IPB Kembangkan Waralaba Kebab Buah
http://edukasi.kompas.com/read/2012/07/27/09132453/Mahasiswa.IPB.Kembangkan.Waralaba.Kebab.Buah

Jumat, 27 Juli 2012 | 09:13 WIB
BOGOR, KOMPAS.com – Mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) mengembangkan waralaba kebab buah “Si Babah” sebagai salah satu pilihan jajanan ringan. Mahasiswa IPB yang menjabat General Manajer Kebab Buah Si Babah, Riza Suwindra mengatakan, outlet-outlet “Si Babah” sudah tersebar di Bogor, Sukabumi dan Depok.”Saat ini kami sudah memiliki sembilan outlet berada di wilayah Bogor, Sukabumi dan Depok. Rencana minggu depan kami akan soft opening outlate ke 10 di Cilacap,” kata Riza, yang saat ini duduk di semester akhir, Kamis (26/7/2012). Riza mengatakan peluang usaha waralaba kebab buah Si Babah telah mulai dilirik. Promosi dilakukan melalui internet, jejaring sosial, dan penyebaran pamflet ke sejumlah daerah. Sejak diperkenalkan mulai Juni lalu, kebab buah Si Babah hasil kreasi mahasiswa IPB tersebut mulai digemari masyarakat.

…dst

8 ) Pemilihan Rektor UI Mundur Oktober
http://www.tempo.co/read/news/2012/07/27/079419751/Pemilihan-Rektor-UI-Mundur-Oktober

Jum”at, 27 Juli 2012 | 19:07 WIB
TEMPO.CO, Jakarta-Pemilihan Rektor Universitas Indonesia untuk periode 2012-2017 dijadwalkan mundur hingga awal Oktober 2012. “Pergantian rektor UI tidak bisa Agustus,” kata Ketua Majelis Amanat (MWA) UI, Said Aqil Siradj ketika ditemui seusai pembukaan Pelatihan Dai Kader Nahdlatul Ulama VIII di Gedung Pengurus Besar NU, kemarin.
Said Aqil menjelaskan, pergantian rektor membutuhkan persiapan panjang, jadi tidak mungkin dilakukan dalam waktu dekat. Ia menyebut, sejauh ini persiapan pergantian Rektor sudah berjalan, tapi enggan merinci persiapan yang telah dilakukan. MWA adalah lembaga tertinggi di UI yang memiliki kewenangan antara lain untuk memilih dan mengawasi rektor. Awal Mei lalu, UI baru saja merampungkan pemilihan MWA yang menempatkan Said Agil Siradj sebagai Ketua. Sejumlah tokoh penting yang juga menjadi anggota MWA adalah Jusuf Kalla, Bagir Manan, Endriartono Sutarto, Alwi Shihab dan Anugerah Pekerti. Selain nama-nama besar tersebut, di dalam MWA juga ada perwakilan masing-masing fakultas di UI.

…dst

9 ) Mahasiswa UI Ini Ngamen Kala Buka Puasa
http://www.tempo.co/read/news/2012/07/26/151419383/Mahasiswa-UI-Ini-Ngamen-Kala-Buka-Puasa

Kamis, 26 Juli 2012 | 12:03 WIB
TEMPO.CO, Depok- Ada yang beda di tempat-tempat makan di Jalan Margonda Raya, tepatnya di sepanjang Kelurahan Pondok Cina, Depok, Rabu, 25 Juli 2012. Menanti detik-detik berbuka puasa ditemani menu pilihan di atas meja mungkin sudah lazim bagi para pelanggan di setiap rumah makan. Namun, sesuatu yang berbeda diberikan oleh para pengamen pada petang ini. Eh nanti dulu, mereka bukanlah anak jalanan yang biasa mengamen di lapak-lapak kecil. Bukan pula pengamen waria yang dilarang masuk ke rumah makan semi elite seperti Pecel Lele Lela atau Simpang Raya, Depok. Para pengamen muda itu adalah mahasiswa- mahasiswi Fakultas Fokasi Universitas Indonesia (UI). “Kami adalah panitia Ospek (Orientasi Pengenalan Kampus) Fokasi UI 2012,” kata salah seorang dari mereka, Rivana Putranti, saat menyodorkan kotak sumbangan kepada para pelanggan Rumah Makan Pecel Lele Lela, Rabu, 25 Juli 2012.

…dst

10 ) Perubahan Unswagati Jadi PTN Tertunda
http://kampus.okezone.com/read/2012/07/27/373/669239/perubahan-unswagati-jadi-ptn-tertunda

Jum’at, 27 Juli 2012 09:17 wib
CIREBON – Perubahan status Universitas Swadaya Gunung Jati (Unswagati) Cirebon dari perguruan tinggi swasta (PTS) menjadi perguruan tinggi negeri (PTN) molor akibat ketersediaan lahan. Gubernur Jabar Ahmad Heryawan mengakui, dari 30 hektare (ha) lahan yang disyaratkan, hingga kini baru tersedia 18 ha di Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon. Sementara sisanya 12 ha belum dapat dibebaskan akibat harga yang ditetapkan dianggap terlalu tinggi. “Perubahan status Unswagati menjadi PTN dijadwalkan 2010. Tapi terpaksa mundur karena dari 30 ha lahan yang disyaratkan, masih ada 12 ha lahan yang belum dibebaskan karena tingginya harga yang ditawarkan,” ujarnya saat ke Keraton Kasepuhan Cirebon, kemarin.

…dst

11) Atlantic Challenge 2012
ITS Pecundangi Inggris Raya
http://kampus.okezone.com/read/2012/07/27/373/669418/its-pecundangi-inggris-raya

Jum’at, 27 Juli 2012 13:33 wib
JAKARTA – Sering disebut sebagai kuda hitam, tim Maritim Challenge (MC) Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), Surabaya, menunjukkan keunggulan di berbagai kategori lomba Atlantic Challenge 2012 di Irlandia. Aksi terbaru ditunjukkan tim MC ITS pada Jackstay Transfer, salah satu kategori lomba yang cukup berat. Di sini, tiap tim beranggotakan 15 orang harus membawa barang dari kapal induk ke dermaga dengan menggunakan tiang dan tali. Karena itu, tiap tim dibagi menjadi dua kelompok, 13 orang menjadi awak kapal di laut, dan dua orang lainnya menjadi awak darat. Humas MC ITS Fiqhi Dian Nasrullah bertutur, penilaian pada kategori ini meliputi ketepatan, team work, keterampilan, dan tanggap kondisi. Tidak hanya itu, peserta juga berhadapan dengan penalti dan waktu.

…dst

12 ) UNY manfaatkan jeruk nipis tingkatkan kualitas beras
http://www.antaranews.com/berita/323632/uny-manfaatkan-jeruk-nipis-tingkatkan-kualitas-beras

Kamis, 26 Juli 2012 06:50 WIB
Yogyakarta (ANTARA News) – Tim Program Kreativitas Mahasiswa Penelitian Universitas Negeri Yogyakarta memanfaatkan jeruk nipis (citrus aurantifolia) untuk meningkatkan kualitas beras bagi masyarakat miskin. “Jeruk nipis adalah bahan pembersih yang alami, sehingga dapat digunakan pada bahan makanan. Salah satu kandungan yang ada dalam jeruk nipis sebagai pembersih adalah asam sitrat,” kata Koordinator Tim Program Kreativitas Mahasiswa Penelitian (PKMP) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Novi Astari di Yogyakarta, Kamis.
Menurut dia, asam sitrat telah lama dikenal sebagai bahan kimia untuk membuat manisan. Kandungan asam sitrat berfungsi mencegah pertumbuhan bakteri dan jamur, sehingga mampu mengawetkan makanan. “Pada prinsipnya asam bersifat sebagai pelarut, sehingga mampu digunakan sebagai pembersih. Dalam hal ini mampu mengubah kondisi awal beras yang dimasak (bersifat alkali) menjadi bersifat asam lemak,” katanya. Ia mengatakan proses pembuatannya adalah jeruk nipis dibersihkan, dipotong, diperas, dan ditambahkan gula. Campuran ekstrak jeruk dapat ditambah dengan sari pandan atau sari daun suji.

…dst

13 ) 1.045 Kuota Jalur Mandiri Disediakan Undana
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/07/26/m7roe4-1045-kuota-jalur-mandiri-disediakan-undana

Kamis, 26 Juli 2012, 19:08 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, KUPANG – Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang, menyediakan 1.045 kouta dari total 4.766 orang yang hari ini Kamis (26/7) mengikuti seleksi penerimaan calon mahasiswa jalur Mandiri, kata kata Pembantu Rektor I Universitas Nusa Cendana Kupang, David BW Pandie. Total kuota tersebut akan digabungkan dengan hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri jalur ujian tulis untuk Undana Kupang sebanyak 1.636, sehingga ditambah dengan hasil seleksi jalur Mandiri jumlah yang diterima Undana 2012/2013 mencapai 2.681 orang,” katanya di Kupang. Ia mengatakan hal itu terkait dengan seleksi penerimaan calon mahasiswa jalur Mandiri untuk peserta Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri yang gagal dalam jalur ujian tulis 2012/2013, guna memenuhi kuota yang diberikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaa Nasional (Kemendiknas).

…dst

14 ) Guru Boikot Uji Kompetensi
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/514670/

Friday, 27 July 2012
JAKARTA– Ribuan guru rencananya memboikot uji kompetensi guru (UKG) tersertifikasi pada 30 Juli, yang digelar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Mereka menilai ujian tersebut bertentangan dengan konstitusi. Ketua Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PB PGRI) Sulistiyo mengatakan, UKG rapuh dari sisi,desain kegiatan,landasan yuridis,konseptual teoretis, dan antisipasi malapraktik di lapangan. “PGRI menolak UKG jika dikaitkan dengan sertifikasi.Jika memang ingin meningkatkan kompetensi,seharusnya dilakukandenganpendidikan, pelatihan, dan kegiatan ilmiah,” katanya di Jakarta kemarin. Sulistiyo berharap,UKG ini ditunda karena instrumen dan persyaratan hukum yang melandasinya ini belum siap. Jika tidak direncanakan dengan matang, informasi yang dihimpun setengah hati hanya akan melahirkan kebijakan yang manipulatif.”Tunda jika belum siap. Banyak kebijakan guru yang tidak kontekstual, namun PGRI akan mendukung upaya peningkatan profesionalisme guru,”imbuhnya.

…dst

15 ) Kemdikbud Tak Khawatir Ancaman Boikot UKG
http://edukasi.kompas.com/read/2012/07/27/08143796/Kemdikbud.Tak.Khawatir.Ancaman.Boikot.UKG

Jumat, 27 Juli 2012 | 08:14 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidik (Kepala BPSDMP dan PMP), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Syawal Gultom membantah bahwa pelaksanaan Uji Kompetensi Guru (UKG) tidak memiliki dasar hukum. Ia berpendapat, semua pihak yang menolak dan mengancam akan melakukan boikot sebaiknya membaca dan memahami peraturan perundangan yang ada sebelum memberikan tudingan negatif pada UKG. Syawal menegaskan, UKG sudah sesuai konstitusi karena secara eksplisit tertulis di pasal 7 UU Guru dan Dosen nomor 14 ayat 1 butir A dan G. Serta di pasal 14 ayat 1 butir D dan K dalam UU yang sama. Sementara di PP 74, penetapan UKG ada di pasal 2 dan pasal 3 ayat 1.

…dst

16 ) 1.907 Target Mobil Internet
http://www.jpnn.com/read/2012/07/26/134872/1.907-Target-Mobil-Internet-

Kamis, 26 Juli 2012 , 09:20:00
SURABAYA – Kementrian Komunikasi dan Informatika (kominfo) terus berupaya menaikan penetrasi penggunaan internet di Indonesia. Caranya melalui penyebaran 1.907 unit Mobil Pelayanan Internet Kecamatan (MPLIK) keseluruh wilayah nusantara. Sejak dilucurkan pada tahun lalu hingga kini tercatat sudah dioperasikan 1.600 unit. Sedangkan penetrasi internet saat ini sudah mencapai 20 persen dari total populasi. Kementrian Kominfo mengungkapkan bahwa upaya peningkatan penggunaan internet di Indonesia adalah menggelar sosialisasi melalui penyediaan akses internet hingga level kecamatan. Apalagi untuk kawasan Indonesia Timur yang infrastruktur penyediaan internet masih kurang. Ditambah dengan kondisi Indonesia yang merupakan negara kepuluan, maka penyediaan internet merupakan tantangan tersediri. Ketua BP3TI (Balai Penyedia dan Pengelola Pembiayaan Telekomunikasi dan Informatika) Santoso mengatakan penetrasi Internet di Indonesia saat ini masih sekitar 20 persen dari total penduduk di Indonesia. Artinya saat ini masyarakat yang mengenal internet baru mencapai 40 juta pengakses.

…dst

17 ) Peneliti Indonesia temukan dua spesies katak baru
http://www.antaranews.com/berita/323894/peneliti-indonesia-temukan-dua-spesies-katak-baru

Jumat, 27 Juli 2012 12:26 WIB
Jakarta (ANTARA News) – Peneliti Indonesia mengidentifikasi dua spesies katak baru yang dinamai Leptobrachium ingeri dan Leptobrachium kanowitense dalam penelitian yang dilakukan di Belitung (Indonesia) dan Sarawak (Malaysia) mulai tahun 2008 sampai 2012. Hasil penelitian Amir Hamidy dari Museum Zoologicum Bogoriense, Pusat Penelitian Biologi, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), bersama koleganya dari Kyoto University, Universiti Kebangsaan Malaysia, dan University of Malaya tersebut dipublikasikan dalam jurnal Zootaxa tanggal 24 Juli lalu. Dalam surelnya kepada ANTARA di Jakarta, Jumat, Amir yang sedang belajar di Kyoto University mengatakan, L. ingeri teridentifikasi dalam penelitian di Belitung dan daerah pesisir Sarawak sementara L. kanowitense di bagian daratan Sarawak.

…dst

18 ) Sangat Tergantung Impor
Indonesia Dinilai Negara Aneh
http://www.jpnn.com/read/2012/07/27/135054/Indonesia-Dinilai-Negara-Aneh-

Jum’at, 27 Juli 2012 , 16:40:00
JAKARTA – Koordinator Nasional Aliansi untuk Desa Sejahtera, Tejo Wahyu Jatmiko, mengatakan, negeri ini sudah terhubung erat dengan impor sehingga terkesan mengabaikan peningkatan produksi dalam negeri. “Masalah di Indonesia yang paling mendasar adalah, kita lupa kalau pangan sangat penting dalam kehidupan kita. Dan yang tidak boleh kita lupakan, kita sudah terhubung erat dengan impor. Ketersediaan biji-bijian pangan setiap tahun cenderung menurun. Sementara demand meningkat,” katanya saat diskusi bertajuk “Lonjakan harga Pangan dan Ancaman Krisis”, di DPD, Senayan, Jakarta, Jumat (27/7). Dijelaskan, sejak era Presiden Soeharto produksi pangan sudah mulai menurun. Pada saat itu memang pemerintah mendukung petani, tapi impor yang dilakukan juga gencar. Nah, tegasnya, impor itu terus berjalan sampai dengan era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

…dst

19 ) Ditemukan Arca Abad ke-10 di Malang
http://www.tempo.co/read/news/2012/07/27/058419723/Ditemukan-Arca-Abad-ke-10-di-Malang

Jum”at, 27 Juli 2012 | 16:43 WIB
TEMPO.CO, Malang –Sebuah arca berbentuk “singa bersemedi” ditemukan di pelataran rumah warga di Kelurahan Merjosari Kecamatan Lowokwaru Malang, Jumat, 27 Juli 2012. Arca diperkirakan dibuat sekitar abad ke-10 atau tahun 941 saka. “Kondisinya utuh,” kata koordinator penjaga candi, Hariyoto. Hariyoto menuturkan warga melaporkan penemuan arca tersebut pekan lalu ketika pemilik lahan menggali fondasi untuk pembangunan rumahnya. Sebanyak tiga arkeolog dari Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala Trowulan Mojokerto tengah mengindentifikasi temuan arca tersebut. Tujuannya, untuk mengindentifikasi kondisi arca yang merupakan peninggalan purbakala yang harus dilestarikan. Hasilnya akan digunakan untuk melakukan ekskavasi atau pemugaran. Mereka memotret dan mengukur arca setinggi 120 sentimeter. Arca dalam kondisi miring, berbentuk singa yang bersemedi dengan posisi tangan bersedekap.

…dst

20 ) Ilmuwan Temukan Kembaran Sistem Tata Surya
http://www.jpnn.com/read/2012/07/27/135074/Ilmuwan-Temukan-Kembaran-Sistem-Tata-Surya-

Jum’at, 27 Juli 2012 , 19:31:00
CALIFORNIA – Para ilmuwan dari Institut Teknologi Massachusetts (MIT) dan University of California di Santa Cruz berhasil mendeteksi sebuah sistem tata surya paralel seperti layaknya tata surya kita sendiri. Sistem keplanetan yang berjarak sekitar 10.000 tahun cahaya dari Bumi ini memiliki planet yang sangat banyak yang orbitnya selaras dan dekat dengan bintang induknya. Temuan tersebut adalah hasil pemeriksaan para astronom melalu teleskop ruang angkasa NASA Kepler. Dalam tata surya yang baru ditemukan itu terdapat bintang besar terang yang disebut Kepler-30, yang beroperasi seperti matahari. “Dalam tata surya kita, lintasan planet-planet sejajar dengan rotasi matahari,” kata Roberto Sanchis-Ojeda, seorang mahasiswa pascasarjana fisika di MIT yang memimpin tim peneliti seperti dikutip CBC News, Kamis (26/7). Para peneliti percaya bahwa Kepler-30 adalah bintang yang sangat muda dan berputar sekali setiap 16 hari atau lebih. Ada tiga planet yang mengorbitnya, yaitu setiap 29 hari, 60 hari dan ketiga 143 hari.

…dst

21 ) Empat Medali untuk Indonesia dalam Olimpiade Matematika Internasional
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/531

07/27/2012
Jakarta – Ajang kompetisi sains bidang matematika tingkat internasional ke-53 atau International Mathematical Olympiad (IMO) yang diikuti 548 peserta dari 100 negara di kota Mar del Plata, Argentina, telah usai. Perhelatan bergengsi tingkat dunia bidang Matematika untuk siswa SMA tersebut telah berlangsung dari tanggal 8 hingga 16 Juli 2012. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) melalui Direktorat Pembinaan SMA pada IMO ke-53 mengirimkan enam siswa SMA yaitu Stefanus Lie, Ahmad Zaky, Tobi Moektijono, Fransisca Susan, Bivan Alzaky Harmanto dan Ivan Adrian Koswara. Mereka adalah wakil Indonesia yang telah terseleksi dari tingkat kabupaten/kota, provinsi dan nasional, serta Pembinaan Tingkat Nasional melalui penyelenggaraan Olimpiade Sains Nasional oleh Kemdikbud. Sedangkan Bivan Alzaky Harmanto meraih penghargaan Honourable Mention. Penghargaan tersebut diberikan bagi peserta yang mampu mengerjakan minimal 1 (satu) soal penuh dengan nilai maksimum 7 (tujuh).

…dst

22 ) Indonesia Raih Lima Medali dalam Olimpiade Fisika Internasional 2012
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/530

07/27/2012
Jakarta – Kedatangan tim olimpiade fisika disambut Kasi Kelembagaan Dra. Hastuti Mustikaningsih dan Kasi Peserta Didik Arfah Laidiyah Razik SH MA di ruang kedatangan internasional Bandara Soekarno Hatta, Rabu (25/07) malam. Satu-satunya medali emas berhasil diraih Adrian Nugraha Utama, siswa SMA Sutomo I Medan. Sedangkan satu perunggu diraih Luqman Fathurrahim siswa dari SMAN Sragen Bilingual Boarding School, Jawa Tengah. Tiga penghargaan lainnya berupa Honorable Mention masing-masing diraih Ramadhiansyah siswa SMAN 78 Jakarta, I Made Gita Narendra Kumara siswa SMA Bali Mandara, dan Werdi Wedana Gunawan dari SMAN 4 Denpasar. Kelima siswa ini telah melalui proses seleksi yang sangat ketat, panjang dan kompetitif. Mulai dari seleksi di tingkat sekolah, kemudian di tingkat kabupaten/kota, dilanjutkan ke tingkat propinsi dan kemudian di tingkat nasional melalui event tahunan OSN. Dari hasil OSN ini mereka selain menjalani tahapan seleksi lanjutan juga menjalani proses pembinaan selama total empat bulan dalam bentuk training camp, di Yogyakarta, Bandung dan Jakarta.

…dst